.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Monday, April 27, 2020

50 People Who Have Influenced My Personal Growth and Development Throughout My Life


Work From Home (WFH) sejak awal bulan April awalnya aku biasa aja sih, secara emang gak terlalu suka jalan ke luar rumah. Malah tenang karena gak terlalu beresiko karena harus sering ke kantor.Well, masih ke kantor sih, tapi paling 1-2 kali saja seminggu. Sudah beberapa minggu ini tiap subuh jam 2 atau jam 3 gitu aku bangun coba, awalnya cuma pipis, tapi kok gak bisa tidur lagi, akhirnya saat teduh. Selesai saat teduh gak bisa juga langsung tidur, lanjut baca novel atau bermedsos ria. Sempat menganalisa sendiri, kayaknya aku gak punya me time makanya badan berespon dengan bangun subuh gitu supaya punya me time. Tapiiii…kok jadi gampang marah ya. Apa ini pertanda stress? Ish…Lalu kemarin ikut Chit Chat Chew dan dengar tentang 21 hari meditasi Deepak Chopra dari Mbak Wesi . Japri Mbak Wesi karena pengen cobain and here I am. This is my first day. Semoga bisa sampai akhir.

Day 1 - The Reality of Abundance -

Phrase of the day and to remember during the day as often as possible.
"Today I behold the abundance that surrounds me."

50 People Who Have Influenced My Personal Growth and Development Throughout My Life.

1.      Matheus Sibuea
2.      Sara Mackenzie Sibuea
3.      Sofia Margaret Sibuea
4.      Papah
5.      Mamah
6.      Abadhie Christian Rambang
7.      Aururia Begi Wiwiet Rambang
8.      Mertua
9.      Eyang
10.  Mina Anyi
11.  Om Bambang
12.  Stefani Made Ayu
13.  Ria Yustina
14.  Vanni Yermina
15.  Tia Mayasari
16.  Yanita Arnold
17.  Mina Nara Yuline
18.  Mina Hersiati
19.  Martini Barasa
20.  Astrid Ivony Ottu
21.  Franco Sam Ronsumbre
22.  Christian Alexander Tasoin
23.  Reski Amelia Malki
24.  Widhi Handoyo
25.  Abner Radanni Sembong
26.  Patar Mangaranto Purba
27.  Manogar Simanullang
28.  Yubilianto
29.  Abduh Sihombing
30.  Alberto Segah
31.  Deden Kristiano
32.  Ci Yuliana Stolzfus
33.  Grace Suryani Halim
34.  Mekar Andaryani Pradipta
35.  Ci Shinta
36.  Johan Setiawan
37.  Agung Budi Prasetyo
38.  Marcella Flaorenzia
39.  Antonius Slamet
40.  Verena Ety
41.  Nana Padmosaputro
42.  Ellen Kristy
43.  Ligwina Hananto
44.  Arlia Soendoro
45.  Pak Yuserto
46.  BOS (dan mantan bos)ku
47.  Mas Aar dan Mbak Lala
48.  Tina Yuliawati
49.  Arfian Hendra Wardana
50.  Susy Rizki

By the way, tugas hari pertama masih bisa ngeshare nih aku, gak tahu hari berikutnya, huahaha. Setiap hari hanya 1 tugas diberikan. Semula mau nulis di blog doang ini, tapi kupikir gak papa lah yang ini dishare juga di FB supaya yang namanya masuk tahu kalau sadar maupun tidak sadar mereka sudah memberikan berperan dalam pertumbuhanku. Bahwa mereka menjadi berkat mungkin tanpa mereka sadari. Terima kasih untuk kalian :*

Mereka yang hadir di hidupku sebenarnya adalah guruku di dalam universitas kehidupan ini, bahkan yang namanya tidak masuk dalam list di atas. Hanya saja mereka yang namanya kusebut menginspirasiku, meninggalkan jejak lebih dalam dibandingkan yang lain dan memberikan pelajaran yang gak terlupakan. Tidak semua pelajaran yang diberikan menyenangkan, yang menyakitkan pun ada. But, I’m blessed. Trully blessed.

Palangka Raya, 27 April 2020
-Mega Menulis-




Tuesday, April 14, 2020

Mazmur 97

Mazmur 97

Scripture

Mazmur 97:10 (TB)  Hai orang-orang yang mengasihi TUHAN, bencilah kejahatan! Dia, yang memelihara nyawa orang-orang yang dikasihi-Nya, akan melepaskan mereka dari tangan orang-orang fasik. 

Observation & Aplication 
Tuhanlah yang memelihara nyawaku. Duh, dapat ayat ini di tengah pandemi Covid-19 seperti ini mengingatkanku betapa hanya Tuhanlah pemilik hidupku. Teringat juga ucapan Paulus yang terkenal ke jemaat di Filipi : Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan. Jika mati adalah keuntungan, lalu apa yamg aku kuatirkan? Kehidupan suami dan anak-anakku? Bukankah Tuhan juga yang memelihara nyawa mereka? 

Prayer 
Terima kasih Tuhan untuk janjiMu memelihara nyawa kami. Terima kasih untuk teladan Paulus yang mengingatkan kalau hidupku untuk Tuhan dan mati adalah keuntungan. Jadilah menurut kehendakMu ya Tuhan. Amin.
Gratitude Journal 
14 April 2020 

1. Bersyukur bisa menyelesaikan laporan WFH setengah bulan ini.
2. Bersyukur dapat dua porsi rice bowl, rica ayam dan ayam asam manis.
3. Bersyukur masih ada donat di rumah.
4. Bersyukur ada THR walaupun jumlahnya ga sebanyak tahun kemarin.
5. Bersyukur hari ini abang iparku ulang tahun.
6. Bersyukur bisa blessing mama dan adekku dengan dua porsi lauk.

