.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Friday, February 28, 2020

Yohanes 15

Yohanes 15

Scripture       
Yohanes 15:7 (TB)  Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.

Observation
Benarkah jika aku tinggal di dalam Tuhan maka saat meminta apa yang dikehendaki aku akan selalu menerimanya?Aku merenungkan, ternyata saat sungguh-sungguh tinggal di dalam Dia dan firmanNya maka aku akan tahu diri dalam meminta kepada Tuhan. Aku akan meminta yang berkenan kepada Tuhan. Aku begitu mengenal Bapa Sorgawi sehingga permintaanku adalah kehendakNya. Terhadap permintaan yang seperti ini, tentunya Tuhan akan memberikannya. Ya kan? 

Aplication
✔️ Aku harus bertekun dalam firman supaya sungguh-sungguh tinggal di dalam Tuhan. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk terus hidup di dalam Tuhan supaya aku semakin sungguh mengasihiMu. Amin.
Gratitude Journal 
27 Februari 2020 

1. Bersyukur bisa belajar aplikasi Krisna lewat tutorial di youtube. 
2. Bersyukur di saat malas masak sayur, ada stok bumbu pecel, jadi tinggal rebus kangkung dan makan pakai bumbu pecel. Beres deh. 
3. Bersyukur siangnya aplikasi yang aku kerjakan sedang maintenance jadi ada waktu luang dan jadilah artikel buat Majalah Pearl untuk Desember. Lumayan bisa nyicil tugas. 
4. Bersyukur anak-anak makannya bagus hari ini. 
5. Bersyukur bisa main ke tempat omku dan bercerita banyak dengan tante semalam. 
6. Bersyukur punya suami yang rasional banget saat aku kesal dengan seseorang, suamiku yang sebenarnya juga kesal malahan memilih menjaga jarak dengan orang yang toxic itu. 
7. Bersyukur bisa belajar banyak dari kesalahan orang lain.

Palangka Raya, 27 Februari 2020
-Mega Menulis-

Yohanes 13

Yohanes 13

Scripture       
Yohanes 13:35 (TB)  Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi."

Observation
Tanda murid Kristus adalah saling mengasihi. Akhir-akhir ini banyak mendengar suami isteri yang hubungannya rusak bahkan sampai mau cerai. Ini terjadi pada beberapa temanku.Gak disangka karena kelihatannya hubungannya dengan banyak orang sangat baik, tapi ternyata dengan pasangannya bermasalah. Reminder buatku untuk terus mengasihi suami dan keluarga karena ini dapat menjadi kesaksian bagi orang lain. 

Aplication
✔️ Aku harus mengasihi suami dengan segenap usahaku karena kehidupan pernikahan yang penuh kasih dapat menjadi kesaksian berharga bagi orang lain. 

Prayer
Tuhan, tolonglah aku, mampukan aku mengasihi suamiku setiap hari. Amin.
Gratitude Journal 
26 Februari 2020 

1. Bersyukur bisa bangun pagi dan sempat syuting ayat hapalan bulan ini.
2. Bersyukur tulisan untuk Majalah Pearl sudah tinggal tunggu masukan editor.
3. Bersyukur bisa ke Gereja sore untuk ibadah Rabu Abu.
4. Bersyukur dapat oleh-oleh kripik dari temanku.

Palangka Raya, 26 Februari 2020
-Mega Menulis-

Matius 5

Matius 5

Scripture       
Matius 5:42 (TB)  Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.

Observation
Sulit sekali jadi pelaku firman ya, kemarin aku malahan baru saja menolak orang yang mau meminjam ke aku. Duh. Jadi galau banget baca firman ini. Secara manusia aku mikir kalau orang terus-menerus pinjam apa gak gempor ya keuangan keluarga (gr banget macam ada yang pinjam terus). Apalagi kalau orang minta melulu. Tuing-Tuing. Bulan ini saja kami sudah cukup babak belur rasanya karena menolong keluarga kami. Duh, gimana ya menerapkan firman ini tanpa merasa terpaksa dan kecewa. Terpaksa karena sebenarnya kami pun harus berhemat. Dan kecewa karena orang yang dibantu sebenarnya gak bijak dalam mengelola apa yang ada di hidupnya. 

Aplication 
Aku harus bijaksana dalam meminjamkan dan memberi tapi juga harus taat sama Tuhan. Tanya Tuhan dan taat saat Tuhan mau aku melakukan sesuatu, jangan mengandalkan pemikiran manusiaku sendiri. 

Prayer
Tuhan, mampukan aku untuk gak kuatir saat harus memberi sesuatu. Amin.
Gratitude Journal
25 Februari 2020

1. Bersyukur ada acara pelantikan PNS di kantor, dapat kue dan kotakan makan siang deh.
2. Bersyukur bisa jalan bareng temanku ke KFC.
3. Bersyukur bisa jenguk sepupuku yang melahirkan. 
4. Bersyukur kerjaan di kantor gak hectic banget. 
5. Bersyukur pulang dari RS hujan sudah berhenti jadi kami sekeluarga gak kehujanan.

Palangka Raya, 25 Februari 2020
-Mega Menulis-

Tuesday, February 25, 2020

Kolose 3

Kolose 3

Scripture 
Kolose 3:8, 16 (TB)  Tetapi sekarang, buanglah semuanya ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu.
Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.  

Observation 
Sekarang ini perkataan kotor gak hanya keluar dari mulut, tapi juga dari jari. Beberapa hari ini aku dan iparku curhat tentang kekesalan kami akan beberapa hal. Marah dan geram karena gak bisa berbuat apa-apa jadi hanya bisa diterima. Aku belajar menerima dengan damai apa yang gak bisa aku ubah, tapi iparku masih marah dan bahkan berkata ingin melakukan hal yang bodoh. Aku kaget dan mikir kalau kemarahan memang sanggup membuat seseorang melakukan hal yang bodoh.

Perkataan kotor harus digantikan dengan perkataan Kristus supaya perkataan Kristus saja yang diam di dalamku. Supaya aku bisa berhikmat dalam mengajar, menegur dan memuji Tuhan. 

Aplication 
- Setiap keluar dorongan untuk mengungkapkan amarah, aku harus tenang dan confess firman. 
- Aku gak boleh membiarkan tangan dan mulutku berbuat dosa. 

