.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Sunday, May 31, 2020

Yosua 10

Yosua 10:1-14

Scripture
Yosua 10:11 (TB)  Sedang mereka melarikan diri di depan orang Israel dan baru di lereng Bet-Horon, maka TUHAN melempari mereka dengan batu-batu besar dari langit, sampai ke Azeka, sehingga mereka mati. Yang mati kena hujan batu itu ada lebih banyak dari yang dibunuh oleh orang Israel dengan pedang.

Observation
Ada campur tangan Tuhan dalam pertempuran orang Israel. Bahkan Dia menghancurkan musuh jauh lebih banyak dari yang dibunuh orang Israel. Sadar atau tidak sadar, Tuhan hadir menyertai setiap pertempuran Israel. Bahkan Dia yang memberikan kemenangan. 

Begitu juga dengan kehidupanku, aku sadari ataupun tidak, Tuhan selalu hadir dan menyertai. Dia campur tangan. Dia memberikan kemenangan. Setiap pertempuranku melawan dosa, karakterku yang buruk, manusia lamaku yang belum kutinggalkan, Tuhan mensupportku supaya aku menang. *Kalau menyadari Tuhan hadir dan dekat denganku, masihkah aku ingin berbuat dosa?* Beberapa kali dalam minggu ini aku nyaris jatuh dalam dosa, tapi saat sadar Tuhan dekat dan lihat, aku malu. Batal deh. Aku gak mau mendukakan Tuhan. Aku gak mau kembali ke kehidupan lamaku. 

Aplication
Aku gak mau tinggal tetap dalam dosa karena akan membuatku menjauh dari Tuhan. Aku sadar, naluri dosa adalah menyembunyikan diri dari Tuhan. Sekali berbuat dosa, aku akan menjauh dari Tuhan dan dosa akan berkuasa. No. Aku gak mau. 

Prayer
Tuhan, terima kasih karena Tuhan selalu hadir dan perhatikanku. Tuhan gak biarkan aku jatuh dan tinggal tetap dalam dosa. Terima kasih buat kemenangan yang Tuhan berikan. Amin.
Gratitude Journal
30 Mei 2020 

1. Bersyukur bisa bangun siang dan malas-malasan di tempat tidur sekeluarga. 
2. Bersyukur bocah mau makan udang yang aku masak, sempat kuatir mereka gak mau karena dah lama gak makan udang. 
3. Bersyukur sore bisa jalan-jalan beli nasi padang buat suami. 
4. Bersyukur pas jalan ingat beli ketan. Suami sempat bilang hari ini pengen makan ketan. Untung ingat beli pas lewat orang yang jualan. 
5. Bersyukur sampai hari ini konsisten mencatat pengeluaran dan pemasukan setiap hari. Jadi bisa tahu bocor halus dan saving lebih teratur. 
6. Aku dengar kabar langganan tanteku di pasar terkena Covid-19, bersyukur pas tanya ternyata tanteku sudah lama berhenti langganan ayam di situ. Kuatirnya karena tanteku kan jualan di warung makan gitu. Gak kebayang kalau dia, keluarga atau pembeli kena. 
7. Bersyukur bisa video call sama beberapa keluarga suami. 
8. Bersyukur pagi-pagi suami waktu buang sampah, mampir ke warung beli kangkung dan tempe.

Palangka Raya, 30 Mei 2020
-Mega Menulis-

Saturday, May 30, 2020

Yosua

Yosua 1

Scripture
Yosua 1:15 (TB)  sampai TUHAN mengaruniakan keamanan kepada saudara-saudaramu seperti kepada kamu juga, dan mereka juga menduduki negeri yang akan diberikan kepada mereka oleh TUHAN, Allahmu. Kemudian bolehlah kamu pulang kembali ke negerimu sendiri dan menduduki negeri yang diberikan Musa, hamba TUHAN itu, kepadamu di seberang sungai Yordan, di sebelah matahari terbit." 

Observation
Orang Ruben, orang Gad dan setengah suku Manasye sudah mendapatkan bagian dari negeri yang dijanjikan Tuhan. Mereka bisa tinggal dengan aman dan nyaman tanpa harus berperang lagi. Tetapi, Tuhan mau mereka turut berperang sampai saudara-saudara mereka yang lain juga dikaruniai negeri yang telah dijanjikan tersebut. 

Tuhan tidak mau aku tinggal di menara gadingku dan tidak memperhatikan kepentingan saudara-saudaraku. Pandemi ini bisa membuatku semakin egois dan hanya memikirkan keselamatan keamanan sendiri atau membuatku semakin mengasihi orang lain dan memperhatikan keperluan mereka. Pilihan ada padaku. 

Aplication
Kalau masih ada orang yang kukenal sulit untuk makan di masa pandemi ini, aku harus memperhatikan mereka. 

Prayer
Tuhan, ampuni aku kalau aku hanya memikirkan keamanan dan kenyamananku sendiri. Tolong aku untuk sungguh memperhatikan saudaraku dan melakukan yang bisa kulakukan. Amin.
Gratitude Journal
29 Mei 2020 

1. Bersyukur hari ini WFO karena banyak kerjaan dan puji Tuhan semua selesai hari ini.
2. Bersyukur ada Farid dan Doni yang bantuin di kantor.
3. Bersyukur bisa nyempatin ke BRI untuk ganti kartu ATM dan aktivasi BRI Mobile.
4. Bersyukur ada pemberian makanan tambahan di kantor, lumayan gak usah pesan makanan.
5. Bersyukur hari ini keluar rumah, jadi bisa sekalian isi bensin, beli vitamin, dll.
6. Bersyukur anak-anak makannya oke hari ini.

Palangka Raya, 29 Mei 2020
-Mega Menulis-

Yohanes 16

Yohanes 16:16-33

Scripture
Yohanes 16:24 (TB)  Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatu pun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.

Observation
Meminta dalam nama Yesus bagi beberapa orang hal yang mudah, tapi buatku terkadang gak mudah. Ada rasa sungkan minta-minta sama Tuhan karena berpikir :Ah, Tuhan tahu kok yang aku perlukan bahkan tanpa aku katakan. Buat apa lagi aku minta. Ya kan? 

Ya. Tuhan tahu apa yang aku perlukan, tapi meminta sama Tuhan bukan bertujuan supaya Tuhan tahu. Lalu apa tujuan meminta kepada Tuhan? 
SUPAYA SUKACITAKU PENUH. 
Memang beda rasanya menerima apa yang aku minta dengan tahu-tahu diberikan tanpa diminta. Saat aku meminta, aku sedang mengetuk pintu surga dengan kebutuhanku. Ini berarti aku begitu memerlukannya dan MENYADARI hanya Tuhanlah Sumber Pemberi  dan Sumber Sukacitaku sehingga aku meminta. Dan saat pintu dibukakan, ada rasa syukur tak terhingga karena aku merasa diterima dan dikasihi. Dalam meminta, aku tahu kalau aku dikasihi. Bahkan jika aku tidak menerima yang aku minta, aku menerima melebihi yang kupinta. 

Aplication
Aku mau meminta tanpa keraguan di dalam nama Yesus, supaya sukacitaku penuh. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya punya iman seperti anak kecil yang meminta tanpa banyak pikir tapi karena dia jujur di hadapan orang tuanya. Amin.
Gratitude Journal
28 Mei 2020 

1. Bersyukur perpanjangan SIM Pa Sara sudah selesai.
2. Bersyukur ada ikan seluang, tinggal digoreng dan nyambel, yummy. Bersyukur juga ada stok kaldu dan ayam, jadi bisa buat sop buat bocah.
3. Bersyukur malam-malam suami pesan ayam geprek buat kami makan berdua.
4. Bersyukur sudah menyelesaikan 1 file bahan audit.
5. Bersyukur bisa video call sama mertua dan mereka sehat.
6. Bersyukur walaupun hari ini WFH tapi kerjaan beres.

Palangka Raya, 28 Mei 2020
-Mega Menulis-

Yohanes 14

Yohanes 14:23-31

Scripture
Yohanes 14:30 (TB)  Tidak banyak lagi Aku berkata-kata dengan kamu, sebab penguasa dunia ini datang dan ia tidak berkuasa sedikit pun atas diri-Ku.

Observation
Tidak ada satu pun yang mengalahkan kuasa Allah. Baik itu penindasan, penyakit, dosa bahkan kematian. Yesus sudah menang atas segalanya saat mati di kayu salib. Maut tidak lagi berkuasa atas hidupku. Tidak ada yang bisa memisahkanku dari kasihNya.

Kalau aku mati, entah kapan pun itu, aku tahu aku akan bersama Bapa Sorgawi. Kalau aku hidup sampai hari ini, aku hidup bagi Dia. Hidup dan matiku ada dalam kuasaNya. Bagianku melakukan firmanNya dengan penuh ketaatan. 

Aplication
Hidup matiku di tangan Tuhan, segala kekuatiranku sudah Tuhan selesaikan bahkan sebelum aku memikirkannya. Aku tidak perlu kuatir akan apapun, lakukan yang terbaik untuk memiliki hidup yang bermakna. 

Prayer
Tuhan, ampuni aku karena sering lupa kalau Tuhanlah pemilik hidupku dan aku mulai kuatir akan banyak hal. Semua kekuatiranku kutaruh di kakimu ya Tuhanku dan aku gak mau ambil lagi. Amin.
Gratitude Journal
27 Mei 2020 

1. Shock dengar harga ayam sampai 70 rb sekilo di Palangka Raya, bersyukur masih ada stok ayam yang sudah diungkep di freezer.
2. Bersyukur di rumah masih ada udang, ayam, hati, ikan dan telur. Bahan makanan seminggu ke depan masih aman nampaknya. Jadi gak perlu belanja dulu. 
3. Bersyukur ada kue kering dari bosku, kue sagunya enak banget, bocah-bocah senang. Satu toples hampir habis hanya sehari.
4. Bersyukur suamiku ikut webinar rumah inspirasi tentang homeschooling. Jadi nambah bekal kami buat diskusi.
5. Bersyukur malam-malam Sara bisa main lego tanpa digangguin Sofia karena Sofia mau main mainan yang lain.
6. Bersyukur Pa Sara setuju beli mainan baru buat bocah. Dah lama emang kami gak beli mainan buat mereka.

