.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Wednesday, December 4, 2019

2 Tawarikh 1-2

2 Tawarikh 1

Scripture       
2 Tawarikh 1:15 (TB)  Raja membuat banyaknya emas dan perak di Yerusalem sama seperti batu, dan banyaknya pohon kayu aras sama seperti pohon ara yang tumbuh di Daerah Bukit. 

Observation
Di beberapa ayat sebelumnya Salomo dikatakan telah menerima kebijaksanaan dan pengertian dari Tuhan.
2 Tawarikh 1:12 (TB)  maka kebijaksanaan dan pengertian itu diberikan kepadamu; selain itu Aku berikan kepadamu kekayaan, harta benda dan kemuliaan, sebagaimana belum pernah ada pada raja-raja sebelum engkau dan tidak akan ada pada raja-raja sesudah engkau."

Di ayat ini malahan Salomo mengumpulkan emas dan perak di Yerusalem padahal Tuhan telah berfirman di Ulangan demikian :
Ulangan 17:17 (TB)  Juga janganlah ia mempunyai banyak isteri, supaya hatinya jangan menyimpang; emas dan perak pun janganlah ia kumpulkan terlalu banyak.
Kedua hal ini dilakukan Salomo padahal Tuhan melarangnya. Apakah Salomo gak tahu larangan Tuhan ini? Padahal setiap raja harusnya tahu.
Ulangan 17:18-19 (TB)  Apabila ia duduk di atas takhta kerajaan, maka haruslah ia menyuruh menulis baginya salinan hukum ini menurut kitab yang ada pada imam-imam orang Lewi.
Itulah yang harus ada di sampingnya dan haruslah ia membacanya seumur hidupnya untuk belajar takut akan TUHAN, Allahnya, dengan berpegang pada segala isi hukum dan ketetapan ini untuk dilakukannya,

Pantas saja di Amsal dikatakan :
Amsal 9:10 (TB)  Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian.
Betapa pentingnya memiliki hati yang takut akan Tuhan, bahkan melebihi hikmat dan pengertian akan segala sesuatu. Reminder untukku benar-benar hidup takut akan Tuhan dan mengajarkan anak-anak kami takut akan Tuhan. Kalau untuk pendidikan dan kebutuhan anak saja aku memikirkan sedemikian rupa, harusnya lebih lagi dalam membawanya dalam pengenalan dan takut akan Tuhan.

Aplication
✔ Jadi ingat kalau orang Israel diminta menceritakan tentang apa yang diperbuat Tuhan kepada anak-anaknya. Setiap hari aku harus menyediakan waktu untuk baca Alkitab untuk anak-anak.

Prayer
Tuhan, berikan kami hati yang takut akan Engkau dan rindu mengenal Engkau. Amin.

2 Tawarikh 2

Scripture       
2 Tawarikh 2:13 (TB)  Maka sekarang aku mengirim seorang ahli, yang penuh pengertian, yakni Huram Abi, 

Observation
Di ayat ini bicara tentang Huram Abi seseorang yang ahli yang penuh pengertian. Di sekolah anak belajar banyak hal dan dituntut mendapat nilai bagus dalam semua pelajaran. Aku harus ingat kalau bukan nilai yang penting tapi bagaimana anak mengerti untuk apa dia mempelajari sesuatu dan bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari bahkan menjadi ahli.

Aplication
✔ Aku mau ngobrol lagi sama suami tentang visi kami mengenai pendidikan anak-anak.

Prayer
Tuhan, inilah anak-anak kami. Berikan kami hikmat dan hati yang takut akan Tuhan supaya kehendak Tuhan yang jadi dalam kehidupan mereka. Amin.
Gratitude Journal 
1 Desember 2019 

1. Bersyukur dah bulan Desember. Yay! Bulan favorit sepanjang tahun. 
2. Bersyukur hari ini bisa ikut Natal Batak, lama banget bo dari jam 3 siang sampai jam 9. Puji Tuhan bocah ga terlalu rewel, diajak jalan-jalan mau.
3. Bersyukur hari ini suami yang nemenin bocah-bocah Sekolah Minggu, jadi aku bisa dengar khotbah. 
4. Bersyukur hari ini gajian dan langsung buat bayar kredit rumah. 
5. Bersyukur dapat promo naik Grab. Jadi cuma bayar 2 ribu. 

Palangka Raya, 1 Desember 2019
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

2 Tawarikh 11-12

2 Tawarikh 11 Scripture        2 Tawarikh 11:23 (TB)  Oleh sebab itu ia mengambil kebijaksanaan untuk menyebarkan semua anaknya yang lain ke...