Palangka Raya, 14 April 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 92

Mazmur 92

Scripture
Mazmur 92:1-2 (TB)  Mazmur. Nyanyian untuk hari Sabat. (92-2) Adalah baik untuk menyanyikan syukur kepada TUHAN, dan untuk menyanyikan mazmur bagi nama-Mu, ya Yang Mahatinggi, 
(92-3) untuk memberitakan kasih setia-Mu di waktu pagi dan kesetiaan-Mu di waktu malam, 

Observation
Sudah beberapa waktu ini, aku selalu terbangun pagi banget, jam 4 pagi. Bersyukur sekali bisa saat teduh sambil mendengarkan suara kicauan burung peliharaan tetangga. Hari ini Tuhan ingatkan aku untuk bersyukur dan bermazmur bagiNya di sepanjang hari dengan suara kedengaran. Karena ini baik:
- Imanku dikuatkan dengan menyadari kebaikan Tuhan, iman timbul dari pendengaran, pendengaran akan firman Tuhan. 
- Orang lain yang juga mendengar dikuatkan. 
- Tuhan disenangkan melaluinya. 

Aplication
Aku mau bernyanyi bagi Tuhan di rumah. 

Prayer
Tuhan, biarlah setiap pujian yang kunyanyikan memuliakan Tuhan dan Tuhan disenangkan. Amin.
Gratitude Journal 
13 April 2020 

1. Bersyukur hari ini ke kantor dan bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan pakai wifi kantor, di rumah paket data terserap, fiuh.
2. Bersyukur siang dapat bento dari temanku. 
3. Bersyukur masih ada JCo buat cemilan bocah-bocah. 
4. Bersyukur sore aku buat nasi goreng dan orang rumah suka semua. 
5. Bersyukur bisa buat bumbu pecel. Yay. Kangen banget makan pecel.
6. Bersyukur bisa cuci pakaian.

Palangka Raya, 13 April 2020
-Mega Menulis-

Monday, April 13, 2020

Mazmur 84

Mazmur 84

Scripture
Mazmur 84:10 (TB)  (84-11) Sebab lebih baik satu hari di pelataran-Mu dari pada seribu hari di tempat lain; lebih baik berdiri di ambang pintu rumah Allahku dari pada diam di kemah-kemah orang fasik. 

Observation
Ayat ini berbicara tentang keintiman alias hidup dekat dengan Tuhan. Di masa Covid-19 ini, sejujurnya banyak orang berharap gak berada di tempatnya sekarang. Yang sudah lama diam di rumah ingin jalan-jalan atau ingin mengunjungi keluarganya,yang berada di RS ingin pulang ke rumahnya, dll. Aku sempat berpikir kalau di masa sekarang, tempat terbaik adalah di rumah bersama keluarga dan orang-orang terkasihku. Yang penting aku di rumah sekarang. Tapi ayat di atas membuatku berpikir ulang, bahwasanya di mana pun tempatku berasa bisa menjadi tempat yang  terbaik saat aku intim sama Tuhan. Ada seorang pendeta di kotaku yang positif Covid-19 dan dia terus bersaksi dari kamar RS mengenai pekerjaan Tuhan, pergumulannya, responnya, bagaimana dia memuji Tuhan, dll. TDW yang di RS juga bernyanyi dan menyemangati tenaga kesehatan yang merawatnya. Dari mana kekuatan dan sukacita mereka? Bukannya mereka sedang berada di tempat yang paling tidak diinginkan sekarang ini? Sekarang aku melihat RS bukan tempat yang terlalu buruk. Keintiman dengan Tuhan membuat tidak lagi tempat saya berada yang penting. 

Aplication
Aku mau hidup dalam hadirat Tuhan setiap hari dan hidup dengan kesadaran kalau Tuhan selalu dekat. 

Prayer
Tuhan, terima kasih buat kebenaran firman Tuhan hari ini. Biarlah aku senantiasa hidup dalam hadirat Tuhan dan merasakan kalau Tuhan dekat di mana pun aku ada. Amin.

Gratitude Journal 
12 April 2020 

1. Bersyukur hari ini Sofia berumur 2 tahun, bersyukur untuk pertumbuhannya. Kalau ingat dua bulan lalu dia gak mau ngomong sama sekali, duh.... Luar biasa bahagianya mendengar dia ngoceh melulu.
2. Bersyukur hari ini bisa masak makanan kesukaan Sofia : sop bakso, mie goreng dan ayam goreng tepung.
3. Bersyukur ada mamaku dan adekku datang dan seharian di rumah.
4. Bersyukur adekku traktir 2 lusin donat JCo dia tahu Sara dan Sofia suka kue-kue.
5. Bersyukur selama aku masak, suami bersih-bersih rumah.

Palangka Raya, 12 April 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 65

Mazmur 65

Scripture
Mazmur 65:9 (TB)  (65-10) Engkau mengindahkan tanah itu, mengaruniainya kelimpahan, dan membuatnya sangat kaya. Batang air Allah penuh air; Engkau menyediakan gandum bagi mereka. Ya, demikianlah Engkau menyediakannya: 

Observation
Tuhan menyediakan segala yang kita perlukan, Dia memberkati kita dengan rahmatNya yang gak berkesudahan. Dia Jehovah Jireh, Allah yang menyediakan. 

Pandemi Covid-19 ini mengakibatkan banyak orang mulai dirumahkan oleh perusahaannya, dipecat, gak mendapat uang setiap hari, bisnis seret dan sebagainya. Sedih sekali melihatnya. Aku belajar percaya, Tuhan menyediakan keperluan setiap orang dengan caraNya yang ajaib. Aku juga diingatkan untuk menjadi saluran berkat Tuhan bagi orang lain di masa ini. 

Aplication
✅ BERDOA Tuhan yang mencukupkan kebutuhan setiap orang yang memerlukan
✅ Menjadi jawaban doa orang yang memerlukan dengan melakukan yang aku bisa. Sudah terpikir melakukan beberapa hal dan mau aku bicarakan dengan suami. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya mau dan mampu melakukan sesuatu bagi mereka yang memerlukan. Berikanku hati yang penuh belas kasihan ya Tuhan. Amin.