Palangka Raya, 27 Mei 2020
-Mega Menulis-

Yesaya 8

Yesaya 8:11-22

Scripture
Yesaya 8:11 (TB)  Sebab beginilah firman TUHAN kepadaku, ketika tangan-Nya menguasai aku, dan ketika Ia memperingatkan aku, supaya jangan mengikuti tingkah laku bangsa ini

Observation
Yesaya diminta Tuhan tidak mengikuti tingkah laku bangsa tersebut. Standar atau perbuatan orang lain tidak pernah menjadi alasan anak Tuhan berbuat atau tidak berbuat sesuatu. Standar hidup anak Tuhan jelas, hanya firman Tuhan. Gak ada yang lain. Bahkan pendeta atau hamba Tuhan bukan standar. Manusia bisa berubah, jatuh dan berbuat salah tapi firmanNya tetap. Banyak orang melakukannya bukan berarti benar. Tidak pernah jumlah orang yang melakukan-sedikit maupun banyak menjadi standar kebenarn. 

Di tempatku PSBB sudah berakhir padahal beberapa hari belakangan jumlah pasien positif bertambah setiap harinya. Masyarakat cenderung jadi santai dan menurunkan kewaspadaan terhadap Covid-19. Aku gak boleh begitu, harus senantiasa berjaga-jaga. 

Aplication
Aku gak boleh kuatir, lakukan prosedur pencegahan Covid-19 dan tetap berjaga-jaga dalam doa. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya ingat melakukan segala sesuatu sesuai firman Tuhan. Selama ini terkadang aku terpengaruh orang lain dan mengikuti mereka. Tolong aku supaya hidup sesuai firman Tuhan saja. Amin.
Gratitude Journal
26 Mei 2020 

1. Bersyukur sukses buat telur asin, senang bisa berbagi dengan keluarga.
2. Bersyukur dapat blessing sate buat makan siang dari temanku.
3. Bersyukur uang honor PPSPM keluar hari ini, tepat pada waktunya, hehehe. 
4. Bersyukur hari ini bisa rekam dan setor ayat hapalan.
5. Bersyukur ada donat buatan adek iparku jadi gak mikir cemilan bocah.
6. Di bebebrapa pasar Palangka Raya diumumkan ada pedagang yang positif Covid-19, bersyukur aku terakhir ke pasar tanggal 1 Mei dan stok makanan di rumah masih ada sampai sekarang.

Palangka Raya, 26 Mei 2020
-Mega Menulis-

Tuesday, May 26, 2020

Yesaya 48

Yesaya 48:12-22

Scripture
Yesaya 48:22 (TB)  "Tidak ada damai sejahtera bagi orang-orang fasik!" firman TUHAN. 

Observation & Aplication 
Orang yang fasik tidak akan memiliki damai sejahtera. Aku sempat searching di Google dan menemukan ini: https://gksbsjambi.blogspot.com/2015/07/orang-fasik-dan-pencemooh.html?m=1

Orang fasik
“Orang fasik” = רשׁ×¢ raw-shaw' (Bhs. Ibrani) artinya orang yg tidak beriman; orang yang tahu Tuhan namun tidak melakukan Firman Tuhan.
dapat dilukiskan sebagai :

1.Buta dengan sengaja Mat 23:17,19,26
2.Keji. Yes 32:6
3.Membenarkan diri. Yes 65:5; Luk 18:11
4.Serakah. Yeh 33:31; 2Pet 2:3
5.Menyombongkan diri. Mat 6:2,5,16; 23:5
6.Mencari kesalahan. Mat 7:3-5; Luk 13:14,15
7.Lebih mementingkan adat istiadat dari pada Firman Tuhan. Mat 15:1-3
8.Taat dalam kewajiban yang kecil, tetapi melalaikan kewajibab-kewajiban yang besar. Mat 23:23,24
9.Pura-pura beribadah. 2Tim 3:5
10.Mencari kesucian luar saja. Luk 11:39
11.Mengajarkan tetapi tidak melakukan. Yeh 33:31,32; Mat 23:3; Rom 2:17-23
12.Memuliakan Allah dengan bibir saja. Yes 29:13; Mat 15:8
13.Bermegah dalam perkara lahir saja. 2Kor 5:12
14.Berharap kepada hak-haknya. Yer 7:4; Mat 3:9
15.Kelihatan rajin dalam pekerjaan Tuhan. Yes 58:2
16.Rajin membawa orang masuk agama. Mat 23:15
17.Suka dihormati. Mat 23:6,7

Banyak banget ciri orang fasik dan aku harus mengakui seringkali aku menjadi orang fasik dalam keseharianku. Ini reminder buatku supaya gak menjadi orang fasik. Hanya lakukan apa kata firman Tuhan, jangan melakukan yang kurang dari itu. 

Prayer
Tuhan, tolong aku jadi pelaku firmanMu yang sungguh. Jangan biarkan aku tahu tanpa melakukannya. Amin.
Gratitude Journal
25 Mei 2020 

1. Bersyukur anak-anak bisa ikut suami beli air galon, walaupun cuma di mobil tapi mereka senang banget bisa keliling-keliling.
2. Bersyukur bareng iparku bisa buat donat bareng dan sukses. Enak dan full coklat.
3. Bersyukur pagi-pagi dapat blessing soto dari Om dan tanteku, jadi gak usah masak buat Sara dan Sofia.
4. Bersyukur sore-sore bisa makan bareng tempe mendoan dan ketawa bareng mama dan adek-adekku.
5. Bersyukur bisa tidur siang bareng bocah-bocah.
6. Bersyukur malam pas pulang ke rumah kami gak kehujanan.
7. Bersyukur pulang ke rumah dan lihat ada kue kering untuk cemilan bocah semingguan, lumayan gak perlu pusing.
8. Dengan ditemukannya pasien positif Covid-19 di pasar, jadi mengerikan rasanya belanja ke pasar. Padahal aku terakhir ke pasar tanggal 1 Mei. Bersyukur masih ada bahan makanan di rumah.
9. Bersyukur ingat kuota paket dataku dan suami terakhir besok.

Palangka Raya, 25 Mei 2020
-Mega Menulis-

Monday, May 25, 2020

Yeremia 26

Yesaya 26:1-13

Scripture
Yesaya 26:12 (TB)  Ya TUHAN, Engkau akan menyediakan damai sejahtera bagi kami, sebab segala sesuatu yang kami kerjakan, Engkaulah yang melakukannya bagi kami. 

Observation
Aminnnn... Amin.... Saat ini aku memerlukan damai sejahtera yang dari Tuhan. Hanya Tuhan yang sanggup berikan damai sejahtera bahkan saat aku gak mampu melakukan apa-apa. 

Prayer
Tuhan, terima kasih sudah menyediakan damai sejahtera yang kuperlukan. Engkau tahu, betapa aku memerlukanny saat ini. Tolong aku Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
24 Mei 2020 

1. Bersyukur bisa makan bareng Lebaran ini di tempat Omku yang Muslim. Senang bisa kumpul dengan keluarga.
2. Bersyukur bocah-bocah asyik makannya seharian ini.
3. Bersyukur malam-malam ngakak liat video tiktok sepupuku 😂
4. Sedih melihat pasien positif Covid-19 di Kalteng bertambah banyak, tapi bersyukur kami sekeluarga sehat.

Palangka Raya, 24 Mei 2020
-Mega Menulis-

Yeremia 29

Yeremia 29:4-14

Scripture
Yeremia 29:11 (TB)  Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Observation
Rancangan Tuhan adalah damai sejahtera, bukan kecelakaan. Apapun yang diizinkan Tuhan terjadi saat ini akan memberikan hari depan yang penuh harapan. Gak peduli dengan perasaanku, hanya firman Tuhan yang benar. 

Aku ingat dulu pernah ngobrol sama seseorang dan kami merasakan adat Batak terkadang berat bagi yang tidak mampu karena untuk acara adat diperlukan banyak biaya. Kalau tidak dilakukan, ada perasaan tidak enak dan perasaan berhutang. Mau gak mau, suka gak suka, dilakukan deh. Hanya sedikit yang berani cuek sama adat. Di masa kini, ada alasan yang tepat untuk gak melakukan acara adat. Dan ini baik kupikir. Jadi gak perlu memaksakan diri mengadakan acara adat. Waktu kami berkata akan mempertimbangkan HS anak-anak kami, banyak keluarga kami yang protes. Sekarang? Banyak keluarga malah ngeri menjelang tahun ajaran baru ini kalau anak-anaknya pergi ke sekolah. 

Aplication
Aku mau percaya setiap hal yang diizinkan Tuhan mendatangkan damai sejahtera. Selalu ada harapan. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk melihat rancangan Tuhan yang damai sejahtera itu dalam segala situasi. Amin.
Gratitude Journal
23 Mei 2020 

1. Bersyukur bisa keliling-keliling sama keluarga, walaupun cuma di mobil doang tapi lumayanlah refreshing liat pemandangan lain selain rumah. 
2. Bersyukur ditraktir adekku KFC dan Pizza Hut, lagi ada promo. 
3. Makin banyak pasien positif Covid-19 di Kalteng tapi bersyukur kami sekeluarga sehat. 
4. Bersyukur bisa menemani bocah main.

Palangka Raya, 23 Mei 2020
-Mega Menulis-

Yeremia 17

Yeremia 17:5-18

Scripture
Yeremia 17:8 (TB)  Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.

Observation
Baca ayat ini aku diingatkan bagaimana fokus pertumbuhan rohani tahun kemarin adalah menghasilkan buah. Tahun ini, even keadaan sulit, meskipun ini tahun yang kering, aku akan dan  tetap menghasilkan buah. Buah apa? Buah ke dalam (karakterku, buah roh), buah ke luar (jiwa-jiwa). Gak peduli musim apa yang sedang aku alami sekarang, asalkan aku mengandalkan Tuhan dan menaruh harapan pada Tuhan maka aku akan berakar kuat di dalam Dia dan dibangun di atas Dia. 

Aplication
Fokus pada apa yang sedang dan mampu Tuhan kerjakan Meg! 

