.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Thursday, October 31, 2019

Titus 2-3


Titus 2

Scripture       
Titus 2:4-5 (TB)  dan dengan demikian mendidik perempuan-perempuan muda mengasihi suami dan anak-anaknya, 
hidup bijaksana dan suci, rajin mengatur rumah tangganya, baik hati dan taat kepada suaminya, agar firman Allah jangan dihujat orang.

Observation
Sebagai perempuan yang baru menikah 4 tahun, aku punya kewajiban :
- mengasihi suami dan anak
- hidup bijaksana dan suci
- rajin mengatur rumah tangga
- baik hati dan taat kepada suami
Awalnya aku gak ngeh, kenapa sih disebut kewajiban. Tapi 4 hal di atas gak secara alami dilakukan para istri, sampai sekarang aku juga masih bergumul. Perlu latihan dan disiplin melakukannya sehingga jadi kebiasaan. Ya iya lah, sebelum nikah lebih banyak mikirin diri sendiri tiba-tiba harus  bertanggung jawab akan banyak hal baru.

Aplication
✔ Aku harus belajar menempatkan kepentingan suami dan anak dibandingkan kepentingan sendiri.
✔ Selama ini kalau menganggap diri benar, jadi ngotot sama suami, harus terus berusaha menyampaikan pendapat dengan manis dan menyenangkan. Gak usah meributkan hal kecil dan berusaha memahami suami.
✔ Tetap rajin di rumah dan gak kedistract sama hal-hal gak penting. Punya prioritas Meg!

Prayer
Tuhan, tolong aku dalam menjalankan kewajibanku sebagai perempuan muda sampai ini menjadi kebiasaan dan gaya hidup. Amin.

Titus 3

Scripture       
Titus 3:2 (TB)  Janganlah mereka memfitnah, janganlah mereka bertengkar, hendaklah mereka selalu ramah dan bersikap lemah lembut terhadap semua orang.

Observation
Aku ngerasa bukan orang yang lemah lembut terhadap semua orang. Dengan orang-orang tertentu aku merasa gagal bersikap lemah lembut, apalagi saat aku melihat hidupnya gak benar. Jadi bawaannya pengen nyinyir,berpikiran negatif dan cenderung menghakimi. Lemah lembut bukan hanya bicara tentang bagaimana aku memperlakukan seseorang tapi juga sikap hatiku.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk mengasihi orang-orang tertentu saat ini. Mampukan aku lemah lembut dalam menghadapi mereka. Amin.

Palangka Raya, 31 Oktober 2019
-Mega Menulis-

Pengkhotbah 12, Titus 1

Pengkhotbah 12

Scripture       
Pengkhotbah 12:13 (TB)  Akhir kata dari segala yang didengar ialah: takutlah akan Allah dan berpeganglah pada perintah-perintah-Nya, karena ini adalah kewajiban setiap orang.

Observation & Aplication
Ketaatan itu kewajiban semua orang, tapi ketaatan yang didorong kasih memberikan motivasi yang berbeda. Yesus tidak meminta untuk melakukan ini itu atau melarang, tapi memberikan perintah untuk mengasihi. Aku teringat khotbah di GKI Gejayan dulu, saat melakukan sesuatu, kita perlu cek:
Apakah saya melakukan ini karena mengasihi Tuhan?
Apakah yang saya lakukan ini membuat saya mengasihi Tuhan ?

Prayer
Tuhan, selidikilah hatiku apa aku sungguh mengasihiMu. Biarlah kasihku kepada Tuhan yang menjadi pendorong dalam aku bertindak dan aku sungguh semakin mengasihi Tuhan melakui yang aku lakukan. Amin.

Titus 1

Scripture       
Titus 1:15 (TB)  Bagi orang suci semuanya suci; tetapi bagi orang najis dan bagi orang tidak beriman suatu pun tidak ada yang suci, karena baik akal maupun suara hati mereka najis.

Observation
Baca ayat ini jadi ingat Pygmallion, seorang pemuda dari mitologi Yunani yang selalu berpikiran positif apapun yang terjadi. Gila aja ya kalau dipikir ada orang kayak gini, untung mitologi 😅 Mikir positif setiap waktu, alamak, pengen lambaikan tangan ke kamera deh. Orang najis dong aku 🙄 Saat ini aku sedang berpikiran negatif tentang seseorang. Emang toxic juga sih ini, karena sempat dengerin hal negatif tentang orang tersebut. Duh. 

Aplication
✔ Aku harus confess terus Filipi 4:8.

Prayer
Tuhan, tolong aku, supaya gak berpikir negatif tentang orang ini. Amin.

Palangka Raya, 30 Oktober 2019
-Mega Menulis-

Tuesday, October 29, 2019

Pengkhotbah 10-11

Pengkhotbah 10

Scripture       
Pengkhotbah 10:1 (TB)  Lalat yang mati menyebabkan urapan dari pembuat urapan berbau busuk; demikian juga sedikit kebodohan lebih berpengaruh dari pada hikmat dan kehormatan.

Pengkhotbah 10:1 (FAYH)  BANGKAI lalat menyebabkan minyak wangi berbau busuk! Ya, satu kesalahan kecil lebih besar pengaruhnya daripada kebijaksanaan dan kehormatan yang banyak.

Observation & Aplication 
Pekerjaan kami di bagian umum mirip seperti yang digambarkan di ayat ini. Seorang kawanku bilang, kenapa ya saat kami melakukan pekerjaan kami dengan baik, gak ada yang menyadarinya. Tapi begitu kami melakukan kesalahan, baru deh semua orang ribut. Bukankah semua pekerjaan seperti itu? Karena nila setitik rusak susu sebelanga. Itulah dunia. Menyadari ini, ada berbagai pilihan respon:
- Asal mengerjakan segala pekerjaan, gak peduli hasilnya.
- Apatis. Cuek dalam kerja. Tergantung mood.
- Melakukan yang excellent.

Sebagai murid Kristus, aku cuma punya satu pilihan:Mengerjakan segala sesuatu dengan sekuat tenaga!
Kalau aku melakukan kesalahan, perbaiki! Minta maaf. Berusaha semakin baik.

Prayer
Tuhan, jangan biarkan aku menjadi apatis dalam bekerja. Tolong aku melakukan yang terbaik yang aku bisa dalam segala kesempatan yang Tuhan beri. Amin.


Pengkhotbah 11 

Scripture       
Pengkhotbah 11:8 (FAYH)  Berapa pun panjangnya umur seseorang, biarlah dia bersukacita sepanjang hidupnya, tetapi hendaknya ia ingat bahwa kekekalan jauh lebih panjang. Segala sesuatu di dunia ini sia-sia saja kalau dibandingkan dengan kekekalan.

Observation
Pagi-pagi bangun dapat WA dari Kak Nugi yang mengabarkan kalau Mas Nandar teman pelayanan pas di Kambium dulu meninggal. Dia meninggalkan seorang istri dan dua orang anak. Walaupun aku gak terlalu dekat, tapi aku mengingat dia sebagai pemain musik yang humble, yang cekatan menyiapkan berbagai peralatan, gak banyak omong tapi benar-benar siap saat diminta bantuan siapa pun.

Sempat bengong tadi pas tahu kabarnya. Pas baca ayat ini jadi ingat kalau hidup emang singkat tapi masih ada kekekalan yang panjang. Salah satu pengajar di Kambium, Kak Johan pernah bilang kalau diibaratkan sebuah garis yang panjang, kehidupan kita di dunia cuma titik pada garis itu. Hidup ini singkat, pemazmur bilang seperti uap yang muncul lalu lenyap. Pastikan setiap yang aku kerjakan bernilai dalam kekekalan nanti.

Selamat jalan Mas Nandar, sampai jumpa di kekekalan nanti.

Aplication
✔Jadi perenunganku:
- Apakah yang aku kerjakan mempunyai nilai dalam kekekalan?
- Apakah yang aku miliki sekarang bernilai kekal?
- Maukah aku karakter yang kumiliki sekarang kubawa ke dalam kekekalan?

Prayer
Tuhan, ampuni aku kalau selama ini aku lupa mengerjakan hal-hal yang bernilai kekal. Karakterku masih jelek dan dalam banyak hal aku masih memikirkan diri sendiri. Ampuni aku Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 29 Oktober 2019
-Mega Menulis-

Monday, October 28, 2019

Pengkhotbah 8-9

Pengkhotbah 8

Scripture       
Pengkhotbah 8:8 (TB)  Tiada seorang pun berkuasa menahan angin dan tiada seorang pun berkuasa atas hari kematian. Tak ada istirahat dalam peperangan, dan kefasikan tidak melepaskan orang yang melakukannya.

Observation
Minggu kemarin tambiku (nenekku dari pihak papah) di Sampit drop kondisinya, Hb-nya hanya 4,sampai sesak napas. Tambi memang sudah berusia 90-an. Anak-anaknya sudah berkumpul berjaga-jaga kalau Tuhan panggil tambi. Tanteku yang gagal ginjal beberapa hari lalu juga drop dan butuh transfusi darah. Tanteku anaknya masih kecil-kecil. Duh.

Sampai sekarang Tuhan masih beri kehidupan bagi mereka dan ayat ini mengingatkanku lagi kalau gak ada yang tahu kematian itu tiba. Seringkali orang yang sehat tanpa keluhan pun lebih dulu pulang ke rumah Bapa. Supaya ga ada penyesalan, aku mau kedapatan melakukan yang terbaik.

Aplication
✔ Tiap hari aku mau belajar hidup seakan-akan ini hari terakhir aku hidup, mau melakukan yang terbaik.

Prayer
Tuhan, ajari aku terus menghitung hariku dan semakin bijaksana. Amin.

Pengkhotbah 8

Scripture       
Pengkhotbah 9:10 (TB)  Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga, karena tak ada pekerjaan, pertimbangan, pengetahuan dan hikmat dalam dunia orang mati, ke mana engkau akan pergi.

Observation
Aku nih paling males yang namanya pekerjaan rumah tangga sebenarnya. Kalau boleh memilih, mending aku baca buku atau nulis. Paling yang lumayan aku nikmatin masak, bukan karena aku suka masak, tapi karena aku suka makan 🤣 Ayat ini nemplak banget, harus mengerjakan segala sesuatu sekuat tenaga alias melakukan dengan sebaik-baiknya, terutama kerjaan rumah tangga. Kalau kerjaan kantor kan ada yang evaluasi, kalau di rumah gak ada yang protes, jadi nggampangkan. Seringnya asal gitu, yang penting terselesaikan. Apalagi nyetrika, haduh, aku cuma nyetrika pakaian kalau mau dipakai keluar aja 😅 Kemarin mulai nyetrika pas bocah-bocah tidur semua baju. Capek banget sih, tapi puas.