Gratitude Journal 
11 April 2020 

1. Bersyukur ada udang jadi bisa buat bakwan udang.
2. Bersyukur masih ada stok sayur hari ini.
3. Bersyukur suami bisa ambil obat bulanannya di apotek dan gak perlu ngantri lama.
4. Bersyukur lihat anak-anak dah gak rewwl biarpun gak bisa jalan keluar rumah.
5. Bersyukur hari ini hari pertama menstruasi, lebih cepat sedikit dari jadwal.
6. Bersyukur bisa tidur siang lama banget dan bangun segar.

Palangka Raya, 11 April 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 51

Mazmur 51

Scripture
Mazmur 51:15 (TB)  (51-17) Ya Tuhan, bukalah bibirku, supaya mulutku memberitakan puji-pujian kepada-Mu! 

Observation
Memuji Tuhan waktu lagi senang itu gampang, atau jangan-jangan sewaktu senang malah lupa ya #eh. Tapi aku diingatkan untuk memakai mulutku untuk memuliakan Tuhan dan memuji Dia dalam keadaan seperti sekarang ini. Gak ada alasan untuk gak memuji Tuhan. 

Belakangan banyak orang menyesali keadaan dan mengeluhkan banyak hal, kecewa pada pemerintah bahkan menggunakan kata-kata kotor. Mendengar wacana thr dan gaji 13 gak ada aja, temanku yang PNS nyinyir dan berkata Jokowi payah bla bla bla. Astagaaaa....! Sekarang ini siapa sih yang gak butuh uang, aku juga butuh. Tapi haruskah mengatakan sesuatu yang melemahkan orang lain? Haruskah berbuat dosa dengan mulut yang diberikan Tuhan untuk memuji Dia? 

Aplication
Think and thank Meg! Kalau dah mikir pasti bisa bersyukur. 

Prayer
Tuhan biarlah isi mulutku hanya pujian bagiMu ya Allahku yang hidup. Amin.
Gratitude Journal 
10 April 2020 

1. Bersyukur bangun pagi dan saat teduh di ruang tamu, bisa dengar burung peliharaan tetangga berkicau.
2. Bersyukur bisa posting ayat hapalan bulan April hari ini.
3. Bersyukur bisa buat bumbu dasar putih, kuning dan merah.
4. Bersyukur lumayan sukses bikin klepon.
5. Bersyukur buat pengorbanan Kristus. Dia mati supaya aku gak hidup untuk diri sendiri lagi, aku hidup bagi Dia.
6. Bersyukur dengar postingan Ernest Prakasa dan diingatkan kalau hidup bukan tentang durasi tapi kontribusi.
7. Bersyukur bisa ikut webinar dengan tema Winning Mindset, dengar cerita inspiring Mbak Nana yang tangguh banget. Blessed.

Palangka Raya, 10 April 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 47

Mazmur 47

Scripture
Mazmur 47:3 (TB)  (47-4) Ia menaklukkan bangsa-bangsa ke bawah kuasa kita, suku-suku bangsa ke bawah kaki kita, 

Observation
Allah berkuasa. Kalau Ia berkenan, Covid-19 ini ditaklukkannya di bawah kuasa kita. Kalau tidak, berarti Dia punya rencana. Aku mau hidup dalam rencanaNya. Aku mau memuliakan Dia apapun yang terjadi. 

Aku hari ini emang perlu terus mengingat kalau Tuhan berkuasa. Subuh tadi dapat kabar dari Bosku kalau tahanan di kantor ada yang statusnya PDP dan OTG Covid-19 . Berarti kemungkinan besar di kantor ada yang carrier dan kami semua jadi ODP. Mana hari ini aku diminta ke kantor pulak 🤣 Aku percaya Tuhan berkuasa penuh atas apapun yang terjadi di salam hidupku. 

Aplication
Aku mau terus confess firman Tuhan dan mendapat kekuatan baru dari Tuhan. 

Prayer
Tuhan, Engkau berkuasa. Aku menyerahkan diriku ke dalam tangan kuasaMu. Amin.
Gratitude Journal 
9 April 2020 

1.  Bersyukur tadi di kantor cuma bentar, habis meeting sama kepala bisa pulang karena hari ini jadwal WFH.
2. Bersyukur di kantor dibagikan vitamin dan masker. 
3. Bersyukur beli ikan di pasar kemarin dan sudah dibumbui, jadi hari ini tinggal goreng dan bocah-bocah makan banyak. 
4. Bersyukur malam ini bisa movie date sama suami sambil makan pempek dan saus cuko ala-ala buatan sendiri 🤭
5. Bersyukur untuk reminder bersyukur bisa di rumah bersama keluarga dan semua sehat.

Palangka Raya, 9 April 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 34

Mazmur 34

Scripture
Mazmur 34:4 (TB)  (34-5) Aku telah mencari TUHAN, lalu Ia menjawab aku, dan melepaskan aku dari segala kegentaranku. 

Observation
Karena adanya Covid-19 ini aku sering kuatir, bagaimana kalau terjadi sesuatu padaku atau keluarga. Bagaimana kalau begini, begitu. Berbagai pikiran buruk muncul. Aku jatuh bangun dalam imanku. Capek sih. Kadang berasa lemah, kadang berasa kuat. Lalu aku lihat kesaksian pendeta yang kena Covid-19 dan terus share dan confess firman Tuhan. 

Sekarang aku mulai fokus sama Tuhan dan kehendakNya dan berasa banget jadi tenang di tengah badai.Aku percaya apapun yang terjadi, Tuhan pegang tanganku. 

Aplication
Aku mau fokus sama apa kata Tuhan, bukan ketakutanku. 

