.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Tuesday, March 17, 2020

Matius 14

Matius 14

Scripture
Matius 14:31 (TB)  Segera Yesus mengulurkan tangan-Nya, memegang dia dan berkata: "Hai orang yang kurang percaya, mengapa engkau bimbang?"

Observation
Mendengar berita tentang Corona membuatku kadang kuatir. Kemarin sempat cari gula dan kaget dengar harganya 19 ribu/kg. Astaga. Faktor Corona kah sebabnya? Terbayang lah macam-macam skenario mengerikan. Lalu, membaca perkataan Yesua ke Petrus berasa Dia berkata kepadaku juga. Aku kurang percaya makanya bimbang.

Aplication
✔️ Aku mau percaya kalau Tuhan memang dapat dipercaya. Tidak ada sesuatu yang terjadi di luar kehendakNya. Jangan bimbang Meg! 

Prayer
Tuhan, aku percaya Engkau yang memelihara kehidupanku, karena Engkaulah penulis hidupku. Biarlah setiap hari aku belajar menyerahkan kekuatiranku padaMu. Amin.
Gratitude Journal 
16 Maret 2020 

1. Bersyukur seharian cuma keluar uang 10 ribu rupiah. Aku dan suami mulai mencatat pemasukan dan pengeluaran kami sejak awal tahun dan amazing banget lihat hari ini cuma menghabiskan uang segitu.
2. Bersyukur buat keputusan suami untuk no TV di rumah selama 2 bulan ini, progress Sofia semakin baik. Kosakatanya bertambah dan dia semakin cerewet.
3. Bersyukur bisa main ke rumah dan ngobrol bareng keluarga. Bersyukur bocah-bocah dapat blessing coklat dan kue dari Eyang dan Ontinya.
4. Bersyukur puzzle yang kupesan buat Sara dan Sofia sudah datang. Sofia belum terlalu tertarik tapi Sara suka.
5. Bersyukur sore-sore bisa ngobrol berdua dan tertawa bareng suami tanpa diinterupsi bocah.

Palangka Raya, 16 Maret 2020
-Mega Menulis-

Yunus 2

Yunus 2

Scripture
Yunus 2:9 (TB)  Tetapi aku, dengan ucapan syukur akan kupersembahkan korban kepada-Mu; apa yang kunazarkan akan kubayar. Keselamatan adalah dari TUHAN!" 

Observation
Setelah pengakuan Yunus kalau keselamatan adalah dari TUHAN, gak lama dia dikeluarkan dari dalam perut ikan. Terkadang kita harus mengalami berbagai masalah dan penderitaan yang membuat kita berlutut dan mengakui kalau keselamatan adalah dari TUHAN. 

Update jumlah orang yang terkena virus Corona semakin besar dan di saat ini jadi benar-benar menyadari, kalau Tuhan berdaulat. Apapun yang terjadi, dilepaskan atau tidak dari Corona aku diingatkan kalau aku telah menerima keselamatan kekal dari Tuhan. Itu alasan utama untuk bersyukur di tengah kekuatiran. 

Aplication
✔️ Bersyukur telah menerima keselamatan kekal dari Tuhan. 

Prayer
Terima kasih Tuhan karena Tuhan berikan alasan untuk bersyukur. Untuk seterusnya aku mau bersyukur pada Tuhan. Amin.
Gratitude Journal 
15 Maret 2020 

1. Bersyukur di Palangka Raya belum ada yang didiagnosa terkena Corona, semoga gak ada.
2. Bersyukur stok makanan di rumah masih ada, jadi gak perlu masak banyak.
3. Bersyukur bisa jalan sore sekeluarga sekaligus belanja beberapa barang.
4. Bersyukur bisa tidur siang lumayan lama.
5. Bersyukur bisa video call dengan mama dan mertuaku, puji Tuhan ada teknologi ini.
6. Bersyukur ada info mengenai pembuatan hand sanitizer sendiri, karena mau beli sudah kosong.
7. Bersyukur hari ini akhirnya mulai baca novel klasik Pride and Prejudice, hahaha. Sudah lama punya tapi baru mulai baca hari ini. Tebal bo. Gimana gak keder duluan. Tapi aku dah mulai baca, semoga bisa diselesaikan.

Palangka Raya, 15 Maret 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 55

Mazmur 55

Scripture
Mazmur 55:16, 22 (TB)  (55-17) Tetapi aku berseru kepada Allah, dan TUHAN akan menyelamatkan aku. 
(55-23) Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah. 

Observation & Aplication 
Kemarin membaca berita sudah 69 orang di Indonesia dinyatakan terkena Corona. Penyebarannya di Indonesia lebih cepat dibandingkan beberapa tempat. Oke, ini mulai mengerikan. Jujur, aku kuatir sekali. Lalu dipikir-pikir gak bisa ngapa-ngapain kalau sampai sudah terkena, ya udah berdoa aja. Kalau belum kena, ya jaga kondisi tubuh, menghindari keramaian sebisa mungkin, perilaku hidup yang sehat,dll yang sudah dishare banyak orang. 

Lalu pagi ini dapat ayat ini :Berserulah kepada Tuhan dan Ia akan menyelamatkan. Berasa banget kalau pengharapan akan Tuhan memberikan sauh yang aman. Kena corona atau tidak, hidupku adalah untuk memuliakan Tuhan. Jadi aku gak perlu hidup dalam kekuatiran terus-menerus. Lakukan bagianku. Sudah. 

Prayer
Tuhan, aku menyerahkan segala kekuatiranku kepadaMu untuk digantikan dengan damai sejahtera yang dari Tuhan. Amin.
Gratitude Journal 
14 Maret 2020 

1. Hari ini Sara kurang sehat, sudah mulai flu dan ingusan. Sofia muntah. Suami juga mulai flu. Bersyukur masih ada stok obat. Bersyukur juga diingatkan untuk stok lagi obat batuk untuk bocah di rumah yang habis.
2. Bersyukur dapat blessing makan gratis.
3. Bersyukur sempat mengunjungi rumah tanteku  dan ngobrol setelah lama gak ketemu.
4. Bersyukur walaupun sakit, the girls masih mau makan.
5. Bersyukur jemur pakaian langsung kering hari ini juga.
6. Bersyukur mamaku belikan nasi kuning kesukaan the girls.
7. Hari ini dengar kabar pasien Corona bertambah, bahkan Menteri Budi Karya Sumadi pun terkena. Bersyukur untuk keterbukaan pemerintah mengenal lokasi pasien Corona jadi bisa lebih aware.