Aplication
✔ Aku gak mau asal lagi ngerjain kerjaan rumah, aku mau berikan yang terbaik.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk jaga komitmenku dan benar-benar melakukan yang terbaik di rumah. Amin.

Palangka Raya, 28 Oktober 2019
-Mega Menulis-

Pengkhotbah 6-7

Pengkhotbah 6

Scripture       
Pengkhotbah 6:11 (TB)  Karena makin banyak kata-kata, makin banyak kesia-siaan. Apakah faedahnya untuk manusia? 

Observation
Kata-kata punya kuasa yang lebih besar dari yang aku kira. Dari ayat ini aku diingatkan benar untuk gak mengeluarkan perkataan yang sia-sia. Aku harus mengganti perkataan sia-sia dengan yang membangun dan memberkati.

Tadi siang aku kesel banget dengan suamiku, pulang Gereja, aku harus mencuci, menyetrika dan memasak. Mauku, sementara Sara main dan Sofia tidur, suami membantu mengerjakan salah satunya. Eh, suami malah tidur. Kesel banget. Begitu dia bangun dah pengen nyinyir dan berkata kasar. Tapi gak jadi, puji Tuhan. Aku malah menawari suami makan sementara aku menyetrika, suami makan lalu tanpa diminta menyuapi bocah-bocah. Mereka makan banyak. Aku bersyukur bisa menahan lidahku dan menghindari pertengkaran dengan suami.

Aplication
✔  Kalau aku gak punya perkataan yang baik untuk diucapkan, lebih baik aku diam.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk menahan diri dari perkataan sia-sia. Amin.

Pengkhotbah 7

Scripture       
Pengkhotbah 7:21 (TB)  Juga janganlah memperhatikan segala perkataan yang diucapkan orang, supaya engkau tidak mendengar pelayanmu mengutuki engkau.

Observation
Kena banget sih ini. Aku terhitung orang baru di kantorku yang sekarang. Kadang kepo waktu dengar orang di kantor menceritakan orang lain. Tapi baca ini diingatkan kalau orang yang suka ngomongin orang lain bisa jadi ngomongin kita di belakang. Lebih baik ga bergaul akrab dengan orang seperti itu.

Aplication
✔ Aku harus batasi pergaulanku dengan orang yang toxic gini.

Prayer
Tuhan, tolong aku menjaga diriku dari pergaulan yang merusak. Amin.

Palangka Raya, 27 Oktober 2019
-Mega Menulis-

Pengkhotbah 4-5

Pengkhotbah 4

Scripture       
Pengkhotbah 4:6 (TB)  Segenggam ketenangan lebih baik dari pada dua genggam jerih payah dan usaha menjaring angin. 

Observation 
Usaha menjaring angin bicara tentang melakukan sesuatu yang sia-sia. Daripada berjerih payah dan melakukan sesuatu yang sia-sia, Pengkhotbah ingin kita menjadi tenang alias menguasai diri. Banyak jerih payah yang hancur dalam sekejap dikarenakan ketidakmampuan menguasai diri. Aku memikirkan banyak rumah tangga yang sudah dibangun bertahun-tahun hancur (efek sering dicurhatin) karena gak mampu menguasai diri. Belum lagi karir pun ada yang rusak karena gak mampu menguasai diri. Susah payah memberi waktu untuk dekat dengan anak, tapi sekali emosi dan anak tiba-tiba menjauh.

Aplication
✔ Aku harus belajar menguasai diri dalam segala hal. Menjadi tenang supaya aku mengambil keputusan dan melakukan segala sesuatu dengan benar.

Prayer
Tuhan, mampukan aku menguasai diri hari ini. Terlebih, biarkan diriku dikuasai dirman Tuhan saja dalam setiap tindakan. Amin.

Pengkhotbah 5

Scripture       
Pengkhotbah 5:10 (TB)  (5-9) Siapa mencintai uang tidak akan puas dengan uang, dan siapa mencintai kek
Pengkhotbah 5:10 (FAYH)  (5-9) Orang yang mencintai uang tidak akan pernah merasa mempunyai cukup uang. Bodoh sekali jika orang beranggapan bahwa kekayaan mendatangkan kebahagiaan.
ayaan tidak akan puas dengan penghasilannya. Ini pun sia-sia.

Observation
Versi FAYH di ayat ini keras banget, dikatakannya bodoh orang yang beranggapan mendatangkan kebahagiaan. Aku dan suami pernah beranda-andai, enak ya seperti si A. Kayaknya kalau kemana-mana gak perlu mikir uang beli tiket, ada aja uangnya buat jalan-jalan, ya iyalah ya horang kayah. Seakan-akan emang uang yang dimilikinya membuat segala sesuatu mudah dan nyaman. Saat melihat apa yang dimiliki orang lain lalu membandingkan dengan apa yang gak kami miliki jatuh-jatuhnya emang jadi gak puas dengan yang kami miliki. Dan ini gak cuma bahaya, ini bodoh!

Aplication
✔ Aku harus selalu ingat kalau yang bisa memuaskanku hanya Tuhan.
✔ Jangan terlalu mencintai sesuatu,khususnya uang dan harta. Karena aku jadi gak akan pernah puas.

Prayer
Tuhan, Engkau saja cukup bagiku. Ajar aku memuaskan diriku dengan setiap pemberian tanganMu. Amin.

Palangka Raya, 26 Oktober 2019
-Mega Menulis-

Friday, October 25, 2019

Pengkhotbah 2-3

Pengkhotbah 2

Scripture       
Pengkhotbah 2:25 (TB)  Karena siapa dapat makan dan merasakan kenikmatan di luar Dia? 

Observation
Aku hanya dapat merasakan kenikmatan saat berasa di dalam Tuhan, di luar Tuhan ga ada yang bisa memberi berkat penuh.  Aku teringat ada orang yang memiliki banyak tapi gak pernah bersyukur, selalu merasa kurang dan hidupnya penuh keluhan. Sebaliknya, ada orang yang kelihatannya memiliki sedikit tapi hidupnya bahagia, dia banyak memberi, gak memikirkan apa yang dimakan dan diminumnya. Hidup seperti ga ada beban. Jadi, karunia menikmati datangnya dari Tuhan bukan dari apa yang aku miliki, itu benar.

Aplication
✔ Aku mau bersyukur selalu sama Tuhan untuk mengingatkan diriku betapa aku diberkati.
✔ Aku gak perlu membandingkan hidupku dengan hidup orang lain.

Prayer
Tuhan, berikan aku karunia menikmati di setiap hariku. Amin.

Pengkhotbah 3

Scripture       
Pengkhotbah 3:11 (TB)  Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir.

Observation
Seringkali dulu aku berpikir, 'indah pada waktunya' itu bicara tentang masa sesudah aku melewati pergumulan. Misal, dulu kami struggle banget waktu  papa baru meninggal. Papa gak ada wariskan harta berlimpah, mama cuma ngandalin pensiun, aku baru selesai kuliah, sementara 2 adekku masih di bangku SMP dan masih kuliah. Nah, indahnya pada waktu kami semua dah kerja seperti sekarang dong? Nggak! Ternyata pada waktu kami struggle itu pun keindahan sudah terjadi, cuma aku yang gak nyadar. Aku gak bisa menyelami pekerjaan Tuhan. Kalau dipikir sekarang, dulu itu masa dimana kami mulai berdoa bareng sebagai keluarga, masa di mana Tuhan berasa paling dekat, masa di mana kalau kami merasakan kebutuhan maka kami bergantung sepenuhnya sama Tuhan karena gak punya papa. Saat struggle pun indah. Saat duka melanda itu indah. Indah saat aku sadar kalau Tuhan selalu beserta mengerjakan sesuatu di dalamku dan melaluiku. Keindahan itu bukan aku rasakan nanti, tapi 'sekarang'.

Jadi, harus stop mikir :
- Akan indah waktunya saat aku bertemu pasangan hidupku.
- Akan indah pada waktunya saat nanti aku dan suami dikaruniai momongan.
- Akan indah pada waktunya saat aku punya kebebasan finansial.
No! Saat aku single pun indah karena aku bisa punya waktu melayani Tuhan lebih banyak, aku puas mengembangkan diriku, bisa pergi ke mana saja tanpa diribetin anak. Saat belum punya anak pun indah karena aku bisa pacaran sama suami  tanpa ada interupsi anak, bisa berdoa nangis bareng suami dan meminta sama Tuhan. Saat masih merintis usaha pun indah karena aku belajar bekerja kerasa dan berharap pada Tuhan Sang Pemberi. Setiap musim punya keindahannya sendiri, tinggal aku mau menyadarinya atau nggak.

Aplication
✔ Aku mau berusaha melihat indahnya pekerjaan Tuhan di setiap waktu.

Prayer
Tuhan, ajar aku melihat karyaMu bahkan di tengah kesulitan-kesulitanku. Amin.


Palangka Raya, 25 Oktober 2019
-Mega Menulis-

Thursday, October 24, 2019

2 Raja-raja 25 & Pengkhotbah 1

2 Raja-raja 25

Scripture       
2 Raja-raja 25:7 (TB)  Orang menyembelih anak-anak Zedekia di depan matanya, kemudian dibutakannyalah mata Zedekia, lalu dia dibelenggu dengan rantai tembaga dan dibawa ke Babel. 

Observation
Baca ini aku jadi penasaran: Ada  gak sih dari garis keturunan Yosia yang masuk dalam silsilah Yesus,secara Yosia adalah raja yang sedemikian taatnya sama Tuhan kan ya masa ga ada (mokso). Kalau ada dari siapa, dari Zedekia dah ga mungkin karena di sini dikatakan mati semua. Aku cek di Matius 1 (dari Yusuf) dan Lukas 3(dari Maria), lalu ketemu ini : Matius 1:11 (TB)  Yosia memperanakkan Yekhonya dan saudara-saudaranya pada waktu pembuangan ke Babel.  

Ternyata dari Yekhonya! ENTAH ini dari istri Yosia yang mana. Wow! Penemuan luar biasa buatku, setelah kemarin nyadar anak Yosia ada 3 yang menjadi Raja Yehuda, eh ternyata ada 1 lagi yang gak disebutkan kemarin (artinya dia bukan Raja) tapi masuk dalam silsilah Yesus. 

Jadi mikir, apakah pernah terlintas di pikiran Raja-raja dulu itu kalau mereka punya istri lebih dari satu untuk menjaga garis keturunan mereka tetap ada ya. Apalagi kan zaman dulu ada aja kejadian yang bikin keturunannya 'habis', entah perang atau apa. Apapun alasan mereka, menurutku punya istri lebih dari 1 sebenarnya hal yang gak diinginkan Tuhan. Nah, menariknya dari kisah ini, hari ini aku melihat dari sisi luar biasanya Tuhan bahwa Dia Allah yang sanggup mendatangkan kebaikan, bahkan dari kesalahan manusia. Dari banyaknya keturunan Daud (karena dia punya banyak isteri) itulah muncul Yusuf dan Maria. Dan terjadilah ini :
Yusuf berasal dari garis keturunan Yekhonya (anak Yosia) . Bisa dilihat di Matius 1. Secara resmi menurut hukum Yahudi, Yesus tercatat sebagai anak Yusuf. Nah, yang menarik lagi, secara biologis, di Lukas 3 ada silsilah Yesus yang ditarik dari garis keturunan Maria. Daud juga ternyata nenek moyangnya Maria, tapi dari anak Daud yang namanya Natan. Silsilah di Lukas 3 menyebut nama laki-laki aja sih, tapi silsilah Maria terlihat di situ.