Prayer
Tuhan , waktu aku takut aku mau fokus terus pandang Tuhan. Jangan biarkan aku mengalihkan pandanganku ya Tuhan. Amin.
Gratitude Journal 
8 April 2020 

1. Bersyukur bisa ke pasar dan belanja buat stok 2 minggu. 
2. Bersyukur bisa masak beberapa macam lauk. Berapa hari ke depan tinggal manasin lauk dan masak sayur. Yay!
3. Bersyukur ada suami yang perbaiki kabel laptopku yang patah, jadi bisa kerja aku di rumah. Laptop tua bo, umur dah 14 tahun 🤣 Kalau dipakai harus dicolokin ke listrik terus. Selama ini gak kepikiran beli laptop karena belum ada dananya. Di kantor dulu sempat ditawarin bawa laptop kantor, tapi karena sehari-hari aku pakai PC, aku nolak, supaya dipakai sama yang perlu. Eh giliran perlu, malah dah dibagikan tu laptopnya.
4. Bersyukur suami bantuin cuci pakaian.
5. Sedih dengar berita meninggalnya Glenn Fredly tapi terhibur membayangkan Tuhan panggil best voice untuk paduan suara di sorga.

Palangka Raya, 8 April 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 50

Scripture
Mazmur 50:23 (TB)  Siapa yang mempersembahkan syukur sebagai korban, ia memuliakan Aku; siapa yang jujur jalannya, keselamatan yang dari Allah akan Kuperlihatkan kepadanya." 

Observation
Memuliakan Tuhan dengan bersyukur. Kelihatannya mudah, tapi kalau semua mudah harusnya semua orang bisa melakukannya. Tapi toh gak semua orang bisa melakukannya. Selalu ada pilihan dalam hidup termasuk MAU atau ngga bersyukur. 

Aku kenal seseorang yang selalu mengeluh kekurangan dalam hidupnya. Apa saja dikeluhkannya. Sampai-sampai karena gemas aku bilang ke dia, kamu gak capekkah ngeluh terus, aku yang cuma dengar aja capek lo, masa kamu ngga. Diem dong dia. Aku merasakan sendiri capeknya mendengar keluhannya dan berpikir:O.... Ini to yang dirasakan orang lain sewaktu mendengar aku selalu mengeluh. 

Aplication
Aku mau selalu mengucap syukur. Biarlah ucapan syukurku menyenangkan Tuhan. 

Prayer
Aku mau bersyukur kepadaMu setiap waktu ya Tuhan, puji-pujian kepadaMu tetap di dalam mulutku.
Gratitude Journal 
7 April 2020 

1. Bersyukur jadwal WFH ditambah. Asli, jawaban doa banget. Selama ini was-was ke kantor apalagi ada teman yang ODP. 
2. Bersyukur bisa ikut kulwap malam ini dan belajar banyak.
3. Bersyukur bisa vicall dengan adekku dan mamaku. Kangen mereka. 
4. Bersyukur KK suami sudah gak terblokir.
5. Bersyukur pagi tadi beli roti dari tukang roti yang lewat depan rumah, enak rotinya.

Palangka Raya, 7 April 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 28


Mazmur 28

Scripture
Mazmur 28:7 (TB)  TUHAN adalah kekuatanku dan perisaiku; kepada-Nya hatiku percaya. Aku tertolong sebab itu beria-ria hatiku, dan dengan nyanyianku aku bersyukur kepada-Nya. 

Observation
Kemarin pasien positif Covid-19 bertambah drastis, dari 11 menjadi 19. Didorong kekuatiran mulai berpikir mau ke pasar subuh ini, mumpung yang positif segitu, gimana kalau minggu depan, bisa lebih banyak kan, lebih ngeri lagi kan ke pasar? Eh tahu-tahu subuh hujan deras banget sampai sekarang. Gak bisa pergi deh, hahahaha. Seperti diingatkan kalau Tuhan sudah atur segala sesuatunya. Dapat pulak ayat ini.

Aplication
Fakta : Hanya Tuhan kekuatan dan perisaiku. 
Jadi yang harus aku lakukan adalah : percaya Tuhan dan bersyukur padaNya.

Prayer
Tuhan,aku serahkan kekuatiranku pada Engkau yang memeliharaku. Aku mau bersyukur kepadaMu, pujian kepadaMu tetap di dalam mulutku. Amin.
Gratitude Journal 
6 April 2020 

1. Bersyukur hari ini masih WFH.
2. Bersyukur dapat blessing pisang sesisir dan telur ayam kampung 10 butir dari temanku.
3. Bersyukur bisa ngantarin paket sembako dari seorang teman buat satu keluarga.
4. Bersyukur walaupun laporan WFH ribet banget tapi bisa meminimalisir resiko dangan di rumah saja.
5. Bersyukur bisa beli cemilan buat di rumah di Indomaret. Sara senang banget dibelikan es krim. 
6. Dengar wacana kalau gaji 13 dan 14 PNS tahun ini ditiadakan, kami membutuhkannya tapi bersyukur aku dan suami gak kuatir kalau itu terjadi. Malahan diingatkan kalau harus bersyukur karena masih banyak orang lain yang buat makan sehari-hari pun susah. Percaya kalau Tuhan yang akan mencukupkan segala keperluan kami. Kalau Tuhan gak berikan berarti kami belum memerlukan. Sesimple itu.

Palangka Raya, 6 April 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 20

Mazmur 20

Scripture
Mazmur 20:9 (TB)  (20-10) Ya TUHAN, berikanlah kemenangan kepada raja! Jawablah kiranya kami pada waktu kami berseru! 

Observation
Pandemik Covid-19 ini dialami banyak negara tapi anehnya hanya di Indonesia yang memakai alasan ini untuk menyuruh presidennya mundur. Banyak cercaan ditujukan kepada Presiden. Gila emang, di masa seperti ini ada yang mengambil kesempatan berpolitik dan mempengaruhi rakyat untuk membenci presiden. Itu orang kemanusiaannya di mana ya. Masyarakat kita juga hanya mencari yang disalahkan dan gak berbuat yang berguna untuk meringankan penderitaan orang lain. Sedih deh. Waktu presiden berduka atas kematian ibunya pun ada yang masih menghina. Duh. 