PRAY : Agar musibah Corona ini segera berlalu dan penyebarannya segera berhenti, pemerintah dan para pengambil keputusan diberikan hikmat dalam bertindak, para dokter dan tenaga medis yang merawat pasien Corona, kesembuhan bagi para penderita dan perlindungan bagi mereka yang sehat.

Palangka Raya, 14 Maret 2020
-Mega Menulis-

Daniel 6

Daniel 6

Scripture
Daniel 6:10 (TB)  (6-11) Demi didengar Daniel, bahwa surat perintah itu telah dibuat, pergilah ia ke rumahnya. Dalam kamar atasnya ada tingkap-tingkap yang terbuka ke arah Yerusalem; tiga kali sehari ia berlutut, berdoa serta memuji Allahnya, seperti yang biasa dilakukannya.

Observation
Daniel bisa saja mencari alasan untuk tidak berdoa dan menyembah Tuhan di masa itu, wong nyawanya terancam. Nyatanya, ia tidak melakukannya. Ia tetap memuji dan menyembah Allahnya seperti biasa dilakukannya. Ini artinya, hubungan pribadi dengan Tuhan menjadi prioritas dal hidup yang gak bosa tergantikan. 

Aku sering mengesampingkan doa, terutama saat sibuk dan capek. Ketampar-tampar sih melihat Daniel yang bahkan di saat nyawanya terancam tetap berdoa. 

Aplication
✔️ Menjadikan hubungan pribadi dengan Tuhan sebagai prioritas berarti gak ada satupun alasan yang mengurangi intensitasku berhubungan denganNya. Ya iyalah, Dia menjadi prioritasku kok. 

Prayer
Tuhan, tolonglah aku menjadikan hubungan dengan Tuhan menjadi yang utama setiap hati. Amin.
Gratitude Journal 
13 Maret 2020 

1. Bersyukur pagi-pagi Tuhan berikan tawa karena kekonyolan yang aku buat sendiri. Hari Jumat senam di kantor, aku berangkat malah pakai high heels. Lol.
2. Bersyukur rumah dekat dengan kantor jadi bisa balik dan segera ganti dengan sepatu olah raga.
3. Bersyukur dapat blessing dari sepupu yang aku bantu kemarin.
4. Bersyukur jadi bisa beli mainan buat Sara dan Sofia di Shopee.
5. Bersyukur dapat ide untuk buat mainan untuk the girls. Kalau beli mahal, hahahaha. Dan mereka senang banget.
6. Bersyukur untuk perkembangan Sofia yang mulai banyak bicara setelah 2 bulan full kami puasa TV.
7. Hari ini dengar kabar 69 orang terinfeksi virua Corona di Indonesia, bersyukur buat rilis berita ini, jadi lebih aware lagi.
8. Bersyukur bisa cuci pakaian walaupun hujan gak bisa langsung dijemur.
9. Bersyukur dapat blessing kue di kantor yang bisa aku bawa ke rumah. The girls senang, kuenya enak-enak.
10. Gagal klaim paket data hasil check in di Telkomsel tapi bersyukur karena punya voucher paket data hadiah di stan pameran. Yay.

Palangka Raya, 13 Maret 2020
-Mega Menulis-

Monday, March 16, 2020

Wanita yang Mengurapi Yesus

Bacaan: Matius 26:6-13Markus 14:3-9Yohanes 12:1-8

“Ngapain sih dia beli barang seperti itu? Mendingan dia beli merek ini…”
“Kenapa sih dia melakukan perbuatan sebodoh itu? Harusnya begini…”
“Buat apa sih jalan-jalan melulu? Kan lebih baik uangnya ditabung.”
"Untuk apa pemborosan ini? Kalau minyak itu dijual kan bisa diberikan kepada orang miskin.”

Terdengar familiar? Tidak hanya di zaman Yesus, di zaman sekarang pun masih sering terdengar komentar demikian tentang apa yang dilakukan orang lain. Seolah-olah apa yang dilakukan orang lain gak benar, hanya diri sendiri yang benar. Yesus tidak menginginkan muridnya bersikap julid seperti ini kepada orang lain, bahkan Ia mengkritisi sikap tersebut. Kita bisa lihat contohnya di Alkitab, ketika Tuhan membela seorang wanita yang mengurapi-Nya dari komentar orang-orang. Sebenarnya apa sih yang dilakukan wanita tersebut sehingga Yesus membelanya? 

1. Wanita itu melakukan hal yang baik
Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka lalu berkata: "Mengapa kamu menyusahkan perempuan ini? Sebab ia telah melakukan suatu perbuatan yang baik pada-Ku.
(Matius 26:10)

Wanita yang mengurapi Yesus itu melakukan hal yang baik, tetapi mengapa tanggapan orang lain bukannya turut senang, malahan diprotes? Tidakkah seharusnya orang lain ikut senang saat melihat orang lain melakukan yang baik? Kalau hati kita tidak senang melihat seseorang berbuat baik, ada yang salah dengan diri kita. Ada yang salah dengan hati kita. Cek dan ricek lagi deh, kalau ada kebencian segera dibuang sebelum membawa kita ke dalam dosa. 

Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan. Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu. (Efesus 4:31-32)

Jika yang terjadi adalah kita selalu merasa dapat melakukan yang lebih baik daripada orang lain sehingga tidak suka melihat perbuatan baik orang lain, berarti ada kesombongan yang harus dihancurkan.

Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak, takutlah akan TUHAN dan jauhilah kejahatan; (Amsal 3:7)

Saat seseorang memiliki kesombongan maka dia akan selalu merasa dirinya yang paling benar, keputusan-keputusannya yang paling tepat, pemikirannya yang lebih baik. Sulit baginya membuka hati dan menerima saat orang lain melakukan hal yang berbeda dari yang diinginkannya. Ini berbahaya. Ingat cerita Maria dan Marta? Marta melakukan hal yang baik, tapi sayang sekali dia melakukannya dibarengi rasa iri dan kesal pada Maria yang tidak membantunya dan malah duduk diam mendengar Yesus. Ia merasa lebih baik Maria seperti dirinya yang sibuk melayani Yesus. Sayang sekali bukan, Marta melakukan hal baik tapi kemudian nyinyir. Duh.