Sungguh besar Tuhan dengan segala rancanganNya. Di sanggup datangkan kebaikan dari kesalahan, keputusan yang gak tepat, bahkan dosa! Tapi ini hanya berlaku bagi yang mengasihi Dia dan terpanggil dalam rencanaNya. 

Aplication
✔️ Aku harus berusaha melakukan yang benar di hadapan Tuhan dan berani mengambil keputusan, aku kadang suka ragu gitu. Kadang merasa dah banyak salah dalam memutuskan sesuatu. Tapi hari ini aku diingatkan, aku harus percaya bahwa Dia berdaulat dalam segala keputusanku. Saat aku dah berdoa dan memutuskan sesuatu, lakukan yang terbaik dan hasilnya terserah Tuhan saja. Asal aku hidup mengasihi Tuhan dan terpanggil dalam rencanaNya, Tuhan akan datangkan kebaikan. 

Prayer
Tuhan, terima kasih untuk keberanian yang Tuhan berikan hari ini. Aku percaya Engkau Allah yang berdaulat atas hidupku. Amin.

Pengkhotbah 1

Scripture       
Pengkhotbah 1:18 (TB)  karena di dalam banyak hikmat ada banyak susah hati, dan siapa memperbanyak pengetahuan, memperbanyak kesedihan.

Observation
Entah kenapa baca ayat ini jadi ingat adek KTBku dulu, Voni namanya. Kami sedang bahas ayat ini: Yakobus 4:17 (TB)  Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa. 

Lalu Voni tiba-tiba mengatakan sesuatu yang aku ingat sampai sekarang, "Kalau gitu aku jangan dikasih tahu apa-apa lagi kak (tentang firman Tuhan maksudnya), supaya aku gak bikin dosa". Huahahaha. Aku ketawa waktu itu. Cerdik sekali dia. 

Jadi merenung apakah mungkin ini juga yang dipikirkan Pengkhotbah waktu bilang 'memperbanyak pengetahuan, memperbanyak kesedihan'. Gimana gak sedih kalau semakin banyak tahu firman Tuhan terus sadar kalau selama ini banyak melakukan dosa. Kalau ternyata sehari tanpa berbuat dosa itu susah banget. Bahwa tahu kebenaran tapi gak melakukannya bikin hidup berasa tertuduh. Duh. 

Aplication
✔️ Punya pengetahuan tentang firman Tuhan gak sama dengan melakukan firmanNya dan tenggelam dalam ketaatan. Kalau gak mau ada penyesalan, pengetahuan tentang firman Tuhan harus disertai ketaatan Meg! 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk taat, bukan hanya tahu firman Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 24 Oktober 2019 
-Mega Menulis-

2 Raja-raja 23-24

2 Raja-raja 23

Scripture       
2 Raja-raja 23:25 (TB)  Sebelum dia tidak ada raja seperti dia yang berbalik kepada TUHAN dengan segenap hatinya, dengan segenap jiwanya dan dengan segenap kekuatannya, sesuai dengan segala Taurat Musa; dan sesudah dia tidak ada bangkit lagi yang seperti dia.

Observation
Pertobatan Yosia dilakukan dengan segenap hati, segenap jiwa dan segenap kekuatannya. Pertobatan Yosia bukan sekedar tangisan penyesalan, lip service atau pencitraan. Melebihi semua itu, ada PERUBAHAN HIDUP di dalamnya. Hidupnya sebelum dan setelah mengetahui firman Tuhan, gak sama lagi. Yosia mengasihi Tuhan dengan TOTALITAS, dalam segala hal dia berusaha berkenan di hadapan Tuhan. 

Aplication
✔️ Saat aku menyesali dosaku, aku harus tunjukkan dengan PERUBAHAN HIDUP. Tinggalkan dosa lama dan jangan pernah melakukannya lagi. Lakukan hanya yang menyenangkan Tuhan. 

Prayer
Tuhan, aku mau menyenangkanMu hari ini. Tolong aku Tuhan. Amin.

2 Raja-raja 24

Scripture 
2 Raja-raja 24:18 (TB)  Zedekia berumur dua puluh satu tahun pada waktu ia menjadi raja dan sebelas tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Hamutal binti Yeremia, dari Libna.

2 Raja-raja 23:36 (TB)  Yoyakim berumur dua puluh lima tahun pada waktu ia menjadi raja dan sebelas tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Zebuda binti Pedaya, dari Ruma.

2 Raja-raja 23:31 (TB)  Yoahas berumur dua puluh tiga tahun pada waktu ia menjadi raja dan tiga bulan lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Hamutal binti Yeremia, dari Libna.

Observation 
Awalnya bingung kenapa fakta tentang siapa ibu dari Zedekia dimasukkan, lalu coba lagi baca ulang ke belakang karena seingatku ada beberapa raja yang juga dicantumkan nama ibunya. Lalu aku juga membuka bagian yang ada tanda bintang (aku baca Alkitab elektronik), dan taraaaa.... Aku menemukan fakta kalau ketiga raja ini adalah anak dari Yosia tapi berbeda ibu. Wow! Bahkan Raja Yosia pun memiliki istri lebih dari satu sebagaimana Raja-raja lain. Mungkin dia meniru raja-raja Yehuda sebelumnya, atau raja-raja dari bangsa lain. 

Aku diingatkan, hanya karena orang lain (bahkan banyak orang) melakukannya, bukan berarti itu benar. Standar kebenaranan, bagaimana pun adalah firman Tuhan.

Aplication
Aku gak boleh melakukan atau gak melakukan sesuatu hanya karena orang lain melakukannya. Aku hidup bukan dengan standar dunia, tapi standar firman Tuhan.

Prayer
Tuhan, jangan biarkan aku berkompromi dengan standar dunia. Tolong aku untuk selalu bercermin dengan firman Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 23 Oktober 2019 
-Mega Menulis-

Tuesday, October 22, 2019

2 Raja-Raja 21-22

2 Raja-Raja 21

Scripture       
2 Raja-raja 21:3 (TB)  Ia (Manasye) mendirikan kembali bukit-bukit pengorbanan yang telah dimusnahkan oleh Hizkia, ayahnya; ia membangun mezbah-mezbah untuk Baal, membuat patung Asyera seperti yang dilakukan Ahab, raja Israel, dan sujud menyembah kepada segenap tentara langit dan beribadah kepadanya. 

Observation & Aplication 
KOK BISA YA?! Hizkia yang taatnya sedemikian, anaknya kayak gitu. Ckckck. Sungguh kasih karunia dan kebaikan Tuhan semata aja ya kalau punya anak yang hidupnya dekat sama Tuhan. Ya, sebagai orang tua adalah bagianku melakukan yang benar berharap ini jadi teladan bagi kehidupan anak-anakku. Tapi sungguh-sungguh hanya Tuhan yang memampukan anakku hidup dalam ketaatan. Nulis gini berasa ditabok. ADA BAGIAN yang harus aku kerjakan dan ada bagian yang hanya sanggup dikerjakan sama Tuhan. Aku juga harus mendoakan anak-anakku agar mereka berjumpa dan mengalami Tuhan secara pribadi.

Prayer
Tuhan, biarlah Sara dan Sofia boleh melihat kami sebagai orang tua yang sungguh mengasihi Engkau. Dan Tuhan sendiri yang menyatakan kasih Tuhan kepada mereka supaya mereka mengikuti Tuhan dengan segenap hati. Amin.

2 Raja-Raja 22

Scripture       
2 Raja-raja 22:19 (TB)  oleh karena engkau sudah menyesal * dan engkau *merendahkan diri di hadapan TUHAN pada waktu engkau mendengar hukuman yang Kufirmankan terhadap tempat ini dan terhadap penduduknya, bahwa mereka akan mendahsyatkan dan menjadi kutuk, dan oleh karena engkau mengoyakkan pakaianmu dan menangis di hadapan-Ku, Aku pun telah mendengarnya, demikianlah firman TUHAN, 

Observation
Respon Yosia sewaktu mengetahui hukuman Tuhan akan menimpa negeri itu ialah :
- menyesal
- merendahkan diri di hadapan Tuhan
- mengoyakkan pakaian dan menangis di hadapan Tuhan

Ini menunjukkan rasa duka Yosia yang mendalam terhadap dosa yang telah dilakukan di negeri itu. Yosia peduli dengan nasib bangsanya. Mau gak mau aku jadi membandingkan dengan Hizkia yang berkata 'asal ada keamanan selagi aku hidup'. Yosia bersedia bersyafaat untuk negerinya karena hatinya bagi bangsanya. 

Aplication
✔ Sudah lama aku gak berdoa buat Indonesia, hari ini aku berdoa untuk Indonesia.

Prayer
Tuhan, bangkitkanlah orang-orang yang mengasihi Tuhan di Indonesia. Orang-orang yang bekerja demi kebaikan dan bukan hanya mencari keuntungan bagi diri sendiri. Biarlah kasih Tuhan nyata bagi Indonesia. Amin.

Palangka Raya, 22 Oktober 2019
-Mega Menulis-

2 Raja-Raja 19-20

2 Raja-Raja 19

Scripture       
2 Raja-raja 19:6 (TB)  berkatalah Yesaya kepada mereka: "Beginilah kamu katakan kepada tuanmu: Beginilah firman TUHAN: Janganlah engkau takut terhadap perkataan yang kaudengar yang telah diucapkan oleh budak-budak raja Asyur untuk menghujat Aku.

Observation
Seringkali perkataan orang lain melemahkanku dan membuat down.  Tapi baca kisah ini aku diingatkan kalau aku harus fokus sama firman Tuhan. Tuhan bilang apa sama aku? Itu yang penting. Itu yang harus aku pegang.

Aplication
✔ Aku gak boleh biarkan perkataan manusia membuatku meragukan perkataan Tuhan. Bahkan saat aku sendiri meragukan perkataan Tuhan, aku harus mengingatkan diriku sendiri sama firman Tuhan.
✔ Saat aku meragukan firman Tuhan adalah saat aku harus tenggelam dalam firman Tuhan.

Prayer
Tolong aku Tuhan untuk lebih memperhatikan perkataan Tuhan dibanding perkataan manusia. Amin.