Aplication
Aku mau berdoa memohon hikmat bagi Presiden dan orang-orang di belakangnya agar dapat mengambil keputusan terbaik dan bertindak dengan bijaksana di masa sekarang. 

Prayer
Tuhan, berikanlah hikmat bagi pengambil keputusan di Indonesia dari tingkat RT sampai Presiden supaya bisa menangani pandemik ini dengan benar dan berikanlah mereka kekuatan dan sukacita menjalankan tugasnya. Amin.
Gratitude Journal 
5 April 2020 

1. Bersyukur dah posting ayat hapalan.
2. Bersyukur hari ini masak berkali-kali dan bocah-bocah semangat makannya: sop ayam dan makaroni, ikan sambal matah,bakwan nasi, chicken katsu.
3. Hari ini dengar kabar pasien yang positif Covid-19 melonjak tajam dan semakin banyak ODP, sempat kuatir tapi bersyukur karena diingatkan kalau di sini belum ada yang meninggal karena Covid-19. Ada harapan kesembuhan. Berdoa buat penyebaran Covid-19 supaya bisa dikendalikan.
4. Bersyukur bisa nonton film sama suami.
5. Bersyukur anak-anak gak merengek keluar walaupun sudah beberapa minggu hanya di rumah.
6. Bersyukur vicall sama mertua dan mereka sehat semua.

Palangka Raya, 5 April 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 19

Mazmur 19

Scripture
Mazmur 19:1 (TB)  Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. (19-2) Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya; 

Observation & Aplication 
Sempat membaca berita bagaimana bumi dipulihkan semasa Covid-19 melanda. Lapizan Ozon menutup, polusi berkurang, pemanasan global berkurang dan banyak lagi.  Prediksi bumi yang akan hancur beberapa puluh tahun lagi sepertinya gak akan terjadi. 

Ada hal baik yang sedang terjadi. Kemuliaan Tuhan terlihat di sekeliling kita. Benar ternyata, kalau kita gak memuliakan Tujan, Dia bahkan bisa pakai batu sekalipun. 

Jadi perenunganku juga kalau selama ini jarang melihat alam sekitar sebagai pekerjaan tangan Tuhan dan bersyukur sama Tuhan karenanya. 

Prayer
Tuhan ajar aku memuliakan Engkau melalui buatan tanganMu di sekitarku. Aku mau bersyukur buat pemulihan bumi yang sedang terjadi. Terima kasih Tuhan. Amin.
Gratitude Journal 
4 April 2020 

1. Bersyukur dapat blessing kue buat bocah dan telor 1 tabak dari bos suami.
2. Bersyukur hari ini bisa belanja beras, popok, minyak, dll.
3. Bersyukur bikin nasi uduk yang enak walaupun agak lembek.
4. Bersyukur sukses bikin kue leker, anak-anak suka.
5. Bersyukur bisa nonton film berdua suami.
6. Bersyukur punya suami yang telaten dan apik banget sama barang.
7. Bersyukur jumlah pasien Covid-19 yang sembuh di Kalimantan Tengah bertambah.
8. Bersyukur ada teman yang mau ngasih masker, senang banget, feel loved.

Palangka Raya, 4 April 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 16

Mazmur 16

Scripture
Mazmur 16:9-10 (TB)  Sebab itu hatiku bersukacita dan jiwaku bersorak-sorak, bahkan tubuhku akan diam dengan tenteram; 
sebab Engkau tidak menyerahkan aku ke dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan. 

Observation
Beberapa hari ini aku mengurangi membaca berita tentang Covid-19. Tetap waspada tapi gak mau hidup dalam ketakutan. Pokoknya aku melakukan yang kubisa dan gak meremehkan pandemik ini. Aku belajar percaya gak ada sesuatu pun yang terjadi tanpa seizin Tuhan.  Kejadian belakangan menunjukkan, apa yang terjadi menampilkan sisi terbaik dan terjahat manusia. Aku mau pilih yang mana? Setiap yang terjadi dapat menjadi kesempatan untuk memuliakan Tuhan.

Aplication
Lakukan apa yang membuatku semakin menyerupai Tuhan dan membuatku semakin mengasihi Dia. 

Prayer
Tuhan, berikanku hati yang semakin berbelas kasihan kepada orang lain dan gak hanya memikirkan diri sendiri di masa-masa sekarang ini. Amin.
Gratitude Journal 
3 April 2020 

1. Bersyukur hari ini ke kantor dan #savekuotapaketdata. Hahaha.
2. Bersyukur orang yang ngontrak rumahku bayar kontrakannya.
3. Bersyukur bisa bayar tagihan kartu kredit.
4. Bersyukur vicon di kantor akan dikurangi frekuensinya jadi seminggu sekali.
5. Bersyukur insentif adikku cair. Ikut senang banget karena dari kemarin-kemarin dia dah kuatir gak dibayarkan.

Palangka Raya, 3 April 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 4

Mazmur 4

Scripture
Mazmur 4:8 (TB)  (4-9) Dengan tenteram aku mau membaringkan diri, lalu segera tidur, sebab hanya Engkaulah, ya TUHAN, yang membiarkan aku diam dengan aman. 

Observation & Aplication 
Tidur adalah kegiatan yang luar biasa kupikir karena sewaktu tidur Tuhan memberikan kesempatan tubuhku beristirahat dan begitu bangun ada kesegaran dan kekuatan baru. Tidur malam adalah waktu yang aku nantikan sepanjang hari apalagi saat hari itu terasa berat. Aku percaya Tuhan bekerja  sewaktu aku tidur dan menjaga hidupku,aku gak perlu mengkuatirkan apapun dan bisa beristirahat menikmati kebaikan Tuhan dan dipulihkan waktu bangun.