Prayer 
Tuhan, tolong aku untuk memuliakan Tuhan perkataanku. Taruhlah perkataanMu di dalamku supaya itu saja yang keluar dari mulut dan tanganku. Amin.
Gratitude Journal
24 Februari 2020

1. Bersyukur bisa masak sayur bayam dan ikan kembung. Sara suka dan makannya banyak. Sofi lagi susah makan beberapa hari ini. Bersyukur masih ada yang mau dimakan.
2. Bersyukur temanku bayar tiket pesawatnya hari ini.
3. Bersyukur bisa main sama bocah-bocah hari ini
4. Bersyukur suamiku bisa tolongin keluarga yang pindahan.
5. Bersyukur Sofia semakin hari semakin bertambah cerewet dan belajar banyak kata baru. Sebelumnya sedikit sekali ngomongnya dan gak mau belajar kata baru. Puji Tuhan, keputusan papanya untuk no screen baik TV maupun gadget dah sebulan lebih ada hasilnya.

Palangka Raya, 24 Februari 2020
-Mega Menulis-

1 Korintus 13

1 Korintus 13 

Scripture       
1 Korintus 13:3 (TB)  Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikit pun tidak ada faedahnya bagiku.

Observation & Aplication 
Kita bisa memberi tanpa mengasihi, tetapi kita tidak mengasihi tanpa memberi. Ayat hari ini jadi perenunganku :
- Selama ini apakah pemberianku kepada orang lain sudah didasari kasih? Atau hanya karena terpaksa? Atau karena ingin dianggap baik? Atau jangan-jangan aku ingin mendapatkan balasan? Motivasiku memberi harus benar-didasari kasih pada Tuhan dan sesama. 
- Apakah aku sudah memberikan yang terbaik kepada mereka yang katanya kukasihi?

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk mengasihi bukan dengan lidahku tapi juga dengan memberikan apa yang ada padaku dengan sukacita. Tolong aku juga untuk membereskan motivasiku saat memberi. Amin.
Gratitude Journal
23 Februari 2020

1. Bersyukur bisa main di tempat mamaku dan mama masak b2, hahaha.
2. Bersyukur melihat Sara yang selalu semangat tiap sekolah Minggu, kalau dah nyanyi lagu sekolah Minggu suaranya kencang banget.
3. Bersyukur dapat oleh-oleh dari teman yang datang dari Padang.
4. Bersyukur Mama belikan kue buat cucu-cucunya.
5. Bersyukur bisa ke Hypermart dan beli barang diakon, bisa jalan-jalan bareng sekeluarga.

Palangka Raya, 23 Februari 2020
-Mega Menulis-

Sunday, February 23, 2020

Roma 13

Roma 13

Scripture       
Roma 13:14 (TB)  Tetapi kenakanlah Tuhan Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata terang dan janganlah merawat tubuhmu untuk memuaskan keinginannya.

Observation
Tubuhku seharusnya untuk kemuliaan Tuhan,bukannya aku hidup untuk memuaskan tubuhku. Setiap hari perlu belajar mengendalikan segala keinginan dan menundukkannya di hadapan Kristus. Mendisiplin diri supaya keinginanku gak membuatku berdosa. 

Aplication
✔️ Aku harus membedakan keinginan dan kebutuhan. Jangan asal mengikuti keinginan. 
✔️ Kalau mau beli sesuatu, diskusi dulu dengan suami yang bisa jadi kontrol buatku. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk merawat tubuhku hanya bagi kemuliaanMu. Amin.
Gratitude Journal
22 Februari 2020

1. Bersyukur bisa belanja popok diskon. Bersyukur ada berkat buat stok susu bocah. 
2. Bersyukur bisa menghadiri adek teman yang menikah dan ketemu kawan lama.
3. Bersyukur bisa merelakan hutang seseorang.
4. Bersyukur lihat foto yang dishare di grup keluarga. Tambiku yang berumur lebih dari 90 tahun asyik main catur, puji Tuhan.

Palangka Raya, 22 Februari 2020
-Mega Menulis-

Saturday, February 22, 2020

Roma 12

Roma 12

Scripture       
Roma 12:20 (TB)  Tetapi, jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah dia minum! Dengan berbuat demikian kamu menumpukkan bara api di atas kepalanya. 

Observation
Tetap berbelas kasihan ke orang yang gak disukai. Tetap mengasihi sekalipun sulit. 

Aplication
✔️ Jangan biarkan kasih kalah dengan amarah Meg! 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk tetap berbelas kasihan sekali pun sulit. Amin.
Gratitude Journal
21 Februari 2020

1. Bersyukur hari Jumat bisa senam, lumayan banget ada waktu olahraga khusus setiap minggu. 
2. Bersyukur hari ini gak perlu masak, masih ada sisa lauk yang dikasih temenku kemarin. 
3. Bersyukur bisa main ke rumah mama. 
4. Bersyukur bisa ngobrol sama iparku hari ini. 
5. Bersyukur sama suami sepakat untuk beberapa hal yang mengganjal.

Palangka Raya, 21 Februari 2020
-Mega Menulis-

Amsal 25

Amsal 25

Scripture       
Amsal 25:24 (TB)  Lebih baik tinggal pada sudut sotoh rumah dari pada diam serumah dengan perempuan yang suka bertengkar. 

Observation
Tadi pagi aku lihat status fb teman tentang fenomena isteri-isteri yang menangisi suami orang yang meninggal (alm. Ashraf) sementara suami sendiri malah diomelin melulu jadi ketawa. 

Tapi pas banget hari ini aku dan suami gak sependapat akan suatu hal. Pengen ngotot rasanya. Nah, alih-alih memaksa suami mengikuti keinginanku, aku cuma menyampaikan pemikiranku dan gak memaksa suami mengikuti. Aku gak mau jadi perempuan cerewet yang memaksakan keinginannya. Keputusan apapun, aku mau belajar dukung dengan sukarela. 

Aplication
✔️ Aku mau dukung suami dalam doa supaya mengambil keputusan yang terbaik dan belajar percaya kalau apapun keputusannya Tuhan sanggup datangkan kebaikan. 

Prayer
Tuhan, tolong suamiku untuk mengambil keputusan terbaik seturut kehendakMu. Amin.
Gratitude Journal
20 Februari 2020

1. Bersyukur laporan rapat sudah beres.
2. Bersyukur dapat blessing lauk dan kue banyak banget.
3. Bersyukur udah selesai isi sensus online.
4. Bersyukur sudah ada tanda terima pelaporan harta dari elhkpn.
5. Bersyukur bisa ke pasar subuh dan stok bahan makanan buat seminggu ke depan.
6. Bersyukur bisa masak gulai ayam, bacem tempe tahu, ungkap ayam, dan kukus tongkol. Lumayan berapa hari ke depan tinggal panasin lauk dan masak sayur.

