.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Thursday, November 21, 2019

Nehemia 10-11

Nehemia 10

Scripture       
Nehemia 10:28 (TB)  Dan orang-orang yang lain, yakni: para imam dan orang-orang Lewi, para penunggu pintu gerbang, para penyanyi, para budak di bait Allah dan segala orang yang memisahkan diri dari penduduk negeri untuk patuh kepada hukum Allah, serta isteri mereka, anak-anak lelaki dan anak-anak perempuan mereka, begitu juga semua orang yang cukup dewasa untuk mengerti,

Observation
Memisahkan diri dari penduduk negeri untuk patuh kepada hukum Allah. Wow! Alasan melakukan sesutu atau gak melakukan sesuatu karena patuh kepada hukum Allah. Hebat sih menurutku, ketaatan sama Tuhan yang menjadi motivasi. Apakah yang aku lakukan dan gak kulakukan didasari ketaatan sama Tuhan? Atau jangan-jangan aku cuma melakukan yang aku sukai. 

Aplication
✔️ Jadi perenunganku saat melakukan/gak melakukan sesuatu, apakah yang memotivasiku? 

Prayer
Tuhan, aku mau punya motivasi yang benar dalam bertindak, karena ketaatan sama Tuhan. Amin.

Nehemia 11

Scripture       
Nehemia 11:2 (TB)  Orang-orang memuji setiap orang yang rela menetap di Yerusalem. 

Observation & Aplication 
Bingung awalnya kenapa orang-orang memuji orang yang rela menetap di Yerusalem ternyata mereka yang tinggal di Yerusalem punya tanggung jawab melayani lebih banyak dibandingkan mereka yang gak menetap di Yerusalem. Emang gampang mengagumi orang lain yang outstanding bahkan melakukan yang lebih dari orang lain, tapi aku sadar kalau sebagai anak Tuhan, aku gak dipanggil cuma buat kagum, taoi jadi salah seorang di antaranya sehingga nama Tuhan dipermuliakan. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya gak egois sehingga nama Tuhan yang dipermuliakan. Amin.

Gratitude Journal
20 November 2019

1. Bersyukur ternyata bolu jeruk sunkis yang akau beli enak banget, hahaha. Nagih banget jadinya 🀣
2. Bersyukur dapat 2 kotak nasi Padang dari kantor karena ada acara di kantor. Suamiku kan pecinta Nasi Padang garis keras, jadi seneng bisa  makan siang bareng sama suami.
3. Bersyukur bisa ketemu sahabatku dan ngobrol banyak hal lalu menertawakannya. 
4. Bersyukur Sofia mulai sehat dan gak lemes seperti hari sebelumnya. Banyak main sama Sara dan mulai cerewet. 
5. Bersyukur hari ini keluar SPRIN, aku termasuk yang ikut latihan menembak besok. Bakal dapat pengalaman baru. Dan aku baru tahu kalau yang lama di kantor pun banyak yang belum pernah.
6. Bersyukur adekku hari ini sudah berhasil kirim berkas CPNSnya. Semoga dia bisa dapat dan berhasil tesnya. Amin. 

Palangka Raya, 20 November 2019 
-Mega Menulis-

Nehemia 8-9

Nehemia 8

Scripture       
Nehemia 8:10 (TB)  (8-11) Lalu berkatalah ia kepada mereka: "Pergilah kamu, makanlah sedap-sedapan dan minumlah minuman manis dan kirimlah sebagian kepada mereka yang tidak sedia apa-apa, karena hari ini adalah kudus bagi Tuhan kita! *Jangan kamu bersusah hati, sebab sukacita karena TUHAN itulah perlindunganmu!"*

Observation
Bersukacita karena Tuhan menjadikan kuat. Hari ini jadi nelangsa ngeliat Sofiaku yang mungil sakit demam dan batuk. Makan pun sedikit banget. Diingatkan untuk bersukacita dan mengusahakan yang terbaik, ga capek bujuk makan, temani dan gendong karena kalau dah sakit Sofi jadi yang lemes dan maunya nemplok gitu. Harus digendong melulu sama aku atau papanya. 

Aplication
✔️ Tetap bersukacita karena Tuhan Meg! Selama ini Tuhan beri kesehatan yang baik, masa baru sakit dikit Sofia kamu ngeluh. 

Prayer
Tuhan, kami mau bersukacita karena Tuhan dan jadi kuat di dalam Tuhan. Amin.

Nehemia 9

Scripture       
Nehemia 9:5 (TB)  Dan berkatalah Yesua, Kadmiel, Bani, Hasabneya, Serebya, Hodia, Sebanya dan Petahya, orang-orang Lewi itu: "Bangunlah, pujilah TUHAN Allahmu dari selama-lamanya sampai selama-lamanya! Terpujilah nama-Mu yang mulia, yang ditinggikan mengatasi segala puji dan hormat!"

Observation
Mengingat perbuatan Tuhan bagi nenek moyangnya mendatangkan pujian dan hormat dari bangsa Israel kepada Tuhan. Saat aku mengingat perbuatan Tuhan dalam hidupku di masa lalu, adakah rasa kagum dan hormat kepada Tuhan, apakah aku memuji dan menyembahNya atas segala perbuatanNya yang ajaib? 

Aplication
✔️ Saat aku mengingat kebaikan Tuhan, aku mau bilang terima kasih dan bersyukur selalu. 

Prayer
Terima kasih Tuhan atas segala kebaikan Tuhan. Aku bersyukur, Tuhan sungguh baik. Amin.
Gratitude Journal
19 November 2019

1. Bersyukur hari ini ada diskon kue dan bisa beli untuk di rumah, Sara suka banget.
2. Bersyukur di kantor ada teman ulang tahun, jadi banyak banget kue di kantor.
3. Hari ini Sofia masi sakit, bersyukur masih mau makan biarpun dikit banget. Bersyukur Sara sehat. Gak kebayang kalau berdua sakit barengan.
4. Bersyukur pulang kantor bisa cuci pakaian dan suami nemanin bocah.
5. Mendekati jam pulang kantor malah ada kerjaan, bersyukur bisa selesai walaupun harus pulang terlambat daripada biasanya.

Palangka Raya, 19 November 2019 
-Mega Menulis-

Wednesday, November 20, 2019

Nehemia 6

Nehemia 6

Scripture       
Nehemia 6:3 (TB)  Lalu aku mengirim utusan kepada mereka dengan balasan: "Aku tengah melakukan suatu pekerjaan yang besar. Aku tidak bisa datang! Untuk apa pekerjaan ini terhenti oleh sebab aku meninggalkannya dan pergi kepada kamu!" 

Observation
Nehemia mengerjakan visi dari Tuhan dan mendapat gangguan. Ia mengenali gangguan itu dan memilih tidak mempedulikannya. Dia melakukan pekerjaan besar dari Tuhan dan tidak mau dihentikan.

Kemarin malam aku bangun dan  kaget melihat meja makan berantakan. Aku kecapekan seharian masak dan agak gak enak badan jadi bangun melihat pemandangan gitu agak emosi juga. Tapi aku ingat kalau sebagai mama bagianku adalah mengasihi anak-anakku, menunjukkan kasih Allah. Dan kalau aku meledak tanpa pengendalian diri, anakku gak akan merasakan kasih Allah. Akhirnya aku ajak anak-anak membersihkan meja makan yang berantakan dan mengajak mereka makan. Duh, habis itu aku lega banget.

Aplication
✔ Sebagai istri dan mama, aku rindu anak-anakku merasakan kasih Allah di dalamku, aku kadang gagal dan pengen nyerah. Tapi hari ini diingatkan kalau ini pekerjaan besar dari Tuhan dan aku ga boleh meninggalkan pekerjaan ini.

Prayer
Tuhan, tolong aku menjadi mama dan istri yang penuh kasih. Amin.

Gratitude Journal
18 November 2019

1. Bersyukur suamiku bisa ke Kasongan hari ini mengurus tanah kami di sana dan beres semua urusan. Bisa pulang lagi dengan selamat. 
2.Bersyukur pagi bisa izin ke bosku untuk jagain the girls dan siangnya ada mamaku yang jagain the girls pas siang. 
2. Sofi batuk dan demam , ini bener-bener reminder buatku bersyukur selama ini dia sehat walaupun badannya mungil. 
4. Bersyukur hari ini GU di kantor sudah mencapai seratusan juta walaupun beberapa hari. Kami emang kejar target penyerapan sampai akhir tahun. 
5. Bersyukur hari ini sempat dengar podcast yang bagus banget. Mencerahkan dan menginspirasi. 

Palangka Raya, 18 November 2019
-Mega Menulis-

Nehemia 4-5

Nehemia 4

Scripture       
Nehemia 4:1, 6, 16 (TB)  Ketika Sanbalat mendengar, bahwa kami sedang membangun kembali tembok, bangkitlah amarahnya dan ia sangat sakit hati. Ia mengolok-olokkan orang Yahudi
Tetapi kami terus membangun tembok sampai setengah tinggi dan sampai ujung-ujungnya bertemu, karena seluruh bangsa bekerja dengan segenap hati.
Sejak hari itu sebagian dari pada anak buahku melakukan pekerjaan, dan sebagian yang lain memegang tombak, perisai dan panah dan mengenakan baju zirah, sedang para pemimpin berdiri di belakang segenap kaum Yehuda

Observation
Saat Nehemia beserta segenap bangsa Yahudi membangun kembali Tembok Yerusalem banyak orang yang mengolok-olok mereka. Tapi mereka gak patah semangat atau menghabiskan waktu untuk menanggapi olokan tersebut. Mereka bekerja semakin giat dengan segenap hati. Saat ada yang menentang bahkan mengganggu pekerjaan mereka, mereka tetap membangun dengan berstrategi.

Aplication
✔ Aku harus menanggapi olokan dengan bekerja segenap hati. Gak perlu buang waktu menjawab mereka yang gak mengertinapa yang aku kerjakan
✔ Aku perlu berstrategi dan membuat perencanaan dalam mencapai visi.

Prayer
Tuhan, mampukan aku melakukan yang benar saat diolok-olok padahal melakukan yajg benar.

