.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Thursday, September 26, 2019

1 Samuel 25-26

1 Samuel 25

Scripture      
1 Samuel 25:34 (TB)  Tetapi demi TUHAN, Allah Israel yang hidup, yang mencegah aku dari pada berbuat jahat kepadamu — jika engkau tadinya tidak segera datang menemui aku, pasti tidak akan ada seorang laki-laki pun tinggal hidup pada Nabal sampai fajar menyingsing."

Observation
Bahkan seorang Daud pun saat marah dapat berbuat hal yang fatal dan akan disesalinya. Kalau dipikir, gak disangka begitu besar amarah Daud ke Nabal sampai berniat menghabisi semua pria di tempat Nabal padahal pada Saul yang berkali-kali mencelakainya dia bisa menahan diri. Tapi itulah kemarahan, bisa membuat  seseorang melakukan hal bodoh yang akan disesali.

Aplication
✔️ Aku gak boleh mengambil keputusan saat marah dan menuruti emosi, supaya gak melakukan sesuatu yang aku sesali.
✔️ Pertimbangkan semua akibat dan dampak yang ditimbulkan kalau akan melakukan sesuatu.

Prayer
Tuhan, jangan biarkan aku dikuasai emosi dan berbuat bodoh saat marah. Amin.

1 Samuel 26

Scripture      
1 Samuel 26:12 (TB)  Kemudian Daud mengambil tombak dan kendi itu dari sebelah kepala Saul, lalu mereka pergi. Tidak ada yang melihatnya, tidak ada yang mengetahuinya, tidak ada yang terbangun, sebab sekaliannya tidur, karena *TUHAN membuat mereka tidur nyenyak.*

Observation
Dari tadi sudah heran, kenapa Saul yang tidur dikelilingi rakyatnya bisa saja didekati Daud dengan mudahnya. Ternyata Tuhan yang membuat mereka tidur nyenyak, Tuhan yang memberikan kesempatan bagi Daud. Ini kalau aku lihat, seperti Tuhan menguji Daud lagi. Apakah dia tetap menghargai orang yang diurapi Tuhan sekalipun sepertinya Tuhan yang memberikan kesempatan.

Ujian dari Tuhan bisa 'menyamar' dalam bentuk kesempatan maupun berkat. Kita punya pilihan untuk taat atau menganggap itu 'hanya' berkat. Hari ini aku belajar dari seorang teman yang kelebihan dikirimi deposit pulsa dari suppliernya. Salah dikirimin ceritanya, yang harusnya 100 rb malah 200 rb. Dia bilang dia gak bisa kembalikan deposit itu, gak ada fasilitas kirim balik, berarti itu berkat Tuhan katanya, tapi aku bilang kalau dia tahu dia menerima yang bukan haknya, dia bisa bayar lagi kelebihannya. Tapi dia diam aja sih. Ya gak papa. Tapi ini pelajaran buatku.

Aplication
✔️ Aku harus taat sama firman Tuhan dalam segala keadaan. Gak langsung beranggapan apa yang kuterima berkat Tuhan kalau caranya gak benar atau aku tahu bagaimana melakukan yang benar.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk menyenangkan Tuhan dan gak memilih melakukan yang hanya menyenangkan diriku. Amin.

Palangka Raya, 13 September 2019
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

2 Raja-Raja 21-22

2 Raja-Raja 21 Scripture        2 Raja-raja 21:3 (TB)  Ia (Manasye) mendirikan kembali bukit-bukit pengorbanan yang telah dimusnahkan ole...