.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Thursday, September 26, 2019

1 Samuel 30

1 Samuel 30

Scripture      
1 Samuel 30:22-23 (TB)  Kemudian mulailah berbicara semua *orang jahat dan orang dursila di antara orang-orang, yang ikut pergi bersama-sama dengan Daud itu*, katanya: "Karena mereka tidak ikut pergi bersama-sama dengan kita, janganlah kita berikan kepada mereka apa-apa dari jarahan yang kita selamatkan itu, kecuali kepada masing-masing mereka isterinya dan anak-anaknya. Itu boleh mereka bawa, dan biarlah mereka pergi!"
Tetapi Daud berkata: "Janganlah kamu, saudara-saudaraku, berbuat demikian, dengan apa yang diberikan TUHAN kepada kita; sebab Ia telah melindungi kita, dan menyerahkan ke dalam tangan kita gerombolan yang menyerang kita.

Observation
Orang-orang yang jahat itu gak menyadari siapa yang memberikan kemenangan bagi mereka, mereka merasa itu hasil  usaha mereka, bukan Tuhan. Beda dengan Daud, dia menyadari Tuhan yang berikan kemenangan sehingga gak merasa jarahan itu haknya semata.

Aplication
✔️ Saat menyadari karya Tuhan dalam hidup kita, sikapku harusnya seperti Daud yang gak serakah, malahan penuh kemurahan. Aku mau belajar memberi apa yang telah kuterima dengan murah hati,karena sesungguhnya ga ada yang ada di hidupku yang bukan pemberian Tuhan.

Prayer
Tuhan, aku bersyukur untuk setiap pemberian Tuhan. Tolong aku untuk selalu ingat kalau hidupku pun pemberian Tuhan. Aku hidup hanya bagi Tuhan seharusnya, mampukah aku ya Tuhan. Amin.

Palangkaraya, 15 September 2019
-Mega Menulis-

1 Samuel 27-28

1 Samuel 28

Scripture      
1 Samuel 28:6 (TB)  Dan Saul bertanya kepada TUHAN, tetapi TUHAN tidak menjawab dia, baik dengan mimpi, baik dengan Urim, baik dengan perantaraan para nabi. 

Observation
Saat Tuhan tidak menjawab Saul, yang dilakukan Saul kemudian adalah mencari perempuan pemanggil arwah. Bukannya semakin tekun mencari Tuhan, Saul malah melakukan sesuatu yang tidak diinginkan Tuhan, mencari perempuan pemanggil arwah.

Bagaimana denganku, saat aku merasa Tuhan gak menjawab doaku, apa yang aku lakukan? Apakah aku akan semakin bertekun dalam doa? Atau aku mulai mencari jawaban di luar Dia?

Aplication
✔️ Saat aku merasa Tuhan gak menjawabku, aku harus semakin  bertekun dalam Tuhan. Berbalik dari dosa, minta ampun sama Tuhan dan tetap setia.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya tetap setia sama Tuhan. Bahkan saat Tuhan terasa jauh. Amin.

1 Samuel 28

Scripture      
1 Samuel 27:3 (TB)  Daud dan semua orangnya menetap pada Akhis di Gat, masing-masing dengan rumah tangganya; Daud dengan kedua orang isterinya, yakni Ahinoam, perempuan Yizreel, dan Abigail, bekas isteri Nabal, perempuan Karmel.

Observation
Ya ampun, Daud ternyata dah punya istri 3 aja (termasuk Mikhal). Bahkan Daud yang dekat dengan Tuhan punya kelemahan, apa kabar aku yang sering jatuh bangun. Setiap orang punya bergumul dengan dosa, setiap orang punya dosanya masing-masing. Kiranya setiap kita menang terhadap dosa setiap harinya, benar-benar bergantung sama Tuhan setiap hari dan dimampukan hidup dalam kekudusan.

Aplication
✔️ Gak ada hari di mana aku gak membutuhkan Tuhan untuk menang dalam area yang menjadi kelemahanku. Tetap ambil keputusan berkata tidak sama dosa Meg!

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk gak buka celah terhadap dosa setiap saat. Amin.

Palangka Raya, 14 September 2019
-Mega Menulis-

1 Samuel 25-26

1 Samuel 25

Scripture      
1 Samuel 25:34 (TB)  Tetapi demi TUHAN, Allah Israel yang hidup, yang mencegah aku dari pada berbuat jahat kepadamu — jika engkau tadinya tidak segera datang menemui aku, pasti tidak akan ada seorang laki-laki pun tinggal hidup pada Nabal sampai fajar menyingsing."

Observation
Bahkan seorang Daud pun saat marah dapat berbuat hal yang fatal dan akan disesalinya. Kalau dipikir, gak disangka begitu besar amarah Daud ke Nabal sampai berniat menghabisi semua pria di tempat Nabal padahal pada Saul yang berkali-kali mencelakainya dia bisa menahan diri. Tapi itulah kemarahan, bisa membuat  seseorang melakukan hal bodoh yang akan disesali.

Aplication
✔️ Aku gak boleh mengambil keputusan saat marah dan menuruti emosi, supaya gak melakukan sesuatu yang aku sesali.
✔️ Pertimbangkan semua akibat dan dampak yang ditimbulkan kalau akan melakukan sesuatu.

Prayer
Tuhan, jangan biarkan aku dikuasai emosi dan berbuat bodoh saat marah. Amin.

1 Samuel 26

Scripture      
1 Samuel 26:12 (TB)  Kemudian Daud mengambil tombak dan kendi itu dari sebelah kepala Saul, lalu mereka pergi. Tidak ada yang melihatnya, tidak ada yang mengetahuinya, tidak ada yang terbangun, sebab sekaliannya tidur, karena *TUHAN membuat mereka tidur nyenyak.*

Observation
Dari tadi sudah heran, kenapa Saul yang tidur dikelilingi rakyatnya bisa saja didekati Daud dengan mudahnya. Ternyata Tuhan yang membuat mereka tidur nyenyak, Tuhan yang memberikan kesempatan bagi Daud. Ini kalau aku lihat, seperti Tuhan menguji Daud lagi. Apakah dia tetap menghargai orang yang diurapi Tuhan sekalipun sepertinya Tuhan yang memberikan kesempatan.

Ujian dari Tuhan bisa 'menyamar' dalam bentuk kesempatan maupun berkat. Kita punya pilihan untuk taat atau menganggap itu 'hanya' berkat. Hari ini aku belajar dari seorang teman yang kelebihan dikirimi deposit pulsa dari suppliernya. Salah dikirimin ceritanya, yang harusnya 100 rb malah 200 rb. Dia bilang dia gak bisa kembalikan deposit itu, gak ada fasilitas kirim balik, berarti itu berkat Tuhan katanya, tapi aku bilang kalau dia tahu dia menerima yang bukan haknya, dia bisa bayar lagi kelebihannya. Tapi dia diam aja sih. Ya gak papa. Tapi ini pelajaran buatku.

Aplication
✔️ Aku harus taat sama firman Tuhan dalam segala keadaan. Gak langsung beranggapan apa yang kuterima berkat Tuhan kalau caranya gak benar atau aku tahu bagaimana melakukan yang benar.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk menyenangkan Tuhan dan gak memilih melakukan yang hanya menyenangkan diriku. Amin.