Nehemia 5

Scripture       
Nehemia 5:8, 15 (TB)  Berkatalah aku kepada mereka: "Kami selalu berusaha sedapat-dapatnya untuk menebus sesama orang Yahudi yang dijual kepada bangsa-bangsa lain. Tetapi kamu ini justru menjual saudara-saudaramu, supaya mereka dibeli lagi oleh kami!" Mereka berdiam diri karena tidak dapat membantah. 
Tetapi para bupati yang sebelumnya, yang mendahului aku, sangat memberatkan beban rakyat. Bupati-bupati itu mengambil dari mereka empat puluh syikal perak sehari untuk bahan makanan dan anggur. Bahkan anak buah mereka merajalela atas rakyat. Tetapi aku tidak berbuat demikian karena takut akan Allah. 

Observation
Selalu ada orang yang mengambil keuntungan dari jabatannya dan sanggup membuat orang lain menderita, Nehemia tidak melakukannya padahal dia punya kesempatan. Nehemia takut akan Allah. Kalau aku melakukan dosa berarti aku gak takut akan Tuhan. Kalau aku gak melakukan yang benar, berarti aku gak takut akan Tuhan.

Prayer
Tuhan, ajar aku menghormatiMu dalam segala hal. Amin.


Gratitude Journal
17 November 2019

1. Bersyukur bisa stok lauk makanan jadi untuk seminggu ke depan.
2. Bersyukur sudah instal aplikasi Bibit dan belajar memakainya.
3. Bersyukur bisa panggang ikan dengan biaya per kg 10 ribu. Lumayan, dah sama bumbu, jadi terima beres aja.
4. Bersyukur kami sekeluarga sehat πŸ’ͺ Terkadang aku kepikiran melihat Sofia yang mungil. Tapi kalau dipikir yang penting dia sehat.
5. Kami berempat tidur sore, aku baru bangun jam 7 malam. Pas bangun ternyata meja makan sudah berhamburan, rupanya Sara dan Sofia naik ke kursi meja makan dan buka tudung saji. Suamiku lupa menutup pintu kamar kami, jadinya bocah-bocah yang duluan bangun, keluar kamar dan mengobrak-abrik meja makan. Puji Tuhan mereka gak kenapa-napa tanpa pengawasan kami.
6. Bersyukur malam sempat beli popok, hampir saja kelupaan karena seharian sibuk masak.

Palangka Raya, 17 November 2019
-Mega Menulis-

Nehemia 2

Nehemia 2

Scripture       
Nehemia 2:8 (TB)  Pula sepucuk surat bagi Asaf, pengawas taman raja, supaya dia memberikan aku kayu untuk memasang balok-balok pada pintu-pintu gerbang di benteng Bait Suci, untuk tembok kota dan untuk rumah yang akan kudiami." Dan raja mengabulkan permintaanku itu, karena tangan Allahku yang murah melindungi aku. 

Observation
Nehemia tekun berdoa dan saat kesempatan itu datang, dia melihat kalau itu datangnya dari Tuhan. Saat raja bertanya, Nehemia tahu apa yang harus dia katakam. Dia meminta hal yang tepat.

Aku ngebayangin selama ini aku punya visi dan menginginkan sesuatu tapi aku berdoa gak tekun. Bagaimana aku hisa mengenali kesempatan yang datang dari Tuhan?

Aplication
✔ Aku harus tekun mendoakan apa yang jadi kerinduanku agar peka dengan suara Tuhan.

Prayer
Tuhan,aku mau tekun mendoakan perkara ini. Jangan biarkan aku malas-malasan berdoa ya Tuhan. Amin.

Gratitude Journal
17 November 2019

1. Bersyukur bisa stok lauk makanan jadi untuk seminggu ke depan.
2. Bersyukur sudah instal aplikasi Bibit dan belajar memakainya.
3. Bersyukur bisa panggang ikan dengan biaya per kg 10 ribu. Lumayan, dah sama bumbu, jadi terima beres aja.
4. Bersyukur kami sekeluarga sehat πŸ’ͺ Terkadang aku kepikiran melihat Sofia yang mungil. Tapi kalau dipikir yang penting dia sehat.
5. Kami berempat tidur sore, aku baru bangun jam 7 malam. Pas bangun ternyata meja makan sudah berhamburan, rupanya Sara san Sofia naik ke kursi meja makan dan buka tudung saji. Suamiku lupa menutup pintu kamar kami, jadinya bocah-bocah yang duluan bangun, keluar kamar dan mengobrak-abrik meja makan. Puji Tuhan mereka gak kenapa-napa tanpa pengawasan kami.
6. Bersyukur malam sempat beli popok, hampir saja kelupaan karena seharian sibuk masak.

Palangka Raya, 17 November 2019
-Mega Menulis-

1 Tawarikh 29, Nehemia 1

1 Tawarikh 29

Scripture       
1 Tawarikh 29:9 (TB)  Bangsa itu bersukacita karena kerelaan mereka masing-masing, sebab dengan tulus hati mereka memberikan persembahan sukarela kepada TUHAN; juga raja Daud sangat bersukacita. 

Observation
Bersukacita karena kerelaan masing-masing. Wow! Kita hanya dapat bersukacita dalam memberi saat ada KERELAAAN. Terkadang berat untuk memberi terutama saat aku merasa kurang dan kurang. Selama aku masih punya sesuatu untuk diberikan berarti aku kaya. Seringkali kekuatiran yang menyebabkan aku gak rela memberi.

Aplication
✔ Memberi dengan sukacita adalah tanda aku mempercayai Tuhan. Aku mau mempercayai Tuhan dengan disiplin memberi.

Prayer
TUHAN, berikanlah aku roh yang rela supaya aku dapat selalu bersukacita saat memberi. Amin.

Nehemia 1

Scripture       
Nehemia 1:11 (TB)  Ya, Tuhan, berilah telinga kepada doa hamba-Mu ini dan kepada doa hamba-hamba-Mu yang rela takut akan nama-Mu, dan biarlah hamba-Mu berhasil hari ini dan mendapat belas kasihan dari orang ini." Ketika itu aku ini juru minuman raja. 

Observation
Sebagai orang buangan, menjadi juru minum di istana sebenarnya menjadikan Nehemia memiliki posisi yang nyaman. Hebatnya, di posisi yang demikian dia masih memperhatikan orang-orang sebangsanya. Sewaktu posisiku nyaman, aman dan tidak kekurangan, apakah aku bisa care seperti Nehemia? Nehemia setelah mendengar kabar tentang penderitaan bangsanya langsung berdoa. Ada kepekaan sosial yang dimiliki Nehemia. Nehemia gak punya mental asal aku senang peduli amat dengan bangsaku.

Suda lama aku gak berdoa untuk bangsa Indonesi. Terkadang mikir ah sudah ada yang ngurusin. Tapi apa yang dilakukan Nehemia mengingatkanku untuk mengasihi orang sebangsaku. Dan cara mengasihi mereka terutama punya hati mendoakan mereka.

Aplication
✔ Aku mau berdoa saat melihat berita tentang peristiwa di Indonesia.

Prayer
Tuhan, berikanku hati yang penuh belas kasihan untuk bangsaku. AMIN.

Gratitude Journal
16 November 2019

1. Bersyukur semalaman bisa tidur nyenyak banget, sampai pagi ga ada bangun. Padahal kadang malam aku terbangun buat pipis.
2. Bersyukur pas baca tulisan-tulisan lamaku di blog. Melihat kesetiaan Tuhan dalam hidupku yang gak berubah. Mengingat mereka yang menyentuh hidupku dan mengajarkan banyak hal.
3. Hari ini tepat 12 tahun papaku meninggal. Luar biasa kami merasakan penyertaan Tuhan bagi keluarga besar kami pasca meninggal papa.
4. Bersyukur hari ini bisa setrika baju yang segabang. Capek tapi puas.
5. Bersyukur akhirnya hari ini sempat potong rambut. Akhirnya kembali ke potongan rambut pas kuliah potong pendek ala cowok 🀣
7. Bersyukur bisa quality time bareng suami, bisa nonton bareng berdua pas the girls tidur.

Palangka Raya, 16 November 2019
-Mega Menulis-

Friday, November 15, 2019

1 Tawarikh 28

1 Tawarikh 28

Scripture       
1 Tawarikh 28:9 (TB)  Dan engkau, anakku Salomo, kenallah Allahnya ayahmu dan beribadahlah kepada-Nya dengan tulus ikhlas dan dengan rela hati, sebab TUHAN menyelidiki segala hati dan mengerti segala niat dan cita-cita. Jika engkau mencari Dia, maka Ia berkenan ditemui olehmu, tetapi jika engkau meninggalkan Dia maka Ia akan membuang engkau untuk selamanya.

Observation
Daud mengajarkan dan mengingatkan Salomo supaya mencari Tuhan. Reminder buatku sebagai orangtua untuk terus sounding dan menceritakab tentang Tuhan. Supaya anak-anakku hidup dalam pengenalan akan Tuhan. 

Aplication
✔️ Aku kadang malas bacakan Alkitab kalau sudah ngantuk pas malam. Harus disiplin Meg! 

Prayer
Tuhan, biarlah anak-anakku mengenal Tuhan dan makin mengasihi Tuhan setiap hari. Amin.

Gratitude Journal
14 November 2019

1. Bersyukur pagi ini sebelum aku berangkat kantor, the girls dah bangun.
2. Bersyukur ditelpon temanku Manogar untuk ngasih tahu kalau sedang ada program pendaftaran tanah di Kasongan, jadi aku bisa persiapkan persyaratan untuk pengajuan pendaftarannya. Semoga kami sempat ikut program kali ini dan lokasi tanah kami masuk.
3. Bersyukur rapat yang kami selenggarakan berjalan dengan lancar walaupun gak semua yang diundang bisa hadir. Laporannya pun sudah selesai.
4. Aku sempat beda pendapat dengan suami dan pengen ke Kasongan siang ini supaya semakin cepat selesai urusan tanah itu. Tapi suami bilang dilengkapi aja semua baru berangkat. Jangan dipaksakan hari ini lah intinya. Sementara kupikir besok Jumat, pasti susah buat ngurus-ngurus gitu. Bersyukur akhirnya aku memutuskan ikutin saran suami, aku punya waktu menyelesaikan laporan kegiatan rapat hari ini.
5. Tadi sempat kesal dengan salah satu Kabid di kantor yang SMS marah-marah, bersyukur aku bisa jawab dengan tenang dan gak kasar. 
6. Pagi-pagi aku minta tolong suami belanja beberapa bahan, gak disangka suami ke pasar dan belanja macam-macam. Malahan suami beli sarapan nasi kuning untuk kami serumah. Bersyukur punya suami uang yang gak canggung untuk belanja. 
7. Aku sedang kredit emas dengan seorang teman, walaupun belum lunas tapi temanku mau kasih. Senang dipercaya sama temanku. 
8. Bersyukur bisa teleponan dengan Manogar, teman dari awal aku CPNS di Kasongan. Kadang merindukan teman-teman lama, jadi senang kalau bisa ngobrol. Suami juga kenal jadi ngobrol bareng gitu. 
9. Bersyukur Sara dan Sofia dapat blessing kue-kue dari teman kantorku dulu.