Palangka Raya, 20 Februari 2020
-Mega Menulis-

Amsal 24

Amsal 24

Scripture       
Amsal 24:10 (TB)  Jika engkau tawar hati pada masa kesesakan, kecillah kekuatanmu. 

Observation
Beberapa hari ini lelah rasanya mendengar saudara yang datang menceritakan detail masalahnya, mengeluh dan mengeluh. Duh, gak bisa ya semangat? Gak usah banyak ngeluh deh. Hayok move on! Lakukan yang kamu bisa. Pengen teriak gitu. 

Aplication
✔️ Pelajaran buatku untuk gak mengeluh terus-menerus saat ada masalah.

Prayer
Tuhan, aku mau bersemangat menanggung apapun dab gak tawar hati. Aku percaya akan melihat kebaikan Tuhan di setiap keadaanku. Amin.
Gratitude Journal
19 Februari 2020

1. Bersyukur bisa ngobrol subuh sama suami sambil makan Indomie. 
2. Bersyukur suami bisa share imannya ke seseorang dan cerita suami beneran blessing aku. 
3. Bersyukur uang perjalanan dinas keluar. Benar-benar tepat waktu. 
4. Bersyukur bisa blessing orang lain. 
5. Bersyukur ada mama malam-malam ke rumah bawa brownies dan nasi goreng. 
6. Bersyukur malam sebelum tidur bisa quality time sama suami dan ngobrol banyak. Hari ini banyak ngobrol sama suami. Senang banget bisa sepakat beberapa hal sama suami.

Palangka Raya, 19 Februari 2020
-Mega Menulis-

Tuesday, February 18, 2020

Lukas 19

Lukas 19

Scripture       
Lukas 19:8 (TB)  Tetapi Zakheus berdiri dan berkata kepada Tuhan: "Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat."

Observation
Pertobatan Zakheus bukan hanya perkataan, tapi ada perubahan hidup. Kasihnya kepada sesama muncul. Kalau dahulu dia hanya memikirkan dirinya sendiri tapi sekarang dia memikirkan kepentingan sesamanya dan bersedia menebus kesalahannya dengan membayar berlipat. Zakheus mulai dipenuhi kepedulian pada orang miskin yang selama ini tidak dipedulikannya. Sungguh luar biasa. 

Aplication
✔️ Aku belajar untuk peduli lebih lagi kepada mereka yang tidak bisa membalas kebaikanku. Belajar tulus dalam memberi. 

Prayer
Tuhan, Tuhan tahu saat ini aku sulit untuk memberi pada seseorang tapi biarlah aku dipenuhi belas kasihan kepada mereka yang memerlukan ya Tuhan, tanpa memandan A, B atau C. Amin.
Gratitude Journal
18 Februari 2020

1. Bersyukur temanku bayar uang tiketnya.
2. Bersyukur akhirnya ketemu selisih dalam timeline monevgar yang aku kerjakan meskipun belum bisa juga input, tapi sudah ada solusi. Kami bisa bantu orang pusat untuk input. 
3. Bersyukur bisa makan bareng adekku dan mamahku, bisa ngobrol bareng mereka. 
4. Bersyukur selesai buat paparan untuk rapat penyusunan kemajuan besok.
5. Bersyukur seharian ini bocah mau makan ayam rica.
6. Bersyukur bisa makan pepaya yang manis banget dari temanku.
7. Bersyukur bisa selesai koreksi laporan mahasiswa PKL di kantor kami.

Palangka Raya, 18 Februari 2020 
-Mega Menulis-

Lukas 10

Lukas 10

Scripture       
Lukas 10:37 (TB)  Jawab orang itu: "Orang yang telah menunjukkan belas kasihan kepadanya." Kata Yesus kepadanya: "Pergilah, dan perbuatlah demikian!"

Observation
Hari ini aku ditelpon kakak sepupuku yang membantu menanyakan sesuatu untuk saudara kami yang memerlukan bantuan, lalu aku jadi kesal karena masalah yang ditimbulkan saudaraku itu jadi panjang perkaranya. Aku mau menyerah membantu dia, buat apa, toh dia sendiri yang membuat masalah. Tapi baca ini diingatkan untuk tetap berbelas kasihan kepada dia yang mengalami kesulitan. Duh. Rasanya gak ingin berbelas kasihan, gak sanggup, jadi kepikiran sementara rasanya gak bisa memberikan bantuan yang diperlukan. Tapi aku teringat suamiku yang berkata untuk memberikan bantuan semampu kami,sebisa kami saja. Yang penting kami tulus ingin membantu. 

Aplication
✔️  Tetap berikan bantuan sebisamu Meg! Jangan membatasi karya Tuhan melaluimu. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk gak membatasi karya Tuhan di dalam dan melalui kami. Jangan biarkan kami berhenti melakukan yang kami bisa untuk menolong yang membutuhkan. Amin.
Gratitude Journal
17 Februari 2020

1. Bersyukur timeline untuk aplikasi monevgar sudah tersusun, tinggal cek lagi sebelum diekspor ke aplikasi.
2. Bersyukur bisa menemani sahabatku untuk persiapan pernikahan adeknya.
3. Bersyukur dapat lipstik dan pepaya dari temanku.
4. Bersyukur honor PPSPM hari ini keluar.
5. Bersyukur bisa bayar kreditan emas bulan ini.
6. Bersyukur melihat Sofia yang semakin cerewet dan bertambah kosa katanya.
7. Bersyukur Sofia suka mewarnai gambar dengan pasir warna.

Palangka Raya, 17 Februari 2020
-Mega Menulis-

Lukas 6

Lukas 6

Scripture       
Lukas 6:36 (TB)  Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati."

Observation
Tadi siang aku tidur, pas bangun ada suami cerita ada keluarga yang ke rumah dan suami blessing dia. Memang aku tahu dia sedang kesulitan keuangan, tapi dalam minggu ini kami sudah blessing mereka beberapa kali. Aku sampai berucap ke suami, gak bisa sih gini terus, mereka harus segera dibanti untuk dapat pekerjaan, karena kalau nggak akan mengganggu keuangan keluarga. Apalagi kami bukan yang berlebih. 

Baca ayat ini sekarang berasa ketampar sih aku, Tuhan sudah bermurah hati dengan kami, kok aku sulit sekali bermurah hati. Jujur aja, aku ngitung secara manusia sih apa yang ada pada kami. Aku lupa kalau Bapa di Sorga aja gak pernah membiarkan kami kekurangan. Kalau aku renungkan kebaikanNya, gak pernah kok kami kekurangan. 

