.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Monday, August 12, 2019

Main Bareng Sara (6-11 Agustus 2019)

Aku mulai komitmen memberikan waktu buat main sama Sara, seringkali pulang kantor sudah capek tapi aku mau mulai #mainbarengSara. Teracuni oleh Mama Stand, mulai searching bahan di www.totschooling.net, download dan print. Well, sebenarnya aku sejak belum punya anak sudah ngumpulin bahan buat main anak , tapi apa daya males, yo wes gak pernah deh kepake. By the way, aku sempat bikin bahan sendiri looo... Rajin planning tapi males eksekusi nih, wakakak. Semingguan ini gak tiap hari sih bisa main sama Sara sesuai target, tapi gak papa lah, yang penting ada progress. Semangatttt!!!

Sengaja simpan activity Sara di beberapa media : Instagram, Facebook, dan blog. Tujuannya buat dokumentasi activity Sara supaya ntar bisa dilihat-lihat di masa depan, trus kalau mau ngajak Sofia main tinggal nyontek, hahaha. Kan gak tahu tuh mana yang bakal kehapus, semacam friendster zaman jebot, wakakak. Ini kegiatan Sara seminggu ini.


6 Agustus 2019
Sorting Benda Berdasarkan Warnanya 
Mama kasi lem ke gambar yang sudah dipotong lalu Sara yang menempelkan ke kertas berdasarkan warnanya. Next, mau coba supaya Sara ngelem dan nempel sendiri.
Lumayan cepat si Sara, mungkin karena cuma 6 jenis warna dan gambarnya jelas. Sara dah tahu warna secara umum. Sambil sorting benda berdasarkan warnanya, mama juga tanya gambar apa ini dan bahasa Inggrisnya. Paling suka kalau tanya Sara dan dia gak tahu jawabannya, dia bakal jawab ,"Kakak gak tahu" atau "Nanti kita cari". Hahahaha.


Matching Alphabet di Pizza 
Sara masih agak lama nyari yang sama, soalnya dia lihat sekilas doang , kalau gak dapat jadi males-malesan carinya. lagipula alphabet kan banyak tuh, jadi mesti lihat satu-satu. Ini ada huruf kapital dan huruf kecil. Dua kali berarti Sara matching alphabet. Untuk beberapa alphabet yang dia kenal dan dah tahu namanya, lebih cepat dapatnya.
Setelah selesai dengan 'pizzanya' si kakak bilang : sudah mamah, besok lagi.
Semoga mama rajin cari bahan buatmu main kayak Mama Stand ya. Semangat πŸ’ͺπŸ’ͺ


7 Agustus 2019

 Senang banget dah dua malam berturut-turut bisa main sama Sara lagi. Sofia tidur (meskipun bangun lagi), tapi lumayanlah bisa quality time sama Sara. Cuma 3 jenis permainan sih. Yang terakhir udah ga fokus Sara gara-gara lihat TV hidup πŸ˜… Beneran deh TV ni merebut fokus anak. Hiks. PR buat ngurangin kontak sama layar.

Matching Topi dan Syal Pinguin
Waktu main mencocokkan warna syal dan topi pinguin kelihatan kalau Sara sudah mengenali warna secara umum dengan baik, sempat tertukar warna pink dan ungu, mirip sih ya sekilas. Mama aja gak tahu awalnya kalau salah, baru sadar belakangan. Dan Sara dah tau warna dalam bahasa Inggris ternyata. Ini gara-gara nonton juga sih sebenarnya. Kontak sama layar ada negatif positifnya.

Matching 3 Macam Warna Sekaligus

Untuk matching sampai 3 warna sekaligus masih agak susah buat Sara, harus ngeliatin satu-satu gitu. Mama akan coba sebulan lagi (semoga masih konsisten, Amin πŸ™)



Matching Shape Lebah dan Bunga

Matching shape di bunga dan lebah udah lumayan. Dia ma yang penting pas aja, gak peduli terbalik sayapnya kemana, sementara mamanya maunya harus pas. LOL. Ingat Mama, ini anak belum 3 tahun. Tujuannya kan supaya matching bentuknya, gak salah kok dia. Kesimpulannya Sara sudah kenal beberapa bentuk. Yay! Sara sebut sendiri dua bentuk:circle dan heart πŸ˜#mainbarengSara

8 Agustus 2019
Sudah malam banget baru main ini karena Sofia gak tidur cepat seperti malam-malam sebelumnya. Sempat berpikir, ya sudahlah, besok lagi main gak papa. Eh, Sara malah minta main.

Matching Pets and Their Homes 
Sara sudah kenal banyak binatang dan bisa menyebutkan dalam bahasa Inggrisnya. Sara belum tahu rumah-rumah binatang itu, hahaha. Yang bener cuma ikan pas nempelnya. Jadi kesempatan sih buat mama kasih tahu dan jelasin. Susah buat Sara sebut 'akuarium, berkali-kali disuruh sebut ulang masih salah. Baru pertama kali dia kenal yang namanya iguana, awalnya disebutnya 'buaya' err...emang mirip sih πŸ™„(Kebayang ga sih sebutan buaya darat diganti iguana darat). 

Matching Baby &  Mother Animals 
Sara nempelin anak binatang dan induknya. Kebanyakan dah benar. Tapi kalau bahasa Indonesia namanya kan tetap ya antara anak binatang dan induknya, paling dibilang Sara :"Ini kuda, ini mamanya" πŸ˜… Beberapa kali di gambar anak ayam dan bebek dibilang Sara 'burung', mau dibilang salah tapi kalau di klasifikasi itu termasuk burung, piye jal. Kalau induknya sih bener. Masih nagih mau main Sara setelah 2 kali itu, cuma kapan tidurnya ya ntar kalau diturutin. Akhirnya kami cukupkan acara mainnya dan tidur. Yay!

10 Agustus 2019
Games about Position
Games ini untuk mulai mengenalkan ke Sara tentang posisi:di atas, di bawah, di samping, di belakang, di depan dan keliling. Pertama-tama mama nunjukin print gambar. Lalu mama peragakan bareng kakak. Terus kami pakai boneka kakak untuk tunjukkan posisi di atas meja, di bawah meja, dst.nya. Lalu mama kasih instruksi kakak harus di posisi apa. Mungkin mama kebanyakan ya kasih tau tentang posisi bermacam-macam itu, harusnya 2 aja dulu kali ya. Tapi seru!! Sara belum ingat semua, gak papa, next kita main lagi ya nak. Yang paling Sara suka apa coba? Keliling meja πŸ€£ Berikutnya yang dia ingat, di atas meja dan di bawah meja (senang banget kalau udah melakukan ini). Next mau main ini lagi, tapi kasih instruksi pakai gambar dan peluit ah biar tambah seru.

Matching Animal

Sara masih salah awalnya untuk match binatang yang gak terlalu dikenalnya. Lalu mama kasih clue untuk cari yang kakinya sama, baru deh mulai lancar. Kegiatan ini buat ngenalin binatang-binatang ke Sara, belajar bahasa Inggrisnya juga.


Palangka Raya, 12 Agustus 2019
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

2 Raja-Raja 13-14

2 Raja-raja 13 Scripture 2 Raja-raja 13:11 (TB)  Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN. Ia tidak menjauh dari segala dosa yang disuru...