Palangka Raya, 13 September 2019
-Mega Menulis-

1 Samuel 23-24

1 Samuel 23

Scripture      
1 Samuel 23:12 (FAYH)  Daud bertanya lagi, "Apakah penduduk Kehila ini akan menyerahkan hamba serta para pengikut hamba kepada Saul? " TUHAN menjawab lagi, "Ya, mereka akan menyerahkan engkau. "

Observation
Daud menyelamatkan orang Kehila dari orang Filistin tapi mereka malah mau menyerahkan Daud ke Saul. Astagaaaa... Teganya! Bukannya  gantian mereka yang menyelamatkan Daud eh malah kayak gitu. Orang berbuat baik malah dibalas berbuat jahat. Respon Daud saat tahu orang Kehila akan menyerahkan dia luar biasa, dia gak menyerang mereka malahan pergi. Perbuatan jahat dibalas perbuatan baik. Emang beda kelas ya, respon Daud yang dekat sama Tuhan berbeda!

Setiap orang yang sungguh dekat dengan Tuhan, akan berusaha berespon dengan benar saat menghadapi berbagai kesulitan.

Aplication
✔️ Aku mau berespon dengan benar dalam segala keadaan. Gak peduli beda dengan orang lain dan mengalami kerugian. Yang penting melakukan yang benar menurut Tuhan.

Prayer
Tuhan, ajarkan aku bertindak seperti yang Tuhan mau. Tolong aku supaya gak mengikuti standar dunia. Amin.

1 Samuel 24

Scripture      
1 Samuel 24:12 (TB)  (24-13) TUHAN kiranya menjadi hakim di antara aku dan engkau, TUHAN kiranya membalaskan aku kepadamu, tetapi tanganku tidak akan memukul engkau;

Observation & Aplication
Sekali lagi melihat respon yang berbeda dengan kebanyakan orang dari Daud. Aku kembali diteguhkan untuk berespon seperti yang Tuhan kehendaki saja dalam segala keadaan.

TERKADANG pengen rasanya ngeles saat berbuat salah atau mencari alasan,tapi Firman Tuhan bilang orang yang mengakui pelanggarannya akan lebih disayangi. Bersyukur kemarin, aku melakukan ini. Ada kesalahan dalam pekerjaan yang dikirim ke pusat kemarin. Waktu ditanya, aku segera mengakui saja kalau aku uang yang melakukan kesalahan, aku langsung perbaiki. Berbeda dengan seseorang yang kukenal yang malah menyalahkan stafnya jika ada kejadian serupa supaya. Aku bersyukur Tuhan mampukan untuk gak ngeles tapi mengaku.

Prayer
Tuhan, mampukan aku untuk terus melakukan yang benar sekalipun berat. Amin.

Palangka Raya,  12 September 2019
-Mega Menulis-

1 Samuel 21-22

1 Samuel 21

Scripture      
1 Samuel 21:11-12 (FAYH)  Tetapi para pegawai Raja Akhis tidak senang akan kehadirannya di situ. "Bukankah dia seorang pemimpin besar Israel yang terkenal? " kata mereka. "Bukankah dia yang dipuja-puja serta dipuji-puji bangsanya dalam tarian dan nyanyian mereka, demikian: Saul membunuh beribu-ribu sedangkan Daud berpuluh-puluh ribu? "
Daud mendengar semua pembicaraan itu dan ia takut akan tindakan yang mungkin diambil Raja Akhis terhadap dirinya.

Observation & Aplication
Aneh awalnya buatku, kok bisa Daud takut ya sama Raja Akhis saat mendengar pegawai Raja Akhis membandingkan dia dengan Saul. Bukankah artinya orang lain mengenal Daud lebih hebat dibandingkan Saul, harusnya mereka dong yang takut. Jadi, ini semua *tergantung sudut pandang dan cara pikir kita*, Daud memikirkan apa yang akan dilakukan Raja Akhis kepadanya, bukan apa yang dilakukan Tuhan melalui dia. Daud fokus pada ketakutannya, bukan kekuatan Tuhan yang sudah dinyatakan oleh kemenangan yang diraihnya.

Aku mau memilih untuk punya pikiran yang berkenan di hadapan Tuhan. Belajar memandang seperti Tuhan memandang, punya hati seperti hatiNya.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk punya pikiran yang benar di hadapan Tuhan. Kalau ada yang gak berkenan, Tuhan tolong bereskan. Amin.

1 Samuel 22

Scripture      
1 Samuel 22:2 (TB)  Berhimpunlah juga kepadanya setiap orang yang dalam kesukaran, setiap orang yang dikejar-kejar tukang piutang, setiap orang yang sakit hati, maka ia menjadi pemimpin mereka. Bersama-sama dengan dia ada kira-kira empat ratus orang.

Observation
Daud sedang mengalami kesusahan tapi malah menarik orang lain yang kesusahan juga. Terkadang Tuhan izinkan seseorang mengalami penderitaan supaya lebih berempati pada penderitaan orang lain.

Hari ini aku mendengar seorang teman seruanganku yang harus mengalami penundaan kenaikan pangkat karena kelalaian pegawai pusat yang menghilangkan berkasnya. Aku juga ikutan jengkel dan marah. Ada seorang teman di ruangan yang lalu sibuk membantu mencari kelengkapan teman tersebut. Ini respon yang benar. Gak cukup hanya berempati tapi juga bertindak. Empati yang benar harus didorong tindakan.

Aplication
✔️ Gak cukup berempati pada yang orang lain rasakan, aku perlu bertanya ke diriku sendiri :apa yang bisa aku lakukan untuk membantu? Lalu bertindak!

Prayer
Tuhan, ampuni aku kalau selama ini gak bertindak dan menyatakan kasih Tuhan. Tolong aku Tuhan, aku mau turut  merasakan dan berespon terhadap penderitaan orang lain. Amin.

Palangka Raya, 11 September 2019
-Mega Menulis-

1 Samuel 19

1 Samuel 19

Scripture      
1 Samuel 19:13 (TB)  Sesudah itu Mikhal mengambil *terafim* dan menaruhnya di tempat tidur; ditaruhnya sehelai tenunan bulu kambing di bagian kepala dan ditutupinya dengan selimut.

Observation
Terafim adalah patung berhala,menjadi pertanyaan besar kenapa Mikhal istri Daud menyimpan Terafim di rumahnya, apakah dia gak menyembah Allah? Kalau demikian, pantas saja di kemudian hari Mikhal mencemooh Daud yang menari bagi Allah bersama rakyatnya. Atau Mikhal mendua hati dan menyembah allah lain? Daud tahu gak sih? Kalau tahu, aku penasaran apa Daud sudah menegur. Atau Daud cuma mendiamkan?

Aplication
✔️ Zaman sekarang berhala ga cuma berupa patung, saat aku /suami menganggap hal lain lebih penting dari Tuhan (misal:uang, karir, dll) berarti kami sedang menyembah allah lain. Harus peka dan saling menegur.

Prayer
Tuhan, ajari aku dan suami saling mengingatkan saat kami mulai memiliki allah lain selain Engkau. Amin.