2 Raja-Raja 20

Scripture       
2 Raja-raja 20:13 (TB)  Hizkia bersukacita atas kedatangan mereka, lalu diperlihatkannyalah kepada mereka segenap gedung harta bendanya, emas dan perak, rempah-rempah dan minyak yang berharga, gedung persenjataannya dan segala yang terdapat dalam perbendaharaannya. Tidak ada barang yang tidak diperlihatkan Hizkia kepada mereka di istananya dan di seluruh daerah kekuasaannya.

Observation
Hizkia dan Salomo sama-sama menunjukkan isi istananya, tapi kalau aku ingat pada saat Salomo menunjukkan isi istananya, semua yang datang tahu bahwa Allah Israel berbeda dengan allah lain. Apa pikir, apa yang berbeda? Kemungkinan besar MOTIVASI. Melakukan hal yang sama tapi bisa jadi motivasinya berbeda sehingga Tuhan gak berkenan dengan yang dilakukan Hizkia.

Terkadang aku melayani suami tapi dalam hati misah-misuh. Terkadang aku tunduk dengan suami tapi di hati gak terima. Aku gak boleh gitu lagi, Tuhan melihat hatiku.

Aplication
✔  Saat aku melakukan yang benar, aku harus melakukannya juga dengan sikap hati yang benar.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya punya sikap hati yang benar. Aku mau memuliakan Tuhan dengan segenap hatiku juga. Amin.

Palangka Raya, 21 Oktober 2019
-Mega Menulis-

2 Raja-Raja 17-18

2 Raja-Raja 17

Scripture       
2 Raja-raja 17:14 (TB)  Tetapi mereka tidak mau mendengarkan, melainkan mereka menegarkan tengkuknya seperti nenek moyangnya yang tidak percaya kepada TUHAN, Allah mereka. 

Observation
Israel menegarkan tengkuknya seperti nenek moyangnya yang tidak mempercayai Tuhan padahal Tuhan sudah memperingatkan mereka melalui firmanNya dan nabi yang ditunjukNya. Ckckck. Kalau aku gak mengindahkan peringatan Tuhan berarti aku sama dengan Israel yang menegarkan tengkuknya.

Aplication
✔ Kalau hari ini aku mendengar  firmanNya, aku gak boleh mengeraskan hati. Aku harus menerima firman Tuhan dengan lemah lembut dan melakukannya.

Prayer
Tuhan, ajar aku berkata ya pada setiap perkataanMu dan berbalik dari melakukan apa yang gak berkenan di hadapan Tuhan. Amin.


2 Raja-Raja 18

Scripture       
2 Raja-Raja 18:5-7 (FAYH)  Ia sungguh-sungguh percaya kepada TUHAN, Allah Israel. Di antara raja-raja sebelum ataupun sesudah dia tidak ada yang seperti Hizkia; ia hidup demikian dekatnya dengan Allah.
Ia menaati Allah dalam segala hal, dan setia menaati segala ketetapan Allah yang disampaikan melalui Musa.
Maka TUHAN menyertai dia dan ia berhasil di dalam segala perkara yang dilakukannya. Ia memberontak terhadap raja Asyur dan tidak mau mengirim upeti lagi kepadanya.

Observation
Mengapa TUHAN menyertai Hizkia dan membuat dia berhasil di dalam segala perkara yang dilakukannya. bahkan dikatakan sebelum dan sesudah dia dikatakan tidak ada raja yang seperti dia? Ini karena :
- Hizkia sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan.
- Dia hidup dekat dengan Tuhan.
- Dia menaati Allah dalam segala hal

Aplication
✔ Aku mau hidup seperti Hizkia yang :
- percaya kepada Tuhan
- hidup dekat Tuhan
- menaati Tuhan dalam segala hal

Prayer
Tuhan, aku mau berjuang punya kualitas hidup seperti Hizkia, tolong aku Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 20 Oktober 2019
-Mega Menulis-

2 Raja-Raja 15-16

2 Raja-Raja 15

Scripture       
2 Raja-raja 15:12 (TB)  Bukankah begini firman TUHAN yang diucapkan-Nya kepada Yehu: "Anak-anakmu sampai kepada keturunan yang keempat akan duduk di atas takhta Israel!" Dan terjadilah demikian. 

Observation & Aplication 
Allah tetap memegang perjanjiannya sekalipun keturunan Yehu berbuat jahat. Walaupun keturunan Yehu selalu dikatakan 'melakukan apa yang jahat di mata TUHAN seperti yang telah dilakukan oleh nenek moyangnya dan tidak menjauh dari dosa-dosa Yerobeam bin Nebat, yang mengakibatkan orang Israel berdosa pula' tapi Allah tetap memenuhi janjiNya.

Ketidaksetiaan manusia tidak pernah menggagalkan kesetiaan Allah pada janjiNya. Aku diingatkan untuk memegang perjanjianku, karena Allahku sudah melakukan lebih dahulu. Teringat salah satu perjanjian yang mengikatku seumur hidup, untuk mengasihi suami selalu. Bagaimana mengasihi suami? Ada kalanya aku gak ingin melayani suami waktu kesal. Kayak tadi malam, suami menonton film sendiri, aku tahu suami suka ditemani, tapi aku tinggal tidur karena masih kesal. Gak boleh gitu lagi! Aku harus memegang perjanjianku seumur hidupku.

Prayer
Tuhan, terima kasih untuk teladan Tuhan yang yang selalu memegang perjanjian tanpa peduli sikap orang, ajar aku meneladaninya ya Tuhan. Aku mau tetap mengasihi suami meskipun kesal. Amin.

2 Raja-Raja 16

Scripture       
2 Raja-raja 16:3 (TB)  tetapi ia hidup menurut kelakuan raja-raja Israel, bahkan dia mempersembahkan anaknya sebagai korban dalam api, sesuai dengan perbuatan keji bangsa-bangsa yang telah dihalau TUHAN dari depan orang Israel.  

Observation
Ahas adalah raja Yehuda tapi dia malah mengikuti kelakuan raja-raja Israel. Padahal dia gak kekurangan teladan yang benar di dekatnya tapi dia malah fokus memperhatikan raja Israel dan menirunya.

Aku harus hati-hati dengan apa yang paling banyak jadi fokusku, apa yang aku lihat dan dengar, itu akan mempengaruhi perilakuku.

Aplication
✔ Aku harus memilih setiap harinya suara apa yang mau aku dengar, buku apa yang mau aku baca, tontonan apa yang sering aku tonton. Aku harus fokus pada apa yang memuliakan Tuhan.

Palangka Raya, 19 Oktober 2019
-Mega Menulis-

Friday, October 18, 2019

2 Raja-Raja 13-14

2 Raja-raja 13

Scripture
2 Raja-raja 13:11 (TB)  Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN. Ia tidak menjauh dari segala dosa yang disuruh Yerobeam bin Nebat dilakukan orang Israel, tetapi terus hidup dalam dosa itu.

Observation
Dosa yang dilakukan Yerobeam mempengaruhi entah sampai berapa generasi. Mengerikan sekali. Akibat dosa bukan hanya bagi diri sendiri, tapi juga orang lain. Bukan hanya berakibat seketika tapi berpuluh tahun kemudian akibatnya masih ada.

Reminder buatku, melakukan  yang benar maka dampaknya bagi anak cucu dan entah keturunan ke berapa. Aku mau melakukan yang benar meskipun sulit.

Aplication
✔ Pagi tadi aku kesal banget dengan suami yang membentakku di depan anak-anak, memang aku melakukan kesalahan tapi rasanya gak terima jadi sudah pengen balas dengan perkataan yang juga kasar. Puji Tuhan, aku berhasil menahan mulutku dan diam. Hari ini mau ngomong lagi dengan suami tanpa emosi.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk melakukan yang benar dan gak berbuat dosa karena efeknya juga bagi anak cucuku. Amin.

2 Raja-Raja 14

Scripture       
2 Raja-raja 14:24 (TB)  Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN. Ia tidak menjauh dari segala dosa Yerobeam bin Nebat, yang mengakibatkan orang Israel berdosa pula. 

Observation
Banyak sekali orang yang terinspirasi melakukan dosa karena Yerobeam. Dipikir-pikir, posisinya sebagai seorang raja adalah posisi yang prospeknya paling besar saat itu mempengaruhi orang lain. Setiap kebijakan, keputusan, dan apa yang dilakukannya berdampak lebih besar dari yang disadarinya. Posisi dan perannya membuat dia bersentuhan dengan hidup orang lain, langsung maupun gak langsung.

Aplication
✔ Aku juga memiliki berbagai peran dan posisi dalam hidup yang mempengaruhi banyak orang.
Istri - suami
Mama - anak-anakku
Anak - mamaku
Warga masyarakat - tetangga
Anggota gereja - jemaat lain
Pekerja - rekan kerja lain
dll
Aku punya potensi mempengaruhi kehidupan banyak orang, jadi aku harus selalu melakukan yang benar.


Palangka Raya, 18 Oktober 2019
-Mega Menulis-

2 Raja-Raja 12

2 Raja-Raja 12

Scripture       
2 Raja-raja 12:15 (TB)  Mereka kemudian tidak mengadakan perhitungan dengan orang-orang yang diserahi uang itu untuk memberikannya kepada tukang-tukang, sebab mereka bekerja dengan jujur.

Observation
Wuih, tukang aja jujur ya, padahal kalau dipikir mereka bukan orang yang berkelimpahan harta. Beda dengan zaman sekarang, sama tukang harus diawasin kalau ngga habis dibohongin. Kami pernah memperkerjakan tukang untuk renovasi rumah, duh, itu gak bisa dilepas, suami harus sesekali ngawasin dalam sehari.   Karakter kejujuran sangat langka dan sebagai murid Kristus aku harus jujur. Hidup susah bukan alasan untuk gak jujur.

Aplication
✔ Jujur bukan hanya berarti gak bohong tapi aku harus menyatakan keseluruhan kebenaran.

Prayer
Tuhan, mampukan aku untuk jujur dalam segala hal dan gak menyembunyikan kebenaran. Amin.

Palangka Raya, 17 Oktober 2019
-Mega Menulis-

Thursday, October 17, 2019

Tujuan 40 Tahun Perjalanan ^^

Ulangan 8:1-20 (Bersyukur kepada Allah karena kebaikan-Nya)

Keren deh, pas kubaca perikop ini, Mbah Musa mengingatkan orang Israel akan seluruh perjalanan-EMPAT PULUH TAHUN yang mereka lakukan. Wuihhhh..... GOD ni gak nanggung-nanggung ya ngerjain orang Israel, masa perjalanan 40 tahun?^^V Iya kalo naek pesawat, ato transport apa, ini jalan kaki boooo....., blom lagi sgala kesulitan dan masalah yang terjadi selama perjalanan itu. Cckkkk...cckkk..cckkk.... Dan, dengan jelas dibilang , PERJALANAN SELAMA 40 TAHUN INI ADALAH KEHENDAK TUHAN (ayat 2).