Prayer
Tuhan, bekerjalah di dalam aku dan melalui aku supaya aku terua berbuah bagi kemuliaanMu. Amin.
Gratitude Journal
22 Mei 2020 

1. Bersyukur bisa WFO jadi teman-teman yang Muslim bisa bersiap untuk Lebaran.
2. Bersyukur dapat hamper kue kering dari bosku.
3. Bersyukur bisa buat bakwan untuk orang rumah dan semua suka, pas juga ada sepupuku ke rumah Mama.
4. Bersyukur bisa video call sama sepupuku yang dulu tinggal di rumah Mama.
5. Bersyukur bisa nginap dan kumpul sama adek dan iparku di tempat mamaku.

Palangka Raya, 22 Mei 2020
-Mega Menulis-

Friday, May 22, 2020

Ulangan 31

Ulangan 31:1-18

Scripture
Ulangan 31:8 (TB)  Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati." 

Observation & Aplication 
Saat bangsa Israel akan memasuki tanah perjanjian, mereka tidak tahu apa yang akan menantinya di sana. Tapi Musa mengingatkan kalau apapun yang terjadi, ada penyertaan Tuhan yang gak pernah berhenti. Mereka tidak perlu takut dan patah hati apapun yang terjadi. 

Saat ini, aku merasa seperti bangsa Israel yang akan memasuki tempat yang tidak aku tahu sama sekali. Di masa pandemi Covid-19 ini, segala sesuatu gak akan sama seperti sebelumnya. New normal kata orang. Bagaimana ke depannya kehidupan, kesehatan, usaha, pekerjaan, gak ada yang tahu persis perubahan macam apa yang akan terjadi. Tapi, aku mau meyakini penyertaan Tuhan saja. Apapun yang terjadi, aku mau gak takut dan patah hati,aku mau percaya Tuhan gak akan membiarkan dan meninggalkan aku. 

Prayer
Tuhan, terima kasih karena janjiMu yang menopangku dan memberiku harapan. Walaupun aku gak tahu persis apa yang akan aku hadapi nanti, aku hanya tahu Tuhan menyertai. Amin.
Gratitude Journal
21 Mei 2020 

1. Bersyukur hari ini ultah mamaku ke-56 dan suamiku ke-39. Bersyukur bisa ngerayain bareng ulang tahun mereka. 
2. Bersyukur bisa masak ayam rica kesukaan keluarga.
3. Bersyukur sate langganan kami terima pesanan, jadi bisa pesan sate buat acara makan bareng keluarga.
4. Sempat kesal karena ada pengumuman ASN yang tiba-tiba harus masuk tanggal 22 Mei. Tapi dipikir-pikir harus bersyukur karena ini diputuskan supaya tidak ada yang mudik.
5. Bersyukur lihat anak-anak hepi banget di rumah eyangnya dan Sofi langsung mau ngoceh. Biasanya kalau main ke suatu tempat, Sofi masih malu ngomong. Sekarang sudah lumayan cerewet di tempat baru. 
6. Bersyukur pas anak-anak dan suami tidur siang bisa me time nonton film. 
7. Bersyukur untuk pembicaraan tentang HS bareng suami bahkan jauh sebelum Covid-19 ini, jadi bisa dibilang kami diperteguh lewat pandemi ini. Berdoa bagi teman-teman yang anaknya sekolah kalau benar rencana masuk sekolah seperti biasa, supaya Tuhan jagai. Berdoa untuk para pengambil keputusan dan pihak sekolah supaya melakukan yang terbaik di tahun ajaran baru nanti.

Palangka Raya, 21 Mei 2020
-Mega Menulis-

Thursday, May 21, 2020

Roma 15

Roma 15:1-13

Scripture
Roma 15:13 (TB)  Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.

Observation
Hanya Allah yang sanggup memenuhi setiap anakNya dengan sukacita, damai sejahtera dan pengharapan. Semua hanya oleh kekuatan Roh Kudus. Dengan diri sendiri gak mungkin, dengan keadaan di sekeliling pun gak mungkin. Gak tahu bagaimana caranya, hanya Tuhan yang sanggup. 

Kemarin berseliweran di timeline foto dan video orang-orang di Indonesia yang beramai-ramai di pusat berbelanjaan, di jalanan, dan berbagai tempat umum lain. TANPA MASKER. Edan. Kesel banget, di masa sekarang ada orang-orang seperti ini. Apalagi teringat cerita sepupuku dari awal PSBB sampai sekarang, di Banjarmasin (yang hanya 4 jam dari Palangka Raya) kasus positif Covid-19 meningkat drastis. Saat ini Banjarmasin memegang rekor fatality rate tertinggi di dunia. Gimana ngga, shalat Jumat masih berjamaah di mesjid, shalat tarawih berjamaah, sahur bangunin orang-orang keliling dengan bergerombol, banyak yang gak pakai masker, buka puasa di mall, sore keliling cari takjil. Dilarang lalu pakai isu agama. Speechless. Gimana hitungannya coba Mei jadi puncak Covid-19 kalau gitu? Secaran hitungan manusiaku gak masuk rasanya. Kemarin kasus positif Covid-19 di Palangka Raya bertambah pula. Duh. 

Aplication
Setiap hari aku mau berdoa supaya Tuhan saja yang melimpahi setiap anak-anaknya dengan sukacita sorgawi, damai sejahtera dan pengharapan. 

Prayer
Ya Allah, sumber pengharapan, penuhilah kami dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kami, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kami berlimpah-limpah dalam pengharapan.Amin.
Gratitude Journal
20 Mei 2020 

1. Bersyukur ada spaghetti pemberian teman di rumah yang bisa dimasak. Awalnya mau bikin, tapi mikir bocah kemungkinan gak suka sausnya yang merah. Iseng bikin mi gomak, eh Sara mau dan suami suka.
2. Bersyukur bisa buat puding kesukaan bocah-bocah. 
3. Bersyukur hari ini bisa nonton bareng suami. 
4. Bersyukur karena Sara yang protektif banget sama adeknya. 
5. Bersyukur surat kesehatan suami untuk mengurus perpanjangan SIM sudah selesai. 
7. Bersyukur bisa ngobrol bareng adek perempuanku.
8. Bersyukur iparku sampai di Palangka Raya dengan selamat.

Palangka Raya, 20 Mei 2020
-Mega Menulis-

Wednesday, May 20, 2020

Roma 14

Roma 14:13-23

Scripture
Roma 14:13 (TB)  Karena itu janganlah kita saling menghakimi lagi! Tetapi lebih baik kamu menganut pandangan ini: Jangan kita membuat saudara kita jatuh atau tersandung!

Observation
Kemarin dapat artikel dan quotes yang bagus sekali tentang jangan menghakimi. Dalam hati aku mengaminkan dan bertekad gak akan menghakimi orang lain. Ya aku belajar, orang-orang yang gak mau menghakimi orang lain biasanya orang yang dah tahu gak enaknya dihakimi atau disalah mengerti. 

Hari ini diingatkan supaya gak berhenti di sekedar `gak menghakimi` tapi juga gak membuat saudaraku jatuh atau tersandung. Bagaimana caranya aku melakukannya? Dengan melakukan yang benar tapi juga berempati. Jangan sampai orang lain jatuh atau tersandung karena aku. Bagaimana definisi 'tersandung' ini? Kalau yang aku lakukan menghalanginya memiliku kerinduan atau berkesempatan mengenal kasih Allah, berarti aku membuatnya tersandung. 

Aplication
✅ Tetap melakukan yang benar tapi juga perbesar empati. 
✅ Terima orangnya walaupun gak terima dengan jalan hidup yang dipilihnya, alias tetap mengasihi. 
✅ Gak perlu juga terlalu terlibat masalah orang lain kalau kapasitasku gak nyampe. Punya batasan. 

Prayer
Tuhan, tolong aku, mampukan untuk tetap mengasihi sekalipun sulit. Jangan biarkan aku saat sikapku menghalangi orang lain mengenal Engkau. Amin.
Gratitude Journal
19 Mei 2020 

1. Bersyukur SPM kantor kami bisa diupload dan tinggal menunggu proses dari KPPN.
2. Bersyukur acara makan bocah-bocah hari ini no drama.
3. Sedih lihat kasus positif Covid-19 Kalteng bertambah 7 orang setelah beberapa hari gak ada kasus positif. Lalu aku lihat di info grafis ternyata ada 7 orang juga yang dinyatakan sembuh? Kebetulan? Kupikir ini cara Tuhan bilang kalau Dia mengimbangi duka dan suka. Bersyukur Tuhan mampukan aku melihat ini. 
4. Bersyukur siang buat bakwan banyak dan serumahan suka. Sukses juga buat saus kacang yang rasanya mirip dengan jualan orang.
5. Bersyukur dari awal pandemi Covid-19 ini sampai sekarang Tuhan masih berikan kami kesehatan dan makanan yang cukup.
6. Bersyukur suami iseng ikut kuis dan dapat hadiah.

Palangka Raya, 19 Mei 2020
-Mega Menulis-

Monday, May 18, 2020

Mazmur 91

Mazmur 91

Scripture
Mazmur 91:15 (TB)  Bila ia berseru kepada-Ku, Aku akan menjawab, Aku akan menyertai dia dalam kesesakan, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya. 

Observation
Janji Tuhan di ayat ini sangat indah buatku. Ada penyertaan, perlindungan dan relasi yang gak pernah putus Tuhan berikan bagi mereka yang tinggal di dalam hadiratNya. Terkadang aku merasa Tuhan gak menjawabku, tapi masalahnya adalah apakah aku tinggal tetap dalam hadirat Tuhan? Apakah aku peka pada suara Tuhan? 

Aplication
✅ SETIAP firman Tuhan yang kubaca adalah suara Tuhan yang bicara ke aku. 
✅Jangan tergantung pada perasaan tetapi pada firman Tuhan. 

Prayer
Terima kasih Tuhan buat janji manis yang Tuhan berikan, ajar aku untuk percaya dan tinggal tetap dalam hadiratMu. Amin.
Gratitude Journal
18 Mei 2020 

1. Bersyukur suami dan bocah-bocah suka gulai ikan yang kubuat.
2. Bersyukur baca artikel yang bagus dari Nana Padmosaputro di grup LIKE.
3. Bersyukur bisa cuci pakaian banyak banget.
4. Bersyukur adikku yang kerja di lapangan pulang ke rumah dengan selamat.
5. Bersyukur hari ini sedang deras-derasnya haid tapi gak lemas banget.
6. Bersyukur bisa makan cemilan jadul.
7. Bersyukur hari ini dah hari ketiga di Kalimantan Tengah gak ada penambahan pasien positif Covid-19.
8. Bersyukur lihat videonya Edward Suhadi yang bagus banget tentang olahraga berarti mensyukuri apa yang masih bisa dilakukan tubuh ini.