2. Wanita itu melakukan yang dapat dilakukannya
Ia telah melakukan apa yang dapat dilakukannya. Tubuh-Ku telah diminyakinya sebagai persiapan untuk penguburan-Ku.
(Markus 14:8)

Sebelum kita mengomentari perbuatan orang lain, mari kita berpikir, “Apakah kita cukup mengenal orang tersebut?” untuk mengomentarinya. Jika dia melakukan yang dapat dilakukannya lalu kenapa kita menuntutnya melakukan hal lain yang mungkin saja tidak dapat dilakukannya. Memangnya apa hak kita mengatur apa yang sebaiknya dilakukan atau tidak dilakukan orang lain? Jika kita dapat melakukannya, bukan berarti orang lain harus melakukan tepat sama seperti yang kita inginkan. Siapa yang tahu, situasi dan kondisi yang mendorong seseorang berbuat sesuatu.

3. Wanita itu memiliki motivasi yang benar
Wanita yang mengurapi Yesus melakukan apa yang dia lakukan tanpa tendensi. Ia hanya ingin melakukan sesuatu yang baik untuk Tuhan. Bandingkan dengan apa yang dilakukan oleh Yudas. Ia mengritik wanita itu, padahal justru Yudas-lah yang menyembunyikan sikap hati yang salah terhadap uang.

“Hal itu dikatakannya bukan karena ia memperhatikan nasib orang-orang miskin, melainkan karena ia adalah seorang pencuri; ia sering mengambil uang yang disimpan dalam kas yang dipegangnya.”
(Yohanes 12:6)

Yudas gusar melihat wanita itu mengurapi Yesus dengan minyak yang mahal, karena ia berharap minyak itu diuangkan dengan alasan diberikan bagi orang miskin. Padahal sebagai bendahara Yesus dan rasul-rasul, ia ingin bisa mencuri uang hasil penjualan minyak itu. Sebenarnya, dia sama sekali tidak peduli dengan orang yang miskin. Yesus tahu ini.

Saat seseorang memuliakan Tuhan dengan cara A, dan kita memuliakan Tuhan dengan cara B. Terimalah dengan sukacita. Melalui banyak cara Tuhan dapat dimuliakan, yang terpenting adalah sikap hati kita saat melakukannya. Sudah jelas bagaimana hati wanita ini tertuju pada Yesus dan ingin memberikan yang terbaik bagiNya. Yudas? Sekilas dia terlihat ingin melakukan yang baik namun di dalam hatinya adalah keserakahan. Bukan pada Yesus hatinya tertuju. Dua hal sama yang dilakukan dua orang yang berbeda, bisa saja memiliki motivasi yang berbeda.

4. Wanita itu melakukan kehendak Allah
“Karena orang-orang miskin selalu ada padamu, tetapi Aku tidak akan selalu bersama-sama kamu. Sebab dengan mencurahkan minyak itu ke tubuh-Ku, ia membuat suatu persiapan untuk penguburan-Ku. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di mana saja Injil ini diberitakan di seluruh dunia, apa yang dilakukannya ini akan disebut juga untuk mengingat dia.”
(Yohanes 26:11-13)

Memang aneh apa yang dilakukan wanita itu. Bukan sesuatu yang normal bagi seseorang mencurahkan minyak yang luar biasa mahal pada seseorang yang sedang duduk makan, tapi dia melakukannya. Semua orang yang hadir saat itu terheran-heran melihat kejadian tersebut, tapi Yesus tidak. Yesus memahami apa yang terjadi, bagaimana Bapa-Nya membuat persiapan penguburan-Nya melalui wanita ini. Kita tidak tahu, apakah wanita ini sadar dengan apa yang sedang dilakukannya, atau apa makna yang dimaksudkan Allah, nyatanya wanita ini melakukan kehendak Allah.

5. Wanita ini tulus memberikan yang terbaik bagi Yesus
“Mengapa minyak narwastu ini tidak dijual tiga ratus dinar dan uangnya diberikan kepada orang-orang miskin?”
(Yohanes 12:5)

Wanita ini membeli minyak narwastu yang sangat mahal, sekitar 300 dinar harganya. Di masa itu, 1 dinar adalah rata-rata upah harian pekerja bekerja setiap harinya. Bayangkan, hasil kerja bertahun-tahun dipakainya untuk minyak yang dicurahkan pada seseorang? Wow! Apakah melakukan ini memberikan keuntungan bagi dia? Tidak. Tapi dia tetap melakukannya. Ia mengasihi Yesus dengan tulus. Jika orang lain berhitung (seperti yang saya lakukan) ‘nilai’ minyak narwastu tersebut, wanita ini tidak. Yesus lebih berharga baginya dari segala harta. Hatinya begitu mengasihi Yesus sehingga baginya tidak ada yang terlalu berharga jika diberikan bagi Yesus.

***

Banyak hal tersembunyi dari sebuah perbuatan sederhana seperti mengurapi Yesus. Itulah kenapa tidak seharusnya kita asal memberikan komentar negatif mengenai apa yang dilakukan orang lain. Kita tidak sanggup menilai hati seseorang, hanya Tuhan yang bisa. Hal ini berlaku sebaliknya, komentar negatif dari orang lain sebisa mungkin tidak kita biarkan menghalangi kita untuk tetap melakukan sesuatu, sepanjang yang kita lakukan itu baik, dengan motivasi yang benar, dan kita yakini sebagai kehendak Tuhan. Semua untuk kemuliaan Tuhan.

Ditulis untuk Majalah Pearl

Friday, March 13, 2020

2 Tawarikh 33

2 Tawarikh 33

Scripture
2 Tawarikh 33:12-13 (TB)  Dalam keadaan yang terdesak ini, ia berusaha melunakkan hati TUHAN, Allahnya; ia sangat merendahkan diri di hadapan Allah nenek moyangnya, 
dan berdoa kepada-Nya. Maka TUHAN mengabulkan doanya, dan mendengarkan permohonannya. Ia membawanya kembali ke Yerusalem dan memulihkan kedudukannya sebagai raja. Dan Manasye mengakui, bahwa TUHAN itu Allah. 