Jadi, pelajaran pertama yang kudapat waktu baca perikop ini adalah: kalo saat ini aku sedang mengalami perjalanan menuju ‘negeri yang dijanjikan’ seperti orang Israel, ALWAYS REMEMBER MEG, PERJALANAN YANG KAMU TEMPUH INI ADALAH KEHENDAK TUHAN. Sesulit apapun, sebanyak apapun masalah yang kamu alami, dan selama apapun perjalanan yang harus kamu tempuh (tapi kalo nyampe 40 tahun, lama juga ya GOD? Hahahahahaha ^^V), INI ADALAH KEHENDAK TUHAN MEG.

Lalu, Mbah Musa ngejelasin panjang lebar kalo TUHAN ternyata punya tujuan kok waktu Dia mau 40 tahun perjalanan itu terjadi. Senang banget waktu baca hal ini, jadi diingatkan lagi kalo TUHANku bukanlah TUHAN yang ngelakukan apapun sesuka hati-Nya tanpa alasan yang jelas. Dia selalu tau apa yang Dia kerjakan, Dia punya TUJUAN.

Sooo...seluruh perjalanan yang dilakukan di padang gurun selama 40 tahun oleh bangsa Israel bertujuan:

1. Merendahkan hati orang Israel (ayat 2)
Yes. Gak cuman buat orang Israel, aku menyadari bahwa selama perjalananku, saat aku mengitari padang gurunku dan mendapati banyak kesukaran, aku tau dengan pasti kalo aku gak bisa mengandalkan diriku sendiri. Ketidakmampuanku akhirnya membuatku melihat dan mengakui kalau aku membutuhkan pertolongan dari Dia Yang Maha Mampu, Dia Yang Maha Kuasa. Dia yang menghendaki perjalanan ini pasti tau apa yang aku perlukan, aku tinggal meminta pertolongan-Nya ^^V dan aku percaya Dia yang akan memenuhi segala keperluanku menurut kasih karunia-Nya.

2. Mencobai untuk mengetahui apa yang ada dalam hati mereka, yakni, apakah mereka berpegang pada perintah-Nya atau tidak (ayat 2)

Selama perjalanan, kelihatan tuh mana orang Israel yang asli taat, mana yang ikut-ikutan doang ^^’ Ada yang Cuma taat saat ada pemimpinnya, ada yang begitu ditinggal pemimpinnya jadi liar, hehehehe. Ada yang taat saat keadaan menguntungkan doang, ada pula yang taat always. Selama 40 tahun perjalanan yang menyusahkan tu terlihat, mana yang lolos seleksi alam, mana yang ngga ^^V

3. Membuat mereka mengerti, bahwa manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi manusia hidup dari segala yang diucapkan Tuhan (ayat 3)
Pernah kan ngelakukan perjalanan? Hahahaha, jujur aja, kalo aku perjalanan ke luar daerah buat dinas gitu, yang paling gak bisa ktinggalan aku bawa selain pakaian adalah makanan, gkgkgkgkgkgkgkgk. Err, pokoknya aku bawa bekal lah, apa aja kira-kira yang bakal aku perluin di jalan, kupikir itu yang bisa membuatku bertahan selama perjalanan. Semua perlengkapan perang kayak pakaian, cemilan, hp, charger hp, duit, dll dah. Mana ada sih yang melakukan perjalanan dan bawa badan doang? ^^’

Nah, gitu juga orang Israel, kebayang kan segede gaban bawaan mereka? Tapi luar biasa Tuhan ajarkan kalo sbenarnya yang mereka perlukan sepanjang perjalanan itu adalah penyertaan TUHAN, that’s all!!! Asal TUHAN beserta, kita HIDUP.

4. Supaya Allah dapat berbuat baik pada mereka (ayat 16)
Mana yang lebih kita ingat, pertolongan yang diberikan waktu kita dalam keadaan kuat (dan bisa menangani smua hal ^^) atau dalam keadaan terdesak (dan nangis-nangis :p )? Sapa yang kita anggap sahabat terbaik kita, yang bersama kita di saat senang, atau saat kita kesusahan? Yang menemani kita tertawa atau yang menemani kita menangis?

Walaupun hal yang dilakukan sama, tapi saat kita berada dalam kesulitan, apa yang dilakukan orang lain akan terasa lebih berarti, karena kita tau betapa kita memerlukannya.

See? GOD knows btapa kita ‘lupa ingatan’ di saat-saat senang. Dia tau, kita perlu berada dalam keadaan dimana kita menyadari kalo apa yang dilakukan-Nya selama ini gak biasa, Dia luar biasa mengerjakan pekerjaan tangan-Nya.

Saat sakit, kita baru menghargai betapa berharganya kesehatan yang TUHAN berikan
Waktu kelaparan, kita baru nyadar, ternyata ‘bisa makan’ tu luar biasa.

Kita baru menyadari kbaikan TUHAN saat kita dipaksa kluar dari zona nyaman kita, dan menyaksikan btapa TUHAN ga pernah berhenti berbuat baik pada kita. Dari dulu Dia slalu berbuat baik, hanya kita yang baru nyadar :D

Bersyukur banget buat SATE hari ni, luar biasa GOD....
Menolongku sangat melalui perjalananku ini.
Like this sangatlah pelajaran hari ni, hehehehehehe.
Smoga bisa mnolongku lulus ujian ^^V Makasih GOD

Palangkaraya, 17 Februari 2011
-Mega Menulis-

Wednesday, October 16, 2019

Main Bareng Sara (September)


Mewarnai Gambar 

Giat Sara minggu ini selain jalan-jalan ke pameran dan pasar malam adalah mewarnai 🤭 Ontinya ngeprint beberapa buku yang khusus buat diwarnai, makasih ya Onti 😘 Jadi gambar di buku ini bukannya yang hitam putih polos dan diwarnai sesukanya. Jadi di tiap halamannya sudah ada gambar gitu, misal gambar es krim. Nah, di sudut halamannya ada contoh gambar yang fullnya, jadi ngewarnainnya sesuai contohnya

Sara suka mewarnai dan menggambar, walaupun mama sering bingung apa yang digambarnya, hahaha. Sebelumnya mewarnai print-printan dari Onti pakai pensil warna trus beberapa hari ini pakai crayon dapat hadiah ultah dari Bule Dita. Baru beberapa hari dah patah-patah tu crayon, hahaha. Datanglah si dedek ikut ngewarnain, kerusuhan terjadi , hahaha.


Membentuk Huruf dengan Lego

Kapan hari lihat Yanita dan anak-anaknya main ini, jadi pengen deh coba main ini sama Sara. Mumpung Sara sekarang semangat banget kalau diajak main Mama. Print alphabet duplonya dari https://www.123homeschool4me.com/. Buru-buru ngeprint sebelum pulang ke rumah. Eh, begitu main, Sara malah asyik bentuk legonya sendiri. Baru tertarik pas liat alphabetnya ada yang dia kenalin. Lanjut deh main, cobain semua alphabet.Bisaaa!!! Yay! Next, pengen minta Sara pakai lego dengan warna yang sama untuk tiap alphabet yang dibuatnya. #mainbarengSara
Sofia dipeluk dulu sama Mama, supaya gak ganggu kakak, hahahaha.



Main Lego



Hari ini kerjaan Sara cuma main lego. Gak mau yang lain. Diajak fun learning pun gak mau. Tapi mama senang liat Sara asyik bikin macam-macam. Aneka bentuk Sara buat. Mama kira bikin 'rumah' di foto pertama, dah PD aja lo mama kira itu rumah. Takjub. Kok kepikiran buat bentuk yang jelas gini, biasanya ngasal,hahaha. Ternyata kata kakak itu bukan rumah, tapi 'robot' katanya. Wowww!!!! 🤣🤣🤣🤣🤣 Tiap kakak bikin sesuatu dan ditanya apa, jawabannya bikin ngakak, imajinasi anak kecil tu adaaaaa aja ya... Ckckck. #mainbarengSara



Menggabungkan Titik

Jadi ada berbagai bentuk dengan titik-titik gitu, tugas Sara menghubungkan dan menyebutkan apa bentuknya. Yah, sebenarnya dia udah tahu sih beberapa namanya bahkan sebelum dihubungkan, hehehe. Belum rapi , soalnya baru aja main ini.



Mencari Huruf Tertentu

Ada berbagai huruf dalam satu halaman, di tengah ada yang paling besar. Supaya gak dicoret-coret, Sara pakai mainannya dan taruh di huruf yang sama dengan huruf yang paling besar. Ini males-malesan dia ngerjainnya, posenya aja ada yang sambil tiduran gitu. Hahaha.



Menempel Gambar

Ada bazar buku murah di Palangka Raya dan ada beberapa buku aktivitas yang aku beli buat Sara. Ini salah satunya, jadi ada gambar yang bisa dilepas di buku tersebut untuk ditempelkan kemudian. Gambar tersebut terpotong-potong, jadi kayak puzzle. Yang asyiknya, Mama gak perlu potong bukunya, udah bisa dilepas langsung. Well, karena Mama pengen bisa dipakai lagi sama Sofi, jadi ini gambarnya gak dilem ya. Dipas-pasin aja bentuknya sama Sara, ups.




Mencari Warna yang Sama

Jadi dalam setiap kartu di sini ada 4 gambar, 1 gambar yang besar dan 3 yang kecil. Sara harus cari di antara 3 kecil tersebut yang warnanya sama dengan gambar besar. Untuk games warna sepertinya untuk Sara gak ada kesulitan, dia sudah bisa membedakan warna-warna. tantangannya adalah, setelah menemukan gambar yang berwarna sama dengan gambar besar, Sara harus menjepitkan jepitan jemuran. Awalnya susah, karena belum bisa, setelah beberapa kali diajari papanya, bisa deh. Ini ya, kalau diajarin papanya ngelakuin sesuatu pasti dia lebih cepat biasa dibandingkan kalau yang ngajarin mamanya. Lebih jago papa nih ngajarinnya. 

Mencari yang Berbeda

Sara harus mencari gambar yang berbeda di antara 4 gambar yang ada di setiap kartunya. Perbedaannya biasanya hanya letaknya, misal 3 gambar menghadap ke kiri, sedangkan 1 gambar menghadap ke kanan. Gambar yang beda harus ditunjukkan dengan cara menjepitnya menggunakan penjepit jemuran. Sara belum lancar menentukan mana yang berbeda, mungkin karena semua gambar sama, hanya arahnya yang berbeda. Jadi beberapa kali salah.




Menentukan Letak Benda

Sara harus meletakkan gambar yang dipotong mama di kertas, harus sesuai intstruksi : di antara, di atas, di sebelah, dll. 