Palangka Raya, 18 Mei 2020
-Mega Menulis-

Sunday, May 17, 2020

Mazmur 73

Mazmur 73:21 - 28

Scripture
Mazmur 73:28 (TB)  Tetapi aku, aku suka dekat pada Allah; aku menaruh tempat perlindunganku pada Tuhan ALLAH, supaya dapat menceritakan segala pekerjaan-Nya. 

Observation
Bagaimana bisa menceritakan pekerjaan Tuhan kalau hidup jauh dariNya? DAUD tahu hal itu. Pastilah orang yang hidup jauh dari Tuhan gak akan ngerti pekerjaan tanganNya.

Pelajaran dari Daud, saat aku hidup dekat dengan Tuhan sebenarnya bukan sekedar untuk diri sendiri tapi SUPAYA DAPAT MENCERITAKAN PEKERJAANNNYA alias BERSAKSI. 

Aplication
- Aku hidup dekat Tuhan supaya mengenali dan memahami pekerjaanNya. 
- Saat aku mengerti pekerjaanNya, aku mau menceritakanNya kepada orang supaya orang lain ikut memuliakan Dia. 

Prayer
Tuhan, ampuni aku kalau jarang bersaksi tentang pekerjaan Tuhan di dalam hidupku dengan bibirku. Tolong aku untuk bersaksi ke orang-orang di sekelilingku. Amin.
Gratitude Journal
17 Mei 2020 

1. Bersyukur bisa  pinjam mobil Omku, jadi bisa ngajak bocah-bocah jalan-jalan biarpun di mobil doang.
2. Bersyukur hari ini bisa blessing mertuaku dan mamaku.
3. Bersyukur bisa nabung reksadana.
4. Bersyukur bisa makan sate kesukaanku malam ini.
5. Bersyukur setiap di rumah mamaku, bocah-bocah hepi  banget.
6. Bersyukur pulang ke rumah kami sendiri malam ini, home sweet home.
7. Bersyukur bisa nonton film bareng suami.
8. Bersyukur sudah 2 hari berturut-turut tidak ada penambahan pasien positif Covid-19 di Kalimantan Tengah.
9. Bersyukur bisa pesan sate buat ultah mama dan suamiku nanti, tanggal lahir mereka sama.

Palangka Raya, 21 Mei 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 55

Mazmur 55 :4-22

Scripture
Mazmur 55:12-13 (TB)  (55-13) Kalau musuhku yang mencela aku, aku masih dapat menanggungnya; kalau pembenciku yang membesarkan diri terhadap aku, aku masih dapat menyembunyikan diri terhadap dia. 
(55-14) Tetapi engkau orang yang dekat dengan aku, temanku dan orang kepercayaanku: 

Observation
Saat bertengkar atau ada masalah dengan orang dekat emang lebih ga ngenakin daripada dengan orang yang gak terlalu dekat. Masih bisa menghindar atau cuek kan. Punya masalah sama suami yang jelas-jelas teman tidur? Hadehhh.... Bawaannya bad mood terus. Males ngapa-ngapain, terus sama bocah jadi gak sabaran. Kemarin gak banyak ngomong sama suami karena kesal, giliran ngomong nyinyir 😭 Suami juga gitu. Lupa persisnya awalnya kesal karena apa. Tapi suami yang emang detail dan perfeksionis juga gak membuat suasana membaik. Ish... 

Harus cepat-cepat dibereskan kalau ada masalah sama orang dekat. Gak boleh berlama-lama membiarkan keadaan seperti ini. Bukan asal ngomong waktu hati belum beres, tapi tenangkan diri dan berdiam dulu. Bereskan hati dulu ni dan gak boleh nyahut langsung tanpa mikir. Terkadang terlalu cepat ngomong bikin gak mikir dampak omongan. 

Aplication
- Slow down. Kendalikan lidah Meg. 
- Cari tahu apa sih akar masalahnya kenapa kesal, fokus ke akar masalah, bukan yang lain. 
- Tetap bersikap manis ke suami meskipun lagi sepet eh kesel. 
- Kalau sudah tenang baru ngomong. 

Prayer
Tuhan, bereskanlah hatiku saat ini. Jangan biarkan aku dikendalikan emosi. Aku mau fokus memeperbaiki komunikasi dengan suami. Amin.
Gratitude Journal
16 Mei 2020 

1. Bersyukur bisa ketemu sepupuku yang baru kehilangan suaminya di tempat mamaku dan bercerita banyak hal. 
2. Bersyukur buat kekuatan yang Tuhan berikan ke sepupuku. Luar biasa, dengan usia di bawahku sudah menjanda 2x dengan dua anak. Kedua suaminya meninggal semua, sungguh bukna hal yang mudah, tapi Allah setia.
3. Bersyukur keponakanku mau menginap juga di rumah mamaku. Sudah beberapa hari diajak menginap dia tidak mau, tapi tumben mau hari ini.
4. Bersyukur adekku pesan Sosis Solo yang enak banget.
5. Bersyukur melihat mamaku senang banget karena cucu-cucunya menginap dua hari.
6. Bersyukur bisa chat dengen beberapa teman lama hari ini.

Palangka Raya, 16 Mei 2020
-Mega Menulis-

Saturday, May 16, 2020

Mazmur 34

Mazmur 34

Scripture
Mazmur 34:2 Aku hendak memuji TUHAN pada segala waktu; puji-pujian kepada-Nya tetap di dalam mulutku. 

Observation
Bahkan di saat tertekan dikejar-kejar musuh dan harus pura-pura gila demi keselamatannya, Daud tetap memuji Tuhan. Ia memuji Tuhan supaya orang lain mendengar pujiannya dan ikut memuliakan Tuhan. Wow. Hidup Daud sungguh-sungguh untuk mengenal Tuhan dan membuatNya dikenal. Bahkan di dalam kesulitan, Daud tidak kehilangan tujuan hidupnya. 

Aplication
Apa tujuan hidupku. 
Memuliakan Tuhan? 
Sudahkah Dia dimuliakan di dalam segala keadaanku? 
Aku mau memuji Tuhan apapun kondisiku.

Prayer
Tuhan, aku mau memujiMu di segala waktu. Biarlah puji-pujian kepadaMu tetap di dalam mulutku. Amin.
Gratitude Journal
15 Mei 2020 

1. Bersyukur THR masuk rekening hari ini.
2. Bersyukur bisa ke tempat Mama.
3. Bersyukur bisa masak rendang ayam buat dibawa ke tempat Mama. 
4. Bersyukur kerjaan WFH hari ini selesai.
5. Bersyukur rencananya adekku yang cowok pulang dari lapangan sebelum mamaku ulang tahun.

Palangka Raya, 15 Mei 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 112

Mazmur 112

Scripture
Mazmur 112:7 (TB)  Ia tidak takut kepada kabar celaka, hatinya tetap, penuh kepercayaan kepada TUHAN. 

Observation
Terkadang aku kuatir dengan keadaan seperti sekarang, terkadang nggak kuatir. Terkadang yakin kalau ini segera berlalu, terkadang ngeri membayangkan new normal. Ayat ini mengingatkanku untuk punya HATI YANG TETAP PERCAYA PENUH KEPADA TUHAN. Aku belum punya hati yang tetap, sering kali masih diombang-ambingkan keadaan 😔 Aku mau jujur mengakui segala apa yang kurasakan saat ini ke Tuhan dan percaya kalau Dia sendiri yang akan meyakinkanku dengan firmanNya dan kehadiranNya. 

Aplication
Saat aku gak percaya pun aku mau tetap percaya. 

Prayer
Aku percaya. Tolonglah aku yang tidak percaya ini Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
14 Mei 2020 

1. Bersyukur gak tergoda beli skincare murah yang diskon, sempat pengen beli karena murah 🤣 Lalu ingat kalau bukan kebutuhan pokok saat ini dan lagi masih ada serum yang gak habis-habis karena aku bukan orang yang telaten banget pakai skincare.
2. Bersyukur bisa bangun pagi dan saat teduh.
3. Bersyukur bisa nemanin teman jual emas di toko emas, jadi bisa belajar.
4. Bersyukur makan siang bakso pedas mantul. Dah lama banget rasanya gak makan bakso pedas. 
5. Bersyukur dengar papanya temanku operasi tulang bahunya lancar walaupun ternyata patahnya lumayan.
6. Bersyukur malam-malam makan nasi Padang bareng suami pesan Gofood.

Palangka Raya, 14 Mei 2020
-Mega Menulis-

Thursday, May 14, 2020

Matius 6

Matius 6:25-34

Scripture
Matius 6:32 (TB)  Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu.

Observation
Yesus menjadikan kekuatiran sebagai ciri mereka yang tidak mengenal Allah. Kenapa? Karena orang yang mengenal Allahnya, tahu dan yakin kalau Allah menyediakan keperluan mereka. Apa yang tidak diberikan Allah berarti bukan keperluanku saat ini. Titik. 

Aku sempat kuatir gak bisa menabung untuk persiapan biaya pendidikan anak karena biasanya aku nabung dari gaji 13 dan THR karena dari bulanan dah pas-pasan dipotong kredit rumah. Tahun ini THR terpotong separuhnya. Aku tetap bersyukur karena banyak orang yang untuk makan saja susah. Tapi ada kekuatiran, biaya sekolah mereka. Memang, aku berencana HS anak-anak, tapi aku juga tetap menyiapkan biaya pendidikan mereka. Emang HS gak butuh biaya 🙄😂 Tapi saat ini aku diingatkan kalau Allah tahu keperluan kami dan ini saatnya lebih mempersiapkan anak untuk punya hasrat dan sukacita belajar dibandingkan uang, karena belajar bisa di mana saja. Lah sekarang orang aja belajar online semua. Lalu, apa yang aku kuatirkan? 

Aplication
- Tetap menabung, tapi sadari kalau di masa sekarang yang terpenting adalah bertahan dan hidup. 

