.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Sunday, June 28, 2020

Amsal 27

Amsal 27:1-21

Scripture
Amsal 27:20 (TB)  Dunia orang mati dan kebinasaan tak akan puas, demikianlah mata manusia tak akan puas. 

Observation
Aku ingin ini, ingin itu. Banyak mengikuti grup reseller malah membuatku lapar mata. Niat mulia menambah penghasilan keluarga dengan berjualan online malah terkadang berujung belanja pribadi 🀣 Keinginan cuci mata bahaya waktu ada uang, malah bisa lost. Kalau ga ada uang lebih di rekening malah enak, tinggal masukin belanja di keranjang Shopee tanpa check out 🀭
Aku harus punya batasan, supaya berapa banyak pun yang dilihat mata, aku tetap bisa mengendalikan diri,gak boleh melewati batas. 

Aplication
- Buat rekening khusus belanja, jadi kalau sepengen apapun belanja barang, gak bakal melebihi budget. 
- Manfaatkan fitur view otomatis di grup, supaya gak gampang tergoda. 
- Setiap terima uang, langsung dialokasikan ke rekening investasi dan berbagai keperluan bulanan. 
- Kalau mau beli barang, think and think, ini kebutuhan atau keinginan. 

Prayer
Tuhan, tolonglah aku mengendalikan diri dan berhikmat dalam berbelanja. Amin.
Gratitude Journal 
27 Juni 2020 

1. Bersyukur bisa bangun pagi, mencuci pakaian, menyetrika, dll.Bersyukur gak usah ribet mikir sarapan, tinggal goreng risol yang ada. 
2. Bersyukur pekerjaan rumah beres pagi-pagi jadi bisa menginap di tempat mamaku.
3. Bersyukur sore ada sepupuku ke rumah mama, jadi bisa ngobrol.
4. Bersyukur bocah-bocah dapat kue-kue dari ulang tahun sepupunya.
5. Bersyukur malam aku bisa ikut nonton bareng konser Slank bareng teman-teman kantor.

Palangka Raya, 27 Juni 2020
-Mega Menulis-

Saturday, June 27, 2020

Amsal 26

Amsal 26

Scripture
Amsal 26:13-16 (TB) Amsal Berkatalah si pemalas: "Ada singa di jalan! Ada singa di lorong!" 
Seperti pintu berputar pada engselnya, demikianlah si pemalas di tempat tidurnya. 
Si pemalas mencelupkan tangannya ke dalam pinggan, tetapi ia terlalu lelah untuk mengembalikannya ke mulutnya. 
Si pemalas menganggap dirinya lebih bijak dari pada tujuh orang yang menjawab dengan bijaksana. 

Observation
Pada keempat ayat tersebut aku menyemukan ciri-ciri pemalas :
- ay.13 ➡️ Pemalas SELALU punya alasan untuk tidak melakukan sesuatu, bahkan alasan-alasan yang gak masuk akal. Jadi, saat aku mulai mencari alasan untuk tidak melakukan sesuatu, bukannya cara untuk melakukannya, berarti aku adalah pemalas. 
- ay.14 ➡️ Pemalas gak mau aktif bergerak, dia cuma berada di posisi yang itu-itu aja. Aku sering seperti ini. Mau ngambil sesuatu aja aku minta tolong suami yang (emang sih) posisinya lebih dekat, tapi sejujurnya motivasiku minta tolong bukan karena aku sibuk, tapi karena aku malas. Mulai sekarang kalau aku gak lagi melakukan sesuatu, aku harus biasakan ambil sendiri. Hal yang remeh sebenarnya. Tapi kemalasan kecil bisa menjadi besar kan? Aku harus bertobat. Kemalasan kecil mengakibatkan kemalangan besar. 
- ay.15 ➡️ Pemalas SELALU MERASA KELELAHAN. Catat Meg! Selalu merasa! Artinya, pemalas sebenernya tidak lelah. Lah, wong gak ngapa-ngapain kok. Jadi sewaktu aku merasa lelah, aku ingat dulu seharian ngapain aja, produktif gak? Kalau aku gak menghasilkan sesuatu dan selalu merasa kelelahan. Selamat dah,ciri-ciri pemalas sudah ada di aku πŸ™ˆ
- ay.16 ➡️Pemalas menganggap dirinya lebih bijak dari orang lain. Lah padahal ya si pemalas gak melakukan apa-apa selain melihat sekelilingnya, itu pun sekilas. Lalu merasa bisa lebih baik dari orang lain. 

Hasil merenung hari ini : Aku pemalas πŸ™ˆ Sering banget merasa mager. Beralasan ini itu untuk tidak melakukan hal yang gak kusukai,misal bersih-bersih rumah gak kusuka lalu aku beralasan suami lebih bersih dari aku urusan bersih-bersih. Lah, emang sih. Tapi bukan jadi alasan untuk SELALU menyerahkan urusan bersih-bersih ke suami kan. Sesekali bisa dong harusnya aku ambil alih. Terus kecapekan padahal gak ngapa-ngapain yang berat. Duh, lebay sekali ternyata pemalas ini πŸ˜…

Aplication 
- Aku mau bersih-bersih rumah. Walaupun aku gak seperfect suami urusan ini, seenggaknya aku gak biarkan diriku malas bersih-bersih. 
- Gak boleh mager dan diam saja, lakukan sesuatu yang produktif Meg! 

