.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Friday, August 23, 2019

Hosea 7-8

Hosea 7

Scripture       
Hosea 7:6 (TB)  Batin mereka seperti dapur perapian; hati mereka menyala-nyala; semalam-malaman murka mereka surut, pada waktu pagi menyala kembali seperti api yang menjilat. 

Observation 
Baca ini diingatkan kalau Tuhan tahu isi hatiku. Bahkan saat di muka gak kelihatan, waktu aku dalam hati terasa 'panas', Tuhan tahu. Beberapa hari yang lalu, kesal banget mendengar seseorang  yang keputusannya merepotkan keluarga besar. Aku gak menyadari kalau menyimpan rasa kesal yang besar sampai aku merencanakan hal yang buruk.

Duh, syukurlah, Tuhan ingatkan aku untuk melepaskan pengampunan dan gak melaksanakan rencanaku. Kalau hati sudah dikuasai amarah emang mengerikan.

Aplication 
- Aku harus terus membawa setiap isi hatiku ke Tuhan, supaya Tuhan yang jagai dengan damai sejahtera. Jangan sampai, aku berlagak baik-baik tapi hatiku gak benar dan dipenuhi kebencian.

Prayer
Tuhan, Engkau tahu bagaimana kesalnya aku beberapa hari kemarin. Tolong aku ya Tuhan, supaya jangan sampai hatiku dikuasai amarah lagi. Amin.

Hosea 8

Scripture       
Hosea 8:4 (TB)  Mereka telah mengangkat raja, tetapi tanpa persetujuan-Ku; mereka mengangkat pemuka, tetapi dengan tidak setahu-Ku. Dari emas dan peraknya mereka membuat berhala-berhala bagi dirinya sendiri, sehingga mereka dilenyapkan. 

Observation 
Entah kenapa, baca ini diingatkan bagaimana kuatnya beberapa orang yang kukenal memegang adat sukunya. Kadang gak masuk akal buatku, gak logis. Ngakunya percaya Tuhan tapi urusan adat mengalahkan urusan lain.

Aplication
✔ Berdoa supaya Tuhan berikan kesadaran ke mereka yang sedemikian menganggap adat di atas segalanya.

Prayer
Tuhan, tolong orang-orang yang kukenal untuk mengingat bahwa Tuhan di atas adat, bahwa adat hanya buatan manusia dan gak semestinya terlalu diikuti tanpa berpikir. Amin.

Palangka Raya, 20 Agustus 2019
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

1 Tawarikh 28

1 Tawarikh 28 Scripture        1 Tawarikh 28:9 (TB)  Dan engkau, anakku Salomo, kenallah Allahnya ayahmu dan beribadahlah kepada-Nya dengan ...