Observation
Manasye yang sedemikian berdosanya saja tahu bagaimana melunakkan hati Allah. Dia merendahkan diri dan berdoa. Lalu Tuhan mengabulkan doanya. Terlihat mudah sekali ya. Tapi, Allah adalah Allah yang mengetahui hati seseorang. Kalau Manasye gak berdoa dengan sikap hati yang benar, mungkin Allah gak mau mengabulkan. Apa yang dari hati akan sampai ke hati juga. 

Aplication
✔️ Sebelum berdoa, aku harus meminta Allah menyelidiki hatiku supaya kedapatan benar di hadapan Tuhan. 

Prayer
Tuhan, selidikilah hatiku dan lihatlah kalau-kalau ada maksud yang gak berkenan. Ampuni aku dan biarlah aku punya motivasi yang benar saat berdoa. Amin.
Gratitude Journal 
12 Maret 2020 

1. Bersyukur di sub bagianku orangnya lengkap semua.
2. Bersyukur UM Februari sudah masuk.
3. Bersyukur obat asma suamiku ditanggung BPJS.
4. Bersyukur inputan aplikasi monevgar sudah selesai.
5. Ada teman seruangan yang resign, sedih sih tapi  bersyukur dia mendapat pekerjaan baru yang sesuai pendidikannya.
6 Bersyukur bisa makan siang bareng teman-teman di Bagian Umum melepas Melda yang pindah.
7. Bersyukur beli buah naga dengan harga murah dan Sofia suka banget.

Palangka Raya, 12 Maret 2020
-Mega Menulis-

2 Raja-raja 6

2 Raja-raja 6

Scripture
2 Raja-raja 6:17 (TB)  Lalu berdoalah Elisa: "Ya TUHAN: Bukalah kiranya matanya, supaya ia melihat." Maka TUHAN membuka mata bujang itu, sehingga ia melihat. Tampaklah gunung itu penuh dengan kuda dan kereta berapi sekeliling Elisa.

Observation
Elisa yang dekat dengan Tuhan melihat penjagaan dan penyertaan Tuhan atas hidupnya sedangkan bujangnya tidak. Bagaimana denganku? Apakah aku selalu melihat perlindungan Tuhan atas hidupku? Kalau aku kadang meragukannya, bisa jadi sebenarnya aku gak hidup dekat sama Tuhan. 

Aplication
✔️ Aku mau hidup dekat dengan Tuhan supaya melihat penyertaanNya. Aku percaya sekali pun orang lain gak melihatnya, aku akan tetap melihatnya. 

Prayer
Tuhan, janganlah pernah biarkan aku menjauh dariMu. Amin.
Gratitude Journal 
11 Maret 2020 

1. Bersyukur temanku yang cuti melahirkan dah mulai masuk kantor.
2. Bersyukur gak perlu mengisi ulang aplikasi- e-lakip dan BNN Kendali untuk tahun 2019 karena punya kami sudah lengkap. 
3. Bersyukur sudah selesai mengisi aplikasi emonev Bappenas dan lapor SPT 2019.
4. Bersyukur Sofia dapat hadiah di pameran.
5. Bersyukur ada stok susu UHT buat bocah minum susu malam.

Palangka Raya, 11 Maret 2020
-Mega Menulis-

1 Raja-raja 13

1 Raja-raja 13
Scripture
1 Raja-raja 13:6 (TB)  Lalu berbicaralah raja dan berkata kepada abdi Allah itu: "Mohonkanlah belas kasihan TUHAN, Allahmu, dan berdoalah untukku, supaya tanganku dapat kembali." Dan abdi Allah itu memohonkan belas kasihan TUHAN, maka tangan raja itu dapat kembali dan menjadi seperti semula. 

Observation & Aplication 
Yerobeam meminta abdi Allah mendoakannya dan ia berdoa, lalu Tuhan menyembuhkan Yerobeam. Aku diingatkan untuk sungguh-sungguh berdoa saat seseorang meminta aku mendoakannya. Terkadang waktu orang berkata ke aku:"Tolong doakan aku ya!", dengan mudah aku mengiyakan tapi mendoakannya sambil lalu atau malah lupa mendoakannya karena menunda-nunda. 

Prayer
Tuhan, tolong aku mendoakan sungguh-sungguh mereka yang membutuhkan dukungan doa. Jangan biarkan aku menyia-nyiakan kesempatan menjadi berkat bagi orang lain melalui doa. Amin.
Gratitude Journal 
10 Maret 2020 

1. Bersyukur baca testimoni yang dishare Lydia, jadi diingatkan untuk melakukan pekerjaanku dengan sungguh-sungguh seperti untuk Tuhan dan sungguh jadi berkat melalui pekerjaanku. 
2. Bersyukur dapat blessing pempek dari temanku. 
3. Bersyukur dapat uang harian dari bimtek yang aku ikuti. 
4. Bersyukur bisa cuci pakaian dibantu suami. 
5. Bersyukur kripik pedas laku semua hari ini. 
6. Bersyukur bisa ikut kebaktian penghiburan suami temanku yang meninggal. Bersyukur ketemu teman dari kanto lamaku. 
7. Bersyukur kelas online yang aku ikuti sudah mulai kulwap.
8. Bersyukur gak perlu beli cemilan buat bocah-bocah hari ini.

Palangka Raya, 10 Maret 2020
-Mega Menulis-

Tuesday, March 10, 2020

1 Raja-raja 18

1 Raja-Raja 18

Scripture
1 Raja-raja 18:24 (TB)  Kemudian biarlah kamu memanggil nama allahmu dan aku pun akan memanggil nama TUHAN. Maka allah yang menjawab dengan api, dialah Allah!" Seluruh rakyat menyahut, katanya: "Baiklah demikian!" 

Observation & Aplication 
Allah Israel adalah Allah yang hidup dan menjawab doa, Ia peduli pada seruan umatNya. Punya Allah yang seperti ini membuatku gak boleh meremehkan kuasa doa, karena doa adalah cara berkomunikasi dengan Allah yang Maha Kuasa. Setiap doa pasti dijawab. Setiap doa mampu membawaku semakin intim dengan Allahku yang hidup itu. 