Prayer
Tuhan, aku bersyukur untuk waktu-waktu tidur yang Tuhan berikan dan aku boleh dipulihkan sehingga bangun dengan kesegaran dan kekuatan yang baru. Terima kasih Tuhan. Amin.
Gratitude Journal 
2 April 2020 

1. Bersyukur suamiku ditelpon bosnya dan gajian, padahal bulan Maret kemarin kerja cuma beberapa hari karena ada Covid-19. Sebenarnya sudah rela kami kalau gak digaji. Semoga bos tetap diberkati berlimpah.
2. Bersyukur hari ini bisa buat mie goreng kesukaan bocah dan sorenya aku buat kuah bakso. Kangen jajan bakso 😭 Tapi ngeri keluar rumah.
3. Bersyukur dah 2 hari WFH, walaupun kuota jadi menipis karena kerjaanku pelaporan di aplikasi online tapi bersyukurnya ga usah was-was saat kekuar rumah.
4. Bersyukur untuk kesehatan keluarga besar. Sedih gak bisa ketemu langsung tapi jadi benar-benar mensyukuri waktu-waktu berkumpul selama ini.
5. Bersyukur hari ini teman kantorku dulu Ultah. Jadi ingat momen waktu masih kerja bareng dan senang rasanya pernah bekerja dengan orang-orang yang sampai sekarang masih seperti keluarga,walaupun sudah gak sekantor.
6. Bersyukur karena dua hari gak ke kantor jadi gak perlu nyuci pakaian 🤣

Palangka Raya, 2 April 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 1

Mazmur 1

Scripture
Mazmur 1:5 (TB)  Sebab itu orang fasik tidak akan tahan dalam penghakiman, begitu pula orang berdosa dalam perkumpulan orang benar; 

Observation
Birds of a feather flock together. Aku teringat kalimat ini saat membaca ayat di atas. Secara alami, orang-orang yang memiliki kesamaan pemikiran akan berkumpul. Saat berkumpul dengan yang berbeda 'bulunya' maka pada akhirnya akan timbul pertentangan batin dan berontak. Artinya, sejak awal aku bisa memilih dengan sadar mau bergaul dengan siapa, dikelilingi oleh orang-orang yang bagaimana. Gak perlu menunggu bentrok. Dari awal tetapkan standar. Gak perlu memaksa masuk ke kumpulan orang-orang atau coba-coba bergaul akrab dengan mereka yang punya  nilai berbeda dengan kita. Lambat laun, kalau gak aku yang terpengaruh ya mereka yang terpengaruh. Gak usah membawa diri ke dalam pencobaan. 

Dulu aku sering meladeni debat dengan orang-orang yang gak rasional di fb, kerjanya cuma nyinyirin pemerintah tapi gak melakukan apapun. Lalu sempat bersih-bersih Fb dan sekarang di timeline yang berseliweran tulisan dari teman-teman yang penulis, status parenting, celotehan ringan teman sekolah dulu, kegiatan amal bagi mereka yang terdampak Covid-19, dll yang membuatku gak tergoda terjebak dalam debat kusir. Puji Tuhan. 

Aplication
✅ Gak usah bergaul akrab dengan toxic people Meg! Unfaedah. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk gak berdiri di jalan orang berdosa lalu duduk bergaul dengan kumpulan pencemooh. Amin.
Gratitude Journal 
1 April 2020 

1. Bersyukur hari ini dapat jatah WFH.
2. Bersyukur internet lancar jaya jadi bisa meeting online.
3. Bersyukur target pekerjaan hari ini selesai semua. Isi aplikasi SMART KEMENKEU dan Monevgar done. 
4. Bersyukur masih ada sisa bubur kacang hijau kemarin, jadi ga usah bingung mikir cemilan.
5. Bersyukur hari ini gajian dan langsung kepotong buat kredit rumah.
6. Bersyukur suami ingat untuk ganti oli motor.
7. Bersyukur dengar kabar pasien Covid-19 di Kalteng ada yang sembuh.

Palangka Raya, 1 April 2020
-Mega Menulis-

Filipi 4

Filipi 4

Scripture
Filipi 4:6 (TB)  Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.

Observation & Aplication 
Ganti kekuatiran dengan doa Meg! 
Ini yang aku dapat dan jadi reminder banget hari ini. Salah satu pasien Covid-19 yang rumahnya dekat rumaku meninggal kemarin. Menurut keterangan, dia sudah dicek dan sembuh dari Covid-19 tapi meninggal karena serangan jantung. Tetap ngeri kan jadinya 😭 Kekuatiran adalah alarm untuk berdoa. Stop kuatir dan mulai doa. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya gak kuatir terus-menerus. Aku mau fokus sama kebaikan Tuhan saja. Amin.
Gratitude Journal 
31 Maret 2020 

1. Bersyukur ada stok kacang hijau jadi bisa buat bubur kacang hijau.
2. Bersyukur mulai April dijadwalkan WFH, masuk bergiliran sama teman.
3. Bersyukur sudah install aplikasi Zoom dan bisa test meeting.
4. Bersyukur jumlah yang bisa direvisi anggaran cukup untuk satgas Covid-19.
5. Bersyukur dapat format jadwal harian yang lucu.

Palangka Raya, 31 Maret 2020
-Mega Menulis-

Saturday, April 11, 2020

Efesus 6

Efesus 6

Scripture
Efesus 6:18 (TB)  dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus,

Observation
Dampak pandemik Covid-19 ini mulai mengerikan, berita-berita yang bermunculan juga membuat kuatir. Suami bilang Covid-19 ini akan mengubah banyak tatanan kehidupan dan Tuhan sedang kerjakan sesuatu. Kalau gak ingat, semua terjadi dengan seizin Tuhan emang mudah kehilangan pengharapan tapi doa membuat hati kita senantiasa dalam kondisi berharap. Jadi aku mau berdoa terus-menerus setiap Tuhan beri kesempatan. 

Kemarin sempat ketemu Omku di rumah mama, usahanya berhenti sekarang, padahal dia punya banyak karyawan dan dia ada kredit UMKM. Mendengarkan dia bercerita pedih rasanya hati, dalam hati aku berdoa supaya dia sehat dan kuat melalui ini karena dia juga ada penyakitnya. Lalu tiba-tiba dia berkata, yang penting selamat dan sehat dulu sekarang, bertahan dengan yang ada, nanti kalau situasi sudah aman, mulai lagi semua. Aku senang sekali dengar gitu, aku percaya Tuhan yang beri kekuatan dan damai sejahtera sehingga dia berucap itu. 