Palangka Raya, 14 November 2019 
-Mega Menulis-

Wednesday, November 13, 2019

1 Tawarikh 23-24

1 Tawarikh 23

Scripture       
1 Tawarikh 23:4-5 (TB)  — "Dari orang-orang ini dua puluh empat ribu orang harus mengawasi pekerjaan di rumah TUHAN; enam ribu orang harus menjadi pengatur dan hakim; 
empat ribu orang menjadi penunggu pintu gerbang; dan empat ribu orang menjadi pemuji TUHAN dengan alat-alat musik yang telah kubuat untuk melagukan puji-pujian," kata Daud. 

Observation
Setiap orang Lewi mendapat tugas sesuai pembagian yang dilakukan Salomo. Mereka bertanggung jawab dengan tugasnya masing-masing. Sebagai orang perencanaan, kadang aku iri sama mereka yang berangkat ke lapangan tapi setiap orang punya tugas dan tanggung jawab masing-masing. Aku gak perlu sibuk mengurus atau memikirkan pekerjaan orang lain lalu lupa bersyukur dan melakukan yang terbaik. 

Aplication
✔️ Selalu fokus untuk bersyukur dengan apa yang kumiliki dan melakukan yang terbaik. 

Prayer
Tuhan, terima kasih untuk bagian yang harus aku kerjakan saat ini. Tolong aku melakukannya dengan setia dan mengucap syukur. Amin.

1 Tawarikh 24

Scripture       
1 Tawarikh 24:4 (TB)  Lalu ternyata bahwa di antara keturunan Eleazar ada lebih banyak kepala kaum dari pada di antara keturunan Itamar, sebab itu orang membagi-bagi mereka sebagai berikut: untuk bani Eleazar enam belas orang kepala puak, tetapi untuk bani Itamar delapan orang kepala puak. 

Observation
Keadilan bukanlah masalah sama rata tapi sama proporsi. Perlu kedewasaan untuk menyadari ini. Keadilan seringkali subjektif. Apa yanh dirasa adil oleh seseorang belum tentu adil oleh orang lain. Tapi perlu kesadaran juga bahwa kehidupan gak dirancang untuk adil tapi dirancang sebagai serangkaian kesempatan untuk memuliakan Tuhan. 

Aplication
✔️ Saat aku merasa diperlakukan gak adil, aku harus ingat kalau aku harus tetap memuliakan Tuhan. Ketidakadilan bukan jadi alasan untuk melakukan yang gak menyenangkan Tuhan. 

Prayer
Tuhan, aku mau memuliakan Tuhan bahkan saat diperlakukan tidak adil. Tolong aku ya Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
12 November 2019

1. Bersyukur KK udah dibayar. 
2. Bersyukur hari ini the girls makannya bagus 3x sehari, walaupun gak begitu banyak. 
3. Bersyukur sore pulang kantor ada energi buat bikin cemilan pisang goreng.
4. Bersyukur bisa jalan-jalan buat belanja sekeluarga. 
5. Bersyukur untuk rencana rapat konsolidasi yang dipercepat minggu ini, Desember jadinya aman kalau mau cuti.
6. Bersyukur bisa kerja sambil dengar deeptalk di Youtube dan Spotify.
7. Iseng liat blogku dan ngeliat di statistik per hari rata-rata 200 postingan yang dibaca. Sebenarnya sempat pasang AdSense dan sedikit yang klik,huhuhu. Tapi waktu aku pikir sampe dibaca 200 postingan sehari. Wowww! Semua karya Tuhan semata, dari yang hobi nulis buat dibaca-baca someday. Senang deh bisa memberkati banyak orang.
8. Aku dan suami sempat meributkan hal sepele. Puji Tuhan, di tengah perdebatan nyadar kalau damai sejahtera lebih penting dibandingkan ribut, aku stop deh.

Palangka Raya, 12 November 2019 
-Mega Menulis-

Tuesday, November 12, 2019

1 Tawarikh 21-22

1 Tawarikh 21

Scripture       
1 Tawarikh 21:24 (TB)  Tetapi berkatalah raja Daud kepada Ornan: "Bukan begitu, melainkan aku mau membelinya dengan harga penuh, sebab aku tidak mau mengambil milikmu untuk TUHAN dan tidak mau mempersembahkan korban bakaran dengan tidak membayar apa-apa." 

Observation
Daud selalu mau bayar harga untuk persembahannya kepada Tuhan, dia tidak mau memanfaatkan kekuasaannya sebagai raja.  Daud memberi persembahan kepada Tuhan bukan dengan barang rampasan, hasil korupsi, dll. Tetapi dia sungguh berusaha memberikan yang terbaik. Saat aku ingin mempersembahkan sesuatu kepada Tuhan, aku harus ingat apa yang dilakukan Daud ini, bersedia bayar harga. 

1 Tawarikh 21:25 (FAYH)  Maka Daud membayar tanah Ornan itu seharga enam ratus syikal (6. 840 gram) emas.
Kalau kita hitung dengan harga sekarang emas 700 rb/gram berarti nilai persembahan Daud saat ini kalau dirupiahkan Rp4.788.000.000 Nilai yang fantastis. Padahal kalau dia menerima tawaran Ornan si pemilik tempat pengirikan dia tidak perlu bayar, tapi inilah mental Daud yang luar biasa. Daud gak mau merugikan orang lain dan ia ingin berkenan di hadapan Allahnya. 

Aplication
✔️ Aku mau belajar dari Daud yang memberikan yang terbaik kepada Tuhan dengan cara yang benar. 
✔️ Aku juga gak mau merugikan orang lain bahkan saat aku berusaha melakukan yang benar. 
✔️ Ornan sungguh bermurah hati saat tahu niat Daud membangun mezbah. Saat ini, aku dan suami berada di gereja yang baru dan belum punya gedung gereja sendiri. Aku diingatkan terlibat dalam pembangunannya.

Prayer
Tuhan, terima kasih buat teladan Daud hari ini. Tolong aku untuk punya mrntal seperti Daud dan kemurahan hati Ornan. Amin.

1 Tawarikh 22

Scripture       
1 Tawarikh 22:7-8 (TB)  kata Daud kepada Salomo: "Anakku, aku sendiri bermaksud hendak mendirikan rumah bagi nama TUHAN, Allahku,  
tetapi firman TUHAN datang kepadaku, demikian: Telah kautumpahkan sangat banyak darah dan telah kaulakukan peperangan yang besar; engkau tidak akan mendirikan rumah bagi nama-Ku, sebab sudah banyak darah kautumpahkan ke tanah di hadapan-Ku. 

Observation
Daud menceritakan visinya dan perkataan Tuhan kepada Salomo tapi sayang Salomo menyembah berhala mengikuti istri-istrinya. Jadi ingat Mikhal yang mengejek Daud saat menyembah Tuhan, Daud malahan menegur istrinya. Beda dong dengan Salomo yang malah ikutan menyembah berhala. Artinya Salomo gak sungguh-sungguh mengasihi Tuhan seperti Daud. Sayang sekali, Salomo gak meneladani Daud dalam hubungannya dengan Tuhan. Apa saja hal yang bisa aku teladani dari orang tuaku? Lakukan!

Beberapa hari ini aku teringat papaku dan satu hal yang pengen aku teladani dari papaku. Papaku orang paling murah hati yang aku kenal. Dia rela berkorban untuk menolong orang lain. 

Aplication
✔️ Aku belajar bermurah hati untuk seseorang beberapa hari ini. Berasa jengkel sih sebenarnya, tapi Tuhan terus ingatkan aku untuk murah hati. 

Prayer
Tuhan, aku bersyukur buat keteladanan papahku dalam hidup yang murah hati. Mampukanlah aku untuk murah hati. Amin.
Gratitude Journal
11 November 2019

1. Bersyukur hari ini bisa bangun pagi dan baca Alkitab. Kecapean semalam nemenin bocah main. 
2. Bersyukur dapat definisi baru tentang disiplin : Disiplin berarti harus melakukan hal-hal yang tidak mau saya lakukan tapi harus. Disiplin itu sebenarnya bukan mengekang tapi membebaskan. Mau lebih berdisiplin dalam beberapa hal. 
3. Bersyukur pagi ini bisa sarapan Rice Bowl mutah dari Solaria bareng suami. 
4. Bersyukur hari ini bawa kripik pedas ke kantor dan laku semua. 
5. Bersyukur di kantor ditraktir mie ayam. 
6. Bersyukur untuk rencana rapat yang dipercepat sehingga pekerjaanku tahun ini bisa lebih cepat selesai. 
7. Bersyukur sekarang musim mangga jadi harga mangga jauh lebih murah dari biasanya. Sara dan Sofia suka sekali mangga, jadi bisa makan mangga hampir tiap hari. 
8. Bersyukur bisa belanja dengan ongkir murah di Shopee. Beberapa waktu lalu sempat memasukkan barang yang aku perlukan di keranjang Shopee jadi hari ini langsung eksekusi.

Palangka Raya, 11 November 2019 
-Mega Menulis-

Monday, November 11, 2019

1 Tawarikh 19

1 Tawarikh 19

Scripture       
1 Tawarikh 19:3 (TB)  berkatalah pemuka-pemuka bani Amon itu kepada Hanun: "Apakah menurut anggapanmu Daud hendak menghormati ayahmu, karena ia telah mengutus kepadamu orang-orang yang menyampaikan pesan turut berdukacita? Bukankah dengan maksud untuk menyelidik, untuk mengintai dan menghancurkan negeri ini maka pegawai-pegawainya datang kepadamu?"

Observation
Nasihat yang salah dan prasangka pada akhirnya membuat Hanun melakukan tindakan bodoh. Harusnya Hanun gak langsung menelan bulat-bulat saran orang lain, tapi dipikirkan dengan baik akibat yang mungkin terjadi. Mempermalukan orang lain tidak pernah berakibat baik, kemungkinan besar yang muncul adalah rasa marah dan dendam. 

