.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Wednesday, November 20, 2019

Nehemia 4-5

Nehemia 4

Scripture       
Nehemia 4:1, 6, 16 (TB)  Ketika Sanbalat mendengar, bahwa kami sedang membangun kembali tembok, bangkitlah amarahnya dan ia sangat sakit hati. Ia mengolok-olokkan orang Yahudi
Tetapi kami terus membangun tembok sampai setengah tinggi dan sampai ujung-ujungnya bertemu, karena seluruh bangsa bekerja dengan segenap hati.
Sejak hari itu sebagian dari pada anak buahku melakukan pekerjaan, dan sebagian yang lain memegang tombak, perisai dan panah dan mengenakan baju zirah, sedang para pemimpin berdiri di belakang segenap kaum Yehuda

Observation
Saat Nehemia beserta segenap bangsa Yahudi membangun kembali Tembok Yerusalem banyak orang yang mengolok-olok mereka. Tapi mereka gak patah semangat atau menghabiskan waktu untuk menanggapi olokan tersebut. Mereka bekerja semakin giat dengan segenap hati. Saat ada yang menentang bahkan mengganggu pekerjaan mereka, mereka tetap membangun dengan berstrategi.

Aplication
✔ Aku harus menanggapi olokan dengan bekerja segenap hati. Gak perlu buang waktu menjawab mereka yang gak mengertinapa yang aku kerjakan
✔ Aku perlu berstrategi dan membuat perencanaan dalam mencapai visi.

Prayer
Tuhan, mampukan aku melakukan yang benar saat diolok-olok padahal melakukan yajg benar.

Nehemia 5

Scripture       
Nehemia 5:8, 15 (TB)  Berkatalah aku kepada mereka: "Kami selalu berusaha sedapat-dapatnya untuk menebus sesama orang Yahudi yang dijual kepada bangsa-bangsa lain. Tetapi kamu ini justru menjual saudara-saudaramu, supaya mereka dibeli lagi oleh kami!" Mereka berdiam diri karena tidak dapat membantah. 
Tetapi para bupati yang sebelumnya, yang mendahului aku, sangat memberatkan beban rakyat. Bupati-bupati itu mengambil dari mereka empat puluh syikal perak sehari untuk bahan makanan dan anggur. Bahkan anak buah mereka merajalela atas rakyat. Tetapi aku tidak berbuat demikian karena takut akan Allah. 

Observation
Selalu ada orang yang mengambil keuntungan dari jabatannya dan sanggup membuat orang lain menderita, Nehemia tidak melakukannya padahal dia punya kesempatan. Nehemia takut akan Allah. Kalau aku melakukan dosa berarti aku gak takut akan Tuhan. Kalau aku gak melakukan yang benar, berarti aku gak takut akan Tuhan.

Prayer
Tuhan, ajar aku menghormatiMu dalam segala hal. Amin.


Gratitude Journal
17 November 2019

1. Bersyukur bisa stok lauk makanan jadi untuk seminggu ke depan.
2. Bersyukur sudah instal aplikasi Bibit dan belajar memakainya.
3. Bersyukur bisa panggang ikan dengan biaya per kg 10 ribu. Lumayan, dah sama bumbu, jadi terima beres aja.
4. Bersyukur kami sekeluarga sehat 💪 Terkadang aku kepikiran melihat Sofia yang mungil. Tapi kalau dipikir yang penting dia sehat.
5. Kami berempat tidur sore, aku baru bangun jam 7 malam. Pas bangun ternyata meja makan sudah berhamburan, rupanya Sara dan Sofia naik ke kursi meja makan dan buka tudung saji. Suamiku lupa menutup pintu kamar kami, jadinya bocah-bocah yang duluan bangun, keluar kamar dan mengobrak-abrik meja makan. Puji Tuhan mereka gak kenapa-napa tanpa pengawasan kami.
6. Bersyukur malam sempat beli popok, hampir saja kelupaan karena seharian sibuk masak.

Palangka Raya, 17 November 2019
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

2 Tawarikh 11-12

2 Tawarikh 11 Scripture        2 Tawarikh 11:23 (TB)  Oleh sebab itu ia mengambil kebijaksanaan untuk menyebarkan semua anaknya yang lain ke...