Aplication
✔️ Prioritas kami tetap bantu mereka untuk mencarikan pekerjaan. 
✔️ Saat kami blessing orang lain, aku mau percaya kalau Allah adalah Allah yang memelihara kami sempurna. Dia akan cukupkan bahkan mampukan kami jadi saluran berkatNya.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk bermurah hati dan mempercayai Tuhan sepenuhnya. Tolong keluarga I juga Tuhan dan jangan biarkan aku mengeraskan hati waktu Tuhan mau kami blessing mereka. Amin.
Gratitude Journal
16 Februari 2020

1. Bersyukur sukses bikin mie ayam full topping.
2. Bersyukur ke Gereja biarpun telat, diberkati dengan materi Sekolah Minggu tentang mengasihi dengan berbagi.
3. Bersyukur walaupun bocah-bocah kurang sehat, Sara dan Sofia panas kadang tapi selera makannya masih bagus.
4. Bersyukur sore bisa jalan bareng sekeluarga dan main di playground dekat rumah.
5. Bersyukur obat panas dan anti muntah di rumah masih ada.
6. Bersyukur malam-malam Sara lapar dan ada stok kentang jadi aku bisa buat kentang goreng untuk Sara.
7. Bersyukur paket yang kami pesan datang hari ini.
8. Bersyukur suami bermurah hati pada keluarga yang membutuhkan.

Palangka Raya, 16 Februari 2020
-Mega Menulis-

1 Samuel 15

1 Samuel 15

Scripture       
1 Samuel 15:22 (TB)  Tetapi jawab Samuel: "Apakah TUHAN itu berkenan kepada korban bakaran dan korban sembelihan sama seperti kepada mendengarkan suara TUHAN? Sesungguhnya, mendengarkan lebih baik dari pada korban sembelihan, memperhatikan lebih baik dari pada lemak domba-domba jantan. 

Observation
Bacaan hari ini seperti peneguhan dari yang aku dapat semalam kalau tanda kita mengasihi Tuhan adalah kita taat. Tuhan ingin kita mentaati Dia dalam segala hal karena Dia tidak membutuhkan korban bakaran atau persembahan. Seringkali manusia memakai hikmatnya sendiri, mengira saat dia melakukan ini itu Tuhan akan senang, padahal gak perlu pakai hikmat sendiri, cukup dengar kata Tuhan. 

Mengasihi Tuhan dengan perbuatan, gak ngomong doang. Gak peduli orang bilang apa, gak peduli pandangan orang apa. 

Aplication
✔️ Gak perlu aku melakukan ini itu yang gak diminta Tuhan. Cukup lakukan apa kata Tuhan dan taat. 

Prayer
Tuhan, jangan biarkan aku mengandalkan pemikiranku sendiri tapi aku mau taat. Amin.
Gratitude Journal
15 Februari 2020

1. Bersyukur bisa cuci pakaian hari ini.
2. Bersyukur bisa blessing keluarga yang sedang kesulitan keuangan.
3. Bersyukur bisa ikut ibadah penghiburan mamanya temanku yang meninggal.
4. Bersyukur bisa belanja popok diskon.
5. Bersyukur bisa bikin ayam kecap untuk bikin mie ayam. Dan enakkkkk.... *proud*

Palangka Raya, 15 Februari 2020
-Mega Menulis-

Saturday, February 15, 2020

Yohanes 14

Yohanes 14 

Scripture       
Yohanes 14:15 (TB)  "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.

Observation
Tanda kita mengasihi Tuhan adalah dengan taat, as simple as that. Percuma bilang mengasihi tapi gak taat, kasih yang sesungguhnya ditunjukkan dengan perbuatan. Karena perbuatan bicara lebih keras dibandingkan perkataan.

Aplication
✔️ Taat sama Tuhan Meg! Taat! Taat! Taat! Tuhan bilang jangan kuatir ya jangan kuatir. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk mengasihi Engkau dengan perbuatanku. Amin.
Gratitude Journal
14 Februari 2020

1. Bersyukur AC di rumah sudah dibersihkan jadi air gak netes lagi.
2. Bersyukur sahabatku ngasih coklat buat bocah-bocah di rumah.
3. Bersyukur main ke tempat omku dan bisa ngobrol bareng.
4. Bersyukur saat Sara panas di rumah ada stok obat penurun panas.
5. Bersyukur walaupun sakit, Sara makannya masih selera.
6. Bersyukur bisa belajar dari kutipan yang dishare Tabita : The more I know your weakness, the more I love you. Dalam kehidupan pernikahan saat kita tahu kejelekan atau kelemahan pasangan biasanya terjadi pertengkaran tapi lewat kutipan ini aku diingatkan untuk semakin mengasihi pasangan dengan segala kekurangannya.
7. Bersyukur dah setor artikel buat Majalah Pearl untuk bulan Februari.
8. Bersyukur sewaktu pagi gak sempat sarapan, ehh... Di kantor disediakan kolak sehabis olahraga.
9. Bersyukur bisa senam walaupun hujan

Palangka Raya, 14 Februari 2020
-Mega Menulis-

Galatia 5

Galatia 5

Scripture       
Galatia 5:22 (TB)  Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, 

Observation
Kemarin suamiku mengajak bertemu keluarganya yang lama gak ketemu. Aku cukup shock dengan keadaan ekonomi mereka sekarang karena dua tahun yang lalu hidup mereka  enak banget, apalagi anaknya sekarang sudah 3. Kupikir semua yang mereka alami disebabkan kebodohan mereka  dalam bertindak. Dia bilang sempat mau bunuh diri segala kalau gak ingat Tuhan karena emang tragis sih. 

Waktu ngobrol berdua dengan suami aku gak berhenti ngomong :kok bisa ya, kok gini ya, kok gitu ya. Lalu suami bilang, ya disalah-salahin juga gak menolong mereka. Kita lakukan yang kita bisa aja. Jleb. Jleb. Jleb. Aku belajar kalau buah roh yang kita miliki harus bisa dirasakan manisnya oleh orang lain. Saat ini saudara kami itu butuh melihat kasih, kemurahan dan kebaikan dari orang lain, bukan penghakiman,bukan celaan. 

Aplication
✔️ Aku dan suami mau fokus usahakan mencarikan pekerjaan untuk mereka, karena kalau uang kami sangat terbatas dan itu gak bisa menolong mereka dalam jangka panjang. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk mengasihi dengan tindakan dan melakukan sesuatu untuk meringankan penderitaan orang lain. Amin.

