.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Sunday, May 10, 2020

1 Petrus 4

1 Petrus 4:12-19

Scripture
1 Petrus 4:16 (TB)  Tetapi, jika ia menderita sebagai orang Kristen, maka janganlah ia malu, melainkan hendaklah ia memuliakan Allah dalam nama Kristus itu.

Observation
Saat menderita kok diminta memuliakan Allah, bisakah? Bagaimana caranya? Kemarin aku baru saja belajar dari seorang sepupuku. Aku melihat bagaimana dia menerima penderitaan dengan bersyukur dan bersikap tenang. Tidak semua orang bisa melakukannya. 

Kemarin sepupuku ini kehilangan suaminya yang kedua di usianya yang sepantaran denganku karena kanker usus. Yang mengiris hati, suaminya dimakamkan dengan prosedur jenasah Covid-19 karena dia masuk IGD dengan keluhan demam dan sesak napas (yang sebenarnya normal bagi orang yang baru kemo). Mereka berada di kota lain dan gak bisa membawa pulang jenasah. Di sana mereka tinggal sementara suaminya beberapa bulan ini kemo dengan mengontrak sebuah rumah. Anak-anak sepupuku yang tertua kelas 1 SD dan yang kedua seumuran Sara. Semalam dia meneleponku dan berkata kalau ini yang terbaik, suaminya sudah gak merasa sakit lagi, sudah jalannya seperti ini. Walaupun gak bisa dibawa ke Sampit tapi dia mau taat sama prosedur dan gak menyulitkan banyak orang dengan ngotot bawa pulang jenasah, tenaga medis di sana pasti kesulitan kalau keluarga ngotot. Duh. Gila aja kalau kupikir, keadaan seperti itu dia masih memikirkan orang lain. 

Aplication
Bagaimana memuliakan Allah di tengah penderitaan? 
- Tetap tenang dan bersyukur 
- Peduli pada orang lain
- Mempercayai Allah

Prayer
Tuhan, terima kasih karena aku boleh melihat bagaimana Engkau dimuliakan melalui penderitaan. Tuhan tolong hiburkan Detti dan anak-anaknya. Tuhan yang kuatkan mereka saat sekarang mereka jauh dari keluarga besar. Amin.
Gratitude Journal 
28 April 2020 

1. Bersyukur dengar kabar hasil tes Iwan keluar dan negatif dia boleh dibawa pulang ke Sampit.
2. Bersyukur bisa ngomong sesuatu yang mengganjal dengan suami dan dia berespon baik.
3. Bersyukur dapat e-book novel-novel Dan Brown dari adekku. 
4. Bersyukur telur yang dibeli suami besar-besar.
5. Bersyukur melihat Sofia bisa menyanyi walaupun belum jelas.
6. Bersyukur masih ada buah hari ini, stok terakhir.
7. Bersyukur anak-anak hari ini manis banget dan gak rewel, kadang kan mau tuh nangis karena apa.

Palangka Raya, 28 April 2020
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

Matius 4

Matius 4:1 - 11 Scripture Matius 4:7 (TB)  Yesus berkata kepadanya: "Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!"...