Kemarin di sekolah Minggu aku menemani anak-anakku dan bukan kebetulan kalau anak-anak belajar tentang berjaga-jaga dan berdoa bersama Yesus, mereka diajarkan kalau doa bukan hanya sarana meminta. Saat ditanyakan ke anak-anak kapan mereka berdoa, kebanyakan menjawab waktu makan dan sebelum tidur, ternyata jam doa demikian menjadi seperti rutinitas sebagian besar keluarga. Aku diingatkan untuk memberi teladan anak tentang berdoa setiap waktu, bangun komunikasi dengan Tuhan dan connected dengan Tuhan  sepanjang waktu. Setiap mendapatkan hal baik, bilang ke Tuhan (doa) : Terima kasih Tuhan karena telah memberikanku ini. Tiap jengkel sama orang lain, berkata-kata lagi sama Tuhan. Tiap saat aku bisa memilih kesempatan untuk berdoa dan menjadikannya gaya hidup. Sambil berdoa ini akan menjadi teladan bagi anak-anakku. 

Prayer
Tuhan, ajari aku berdoa sepanjang waktu. Biarlah aku selalu ingat untuk berdoa terus-menerus. Amin.
Gratitude Journal 
9 Maret 2020 

1. Bersyukur pagi-pagi mamaku ke rumah dan bawain soun goreng buat anak-anak.
2. Bersyukur ikut sosialisasi di perben bisa nambah ilmu.
3. Bersyukur bisa penuhi janji iman tiap bulan
4. Bersyukur ingat beli token listrik.
5. Bersyukur hari ini ada pengembalian dana di rekeningku dari Shopee.
6. Bersyukur gak mengikuti dorongan hati tapi memilih tunduk sama suami masalah pembelian tiket Palangka Raya - Pekanbaru. Siangnya dapat dong tiket Palangka Raya - Pekanbaru dengan harga murah. Terharu. Tuhan baik banget.
7. Bersyukur pulang kantor bisa jalan sama keluarga dan nyobain bakmi yang enak di Jl.Tilung, anak-anak suka banget.
8. Bersyukur dapat blessing kue dari temanku.
9. Bersyukur kripik yang kami pesan jadi hari ini.
10. Bersyukur gak perlu edit tulisan untuk Majalah Pearl bulan Maret ini. Yay! Sudah oke kata editor.

PRAY : Hari ini dengar kabar suami dari teman kantor di Kasongan dulu meninggal dunia. Berdoa buat keluarga yang ditinggalkan supaya penghiburan dan kekuatan Tuhan nyata bagi mereka.

Palangka Raya, 9 Maret 2020
-Mega Menulis-

Monday, March 9, 2020

2 Samuel 12

2 Samuel 12

Scripture
2 Samuel 12:22-23 (TB)  Jawabnya: "Selagi anak itu hidup, aku berpuasa dan menangis, karena pikirku: siapa tahu TUHAN mengasihani aku, sehingga anak itu tetap hidup. 
Tetapi sekarang ia sudah mati, mengapa aku harus berpuasa? Dapatkah aku mengembalikannya lagi? Aku yang akan pergi kepadanya, tetapi ia tidak akan kembali kepadaku."

Observation
Doa puasa Daud untuk memohon belas kasihan bagi anaknya ternyata tidak dikabulkan Tuhan. Tapi Daud gak kecewa malahan dengan segera menerima jawaban Tuhan tersebut. 

Saat aku sudah tekun berpuasa dan meminta kepada Tuhan, aku harus ingat kalau Tuhan adalah Allah yang yang berdaulat atas hidupku. Saat berdoa, aku belajar menerima kehendak Tuhan yang terjadi dalam hidupku, bukannya memaksakan kehendakku. 

Aplication
✔️ Aku mau berdoa dengan sikap hati yang menerima kehendak Tuhan yang terjadi dalam hidupku. 

Prayer
Jangan jadi menurut kehendakku tapi terjadilah kehendakMu atas hidupku ya Tuhan. Amin.
Gratitude Journal 
8 Maret 2020 

1. Bersyukur hari ini ada roti untuk sarapan sebelum ke Gereja jadi gak perlu masak. Biasa kan kalau hari Minggu pagi sibuk banget persiapan ke Gereja.
2. Bersyukur pulang gereja suami suruh mampir beli ayam goreng yang sudah jadi, ga usah masak deh hari ini. Yay.
3. Bersyukur siang bisa tidur lumayan lama, enak banget tidur siang 😂
4. Bersyukur pas pameran dapat susu dan Indomie murah, dapat gift voucher paket data di stan BPS lagi.
5. Bersyukur bisa main ke tempat Mama dan kumpul bareng adek-adekku. Mama masak ayam goreng dan sambal yang maknyus banget.
6. Bersyukur pulangnya dibungkusin biawak rica sama mamaku. Baru pertama nyobain, enak 🤭
7. Bersyukur pulang dari tempat mama ke pasar malam dan belanja sayur dll. Harga bawang naik banget, hiks. Mau ngeluh, tapi bersyukur masih ada uang untuk belanja.

Palangka Raya, 8 Maret 2020
-Mega Menulis-

Sunday, March 8, 2020

1 Samuel 12

1 Samuel 12 

Scripture
1 Samuel 12:19 (TB)  Berkatalah seluruh bangsa itu kepada Samuel: "*Berdoalah untuk hamba-hambamu ini kepada TUHAN, Allahmu,* supaya jangan kami mati, sebab dengan meminta raja bagi kami, kami menambah dosa kami dengan kejahatan ini."

Observation
Kalimat 'Berdoalah untuk hamba-hambamu ini kepada TUHAN, Allahmu' sebenarnya aneh dan membuatku bertanya-tanya :
1. Memangnya Allah Samuel bukan Allah mereka? 
Jatuh-jatuhnya seperti bangsa ini, Allahnya beda dengan Allahnya Samuel kan?? 
2. Kenapa sih mereka gak berdoa sendiri langsung ke Tuhan? Kenapa harus dengan perantaraan Samuel? 
Aku sempat mikir, apa karena mereka bukan Nabi ya jadi takut ngomong ke Tuhan. Tapi kemarin Hana berdoa aja langsung dengan Tuhan. Terus ingat pembicaraan dengan temanku kalau zaman sekarang pun banyak orang yang minta doa kesembuhan ke hamba Tuhan, dan kami heran kenapa gak berdoa sendiri. Lalu temanku berkata, mungkin pendoa-pendoa atau hamba Tuhan itu dianggap org yang punya kedekatan lebih dengan Tuhan mungkin lebih didengar. Logika aja, misalnya kita gak seberapa dekat dengan orang terus minta sesuatu yang dimiliki orang itu sama yang kita tahu dekat kan untuk memintanya? 