Gratitude Journal
13 Februari 2020

1. Bersyukur bisa asyik ngobrol sama suamiku sebelum berangkat kantor sampai hampir telat.
2. Bersyukur bisa penuhi komitmen kami tiap bulan.
3. Bersyukur hari ini gak ada keluar duit sama sekali, hahaha.
4. Bersyukur bocah-bocah senang dikasih coklat.
5. Bersyukur ada keluarga suami yang main ke rumah, jadi bisa ngobrol dan makan bareng.

6. Bersyukur bocah-bocah makan sup jagung yang kubuat lahap banget.

Palangka Raya, 13 Februari 

-Mega Menulis-


Thursday, February 13, 2020

Matius 22

Matius 22 

Scripture       
Matius 22:39 (TB)  Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Observation
Kalau aku ingin mengasihi sesama seperti mengasihi diri sendiri berarti aku harus mengasihi diriku terlebih dahulu. Bukan berarti egois dan hanya mementingkan diri sendiri. Tapi ini lebih ke bagaimana aku tahu dan punya standar sebagaimana aku ingin diperlakukan dan merasa maka itulah yang harus kuperbuat bagi orang lain untuk menunjukkan kasih kepadanya. Golden rules ini yang harus kulakukan : Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka.

Aplication
✔️ Aku ingin diampuni saat berbuat salah, berarti juga aku harus mengampuni sesamaku yang berbuat salah dan tidak mengungkit kesalahannya. 
✔️ Aku ingin didengarkan, berarti aku harus belajar mendengarkan orang lain. 

Prayer
Tuhan, tolong mampukan aku memperlakukan orang lain sebagaiman aku ingin diperlakukan. Ajarkan aku mengasihi seperti Tuhan mengasihi. Amin.
Gratitude Journal
12 Februari 2020

1. Bersyukur bisa istirahat dengan cukup semalaman jadi pagi-pagi bangun segar rasanya dan bisa sata teduh.
2. Bersyukur bisa buat nasi goreng untuk sarapan.
3. Bersyukur stok makanan yang aku tinggalkan buat orang rumah sewaktu dinas minggu lalu masih ada. Jadi, minggu ini bisa panasin makanan doang dan gak perlu masak kecuali lagi pengen.
4. Bersyukur aku bisa belajar input aplikasi SAKTI.
5. Bersyukur hari ini suamiku ketemu keluarganya di sini yang lama gak kontak dan bisa tahu kondisinya. Bersyukur masih bisa blessing mereka.
6. Bersyukur buat kondisi keluarga kami saat ini, terkadang pengen mengeluh tapi Tuhan ingatkan untuk gak fokus sama diri sendiri dan melihat ada orang lain yang butuh pertolongan.

Palangka Raya, 12 Februari 2020
-Mega Menulis-

Tuesday, February 11, 2020

Keluaran 20







Keluaran 20

Scripture       
Keluaran 20:19-20 (TB)  Mereka berkata kepada Musa: "Engkaulah berbicara dengan kami, maka kami akan mendengarkan; tetapi janganlah Allah berbicara dengan kami, nanti kami mati."
Tetapi Musa berkata kepada bangsa itu: "Janganlah takut, sebab Allah telah datang dengan maksud untuk mencoba kamu dan dengan maksud supaya takut akan Dia ada padamu, agar kamu jangan berbuat dosa."

Observation
Wowww!!! Kondisi yang sama tapi menghasilkan respon yang berbeda. 
Kondisi : Allah telah datang dengan maksud untuk mencoba kamu dan dengan maksud supaya takut akan Dia ada padamu, agar kamu jangan berbuat dosa. 
Bangsa Israel  - > Pergi menjauh dari Allah dan minta diwakili Musa lalu tinggal tetap dalam dosa. 
Musa - > Menjaga kekudusannya dan mendekati Allah. 
Kamu pilih yang mana Meg? 

Aplication
✔️ Aku mau seperti Musa yang hidup dalam kekudusan karena Allahku kudus. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk berespon benar dalam segala kondisi. Mampukan aku hidup dalam kekudusan ya Tuhan, jangan biarkan aku tinggal tetap dalam dosa dan menjauhi Engkau. Amin.
Gratitude Journal
11 Februari 2020

1. Bersyukur ada mamaku yang jagain Sara dan Sofia hari ini karena Pa Sara ke Kasongan dan aku ngantor.
2. Bersyukur tanah kami di Kasongan bisa naik dari SKT jadi SHM.
3. Bersyukur urusan suamiku di Kasongan lancar, teman-temanku antarkam ke lokasi tanah kami, terus malah dapat blessing makan siang bareng mereka.
4. Bersyukur Perjanjian Kinerja orang kantor sudah selesai aku buat.
5. Bersyukur bisa cuci pakaian sepulang dari kantor.

Palangka Raya, 11 Februari 2020
-Mega Menulis-

Ulangan 30

Ulangan 30

Scripture       
Ulangan 30:14 (TB)  Tetapi firman ini sangat dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu, untuk dilakukan. 

Observation
Firman Tuhan sangat dekat di mulut dan di hatiku.Amin. Aku bersyukur bisa memperkatakan firman setiap hari. Aku bersyukur bisa menyimpan firman dalam hatiku. Kalau aku ingat banyak orang yang gak mengenal kebenaran firman Tuhan, betapa bersyukurnya aku bisa membaca firman Tuhan setiap hari. 

Aplication
✔️ Firman Tuhan yang kuperkatakan dan kusimpan, semuanya untuk dilakukan. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk jadi pelaku firman di setiap hariku. Amin.
Gratitude Journal
10 Februari 2020

1. Bersyukur suamiku dapat jaket dan boxer yang dia mau beli di olshop dengan harga murah.
2. Bersyukur siang-siang ada penjual gado-gado enak lewat depan rumah, murah cuma 10 ribu.
3. Bersyukur tunjangan kinerja masuk hari ini.
4. Bersyukur temanku Yubi dan Ogar di Kasongan mau menemani suamiku untuk pengukuran tanah kami besok. 
5. Bersyukur laporan  perjalanan dinasku ke Jakarta minggu lalu sudah selesai.

Palangka Raya, 10 Februari 2020
-Mega Menulis-

Monday, February 10, 2020

Ulangan 11

Ulangan 11 

Scripture       
Ulangan 11:27-28 (TB)  berkat, apabila kamu mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini; 
dan kutuk, jika kamu tidak mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, dan menyimpang dari jalan yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini, dengan mengikuti allah lain yang tidak kamu kenal.

