.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Monday, December 16, 2019

2 Tawarikh 21-22

2 Tawarikh 21

Scripture       
2 Tawarikh 21:6 (TB)  Ia hidup menurut kelakuan raja-raja Israel seperti yang dilakukan keluarga Ahab, *sebab yang menjadi isterinya adalah anak Ahab.* Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN. 

Observation & Aplication 
Tadi pagi baru saja ngobrol sama suami tentang suami isteri yang kelakuannya mirip. Ini entah karena suami isteri itu sepadan, atau karena orang yang hidup bersama memang makin hari akan semakin menyerupai. Perbuatan dan respon kita akan dipengaruhi pasangan, lama-lama menjadi kebiasaan. Makanya, entah suami meniru isteri atau sebaliknya, mana yang kuat yang akan mempengaruhi yang lemah karakternya.

Di sini pengaruh isteri Yoram sangat kuat, sayangnya pengaruh yang jahat. Sebagai isteri, aku harus memberikan pengaruh positif ke suami. Apa yang aku lakukan setiap hari hari, baik atau buruk, suka gak suka, akan berpengaruh ke suami. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya setiap hari menjadi isteri yang bijak. Amin.

2 Tawarikh 22

Scripture       
2 Tawarikh 22:3 (TB)  Ia pun hidup menurut kelakuan keluarga Ahab, karena ibunya menasihatinya untuk melakukan yang jahat. 

Observation
Pengaruh istri Yoram gak cuma ke suaminya, tapi juga ke generasi selanjutnya. Sebagai suami/isteri, seseorang akan mempengaruhi keturunannya hingga entah turunan ke berapa. Ini mengingatkanku untuk mengajarkan anak-anakku kalau saatnya memilih pasangan hidup, dia juga sedang memilih ayah untuk anak-anaknya. Dan ini juga berarti kalau karakter seseorang akan mempengaruhi keturunannya. 

Aplication
✔️ Aku dan suami sama-sama berusaha jadi teladan bagi anak-anak kami. Aku mau terus mengingat bahwa ini bukan tentang hidupku, tapi juga hidup keturunanku. 

Prayer
Tuhan, tolong aku dan suami untuk hidup benar di hadapan Tuhan. Amin.


Gratitude Journal
11 Desember 2019

1. Bersyukur Sofi seharian ini makannya bagus.
2. Bersyukur bangun pagi bisa ngobrol asyik dan ketawa bareng dengan suami.
3. Bersyukur hari ini ikut kunjungan Dharma Wanita BNNP ke Panti Jompo dan RSJ Kalawa Atei. Diberkati melihat para orang tua di Panti Jompo yang masih berkarya dengan menjual hasil kebunnya, menganyam keranjang, membuat mandau, dll. Sempat sedih melihat anak perempuan umur 14 dan 15 tahun yang harus direhab karena memakai  narkoba. Tapi lalu bersyukur mereka direhab bukannya dipenjarakan.
4. Hari ini mengikuti Natal Kemenkumham wilayah Kalteng dan melihat penampilan anak Panti Asuhan di acara tersebut. Bersyukur buat kesempatan mengingat bahwa selama ini aku diberkati karena mamaku sehat.

Palangka Raya, 11 Desember 2019 
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

30 Hal yang Orang Lain Tidak Ketahui tentang Saya

Tulisan ini dibuat dalam rangka memenuhi tantangan 30 hari menulis dari LIKE (Komunitas di FB yang saya ikuti). Tapi sayang sekali saya gaga...