Bulan September kemarin Mama sibuk banget, jadi gak banyak print activity buat Sara. Pulang-pulang dah tepar. Maafkan Mama yang gak konsisten ini ya Nak.

Palangka Raya, 16 Oktober 2019
-Mega Menulis-

2 Raja-Raja 9-10

2 Raja-raja 9

Scripture       
2 Raja-raja 9:10 (TB)  Izebel akan dimakan anjing di kebun di luar Yizreel dengan tidak ada orang yang menguburkannya." Kemudian nabi itu membuka pintu, lalu lari. 

Observation
Tragis sekali nasib Izebel. Padahal ia seorang ratu tapi harus mengalami kematian yang mengenaskan. Izebellah yang mempengaruhi suaminya untuk menyembah Baal dan mereka bersama-sama melakukan yang jahat di mata Tuhan.

Sebagaimana Izebel adalah seorang ratu, aku juga ratu dalam rumah tanggaku. Aku seharusnya membawa pengaruh bagi suamiku,agar suamiku melakukan yang berkenan di mata Tuhan. Bersama-sama dengan suami menyembah Tuhan dan menyenangkan hatiNya.

Aplication
✔ Suami dan aku sedang mempertimbangkan pindah ke gereja lain. Aku berdoa supaya pertimbangan yang aku berikan membuat suami mengambil keputusan yang tepat.

Prayer
Tuhan, tolong kami supaya bisa maksimal bertumbuh di mana pun Tuhan mau kami bergereja. Amin.

2 Raja-raja 10

Scripture       
2 Raja-raja 10:28-29, 31 (TB)  Demikianlah Yehu memunahkan Baal dari Israel. 
Hanya, Yehu tidak menjauh dari dosa-dosa Yerobeam bin Nebat, yang mengakibatkan orang Israel berdosa pula, yakni dosa penyembahan anak-anak lembu emas yang di Betel dan yang di Dan. 
Tetapi Yehu tidak tetap hidup menurut hukum TUHAN, Allah Israel, dengan segenap hatinya; ia tidak menjauh dari dosa-dosa Yerobeam yang mengakibatkan orang Israel berdosa pula.

Observation
Yehu memusnahkan Baal, tapi dia mengikuti dosa Yerobeam, sayang sekali. Mengikut Tuhan gak boleh separuh hati. Aku gak boleh melepaskan satu dosa tapi terikat pada dosa lain yang berbeda, itu salah. Saat aku berkata tidak pada dosa mencuri, aku juga harus berkata tidak pada dosa lain-ngomongin orang misalnya. Semua dosa sama di mata Tuhan, gak ada dosa besar maupun kecil. Jadi aku gak boleh kompromi dengan dosa.

Aplication
✔ Aku masih sering iri hati walaupun aku tahu ini salah, ini timbul dari kurang bersyukur. Aku harus bersyukur supaya fokus pada kebaikan Tuhan.

Prayer
Tuhan, aku mau bersyukur kepada Tuhan dengan segenap hatiku. Amin.

Palangka Raya, 16 Oktober 2019
-Mega Menulis-

2 Raja-Raja 7-8

2 Raja-Raja 7

Scripture 
2 Raja-raja 7:2 (TB)  Tetapi perwira, yang menjadi ajudan raja, menjawab abdi Allah, katanya: "Sekalipun TUHAN membuat tingkap-tingkap di langit, masakan hal itu mungkin terjadi?" Jawab abdi Allah: "Sesungguhnya, engkau akan melihatnya dengan matamu sendiri, tetapi tidak akan makan apa-apa dari padanya."
2 Raja-raja 7:16 (TB)  Maka keluarlah penduduk kota itu menjarah tempat perkemahan orang Aram. Karena itu sesukat tepung yang terbaik berharga sesyikal dan dua sukat jelai berharga sesyikal, sesuai dengan firman TUHAN. 

Observation
Firman Tuhan pasti terjadi. Saat keadaan gak memungkinkan, saat semakin sulit rasanya firman Tuhan terjadi, di situlah saatnya Tuhan paling dimuliakan. Kuasa Tuhan gak terbatas. Saat perwira tersebut berkata hal itu tidak mungkin terjadi, dia sedang meragukan firman Tuhan.

Pelajaran buatku:Jangan pernah meragukan firman Tuhan! Karena kalau sampai firmanNya terjadi, jangan-jangan aku gak mendapat bagian. Menyedihkan sekali.

Aplication
✔ Stop berpikir:
- Ah, gak mungkin Tuhan buat usahaku berhasil
- Aku pasti gak bisa lepas dari dosa ini.
- Keluargaku selamanya gini-gini aja, gak ada pemulihan.
- Karirku mandek sampai di sini, Tuhan gak bisa berbuat apa-apa lagi.

Prayer
Tuhan, tolong aku, mampukan aku mengganti keraguan dengan iman. Tolonglah aku yang gak percaya ini. Amin

2 Raja-Raja 8

Scripture       
2 Raja-raja 8:12 (TB)  Hazael berkata: "Mengapa tuanku menangis?" Jawab Elisa: "Sebab aku tahu bagaimana malapetaka yang akan kaulakukan kepada orang Israel: kotanya yang berkubu akan kaucampakkan ke dalam api, terunanya akan kaubunuh dengan pedang, bayinya akan kauremukkan dan perempuannya yang mengandung akan kaubelah." 

Observation
Pasti sedih sekali Elisa, harus bernubuat tentang penderitaan Israel kepada orang yang akan mendatangkan penderitaan bagi Israel. Bahkan nantinya, Elisa sendiri yang disuruh Tuhan mengurapinya. Walau gak suka, Elisa tetap melakukannya. Elisa benar-benar tunduk sama Tuhan.

Aplication
✔ Suka gak suka, bagaimanapun perasaanku, aku harus melakukan firman Tuhan.

Prayer
Tuhan, mampukan aku melakukan firmanMu, bagaimana pun perasaanku. Biarlah sukacitaku datang dari ketaatanku pada Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 15 Oktober 2019
-Mega Menulis-

2 Raja-Raja 5-6

2 Raja-raja 5

Scripture       
2 Raja-raja 5:13 (TB)  Tetapi pegawai-pegawainya datang mendekat serta berkata kepadanya: "Bapak, seandainya nabi itu menyuruh perkara yang sukar kepadamu, bukankah bapak akan melakukannya? Apalagi sekarang, ia hanya berkata kepadamu: Mandilah dan engkau akan menjadi tahir." 

Observation
Baca bagian ini aku teringat Amsal 3:5 (TB)  Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.

Naaman berpikir dia siap melakukan hal-hal yang sulit untuk kesembuhannya. Dia mungkin berpikir perkara yang sulit baginya untuk sembuh sehingga dia akan melakukan apa saja. Tapi begitu Elisa menyuruhnya melakukan hal yang mudah, Naaman kehilangan kepercayaannya kepada Nabi Israel. Naaman menginginkan hal yang sulit dan besar untuk kesembuhannya sehingga dia menganggap remeh apa yang dikatakan Elisa, masa sih dia akan sembuh dengan mandi doang. Padahal, apa yang dipikirkan Allah berbeda dengan yang dipikirkan manusia. Apa yang sulit bagi manusia, adalah perkara mudah bagi Tuhan.

Aplication
✔ Aku gak boleh bersandar kepada pengertianku sendiri,harus belajar rendah hati dan taat pada setiap firman Tuhan. Gak boleh meremehkan firman Tuhan. Firman Tuhan berkuasa menyembuhkan saat aku taat.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk menghargai firman Tuhan dan taat dalam segala perkara. Amin.

2 Raja-raja 6

Scripture       
2 Raja-raja 6:16 (TB)  Jawabnya: "Jangan takut, sebab lebih banyak yang menyertai kita dari pada yang menyertai mereka." 

Observation
Ada yang menjaga dan menyertai Elisa walaupun orang gak melihat. Elisa tahu dan gak melupakan penyertaan Tuhan. Kebalikan aku dong, kadang ada masalah, takut duluan, kuatir duluan. Aku takut pada yang terlihat. Padahal Tuhan selalu menyertai. Aku gak perlu takut dan gentar. Saat ada masalah dalam hidupku, aku perlu menyadari dan mengingatkan diriku, ada kuasa yang lebih besar dari masalahku.

Aplication
✔ Aku gak boleh melupakan penyertaan Tuhan dalam hidupku.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk selalu ingat kalau Kau sertaku. Amin.

Palangka Raya, 14 Oktober 2019
-Mega Menulis-

2 Raja-Raja 3-4

2 Raja-raja 3

Scripture       
2 Raja-raja 3:11 (TB)  Tetapi bertanyalah Yosafat: "Tidak adakah di sini seorang nabi TUHAN, supaya dengan perantaraannya kita meminta petunjuk TUHAN?" Lalu salah seorang pegawai raja Israel menjawab, katanya: "Di sini ada Elisa bin Safat, yang dahulu melayani Elia."

Observation & Aplication 
Zaman dulu kalau mau tanya sama Tuhan harus melalui perantaraan para nabi, hanya orang-orang tertentu yang punya privilege yang bisa tahu maunya Tuhan. Jadi diingatkan bersyukur akan ini:
- Bersyukur sekali telah mengenal Yesus, yang sulung itu. Bercermin pada pribadi Yesus saat aku gak tahu harus melakukan apa di situasi tertentu.
- Bersyukur ada Roh Kudus yang tinggal diam di dalamku yang mengajar, yang menegur melalui suara hatiku.
- Bersyukur sekali hidup di zaman ini dan ada Alkitab. Kalau bingung akan banyak hal, aku bisa lihat apa firman Tuhan.

2 Raja-Raja 4 

Scripture       
2 Raja-raja 4:3 (TB)  Lalu berkatalah Elisa: "Pergilah, mintalah bejana-bejana dari luar, dari pada segala tetanggamu, bejana-bejana kosong, tetapi jangan terlalu sedikit.

Observation
Saat Tuhan ingin memberkati janda tersebut melalui Elisa, Tuhan ingin janda itu siap. Bejana akan diisi melimpah sesuai dengan kasih karunia Tuhan. Tuhan mau beri berlimpah, tapi apakah janda tersebut siap menampung berkatNya atau nggak tergantung dia sendiri.

Tuhan ingin memberkatiku berlimpah sesuai dengan kasih karuniaNya.Tapi, apakah aku sudah siap? Ibaratnya Tuhan mau beri aku perabotan mahal dan banyak, apakah rumahku cukup besar menampungnya. Tuhan tahu seberapa besar kesanggupanku menerima berkatnya. Dia tahu potensiku melebihi diriku sendiri. Siapkah karakterku saat diberi banyak? Apakah aku bisa gak serakah?

Aplication
- Aku harus mempersiapkan diri sebelum menerima berkat Tuhan. Aku harus memantaskan diri menerima berkatNya. Masa Tuhan mau kasih aku kesempatan punya usaha lain kalau aku gak setia dengan yang dipercayakan padaku sekarang.