Prayer
Tuhan, ampuni aku karena terlampau memikirkan hari besok sampai lupa fokus mengerjakan apa yang bisa aku kerjakan di masa sekarang. Aku bersyukur untuk segala keperluanku yang Tuhan sediakan. Ajar aku lebih bersyukur lagi ya Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
13 Mei 2020 

1. Bersyukur suami pagi-pagi jemur pakaian selagi aku masak. Senang deh punya suami yang mau berbagi pekerjaan di rumah. 
2. Bersyukur hari ini uang makan dari kantor keluar.
3. Bersyukur karena beberapa hari ini gak perlu mikir apa cemilan anak. 
4. Bersyukur hari ini bisa main buat gelang anak dari karet, simple tapi anak happy banget. Ternyata menyenangkan anak itu hanya butuh kita sebagai orang tua yang mindful saat bareng dia. 
5. Bersyukur buat tawa kami di rumah sewaktu bocah pasang tatto-tattoan, apalagi lihat Sofia pakai tatto kumis di atas bibirnya 🤣
6. Bersyukur makan malam sama suami ngadepin sambal satu cobek terasa enak banget. Bersyukur suami bukan orang yang ribet masalah makanan, apa aja mau. 
7. Bersyukur bisa ngobrol bareng adek-adekku dan iparku, senang tahu mereka dalam keadaan sehat dan kami bisa menertawakan banyak hal.
8. Aku dengar kabar papanya kawanku jatuh dari motor, bersyukur hanya 'patah bahu' dan sekarang sudah dirawat di RS. Berdoa semoga operasinya besok berjalan lancar.

Palangka Raya, 13 Mei 2020
-Mega Menulis-

Wednesday, May 13, 2020

Matius 5

Matius 5:1-12 

Scripture
Matius 5:5 (TB)  Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi.

Observation
Aku sedang tidak lemah lembut. Hari-hari belakangan terasa riwehnya kerja di rumah dengan anak-anak yang ngintilin pengen tahu kerjaan mamanya dan minta perhatian. Terkadang aku sabar, meminta mereka memilih mainan atau bacaan mereka, lalu menyuruh mereka duduk di sampingku. Terkadang kehadiran mereka begitu mengganggu saat kerjaan deadline dan aku marah karena hal kecil. Membentak mereka. Lalu mereka menangis kencang (dan lama). Ish... Benar-benar perjuangan untuk tetap lemah lembut saat aku merasa terganggu. 

Aku kembali diingatkan lewat ayat ini kalau saat aku lemah lembut, aku akan berbahagia. Titik. Aku gak tahu apa maksudnya memiliki bumi. Tapi setidaknya aku akan bahagia karena berhasil mengendalikan diri dan gak dikuasai emosi. Aku memilih berespon dengan benar, belajar peka pada kebutuhan orang lain dan menggunakan mulutku berucap sesuatu yang memberkati. 

Aplication
- Kalau aku tidak punya hal baik untuk diucapkan, lebih baik aku diam. 
- Aku akan berusaha gak menaikkan nada bicaraku. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk lemah lembut hari ini. Hanya dengan pertolonganMu aku bisa. Amin.
Gratitude Journal
12 Mei 2020 

1. Bersyukur hari ini bisa masak ikan kesukaan bocah-bocah dan mereka makannya lahap.
2. Bersyukur siang ini makan nasi campur babi. Pesan bareng teman-teman di kantor.
3. Bersyukur hari ini WFO kerjaan beres semua.
4. Bersyukur bisa beli 2 lusin donat JCo dengan harga murah.
5. Bersyukur hari ini penyewa rumahku di Kasongan bayar uang sewa rumah.
6. Bersyukur pulang kantor masih ada energi buat cuci pakaian.

Palangka Raya, 12 Mei 2020
-Mega Menulis-

Monday, May 11, 2020

Matius 11

Matius 11:25-30

Scripture
Matius 11:28 (TB)  Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

Observation
Firman Tuhan ini sungguh ya dan amin. Gak pernah gagal. Selama in, berkali-kali saat aku letih lesu dan berbeban berat, aku datang ke Tuhan, ada kelegaan yang Tuhan berikan. Berasa ada kekuatan baru. Ternyata aku gak menanggung ini semua sendiri. Perasaan bisa naik turun, tapi firmanNya pasti. Imanku gak boleh hanya bergantung pada perasaanku, tapi apa kata Tuhan. Reminder buat simpan firmanNya dalam hati dan melakukannya. 

Aplication 
Saat ini aku gak ngerasa letih lesu tapi lebih mikir : Yang terjadi ya terjadilah. Aku sadari kalau aku perlu terus datang ke Tuhan dan memiliki iman kalau apapun yang terjadi gak ada yang di luar kehendakNya. Menjadi makin serupa dengan Dia di tengah ketidakpastian saat ini. 

Prayer
Tuhan, tolong aku, ingatkan aku untuk terus datang kepada Tuhan dan menjadi makin serupa dengan Kristus. Amin.
Gratitude Journal
11 Mei 2020 

1. Bersyukur tinggal goreng ikan lajang yang sudah dimarinasi dan bocah-bocah suka.
2. Hari ini lebih emosian daripada biasanya, pas cek aplikasi ternyata sedang PMS. Bersyukur karena ingat, jadi belajar mengontrol emosi dan gak dikendalikan hormon.
3. Bersyukur tunjangan kinerja sudah keluar hari ini.
4. Bersyukur rumah dekat kantor, jadi saat diperlukan bisa segera ngacir ke kantor walau WFH.
5. Bersyukur temanku berhasil mengirim e-spm, semoga segera dicek KPPN dan gak ada ralat jadi kami bisa kirim SPM fisik.
6. Bersyukur bisa cobain mie instant rasa baru.

Palangka Raya, 11 Mei 2020
-Mega Menulis-

Sunday, May 10, 2020

Lukas 12

Lukas 12:22-31 

Scripture
Lukas 12:29-30 (TB)  Jadi, janganlah kamu mempersoalkan apa yang akan kamu makan atau apa yang akan kamu minum dan *janganlah cemas hatimu.
Semua itu dicari bangsa-bangsa di dunia yang tidak mengenal Allah.* Akan tetapi Bapamu tahu, bahwa kamu memang memerlukan semuanya itu.

Observation
Kecemasan akan segala keperluan hidupku adalah tanda kalau aku tidak sungguh-sungguh mengenal Allahku. Seharusnya aku tahu dan ingat kalau Allah menngetahui dan memenuhi segala keperluanku. Bukankah selama ini aku gak pernah kekurangan? 
 
Aplication
Saat aku mulai kuatir akan segala keperluanku, aku perlu mengingat kembali bagaimana selama ini Allah sudah terbukti selalu memenuhi segala keperluanku. 

Prayer
Tuhan, terima kasih karena Engkau tahu dan sudah menyediakan segala yang kuperlukan bahkan saat aku belum memikirkannya. Amin.
Gratitude Journal
10 Mei 2020 

1. Bersyukur bisa ikut Chit Chat Chew dengan tema Hidup Minimalis.
2. Bersyukur beli telur dengan harga murah.
3. Bersyukur bisa nginap 2 malam di tempat Mama.
4. Bersyukur bisa makan siang Nasi Padang langganan kami.
5. Bersyukur anak-anak enjoy banget  di tempat eyangnya.
6. Bersyukur bisa update blog yang belum diisi hampir sebulanan.

Palangka Raya, 10 Mei 2020
-Mega Menulis-

Filipi 4

Filipi 4 : 1-9

Scripture
Filipi 4:8 (TB)  Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu. 

Observation
Pikiranku adalah medan perang, penuh perjuangan untuk menyingkirkan pikiran buruk. Di masa sekarang sepertinya lebih mudah berpikiran negatif, kuatir dan gak ngenakin. Kemarin hasil swab Kepala kantorku yang meninggal sudah keluar, negatif. Senang banget dong. Di WAG kantor aku udah yang senang gitu, gak berapa lama tiba-tiba ada yang komen : Jangan senang dulu. Walikota aja kemarin 2x rapid tes negatif, swab pertama negatif eh swab kedua positif. Bapak Kepala kan gak mungkin swab yang kedua. 

Langsung lemes dong bacanya. Berasa punya alasan untuk tersenyum dan tiba-tiba alasan tersebut direbut 😔 Iya sih, yang dibilang teman itu benar. Tapi kenapa sih dia gak bilang : Angin segar nih. Tapi kita tetap waspada ya. Walikota kemarin bla bla bla. Semoga kita semua sehat semua. 

Ish...! Reminder juga sih buatku untuk gak biarkan perkataan dari luar yang melemahkanku tinggal tetap. Ganti dengan firman Tuhan yang menguatkan. 

Aplication 
- Meditasi dan isi pikiran dengan firman Tuhan 
- Perkatakan yang membangun supaya yang mendengarnya beroleh berkat
- Tetap waspada 

Prayer
Tuhan, tolong aku mengisi pikiranku dengan  semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji. Amin.
Gratitude Journal
9 Mei 2020 

1. Bersyukur bisa makan masakan mama. 
2. Bersyukur lihat bocah-bocah hepi nginap di tempat eyangnya. 
3. Bersyukur hari ini kue yang kami pesan enak-enak semua. 
4. Bersyukur bisa download bahan belajar baru di web Rumah Inspirasi.
5.Bersyukur udah dapat link Zoom untuk Chit Chat Chew besok.
6. Bersyukur melihat Mamaku yang hepi banget bisa main bareng cucu-cucunya.

Palangka Raya, 9 Mei 2020
-Mega Menulis-

Ayub 5

Ayub 5

Scripture
Ayub 5:8 (TB)  Tetapi aku, tentu aku akan mencari Allah, dan kepada Allah aku akan mengadukan perkaraku. 

Observation & Aplication 
Hari ini emosi tingkat dewa menghadapi beberapa orang di kantor. Ingin memakai rasanya. Ingin menceritakan ke orang lain juga. Tapi berhasil menahan diri karena merasa gak ada gunanya. 

Saat amarah meledak, lebih baik aku cari Tuhan, ceritakan sampai habis sama Tuhan. Cari kelegaan di dalam Tuhan. 