Aplication
✔️ REMINDER untuk terus bangun hubungan intim sama Tuhan. 
✔️ Berdoa bukan karena ada maunya atau buat minta-minta doang. 

Prayer
Tuhan, ampunilah aku kalau aku hanya ingat Tuhan saat menginginkan sesuatu. Tolong aku untuk terus bangun komunikasi sama Tuhan. Amin.


Gratitude Journal 
7 Maret 2020 

1. Bersyukur suamiku gak kenapa-kenapa waktu kambuh asmanya. Duh, seram banget hari ini 😭
2. Bersyukur bisa keliling naik motor sekitaran rumah bareng keluarga.
3. Bersyukur ada kunjungan dari Gereja ke rumah dan bisa ngobrol bareng lumayan lama.
4. Bersyukur anak-anak manis dan gak heboh waktu papanya kambuh asmanya.
5. Bersyukur bisa main bareng Sara dan Sofia
6. Bersyukur ada bahan-bahan makanan di kulkas yang belum habis jadi masih belum perlu belanja.

Palangka Raya, 7 Maret 2020
-Mega Menulis-

Saturday, March 7, 2020

1 Samuel 1

1 Samuel 1

Scripture
1 Samuel 1:10 (TB)  dan dengan hati pedih ia berdoa kepada TUHAN sambil menangis tersedu-sedu. 

Observation
Saat pedih hati, apa yang aku lakukan? Menangis tersedu-sedu dan curhat? Atau berdoa? Reminder buatku untuk cari Tuhan terlebih dahulu dan mencurahkan isi hati kepada Tuhan. 

Beberapa hari yang lalu, aku kesal banget dengan seseorang. Aku pikir aku akan puas menceritakan ke orang lain. Tetapi semakin banyak aku menceritakan ke orang lain gak membuatku lega, yang ada aku tetap kesal. Karena orang lain gak mampu membuatku tenang. Hanya Tuhan yang bisa. 

Aplication 
Aku harus berlatih membawa perasaanku pertama kali ke Tuhan. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya ingat selalu mencari Tuhan bukannya orang lain saat aku butuh mencurahkan perasanku. Amin.
Gratitude Journal 
6 Maret 2020 

1. Bersyukur hari ini suami dapat tiket Garuda murah untuk pulang dari Pekanbaru.
2. Bersyukur hari ini sudah daftar kelas online.
3. Bersyukur bisa bayar kartu kredit dan kelas online. 
4. Bersyukur rapat hari ini lancar.
5. Bersyukur mamaku sudah pulang dari Lamandau dengan selamat dan bawa cerita menyenangkan. 
6. Bersyukur bisa main ke rumah mamaku dan makan rendang buatang mama. Bersyukur adekku beli martabak dan terang bulan kesukaan kami.

Palangka Raya, 6 Maret 2020
-Mega Menulis-

Hakim-hakim 16

Hakim-Hakim 16

Scripture
Hakim-hakim 16:28, 30 (TB)  Berserulah Simson kepada TUHAN, katanya: "Ya Tuhan ALLAH, ingatlah kiranya kepadaku dan buatlah aku kuat, sekali ini saja, ya Allah, supaya dengan satu pembalasan juga kubalaskan kedua mataku itu kepada orang Filistin."
Berkatalah Simson: "Biarlah kiranya aku mati bersama-sama orang Filistin ini." Lalu membungkuklah ia sekuat-kuatnya, maka rubuhlah rumah itu menimpa raja-raja kota itu dan seluruh orang banyak yang ada di dalamnya. Yang mati dibunuhnya pada waktu matinya itu lebih banyak dari pada yang dibunuhnya pada waktu hidupnya.

Observation
Doa Simson didengar Allah padahal aku rasa permintaan Simson aneh. Aneh karena, dia mau membunuh diri, membunuh orang lain dan alasan dia melakukan itu pun untuk kepentingannya pribadi. Aku gak punya keberanian meminta seperti Simson. Aku diingatkan kalau Allah adalah Bapaku. Sebagai anak aku bisa meminta apa saja kepada Bapa di Sorga dan sebagai Bapa Dia memberikan yang terbaik menurut kasih karuniaNya. 

Aplication
✔️ Saat meminta dalam doa, aku gal perlu kuatir apakah doaku akan dikabulkan atau tidak. Aku sedang mengungkapkan isi hatiku kepada Bapa Sorgawi. 
✔️ Yang terpenting bukan doa mengubah kondisi atau tidak, tapi bagaimana doa mampu mengubah hatiku. 

Prayer
Tuhan, aku mau memiliki keberanian dalam meminta seperti seorang anak kepada bapanya. Tolong aku ya Tuhan. Amin.
Gratitude Journal 
5 Maret 2020 

1. Bersyukur tunjangan kinerja bulan Februari masuk.
2. Bersyukur bisa temani sahabatku cari barang yang diperlukannya.
3. Bersyukur kulkas jadi dibeli orang yang kasih DP kemarin.
4. Bersyukur sore ini gampang banget ngasih makan bocah-bocah, lancar jaya. Seandainya tiap makan seperti ini 😁

Palangka Raya, 5 Maret 2020
-Mega Menulis-

Thursday, March 5, 2020

Keluaran 32

Scripture
Keluaran 32:22-23 (TB)  Tetapi jawab Harun: "Janganlah bangkit amarah tuanku; engkau sendiri tahu, bahwa bangsa ini jahat semata-mata. 
Mereka berkata kepadaku: Buatlah untuk kami allah, yang akan berjalan di depan kami sebab Musa ini, orang yang telah memimpin kami keluar dari tanah Mesir — kami tidak tahu apa yang telah terjadi dengan dia.

Observation & Aplication 
Harun pemimpin yang berbeda dari Musa. Musa takut pada Allah, tapi Harun takut kepada bangsa Israel. Harun menuruti keinginan bangsa Israel padahal dia tahu itu salah. 