Aplication
✔️ Pastikan aku meminta nasihat kepada orang yang tepat, yakni orang yang hidupnya  bersesuaian dengan firman Tuhan dan bijak. Lebih baik lagi, tanya Tuhan. 
✔️ Pikiranku harus diisi dengan firman Tuhan supaya gakbada kesempatan hal negatif mengisinya. 
✔️ Jangan pernah mempermalukan orang lain, lebih baik mengasihi. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya dalam setiap pengambilan keputusan aku bertanya sama Tuhan.
Gratitude Journal
10 November 2019

1. Bersyukur semalaman tidur nyenyak, bahkan the girls pun gak ada yang minta tambah susunya, berarti mereka kenyang.
2. Bersyukur hari ini ke Gereja, aku yang nemani the girls Sekolah Minggu. Aku dan suami memang selalu bergantian menemani anak sekolah Minggu. Minggu kemarin aku yang ikut kebaktian.
3. Bersyukur pulang Gereja kami bisa ke rumah Mamaku dan makan masakan mama. Gak tahu kenapa ya, masakan mama selalu terasa enak.
4. Bersyukur hari ini beli voucher KFC dan Solaria senilai Rp.30.000,- dari DANA dengan harga Rp. 11. Bocah-bocah puas main dan makan di KFC, terus bisa bungkus di Solaria buat besoknya. Yay. Alamat gak masak besok pagi. 
5. Berangkat ke Gereja tadi sepatu Sofia jatuh di jalan, bersyukur pas papanya balik dan cari lagi, ketemu. Puji Tuhan.
6. Bersyukur hari ini teleponan dengan mertua dan mereka semua sehat.
7. Suami sempat marah waktu aku ingatkan tentang beberapa hal berulang kali. Bersyukur aku gak respon dengan kemarahan juga, jadi sepanjang hari ini suasana tetap asyik.

Palangka Raya, 10 November 2019 
-Mega Menulis-

Sunday, November 10, 2019

1 Tawarikh 17-18

1 Tawarikh 18

Scripture       
1 Tawarikh 18:13 (TB)  Lalu ia menempatkan pasukan-pasukan pendudukan di Edom, sehingga seluruh Edom diperbudak oleh Daud. TUHAN memberi kemenangan kepada Daud ke mana pun ia pergi berperang.

Observation
Baca pasal ini takjub banget liat daftar kemenangan Daud. Awalnya mikir dia yang dari seorang gembala jadi orang yang selalu menang perang, itu rasanya gak nyambung ya. Mana menang melulu lagi tiap perang. Wow! Hebat banget Daud. Tapi, dua kali dalam pasal ini tertulis *TUHAN memberi kemenangan kepada Daud ke mana pun ia pergi berperang.* Seakan-akan mau mengingatkan kalau kemenangan Daud bukan karena kehebatan Daud, tapi PEMBERIAN TUHAN. 

Reminder buatku kalau setiap 'kemenangan' dan hal baik yang aku terima dalam hidup adalah pemberian Tuhan. Aku gak boleh mencuri kemuliaan Tuhan dan berpikir semua karena kehebatanku. 

Aplication
✔️ Waktu dipuji aku harus melatih diri berkata : Terima kasih Tuhan. Untuk mengingatkan diriku sendiri siapa yang telah memberikannya kepadaku. Aku harus mengembalikan segala pujian kepada Dia yang memampukanku melakukan ini itu. 

Prayer
Tuhan, ampuni aku kalau sering merasa hebat saat meraih kemenangan-kemenangan dalam hidupku. Padahal semuanya adalah pemberian Tuhan. Terima kasih Tuhan. Amin.

1 Tawarikh 17

Scripture       
1 Tawarikh 17:15 (TB)  Tepat seperti perkataan ini dan tepat seperti penglihatan ini Natan berbicara kepada Daud. 

Observation
Sampai 8 ayat sendiri lo isinya perkataan Tuhan ke Daud melalui Natan. Aku sampai mikir, ini ingatan Natan yang bagus banget sehingga Natan tepat menyampaikan semua atau Tuhan yang langsung pakai Natan bicara ke Daud. Yang manapun lah ya. Tapi 1 hal yang aku bingung, kenapa Tuhan gak ngomong langsung aja ke Daud?  Aku baca ulang dan menemukan ini :1 Tawarikh 17:2 (TB)  Lalu berkatalah Natan kepada Daud: "Lakukanlah segala sesuatu yang dikandung hatimu, sebab Allah menyertai engkau."

Daud tahu-tahu punya ide bagus untuk membuat rumah bagi tabut Allah. Anehnya, dia yang biasanya komunikasi dulu sama Tuhan, eh malah tanya Natan. Dan Natan dengan enaknya 'merestui' keinginan Daud dengan alasan karena Tuhan menyertai Daud. See something here now? Ternyata Tuhan ingin mengajarkan Daud dan Natan untuk tanya apa maunya Tuhan.Tuhan gak cuma mengasihi Daud, tapi juga Natan. Dia ingin mereka berkomunikasi sama Tuhan. Kita tahu Tuhan menyertai dan mengasihi Daud, tapi itu bukan alasan untuk gak berkomunikasi sama Tuhan. Kenapa? 
1. Tuhan rindu punya hubungan yang intim. Dan keintiman cuma bisa dihasilkan oleh keterbukaan 
2. Apa yang baik menurut kita, belum tentu baik menurut Tuhan. Tuhan punya rencana yang melebihi pemikiran kita. Terkadang kita sok tahu dan ngerasa tahu maunya Tuhan. Better nanya sama Tuhan apa maunya. 
Selain itu, kupikir Tuhan ingin ajar Natan, kalau kasih advise buat seseorang, tanya Tuhan dulu. Jangan sok tau.

Aplication
✔️ Aku harus terus tanya Tuhan maunya apa, bukannya melakukan kehendakku dan menganggap Tuhan juga menginginkan yang sama. 

Prayer
Tuhan, ampuni aku kalau sok tau dan melakukan kehendakku sambil beranggapan Engkau menginginkan yang sama. Tolong aku untuk ingat selalu komunikasi sama Tuhan dan dengar suara Tuhan. Amin.

Gratitude Journal
9 November 2019

1. Bersyukur hari ini pas mau beli paket data di Telkomsel ketemu paket yang murah, 95 rb untuk 30 hari sudah dapat paket 17 GB, 300 menit nelepon dan 400 sms.
2. Bersyukur mamah buat stik bawang dan berbagi 1 toples untuk Sara dan Sofia. 
3. Bersyukur bisa posting refleksi Sacred Influence chapter 9 di blog.
4. Bersyukur sewaktu beli hadiah untuk anaka teman yang ultah ternyata yang jual keluargaku. 
5. Bersyukur ada teman-teman yang beli kripik pedas jualanku hari ini.
6. Bersyukur hari bisa menertawakan banyak hal bareng suami.

Palangka Raya, 9 November 2019 
-Mega Menulis-

Saturday, November 9, 2019

Sacred Influence (Chapter 9)


Sacred Influence
Chapter 9

Mengapa ada banyak pernikahan kandas? Berulang kali salah satu atau keduanya dari pasangan suami istri menghentikan usahanya untuk menyenangkan pasangannya.
Iya juga ya, teringat zaman pacaran jadinya. Berhubung kami LDR, kalau udah mau ketemu, aku berdandan. Sekarang pakai daster robek pyn santai, hahahaha. Aku dulu suka wa dan encourage suami. Sekarang sejak menikah, jarang banget kayak gitu. Harus ada effort untuk berusaha menyenangkan suami. 
✔️ Setiap hari aku harus mulai bertanya : Apa yang bisa aku lakukan untuk menyenangkan suami hari ini. Lalu lakukan! 

Pernikahan itu kerja keras! Rasa cinta, yang paling intim dan mendalam sekalipun, dapat menjadi dingin jika tidak dipelihara.
Kemalasan emang sering jadi penghalang. Kadang juga mikir, ah dia aja gak berusaha menyenangkanku kok. Ngapain aku doang yang kerja keras. Tapi cerita Maria Antoinette di chapter ini bener-bener menginspirasi sih, kalau dia yang bukan istri resmi raja aja segitunya untuk memikat raja. Kenapa aku yang istrinya suamiku nggak ya. Aku pernah dengar cerita seorang istri yang mati-matian diet dan olahraga supaya suaminya yang suka selingkuh bisa tobat dan setia sama dia doang. Awalnya aku kasihan sama temanku itu. Tapi setelah kupikir, bukankah suamiku yang setia pantas mendapatkan yang lebih dari itu. Masakan aku baru bekerja keras setelah diselingkuhin. 

Jika anda tidak berusaha, maka anda akan sulit memengaruhi suami anda.
Ya aku harus berusaha. Gak boleh malas dan mencari alasan. 

Apabila anda memberi kesempatan yang cukup untuk pernikahan anda, apabila anda bertekun memikat suami, apabila anda berusaha melayani dan mangasihi serta membiasakan diri dengan irama kehidupan suami, maka ia akan menghormati anda dengan apapun yang dimilikinya.
Alih-alih protes dan mencari alasan untuk gak berusaha, aku harus bertekun membuat suami jatuh cinta setiap hari. Melayani dan gak cuek dengan kebutuhan suami.

Palangka Raya, 8 November 2019 
-Mega Menulis-

1 Tawarikh 15-16

1 Tawarikh 15

Scripture       
1 Tawarikh 15:2 (TB)  Ketika itu berkatalah Daud: "Janganlah ada yang mengangkat tabut Allah selain dari orang Lewi, sebab merekalah yang dipilih TUHAN untuk mengangkat tabut TUHAN dan untuk menyelenggarakannya sampai selama-lamanya."

Observation
Widih, selama-lamanya bo! Waktu baca ini aku mikir : enak banget ya, selamanya punya hak istimewa untuk melayani Tuhan. Benar-benar jadi ngerasa spesial gak sih? Punya pekerjaan yang hanya aku yang bisa mengerjakannya sekalipun banyak orang lain yang mau. Tuhan sudah menetapkan kalau saya saja. Tuhan memilih saya di antara sekian banyak orang. Wow! Itu satu hal ya. Tapi waktu aku memikirkan : bo, seumur hidup ngerjakan hal iniiiiii....aja (melayani Tuhan maksudnya). Apa gak capek ya, apa gak jadi beban ya, apa gak bosan ya. See? Sudut pandang lain akan menghasilkan respon yang berbeda. Awalnya tuh grateful dan bikin semangat melayani Tuhan tapi begitu negatif thinking jadi males-malesan dan enggan melayani, dan capek duluan kan? 