Prayer
Tuhan, tolong aku, kendalikan lidah bibirku, bahkan jempolku saat aku marah. Jangan biarkan aku berbuat bodoh dalam amarahku. Amin.
Gratitude Journal
8 Mei 2020 

1. Bersyukur bisa foto buat kolase ayat hapalan dengan teman-teman BRG C.
2. Bersyukur bisa mengendalikan marah ke beberapa orang di kantor.
3. Bersyukur PSBB Palangka Raya akhirnya disetujui Menteri Kesehatan.
4. Bersyukur bisa ketemu mamahku dan adekku.
5. Bersyukur bisa makan malam pakai sate.
6. Siang tadi Sara nangis jejeritan dan lama banget, bersyukur bisa validasi emosinya dan gak ikut ngamuk.
7. Bersyukur hasil swab Kepala kantor kami negatif.

Palangka Raya, 8 Mei 2020
-Mega Menulis-

Amsal 3

Amsal 3:5-22

Scripture
Amsal 3:7 (TB)  Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak, takutlah akan TUHAN dan jauhilah kejahatan; 

Observation
Jederrr....!!! Berasa Tuhan bilang:Jangan sok pintar Meg! 
Kemarin dalam hati aku emang sempat ngerasa suamiku gak bijak dalam hal keuangan dibandingkan aku. Dia cerita ingin membeli sesuatu dan tanya pendapatku? Tanggapanku? Gini : "Whattt?!!! Gak salah ni bang? Di masa kayak gini pengen beli barang gitu, bedakan dong keinginan dan kebutuhan." Suamiku manyun dong. 

Baca ayat ini jadi mikir ulang, lah gimana gak manyun tanggapanku gitu. Sudah baik suami ajak diskusi dulu, gak main beli aja, kok aku gitu. Lagian juga, caraku ngomong kok kayak gitu ya. Kelihatan di sana ada pemikiran kalau pemikiranku lebih baik daripada suami. Jangan-jangan ini karena aku merasa cuma aku yang bijak masalah keuangan, suami nggak. Padahal, suami orang yang berhitung banget selisih beli barang di toko A lebih murah dari toko B, dia yang rajin ngecek sehabis beli barang apakah sesuai dengan print out, dia perhatikan banget detail dan jauh lebih telaten dibandingkan aku. 

Sekarang aku tahu kenapa Tuhan bilang jangan menganggap diri sendiri bijak, karena itu akan membuatku melakukan hal yang jahat. Dalam kasusku, aku jadi sombong, menganggap pendapatku yang paling brnar dan aku berkata kasar ke suami. Seandainya aku gak beranggapan demikian dan mengingat bagaimana suamiku juga bijak menggunakan uang, mungkin saat suami tanya aku akan balik tanya lagi :Kenapa penting beli itu di masa sekarang? Ini sekedar pengen atau karena kami butuh? Apa pengaruhnya ke kehidupan kami kalau gak beli itu sekarang? Bisa gak ditunda? 

Aplication 
- Think before talk
- Tanamkan : Aku gak lebih hebat dari siapapun, belajar mendengarkan lebih dahulu. 
- Takutlah akan Tuhan dan jangan berbuat dosa dengan mulutku dan sikapku. 
- Hari ini aku mau ajak suami diskusi lagi masalah kemarin. Semoga aku bisa lebih mendengarkan. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk mendengarkan suami dan gak memaksakan keinginanku. Amin.
Gratitude Journal
7 Mei 2020 

1. Bersyukur bisa blessing mertua.
2. Bersyukur bisa bayar kredit rumah di Kasongan.
3. Bersyukur suami dapat masker anak murah di Indomaret.
4. Bersyukur bocah-bocah suka sop yang kubuat.
5. Bersyukur bisa tidur cepat malam ini.

Palangka Raya, 7 Mei 2020
-Mega Menulis-

2 Timotius 1

2 Timotius 1:1-14

Scripture
2 Timotius 1:7 (TB)  Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.

Observation
Reminder banget di masa sekarang untuk gak membiarkan roh ketakutan berkuasa, tetapi membiarkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban untuk makin nyata.

Di masa ini aku mau tetap KUAT dengan cara : 
- mengendalikan diri supaya tidak menyerah pada keadaan
-semakin sering bersyukur supaya kuat dan gak dilemahkan oleh keluhan
- memelihara pengharapan dengan berdoa. 

Bagaimana MENGASIHI? 
- Peka terhadap perasaan dan kebutuhan orang lain. 
- Gak menghakimi apa yang dilakukan orang lain. 

Bersikap TERTIB dengan cara :
- Gak melanggar protokol yang telah disepakati bersama di rumah. 
- Gak menggunakan alasan keadaan untuk bermalas-malasan. 

Prayer
Tuhan, aku gak mau lagi memelihara ketakutan, tapi biarlah roh kekuatan, kasih dan ketertiban saja yang semakin nyata dalam hidupku. Amin.
Gratitude Journal
6 Mei 2020 

1. Bersyukur suamiku dapat gaji bulan ini walaupun di rumah saja. Bersyukur buat kemurahan hati bosnya. 
2. Bersyukur dapat blessing kue kumyang dang kerupuk dari sepupuku yang pulang dari Sampit. 
3. Bersyukur banyak pekerjaan walaupun WFH. Aku diingatkan walaupun bekerja dari rumah tetap maksimal bekerja. 
4. Bersyukur masih ada sisa es cendol buatanku beberapa hari lalu, sore ini rame-rame kami makan serumahan pakai satu mangkok besar. 
5. Bersyukur dipinjamin laptop kantor karena laptop lamaku kecil layarnya, pakai laptop kantor mempermudah kerjaan yang sedang banyak-banyaknya. 
6. Bersyukur suami suka bakwan buatanku. Suami suka bakwan, selama ini kami sering beli di luar tapi sekarang mending bikin sendiri. Puji Tuhan, rasanya lumayan. Apalagi aku juga belajar buat sambal petis jadi berasa beli di luar.

Palangka Raya, 6 Mei 2020
-Mega Menulis-

2 Tawarikh 20

2 Tawarikh 20:1-22

Scripture
2 Tawarikh 20:12 (TB)  Ya Allah kami, tidakkah Engkau akan menghukum mereka? Karena kami tidak mempunyai kekuatan untuk menghadapi laskar yang besar ini, yang datang menyerang kami. Kami tidak tahu apa yang harus kami lakukan, tetapi mata kami tertuju kepada-Mu."

Observation
Terkadang bingung saat dihadapkan pada kejadian yang menguras emosi, saat dihadapkan ke tembok di sekelling dan gak tahu harus kemana. Seminggu ini bertubi-tubi rasanya. Kalau gak tahu harus ngapain, arahkan fokus ke Tuhan. Fokus pada kuasaNya, kasihNya, rasakan damai sejahteraNya. Aku harus membiarkan hatiku diubahNya. Fokus kepada Dia yang meredakan angin ribut di sekelilingku. 

Aplication
Tiap gak tahu harus ngapain, aku mau berdoa. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk menenangkan diriku supaya bisa berdoa dan fokus pada apa kata Tuhan dibandingkan keadaan di sekelilingku. Amin.
Gratitude Journal
5 Mei 2020 

1. Bersyukur dapat blessing dari temanku Fani, es krim dan berbagai snack untuk bocah-bocah.
2. Bersyukur melihat Sara dan Sofia senang banget makan es krim sepuasnya. 
3. Bersyukur waktu video call sama adekku, ada tante dan sepupuku juga. Kangen ngumpul-ngumpul tapi bersyukur melihat mereka sehat. 
4. Bersyukur malam ini bisa nonton film berdua suami. 
5. Bersyukur alat tes Covid-19 sudah datang dan sudah diuji coba di Palangka Raya hari ini.

Palangka Raya, 5 Mei 2020
-Mega Menulis-

1 Yohanes 4





1 Yohanes 4 : 11-21

Scripture
1 Yohanes 4:20 (TB)  Jikalau seorang berkata: "Aku mengasihi Allah," dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya. 

Observation
Mengasihi sesama adalah cerminan kasih kepada Allah. Apa yang sudah aku lakukan bagi sesamaku yang kelihatan? Atau apa yang seharusnya tidak aku lakukan yang menunjukkan aku mengasihinya? 

Baru-baru ini aku dan temanku mengghibah karena jengkel dengan kelakuan seorang teman. Bukannya menegur dia kami malah membicarakannya. Duh. 

Aplication
Kalau apa yang aku lakukan gak membuatku semakin mengasihi orang lain, lebih baik jangan dilakukan. 

Prayer
Tuhan, tolong aku. Jangan biarkan aku memelihara rasa gak suka ke sesamaku. Ajar aku mengasihi sekalipun aku gak sreg dengan apanyang yang dibuatnya. Mampukan aku menegur dengan kasih. Amin.
Gratitude Journal
4 Mei 2020 

1. Bersyukur hari ini teman-temanku dilantik secara online dan kantor kami punya plt. Kepala.
2. Bersyukur bisa WFH dan menyelesaikan pekerjaan di rumah. Baru coba update laporan via HP, ternyata bisa. Lumayan hemat kuota dibandingkan pakai laptop.
3. Bersyukur reksadanaku cair semua. 
4. Bersyukur bisa buat gorengan, jadi gak perlu beli cemilan di luar sore ini.
5. Bersyukur anak-anak suka ikan goreng yang kumasak.

Palangka Raya, 4 Mei 2020
-Mega Menulis-

1 Tawarikh 28

1 Tawarikh 28

Scripture
1 Tawarikh 28:9 (TB)  Dan engkau, anakku Salomo, kenallah Allahnya ayahmu dan beribadahlah kepada-Nya dengan tulus ikhlas dan dengan rela hati, sebab TUHAN menyelidiki segala hati dan mengerti segala niat dan cita-cita. Jika engkau mencari Dia, maka Ia berkenan ditemui olehmu, tetapi jika engkau meninggalkan Dia maka Ia akan membuang engkau untuk selamanya.

Observation
Daud sebelum meninggalkan anaknya memberikan pesan supaya Salomo tidak meninggalkan Tuhan dan berusaha mengenal Tuhan seumur hidupnya. 

Selama pandemi ini, kematian terasa lebih dekat daripada sebelumnya. Gak ada yang tahu kapan Tuhan panggil. Subuh tadi dengar berita duka lagi kalau adik ipar tambiku meninggal, masih tambiku juga hitungannya. Ayat di atas mengingatkan untuk membawa anak-anakku ke dalam pengenalan akan Tuhan setiap hari.

