.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Monday, October 28, 2019

Pengkhotbah 4-5

Pengkhotbah 4

Scripture       
Pengkhotbah 4:6 (TB)  Segenggam ketenangan lebih baik dari pada dua genggam jerih payah dan usaha menjaring angin. 

Observation 
Usaha menjaring angin bicara tentang melakukan sesuatu yang sia-sia. Daripada berjerih payah dan melakukan sesuatu yang sia-sia, Pengkhotbah ingin kita menjadi tenang alias menguasai diri. Banyak jerih payah yang hancur dalam sekejap dikarenakan ketidakmampuan menguasai diri. Aku memikirkan banyak rumah tangga yang sudah dibangun bertahun-tahun hancur (efek sering dicurhatin) karena gak mampu menguasai diri. Belum lagi karir pun ada yang rusak karena gak mampu menguasai diri. Susah payah memberi waktu untuk dekat dengan anak, tapi sekali emosi dan anak tiba-tiba menjauh.

Aplication
✔ Aku harus belajar menguasai diri dalam segala hal. Menjadi tenang supaya aku mengambil keputusan dan melakukan segala sesuatu dengan benar.

Prayer
Tuhan, mampukan aku menguasai diri hari ini. Terlebih, biarkan diriku dikuasai dirman Tuhan saja dalam setiap tindakan. Amin.

Pengkhotbah 5

Scripture       
Pengkhotbah 5:10 (TB)  (5-9) Siapa mencintai uang tidak akan puas dengan uang, dan siapa mencintai kek
Pengkhotbah 5:10 (FAYH)  (5-9) Orang yang mencintai uang tidak akan pernah merasa mempunyai cukup uang. Bodoh sekali jika orang beranggapan bahwa kekayaan mendatangkan kebahagiaan.
ayaan tidak akan puas dengan penghasilannya. Ini pun sia-sia.

Observation
Versi FAYH di ayat ini keras banget, dikatakannya bodoh orang yang beranggapan mendatangkan kebahagiaan. Aku dan suami pernah beranda-andai, enak ya seperti si A. Kayaknya kalau kemana-mana gak perlu mikir uang beli tiket, ada aja uangnya buat jalan-jalan, ya iyalah ya horang kayah. Seakan-akan emang uang yang dimilikinya membuat segala sesuatu mudah dan nyaman. Saat melihat apa yang dimiliki orang lain lalu membandingkan dengan apa yang gak kami miliki jatuh-jatuhnya emang jadi gak puas dengan yang kami miliki. Dan ini gak cuma bahaya, ini bodoh!

Aplication
✔ Aku harus selalu ingat kalau yang bisa memuaskanku hanya Tuhan.
✔ Jangan terlalu mencintai sesuatu,khususnya uang dan harta. Karena aku jadi gak akan pernah puas.

Prayer
Tuhan, Engkau saja cukup bagiku. Ajar aku memuaskan diriku dengan setiap pemberian tanganMu. Amin.

Palangka Raya, 26 Oktober 2019
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

Nehemia 10-11

Nehemia 10 Scripture        Nehemia 10:28 (TB)  Dan orang-orang yang lain, yakni: para imam dan orang-orang Lewi, para penunggu pintu gerban...