Aplication
✔️ Aku harus menjaga pikiranku senantiasa dengan segala kewaspadaan, karena pikiranku akan menentukan responku, responku akan menentukan bagaimana aku menjalani hidup. Bersyukurkah? Bersungut-sungutkah? Apa yang kulakukan akan menjadi kebiasaanku, kebiasaanku akan menjadi karakterku. Semua dimulai dari pikiran. Aku teringat kutipan kurang lebih kayak gini: Semua burung bisa singgah di kepala kita, tapi kita yang menentukan apakah akan membiarkan dia bersarang dan tinggal di kepala kita. Aku selalu punya pilihan mengusir burung itu atau membiarkannya tinggal. 
 ✔️ Melayani Tuhan adalah hak istimewa. Jangan pernah lupakan itu Meg! Saat aku merasa lelah, malas, dan ingin berhenti, maka aku harus ingat melayani Tuhan adalah kehormatan. Bukan aku yang memilih Dia, tapi dia yang memikih aku. Ada orang yang mau tapi gak mampu, ada orang yanh mampu tapi gak mau. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan yang Tuhan berikan. 

Prayer
Tuhan, mulai hari ini aku mau setiap saat menjaga pikiranku dan melayani Tuhan dengan sukacita. Tolong aku Tuhan. Amin.

1 Tawarikh 16

Scripture       
1 Tawarikh 16:12-13 (TB)  Ingatlah perbuatan-perbuatan ajaib yang dilakukan-Nya, mujizat-mujizat-Nya dan penghukuman-penghukuman yang diucapkan-Nya, 
hai anak cucu Israel, hamba-Nya, hai anak-anak Yakub, orang-orang pilihan-Nya! 

Observation
Baca ini aku ingat alasanku menulis blog pada awalnya, karena aku ingin mengingat pekerjaan Tuhan dalam hidupku. Sadar banget sih kalau ingatanku terbatas jadi aku butuh menulis untuk diriku sendiri. Lalu lama kelamaan aku berpikir, apa yang akan kutuliskan ini juga akan jadi warisan buat anak cucu dan entah keturunan ke berapa jika Tuhan mengizinkan. Inilah caraku untuk menceritakan apa yang diperbuat Tuhan dalam hidupku ke keturunanku. 

Aplication
✔️ Aku mau menulis terus di blog untuk menceritakan kebaikan Tuhan. 
✔️ Kemarin mendengar spotify dan berpikir, kalau aku bisa merekam suaraku di spotify. Ini juga bisa jadi warisan untuk anak cucuku. Puji Tuhan untuk adanya teknologi. Jadi kalau suatu hari aku dah ga ada di dunia. Keturunanku tetap bisa dengar suaraku. Aku mau coba bulan ini rekam dan upload di spotify. 

Prayer
Terima kasih Tuhan buat teknologi dan kesempatan untuk meninggalkan warisan bagi keturunanku. Aku bisa bersaksi tentang kebaikan Tuhan ke keturunan yang bahkan belum aku lihat. Terima kasih Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
8 November 2019

1. Bersyukur bisa bangun pagi sekali dan menemukan paket dataku habis jadi setelah saat teduh bisa produktif dan gak kedistract sama medsos. 
2. Bersyukur the girls bangun agak siang, jadi punya waktu buat ngobrol pagi sama suami tanpa interupsi.
3. Bersyukur ada aturan baru, senam di kantor sekarang jam 7.30 jadi pagi inj gak terlalu buru-buru ke kantor, biasanya tiap Jumat jam 7 dah mesti ke kantor. Bersyukur setiap Jumat di kantor diwajibkan ikut senam, jadi mau gak mau ada aktivitas olahraga. 
4. Bersyukur setelah senam ada acara makan bareng di kantor, ada gulai telur, kandas nila, daun singkong rebus, ikan asin, telur goreng, dna sambal. Bersyukur buat teman-teman yang sudah menyiapkan semuanya. Siangnya ditraktir bosku gorengan dan es dapet yang enak banget
5. Bersyukur hari ini proposal kegiatanku untuk kegiatan di akhir bulan selesai.
6. Bersyukur hari ini bisa nyuci pakaian yang segabang banyaknya. Capek sih, tapi bahagia liat tumpukan pakaian kotor hilang, hahaha. 
7. Bersyukur mamaku kasih tahu buat ke rumahnya untuk makan malam walaupun kami gak ke sana gara-gara ngurus cucian. Mamaku kalau masak banyak atau ada kesukaan kami, selalu aja ingat kami.
8. Bersyukur tahu-tahu mama dan adekku  datang dan kasih bakpau kesukaan the girls.
9. Bersyukur sudah posting Sacred Influence Chapter 8 di blog.
10. Bersyukur malam dipijat sama suami.

Palangka Raya, 8 November 2019
-Mega Menulis-

Friday, November 8, 2019

Sacred Influence (Chapter 8)

Sacred Influence
Chapter 8

Berhentilah mengharapkan pria bertindak atau berpikir seperti seorang wanita. Ia tidak mungkin melakukan hal itu.
Tahu banget sih kalau hal ini gak realistis tapi entah kenapa tetap aja sering banget mengharapkan hal ini. Misal, mengharap suami mengerti perasaanku dan ngomong gak nyablak. Suami tipe yang kalau ada sesuatu yang gak disukainya bisa ngomong sesukanya tanpa mikirin perasaan orang lain. Sementara aku kan wanita yang perasa jadi sakit tak berdarah gitu kan waktu suami asal ngomong. Terkadang berharap suami lebih memperhatikan perasaanku  waktu ngomong. Cuma, kalau aku mikir positifnya, ya suamiku jujur. Eh, beneran kejujuran itu menyakitkan πŸ˜‚ 

Penelitian neurologis menunjukkan bahwa pria membutuhkan waktu tujuh jam lebih lama untuk memproses data emosi yang kompleks.
Ini terkait banget ternyata dengan kutipan pertama. Gimana suami mau peduli dengan perasaanku ya kalau kami emang didesain beda. Ibaratnya dia ngomong sesuatu, aku langsung sakit hati seketika itu juga. Terus waktu saat itu aku bilang sakit hati, dia gak ngerti karena dia butuh waktu buat mikir. Tujuh jam kemudian baru ngerti, sementara saat dia ngomong, saat itu juga aku meledak. Kuncinya di sini berarti waktu. 
✔️ Saat mau berbicara dengan suami masalah perasaanku atau sakit hatiku, aku kasih tahu suami dulu beberapa jam sebelumnya supaya dia siap. Kasih waktu untuk suami berpikir apa yang akan kami bicarakan nantinya. 

Sebagian besar pria bersedia mendiskusikan sesuatu jika mereka tidak merasa dipojokkan atau disalahkan untuk kesalahan yang mereka lakukan.
Sebagaimana aku juga gak mau dipojokkan dan disalahkan maka aku harus belajar:
- gak menghakimi dan merasa benar sendiri
- mikir dari sudut pandang suami
- berkompromi, cari win win solutionq

Mengkritik, mengeluh, dan sikap merendahkan tidak akan membuat anda dapat berkomunikasi secara efektif dengan suami. Jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman (Amsal 15:1).
Bagaimana berkomunikasi secara efektif dengan suami? Berarti aku harus nerubah caraku berkomunikasi, ganti kritik dengan pujian, ganti keluhan dengan ucapan syukur, ganti sikap merendahkan dengan menghormati dan menghargai suami. Dan yang terpenting, tetap bersikap lemah lembut. Jaga nada bicara. Karena seringkali ini yang bikin ribut. Bersikap lembut, sabar dan beri suami waktu yang diperlukannya. 

Ingatlah, apa yang baik untuk suami anda pasti baik bagi anda berdua. Ingat :Jika hal itu indah bagi dia, hal itu pasti indah bagi kami.
Apa hal yang disukai suami? Aku harus lakukan. Jangan selalu mikir hanya apa yang aku inginkan.  Jadi, yang disukai suamiku adalah:
- rumah yang bersih 
- movie time tanpa the girls sambil ngobrol dan minum teh
- baca berita di HP tanpa terganggu bocah 
- masakan bersantan
Jadilah seorang wanita yang berpengertian. Bagian dari hidup bersama seseorang adalah belajar menyesuaikan diri dengannya, dan hal itu mencakup menyesuaikan diri dengan seluruh kebiasaan dan ritusnya yang tidak logis.
REMINDER! Aku perlu mengerti berbagai hal yang disukai suami dan MENERIMANYA, sekalipun gak logis buatku. Aku pernah protes ngapain sih nonton bareng waktu bocah tidur? Aku lebih suka   pillow talk di tempat tidur yang gak terganggu bocah dan TV. Atau ngapain sih rumah harus super duper bersih sementara namanya juga ada bocah, maklumlah kalau sesekali kotor. Banyak hal yanh yang gak masuk akal buatku, tapi aku harus belajar menerima dan mikir : Apa yang baik untuk suami anda pasti baik bagi anda berdua. Ingat:Jika hal itu indah bagi dia, hal itu pasti indah bagi kami. 

Palangka Raya, 6 November 2019 
-Mega Menulis-


1 Tawarikh 13-14

1 Tawarikh 13

Scripture       
1 Tawarikh 13:14 (TB)  Tiga bulan lamanya tabut Allah itu tinggal pada keluarga Obed-Edom di rumahnya dan TUHAN memberkati keluarga Obed-Edom dan segala yang dipunyainya.  

Observation
Keberadaan tabut Allah di sini bukan bicara tentang mendewakan simbol tapi menghargai hadirat Tuhan. Saat Tuhan hadir dalam hidup kita dan berkenan maka Ia akan memberkati hidup kita. 

Tanda kehadiran Tuhan adalah berkatNya. Berkat bukan bicara tentang materi ya, tapi bagaimana kita menikmati setiap pemberian tangannya dengan rasa syukur. 

Aplication
✔️ Aku bersyukur karena disiplin nulis gratitude journal beberapa hari ini membuatku makin merasakan kehadiran Tuhan. 
✔️ Aku mau terus mencatat kebaikan Tuhan supaya bisa mengingatnya, mengambil waktu untuk bersyukur. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk menerima setiap pemberian tangan Tuhan dengan rasa syukur.