Aplication
- Hari ini jangan lupa lagi ikut Sekolah Minggu online. 
- Ajak bocah semakin sering berdoa di masa ini. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya fokus membawa anak-anakku mengenal Tuhan lebih lagi, supaya mereka mengasihi Tuhan lebih sungguh. Amin.
Gratitude Journal
3 Mei 2020 

1. Hari ini lagi-lagi ada kabar duka. Tambi Ndu Kennedy, adik tambiku meninggal subuh tadi. Tambi ini memang sudah lama sakit dan sudah drop beberapa hari ini. Bersyukur tambi sudah gak merasakan sakit lagi.
2. Bersyukur bisa berkumpul bersama keluarga kecilku dan kami dalam keadaan sehat.
3. Bersyukur ada Cendol di rumah, jadi bisa buat es cendol hari ini.
4. Bersyukur mamaku sudah pulang dari Bajarum.
5. Bersyukur selama adekku ditinggal Mamaku, ada sepupu-sepupu yang menemani.
6. Bersyukur bisa nonton drama Korea bareng suami.
7. Bersyukur Sara suka kering tempe yang aku buat.

Palangka Raya, 3 Mei 2020
-Mega Menulis-

1 Petrus 5

1 Petrus 5:1-11

Scripture
1 Petrus 5:7 (TB)  Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu. 

Observation
Kekuatiranku gak mengerjakan apa-apa sampai aku menyerahkannya ke Tuhan. Dia Pemeliharaku yang gak pernah lalai, apa yang harus aku kuatirkan? 

Aplication
Setiap aku kuatir, aku mau mengakui di hadapan Tuhan dan menyerahkan ke Tuhan. 

Prayer
Allah pemeliharaku, segala kekuatiranku kuserahkan kepadaMu. Amin.
Gratitude Journal
2 Mei 2020 

1. Bersyukur hari ini bisa masak sama-sama suami : cumi goreng tepung, cumi saus tiram dan kering tempe.
2. Bersyukur pemakaman tambi berjalan lancar.
3. Bersyukur bisa cuci pakaian.
4. Bersyukur mendengar curhatan seorang teman.
5. Bersyukur hari Ini lebih tenang.
6. Bersyukur Sofia dapat blessing dari temanku.

Palangka Raya, 2 Mei 2020
-Mega Menulis-

1 Korintus 10

1 Korintus 10:1-3

Scripture
1 Korintus 10:13 (TB)  Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya. 

Observation & Aplication 
Paulus mengajarkan jemaat di Korintus tentang pencobaan, bahwasanya :
- pencobaan yang dialami seseorang itu merupakan hal biasa
- pencobaan itu tidak melebihi kekuatan mereka
- ada kesetiaan Tuhan yang membuat kita mampu menanggung segala pencobaan 

Beberapa hari ini rasanya gak karuan, capek hati, capek pikiran, tidur juga sebentar-sebentar terbangun. Belum selesai masalah, datang masalah lain. Hari ini ada kabar duka, tambiku meninggal. Dan aku gak bisa ke kampung untuk bertemu Tambi. Sedih rasanya Tapi Tuhan ingatkan melalui firman hari ini ketiga hal di atas dan aku jadi lebih tenang. Tambi sudah pulang ke rumah Bapa Sorgawi. Dia sudah gak sakit lagi. 

Prayer
Tuhan, terima kasih untuk setiap hal yang kualami, Engkau saja yang memampukan aku menanggungnya. KesetiaanMu sungguh lebih dari hidup. Aku bersyukur. Amin.
Gratitude Journal 
30 April 2020 

1. Bersyukur hari ini bisa tidur pas siang, semalaman capek banget bangun dan tidur sebentar-sebentar mendengar kabar bosku.
2. Seharian lemas dan gak semangat, bersyukur Tuhan berikan sukacita melihat kelakuan bocah dan ketenangan pas bareng suami ngobrol.
3. Bersyukur dapat pinjaman mobil dari Omku, jadi bisa keliling-keliling. Anak-anak senang walaupun cuma di dalam mobil.

Palangka Raya, 1 Mei 2020
-Mega Menulis-

Yakobus 1

Yakobus 1:2-18

Scripture
Yakobus 1:14 (TB)  Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. 

Observation
Sempat mikir, wah berarti jangan ingin berbuat dosa dong supaya gak terseret dosa. Tapi ya gimana, namanya juga keinginan, pengen. Ya harus bisa mengendalikan diri lah Meg, kan gak mungkin menyalahkan orang atau keadaan yang membuatku ingin berbuat dosa. Keputusan tetap di aku, apakah aku mau berbuat dosa atau nggak. Jadi ingat ilustrasi yang bilang keinginan berbuat dosa seperti burung yang tiba-tiba hinggap di kepala, kita gak bisa mencegahnya tapi kita bisa melakukan sesuatu supaya burung itu gak tinggal dan bersarang di kepala kita. 

Aplication
Kalau keinginan berbuat dosa muncul :
- Kendalikan diri
- Lakukan sesuatu supaya keinginan itu gak membuatku jatuh ke dalam dosa
- Ubah fokus 

Prayer
Tuhan, terima kasih karena Tuhan ingatkan aku untuk melakukan sesuatu alih-alih menuruti keinginanku berbuat dosa beberapa hari ini. Amin.
Gratitude Journal 
29 April 2020 

1. Bersyukur hari ini bocah-bocah mainnya asyik dan gak rewel. Bersyukur mereka mau makan makanan yang ada di rumah. 
2. Bersyukur ada kerupuk pemberian sepupuku yang belum digoreng jadi bocah-bocah senang digorengin kerupuk. 
3. Bersyukur bisa nonton film Korea yang bagus bareng suami. 
4. Kepala kantorku meninggal dan dimakamkan protokol Covid-19, sedih banget, mana keluarganya di Semarang semua. Bersyukur keluarga bisa menerima ini. Berdoa buat keluarga yang ditinggalkan supaya tetap tabah.

Palangka Raya, 29 April 2020
-Mega Menulis-

1 Petrus 4

1 Petrus 4:12-19

Scripture
1 Petrus 4:16 (TB)  Tetapi, jika ia menderita sebagai orang Kristen, maka janganlah ia malu, melainkan hendaklah ia memuliakan Allah dalam nama Kristus itu.

Observation
Saat menderita kok diminta memuliakan Allah, bisakah? Bagaimana caranya? Kemarin aku baru saja belajar dari seorang sepupuku. Aku melihat bagaimana dia menerima penderitaan dengan bersyukur dan bersikap tenang. Tidak semua orang bisa melakukannya. 

Kemarin sepupuku ini kehilangan suaminya yang kedua di usianya yang sepantaran denganku karena kanker usus. Yang mengiris hati, suaminya dimakamkan dengan prosedur jenasah Covid-19 karena dia masuk IGD dengan keluhan demam dan sesak napas (yang sebenarnya normal bagi orang yang baru kemo). Mereka berada di kota lain dan gak bisa membawa pulang jenasah. Di sana mereka tinggal sementara suaminya beberapa bulan ini kemo dengan mengontrak sebuah rumah. Anak-anak sepupuku yang tertua kelas 1 SD dan yang kedua seumuran Sara. Semalam dia meneleponku dan berkata kalau ini yang terbaik, suaminya sudah gak merasa sakit lagi, sudah jalannya seperti ini. Walaupun gak bisa dibawa ke Sampit tapi dia mau taat sama prosedur dan gak menyulitkan banyak orang dengan ngotot bawa pulang jenasah, tenaga medis di sana pasti kesulitan kalau keluarga ngotot. Duh. Gila aja kalau kupikir, keadaan seperti itu dia masih memikirkan orang lain. 

Aplication
Bagaimana memuliakan Allah di tengah penderitaan? 
- Tetap tenang dan bersyukur 
- Peduli pada orang lain
- Mempercayai Allah

Prayer
Tuhan, terima kasih karena aku boleh melihat bagaimana Engkau dimuliakan melalui penderitaan. Tuhan tolong hiburkan Detti dan anak-anaknya. Tuhan yang kuatkan mereka saat sekarang mereka jauh dari keluarga besar. Amin.
Gratitude Journal 
28 April 2020 

1. Bersyukur dengar kabar hasil tes Iwan keluar dan negatif dia boleh dibawa pulang ke Sampit.
2. Bersyukur bisa ngomong sesuatu yang mengganjal dengan suami dan dia berespon baik.
3. Bersyukur dapat e-book novel-novel Dan Brown dari adekku. 
4. Bersyukur telur yang dibeli suami besar-besar.
5. Bersyukur melihat Sofia bisa menyanyi walaupun belum jelas.
6. Bersyukur masih ada buah hari ini, stok terakhir.
7. Bersyukur anak-anak hari ini manis banget dan gak rewel, kadang kan mau tuh nangis karena apa.

Palangka Raya, 28 April 2020
-Mega Menulis-

Ibrani 12

Ibrani 12:1-6

Scripture
Ibrani 12:1 (TB)  Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita. 

Observation
Dosa gak bisa disembunyikan, lebih baik diungkapkan dan ditinggalkan. Terkadang orang menutupi perbuatannya dengan perkataan yang bertolak belakang. Gak akan bisa. Cepat atau lambat akan terlihat, lebih baik jadi diri sendiri yang terbaik. 

Perkataan dan perbuatan MEMANG harus selaras. Karena suatu hari perkataan yang saya lontarkan akan berbalik ke diri saya sendiri. 

Aplication
Jadi perenunganku :Sebelum berkata-kata harus berpikir, sudahkah aku melakukannya? Sudahkah aku berbuat yang aku katakan? 

Prayer
Tuhan, tolong aku menyelaraskan perkataanku dan perbuatanku supaya Tuhan dimuliakan. Amin.
Gratitude Journal 
27 April 2020 

1. Bersyukur bisa bangun pagi dan saat teduh.
2. Bersyukur hari ini mulai meditasi ala Deepak Chopra.
3. Bersyukur aku menyadari kalau orang-orang di sekelilingku membuatku bertumbuh.
4. Bersyukur hari ini ke kantor dan di kantor gak terlalu ramai. 
5. Bersyukur bisa menyelesaikan pelaporan di aplikasi SMART KEMENKEU. 
6. Bersyukur hari ini pulang cepat karena bulan puasa. 
7. Sedih mendengar meninggalnya Iwan apalagi harus dimakamkan dengan prosedur jenasah Covid-19, tapi bersyukur buat respon Detti menghadapi kehilangan ini. Berdoa supaya Detti terus kuat.