Observation
Tuhan memberikan kehendak bebas supaya dengan kesadaran aku menggunakan hikmat untuk memilih hidup dalam ketaatan penuh kepada Allah atau menyimpang dari perintahnya. Tuhan sudah memperingatkan kalau setiap pilihan ada konsekuensinya. Ya, Dia mengampuni kesalahanku tetapi Dia juga mau mengajarkan kalau aku tidak bebas memilih konsekuensi dari pilihanku. Setiap hari aku yang memilih, menghadap pada berkat atau kutuk. 

Aplication
✔️ Setiap hari aku memilih mau mendengarkan perintah Tuhan dan melakukan kehendakNya. 

Prayer
Tuhan, tolong aku, mampukan aku untuk hidup dalam ketaatan setiap hari. Amin.
Gratitude Journal
9 Februari 2020

1. Bersyukur waktu Sekolah Minggu, Sara berani maju ke depan dan nyanyi.
2. Bersyukur bisa melipat dan menyetrika pakaian yang aku cuci hari Sabtu.
3. Bersyukur bisa main ke rumah temanku yang baru melahirkan, Sara dan Sofia senang main di sana.
4. Bersyukur seharian cuacanya mendung jadi enak banget nyantai seharian.
5. Bersyukur bulan Februari ini sudah baca 2 buku: Imperfect (Meira Anastasia) dan Kisah-Kisah Beedle Si Juru Cerita (J. K. Rowling).

Palangka Raya, 9 Februari 2020
-Mega Menulis-

Saturday, February 8, 2020

Ulangan 6

Ulangan 6

Scripture       
Ulangan 6:17-18 (TB)  Haruslah kamu berpegang pada perintah, peringatan dan ketetapan TUHAN, Allahmu, yang diperintahkan-Nya kepadamu; 
haruslah engkau melakukan apa yang benar dan baik di mata TUHAN, supaya baik keadaanmu dan engkau memasuki dan menduduki negeri yang baik, yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu, 

Observation
Seringkali aku merasa terpaksa mengikuti ketetapan Tuhan, apalagi kalau melihat kok mereka yang gak taat hidupnya enak-enak aja. Tapi sesungguhnya setiap ketetapan yang dibuat Tuhan akan mendatangkan kebaikan bagiku. Kasarnya, Tuhan gak dirugikan kok kalau aku gak melakukan yang baik dan benar. Kemuliaan Allah gak tergantung dari ketaatanku. Allah tahu apa yang akan menanti di hadapanku saat aku gak taat dan bertindak sesukaku. Aku harus percaya bahwa yang baik terjadi saat aku hidup dalam ketaatan padaNya, karena Dia lebih tahu jalan hidupku. 

Aplication
✔️ Aku mau menaati Tuhan, melakukan yang baik dan benar di hadapanNya. Aku tahu Allah mengasihiku dengan memberikan segala ketetapanNya. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk menaatiMu hari ini dan seterusnya. Amin.
Gratitude Journal
8 Februari 2020

1. Bersyukur  hari ini cuma perlu masak nasi karena udah ada bebak kaleyo. Bocah-bocah suka banget tuh bebek.
2. Bersyukur bisa cuci pakaian, gak begitu banyak trus dibantuin suami lagi.
3. Bersyukur bisa ke Puskesmas nganter bocah buat dapat vitamin A.
4. Bersyukur baju yang kubeli buat mama dan adekku muat semua.
5. Bersyukur hari ini sepupuku yang kuliah di Jogja pulang dan bawa bakpia, pa Sara suka sekali bakpia.
6. Bersyukur malam ke Hypermart dan ada diskon coklat kesukaan bocah, beli 1 gratis 1,yay!
7. Bersyukur di rumah mamah ada tekwan. Jadi sore makan tekwan panas-panas. So yummy.
8. Bersyukur bisa bayar tagihan KK dan kredit rumah di Kasongan.

Palangka Raya, 8 Februari 2020
-Mega Menulis-

Mikha 7

Mikha 7

Scripture       
Mikha 7:2 (TB)  Orang saleh sudah hilang dari negeri, dan tiada lagi orang jujur di antara manusia. Mereka semuanya mengincar darah, yang seorang mencoba menangkap yang lain dengan jaring. 

Observation 
Ngeri sekali keadaan Israel zaman dulu, dikatakan gak ada orang saleh satu pun dan orang jujur gak ada. Bahkan tega mencelakai orang lain demi dirinya sendiri. Jadi diingatkan untuk hidup saleh, jujur dan gak memikirkan kepentingan diri sendiri. 

Aplication
✔️ Bagian gak mementingkan diri sendiri itu membuatku ingat kalau aku belum mengirimkan komitmenku. Hari ini aku akan kirimkan. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk gak hanya mementingkan diri sendiri dan mengingat apa yang jadi komitmenku. Amin.
Gratitude Journal
7 Februari 2020

1. Bersyukur siang baru ke BNN jadi bisa bangun agak siang dan bersantai di hotel.
2. Selama di hotel baru hari ini nyadar ada bubur, hahaha. Padahal selama ini aku pengen sarapan bubur, bersyukur kesampaian di hari terakhir ini.
3. Bersyukur dapat blessing brownies dari Yolanda. Aih, dah terbayang senangnya bocah-bocah. Bener dong, pas malam aku datang dan lihat tu brownies, Sara langsung minta, padahal dah malam aku datang. 
4. Bersyukur ada Gofood jadi bisa pesan bebek Kaleyo kesukaan orang rumah dan makan bebek Kaleyo pas di bandara selagi nunggu pesawat.
5. Bersyukur gak perlu naik taksi ke bandara, ada bisa dari PGC. Lumayan hemat ongkos pulang 😁
6. Bersyukur Arfian bisa input renja hari ini dan selesai karena deadline. 
7. Bersyukur tiap 2 jam bisa ganti pembalut dan selalu ketemu toilet yang bersih. Jadi walaupun lagi banyak-banyaknya tetap nyaman.
8. Bersyukur sampai di Palangka Raya dengan selamat, sempat takut karena pas take off hujan deras banget, sempat turbulensi yang bikin pesawat goyang cukup lama pulak. Duh, leganya pas sampai.
9. Bersyukur di bandara dah dijemput teman kantorku.
10. Bersyukur pas sampai rumah, suami dan bocah-bocah belum tidur jadi seru deh bebongkar barang bawaan mamanya sambil ngoceh-ngoceh.
11. Sempat mikir kalau pulang ini cucian bakal segaban karena hampir seminggu tuh pakaian numpuk kalau dihitung selama kutinggal. Puji Tuhan, ternyata selama aku tinggal suami ada nyuci jadi gak terlali banyak. Duh, suamiku luar biasa.
12. Bersyukur malam bisa ngobrol banyak sama suamiku, entah jam berapa kami baru tidur. I'm home.