1  Tawarikh 14

Scripture       
1 Tawarikh 14:10, 16 (TB)  bertanyalah Daud kepada Allah: "Apakah aku harus maju melawan orang Filistin itu dan akan Kauserahkankah mereka ke dalam tanganku?" TUHAN menjawab: "Majulah, Aku akan menyerahkan mereka ke dalam tanganmu." 
Dan Daud berbuat seperti yang diperintahkan Allah kepadanya, maka mereka memukul kalah tentara orang Filistin, mulai dari Gibeon sampai Gezer.

Observation
Daud bertanya sama Tuhan. 
Daud  mendengar Tuhan menjawab. 
Daud melakukan firman Tuhan. 
Banyak orang ingin mendengar suara Tuhan tapi apakah bersedia taat saat Tuhan bicara?

Sewaktu aku membaca firman Tuhan, pastikan aku bersedia taat pada apa perkataan Tuhan yang kubaca. 

Aplication
✔️ Jangan cuma baca firman Tuhan Meg! Lakukan! 

Prayer
Tuhan, aku mau taat sama perkataan Tuhan yang kudengar hari ini. Amin.

Gratitude Journal
7 November 2019

1. Bersyukur hari ini dan baca gratitude journal teman-teman di BRG semalam, senang tahu kabar mereka dan terinspirasi untuk tetap bersyukur.
2. Bersyukur bangun tidur dan rumah udah disapu sama suami. Aku bukan orang yang suka bersih-bersih tapi senang tempat yang bersih πŸ˜‚ Aku mending masak atau ngerjain yang lain lah ya 🀣 Bersyukur punya suami yang sukarela buat bersih-bersih.
3. Bersyukur hari ini banyak kerjaan sampai-sampai gak terasa sudah waktu istirahat siang. Puji Tuhan, selesai hari ini juga.
4. Bersyukur bisa nyicil bikin LAKIP 2019.
5. Bersyukur bisa beli jajanan buat teman-teman seruangan hari ini.
6. Bersyukur bisa dengar spotify Edward Suhadi-Mengalahkan Si Gajah dan Majalah Pearl sambil kerja.
7. Bersyukur belanjaan onlineku datang hari ini, ternyata barangnya bagus.
8. Bersyukur ibu yang jual kripik pedas hari ini datang lagi dan antarkan kripiknya ke rumah.
9. Bersyukur pulang kantor melihat anak-anak sedang bermain dan tertawa sama papanya. Aku diberkati dengan suami yang selalu mau terlibat ngurus anak-anak.

Palangka Raya, 7 November 2019 
-Mega Menulis-

Thursday, November 7, 2019

Sacred Influence (Chapter 5)



Sacred Influence 
Chapter 5

Berlatihlah mendoakan hal-hal yang positif bagi suami anda. Mengucaplah syukur kepada Tuhan karena memberi suami dengan kualitas seperti ini. 
Semingguan ini emosi terkuras dengar curhatan para istri tentang suami mereka, ada beberapa teman yang berpisah dengan suaminya dan ada yang mengalami masalah berat. Mau gak mau aku jadi bersyukur punya suami seperti suamiku. Ya, dia gak sempurna, tapi aku juga gak sempurna. Dan banyak sekali karakter dan perilaku suami yang sekarang aku syukuri. Salah satunya, aku gak pernah meragukan kesetiaan suami. Bersyukur sekali, karena ternyata menemukan orang yang setia itu gak mudah. Apa  yang dikeluhkan teman-temanku tentang suaminya membuatku memandang suami dengan berbeda, bahwa kualitas yang selama ini aku anggap biasa di suami adalah blessing. Betapa aku gak bersyukur berarti selama ini, sampai-sampai baru bersyukur setelah mendengar kisah orang lain.
✔️ Ketimbang mengeluhkan karakter suamiku, aku mau fokus mendoakan suami dengan kualitas karakter Kristus setiap harinya. 

Allah tidak menciptakan pernikahan untuk memenuhi 100 persen kebutuhan anda.
Reminder lagi, kebutuhanku 100% hanya bisa dipenuhi oleh Tuhan, bukan suami. Mengharapkan suami memenuhi semua kebutuhanku sungguh gak realistis, pasti kecewa nantinya. Pasti frustrasi. Pasti stres. 

Berdoalah dengan mengingat dua hal:kelebihan suami anda dan kelemahan anda.
Aku dan suami sama-sama gak sempurna, terkadang saling menyakiti. Waktu aku berdoa dengan cara ini, aku diingatkan suamiku adalah berkat buatku. Jadi lebih fokus untuk bersyukur, bukannya mengeluhkan kekurangan suami. 

Sikap menghormati adalah suatu kewajiban dan disiplin rohani. Berilah suami anda haknya untuk mendapatkan penghargaan itu.
Namanya disiplin, berarti aku harus melatih diri dan menjadikan kebiasaan. Awalnya pasti merasa terpaksa, tapi aku harus terus mengingat kalau ini adalah hak suamiku. Aku harus terus berusaha mengingat aku sering gagal di area ini. 

Bagaimana anda dapat mulai menghargai seorang pria yang tidak sempurna? Mintalah kepada Tuhan mata yang dapat memandang dengan pandangan yang berbeda.
Aku sebenarnya baca bab 5 ini langsung setelah baca bab 4, 2 minggu yang lalu. Selama 2 minggu ini aku belum berdoa supaya dapat memandang suami dengan mata yang berbeda, tapi banyak teman yang curhat masalah rumah tangganya dan membuatku melihat suamiku dengan berbeda. Apa yang dilakukannya, yang dikatakannya, karakternya bukanlah hal yang biasa. Aku diberkati berlimpah melalui kehadiran suami tapi aku gak sadar. Suami selalu ngomong to the point sekalipun gak ngenakin, aku sebelumnya anggap itu kasar, tapi itulah kejujuran. Suamiku resikan banget dan suka meributkan hal-hal sepele seperti gak suka aku menaruh barang sembarangan, cerewet banget untuk masalah kecil, tapi ini berarti dia tertib dan ingin istrinya lebih care dan bertumbuh di area ini.

Palangka Raya,     Oktober 2019 
-Mega Menulis-

1 Tawarikh 11-12

1 Tawarikh 11

Scripture       
1 Tawarikh 11:9 (TB)  Lalu makin lama makin besarlah kuasa Daud, sebab TUHAN semesta alam menyertainya. 

Observation
Penyertaan Tuhan saja yang membuat kuasa Daud semakin besar. Mengapa Tuhan menyertai Daud? Daud hidup berkenan pada Tuhan dan melekat sama Tuhan. Begitu dekatnya Daud sama Tuhan, kita bisa lihat di Mazmur yang ditulisnya. Apa saja selalu diceritakannya sama Tuhan, semua yang dirasakan dicurahkan sama Tuhan. 

Aplication
✔️ Aku mau mengatakan semua yang kurasakan sama Tuhan. Keintiman lahir lewat keterbukaan. 

Prayer
Tuhan, aku mau melekat sama Tuhan seperti Daud. Amin.

1 Tawarikh 12
Scripture       
1 Tawarikh 12:22 (TB)  Dari hari ke hari orang datang kepada Daud untuk membantu dia sehingga mereka menjadi tentara yang besar, seperti bala tentara Allah.

Observation
Orang-orang datang sendiri kepada Daud dan bersedia mendukung Daud menjadi raja, bahkan bergabung dalam tentara Daud. Bukan Daud yang meminta mereka, tapi mereka dengan sukarela. Apa yang membuat mereka melakukan ini? Kupikir mereka bukan hanya ingin melayani rajanya doang, toh waktu Saul menjadi raja, mereka gak melakukan ini. Kehidupan Daud dan apa yang diperbuat Allah dalam kehidupannya menarik orang-orang. 

Bagaimana dengan kehidupanku? Sudahkah menarik bagi orang lain? Kalau pun orang lain tertarik, apa penyebabnya? Artis membuat orang tertarik. Apakah seperti itu? Nggak. Kehidupanku seharusnya menarik orang lain untuk semakin dekat dengan Tuhan. Kristus harus makin besar dan aku makin kecil. Tuhan ingin orang lain melihat Tuhan yang aku sembah melaui kehidupanku. 

Aplication
✔️ Kalau benar Tuhan hidup di dalamku, dan aku di dalam Dia, dengan sendirinya itu akan membuat orang tertarik sama Tuhan. Aku harus terus hidup di dalam Tuhan. 

Prayer
Tuhan, mampukan aku mencerminkan karakter Kristus dalam hidupku dan membuat orang lain rindu kenal Tuhan. Amin.


Gratitude Journal
6 November 2019

1. Bersyukur walaupun telat bangun daripada biasanya tapi sempat masak sayur sebelum berangkat ke kantor. Dan gak telat absen pagi.
2. Hari ini di kantor menyanyikan lagu mars BNN dan staf lain yang gak biasa jadi dirigen gak mau saat ditunjuk. Bahkan saat ditawarkan banyak yang gak mau karena gak bisa. Aku bersyukur di SD-SMP pernah belajar jadi dirigen. Banyak hal yang aku pelajari di sekolahku dulu dan aku jadi bersyukur orang tuaku menyekolahkanku di sana.
3. Bersyukur, tanpa diminta temanku sudah menyiapkan ruang rapat yang akan kami pakai rapat hari ini.
4. Aku masak tongkol suwir dan agak pedas menurutku untuk balita, eh gak disangka Sofia suka dan lahap makannya.
5. Bersyukur pas lihat Twitter ketemu tweet yang lucu tapi juga mengingatkan untuk bersyukur. Bahwa kalau saat ini aku sehat, aku dianugerahi Tuhan berkat yang luar biasa. 
6. Sempat kesel sama suami beli mangga salah. Aku dah pesan beli yang murah (dasar emak-emak) kalau ga manis mau aku buat puding atau jus. Eh, suami beli yang mahalan,kan kesel kalau gak manis. Tapi aku berhasil menahan diri dan gak ngomel, pikirku ngapain merusak kedamaian dengan hal sepele.Ternyata mangganya manis dan  the girls suka. 
7.Bersyukur dapat info diskon JCo dan Pizza HUT hari ini walaupun gak beli akhirnya. Huahahaha. Tapi aku senang bisa share ke beberapa teman dekat. Kemaren sama suami mikir mumpung promo mau beli tapi cake di rumah masih ada dan masakanku juga ada. Yo wes lah, makan yang ada.
8. Bersyukur bisa banyak becanda sama suami dan menertawakan banyak hal.