Palangka Raya, 27 April 2020
-Mega Menulis-

1 Tesalonika 5

1 Tesalonika 5 :12-22

Scripture
1 Tesalonika 5:17 (TB)  Tetaplah berdoa. 

Observation
Salah satu ayat yang pendek tapi powerfull. Reminder banget buat gak meninggalkan doa. Pandemi Covid-19 ini membuat diriku mikir que sera sera whatever will be will be lah. Lakukan yang aku bisa dan yang terjadi ya terjadilah. Tapiii....tiap doa, Tuhan berikan damai sejahtera dan pengharapan, membuatku melihat ada hal baik kok yang sedang Tuhan kerjakan. Doa membuat hatiku terus dalam kondisi berharap. 

Aplication
Setiap hari aku mau ambil waktu berdoa buat pandemi ini dan mereka yang terdampak. Tuhan kiranya menguatkan hati mereka dengan pengharapan akan Dia. 

Prayer
Tuhan, tolong aku yang gak tekun berdoa ini untuk selalu berdoa, supaya hatiku terjaga di dalam Tuhan dengan pengharapan akan Kristus. Amin.
Gratitude Journal 
26 April 2020 

1. Bersyukur hari ini bisa masak sop tulang dan bebong kecap. Anak-anak suka banget sopnya.
2. Bersyukur bisa dengar sharing banyak orang di Chit Chat Chew siang ini.
3. Bersyukur bisa main ke tempat mamaku bareng bocah-bocah setelah 1,5 bulan mereka gak kemana-mana. Mereka senang banget.
4. Bersyukur pas ke tempat mama, ada om dan tanteku main ke sana. Senang bisa ngobrol bareng keluarga setelah sekian lama gak ketemu. Bersyukur dibukakan banyak hal dari obrolan kami. Terutama untuk bertahan di masa sulit ini. Tetap bersyukur. Bedakan keinginan dan kebutuhan. Berbuat baik pada orang lain. 
5. Bersyukur matras decubitus untuk eyangku sudah datang dan dipasang sama suamiku.

Palangka Raya, 26 April 2020
-Mega Menulis-

Filipi 4

Filipi 4:4-9

Scripture
Filipi 4:9 (TB)  Dan apa yang telah kamu pelajari dan apa yang telah kamu terima, dan apa yang telah kamu dengar dan apa yang telah kamu lihat padaku, lakukanlah itu. Maka Allah sumber damai sejahtera akan menyertai kamu.

Observation & Aplication 
Banyak sekali firman yang sudah berkali-kali aku dengar dan terima. Pada masa pandemi ini, Tuhan terus ingatkan untuk jangan kuatir, tetap berdoa, pikirkan yang baik, berbelas kasihan kepada sesama, jangan memikirkan kepentingan diri sendiri, dll. Hari ini Tuhan bilang : JUST DO IT! 

Lakukan saja apa firman Tuhan. Gak usah banyak mikir. Gak usah banyak tapi. Gak usah ragu. Gak usah mencari alasan untuk ketidaktaatanmu Meg. Just do it! Allah sumber damai sejahtera akan menyertai. 

Prayer
Tuhan, tolonglah aku melakukan setiap firman Tuhan dengan penuh ketaatan. Amin.
Gratitude Journal 
25 April 2020 

1. Bersyukur hari ini bisa dapat konfirmasi untuk mengikuti percakapan online hari Minggu dengan orang yang tulisannya menginspirasiku.
2. Bersyukur ada roti tawar ala tukang roti bakar yang dibeli suamiku, aku bakar dan enak. Lumayan buat cemilan hari ini, bocah-bocah suka.
3. Bersyukur gak perlu ribet masak, tinggal manasin makanan yang ada.
4. Hari ini sempat kesal sama suami, bersyukur bisa menenangkan diri dan gak berbuat bodoh.
5. Bersyukur bisa menelepon sepupuku yang senang banget bisa lihat Sofia ngoceh-ngoceh.
6. Bersyukur hasil tes kami di kantor, tahanan dan pegawai negatif semua. Walaupun buka rapid test PCR tapi untuk screening awal lumayanlah.

Palangka Raya, 25 April 2020
-Mega Menulis-

Roma 15

Roma 15:1-5

Scripture
Roma 15:1 (TB)  Kita, yang kuat, wajib menanggung kelemahan orang yang tidak kuat dan jangan kita mencari kesenangan kita sendiri.

Observation
Beberapa hari ini firman Tuhan yang kubaca terus mengingatkan untuk peduli ke orang lain yang sedang kesusahan. Memang pandemi Covid-19 ini membuat banyak orang kehilangan pekerjaan, kelaparan dan mengalami berbagai penderitaan. Kami juga terdampak tapi tentunya masih bersyukur bisa makan. Tuhan beri kekuatan setiap hari. Gak ada sesuatu pun yang perlu dikeluhkan. Lalu, setelah gak mengeluh, Tuhan ingatkan untuk gak memikirkan diri sendiri. Lihatlah sekeliling Meg. Lakukan yang kamu bisa. Jangan egois Meg! Jangan egois! Pekalah terhadap kebutuhan sesama dan lakukan apa yang kamu bisa untuk meringankan penderitaan mereka. 

Aplication 
Aku mau donasi untuk sebuah keluarga yang aku tahu sedang memerlukan. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk gak menahan-nahan kebaikan dari mereka yang berhak menerimanya. Amin.
Gratitude Journal 
24 April 2020 

1. Bersyukur hari ini suami keluar dan beli susu bocah.
2. Bersyukur hari puasa pertama ini, warung Omku kembali buka.
3. Bersyukur sewaktu aku posting tentang buka kembali warung omku, banyak langganan Om yang komen.
4. Bersyukur bisa belajar tutorial menggambar dan Sara senang lihat mamanya ikut menggambar binatang . Padahal dari dulu aku paling gak bisa yang namanya menggambar.
5. Bersyukur pas ngobrol dengan tetangga yang sudah lama tinggal di kompleks ini dan dengar kalau kompleks sini dari dulu termasuk aman.
6. Bersyukur suami ingat pesan minyak ikan bocah-bocah yang sudah habis. Aku lupa terus 🙈

Palangka Raya, 24 April 2020
-Mega Menulis-

Lukas 6

Lukas 6:20-23

Scripture
Lukas 6:21 (TB)  Berbahagialah, hai kamu yang sekarang ini lapar, karena kamu akan dipuaskan. Berbahagialah, hai kamu yang sekarang ini menangis, karena kamu akan tertawa.

Observation & Aplication 
Ya. Badai pasti berlalu. Setelah hujan akan ada pelangi yang indah. Aku percaya kalau dalam segala sesuatu yang terjadi sekarang, Tuhan sedang mendatangkan kebaikan. Banyak orang yang kelaparan dan menangis saat ini tapi penghiburan dari Tuhan nyata. Berdoa supaya Allah dengan segala kasih karuniaNya memenuhi segala keperluan mereka yang kelaparan dan menangis saat ini.
Gratitude Journal 
23 April 2020 

1. Bersyukur hari ini masih WFH.
2. Bersyukur lumayan sukses bikin nasi liwet walaupun agak asin.
3 Bersyukur bisa beli roti kesukaan bocah yang lewat depan rumah.
4. Bersyukur Sara hari ini banyak beraktivitas dan asyik main sendiri.
5. Bersyukur mendengar ocehan Sofia yang semakin giat meniru apa yang didengarnya. 
6. Bersyukur sekeluarga sehat dan gak kekurangan apapun.

Palangka Raya, 23 April 2020
-Mega Menulis-

Matius 5:1-12

Matius 5:1-12

Scripture
Matius 5:7 (TB)  Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan.

Observation
Di masa sekarang sulit rasanya bermurah hati. Sejujurnya, rasanya ingin menyimpan dan menyimpan supaya saat kesulitan datang aku gak kehabisan dan meminta-minta. AWALNYA aku pikir ayat ini berkata saat aku bermurah hati maka aku akan beroleh kemurahan, seperti saat aku memberikan A maka aku juga akan mendapat A lagi. Ya emang sih sering terjadi, sewaktu aku bermurah hati gak lama Tuhan seperti mengganjar kemurahan hatiku dengan limpahan kemurahanNya. Tapi saat aku merenungkan lagi, sebenarnya sebelum aku bermurah hati, Tuhan sudah terlebih dahulu bermurah hati. Hidupku dipenuhi dengan kemurahanNya. Gak ada satu hal pun di hidupku yang bukan pemberianNya, jadi kenapa aku harus menahan diri untuk bermurah hati? 

Alasanku gak bermurah hati di masa ini sebenarnya adalah takut kekurangan yang juga berarti aku tidak percaya pada kemampuan Tuhan untuk memenuhi kebutuhanku. Duh. 

Aplication
Hari ini aku seperti diminta Tuhan untuk memikirkan kebaikanNya, pernahkah aku kekurangan? Tentu saja jawabannya TIDAK. Hari ini aku teringat sebuah keluarga  yang lama gak kutemui tapi sepertinya memerlukan bantuan di masa sekarang,aku mau melakukan sesuatu bagi mereka. 

Prayer
Tuhan, jangan biarkan aku melupakan segala kemurahanMu dan tolong aku untuk menaati setiap dorongan dari Tuhan untuk bermurah hati. Amin.
Gratitude Journal 
22 April 2020 

1. Bersyukur bisa nabung sedikit untuk tabungan sekolah anak-anak. 
2.Bersyukur hari ini WFH setelah hari sebelumnya lembur. 
3. Bersyukur hari ini gak perlu masak, tinggal manasin sate dari adekku semalam.
4. Bersyukur bisa tidur cepat, cape banget dan gampang ngantuk hari ini. Mungkin pengaruh lembur kemarin.

Palangka Raya, 22 April 2020
-Mega Menulis-

Yeremia 31

Yeremia 31:21-28 Scripture Yeremia 31:25 (TB)  Sebab Aku akan membuat segar orang yang lelah, dan setiap orang yang merana akan Kubuat puas....