1 Samuel 20
No rhema

Palangka Raya, 10 September 2019
-Mega Menulis-

Tuesday, September 10, 2019

1 Samuel 17-18


1 Samuel 17

Scripture       
1 Samuel 17:15, 37 (TB)  Tetapi Daud selalu pulang dari pada Saul untuk menggembalakan domba ayahnya di Betlehem. 
Pula kata Daud: "TUHAN yang telah melepaskan aku dari cakar singa dan dari cakar beruang, Dia juga akan melepaskan aku dari tangan orang Filistin itu." Kata Saul kepada Daud: "Pergilah! TUHAN menyertai engkau." 

Observation 
Daud selalu menggembalakan domba ayahnya setiap hari dengan setia, sebuah pekerjaan yang dianggap remeh oleh orang lain. Padahal dalam pekerjaan itu Daud menghadapi lawan yang berat, singa dan beruang yang ingin memakan dombanya, dan Daud menang!

Sering seseorang menganggap remeh pekerjaan orang lain, padahal dalam pekerjaan tersebut, Tuhan dapat memperlengkapi dan membentuk karakter seseorang.  Siapa yang mengira nantinya Daud akan memimpin suatu bangsa padahal selama ini dia memimpin domba.

Aplication
✔ Kerjakan pekerjaan sekecil apapun dengan kesetiaan yang besar Meg!

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk bersungguh-sungguh dalam setiap pekerjaan yang Tuhan berikan. Amin.

1 Samuel 18

Scripture       
1 Samuel 18:8 (TB)  Lalu bangkitlah amarah Saul dengan sangat; dan perkataan itu menyebalkan hatinya, sebab pikirnya: "Kepada Daud diperhitungkan mereka berlaksa-laksa, tetapi kepadaku diperhitungkannya beribu-ribu; akhir-akhirnya jabatan raja itu pun jatuh kepadanya." 

Observation
Saul marah karena orang lain membandingkannya dengan Daud dan menganggap Daud lebih hebat dari dirinya. Saul iri terhadap Daud.

Aku juga harus berhati-hati supaya rasa iri gak membuatku benci kepada orang lain dan bertindak bodoh. Terkadang aku iri dengan seseorang di kantor, tapi aku perlu belajar untuk lebih  fokus dengan apa yang Tuhan percayakan.

Aplication
✔ Aku gak perlu merasa iri dengan apa yang dimiliki orang lain, kesempatan yang dimiliki orang lain. Jangan mengingini milik orang lain Meg! Kesempatannya, kemampuannya ataupun kesuksesannya.
✔ Fokus dengan berkat yang Tuhan berikan dan apa yang sedang Tuhan kerjakan di dalam ku dan melaluiku.

Prayer
Tuhan, Engkau tahu yang ada di hatiku. Terkadang aku menginginkan apa yang orang lain miliki. Tolong aku mencukupkan diri dengan apa yang ada padaku Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 9 September 2019
-Mega Menulis-

1 Samuel 15-16

1 Samuel 16

Scripture       
1 Samuel 16:14 (TB)  Tetapi Roh TUHAN telah mundur dari pada Saul, dan sekarang ia diganggu oleh roh jahat yang dari pada TUHAN. 

Observation 
Saat jauh dari Tuhan, maka roh jahat mengganggu Saul. Hidup Saul menjadi gak tenang dan jauh dari damai sejahtera. Begitu juga saat aku jauh dari Tuhan, maka aku gak akan pernah hidup dalam ketenangan. Sedikit saja gangguan, aku akan mudah marah, frustrasi, kecewa, gak puas, dll. Mungkin bukan roh jahat yang menggangguku, tapi aku cenderung melakukan yang jahat.

Aplication
✔ Aku harus terus hidup dekat Tuhan. Benar-benar tinggal di dalam Tuhan, gak hidup di luar kehendak Tuhan.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk hanya melakukan kehendakMu hari ini. Amin.


1 Samuel 15

Scripture       
1 Samuel 15:24 (TB)  Berkatalah Saul kepada Samuel: "Aku telah berdosa, sebab telah kulangkahi titah TUHAN dan perkataanmu; tetapi aku takut kepada rakyat, karena itu aku mengabulkan permintaan mereka. 

Observation 
Saul ini banyak ngelesnya. Sudah nyata dia gak taat sama Tuhan, bukannya mengakui kesalahan dan bertobat tapi malahan mencari alasan untuk ketidaktaatannya. Apa Saul lupa kalau dia gak bisa menyembunyikan apa-apa dari Tuhan.

Saat Tuhan menyatakan kesalahanku, entah melalui firmanNya atau orang lain. Aku gak boleh ngeles seperti Saul

Aplication
✔ Saat ditegur, aku harus mengakui kesalahan, jangan mencari alasan, segera bertobat!

Prayer
Tuhan, mampukan aku untuk selalu taat sama Tuhan dan gak mencari alasan untuk ketidaktaatanku. Tolong aku untuk mengakui kesalahan segera mungkin dan berbalik kepada Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 8 September 2019
-Mega Menulis-

1 Samuel 13

1 Samuel 13

Scripture       
1 Samuel 13:12, 14 (TB)  maka pikirku: Sebentar lagi orang Filistin akan menyerang aku di Gilgal, padahal aku belum memohonkan belas kasihan TUHAN; sebab itu aku memberanikan diri, lalu mempersembahkan korban bakaran." 
Tetapi sekarang kerajaanmu tidak akan tetap. TUHAN telah memilih seorang yang berkenan di hati-Nya dan TUHAN telah menunjuk dia menjadi raja atas umat-Nya, karena engkau tidak mengikuti apa yang diperintahkan TUHAN kepadamu."  

Observation 
Saat dihadapkan pada keadaan sulit, Saul berpikir apa yang dilakukannya adalah yang terbaik, padahal Tuhan gak memerintahkan. Aku jadi ingat ayat yang berkata:percayalah kepada Tuhan dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri, akuilah Dia dalam segala lakumu maka Ia akan meluruskan jalanmu.
Apa yang menurutku baik, belum tentu menurut Tuhan. Apa yang menurutku benar, belum tentu benar menurut Tuhan.

Aplication
✔ Saat aku tahu firman Tuhan apa, aku harus memutuskan taat pada Tuhan. Bukan melakukan apa yang benar menurutku, tapi menurut kata Tuhan.

Prayer
Tuhan jangan biarkan aku bersandar pada pemikiranku sendiri lagi. Amin.

Palangka Raya, 7 September 2019
-Mega Menulis-

1 Samuel 11-12

1 Samuel 11

Scripture       
1 Samuel 11:12-13 (TB)  Lalu berkatalah bangsa itu kepada Samuel: "Siapakah yang telah berkata: Masakan Saul menjadi raja atas kita? Serahkanlah orang-orang itu, supaya kami membunuhnya."
Tetapi kata Saul: "Pada hari ini seorang pun tidak boleh dibunuh, sebab pada hari ini TUHAN telah mewujudkan keselamatan kepada Israel." 

Observation 
Saul gak mendendam kepada orang-orang yang meremehkan dan merendahkan dia. Sikap orang lain gak memengaruhi bagaimana dia memandang dirinya. Menurutku orang-orang yang insecure yang selalu memandang dirinya kurang ini itu sehingga berusaha menjadi seperti orang lain. Dia gak nyaman dengan dirinya karena merasa gak diterima saat gak memenuhi standar orang lain.