Wednesday, November 6, 2019

1 Tawarikh 9-10

1 Tawarikh 9

Scripture       
1 Tawarikh 9:33 (TB)  Dan inilah para penyanyi, kepala-kepala puak orang Lewi, yang diam di bilik-bilik dan bebas dari pekerjaan lain, sebab siang dan malam mereka sibuk dengan pekerjaannya. 

Observation
Setiap orang dari suku Lewi mempunyai tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Bahkan mereka yang diam di bilik pun siang malam sibuk dengan pekerjaannya. Seperti tubuh, berfungsi sesuai rancangannya masing-masing, mata untuk melihat, telinga untuk mendengar, dll. Aku punya peranan yang hanya aku yang bisa mengerjakan, aku harus tetap setiap dengan bagian yang Tuhan ingin aku kerjakan.

Terkadang aku bosan ngecek update laporan bidang-bidang di kantor dan follow up kegiatan mereka. Tapi ini adalah bagianku, harus aku kerjakan dengan sukacita dan setia. 

Aplication
✔️ Aku mau mengerjakan dengan sukacita dan setia segala tanggung jawabku. 

Prayer
Tuhan, tolong aku memandang segala pekerjaanku sebagai pelayananku dan mengerjakannya dengan setia. Amin.

1 Tawarikh 10

Scripture       
1 Tawarikh 10:13-14 (TB)  Demikianlah Saul mati karena perbuatannya yang tidak setia terhadap TUHAN, oleh karena ia tidak berpegang pada firman TUHAN, dan juga karena ia telah meminta petunjuk dari arwah, 
dan tidak meminta petunjuk TUHAN. Sebab itu TUHAN membunuh dia dan menyerahkan jabatan raja itu kepada Daud bin Isai. 

Observation
Penyebab kematian Saul :
- karena tidak setia terhadap Tuhan 
- karena tidak berpegang pada firman Tuhan 
- karena meminta petunjuk arwah
- karena tidak meminta petunjuk Tuhan
Sulit membayangkan di zaman sekarang seseorang langsung mati secara fisik begitu melakukan hal-hal tersebut. Tapi aku dapatnya seseorang bisa mengalami kematian rohani saat melakukan yang dilakukan Saul. Aku harus berhati-hati supaya tidak mengalami kematian rohani. 

Aplication
✔️ Aku harus berpegang pada firman Tuhan, setia dan minta petunjuk Tuhan. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya taat dengan suara Tuhan dan berpegang dengan firman Tuhan saja. Amin.


Gratitude Journal
5 November 2019 

1. Bersyukur dapat tidur malam yang nyenyak, 7 jam lebih bo. Buat orang yang pelor alias nempel molor kayak aku sebenarnya tidur nyenyak itu biasa, tapi hari ini aku teringat temanku yang insomnia dan baru bisa tidur subuh jadi dapat tidur malam cuma beberapa jam doang. Aku bersyukur jarang banget susah tidur.
2. Bersyukur hari ini sukses masak pare, masih ada pahitnya tapi tetap enak. Ikan lajang yang aku goreng pun the girls suka. 
3. Bersyukur hari ini ambil snowcake hadiah kemarin. Enaaakkkkk. Lumayan, ga usah beli cemilan buat di rumah 🀭
4. Bersyukur bisa buat catatan khotbah yang aku dengar hari Minggu kemarin di gereja. 
5. Bersyukur bisa menahan diri gak makan malam, padahal nyuapin Sara dan Sofi mie goreng πŸ˜‚

Palangka Raya, 5 November 2019 
-Mega Menulis-

Tuesday, November 5, 2019

Khotbah Pendeta Wahyu Pramudya (03112019)


Catatan Khotbah
3 November 2019 
GKI Ngagel Pos Jemaat Palangka Raya
Pendeta Wahyu Pramudya (WP)

Bacaan 1 Tesalonika 1:1-10

Peristiwa yang sama menghasilkan respon yang berbeda. Tidak ada satu peristiwa pun yang seolah-olah memegang remote atas hidup kita. Kalau peristiwa ini terjadi, marah, marah, marah, semua harus marah. Tidak. Atau bahagia, bahagia, bahagia, bahagia. Tidak! Tidak ada satupun peristiwa yang punya kekuatan sebesar itu. Apapun peristiwa yang terjadi, semendesak apapun,dia selalu menyediakan ruang yang masih ada untuk kita mengendalikan tindakan kita. Jadi jangan pernah bilang, kok istrinya digampar pak? Iya,soalnya menyebalkan. Istri yang menyebalkan belum tentu digampar, ditendang juga bisa, disayang juga bisa. Selalu ada ruang kebebasan untuk memilih sikap dalam segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita. Kita yang memilih, bukan didikte suatu peristiwa. Jangan menyalahkan situasi. Jangan menyalahkan keadaan. Tapi pertimbangkan respon kita. Penderitaan bisa membuat kita semakin egois, tapi juga membuat kasih semakin melimpah. Kenapa? Karena iman yang kuat pada Tuhan. Kalau tidak ada iman yang kuat, maka kita akan mementingkan diri sendiri dan berpusat pada diri sendiri.

Kesadaran bahwa Tuhan tidak meninggalkan kita di dalam segala situasi kehidupan, bukan hanya membuat iman kita makin dalam. Tetapi kesabaran terhadap sesama juga makin bertambah. Kita tidak hanya memikirkan diri sendiri, tapi juga kepentingan orang lain, kasih kepada sesama melimpah. Biarlah apapun yang terjadi, keyakinan akan Tuhan makin dalam, kasih kepada sesama melimpah sehingga nama Yesus Tuhan kita dimuliakan. Hasil akhirnya, orang melihat Kristus yang hidup di dalam kita. Kita selalu terpesona pada orang-orang yang dalam ketebatasan hidupnya memilih percaya kepada Tuhan, makin mengasihi sesama sehingga nama Tuhan dimuliakan. Tapi sesungguhnya kita dipanggil bukan hanya untuk terpesona, tetapi kita dipanggil menjadi orang seperti itu. Seringkali kita merasa dipaksa situasi tertentu untuk melakukan hal tertentu, itu yang selalu kita rasakan padahal kita tahu tidak ada situasi apapun yang bisa merebut ruang kebebasan kita untuk berespon. Jemaat di Tesalonika yang mengalami penindasan dan penganiayaan tetapi memilih untuk percaya kalau Tuhan menyertai meraka. Iman mereka bertambah kuat, kasih mereka kepada sesama makin melimpah, tidak ada yang egosentris sehingga nama Tuhan dipermuliakan.

Palangka Raya , 3 November 2019
-Mega Menulis-

1 Tawarikh 7

1 Tawarikh 7

Scripture       
1 Tawarikh 7:27 (TB)  dan anak orang ini ialah Nun, dan anak orang ini ialah Yosua. 

Observation
Baca dua pasal tentang silsilah di 1 Tawarikh ini aku nyaris ga dapat rhema. Tapi nama Yosua mengingatkanku pada khotbah pendeta kemarin. Yosua dan Kaleb termasuk orang yang mengintai Kanaan,tapi dari 12 orang, hanya mereka yang berespon berbeda. Mereka malah semakin yakin Allah akan memberikan negeri yang telah dijanjikan itu pada mereka. 

Kita bisa saja mengalami hal yang sama, melihat hal yang sama, tapi berespon berbeda. Kenapa? Karena tidak ada satu kejadian pun yang dapat menjadi remote otomatis atas respon kita. Ada orang yang berespon pahit pada kedukaan, ada yang menerima dengan tabah dan semakin kuat imannya. Saat ini aku sedang bergumul berespon dengan kasih. Salah seorang saudaraku meminjam uang dan belum mengembalikan padahal waktu yang dijanjikan sudah lewat. Ya, aku tahu dia sedang kesulitan, tapi aku juga butuh uang itu. Ada saudara lain yang dah ilfil dengan saudara yang suka minjam uang ini karena nagih pun percuma. Respon orang wajar lah ngalamin gini terus marah dan nagih, tapi aku tahu dia belum ada uang dan aku mau berespon dengan kasih dan memberi kelonggaran. Saat aku memutuskan gitu sehabis dengar khotbah kemarin,gak berapa lama aku dapat kabar ada orang yang mau ngontrak rumahku di Kasongan Sementara sebulan aja, tapi aku merasa Tuhan berkenan pada apa yang aku perbuat. 

Aplication
✔️ Aku mau responku atas kejadian di hidupku dikendalikan firman Tuhan. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya saat tertekan pun, kasih Tuhan makin melimpah di dalamku. Amin.

Gratitude Journal
4 November 2019 

1. Bersyukur walaupun hari ini rapat yang aku siapkan ditunda sama bosku, aku gak emosi. Malahan aku nyantai banget dan bisa follow up teman-teman yang belum selesaikan perwabkeu. 
2. Bersyukur pagi ini bisa nyuapin Sofia sebelum berangkat ke kantor. Walaupun Sara gak sempat aku suapin makan, tapi kata papanya dia mau makan roti.
3. Bersyukur bisa bangun jam 4 pagi dan bisa setrika pakaian.
4. Bersyukur hari ini bisa bayar koperasi. 
5. Bersyukur pagi gak perlu buat sarapan, tinggal panasin makanan yang sudah aku buat hari Sabtu.
6. Bersyukur hari ini dapat undian berhadiah snowcake. Yay! 
7. Bersyukur setiap kami ke Indomaret dan Alfamart, Sara dan Sofia pegang permen yang ada mainannya trus main selama kami belanja doang tapi gak nangis dong saat pulang harus melepas mainan itu.
8. Bersyukur malam-malam dibelikan suami sate favoritku, hehehe.

Palangka Raya, 4 November 2019 
-Mega Menulis-

Sunday, November 3, 2019

Sacred Influence (Chapter 7)


Sacred Influence
Chapter 7

Biarkan sikap bertanggung jawab mempermalukan sikap tidak bertanggung jawab.
Ini berarti tetap bertanggung jawab sekali pun suami gak bertanggung jawab. Menurutku suami adalah suami yang bertanggung jawab. Walaupun aku kerja di kantor dan suami yang lebih banyak di rumah, aku gak pernah kuatir meninggalkan anak-anak sama suami, suami super duper care kalau urusan anak. Aku merasa cukup bertanggung jawab masalah rumah, tapi kalau dibandingkan dengan suami yang perfeksionis emang beda sih. Dia tipe yang ngerjain sesuatu gak ngasal. Lama sih jadinya,aku kadang kesal. Tapi dipikir lagi, justru aku yang harus niru teladan suami. 

