.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Monday, January 20, 2020

Roma 12

Roma 12

Scripture       
Roma 12:15 (TB)  Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis! 

Observation
Hal yang terlihat mudah memang bersukacita dengan orang yang bersukacita dan menangis dengan orang yang menangis, padahal sulit sekali. Aku sadar waktu aku mengingat bagaimana bersikap dalam kondisi tersebut, aku sering gagal akhir-akhir ini.

Misalnya, aku menyarankan ke temanku untuk berinvestasi ketimbang menghabiskan uangnya untuk belanja. Awalnya waktu dia mulai membeli logam mulia, aku ikut senang. Tapi waktu dia menunjukkan jumlah yang dia miliki lebih banyak, aku mulai gak senang. Aku iri karena dia punya lebih banyak dariku. Artinya, aku ikut senang hanya jika yang dia miliki lebih sedikit dariku, kalau lebih banyak? Tunggu dulu. 

Konyolnya, saat teman lain bersedih karena sesuatu. Alih-alih ikut berduka, aku malah berpikir, "Ah, aku dulu juga mengalami itu, dan lebih parah lagi keadaanku". BAHKAN, dalam duka pun aku gak mau kalah. Aku merasa lebih menderita dan temanku aku anggap berlebihan menanggapi hal tersebut. 

Aplication
✔️ Aku gak berhak membandingkan apa yang orang lain alami dengan yang aku alami karena setiap orang berbeda. Aku harus terus belajar berempati dengan kondisi orang lain. 

Prayer
Tuhan, mampukanlah aku memgasihi orang lain dengan berempati. Jangan biarkan aku hanya fokus pada diri sendiri. Amin.
Gratitude Journal
19 Januari 2020

1. Bersyukur bisa ke Gereja walaupun hujan. Bersyukur bisa temani the girls sekolah Minggu hari ini. Senang liat Sara berani ngedarin kantong kolekte. 
2. Bersyukur bisa setrika pakaian 2 trip nyuci. Banyak banget. Tapi senang deh pas sudah selesai.
3. Hari ini dengar curhatan teman tentang masalah rumah tangganya. Bersyukur bisa menyediakan diri dan mendoakan. 
4. Bersyukur mati listrik ada genset di rumah, jadi the girls bisa tidur dengan nyaman.

Palangka Raya, 19 Januari 2020
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

Lukas 19

Lukas 19 Scripture        Lukas 19:8 (TB)  Tetapi Zakheus berdiri dan berkata kepada Tuhan: "Tuhan, setengah dari milikku akan kuberika...