.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Tuesday, August 13, 2019

Rut 4 & Mikha 1

Rut 4

Scripture

Rut 4:10 (TB)  juga Rut, perempuan Moab itu, isteri Mahlon, aku peroleh menjadi isteriku *untuk menegakkan nama orang yang telah mati itu di atas milik pusakanya.* Demikianlah nama orang itu tidak akan lenyap dari antara saudara-saudaranya dan dari antara warga kota. Kamulah pada hari ini menjadi saksi."

Ulangan 25:5-6 (TB)  "Apabila orang-orang yang bersaudara tinggal bersama-sama dan seorang dari pada mereka mati dengan tidak meninggalkan anak laki-laki, maka janganlah isteri orang yang mati itu kawin dengan orang di luar lingkungan keluarganya; saudara suaminya haruslah menghampiri dia dan mengambil dia menjadi isterinya dan dengan demikian melakukan kewajiban perkawinan ipar.
Maka *anak sulung yang nanti dilahirkan perempuan itu haruslah dianggap sebagai anak saudara yang sudah mati itu, supaya nama itu jangan terhapus dari antara orang Israel.*

Observation
Boas memanggil kerabatnya yang juga memiliki hak untuk menebus segala milik Naomi dan menikahi Rut dan bertanya lebih dahulu,ini menunjukkan bahwa Boas:
- Gak mau mengambil apa yang bukan menjadi hakny
- Tahu aturan/hukum yang berlaku dan mau taat

Boas menikahi Rut tapi nantinya anak sulung yang dilahirkan Rut dianggap anak suaminya yang sudah meninggal. Walah. Ini sebenarnya gak mudah bagi seorang laki-laki tapi Boas bersedia melakukannya. Boas mengasihi dengan pengorbanan. Boas bersedia meletakkan egonya sebagai seorang pria dan berkorban.

Aplication
- Aku harus belajar mengasihi dengan pengorbanan. Bukan mengasihi kalau gak melayani. Terkadang malas melakukan ini itu buat suami kalau capek. Tapiiii.... Gak boleh gitu lagi Meg!

Prayer
Tuhan, ajari aku mengasihi suami setiap hari. Mampukan aku untuk melayani dengan sukacita. Amin.

Scripture      
Rut 4:15 (TB)  Dan dialah yang akan menyegarkan jiwamu dan memelihara engkau pada waktu rambutmu telah putih; sebab menantumu yang mengasihi engkau telah melahirkannya, perempuan yang lebih berharga bagimu dari tujuh anak laki-laki."

Observation
Rut dikatakan perempuan yang lebih berharga bagi Naomi lebih dari 7 anak laki-laki. Wow! Betapa terpujinya karakter Rut.

Dalam budaya Batak, kehadiran  anak laki-laki sangat ditunggu-tunggu karena akan meneruskan marga. Bukan berarti anak perempuan gak dikasihi cuma kok banyak orang Batak menganggap  keluarga kurang lengkap karena belum ada anak laki-laki. Kesel juga kadang, padahal anak perempuan dan laki-laki sama-sama pemberian Tuhan. Baca ayat ini diingatkan kalau aku perlu fokus pada karakter anak-anakku. Seperti Rut yang dipuji karena karakternya, biarlah keberadaan anakku dihargai bukan karena jenis kelaminnya.

Aplication
✔️ Gak perlu kesel kalau ada yang bilang keluargaku belum lengkap karena belum punya anak laki-laki. Doakan saja orang itu.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk gak merasa terganggu menghadapi orang-orang yang menganggap keberadaan anak laki-laki begitu penting dalam keluarga, mampukan aku untuk tenang dan gak emosi. Amin.

Mikha 1

Scripture      
Mikha 1:1 (TB)  Firman TUHAN yang datang kepada Mikha, orang Moresyet, pada zaman Yotam, Ahas dan Hizkia, raja-raja Yehuda, yakni berkenaan dengan yang dilihatnya tentang Samaria dan Yerusalem.

Observation
Waktu baca Mikha ini, entah kenapa jadi teringat sewaktu Yunus diminta Tuhan menyampaikan ke Niniwe kalau penduduk kota itu akan menerima akibat dari dosanya, lalu mereka bertobat. Di sini, dikatakan Samaria dan Yehuda akan dihukum atas dosanya, apakah respon mereka? Cuek? Marah? Sedih? Atau bertobat?

Saat aku dihukum atas dosaku, BERSEDIAkah aku meresponi dengan pertobatan? Jangan cuma sedih tapi masih mengulangi kesalahan Meg!

Aplication
✔️ Saat ditegur atas dosaku, aku mau meresponi dengan benar :mengakui kesalahan, minta ampun dan BERTOBAT. Aku gak boleh terus-menerus mengulangi kesalahan yang sama.

Prayer
Tuhan, aku mau meresponi setiap teguran dan hukuman dengan pertobatan. Mampukan aku ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 13 Agustus 2019
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

2 Raja-Raja 21-22

2 Raja-Raja 21 Scripture        2 Raja-raja 21:3 (TB)  Ia (Manasye) mendirikan kembali bukit-bukit pengorbanan yang telah dimusnahkan ole...