Aku sedih mendengar curhatan temanku tentang saudaranya yang harus memake over dirinya, jaga bodi gila-gilaan supaya suaminya gak mencari  wanita lain. Dia merasa gak berharga karena suaminya selingkuh, jadi harus terus upgrade diri.

Aplication
✔ Aku bersyukur suamiku gak pernah membandingkan aku dengan orang lain. Bersyukur buat suami yang setia.
✔ Aku mau berusaha jadi diriku yang terbaik, bukan orang jadi orang lain.

Prayer
Tuhan, tolong aku terus mengingat bahwa gambar diriku sudah dipulihkan. Bukan perkataan orang lain yang menentukan siapa aku. Terima kasih Tuhan. Amin.

1 Samuel 12

Scripture       
1 Samuel 12:20 (FAYH)  "Jangan takut, " kata Samuel menentramkan hati mereka. "Memang kamu telah berbuat jahat, tetapi beribadahlah kepada TUHAN dengan segenap hatimu dan jangan sekali-kali kamu meninggalkan Dia, biar bagaimana pun.

Observation 
Saat menyadari berbuat dosa, bangsa Israel menyesal dan minta Samuel mendoakan mereka. Samuel gak menghakimi mereka tapi memberikan semangat kepada mereka untuk beribadah kepada Tuhan dengan segenap hati dan gak meninggalkan Tuhan. Lebih mudah untuk menyalahkan dan menyatakan murka Allah atas dosa, tapi Samuel menyampaikan kemurahan Tuhan yang mau tetap menerima mereka yang berbuat dosa asalkan berubah.

Terkadang aku gak sabar mendengar curhatan teman yang berulang kali jatuh dalam dosa yang sama dan minta didoakan, tapi gak ada perubahan hidup. Gemes kan. Jadi menghakimi deh. Tapi Samuel beri teladan untuk menyampaikan kebenaran dan kasih Tuhan.

Aplication
✔ Mendoakan temanku supaya sungguh-sungguh bertobat dan gak menghakimi.

Prayer 
Tuhan, tolong aku untuk belajar dari Samuel yang mau beri semangat kepada yang jatuh. Jangan biarkan aku menghakimi orang lain. Amin.

Palangka Raya, 6 September 2019
-Mega Menulis-

1 Samuel 9-10

1 Samuel 9

Scripture       
1 Samuel 9:2 (TB)  Orang ini ada anaknya laki-laki, namanya Saul, seorang muda yang elok rupanya; tidak ada seorang pun dari antara orang Israel yang lebih elok dari padanya: dari bahu ke atas ia lebih tinggi dari pada setiap orang sebangsanya. 

Observation 
Kupikir saat Tuhan memilih Saul, Tuhan sudah tahu kalau sebagian besar orang Israel terpesona dengan para dan penampilan Saul makanya Tuhan menunjuk Saul sebagai raja. Tuhan tahu bagaimana Israel akan terpesona dengan rupa Saul. Tuhan mengenal setiap umatnya dan gak pernah terkejut dengan setiap keputusan kita. Bahkan Tuhan memberikan yang kita inginkan sebagai pelajaran kalau lebih baik menginginkan yang Tuhan inginkan.

Aplication
✔ Bersyukur karena Tuhan sangat mengenalku bahkan melebihi diriku sendiri

Prayer
Tuhan, aku mau menginginkan yang Tuhan inginkan. Bukan kehendakku yang jadi, tapi kehendakMu saja ya Tuhan.

1 Samuel 10 

Scripture    
1 Samuel 10:10 (TB)  Ketika mereka sampai di Gibea dari sana, maka bertemulah ia dengan serombongan nabi; Roh Allah berkuasa atasnya dan Saul turut kepenuhan seperti nabi di tengah-tengah mereka.
   
1 Samuel 10:10 (FAYH)  Ketika Saul dan pelayannya tiba di Gibea, di Bukit Allah, mereka bertemu dengan serombongan nabi dan Roh TUHAN datang dengan penuh kuasa ke atas Saul, dan ia juga mulai bernubuat.

Observation & Aplication 
Di versi TB dikatakan saat Roh Tuhan berkuasa atas Saul maka ia kepenuhan seperti nabi, di versi FAYH lebih jelas dikatakan Saul mulai bernubuat. Saat Roh Tuhan menguasai hidup kita, maka kita akan melakukan hal-hal yang tidak pernah kita lakukan sebelumnya, Roh Allah yang memampukan. Pertanyaannya, apakah aku sudah membiarkan Roh Allah berkuasa atasku atau belum? MembiarkanNya bekerja di dalamku dan melaluiku. Aku sering memilih melakukan apa yang aku mau dibandingkan apa yang Tuhan mau. Saat ini, apakah aku bersedia dikuasai firman Tuhan atau ngga, itu akan jadi pilihanku setiap saat. Dikuasai firman Tuhan berarti melakukan apa kata firman Tuhan bahkan saat aku gak menginginkannya.

Prayer
Tuhan,aku mau melakukan firmanMu setiap saat. Tolong aku yang lemah ini. Amin.

Palangka Raya, 5 September 2019
-Mega Menulis-

1 Samuel 8

1 Samuel 8

Scripture       
1 Samuel 8:19-20 (TB)  Tetapi bangsa itu menolak mendengarkan perkataan Samuel dan mereka berkata: "Tidak, harus ada raja atas kami;
maka kami pun akan sama seperti segala bangsa-bangsa lain; raja kami akan menghakimi kami dan memimpin kami dalam perang."

Observation 
Bangsa Israel meminta raja karena ingin sama seperti bangsa lain yang tidak mengenal Allah,padahal selama ini Allah sendiri yang memerintah mereka dengan perantaraan nabi dan hakim yang ditunjukNya. Walaupun dikatakan raja itu nantinya akan menekan mereka, mereka tetap memilih raja dibandingkan Allah. Aneh? Banget! Tapi itulah pilihan mereka, itulah yang mereka inginkan.

Aku harus berhati-hati dengan keinginanku. Jangan menginginkan apa yang dimiliki mereka yang gak kenal Tuhan, hanya akan menyusahkanku nantinya.

Aplication
✔ Aku gak perlu iri dengan apa yang dimiliki mereka yang gak kenal Tuhan.
✔ Lebih baik aku taat pada Allah daripada manusia.

Prayer
Tuhan tolong aku untuk menaatimu dalam segala hal. Amin

Palangka Raya, 4 September 2019
-Mega Menulis-

1 Samuel 5-6

1 Samuel 5

Scripture     
1 Samuel 5:7 (TB)  Ketika dilihat orang-orang Asdod, bahwa demikian halnya, berkatalah mereka: "Tabut Allah Israel tidak boleh tinggal pada kita, sebab tangan-Nya keras melawan kita dan melawan Dagon, allah kita."

Observation 
Beberapa minggu kemarin heboh karena seorang ustad yang dinilai menista agama. Banyak orang Kristen yang marah dan menuntut ustad tersebut diadili. Aku biasa aja, sampe dikatain kalau aku ini aneh, kok gak jengkel sama si ustad. Kupikir ngapain juga ya, gak guna. Toh dia mau bilang apa juga Tuhan bisa bela diriNya sendiri. Tuhan gak perlu dibela. Hari ini baca cerita ini makin dikuatkan untuk punya respon yang benar sekalipun orang menghina Tuhan. Gak usah sok bela Tuhan, tapi lakukan yang Tuhan mau, tetap mengasihi.