Terkadang di dunia kerja dihadapkan pada pilihan untuk lebih takut pada Allah atau pada manusia. Sejauh ini aku belum mengalami apa yang dialami bosku, saat dengar sharingnya aku sempat berpikir:Duh, mendingan aku gak usah naik level lah kalau harus menghadapi demikian. Harus tunduk melakukan sesuatu yang nyata-nyata salah? Bah! Mending aku tetap seperti ini. Tapi Tuhan ingatkan lewat bacaan hari ini, aku harus lebih takut sama Tuhan. Saat aku diberi kesempatan naik level, tetap firman Tuhan yang harus kupegang. Gak perlu takut, tapi lakukan kehendak Tuhan.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk tetap melakukan kehendak Tuhan dan gak dikuasai roh ketakutan. Amin.
Gratitude Journal 
4 Maret 2020 

1. Bersyukur bisa bayar kredit emas, kredit rumahku di Kasongan, dan iuran koperasi. 
2. Bersyukur ada uang sisa belanja bulan Februari yang bisa diinvestasikan ke reksadana.
3. Bersyukur sore bisa jalan-jalan sama keluarga beli gorengan.
4. Bersyukur hari ini harga saham terkoreksi.
5. Bersyukur dapat email yang yang isinya deviden BBRI akan cair pertengahan bulan ini.
6. Bersyukur suami dan anak senang main lego bareng.
7. Bersyukur kulkas lama kami laku, ada orang ke rumah yang sudah membayar DP.

Palangka Raya, 4 Maret 2020
-Mega Menulis-

Wednesday, March 4, 2020

Kejadian 32

Kejadian 32

Scripture
Kejadian 32:10 (TB)  sekali-kali aku tidak layak untuk menerima segala kasih dan kesetiaan yang Engkau tunjukkan kepada hamba-Mu ini, sebab aku membawa hanya tongkatku ini waktu aku menyeberangi sungai Yordan ini, tetapi sekarang telah menjadi dua pasukan. 

Observation
Yakub menyadari bahwa dia tidak layak menerima kasih dan kesetiaan Tuhan. Berkali-kali dia menipu dan berlaku curang. Tetapi karena kasih karunia Tuhan, dia telah menerima berkat yang melimpah. 

Aku harus menyadari seperti Yakub kalau apa yang aku miliki adalah pemberian Tuhan semata. Sebenarnya aku tidak layak tetapi kasih karunia Tuhan yang membuatku menerima begitu banyak.Menyadari kalau yang aku miliki hanyalah pemberian Tuhan seharusnya membuatku semakin bermurah hati. 

Aplication
✔️ Aku mau meningkatkan persembahanku kasihku sebagai ucapan syukuri kepada Tuhan. 

Prayer
Tuhan, tolong aku, mampukanlah aku untuk lebih bermurah hati pada setiap pemberianMu dan menjadi saluran berkatMu. Amin.
Gratitude Journal 
3 Maret 2020 

1. Bersyukur aku dan suami hari ini sama-sama dapat honor.
2. Bersyukur vicon dengan orang pusat berjalan lancar hari ini. 
3. Bersyukur kami sekantoran dapat kiriman pempek dari istri Pak Kepala kami, jadi siang kami makan pempek bareng. 
4. Bersyukur malam-malam ada adekku ke rumah dan bawain kami sate, trus berhubung dia mau berangkat ke lapangan, dia blessing Sofia yang ultah April nanti. 
5. Bersyukur bertemu orang yang menipu kami dan melihat kenyataan kalau memang orang itu gak perlu dibantu. Ada rasa marah, tapi aku hari ini ngerasain berkat Tuhan yang melimpah dan Tuhan ingatkan itu. Tuhan sanggup gantikan apa yang dia ambil dari kami.

Palangka Raya, 3 Maret 2020
-Mega Menulis-

Kejadian 25

Kejadian 25

Scripture
Kejadian 25:21 (TB)  Berdoalah Ishak kepada TUHAN untuk isterinya, sebab isterinya itu mandul; TUHAN mengabulkan doanya, sehingga Ribka, isterinya itu, mengandung. 

Observation
Ishak berdoa, Tuhan mengabulkan doanya. Segampang itu ya kelihatannya tapi kekuatan doa melebihi yang kita pikirkan. Aku diingatkan untuk berusaha dan berdoa dengan gak jemu. Jangan mengganggap kecil kekuatan doa. 

Hari ini Presiden Jokowi mengumumkan 2 orang di Jakarta positif terkena Corona. Di grup teman-teman dekatku sudah heboh mau stok masker, harga di sini sudah berlipat. Aku mau komen, kalau kita harus berdoa kuat-kuat dah kalau kayak gini. Terus teringat sempat menertawakan dokter Terawan yang bilang Indonesia gak kena karena kekuatan doa,eh ternyata kena juga kita. Berdoa bukan berarti setiap apa yang kita minta terkabul, tapi berdoa memberikan kita damai sejahtera yang melampaui segala akal. 

Aplication
✔️ Aku mau tetap tekun berdoa di tengah segala kekuatiran ini dan menerima damai sejahtera dari Tuhan. 

Prayer
Tuhan, jangan biarkan kekuatiran menghilangkan iman kami. Amin.
Gratitude Journal 
2 Maret 2020 

1. Bersyukur hari ini bisa blessing tanteku. 
2. Bersyukur bocah-bocah selera makannya bagus hari ini. 
3. Ada teman kantorku meninggal, duh... sedih tapi di sisi lain dia sudah gak merasakan sakit lagi. Bersyukur bisa ikut pemakaman temanku. 
4. Hari ini diumumkan dua orang di Indonesia positif Corona. Ada kekuatiran tapi bersyukur Tuhan berikan ketenangan dan iman. 
5. Bersyukur dapat blessing dari temanku Fani banyak banget : rempeyek satu toples, urutan babi, cake coklat, telor bebek, ikan, dll. 
6. Bersyukur pulang malam disambut anak-anak. Duh, bahagianya.
7. Bersyukur mati listrik pas malam cuma sebentar.

Palangka Raya, 2 Maret 2020
-Mega Menulis-

Monday, March 2, 2020

Kejadian 18

Kejadian 18

Scripture
Kejadian 18:23, 32 (TB)  Abraham datang mendekat dan berkata: "Apakah Engkau akan melenyapkan orang benar bersama-sama dengan orang fasik?
Katanya: "Janganlah kiranya Tuhan murka, kalau aku berkata lagi sekali ini saja. Sekiranya sepuluh didapati di sana?" Firman-Nya: "Aku tidak akan memusnahkannya karena yang sepuluh itu."