Palangka Raya, 7 Februari 2020
-Mega Menulis-

Friday, February 7, 2020

1 Yohanes 4

1 Yohanes 4

Scripture       
1 Yohanes 4:21 (TB)  Dan perintah ini kita terima dari Dia: Barangsiapa mengasihi Allah, ia harus juga mengasihi saudaranya. 

Observation
Ketampar-tampar baca ini, semalam baru mengghibah dengan seorang kawan tentang kawan kami yang lain. Emang sih kawan yang satu itu ngeselin. Bawaannya bikin kesel banget. Banyak sekali yang dilakukannya yang gak rasional dna nyusahin orang lain. Tapiii... Ngomongin dia gak menunjukkan kalau aku mengasihi dia. Itu gak membuatku makin mengasihi dia, yang ada malah tambah kesel. 

Aplication
✔️ Saat aku kesal dengan temanku itu, aku gak perlu ngomongin dia dengan orang lain. Mending ngomong ke orangnya langsung (dengan cara yang benar). 
✔️ Saat temanku ngajakin ngomongin kawanku yang ngeselin itu, aku mendengar aja, kalau bisa menghindar dan ganti topik. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk mengasihi orang lain dengan menahan mulutku membicarakan kejelekannya.
Gratitude Journal
6 Februari 2020

1. Bersyukur bisa ke kantor BNN, walaupun yang mengurus kepegawaian gak ada dan besok kami jadi harus balik lagi dan lebih lama di sana tapi jadi bisa melihat bagaimana pengarsipan di sana.
2. Bersyukur pas mau ke PGC ketemu orang BNN yang mau keluar, jadi dianterin deh.
3. Bersyukur di PGC bisa beli hadiah buat temanku yang habis lahiran.
4. Bersyukur makan soto yang enak pas makan siang. Ternyata itu langganan bosku.
5. Bersyukur berhasil packing barang-barangku yang beranak pina di sini.
6. Bersyukur malam bisa ngobrol lama dengan suami pas video call. I miss him so much.
7. Bersyukur haid sesuai jadwal, jadi dah prepare pembalut pas jalan.
8. Bersyukur semua barang online pesananku sampai hari ini jadi malam bisa packing dan besok tinggal bawa. 

Jakarta, 6 Februari 2020
-Mega Menulis-

Thursday, February 6, 2020

Roma 8

Roma 8

Scripture       
Roma 8:29 (TB)  Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. 

Observation
Jika aku termasuk orang pilihan Allah, berarti aku juga dipanggil untuk hidup serupa dengan Kristus. Serupa dalam hal apa? Aku memikirkan beberapa karakter Kristus yang menonjol dan Ia adalah kasih, Ia hidup dalam kekudusan, Ia taat pada BapaNya. 

Aplication
✔️ Setiap hari aku dipanggil untuk hidup kudus, mengasihi dan taat pada Bapa Sorgawi. Aku mau taat untuk serupa dengan Kristus dalam ketiga hal ini. 

Prayer
Tuhan, tolong aku hari ini untuk hidup sebagaimana Kristus hidup. Amin.
Gratitude Journal
5 Februari 2020

1. Bersyukur kegiatan penyusunan LKIP berjalan dengan lancar. Yay!
2. Bersyukur diperpanjang bosku nginap di hotel yang sekarang sampai kami pulang Jumat nanti, hohoho.
3. Bersyukur dapat baju murah meriah untuk bocah. Bersyukur juga dapat gantungan panci yang sudah lama dicari 🤣 Jauh-jauh ke Jakarta cari gantungan panci coba.
4. Bersyukur bisa jajan street food di sekitar hotel.

Jakarta, 5 Februari 2020
-Mega Menulis-

Tuesday, February 4, 2020

Yohanes 3

Yohanes 3

Scripture       
Yohanes 3:19 (TB)  Dan inilah hukuman itu: Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat.

Aplication 
Aku lebih menyukai terang atau gelap? Kalau aku suka melakukan yang jahat berarti aku hidup dalam kegelapan. Saat ini, gak mudah untuk terus berada dalam terang, apalagi saat aku merasa kok hidup mereka yang berada dalam kegelapan baik-baik saja. Tapi, kalau hidupku hanya mencari keuntungan diri sendiri, aku gak sungguh datang kepada terang itu. 

Aplication
✔️ Jangan iri pada mereka yang berbuay jahat Meg. Jangan mau hidup seperti mereka yang gak mengenal Kristus. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk terus hidup dalam terangMu. Amin.
Gratitude Journal
4 Februari 2020

1. Bersyukur sudah kumpul draft lakip sementara.
2. Bersyukur gak perlu masak beberapa hari ini. Yay! Makan enak tanpa harus masak sendiri tu sesuatu banget deh 🤭
3. Bersyukur bocah-bocah makan dengan lahap stok ayam rica yang sudah aku siapkan selama aku pergi.
4. Bersyukur anak-anak gak rewel dan suamiku enjoy jagain mereka. Kangen berat sama mereka. 
5. Bersyukur buat rasa capek hari ini seharian rapat, berarti aku benar-benar bekerja. Bersyukur akhirnya bisa merebahkan badan jam 10 malam setelah hampir seharian duduk.

Jakarta, 4 Februari 2020
-Mega Menulis-

Yeremia 31

Yeremia 31

Scripture       
Yeremia 31:14 (TB)  Aku akan memuaskan jiwa para imam dengan kelimpahan, dan umat-Ku akan menjadi kenyang dengan kebajikan-Ku, demikianlah firman TUHAN. 

Observation
Wow. Luar biasa janji Tuhan ini, umatNya menjadi kenyang dengan kebajikanNya. Aku teringat Mazmur 23:1 yang berkata 'Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku'. Ini bisa berarti, karena Tuhan adalah gembalaku maka kebutuhanku selaku dicukupkanNya atau karena Tuhan gembalaku, aku gak memerlukan apa-apa lagi, aki menjadi puas hanya dengan menjadi dombaNya. 

Aplication
✔️ Aku harus selalu ingat kalau aku hanya perlu Tuhan aja, yang lain nggak. Aku puas saat hidup di dalam Dia. 