Aplication
✅ Aku mau berdoa di setiap kesempatan yang Tuhan berikan. 

Prayer
Tuhan berikanlah aku hati yang mau bersyafaat. Amin.
Gratitude Journal 
30 Maret 2020 

1. Bersyukur bisa buat cemilan bakwan buat sore.
2.Bersyukur bisa tertawa bareng suami melihat kelakuan bocah.
3. Bersyukur melihat Sofia yang makin banyak ocehannya.
4. Bersyukur ada wacana buat WFH mulai April nanti.
5. Bersyukur buat kesehatan semua anggota keluarga kami.

Palangka Raya, 30 Maret 2020
-Mega Menulis-

Roma 12

Roma 12

Scripture
Roma 12:12 (TB)  Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa! 

Observation
Saat ngobrol bareng dengan suami kemarin, aku menyadari kalau efek Corona akan mengubah cara hidup dan mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan, terutama ekonomi. Inflasi mulai terasa, di sini harga gula mencapai 23 ribu/kg, belum lagi barang lain. Omku yang punya warung terpaksa merumahkan karyawannya karena omset menurun drastis, dll. Ini baru 2 minggu dan belum full lockdown. 

Ada kekuatiran mulai muncul, tapi ayat ini jadi reminder untuk bersukacit dalam pengharapan, bersabar dan bertekun dalam doa. Aku perlu lebih banyak berdoa untuk  fokus pada apa yang Tuhan mau kerjakan dibandingkan apa yang aku hadapi. 

Aplication
✅ Aku mau berdoa khusus, supaya pandemik Covid-19 ini segera berakhir dan Tuhan memampukan kita menanggung apa yang harus kita tanggung. 

Prayer
Tuhan, berikanlah kami kekuatan,kesabaran dan sukacita dalam menghadapi pandemik ini. Biarlah damai sejahteraMu yang melampaui segala akal menenangkan kami. Amin.
Gratitude Journal 
29 Maret 2020 

1. Bersyukur masih bisa makan buah dan sayur. Potongan semangka terakhir hari ni, besok dah ga ada lagi 😅 Bersyukur ada jeruk. 
2. Tadi cerita sama temanku yang cari vitamin di apotek dah kehabisan. Bersyukur punya suami yang cerewet masalah beli vitamin bocah, jadi masih ada vitamin bocah.
3. Bersyukur aku bisa ke rumah mamah antarin disinfektan.Bersyukur dikasih bakpia sama mamah.
4. Bersyukur sore-sore bisa buat cemilan bakwan buat di rumah.
5. Bersyukur malam ini ada kulwap dan aku bisa belajar banyak hal.

Palangka Raya, 29 Maret 2020
-Mega Menulis-

Kisah Para Rasul 10

Kisah Para Rasul 10

Scripture
Kisah Para Rasul 10:34 (TB)  Lalu mulailah Petrus berbicara, katanya: "Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang.

Observation
Di dalam doa, Allah menyatakan kehendakNya kepada Paulus dan Kornelius. Walaupun tidak mengerti tapi mereka taat. Setelah taat, barulah mereka mengerti maksud Allah. Ketaatan membuka pengertian. 

Aplication
✅ Kalau mau tahu kehendak Tuhan aku harus berkomunikasi sama Tuhan lewat doa. 
✅ Pastikan keinginan mengetahui kehendak Tuhan juga disertai keinginan menaatiNya. 
✅ Seringkali setelah taat baru kita mengerti maksud Tuhan. Tetap taat sekalipun gak mengerti. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk taat sekali pun aku gak mengerti maksud Tuhan. Amin.
Gratitude Journal 
28 Maret 2020 

1. Bersyukur masih bisa makan buah dan sayur. 
2. Bersyukur hari ini bisa gunting-gunting worksheet yang aku print buat Sara.
3. Bersyukur hari ini gak perlu nyuci pakaian.
4. Tadi video call dengan keluarga Omku, bersyukur melihat mereka sehat.
5. Bersyukur bocah tidur siang agak lama jadi bisa quality time dengan suami,
6. Bersyukur sudah melengkapi dan menyerahkan berkas untuk proses refund tiket suami.

Palangka Raya, 28 Maret 2020
-Mega Menulis-

Kisah Para Rasul 9

Kisah Para Rasul 9

Scripture
Kisah Para Rasul 9:42 (TB)  Peristiwa itu tersiar di seluruh Yope dan banyak orang menjadi percaya kepada Tuhan. 

Observation & Aplication 
Mukzizat yang terjadi adalah bagi kemuliaan Tuhan. Aku diingatkan, demikian juga hidupku adalah bagi kemuliaan Tuhan. 

Di masa wabah Covid-19 melanda, jadi lebih sering memikirkan kematian. Bagaimana kalau aku atau orang-orang yang aku sayangi harus mati? Apakah hidupku sudah memuliakan Tuhan? Gak ada yang bisa aku lakukan sekarang selain menghargai kehidupan dengan menghabiskan waktu bersama mereka yang terkasih, merayakan kehidupan dengan hidup benar di hadapan Tuhan dan memuliakan Dia. 

Prayer
Tuhan, biarlah di hari-hari hidupku aku kedapatan menyenangkanMu. Amin.
Gratitude Journal 
27 Maret 2020 

1. Bersyukur di kantor ada kerja bakti dan ada penyemprotan desinfektan dari Dinas Kebersihan.
2. Bersyukur bisa print aktvitas buat Sara.
3. Bersyukur apotek langganan kami buka dan bisa beli vitamin.
4. Bersyukur bisa ke rumah mamah, anata makanan dan ngobrol.
5. Bersyukur sekarang setiap hari cuci pakaian walaupun sekarang setrikaan jasi numpuk.
6. Bersyukur bisa ke pasar dan nyetok sayuran buat beberapa hari.