Prayer
Tuhan, ajari aku untuk setia dalam perkara kecil dan bertumbuh dalam karakter Kristus. Amin.

Palangka Raya, 13 Oktrober 2019
-Mega Menulis-

2 Raja-Raja 1-2


2 Raja-Raja 1

Scripture       
2 Raja-raja 1:2 (TB)  Pada suatu hari jatuhlah Ahazia dari kisi-kisi kamar atasnya yang ada di Samaria, lalu menjadi sakit. Kemudian dikirimnyalah utusan-utusan dengan pesan: "Pergilah, mintalah petunjuk kepada Baal-Zebub, allah di Ekron, apakah aku akan sembuh dari penyakit ini." 

Observation
Ahazia saat kesulitan bukannya mencari Allah Israel, malahan mencari allah bangsa lain. Apakah Ahazia lupa Allahnya beerkuasa.

Saat aku mengalami sesuatu, kepada siapa aku bercerita pertama kali? Apakah kepada Tuhan aku berlari? Kalau ngga berarti, aku sama saja seperti Ahazia.

Aplication
✔ Aku perlu belajar lagi untuk terus jadikan Tuhan yang pertama di salam hidupku. Keintiman sama Tuhan ada kalau aku sungguh terbuka sama Tuhan.

2 Raja-Raja 1

Scripture       
2 Raja-raja 2:23 (TB)  Elisa pergi dari sana ke Betel. Dan sedang ia mendaki, maka keluarlah anak-anak dari kota itu, lalu mencemoohkan dia serta berseru kepadanya: "Naiklah botak, naiklah botak!"

Observation
Ga diketahui berapa umur anak-anak yang mencemooh Elisa sampai-sampai Elisa gak bisa menahan amarahnya tapi umur berapa pun seorang anak, orang tua bertanggung jawab mendidik mereka dalam kebenaran. Terkadang sebagai orang tua ingin dimaklumi saat anaknya berbuat salah dan berkata 'namanya juga anak-anak'. Padahal asa konsekuensi saat anak melakukan yang salah,kalau aku sebagai orang tua gak mau anakku menanggung akibatnya maka aku harus mendidik mereka.

Aplication
✔ Sebagai orang tua aku harus mendidik anak-anak dengan benar dan siap menanggung konsekuensi kalau aku hak mendidik mereka.

Prayer
Tuhan, berikanku hikmat untuk mendidik anak-anakku. Biarlah mereka kedapatan menyenangkan Tuhan saja. Amin.

Palangka Raya, 12 Oktober 2019
-Mega Menulis-

1 Raja-raja 21-22

1 Raja-raja 21

Scripture       
1 Raja-raja 21:29 (TB)  "Sudahkah kaulihat, bahwa Ahab merendahkan diri di hadapan-Ku? Oleh karena ia telah merendahkan diri di hadapan-Ku, maka Aku tidak akan mendatangkan malapetaka dalam zamannya; barulah dalam zaman anaknya Aku akan mendatangkan malapetaka atas keluarganya." 

Observation & Aplication 
Tuhan luar biasa penuh kasih karunia dan penuh pengampunan. Saat melihat Ahab merendahkan dirinya, Tuhan berbelas kasihan. Tuhan berkenan pada hati yang remuk oleh dosa dan pertobatan yang tulus.

Aku mau minta ampun sama Tuhan untuk dosa yang masih kulakukan. Beberapa minggu ini aku gak puas dengan sistem kerja di kantor, beberapa teman dan bosku. Jadi gampang ngedumel dan negatif thinking.

Prayer
Tuhan, ampuni aku kalau selama ini menyimpan ketidakpuasan dengan keadaan di kantor. Ajar aku untuk melakukan yang terbaik, bersyukur dan berhenti ngedumel. Tolong aku Tuhan. Amin.

1 Raja-raja 22

Scripture       
1 Raja-raja 22:43, 52 (TB)  Ia hidup mengikuti jejak Asa, ayahnya; ia tidak menyimpang dari padanya dan melakukan apa yang benar di mata TUHAN. (22-44) Hanya bukit-bukit pengorbanan tidak dijauhkan. Orang masih mempersembahkan dan membakar korban di bukit-bukit itu.
(22-53) Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN dan hidup menurut kelakuan ayahnya dan ibunya dan Yerobeam bin Nebat, yang telah mengakibatkan orang Israel berdosa.

Observation
Yosafat dan Ahazia, Raja Yehuda dan Raja Israel, dua raja yang hidup di zaman yang sama. Mereka memerintah dengan cara berbeda, Yosafat melakukan yang benar di hadapan Tuhan sedangkan Ahazia melakukan yang jahat di mata Tuhan. Satu kesamaan mereka, mereka meniru teladan orang tuanya.

Betapa penting teladan orang tua dalam hidup seorang anak. Teladan seringkali berbicara lebih keras daripada perkataan.

Aplication
✔ Aku dan suami mau mengambil waktu ngobrol deep tentang banyak hal, khususnya pendidikan anak-anak, sempat sambil lalu ngomong mau HS anak, tapi harus dipikirkan konsekuensinya. Beberapa minggu ini sibuk banget aku, pulang dah tepar.

Prayer
Tuhan, tolong kami sebagai orang tua untuk benar-benar jadi  teladan. Amin.

Palangka Raya, 11 Oktober 2019
-Mega Menulis-

1 Raja-raja 19-20

1 Raja-raja 19

Scripture       
1 Raja-raja 19:4 (TB)  Tetapi ia sendiri masuk ke padang gurun sehari perjalanan jauhnya, lalu duduk di bawah sebuah pohon arar. Kemudian ia ingin mati, katanya: "Cukuplah itu! Sekarang, ya TUHAN, ambillah nyawaku, sebab aku ini tidak lebih baik dari pada nenek moyangku." 

Observation & Aplication 
Elia yang seorang nabi pun bisa mengalami kelelahan sampai berkata hendak mati. Duh, betapa kita harus berjaga-jaga supaya terus disegarkan tubuh jasmani dan rohani. Terus datang sama Tuhan saat letih lesu dan berbeban berat, supaya Tuhan berikan kelegaan. Aku juga diingatkan untuk mendoakan hamba-hamba Tuhan supaya terus menerus mangalami Tuhan. Tuhan berikan hati yang diperbaharui terus.

1 Raja-raja 20 

Scripture       
1 Raja-raja 20:28 (TB)  Maka tampillah abdi Allah dan berkata kepada raja Israel: "Beginilah firman TUHAN: Oleh karena orang Aram itu telah berkata: TUHAN ialah allah gunung dan bukan allah dataran, maka Aku akan menyerahkan seluruh tentara yang besar itu ke dalam tanganmu, supaya kamu tahu, bahwa Akulah TUHAN." 

Observation
Orang Israel membatasi Tuhan padahal Tuhan adalah Allah yang gak terbatas. Tuhan berkuasa melakukan segala perkara. Reminder buatku untuk gak meragukan kuasa Tuhan. TUHAN sanggup melakukan segala yang dikehendakiNya.

Aplication
✔ Aku gak boleh membatasi Tuhan dengan berpikir seperti orang Israel.

Prayer
Tuhan, ampuni aku kalau terkadang meragukan Tuhan mau menolongku. Padahal pertolongan Tuhan gak pernah terlambat. Amin.

Palangka Raya, 10 Oktober 2019
-Mega Menulis-

1 Raja-Raja 17-18


1 Raja-raja 17

Scripture       
1 Raja-raja 17:15 (TB)  Lalu pergilah perempuan itu dan berbuat seperti yang dikatakan Elia; maka perempuan itu dan dia serta anak perempuan itu mendapat makan beberapa waktu lamanya.

Observation
Janda tersebut melakukan apa yang diminta Elia, padahal dia tahu kalau dilakukan bisa jadi ia dan anaknya gak bisa makan. Janda tersebut percaya dan bertindak. Imannya nampak lewat tindakannya.

Beberapa hari lalu ada seorang teman yang akan dimutasi. Sebenarnya posisinya duitku mepet, tapi berasa ada dorongan untuk membuat kenangan dengan beli kue. Aku kuatir sebenarnya kalau memberi,beberapa hari ke depan gimana nih kalau uang belanja menipis. Tapi aku putuskan memberi, aku percaya Tuhan cukupkan kebutuhan kami. Ternyata hari ini pas perpisahan kepala kami, tiap orang bawa lebihan konsumsi, bisa buat makan seharian. Lalu temanku yang dimutasi itu, kulkasnya belum terjual jadi kami di ruangan disuruh menghabiskan isi kulkasnya (yang isinya banyak sekali bahan makanan). Amaze sendiri ngelihat cara Tuhan tolong waktu aku bertindak dengan iman.

Aplication
✔ Tindakan iman apa yang Tuhan ingin aku lakukan hari ini? Aku harus segera kerjakan dan gak  menunda-nunda!

Prayer
Tuhan, ajar aku untuk bertindak dan percaya sepenuhnya kepada Tuhan. Tolong aku untuk gak kuatir. Amin.

1 Raja-Raja 18

Scripture       
1 Raja-raja 18:37 (TB)  Jawablah aku, ya TUHAN, jawablah aku, supaya bangsa ini mengetahui, bahwa Engkaulah Allah, ya TUHAN, dan Engkaulah yang membuat hati mereka tobat kembali." 

Observation
Elia meminta doanya dijawab dengan motivasi memuliakan Tuhan :  supaya bangsa ini mengetahui, bahwa Engkaulah Allah, ya TUHAN, dan Engkaulah yang membuat hati mereka tobat kembali*. Jadi perenunganku, apakah aku berdoa supaya Tuhan dimuliakan atau hanya supaya Tuhan memenuhi keinginanku?

Aplication
✔ Aku berdoa agar Allah dipermuliakan saat doaku terjawab, bukan memenuhi hawa nafsuku.

Prayer
Tuhan, biarlah kemuliaan Tuhan yang menjadi tujuan doaku. Biarlah hatiku dipenuhi kerinduan memuliakan Tuhan. Amin.


Palangka Raya, 9 Oktober 2019
-Mega Menulis-

1 Raja-Raja 15

1 Raja-raja 15:5

Scripture       
1 Raja-raja 15:5 (TB)  karena Daud telah melakukan apa yang benar di mata TUHAN dan tidak menyimpang dari segala yang diperintahkan-Nya kepadanya seumur hidupnya, kecuali dalam perkara Uria, orang Het itu. 

Observation
Seumur hidupnya, hanya sekali Daud menyimpang dari yang diperintahkan kepadanya. Wow! Wow! Wow! Luar biasa ya Daud. Memang perkara itu sangat berat dan mendukakan Tuhan. Tapiiii... Ini seumur hidupnya loooo. Daud kedapatan hanya sekali itu mendukakan Tuhan.

