.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Thursday, October 24, 2019

2 Raja-raja 23-24

2 Raja-raja 23

Scripture       
2 Raja-raja 23:25 (TB)  Sebelum dia tidak ada raja seperti dia yang berbalik kepada TUHAN dengan segenap hatinya, dengan segenap jiwanya dan dengan segenap kekuatannya, sesuai dengan segala Taurat Musa; dan sesudah dia tidak ada bangkit lagi yang seperti dia.

Observation
Pertobatan Yosia dilakukan dengan segenap hati, segenap jiwa dan segenap kekuatannya. Pertobatan Yosia bukan sekedar tangisan penyesalan, lip service atau pencitraan. Melebihi semua itu, ada PERUBAHAN HIDUP di dalamnya. Hidupnya sebelum dan setelah mengetahui firman Tuhan, gak sama lagi. Yosia mengasihi Tuhan dengan TOTALITAS, dalam segala hal dia berusaha berkenan di hadapan Tuhan. 

Aplication
✔️ Saat aku menyesali dosaku, aku harus tunjukkan dengan PERUBAHAN HIDUP. Tinggalkan dosa lama dan jangan pernah melakukannya lagi. Lakukan hanya yang menyenangkan Tuhan. 

Prayer
Tuhan, aku mau menyenangkanMu hari ini. Tolong aku Tuhan. Amin.

2 Raja-raja 24

Scripture 
2 Raja-raja 24:18 (TB)  Zedekia berumur dua puluh satu tahun pada waktu ia menjadi raja dan sebelas tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Hamutal binti Yeremia, dari Libna.

2 Raja-raja 23:36 (TB)  Yoyakim berumur dua puluh lima tahun pada waktu ia menjadi raja dan sebelas tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Zebuda binti Pedaya, dari Ruma.

2 Raja-raja 23:31 (TB)  Yoahas berumur dua puluh tiga tahun pada waktu ia menjadi raja dan tiga bulan lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Hamutal binti Yeremia, dari Libna.

Observation 
Awalnya bingung kenapa fakta tentang siapa ibu dari Zedekia dimasukkan, lalu coba lagi baca ulang ke belakang karena seingatku ada beberapa raja yang juga dicantumkan nama ibunya. Lalu aku juga membuka bagian yang ada tanda bintang (aku baca Alkitab elektronik), dan taraaaa.... Aku menemukan fakta kalau ketiga raja ini adalah anak dari Yosia tapi berbeda ibu. Wow! Bahkan Raja Yosia pun memiliki istri lebih dari satu sebagaimana Raja-raja lain. Mungkin dia meniru raja-raja Yehuda sebelumnya, atau raja-raja dari bangsa lain. 

Aku diingatkan, hanya karena orang lain (bahkan banyak orang) melakukannya, bukan berarti itu benar. Standar kebenaranan, bagaimana pun adalah firman Tuhan.

Aplication
Aku gak boleh melakukan atau gak melakukan sesuatu hanya karena orang lain melakukannya. Aku hidup bukan dengan standar dunia, tapi standar firman Tuhan.

Prayer
Tuhan, jangan biarkan aku berkompromi dengan standar dunia. Tolong aku untuk selalu bercermin dengan firman Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 23 Oktober 2019 
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

Nehemia 10-11

Nehemia 10 Scripture        Nehemia 10:28 (TB)  Dan orang-orang yang lain, yakni: para imam dan orang-orang Lewi, para penunggu pintu gerban...