Aplication
✔ Bersyukur buat respon PGI yang gak ikutan panas, tapi malah meminta UU penistaan agama ditinjau.
✔ Berdoa supaya semua orang Kristen tetap mengasihi mereka yang membenci Yesus dan tetap  jadi saluran kasihNya.

Prayer
Tuhan, tolong aku berespon mengasihi meskipun dibenci. Amin.

1 Samuel 6 

Scripture       
1 Samuel 6:6 (FAYH)  Janganlah kamu mengeraskan hati dan memberontak seperti yang telah dilakukan oleh Firaun dan orang Mesir. Mereka tidak mau membiarkan bangsa Israel pergi sehingga Allah membinasakan mereka dengan berbagai malapetaka yang mengerikan.

Observation 
Firaun dan Orang Mesir mengeraskan hati dan memberontak. Waktu tahu apa yang benar tapi aku ngotot melakukan yang salah berarti aku sedang mengeraskan hari dan mengambil posisi berontak sama Tuhan. Gak boleh gitu Meg! Gak boleh melakukan bertentangan dari kehendak Tuhan. Jangan menunda-nunda untuk taat. Kalau kamu gitu, kamu sedang meniru Firaun dan orang Mesir.

Aplication
✔ Segera taat, jangan menunda-nunda dan menunggu-nunggu besok.

Prayer
Tuhan, ampuni aku karena menunda untuk taat dan mencari alasan untuk ketidaktaatanku. Aku mau mencari cara untuk selalu taat. Berikanku hati yang taat Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 3 September 2019
-Mega Menulis-

1 Samuel 3-4

1 Samuel 3

Scripture       
1 Samuel 3:13 (FAYH)  Telah berkali-kali Aku memperingatkan dia bahwa Aku akan menghukum keluarganya untuk selamanya karena anak-anaknya telah menghujat Allah, tetapi ia tidak menegor mereka.

Observation & Aplication 
Kenapa ya Eli gak menegur anak-anaknya, padahal Allah sudah berkali-kali memperingatkan dia.
Karena merasa percuma menegur anaknya? Mungkin dia merasa anaknya gak akan mendengarkan? Gak tahu persis deh. Tapi aku merasakan zaman sekarang jadi orang tua kalau gak bener-bener dengar kata Tuhan bakal bingung. Artikel A bilang ga boleh melarang anak pakai kata jangan, artikel B bilang kita harus tegas, dll. Dalam mendidik anak, harus peka dan taat sama Tuhan. Bukan apa kata orang, bukan pengalaman sendiri, bukan hikmat sendiri.

Dari Eli, aku belajar juga:Lebih baik aku yang menghajar anakku, daripada Tuhan yang menghukum.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk menegur anakku dengan kasih saat diperlukan. Jangan biarkan aku diam saat mereka mendukakan Tuhan. Amin.

1 Samuel 4

Scripture       
1 Samuel 4:3 (TB)  Ketika tentara itu kembali ke perkemahan, berkatalah para tua-tua Israel: "Mengapa TUHAN membuat kita terpukul kalah oleh orang Filistin pada hari ini? Marilah kita mengambil dari Silo tabut perjanjian TUHAN, supaya Ia datang ke tengah-tengah kita dan melepaskan kita dari tangan musuh kita." 

Observation 
Kenapa Tuhan membuat kita kalah?
Kenapa Tuhan membuatku menderita?
Kenapa Tuhan membuat pernikahanku seperti ini?
Kenapa Tuhan panggil orang tuaku secepat ini?
Kenapa suamiku gak Tuhan beri pekerjaan?
Kenapa Tuhan gak membuat aku hami?
Kenapa Tuhan gak memberiku pekerjaan yang bagus?
Banyak pertanyaan kenapa Tuhan begini begitu?
Manusia ya, kalau ada hal buruk menimpa pasti nyalahin Tuhan, tanya kenapa sama Tuhan? Giliran ada hal baik, mana pernah tanya sama Tuhan 'kenapa'? 

Aplication
✔ Aku diingatkan untuk bersyukur untuk setiap berkat yang Tuhan berikan.
✔ Berdoa supaya saat ada hal buruk terjadi, aku bisa berespon dengan benar dan melihat apa yang Tuhan ingin kerjakan dalam hidupku (karakter apa yang Tuhan mau bentuk).

Prayer
Bapa, ajarku mengucap syukur dalam segala hal. Dan tolong aku supaya dalam keadaan ga baik sekalipun, punya sikap hati yang benar. Amin.

Palangka Raya, 2 September 2019
-Mega Menulis-

Monday, September 2, 2019

1 Samuel 1-2

1 Samuel 1

Scripture       
1 Samuel 1:13-14 (TB)  dan karena Hana berkata-kata dalam hatinya dan hanya bibirnya saja bergerak-gerak, tetapi suaranya tidak kedengaran, maka Eli menyangka perempuan itu mabuk.
Lalu kata Eli kepadanya: "Berapa lama lagi engkau berlaku sebagai orang mabuk? Lepaskanlah dirimu dari pada mabukmu."

Observation 
Eli berasumsi Hana mabuk dan menegur dengan kasar. Padahal, Eli belum bertanya dan memastikan kondisi Hana. Bahkan Imam seperti Eli pun menghakimi seseorang melalui pikiran dan perkataannya. Aku juga kadang melihat keadaan seseorang lalu menghakimi dia dengan pikiranku, padahal aku gak dekat dan mengenalnya benar.

Aplication
✔ Aku gak boleh mengikuti jejak Imam Eli. Lebih baik aku bertanya dan memastikan kondisi seseorang sebelum sembarang berkata-kata. Daripada perkataanku

Prayer
Tuhan, Tuhan tahu kadang aku memikirkan hak buruk tentang seseorang padahal aku gak tahu  sebenarnya dia bagaimana. Ampuni aku karena berasumsi sembarangan. Mampukan aku memikirkan yang baik tentang dia ya Tuhan. Amin.

1 Samuel 2

Scripture       
1 Samuel 2:12 (TB)  Adapun anak-anak lelaki Eli adalah orang-orang dursila; mereka tidak mengindahkan TUHAN, 

Observation 
Ironis sekali. Eli yang seorang Imam dan tentunya standar hidupnya tinggi, anaknya malah gak taat sama Tuhan. Duh, berat sekali tugas orang tua. Aku diingatkan untuk memperhatikan anak-anakku. Jangan sampai aku asyik dengan pekerjaanku dan melayani Tuhan tapi anakku tumbuh tanpa mengenal Tuhan yang aku layani.

Aplication
✔ Bawa anak-anak dalam pengenalan akan Tuhan adalah tugasku dan suami. Kami gak boleh mengabaikan ini.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya gak mengulangi kesalahan Imam Eli. Jangan biarkan anakku terbilang. Amin.