Alkitab dengan adil mengisahkan kelemahan dan kekuatan Daud. Terkadang manusia cuma fokus ke salah satu sisi tanpa zoom in ke bagian lain. Di samping kesalahan besar Daud, Daud berkenan di hadapan Tuhan dan selalu punya hubungan intim dengan Tuhan.

Aplication
✔ Aku harus bersikap adil dan melihat seseorang dari segala sisi. Tidak adil menilai seseorang buruk hanya karena  alasan. Setiap orang puny. kekuatan dan kelemahan.
✔ Aku gak perlu membicarakan kelemahan orang lain.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk memandang dan memperlakukan seseorang dengan adil. Gak ada manusia yang sempurna, gak ada juga yang selalu salah. Mampukan aku untuk berbuat baik kepada semua orang ya Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 8 Oktober 2019
-Mega Menulis-

1 Raja-Raja 13-14


1 Raja-raja 14:8

Scripture       
1 Raja-raja 14:8 (TB)  Aku telah mengoyakkan kerajaan dari keluarga Daud dan memberikannya kepadamu, tetapi engkau tidak seperti hamba-Ku Daud yang tetap mentaati segala perintah-Ku dan mengikuti Aku dengan segenap hatinya dan hanya melakukan apa yang benar di mata-Ku. 

Observation
Yerobeam telah menerima kebaikan Tuhan tapi dia malah menentang Tuhan dan melakukan yang jahat di mata Tuhan. Bodoh sekali Yerobeam nih, pikirku. Tapi waktu mikir lagi, aku pun berbuat yang sama kepada Tuhan. Tuhan telah beri anugerahNya buatku. Begitu banyak. Tapi aku juga menentang Tuhan saat aku gak taat firman Tuhan.

Aplication
✔ Aku telah menerima kasih karunia Tuhan, aku gak boleh lagi menentang Tuhan dengan tinggal tetap dalam dosa. Harus meninggalkan manusia lama.

Prayer
Tuhan, mampukan aku untuk gak tinggal tetap dalam dosa dan berbuat makin jahat seperti Yerobeam. Aku mau seperti Daud yang mengikuti Tuhan dengan sehenap hati. Amin.

1 Raja-Raja 13

Scripture       
1 Raja-raja 13:33 (TB)  Sesudah peristiwa ini pun Yerobeam tidak berbalik dari kelakuannya yang jahat itu, tetapi mengangkat pula imam-imam dari kalangan rakyat untuk bukit-bukit pengorbanan. Siapa yang mau saja, ditahbiskannya menjadi imam untuk bukit-bukit pengorbanan. 

Observation
Tuhan memperingatkan Yerobeam tetapi bukannya bertobat, dia malah semakin jahat. Jadi teringat penduduk Niniwe yang diperingatkan Tuhan melalui Yunus. Respon mereka terhadap pemberitahuan hukuman yang akan menimpa mereka adalah PERTOBATAN.

Bagaimana responku saat menyadari dosaku?
Apakah aku betobat dan berbalik dari jalanku yang jahat?
Atau aku semakin jahat seperti Yerobeam?
Atau aku tobat kumat?

Aplication
✔ Saat menyadari dosaku, aku harus minta ampun sama Tuhan dan gak lagi mengulangi dosaku. Pertobatan sejati yang dicari Tuhan Meg!

Prayer
Tuhan, aku capek jatuh bangun dalam dosa. Tolong aku untuk gak mengulangi lagi dosaku Tuhan. Amin.


Palangka Raya, 7 Oktober 2019
-Mega Menulis-

Monday, October 7, 2019

1 Raja-Raja 11-12

1 Raja-Raja 11

Scripture       
1 Raja-raja 11:4 (TB)  Sebab pada waktu Salomo sudah tua, isteri-isterinya itu mencondongkan hatinya kepada allah-allah lain, sehingga ia tidak dengan sepenuh hati berpaut kepada TUHAN, Allahnya, seperti Daud, ayahnya. 

Observation & Aplication 
Paaangan hidup kita adalah orang yang memiliki potensi paling besar untuk mempengaruhi hidup kita. Hati Salomo gak fokus pada Tuhan karena pengaruh isteri-isterinya, sayang sekali. Padahal janji Tuhan luar biasa asal Salomo setia.

Suami isteri saling mempengaruhi, suka gak suka, sadar gak sadar. Kebiasaan, cara berkata dan bersikapku dan suami akan saling mempengaruhi. Tinggal mana yang paling kuat yang akan menarik yang lemah. Kalau selama ini aku merasa suami ngomong nadanya tinggi dan gak menyenangkan, aku harus tetap lemah lembut dan gak terpancing. Kalau selama ini suami sangat perfeksionis, aku juga harus belajar untuk hak asal mengerjakan tugasku.

Prayer
Tuhan, mampukan aku dan suami untuk saling mempengaruhi dalam kebaikan. Amin.

1 Raja-Raja 12

Scripture       
1 Raja-raja 12:13 (TB)  Raja menjawab rakyat itu dengan keras; ia telah mengabaikan nasihat yang diberikan para tua-tua kepadanya; 

Observation & Aplication
Rehabeam salah memilih mendengarkan sehingga mengambil keputusan yang salah. Jadi teringat Daud yang kalau mengambil keputusan tanya sama Tuhan lebih dulu.

Kalau ada apa-apa, emang berasa lega kalau dah cerita dan tanya pendapat orang dekat. Tapi, sekali lagi diingatkan kalau yang pertama, datang ke Tuhan dulu. Supaya saat aku terima masukan dari orang lain, aku sarung dengan firman Tuhan.

Prayer
Tuhan, mampukan aku mengambil keputusan yang sesuai kehendak Tuhan. Ajar aku mencari Tuhan selalu seperti Daud.Amin.


Palangka Raya, 6 Oktober 2019
-Mega Menulis-

1 Raja-Raja 10

1 Raja-Raja 10

Scripture       
1 Raja-raja 10:27 (TB)  Raja membuat banyaknya perak di Yerusalem sama seperti batu, dan banyaknya pohon kayu aras sama seperti pohon ara yang tumbuh di Daerah Bukit.

Ulangan 17:17 (TB)  Juga janganlah ia mempunyai banyak isteri, supaya hatinya jangan menyimpang; emas dan perak pun janganlah ia kumpulkan terlalu banyak. 

Observation

Jauh sebelum Salomo menjadi raja, Tuhan telah menetapkan aturan untuknl raja. Beberapa di antaranya supaya raja tidak mempunyai banyak istri, tidak mengumpulkan emas dan perak, tidak mengumpulkan kuda. Tuhan tahu apa yang terjadi kalau itu dilakukan maka yang terjadi akan buruk. Tuhan ingin melindungi raja-rajaNya. Dia tidak mau hati raja menyimpang dariNya.

Atutan dibuat bukan untuk mengekang kita, tapi melindungi kita. Allah dengan segala kebijaksanaanNya ingin melindungi kita. Prinsip-prinsip dan perintahNya di Alkitab ada untuk melindungiku. Aku gak boleh buka celah dengan mikir, ah ga papa aku melakukan ini itu, apa sih dampaknya. Kalau Tuham larang ya udah, aku harus taat. Walaupun aku belum mengerti. Saat aku taat sama firman Tuhan, aku sendiri yang akan merasakan aman perlindunganNya.

Aplication
✔ Aku mau taat sama perintah Tuhan walaupun aku belum mengerti.

Prayer
Tuhan, tolong aku hari ini untuk menaatiMu dalam segala hal. Amin.

Palangka Raya, 5 Oktober 2019
-Mega Menulis-

1 Raja-Raja 7-8

1 Raja-Raja 8

Scripture       
1 Raja-raja 8:53 (TB)  Sebab Engkaulah yang memisahkan mereka bagi-Mu menjadi milik kepunyaan-Mu dari antara segala bangsa di bumi, seperti yang telah Kaufirmankan dengan perantaraan Musa, hamba-Mu, pada waktu Engkau membawa nenek moyang kami keluar dari Mesir, ya Tuhan ALLAH!" 

Observation
Bangsa Israel dipisahkan dari bangsa lain menjadi milik Tuhan, berarti mereka harus hidup dalam kekudusan. Itulah yang  membedakan mereka dengan bangsa lain yang gak mengenal Tuhan. Begitu pun aku, jika aku benar milik Tuhan maka aku harus hidup dalam kekudusan.

Baru-baru ini di kantor menerima  hibah dari pemerintah provinsi berupa uang sebanyak 2 M. Ini akan digunakan untuk membangun tempat rehabilitasi, ruang tahanan, dll. Yang menarik adalah di kepanitiaan untuk penerima hibah tersebut hanya 1 yang Muslim, sedangkan yang lain Kristen. Kami awalnya takut dengan hibah ini, takut bermasalah, apalagi kalau pemborongnya gak benar, kalau ada apa-apa kami yang kena. Tapi temanku yang juga anggota di situ bilang, kami yang di kepanitiaan itu bukan orang-orang yang suka minta uang proyek makanya kami aman. Pimpinan sepertinya tahu itu dan menunjuk kami.

Aplication
✔ Aku harus melakukan yang terbaik untuk proyek hibah inu dan gak tergoda menginginkan jatah atau apalah, karena ini hukan hakku. Tetap harus hidup kudus saat godaan datang. Karena aku tahu ada teman-teman Kristen yang jatuh karena uang.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk tetap memilih melakukan yang kudus dalam segala keadaan. Amin.

1 Raja-Raja 7

Scripture       
1 Raja-raja 7:14 (TB)  Dia adalah anak seorang janda dari suku Naftali, sedang ayahnya orang Tirus, tukang tembaga; ia penuh dengan keahlian, pengertian dan pengetahuan untuk melakukan segala pekerjaan tembaga; ia datang kepada raja Salomo, lalu melakukan segala pekerjaan itu bagi raja. 

Observation
Untuk melakukan suatu pekerjaan dengan baik, diperlukan keahlian, pengertian dan pengetahuan. Reminder buatku yang baru pertama kali jadi panitia penerima hibah untuk benar-benar belajar dan aktif mencari tahu segala sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaan ini. Jangan sampai cuma nampang nama dan gak melakukan apa-apa. Harus berusaha untuk mengerti dan mengetahui segala pekerjaan tersebut.

Aplication
✔ Aku mau mencari informasi tentang pengadaan barang dan jasa (cari pp pengadaan barang jasa, tanya teman/keluarga yang tahu)

Prayer
Tuhan, tolong aku hari ini supaya bertemu dengan orang-orang yang bisa memberikan informasi yang kuperlukan. Amin.

Palangka Raya, 4 Oktober 2019
-Mega Menulis-

2 Tawarikh 11-12

2 Tawarikh 11 Scripture        2 Tawarikh 11:23 (TB)  Oleh sebab itu ia mengambil kebijaksanaan untuk menyebarkan semua anaknya yang lain ke...