.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Tuesday, September 10, 2019

1 Samuel 3-4

1 Samuel 3

Scripture       
1 Samuel 3:13 (FAYH)  Telah berkali-kali Aku memperingatkan dia bahwa Aku akan menghukum keluarganya untuk selamanya karena anak-anaknya telah menghujat Allah, tetapi ia tidak menegor mereka.

Observation & Aplication 
Kenapa ya Eli gak menegur anak-anaknya, padahal Allah sudah berkali-kali memperingatkan dia.
Karena merasa percuma menegur anaknya? Mungkin dia merasa anaknya gak akan mendengarkan? Gak tahu persis deh. Tapi aku merasakan zaman sekarang jadi orang tua kalau gak bener-bener dengar kata Tuhan bakal bingung. Artikel A bilang ga boleh melarang anak pakai kata jangan, artikel B bilang kita harus tegas, dll. Dalam mendidik anak, harus peka dan taat sama Tuhan. Bukan apa kata orang, bukan pengalaman sendiri, bukan hikmat sendiri.

Dari Eli, aku belajar juga:Lebih baik aku yang menghajar anakku, daripada Tuhan yang menghukum.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk menegur anakku dengan kasih saat diperlukan. Jangan biarkan aku diam saat mereka mendukakan Tuhan. Amin.

1 Samuel 4

Scripture       
1 Samuel 4:3 (TB)  Ketika tentara itu kembali ke perkemahan, berkatalah para tua-tua Israel: "Mengapa TUHAN membuat kita terpukul kalah oleh orang Filistin pada hari ini? Marilah kita mengambil dari Silo tabut perjanjian TUHAN, supaya Ia datang ke tengah-tengah kita dan melepaskan kita dari tangan musuh kita." 

Observation 
Kenapa Tuhan membuat kita kalah?
Kenapa Tuhan membuatku menderita?
Kenapa Tuhan membuat pernikahanku seperti ini?
Kenapa Tuhan panggil orang tuaku secepat ini?
Kenapa suamiku gak Tuhan beri pekerjaan?
Kenapa Tuhan gak membuat aku hami?
Kenapa Tuhan gak memberiku pekerjaan yang bagus?
Banyak pertanyaan kenapa Tuhan begini begitu?
Manusia ya, kalau ada hal buruk menimpa pasti nyalahin Tuhan, tanya kenapa sama Tuhan? Giliran ada hal baik, mana pernah tanya sama Tuhan 'kenapa'? 

Aplication
✔ Aku diingatkan untuk bersyukur untuk setiap berkat yang Tuhan berikan.
✔ Berdoa supaya saat ada hal buruk terjadi, aku bisa berespon dengan benar dan melihat apa yang Tuhan ingin kerjakan dalam hidupku (karakter apa yang Tuhan mau bentuk).

Prayer
Bapa, ajarku mengucap syukur dalam segala hal. Dan tolong aku supaya dalam keadaan ga baik sekalipun, punya sikap hati yang benar. Amin.

Palangka Raya, 2 September 2019
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

1 Samuel 17-18

1 Samuel 17 Scripture        1 Samuel 17:15, 37 (TB)  Tetapi Daud selalu pulang dari pada Saul untuk menggembalakan domba ayahnya di Bet...