Palangka Raya, 1 September 2019
-Mega Menulis-

Roma 15-16

Roma 16

Scripture       
Roma 16:19 (TB)  Kabar tentang ketaatanmu telah terdengar oleh semua orang. Sebab itu aku bersukacita tentang kamu. Tetapi aku ingin supaya kamu bijaksana terhadap apa yang baik, dan bersih terhadap apa yang jahat.

Observation 
Apakah yang orang lain dengar tentang aku? Ketaatanku kepada Tuhan? Atau dosaku? Kemalasanku atau kerajinanmu? Integritas atau kemunafikanku?

Ketaatan jemaat Roma telah didengar banyak orang dan ini membuat Paulus sangat bersukacita. Kalau aku hidup dalam ketaatan, akan menjadi kesaksian bagi orang lain dan mendatangkan sukacita. Hidupku adalah buku terbuka yang dibaca semua orang. Setiap hari aku punya pilihan untuk menyenangkan Tuhan atau manusia, mana yang akan aku taati?

Aplication 
Setiap hari aku harus :
Taat sama Tuhan - > Pilih menaati firman Tuhan dibandingkan menuruti keinginan sendiri

Prayer
Tuhan, tolong aku menaati Tuhan dengan sukacita, bukan dengan sedih hati. Dan biarlah ketaatanku menyenangkan hati Tuhan. Amin.

Roma 15

Scripture       
Roma 15:1 (TB)  Kita, yang kuat, wajib menanggung kelemahan orang yang tidak kuat dan jangan kita mencari kesenangan kita sendiri.

Observation
Sedang kontroversi isu kenaikan BPJS tahun depan, katanya gara-gara BPJS defisit dan banyak masalah sejak ada BPJS gak mampu. Dulu waktu masih ASKES gak segitu kacaunya. Ada banyak cerita orang baru daftar setelah sakit, pas sembuh gak bayar iuran lagi, gimana gak defisit ya BPJS. Kesel juga dengar cerita banyak peserta BPJS gak mampu ternyata orang yang mampu. Walaupun banyak juga cerita gimana orang sangat tertolong dengan adanya BPJS.

Aplication
✔ Berdoa supaya pemerintah punya sistem yang baik dalam pemberian subsidi dan supaya setiap yang bekerja di BPJS diberi hikmat untuk mengelola uang jaminan kesehatan.

Palangka Raya, 31 Agustus 2019
-Mega Menulis-

Roma 13-14

Roma 13

Scripture       
Roma 13:10 (TB)  Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia, karena itu kasih adalah kegenapan hukum Taurat. 
Roma 13:10 (FAYH)  Kasih tidak berbuat jahat kepada siapa pun. Sebab itulah kasih memenuhi segala tuntutan Allah. Itulah satu-satunya hukum yang Saudara perlukan.

Observation 
Baca ayat-ayat ini diingatkan kalau aku belum mengasihi sebagaimana Tuhan ingin aku mengasihi orang lain. Aku masih memikirkan bagaimana membalas orang yang berbuat jahat denganku, masih ngomongin orang lain, masih berpikiran negatif tentang orang lain, masih menginginkan hal buruk terjadi pada seseorang, aku belum mengasihi 😭

Sebelumnya aku juga masih melakukan hal-hal yang kusebutkan tapi gak merasa terganggu tapi sekarang ngerasa berdosa sekali. Seperti dibukakan kalau selama ini ternyata aku gak taat dalam hal mengasihi.

Aplication
✔ Standar Tuhan dalam mengasihi sangat tinggi, dan Tuhan mau aku benar-benar mengasihi bukan cuma dengan perkataan. Dalam pikiran pun aku gak diizinkan memikirkan yang jahat tentang orang lain.

Prayer
Tuhan, ampuni aku karena belum mengasihi sesamaku.Tolong aku untuk setiap hari berusaha mengasihi dengan sungguh. Amin.

Roma 14

Scripture       
Roma 14:13 (TB)  Karena itu janganlah kita saling menghakimi lagi! Tetapi lebih baik kamu menganut pandangan ini: Jangan kita membuat saudara kita jatuh atau tersandung!

Observation 
Ini berat banget, karena kadang aku merasa yang dilakukan orang lain salah dan aku benar. Gak terucapkan, tapi aku sering menghakimi dengan pikiranku. Aku harus berjuang untuk mengasihi dibanding menghakimi.

Aplication
✔ Stop menganggap keputusanku lebih benar dari orang lain. Tiap orang beda sikon, beda pemikiran, beda latar belakang.

Prayer
Tuhan, aku mau belajar mengasihi daripada menghakimi, bahkan sejak dalam pikiran. Amin.

Palangka Raua, 30 Agustus 2019
-Mega Menulis-

Roma 11-12

Roma 11

Scripture       
Roma 11:33 (TB)  O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat dan pengetahuan Allah! Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusan-Nya dan sungguh tak terselami jalan-jalan-Nya!

Observation 
Betapa banyak hal yang aku gak mengerti dan justru itu baik, supaya aku semakin mendekat pada Dia yang mengerti. Hikmat Tuhan sungguh gak aku mengerti kalau bukan Tuhan yang menyatakan jawabanNya. Baca ayat ini aku ingat, aku pernah mempertanyakan gimana Tuhan kasih kehendak bebas kepada manusia tapi Dia juga berdaulat atas segala sesuatu. Makin dipikir, makin puyeng waktu itu. Kalau Tuhan berdaulat, keputusan-keputusan dan pilihan yang aku ambil bukan lagi hasil 'kehendak bebasku' dong. Tapi aku dapat sedikit pengertian kalau Tuhan mengenalku lebih dari diriku sendiri, oke lah aku bisa memilih tapi aku gak bebas memilih konsekuensi dari pilihanku. Tuhan mengenalku, tahu cara berpikirku, tahu kecenderungan pilihanku, Dia gak pernah terkejut dengan yang aku lakukan, Tuhan sangat mengenalku.

Aplication
✔ Walaupun aku gak mengerti jalan-jalan Tuhan, tapi aku mau mempercayai Dia dalam segala hal.

Prayer
Tuhan, sungguh tak terselami pikiranMu dan aku bersyukur kalau ada yang gak aku mengerti, aku mau belajar taat sekalipun gak mengerti. Sambil percaya, ketaatanku boleh diberkati dengan pengertian kalau Tuhan berkenan. Aku percaya. Amin.

Roma 12

Scripture       
Roma 12:11 (TB)  Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan. 


Roma 12:11 (FAYH)  Janganlah Saudara bermalas-malas dalam melakukan pekerjaan, melainkan layanilah Tuhan dengan giat.

Observation 
Versi FAYH untuk ayat ini nampol banget deh. Reminder buatku gak boleh bermalas-malasan dalam melakukan pekerjaanku, apapun itu. Jadi teringat Kolose 3:23 dan liat versi FAYH :
Kolose 3:23 (FAYH)  Kerjakanlah segala tugas Saudara dengan sungguh-sungguh dan dengan senang hati, seakan-akan Saudara sedang bekerja untuk Tuhan dan bukan hanya untuk tuan Saudara.

Mengerjakan segala sesuatu seperti untuk Tuhan. Jadi gak boleh malas-malasan dan melakukan yang terbaik. Gak asal melakukan.

Aplication
✔ Gak boleh malas-malasan : masak sayur, main sama bocah, monitoring inputan satker.

