.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Monday, September 2, 2019

Roma 3-4

Roma 3

Scripture       
Roma 3:20 (TB)  Sebab tidak seorang pun yang dapat dibenarkan di hadapan Allah oleh karena melakukan hukum Taurat, karena justru oleh hukum Taurat orang mengenal dosa.

Observation 
Hukum Taurat membuat manusia mengenal dosa, artinya, sebelum ada hukum Taurat manusia berlaku sesukanya dan menyadari kalau itu dosa. Semua yang dilakukan dianggap wajar untuk dilakukan, toh semua orang melakukan. Begitu juga, semakin aku bertekun dalam firman Tuhan, aku makin sadar kalau hidupku masih belum mememuhi dari standar firman Tuhan. Setiap bercermin dengan firman Tuhan, terlihat kalau aku belum segambar dan serupa. Aku butuh bercermin dengan firman Tuhan setiap hari untuk mengingatkanku bagaimana standar yang diinginkan Tuhan.

Kalau aku tiap hari baca firman Tuhan tapi hidupku gak berubah, berarti aku salah. Seharusnya aku diubahkan oleh firmanNya,gak sekedar baca.

Aplication
✔ Saat baca firman Tuhan dan lihat hidupku ada yang gak sesuai, aku harus merubah diriku segera. Gak boleh menunda-nunda. Aku harus jadi pelaku firman, bukan sekedar pembaca.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk berubah saat bercermin dengan firman Tuhan. Saat aku menyadari dosa yang Tuhan tunjukkan lewat firmanMu,mampukan aku untuk meninggalkannya dan hidup sebagaimana Tuhan inginkan. Amin.

Roma 4

Scripture       
Roma 4:20-21 (TB)  Tetapi terhadap janji Allah ia tidak bimbang karena ketidakpercayaan, malah ia diperkuat dalam imannya dan ia memuliakan Allah,
dengan penuh keyakinan, bahwa Allah berkuasa untuk melaksanakan apa yang telah Ia janjikan. 

Observation & Aplication 
Bagaimana Abraham meresponi janji Tuhan :
- ia tidak bimbang karena ketidakpercayaan tapi diperkuat dalam imannya
- ia memuliakan Allah dan yakin bahwa Allah berkuasa melakukan apa yang Dia janjikan

Sudahkah aku melakukan seperti yang Abraham lakukan yang terus diperkuat imannya dan memuliakan Tuhan? Belum. Seringkali aku bimbang.
Kenapa aku bimbang?
- Bisa jadi karena aku mengharapkan sesuatu yang gak dijanjikan Tuhan - > Harus berdoa dan tanya sama Tuhan,  bergaul akrab dengan firman Tuhan.
- Atau karena aku gak sungguh-sungguh mengenal Tuhan  - > Punya hubungan intim sama Tuhan supaya makin kenal Tuhan.

Prayer
Tuhan, aku mau terus memuliakan Tuhan seperti Abraham dengan mempercayai Tuhan sepenuhnya. Amin.

Palangka Raya, 25 Agustus 2019
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

1 Samuel 17-18

1 Samuel 17 Scripture        1 Samuel 17:15, 37 (TB)  Tetapi Daud selalu pulang dari pada Saul untuk menggembalakan domba ayahnya di Bet...