.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Monday, August 12, 2019

Rut 2 & Rut 3

Rut 2

Scripture      
Rut 2:4-5, 9, 12, 14 (TB)  Lalu datanglah Boas dari Betlehem. Ia berkata kepada penyabit-penyabit itu: "TUHAN kiranya menyertai kamu." Jawab mereka kepadanya: "TUHAN kiranya memberkati tuan!"
Lalu kata Boas kepada bujangnya yang mengawasi penyabit-penyabit itu: "Dari manakah perempuan ini?"
Lihat saja ke ladang yang sedang disabit orang itu. Ikutilah perempuan-perempuan itu dari belakang. Sebab aku telah memesankan kepada pengerja-pengerja lelaki jangan mengganggu engkau. Jika engkau haus, pergilah ke tempayan-tempayan dan minumlah air yang dicedok oleh pengerja-pengerja itu."
TUHAN kiranya membalas perbuatanmu itu, dan kepadamu kiranya dikaruniakan upahmu sepenuhnya oleh TUHAN, Allah Israel, yang di bawah sayap-Nya engkau datang berlindung."
Ketika sudah waktu makan, berkatalah Boas kepadanya: "Datanglah ke mari, makanlah roti ini dan celupkanlah suapmu ke dalam cuka ini." Lalu duduklah ia di sisi penyabit-penyabit itu, dan Boas mengunjukkan bertih gandum kepadanya; makanlah Rut sampai kenyang, bahkan ada sisanya.

Observation
Sepanjang baca Rut 2,apa yang dilakukan Boas mengagumkan :
Ay. 4 : Dia memberkati pekerjanya dengan memberikan salam berkat. Ini menunjukkan Boas ramah dan menghargai pekerjanya.
Ay. 5 : Boas menyadari ada orang baru di antara pekerjanya, berarti Boas orang yang teliti dan sangat memperhatikan pekerjanya.
Ay. 8 : Boas bermurah hati dan berbelas kasihan melihat keadaan Rut lalu mempersilakan Rut mengambil jelai di ladangnya, bahkan berpesan kepada para pekerjanya menjatuhkan jelai bagi Rut. Dia tidak memberikan langsung dan membiarkan Rut bekerja. Di sini terlihat hikmat Boas. Dia menjaga harga diri Rut, dengan membiarkan Rut bekerja untuk mendapatkan berkat Tuhan.
Ay. 9: Boas memberikan rasa aman dengan berpesan kepada pekerja laki-laki untuk tidak mengganggu Rut. Dia juga memperhatikan kebutuhan Rut yang haus.
Ay. 14:Boas menguatkan dan menghibur Rut dengan perkataannya.

Aplication
✔️ Berdoa supaya anak-anakku perempuan nantinya mempunyai pasangan hidup yang berkarakter Kristus seperti Boas.

Prayer
Tuhan, di manapun dan siapa pun pasangan hidup anak-anakku nantinya, bentuklah mereka sejak sekarang menjadi pria yang mengasihi Tuhan. Berkatilah anak-anakku dengan pria berkarakter Kristus seperti Boas. Amin.

Rut 3
Scripture      
Rut 3:5 (TB)  Lalu kata Rut kepadanya: "Segala yang engkau katakan itu akan kulakukan."

Observation
Rut mau mendengarkan nasehat dan melakukan tepat sama dengan yang diminta Naomi. Ini menunjukkan kalau Rut:
- rendah hati
Rut gak sok pintar lalu merasa gak membutuhkan nasihat. Rut gak berpikir kalau apa yang dikatakan Naomi itu kuno atau gak sesuai dengan keinginannya. Malahan dia bersedia menerima nasehat.
- tunduk pada otoritas
Rut bersedia melakukan persis sama yang dikatakan Naomi tanpa menunda, dia tunduk pada perkataan otoritas di atasnya.
- pendengar yang baik
Rut mendengarkan dengan baik sehingga yang dilakukannya tidak terlewat dari instruksi Naomi. Rut mendengar dengan seksama jadi melakukan tepat sama.

Aplication
✔️ Aku bukan pendengar yang baik dan gak dengan mudah menerima nasehat kalau bertentangan dengan pikiranku. Aku kadang mendengarkan suami ngomong tapi lewat-lewat gitu,akhirnya gak melakukan tepat sama dengan yang diinginkan.

Prayer
Tuhan, aku mau belajar mendengarkan dengan seksama perkataan suami. Tolong aku Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 12 Agustus 2019
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

2 Tawarikh 17-18

2 Tawarikh 17 Scripture        2 Tawarikh 17:3-4 (TB)  Dan TUHAN menyertai Yosafat, karena ia hidup mengikuti jejak yang dahulu dari Daud, b...