.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Tuesday, August 27, 2019

Main Bareng Sara (12-20 Agustus 2019)



Lama gak posting activity sama Sara, kecapean dan penundaan berujung pada kemalasan, haiyaaa... Mana kemarin gak selalu posting di facebook dan IG, giliran mau posting di blog kudu ngecekin foto di HP, tanggal-tanggalnya, ngetik ceritanya pulak, hahaha. Makanya Mama, kerjakan sedikit-sedikit!



12 Agustus 2019
Matching Profesi
Bahan : Gambar berbagai macam profesi www.totschooling.net
Sara belum kenal banyak profesi, yang dia tahu baru beberapa : tukang masak, polisi. Jadi lama banget matchingnya, lihat gambarnya pun mirip-mirip warna bajunya jadi masih salah.


Matching Gambar Benda
Bahan : Gambar berbagai macam benda dengan alphabet 
Ini lumayan cepat dikerjain Sara, karena Sara sudah kenal hampir semua gambar benda yang ada di kertas ini. Gak fokus sih kenalin alphabet, kebetulan aja pas diprint ada alphabetnya.  Awalnya agak susah Sara buat matching, kan banyak tuh 26 gambar. Pas makin sedikit, makin cepat ketemu deh pasangannya.


13 Agustus 2019

Mencampur Air Berwarna
 Bahan : air, botol kecil, pewarna makanan.

Mama buat 3 macam air berwarna (merah, biru, kuning). Sengaja beli pewarnanya yang warna dasar. Huahahaha. Awalnya mama yang campurin warnanya, buat kasih contoh ke Sara, terus Sara cobain sendiri deh. Warna merah dicampur biru, hasilnya kata Sara kadang coklat, kadang ungu. Ngakaklah bapake, katanya Sara ma asal warna gelap ma dibilang coklat. Waktu tuangin air masih tumpah-tumpah, gak papa ya nak, baru kali ini main ginian, besok-besok makin expert lah ya, gak pake tumpah. Supaya gak repot bersihkan air yang kesana kemari, mama taruh botol-botol airnya di wadah. Sara suka dan masih pengen main lagi walaupun dah beberapa kali mama bersihkan botolnya. 
Btw, kayaknya Mama beli pewarna birunya salah deh, terlalu tua ini birunya, jadi pas dicampur sama merah, warna ungunya gelap banget dan dibilang Sara coklat, huahahaha. Ini nih, gara-gara mau berhemat. Belinya yang biru muda seharusnya, maksud hati biar cuma sedikit aja perlu pewarnanya. Tapi tetap aja lah ya biru tua sama biru muda itu beda. Eh tapi, Mama jadi ngerti kenapa anak sejak usia dini diajak nature walk, karena anak kecil mengamati sekitarnya dengan mata polosnya. Mama taunya teori, merah campur biru ya ungu, padahal beda jumlah, beda konsentrasi juga bisa bikin warna jadi gak jelas ungu kalau dicampur.Sara ma mengatakan sesuai pengamatannya, bukan teori.


15 Agustus 2019

Menyiapkan Roti Tawar dan Meises


Kemarin lihat anaknya teman yang di TK-nya (atau PAUD ya) belajar menyiapkan rotinya sendiri. Mama jadi dapat ide dong, hari ini ngajarin Sara nyiapin sarapannya, roti tawar dengan meises. Pas banget hari ini Sara bangun duluan daripada Sofia, biasanya sih Sofia yang duluan bangun. Jadi bisa fokus deh. Awalnya mama kasih contoh dulu dua roti tawar, setelah itu baru deh Sara coba sendiri. Agak susah buat rapi pegang roti dan sendok untuk ngoleskan mentega, ya sudah, ditaruh di piring deh rotinya, baru dikasih mentega.Mama salah kasih contohnya, ambil meises pake tangan, Sara ikutan deh, lupa siapin sendok. Karena pertama kali, bener-bener harus dibantu Sara. Nanti pasti lebih lancar ya nak. Jadi hari ini, Sara makan roti yang disiapkannya dengan bantuan mama. Gak lama Sofia bangun dan minta roti Sara. Sara kasih dong, hahaha.

Sara kalau makanan ma cepet berbagi sama Sofia, kalau mainan yang susah. Kalau Sara pegang mainan, jangan harap Sofia boleh pegang. Awalnya mamanya gatel pengen suruh dia kasih mainan yang dipegangnya ke Sofia, tapi gak dibolehin gitu sama papanya, kasian si kakak kalau disuruh ngalah melulu, dedek ntar semena-mena, gak adil buat kakak. Mamanya jadi gatel lagi kan mau beli mainan yang sama, tapi ntar mubazir kan ya, mana sayang uangnya (emak kikir eh hemat). Sekarang akhirnya dikasih tahu, mana mainan Sara, mana mainan Sofia. Kalau Sara main, Sofia gak boleh ganggu, gitu juga sebaliknya. Dan mereka masih saling mengganggu. Ini baru dua anak ya, apa kabar kalau tiga anak. Wakakak.

 
 
16 Agustus 2019



Sudah lama punya ini, tapi biasanya kerjaan Sara Cuma ngelepasin alphabet dan angka yanga da di sini (apaan sih namanya, hahaha). Dan, hari ini tumbenan, dia pasangkan sesuai bentuknya, walaupun gak lama dia sambung dan bilang itu kereta api. Huahahaha.






18 Agustus 2019
Mama print gambar dengan titik-titik angka gitu, berharap Sara menghubungkan titik-titiknya lalu mewarnai, hahaha. Harapan tinggal harapan, Sara malah corat-coret dan bikin gambar sesukanya. Ya sudah lah nak, asal kamu hepi.









20 Agustus 2019

Melukis Kanvas dengan Bonggol Sawi
Lama gak ngewarnain kanvas gara-gara kabut asap. Mama gak mau main ini di dalam rumah, bahaya tar lantai rumah jadi warna-warni. Mau main di teras, asapnya parah. Puji Tuhan semalam hujan lebat, asapnya kabur, jadi hari ini bisa main. Yay! Awalnya asyik si kakak kasih warnanya pakai potongan bonggol sawi, polanya keren, eh.... Si dedek datang. Bangun tidur langsung ikutan, beginilah hasilnya kolaborasi kakak dan dedek. Jadi dominan orange hasil akhirnya deh gara-gara si dedek, hahaha. 


 
Mengupas Telur Sendiri
Sore-sore mama pulang kantor, Sara bilang lapar. Pas, ada telur rebus karena Sofia suka telur rebus jadi nyetok deh. Mama tawarin, Sara mau. Pas disuruh kupas sendiri kegirangan dia. Sampe kuning telurnya mau dimakan sebagian, padahal biasanya Sara dan Sofia Cuma mau putih telurnya doang. Ga tau nih dua bocah kok sama seleranya, ckckckck. Gak usah jaga bodi nak, Mama yang seharusnya jaga bodi. Hahaha.






Palangka Raya, 27 Agustus 2019
-Mega Menulis-





No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

1 Tawarikh 23-24

1 Tawarikh 23 Scripture        1 Tawarikh 23:4-5 (TB)  — "Dari orang-orang ini dua puluh empat ribu orang harus mengawasi pekerjaan di ...