Putuskan untuk memberkatinya dan menjadikan hidupnya lebih menyenangkan. Bertanggung jawablah dengan panggilan Tuhan untuk menjadi seorang penolong yang berguna bagi suami anda.
Aku ketampar-tampar di bagian memberkati dan menjadikan hidupnya lebih menyenangkan. Selama ini strict, mana yang kerjaan suami ya suami yang kerjakan, aku kerjakan bagianku. Tapi baca bagian ini jadi pengen blessing suami dengan melakukan apa yang selama ini jadi tanggung jawab suami dan membuat hidup suami lebih menyenangkan. 

Tuhan akan menolong hanya jika kamu mengerjakan bagianmu.
Apa bagianku? Menolong suami. Fungsi suami adalah kepala atas rumah tangga kami. Bagianku bukan hanya bicara tentang tanggung jawab pekerjaan di rumah ternyata. Tapi bagaimana aku tetap menempatkan suami sebagai kepala rumah tangga. Dengan cara menghormati dan melakukan keputusannya. Aku bergumul di area keuangan untuk membiarkan suami mengambil keputusan karena aku merasa punya pertimbangan lebih baik. Aku gak boleh menganggap diriku sendiri bijak. Boleh memberikan masukan ke suami, tapi aku harus membiarkan suami bertumbuh melalui pengambilan keputusan. 

Kecantikan fisik akan memudar, tetapi tanggung jawab bertumbuh di dalam kekuatan, kecakapan, keputusan, dan hikmat.
Suami pernah menegur karena aku pelupa dan ngasal waktu mengerjakan pekerjaan rumah. Aku harus bertumbuh di area ini, belajar fokus dalam mengerjakan sesuatu, gak ngasal dan menjadi cakap. Bertanggung jawab bukan berarti 'yang penting mengerjakan' tapi mengerjakan dengan sepenuh hati dan melakukan segala upaya terbaikku. 

Apakah anda benar-benar ingin memengaruhi suami anda? Berkerjalah dengan keras untuk menjadi seorang istri yang bertanggung jawab.
Terkadang, ada perasaan kalau aku sudah melakukan lebih dari yang seharusnya, karena aku pencari nafkah utama dalam keluarga. Jadi ngerasa wajar kalau suami melakukan beberapa pekerjaan rumah tangga. Tapi bagian ini mengingatkanku kalau tanggung jawabku sebagai istri gak boleh aku abaikan, sebisa mungkin kalau aku dah di rumah dan gak capek banget, aku mau handle kerjaan yang biasa dilakukan suami di rumah.

Palangka Raya,    Oktober 2019 
-Mega Menulis-

1 Tawarikh 5-6

1 Tawarikh 5

Scripture       
1 Tawarikh 5:1-2 (TB)  Anak-anak Ruben, anak sulung Israel. Dialah anak sulung, tetapi karena ia telah melanggar kesucian petiduran ayahnya, maka hak kesulungannya diberikan kepada keturunan dari Yusuf, anak Israel juga, sekalipun tidak tercatat dalam silsilah sebagai anak sulung. 
Memang Yehudalah yang melebihi saudara-saudaranya, bahkan salah seorang dari antaranya menjadi raja, tetapi hak sulung itu ada pada Yusuf. 

Observation
Rumit sekali kisah keturunan Yakub ini, banyak anak dengan berbagai karakter, banyak drama. Ini salah satu akibat dari Yakub punya anak dari 4 wanita. Sejak awal, pernikahan dirancang Tuhan untuk 1 pria dan 1 wanita. Saat manusia mulai melakukan yang berbeda dari rancangan Tuhan maka banyak kekacauan terjadi, efeknya sampai pada keturunannya. Pernikahan 1 pria dan 1 wanita aja banyak pergumulan, apalagi ini. 

Saat aku hidup gak sesuai rancangan Tuhan, aku pasti gak akan pernah merasakan kepuasan dalam hidup. Kepuasan hidup hanya ada saat aku hidup dalam rancangan Tuhan. Bagaimana aku hidup sesuai rancanganNya? Hidup sesuai firman Tuhan. 

Aplication
✔️ Kalau aku tahu firman Tuhan bilang apa tentang sesuatu dalam hidupku dan aku gak mau melakukannya, aku sedang hidup di luar Tuhan. Aku harus bertobat dan berbalik dari jalanku yang jahat. 

Prayer
Tuhan, ampuni aku saat dengan sadar menolak melakukan kehendak Tuhan. Mampukan aku untuk terus tunduk pada firmanMu. Amin.

1 Tawarikh 6 

Scripture       
1 Tawarikh 6:64-65 (TB)  Jadi orang Israel memberikan kepada orang Lewi kota-kota itu dengan tanah-tanah penggembalaannya. 
Mereka memberikan juga dengan diundi kota-kota tadi, yang mereka sebutkan nama-namanya, dari suku bani Yehuda, dari suku bani Simeon dan dari suku bani Benyamin. 

Observation
Orang Lewi dikhususkan untuk melayani Tuhan, sehingga mereka gak pergi berperang dan mendapatkan kota seperti suku-suku yang lain. Tapi ternyata mereka tetap mendapatkan kota-kota pemberian dari suku lain. 

Saat aku melakukan pekerjaan yang dikhususkan Tuhan bagiku, aku gak perlu kuatir. Tuhan akam mencukupkan apa yang jadi kebutuhanku. Teguran buatku yang kuatir ini. Terkadang aku terpikir untuk  menulis renungan harian juga untuk beberapa penerbit, pikirku, hobiku menulis tersalurkan dan bisa dapat tambahan penghasilan. Tapi aku sadar waktuku terbatas, aku harus punya prioritas. Dan prioritasku adalah keluargaku saat ini. Sampai sekarang saat kupikirkan, aku gak pernah kekurangan. Selalu ada berkat Tuhan. 

Aplication
✔️ Aku menunda menulis renungan harian, aku mau fokus melayani Tuhan melalui melayani keluarga. 

Prayer
Tuhan, aku mau fokus melakukan bagianku dengan setia dan terus percaya Tuhan, tolong aku. Amin.

Gratitude Journal
3 November 2019

1. Bersyukur hari ini bisa ke Gereja dan diberkati dengan khotbah Pak WP. Pas banget dengan keadaanku sekarang. Tuhan pakai firman hari ini untuk mengubah hatiku.
2. Bersyukur hari ini suamiku yang menemani bocah-bocah Sekolah Minggu. Hari ini Louis ulang tahun, bocah-bocah dapat goodie bag.
3. Bersyukur hari ini bisa makan siang bareng di tempat Mama. Jualan mama untuk cari dana Natal di Gereja habis.
4. Bersyukur rumah kami di Kasongan ada yang mau ngontrak,tetangga kami pulak. Jadi rumahnya mau direhab.
5. Bersyukur bisa main lagi ke rumah Mamah siang ini, makan siang bareng. 
6. Bersyukur malam bisa jalan ke Hypermart sekeluarga, ngajak bocah-bocah main di Fun City dan KFC. 
7. Bersyukur buat ketawa bareng suami hari ini. Aku kangen Kasongan, tapi suami ingatkan banyak hal yang bisa kami syukuri di sini. 

Palangka Raya, 3 November 2019 
-Mega Menulis-

1 Tawarikh 4

1 Tawarikh 4

Scripture       
1 Tawarikh 4:10 (TB)  Yabes berseru kepada Allah Israel, katanya: "Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku!" Dan Allah mengabulkan permintaannya itu. 

Observation
Kisah Yabes berbeda dengan orang lain, di tengah rentetan silsilah, ini anak siapa bla bla bla. Tiba-tiba dikatakan Yabes lebih dimuliakan dari saudara-saudaranya. Lalu ada doa Yabes yang sepertinya egois tapi yang mengejutkan Allah mengabulkan doanya itu. Doa Yabes mungkin sama dengan kebanyakan orang saat itu, tapi tentunya ada hal yang berbeda sehingga Allah mengabulkan doanya. Apa yang berbeda? Motivasinya. Hatinya. 

Mungkin doaku juga sama dengan kebanyakan orang, ingin panjang umur, sehat, sejahtera, dll. Tapi untuk apakah semua itu? Untuk kemuliaan Tuhan atau untuk diriku sendiri. Apakah Tuhan dimuliakan saat Dia menjawab doaku? Atau jangan-jangan dia lebih dimuliakan melalui penderitaanku? Apakah benar saat punya harta lebih banyak, aku sungguh memuliakan Dia? Jangan-jangan aku malah melupakan Tuhan. 

Aplication
✔️ Aku mau punya motivasi yang benar saat berdoa,untuk memuliakan Tuhan. 

Prayer
Tuhan, selidiki hatiku apakah doaku untuk kepentingan sendiri. Bereskan motivasiku. Biarlah ku sungguh memuliakan Tuhan melalui doaku. Amin.

Gratitude Journal
2 November 2019

1. Bersyukur diingatkan lagi menulis gratitude journal, udah lama banget gak nulis ini. Mau mulai komitmen lagi
2. Bersyukur bisa belanja dan sarapan bareng di nasi kuning murah kesukaan kami.
3. Bersyukur hari ini bisa bayar kredit rumah Kasongan.
4. Bersyukur bisa masak 3 jenis lauk hari ini dan marinasi 1 jenis lauk, jadi seminggu ke depan, paling tinggal manasin dan buat sayur.
5. Bersyukur selama masak, suami nau jagain anak-anak.
6. Bersyukur bisa quality time dengan suami, nonton film di rumah.
7. Bersyukur malam bisa main ke rumah Mama dan bertemu saudara-saudaraku, besok salah satu saudaraku berangkat ke lapangan.
8. Bersyukur Sara dan Sofia dapat blessing dari adekku.
9. Bersyukur dapat oleh-oleh 2 baju dari sepupuku yang pulang dari Yogya, dapat bakpia dan krupuk juga.
10. Bersyukur luka operasi eyangku semakin mengecil. Semoga gak perlu operasi untuk menjahitnya. 
11. Bersyukur siang dapat truffle pasta dari Fani. Full keju, santan dan butter, astagaaa... 

Palangka Raya, 2 November 2019 
-Mega Menulis-

Nehemia 10-11

Nehemia 10 Scripture        Nehemia 10:28 (TB)  Dan orang-orang yang lain, yakni: para imam dan orang-orang Lewi, para penunggu pintu...