Observation
Abraham dengan penuh keberanian memohon belas kasihan Allah bagi Sodom sampai tawar-menawar berkali-kali dengan Allah. Di sini nampak hati Abraham bagi orang lain. Dia peduli dan bersedia 'mewakili' orang-orang Sodom dan Gomora memohon kemurahan Allah. 

Aku tidak punya belas kasihan kepada mereka yang berdosa seperti Abraham. Jangankan kepada yang berdosa, melihat orang  yang bodoh menurutku dan merugikanku, aku bisa misah-misuh dan jengkel sampai terbawa mimpi. Hidupku masih berpusat kepada diri sendiri dan belum memiliki kepedulian seperti Adam. Kapan terakhir kali aku sungguh-sungguh berdoa bagi orang yang gak mengenal Tuhan?

Aplication
✔️ Aku mau mulai bersyafaat bagi orang dekatku yang belum kenal Tuhan dan memohon kemurahan Allah baginya. 
✔️ Aku mau cek lagi Joshua Project dan berdoa bagi suku yang terabaikan. 

Prayer
Tuhan, berikanku hati untuk berdoa bagi mereka yang belum mengenal Tuhan. Amin.
Gratitude Journal 
1 Maret 2020 

1. Bersyukur gaji masuk hari ini, walaupun langsung dipotong buat bayar kredit rumah di Palangka Raya, hahaha.
2. Bersyukur pulang Gereja gak kehujanan.
3. Bersyukur bisa masak rawon dan ayam teriyaki hari ini.
4. Bersyukur bisa main ke rumah mama malam walaupun Pa Sara gak ikut dan bocah-bocah senang main di rumah Eyangnya.
5. Bersyukur adekku Adi pulang dari lapangan dan sehat.
6. Bersyukur dapat info ipusnas, bisa pinjam buku digital gratis. Yay.

Palangka Raya, 1 Maret 2020
-Mega Menulis-

2 Yohanes 1

2 Yohanes 1

Scripture       
2 Yohanes 1:1 (TB)  Dari penatua kepada Ibu yang terpilih dan anak-anaknya yang benar-benar aku kasihi. Bukan aku saja yang mengasihi kamu, tetapi juga semua orang yang telah mengenal kebenaran,

Observation
Walau aku gak tahu surat ini untuk siapa, tapi begitu tahu ditujukan kepada seorang ibu,aku mulai membayangkan kalau surat ini ditulis untukku. Tapi aku berharap gak hanya separuh dari anak-anakku yang hidup dalam kebenaran seperti di ayat ini, tapi semua anak-anakku. 
2 Yohanes 1:4 (TB)  Aku sangat bersukacita, bahwa aku mendapati, bahwa separuh dari anak-anakmu hidup dalam kebenaran sesuai dengan perintah yang telah kita terima dari Bapa.

Aplication
✔️ Aku mau mendidik semua anak-anakku supaya hidup dalam kebenaran. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk hidup dalam kebenaran supaya anak-anakku beroleh kasih karunia untuk hidup dalam kebenaran juga. Amin.

Gratitude Journal 
29 Februari 2020 

1. Bersyukur bisa beli buku aktivitas buat Sara dan Sofia di hari terakhir bazar.
2. Bersyukur kopi kesukaan Papa Sara sedang diskon di Indomaret.
3. Bersyukur bisa makan malam di tempat baru dan dapat diskon, makanannya enak dan tempatnya nyaman. 
4. Bersyukur siang bisa temani Sara aktivitas mewarnai dengan pasir warna.

Palangka Raya, 29 Februari 2020
-Mega Menulis-

1 Yohanes 3

1 Yohanes 3

Scripture       
1 Yohanes 3:15 (TB)  Setiap orang yang membenci saudaranya, adalah seorang pembunuh manusia. Dan kamu tahu, bahwa tidak ada seorang pembunuh yang tetap memiliki hidup yang kekal di dalam dirinya.

Observation & Aplication 
Tadi malam bertemu seseorang yang ngeselin banget. Suamiku juga kesal sih, dia bilang sama aku setelah itu sudah, dia tidak mau membahas orang itu dan gak mau berurusan lagi dengan orang itu. Ya sudah. Nah, masalahku adalah, aku sedemikian kesalnya sampai-sampai ingin membicarakannya dengan suamiku berulang-ulang. Khas cewek banget kan? Aku sadar kalau aku melakukannya aku berdosa dengan lidahku tapi kalau aku memikirkan orang itu, yang ada di pikiran juga misah-misuh. Well, emang orang itu toxic banget. Bahkan, suamiku mengakuinya. Tapi suamiku memilih menjaga jarak dengan orang tersebut dan berhenti membicarakannya. 

Aku baru sadar kalau aku menyimpan kebencian saat melihat perilaku orang tersebut dan muncullah kenangan akan perbuatannya yang lalu. Rupanya hatiku masih belum beres. Aku harus stop memikirkan orang itu terus-menerus karena hanya akan membuatku makin membencinya. Biarkan dia menanggung segala perbuatannya dan aku gak perlu menjadi seorang pembunuh dengan membencinya. Segala kegeraman dan amarah harus aku buang. Aku harus belajar mengampuni dia. 

Aku bergumul sih untuk pemberesan dengan orang ini dan membicarakan langsung kepadanya bagaimana perasanku dan bagaimana dia menyakitiku tapi suamiku sudah terlanjur malas berurusan dengannya. Mau bicarakan lagi dengan suami ean tanyakan pendapatnya. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya berhenti membenci orang ini dan bisa membicarakan yang mengganjal di hatiku. Amin.
Gratitude Journal 
28 Februari 2020 

1. Bersyukur sewa rumahku di Kasongan untuk bulan Februari sudah dibayar. 
2. Bersyukur bisa ajak bocah-bocah main di pasar malam dan ke fun city. 
3. Bersyukur di Palangka Raya sudah ada Mr. DIY, jadi bisa beli mainan aktivitas untuk Sara. 
4. Bersyukur pas main di fun city dapat banyak tiket dan beberapa koin tambahan. 
5. Bersyukur bisa senam di kantor walaupun hujan.
6. Bersyukur sop ceker yang kubeli disukai bocah-bocah.

Palangka Raya, 28 Februari 2020
-Mega Menulis-

1 Petrus 1

1Petrus 1:13-25 Scripture 1 Petrus 1:14 (TB)  Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada wak...