Prayer
Tuhan, aku mau menjadi puas hanya dengan kehadiranMu saja. Tolong aku supaya gak puas hanya dengan pemberianMu tapi hadiratMu. Amin.
Gratitude Journal
3 Februari 2020

1. Bersyukur bangun pagi sempat masak sayur sebelum berangkat ke bandara.
2. Bersyukur sampai di Jakarta dengan selamat.
3. Bersyukur ketemu teman-teman dari kantor lamaku dan bisa ngobrol walaupun sebentar.
4. Bersyukur untuk teknologi, aku bisa video call dengan suami dan anak-anakku, I miss them so much.
5. Bersyukur mamaku datang bantuin jaga the girls dan suamiku sungguh telaten jagain bocah. Aku diberkati dengan suami yang luar biasa.

Jakarta , 3 Februari 2020
-Mega Menulis-

Monday, February 3, 2020

Mazmur 103

Mazmur 103

Scripture 
Mazmur 103:1 (TB)  Dari Daud. Pujilah TUHAN, hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku! 

Observation & Aplication 
Hari ini hari Minggu, sudah pasti dong nanti memuji TUHAN di Gereja. Tapiii....bagaimana dengan hari lain, apakah aku kedapatan memuji Tuhan? Atau jangan-jangan aku hanya memuji Tuhan pada hari Minggu thok. Reminder untuk memuji Tuhan di segala waktu dan pujian kepadaNya tetap di dalam mulutku. 

Prayer
Tuhan, biarlah puji-pujian kepadaMu tetap sepanjang waktu. Ingatkan aku ya Tuhan. Untuk gak pernah melupakan kebaikanMu. Amin.
Gratitude Journal
2 Februari 2020

1. Bersyukur hari ini bisa menemani bocah-bocah Sekolah Minggu.
2. Bersyukur hari ini seharian di rumah mamaku dan mama senang main sama cucu-cucunya.
3. Bersyukur mama masak ketan kesukaan Sara dan papa Sara.
4. Bersyukur sepertinya anak-anak bisa diberi pengertian kalau mamanya mau pergi dinas beberapa hari. Semoga beneran ngerti dan gak rewel selama aku gak ada.

Palangka Raya, 2 Februari 2020
-Mega Menulis-

Sunday, February 2, 2020

Mazmur 33

Mazmur 33

Scripture       
Mazmur 33:20 (TB) Jiwa kita menanti-nantikan TUHAN. Dialah penolong kita dan perisai kita! 

Observation
Memang benar, Tuhanlah satu-satunya penolong dan pelindungku. Aku sungguh-sungguh harus minta ampun sama Tuhan karena meragukanNya dan kuatir. Senin besok aku dinas ke Jakarta sampai hari Jumat, nah...kas sedang kosong jadi aku dinas tanpa uang panjar. Gimana nih Tuhan, pikirku. Emang tanggal 1 aku gajian, tapi langsung kepotong buat kredit rumah. Suamiku jarang gajian tepat tanggal 1,eh...ternyata hari ini suami gajian. Lalu datang tetanggaku dari Kasongan membayar kontrak rumah kami. Duh, Tuhan baik banget. 

Aplication
✔️ Jangan pernah meragukan pertolongan Tuhan yamg yang selalu tepat waktu Meg! 

Prayer
Terima kasih untuk kebaikanMu ya Tuhan hari ini. Aku bersyukur. Amin.
Gratitude Journal
1 Februari 2020

1. Bersyukur bangun subuh bisa ke pasar dan belanja buat stok makanan seminggu ke depan.
2. Bersyukur dibantuin suami nyuci oakaian.
3. Bersyukur bisa masak beberapa jenis makanan untuk stok orang rumah selama ditinggal.
4. Bersyukur Sara suka sekali udang goreng tepung yang aku buat, sampai malam pun dia tetap ngemilin udang.
5. Bersyukur tetangga yang ngontrak rumah di Kasongan datang dan bayar uang kontrakan.
6. Bersyukur Pa Sara gajian hari ini, jadi uangnya bisa aku bawa ke Jakarta 🙏😂🙏😂
7. Bersyukur bisa belanja susu dan popok bocah.

Palangka Raya, 1 Februari 2020
-Mega Menulis-

1 Yohanes 2

1 Yohanes 2 

Scripture       
1 Yohanes 2:15 (TB)  Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu.

Observation
Baca ini serasa ketemplak dan pengen denial. Mulai ngomong ke diri sendiri:
Masa sih aku mengasihi dunia segitunya? 
Lalu kalau ngga, kenapa juga kamu gak mau melakukan karena alasan gak ada uang padahal kamu ada? 
Bukan ga ada sih lebih tepatnya, tapi budgetnya bukan ke situ? 
Loh, gimana bisa ga ada budget kalau memang ada duitnya? 
Ya karena ini sesuatu yang gak rasional banget sih. Duh. 
Kalau dengan melakukan ini bisa membuatmu menunjukan kasih Bapa, kenapa nggak Meg?
Duar!! Case closed 😭

Aku sedang bergumul tentang sesuatu dan diingatkan bagaimana mengasihi orang lain melalui keputusanku. Ada biaya yang ditimbulkan dari keputusanku, dan cukup berat mengambil keputusan ini. Dan jujur, ada ketidakrelaan harus mengeluarkan uang buat sesuatu yang gak rasional dalam keadaan seperti ini. Gak rasional menurutku sih. Imanku gak cukup kuat untuk bilang Tuhan pasti cukupkan. Ada sisi yang berpikir aku mencobai Tuhan saat melakukan hal yang sebenarnya kutahu gak perlu. 

Aplication
✔️ Berdoa supaya aku bisa mengambil keputusan yang terbaik. 

Prayer
Tuhan, berikanku hikmatMu untuk mengambil keputusan yang terbaik. Amin.
Gratitude Journal
31 Januari 2020

1. Bersyukur hari ini bisa senam. Seminggu aekali Ada jadwal olahraga tetap dari kantor. Yay!
2. Bersyukur selesai isi e-lakip. Sempat salah is target triwulan dan harus direset, puji Tuhan yang direset hanya 1 indikator kinerja.
3. Bersyukur gak perlu lembur sampai malam menyelesaikan kerjaan kantor sebelum berangkat dinas.
4. Bersyukur bisa makan di tempat yang lama gak kami datangi.

Palangka Raya, 31 Januari 2020 
-Mega Menulis-


Mazmur 13

Mazmur 13 Scripture Mazmur 13:6 (TB)  (13-6b) Aku mau menyanyi untuk TUHAN, karena Ia telah berbuat baik kepadaku.  Observation Ya. Tuhan ga...