Prayer
Tuhan, aku gak mau bermalas-malasan dalam melakukan pekerjaanku. Tolong aku untuk selalu melakukan yang terbaik. Amin.

Palangka Raya, 29 Agustus 2019
-Mega Menulis-

Roma 9-10


Roma 10

Scripture       
Roma 10:2 (TB)  Sebab aku dapat memberi kesaksian tentang mereka, bahwa mereka sungguh-sungguh giat untuk Allah, tetapi tanpa pengertian yang benar.

Observation 
Melakukan pekerjaan untuk Tuhan tanpa pengertian yang benar akan membuat aku mengandalkan pemikiran dan hikmatku sendiri. Padahal, apa yang benar menurutku, belum tentu benar menurut Tuhan. Lah, katanya melayani Tuhan, tapi masa aku gak mau tahu Tuhan maunya aku melakukan apa sih sebenarnya.

Aplication
✔ Bagaimana memiliki pengertian yang benar?
- bertekun dalam kebenaran firman Tuhan
- berdoa dan minta pengertian dari Roh Kudus

Prayer
Tuhan, biarlah aku bertekun melayani Tuhan dengan pengertian yang benar. Jangan biarkan aku mengandalkan pengertianku sendiri ya Tuhan. Amin.

Roma 9

Scripture       
Roma 9:20 (TB)  Siapakah kamu, hai manusia, maka kamu membantah Allah? Dapatkah yang dibentuk berkata kepada yang membentuknya: "Mengapakah engkau membentuk aku demikian?" 

Observation 
Aku pernah dalam masa-masa protes sama Tuhan, kenapa aku dibentuk begini. Kenapa kehidupanku seperti ini. Kenapa papa meninggal terlalu cepat (menurutku). Dan banyak kenapa lain dalam hidupku. Tapi sekarang, kalau melihat ke belakang aku menyadari kalau semuanya memang harus terjadi demikian dalam hidupku. Tuhan merancangkan setiap detail dalam hidupku dengan hikmat dan kasihNya yang sempurna. Betapa gak tahu dirinya aku yang protes melulu, padahal aku ini cuma debu yang dikasihiNya. Tuhan gak pernah berhutang apa-apa denganku, bahkan hidupku adalah bukti kemurahanNya.

Aplication
✔ Bersyukur untuk setiap hal yang sudah terjadi dalam hidupku
✔ Next, bersyukur sama Tuhan, stop komplain.

Prayer
Tuhan, aku bersyukur untuk setiap rancangan Tuhan atas hidupku. Semuanya baik. Terima kasih Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 28 Agustus 2019
-Mega menulis-

Roma 7-8

Roma 7

Scripture       
Roma 7:22-23 (TB)  Sebab di dalam batinku aku suka akan hukum Allah, 
tetapi di dalam anggota-anggota tubuhku aku melihat hukum lain yang berjuang melawan hukum akal budiku dan membuat aku menjadi tawanan hukum dosa yang ada di dalam anggota-anggota tubuhku.

Observation
Terkadang sudah tahu dosa tapi masih dilakukan. Padahal tahu melakukan kehendak Tuhan itu lebih baik. Duh, bener banget ayat ini. Sebelum diselamatkan Tuhan gak punya kuasa untuk gak berbuat dosa. Sekarang dah diselamatkan Tuhan masih milih berbuat dosa, padahal dah ada kuasa untuk menolak. Betapa bebalnya aku.

Aplication
✔ Ingat Meg, kamu bebas memilih melakukan apa saja. Tapi kamu gak pernah bebas memilih konsekuensinya. Dosa merusak relasimu dengan Tuhan.

Prayer
Tuhan, jangan biarkan aku merusak relasi dengan Tuhan dengan berbuat dosa. Tolong aku untuk memilih melakukan kehendak Tuhan saja tiap harinya. Amin.


Roma 8 

Scripture       
Roma 8:28-29 (TB)  Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.
Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. 

Observation 
Janji yang sangat indah: Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan tapi janji ini hanya berlaku bagi mereka yang  terpanggil dengan rencana Allah. Apa rencana Allah? Semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya.

Rencana Allah adalah supaya aku serupa dengan Kristus. Jadi, setiap hari belajar melakukan apa yang Kristus lakukan bila berada di tempat istimewaku.

Aplication
✔ Think , What Woukd Jesus Do? Then do it Meg!

Palangka Raya, 27 Agustus 2019
-Mega Menulis-

Roma 5-6

Roma 5

Scripture       
Roma 5:3 (TB)  Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan,

Observation & Aplication 
Terkadang aku ngerasa sengsara sejak kredit rumah di Palangka Raya. Separuh pendapatan bo buat bayar kredit, belum lagi kalau rumah di Kasongan sedang ga ada pengontrak, beban kredit nambah deh. Tapi ayat ini bener, waktu 'sengsara' gini aku jadi lebih bersabar dan rajin. Rajin masak, ga sering makan di luar. Rajin bikin cemilan. Belajar lebih berhemat, gak beli barang yang gak diperlukan. Belajar prioritas dalam hal keuangan. Dan masih banyak lagi. Saat dalam masalah justru aku belajar bersabar, bertekun dan yang terpenting mempercayai Tuhan sepenuhnya. Percaya kalau ada hal baik yang sedang Tuhan kerjakan dalam apa yang aku alami.

Prayer
Tuhan, tolong aku terus bertekun dan mempercayai Tuhan sepenuhnya dalam segala keadaan. Amin.

Roma 6

Scripture       
Roma 6:21 (TB)  Dan buah apakah yang kamu petik dari padanya? Semuanya itu menyebabkan kamu merasa malu sekarang, karena kesudahan semuanya itu ialah kematian.

Observation 
Dosa selalu mendatangkan rasa malu sesudahnya. Penyesalan selalu belakangan. Jadi diingatkan prinsip sederhana,   kalau sekiranya aku mau melakukan sesuatu yang aku tahu akan kusesali nantinya, mendingan gak usah dilakukan. Beberapa kali ini menolongku untuk menghindar dari dosa dan berbuat bodoh. Hal simple, kayak sekarang, malam-malam sebelum tidur pengen makan Indomie. Ya gak dosa sih, tapi aku sudah makan malam dan aku tahu itu karena aku nurutin mulutku doang. Kalau aku makan, enak& puas, tapi setelahnya aku pasti nyesal. Pasti tuh. Better gak usah deh melakukan hal yang akan kusesali.

Aplication
✔ Jangan melakukan sesuatu yang akan kamu sesali nanti Meg!

Palangka Raya, 26 Agustus 2019
-Mega Menulis-

Roma 3-4

Roma 3

Scripture       
Roma 3:20 (TB)  Sebab tidak seorang pun yang dapat dibenarkan di hadapan Allah oleh karena melakukan hukum Taurat, karena justru oleh hukum Taurat orang mengenal dosa.

Observation 
Hukum Taurat membuat manusia mengenal dosa, artinya, sebelum ada hukum Taurat manusia berlaku sesukanya dan menyadari kalau itu dosa. Semua yang dilakukan dianggap wajar untuk dilakukan, toh semua orang melakukan. Begitu juga, semakin aku bertekun dalam firman Tuhan, aku makin sadar kalau hidupku masih belum mememuhi dari standar firman Tuhan. Setiap bercermin dengan firman Tuhan, terlihat kalau aku belum segambar dan serupa. Aku butuh bercermin dengan firman Tuhan setiap hari untuk mengingatkanku bagaimana standar yang diinginkan Tuhan.

