.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Thursday, October 24, 2019

2 Raja-raja 25 & Pengkhotbah 1

2 Raja-raja 25

Scripture       
2 Raja-raja 25:7 (TB)  Orang menyembelih anak-anak Zedekia di depan matanya, kemudian dibutakannyalah mata Zedekia, lalu dia dibelenggu dengan rantai tembaga dan dibawa ke Babel. 

Observation
Baca ini aku jadi penasaran: Ada  gak sih dari garis keturunan Yosia yang masuk dalam silsilah Yesus,secara Yosia adalah raja yang sedemikian taatnya sama Tuhan kan ya masa ga ada (mokso). Kalau ada dari siapa, dari Zedekia dah ga mungkin karena di sini dikatakan mati semua. Aku cek di Matius 1 (dari Yusuf) dan Lukas 3(dari Maria), lalu ketemu ini : Matius 1:11 (TB)  Yosia memperanakkan Yekhonya dan saudara-saudaranya pada waktu pembuangan ke Babel.  

Ternyata dari Yekhonya! ENTAH ini dari istri Yosia yang mana. Wow! Penemuan luar biasa buatku, setelah kemarin nyadar anak Yosia ada 3 yang menjadi Raja Yehuda, eh ternyata ada 1 lagi yang gak disebutkan kemarin (artinya dia bukan Raja) tapi masuk dalam silsilah Yesus. 

Jadi mikir, apakah pernah terlintas di pikiran Raja-raja dulu itu kalau mereka punya istri lebih dari satu untuk menjaga garis keturunan mereka tetap ada ya. Apalagi kan zaman dulu ada aja kejadian yang bikin keturunannya 'habis', entah perang atau apa. Apapun alasan mereka, menurutku punya istri lebih dari 1 sebenarnya hal yang gak diinginkan Tuhan. Nah, menariknya dari kisah ini, hari ini aku melihat dari sisi luar biasanya Tuhan bahwa Dia Allah yang sanggup mendatangkan kebaikan, bahkan dari kesalahan manusia. Dari banyaknya keturunan Daud (karena dia punya banyak isteri) itulah muncul Yusuf dan Maria. Dan terjadilah ini :
Yusuf berasal dari garis keturunan Yekhonya (anak Yosia) . Bisa dilihat di Matius 1. Secara resmi menurut hukum Yahudi, Yesus tercatat sebagai anak Yusuf. Nah, yang menarik lagi, secara biologis, di Lukas 3 ada silsilah Yesus yang ditarik dari garis keturunan Maria. Daud juga ternyata nenek moyangnya Maria, tapi dari anak Daud yang namanya Natan. Silsilah di Lukas 3 menyebut nama laki-laki aja sih, tapi silsilah Maria terlihat di situ.

Sungguh besar Tuhan dengan segala rancanganNya. Di sanggup datangkan kebaikan dari kesalahan, keputusan yang gak tepat, bahkan dosa! Tapi ini hanya berlaku bagi yang mengasihi Dia dan terpanggil dalam rencanaNya. 

Aplication
✔️ Aku harus berusaha melakukan yang benar di hadapan Tuhan dan berani mengambil keputusan, aku kadang suka ragu gitu. Kadang merasa dah banyak salah dalam memutuskan sesuatu. Tapi hari ini aku diingatkan, aku harus percaya bahwa Dia berdaulat dalam segala keputusanku. Saat aku dah berdoa dan memutuskan sesuatu, lakukan yang terbaik dan hasilnya terserah Tuhan saja. Asal aku hidup mengasihi Tuhan dan terpanggil dalam rencanaNya, Tuhan akan datangkan kebaikan. 

Prayer
Tuhan, terima kasih untuk keberanian yang Tuhan berikan hari ini. Aku percaya Engkau Allah yang berdaulat atas hidupku. Amin.

Pengkhotbah 1

Scripture       
Pengkhotbah 1:18 (TB)  karena di dalam banyak hikmat ada banyak susah hati, dan siapa memperbanyak pengetahuan, memperbanyak kesedihan.

Observation
Entah kenapa baca ayat ini jadi ingat adek KTBku dulu, Voni namanya. Kami sedang bahas ayat ini: Yakobus 4:17 (TB)  Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa. 

Lalu Voni tiba-tiba mengatakan sesuatu yang aku ingat sampai sekarang, "Kalau gitu aku jangan dikasih tahu apa-apa lagi kak (tentang firman Tuhan maksudnya), supaya aku gak bikin dosa". Huahahaha. Aku ketawa waktu itu. Cerdik sekali dia. 

Jadi merenung apakah mungkin ini juga yang dipikirkan Pengkhotbah waktu bilang 'memperbanyak pengetahuan, memperbanyak kesedihan'. Gimana gak sedih kalau semakin banyak tahu firman Tuhan terus sadar kalau selama ini banyak melakukan dosa. Kalau ternyata sehari tanpa berbuat dosa itu susah banget. Bahwa tahu kebenaran tapi gak melakukannya bikin hidup berasa tertuduh. Duh. 

Aplication
✔️ Punya pengetahuan tentang firman Tuhan gak sama dengan melakukan firmanNya dan tenggelam dalam ketaatan. Kalau gak mau ada penyesalan, pengetahuan tentang firman Tuhan harus disertai ketaatan Meg! 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk taat, bukan hanya tahu firman Tuhan. Amin.

Palangka Raya, 24 Oktober 2019 
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

Nehemia 10-11

Nehemia 10 Scripture        Nehemia 10:28 (TB)  Dan orang-orang yang lain, yakni: para imam dan orang-orang Lewi, para penunggu pintu gerban...