Palangka Raya, 27 Maret 2020
-Mega Menulis-

Yohanes 17

Yohanes 17

Scripture
Yohanes 17:3 (TB)  Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.

Observation
Hari-hari belakangan, setiap hari berita tentang Corona saja yang muncul. Berasa seperti survivor yang hidup hari demi hari. Tapiiii.... Firman Tuhan hari ini mengingatkanku untuk mengenal Yesus lebih dalam supaya aku mengasihi Dia lebih sungguh. Fokusku harus berganti. 

Aplication
Stop memikirkan corona dan stop hidup dalam kekuatiran. Hidup dalam pengenalan akan Tuhan saja Meg. 

Prayer
Tuhan tolong aku untuk mengenal Tuhan lebih lagi. Nyatakanlah kehendakMu ya Tuhan, dan tolong aku hidup di dalamnya. AMIN.
Gratitude Journal 
26 Maret 2020 

1. Bersyukur dari kantor dapat kotakan ayam Kalasan kesukaan bocah-bocah.
2. Bersyukur dapat blessing KFC dari temanku.
3. Bersyukur nyobain aplikasi Fresh Express dan sukses. Bisa belanja dari rumah dan diantarin ke rumah.
4. Bersyukur buat kesehatan kami dan keluarga di mana aja. Hari ini vicall beberapa keluarga dan senang melihat mereka sehat.

Palangka Raya, 26 Maret 2020
-Mega Menulis-

Yohanes 11



Yohanes 11

Scripture
Yohanes 11:4 (TB)  Ketika Yesus mendengar kabar itu, Ia berkata: "Penyakit itu tidak akan membawa kematian, tetapi akan menyatakan kemuliaan Allah, sebab oleh penyakit itu Anak Allah akan dimuliakan."

Observation & Aplication 
Membaca ayat ini langsung lah teringat Covid-19 yang sedang ngehits. Berdoalah aku supaya penyakit ini menyatakan kemuliaan Allah. Aku mau belajar percaya kalau Allah punya tujuan. 

Prayer
Tuhan, biarlah kemuliaanMu dinyatakan melalui wabah Covid-19 ini. Biarlah kami semakin giat mencari Tuhan. Amin.
Gratitude Journal 
25 Maret 2020 

1. Bersyukur seharian bisa di rumah dan gak perlu was-was bertemu orang lain.
2. Bersyukur seharian bocah-bocah makannya bagus seharian.
3. Bersyukur buat teknologi, beli pulsa bisa dari rumah.
4. Bersyukur bisa video call dengan keluarga dan melihat mereka sehat-sehat.

Palangka Raya, 25 Maret 2020
-Mega Menulis-

Lukas 6

Lukas 6

Scripture       
Lukas 6:36 (TB)  Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati."

Observation & Aplication 
Tuhan menghendaki anak-anaknya bermurah hati. Aku bergumul dalam hal ini, karena aku sadar bermurah hati bukan sekedar selalu memberi. Tapi juga berhikmat dalam memberi. Tuhan saja gak asal memberi umatNya. Kalau apa yang diberikan akan mencelakakan, kupiki juga Tuhan gak akan memberi. 

Kemarin aku baru saja menegur salah seorang keluarga jauh yang ke rumah untuk mengeluh tentang berbagai hal. Dia memang mengalami kesulitan ekonomi. Beberapa kali kami membantu secara ekonomi. Tapi lama kelamaan kami sadar sebenarnya masalahnya bukan hanya ada dan tidak ada uang, tapi pengelolaan keuangan yang gak bijak, tidak ada prioritas dalam penggunaan uang yang terbatas, ditambah komunikasi suami istri yang kurang baik. Aku dan suami sudah membantu mencarikan pekerjaan karena kami terbatas juga dalam hal keuangan. Akhirnya suaminya mendapatkan pekerjaan dengan upah lumayan. Tapi tetap saja mereka dilanda kesulitan.  Ya gimana, mereka gak bijak. Ya sudahlah, aku tegur. 

Prayer
Tuhan, berikanku hikmat supaya dapat bermurah hati dan melakukan yang bisa aku lakukan. Amin.

Palangka Raya, 24 Maret 2020
-Mega Menulis-

Lukas 5

Lukas 5

Scripture
Lukas 5:12 (TB)  Pada suatu kali Yesus berada dalam sebuah kota. Di situ ada seorang yang penuh kusta. Ketika ia melihat Yesus, tersungkurlah ia dan memohon: "Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku."

Observation & Aplication 
Sebagaimana pria yang terkena kusta itu memohon belas kasihan Tuhan. Saat ini aku juga memohon kalau Tuhan berkenan untuk menghilangkan pandemi Corona di dunia. Ngeri sekali dan gak terbayangkan dalam sehari orang bisa meninggal sebanyak itu. Di Italia, presidennya sampai menangis karena harus menguburkan 800 jenasah dalam sehari. 

Prayer
Tuhan, tolong kami. Jika Tuhan berkenan, selamatkanlah kami ya Tuhan. Tapi kalau ngga, biar kami tetap mengucap syukur dan melihat tangan Tuhan dalam segala keadaan. Amin.
Gratitude Journal 
23 Maret 2020 

1. Bersyukur di kantor disediakan hand sanitizer.
2. Bersyukur di ruang kantor kami dipasang AC baru, yang sebelumnya rusak.
3. Bersyukur walaupun ada teman yang bekerja di rumah tapi pekerjaan lancar.
4. Bersyukur anak-anak walaupun mulai bosan di rumah, tapi taat gak merengek minta jalan.
5. Bersyukur masakanku dihabiskan anak-anak.

Palangka Raya, 23 Maret 2020
-Mega Menulis-

Yesaya 48

Yesaya 48:12-22 Scripture Yesaya 48:22 (TB)  "Tidak ada damai sejahtera bagi orang-orang fasik!" firman TUHAN.  Observation & ...