Kalau aku tiap hari baca firman Tuhan tapi hidupku gak berubah, berarti aku salah. Seharusnya aku diubahkan oleh firmanNya,gak sekedar baca.

Aplication
✔ Saat baca firman Tuhan dan lihat hidupku ada yang gak sesuai, aku harus merubah diriku segera. Gak boleh menunda-nunda. Aku harus jadi pelaku firman, bukan sekedar pembaca.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk berubah saat bercermin dengan firman Tuhan. Saat aku menyadari dosa yang Tuhan tunjukkan lewat firmanMu,mampukan aku untuk meninggalkannya dan hidup sebagaimana Tuhan inginkan. Amin.

Roma 4

Scripture       
Roma 4:20-21 (TB)  Tetapi terhadap janji Allah ia tidak bimbang karena ketidakpercayaan, malah ia diperkuat dalam imannya dan ia memuliakan Allah,
dengan penuh keyakinan, bahwa Allah berkuasa untuk melaksanakan apa yang telah Ia janjikan. 

Observation & Aplication 
Bagaimana Abraham meresponi janji Tuhan :
- ia tidak bimbang karena ketidakpercayaan tapi diperkuat dalam imannya
- ia memuliakan Allah dan yakin bahwa Allah berkuasa melakukan apa yang Dia janjikan

Sudahkah aku melakukan seperti yang Abraham lakukan yang terus diperkuat imannya dan memuliakan Tuhan? Belum. Seringkali aku bimbang.
Kenapa aku bimbang?
- Bisa jadi karena aku mengharapkan sesuatu yang gak dijanjikan Tuhan - > Harus berdoa dan tanya sama Tuhan,  bergaul akrab dengan firman Tuhan.
- Atau karena aku gak sungguh-sungguh mengenal Tuhan  - > Punya hubungan intim sama Tuhan supaya makin kenal Tuhan.

Prayer
Tuhan, aku mau terus memuliakan Tuhan seperti Abraham dengan mempercayai Tuhan sepenuhnya. Amin.

Palangka Raya, 25 Agustus 2019
-Mega Menulis-

Roma 1-2


Roma 1

Scripture       
Roma 1:12 (TB)  yaitu, supaya aku ada di antara kamu dan turut terhibur oleh iman kita bersama, baik oleh imanmu maupun oleh imanku.

Observation 
Iman kita dapat menjadi penghiburan bagi orang lain. Saat aku bersekutu dengan tubuh Kristus, imanku dapat menghibur mereka, demikian juga sebaliknya. Makanya penting sekali punya komunitas yang benar yang dapat menguatkan iman. Pernah terpikir untuk mundur dari BRG beberapa kali tapi aku bersyukur melihat pekerjaan iman teman-teman di BRG yang menguatkan dan beri pengharapan, melihat mereka yang struggle buat hal yang sama dan mau tetap setia baca firman Tuhan.

Aplication 
Berdoa supaya imanku dapat menguatkan orang lain juga.

Prayer 
Tuhan, aku bersyukur untuk keberadaan mereka yang menguatkan imanku. Tolong aku supaya kesaksian hidupku juga menguatkan iman orang lain. Amin.

Roma 2

Scripture       
Roma 2:6 (TB)  Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya,  

Observation 
Terkadang kalau lagi kesel sama orang dan geleng-geleng ngeliat tingkahnya, aku ingat kalau Tuhan yang akan balas. Semangatnya sih berharap Tuhan kasih pelajaran buat dia. Duh. Jahat banget kan ya. Artinya aku belum release pengampunan buat dia. Masih memikirkan hal yang jahat buat dia.

Beberapa minggu ini aku memikirkan seperti itu tentang seseorang, jadi baca ayat ini bener-bener teguran deh. Diingatkan untuk sungguh mengampuni orang itu, tapi aku berkeras dan mengingat 'kesalahan' orang itu.

Aplication
✔ Aku harus stop membicarakan kesalahan orang itu supaya hati tenang.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk gak menyimpan-nyimpan kesalahan orang ini. Mampukan aku mengasihi dia Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 24 Agustus 2019
-Mega Menulis-

Hosea 13-14

Hosea 13

Scripture       
Hosea 13:5-6 (TB)  Akulah yang mengenal engkau di padang gurun, di tanah yang gersang. 
Ketika mereka makan rumput, maka mereka kenyang; setelah mereka kenyang, maka hati mereka meninggi; itulah sebabnya mereka melupakan Aku. 

Observation 
Tuhan memelihara Israel di padang gurun. INI berkata tentang bagaimana Tuhan setia di dalam masa kesukaran. Setelah makan rumput, Israel kenyang dan melupakan Tuhan. Konyol juga kalau dipikir, hanya karena kenyang rumput lalu melupakan Tuhan. Hanya karena  puas sedikit langsung melupakan Tuhan.

Gambaran ini sama sih dengan kehidupan manusia umumnya. Waktu kesusahan, selalu ingat dan berseru sama Tuhan, nyata benar pemeliharaan Tuhan. Giliran enak dikit, mulai melupakan Tuhan. Aku harus tetap tinggal dekat dengan Tuhan, susah maupun senang. Jangan sampai melupakan kebaikan Tuhan.

Aplication
✔ Tujuan hidupku adalah bersekutu dengan Tuhan selama-lamanya, bukan hanya dekat Tuhan di saat-saat tertentu. Ini juga harus aku 'transfer' ke dalam anak-anakku. Tuhan bukan sarana, tapi tujuan hidupku.

Prayer
Tuhan, biarlah bersukutu dengan Tuhan menjadi tujuan hidupku selama-lamanya. Amin

Hosea 14

Scripture       
Hosea 14:2 (TB)  (14-3) Bawalah sertamu kata-kata penyesalan, dan bertobatlah kepada TUHAN! katakanlah kepada-Nya: "Ampunilah segala kesalahan, sehingga kami mendapat yang baik, maka kami akan mempersembahkan pengakuan kami. 

Observation 
Pengakuan dosa harus disertai dengan pertobatan. Kalau ngga ma cuma lip service doang itu! Mudah bilang maaf atau minta ampun, yang lebih sulit berhenti melakukan kesalahn dan gak mengulanginya lagi. Aku harus pastikan kalau aku bersungguh-sungguh waktu minta ampun ke Tuhan. Aku gak mau mengulang-ulang kesalahan yang aku lakukan.

Aplication
✔ Saat sadar melakukan kesalahan ke suami, aku gampang minta maaf tapi aku mengulangi kesalahanku. Gak boleh gitu lagi.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk bersungguh-sungguh dengan kata maafku dan berhenti mengulangi kesalahan yang sama. Amin.

Palangka Raya, 23 Agustus 2019
-Mega Menulis-

2 Raja-Raja 21-22

2 Raja-Raja 21 Scripture        2 Raja-raja 21:3 (TB)  Ia (Manasye) mendirikan kembali bukit-bukit pengorbanan yang telah dimusnahkan ole...