Prayer
Tuhan, ampuni kemalasanku selama ini.Tolong aku supaya aktif dan melakukan sesuatu. Aku gak mau makan makanan kemalasan. Amin.
Gratitude Journal 
26 Juni 2020 

1. Bersyukur bisa buat babi rica pagi ini. Pas ada kemangi, jadi endeus banget 🀭
2. Bersyukur hari ini perayaan HANI berjalan lancar.
3. Bersyukur buat kepindahan Mbak Yati. Sedih sih karena dah lama dia di kantor dan orangnya enak banget dimintain tolong tapi ikut senang karena dia memang sudah lama pengen pindah ke kampungnya.
4. Bersyukur kami seruangan ditraktir Mas Penyang ayam geprek.
5. Kesal dengan kantor pusat yang seenaknya mengubah ketentuan pendaftaran diklat. Bersyukur bisa menyelesaikan hari ini persuratannya.
6. Bersyukur punya teman-teman yang gak keberatan lembur untuk menyelesaikan pekerjaan hari ini,padahal dah mau weekend.
7. Bersyukur pulang kantor bisa memandikan dan nyuapin bocah, banyak lagi mereka makannya.
8. Bersyukur bisa pijat suami yang kurang sehat.

Palangka Raya, 26 Juni 2020
-Mega Menulis-

Friday, June 26, 2020

Amsal 25

Amsal 25

Scripture
Amsal 25:28 (TB)  Orang yang tak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya. 

Observation
Tembok sebuah kota menjaga dari serangan musuh. Sama seperti pengendalian diri menjagaku dari musuh yang mengincar. Kalau aku gak bisa mengendalikan nafsu makanku, berbagai penyakit sudah mengintai. Duh. Berat badan naik lagi nih karena gak bisa kontrol makanan. Apalagi aku termasuk pemakan emosional, jadi keadaan emosiku sangat berpengaruh ke nafsu makan. PR buatku untuk menurunkan BB lagi supaya tetap sehat di masa pandemi ini. 

Aplication
- Aku mau mengurangi konsumsi karbohidrat karena ini emang ngefek banget di badanku.
- Mau workout dan googling video workout yang bisa dikerjakan di rumah tanpa ribet. 

Prayer
Tuhan, tolong aku menjaga baitMu ini dengan mengendalikan nafsu makanku dan tetap berusaha sehat. Amin.
Gratitude Journal 
25 Juni 2020 

1. Bersyukur pagi ini bisa masak mie kesukaan bocah. Bersyukur bisa sarapan ayam geprek seporsi berdua sama suami.
2. Bersyukur hari ini banyak kerjaan jadi bergerak kesana kemari dan berasa produktif banget.
3. Bersyukur bisa makan siang bareng Fani. Udah lama pengen makan kwetiau yang bukan dari kemasan, eh terkabul. Bersyukur bisa ngobrol lama bareng Fani. 
4. Bersyukur bisa beli gorengan buat teman-teman seruangan.
5. Bersyukur bisa blessing tanteku dengan kue yang sudah lama dia pengen.
6. Bersyukur sore bisa keliling-keliling naik motor sama orang rumah. 
7. Bersyukur malam bocah-bocah tidur cepat, jadi bisa istirahat lebih cepat. 

Palangka Raya, 25 Juni 2020
-Mega Menulis-

Amsal 24

Amsal 24

Scripture
Amsal 24:29 (TB)  Janganlah berkata: "Sebagaimana ia memperlakukan aku, demikian kuperlakukan dia. Aku membalas orang menurut perbuatannya." 

Observation & Aplication 
"Kalau orang jahat sama aku, aku bisa lebih jahat. Kalau orang baik sama aku, aku juga bisa lebih baik lagi." Aku sering mendengar orang lain mengatakan kalimat tersebut. Banyak sekali orang seperti ini di dalam hidup. Tuhan gak mau aku sama dengan dunia. Aku harus berbeda, berbeda dalam hal apa? Kasih. Di saat orang lain mendendam dan berbuat buruk karena disakiti, Tuhan ingin aku mengambil jalan ninja. Mengampuni. Mengasihi. 

Paling sulit saat ini mengampuni orang terdekat yang berbuat kesalahan. Apalagi kalau kesalahan yang sama diulang. Saat berpikir mau balas dengan menyakiti. Aku harus ganti pikiran itu dengan melakukan sesuatu:
- Komunikasikan kalau yang dilakukan menyakiti. Bisa jadi orang itu tidak tahu kalau yang dilakukannya menyakiti. 
- Kalau sudah tahu dan masih diulangi, bisa saja sudah berusaha berubah tapi tidak sengaja dilakukan (susah lo menghilangkan kebiasaan buruk). 
- Gak mengingat-ingat kesalahan orang lain dan mengungkitnya dengan tujuan menyakiti. 
- Mengasihi dengan tetap berbuat baik ke orang tersebut. 

Prayer
Tuhan, tolong aku mengasihi sekalipun disakiti. Mampukan aku mengingat kasihMu saat aku sulit mengasihi. Amin.
Gratitude Journal 
24 Juni 2020 

1. Bersyukur pagi ini gak perlu banyak masak, tinggal masak sayur dan panasin lauk.
2. Banyak banget kerjaan hari ini di kantor, bersyukur bisa diselesaikan.
3. Bersyukur siang bisa makan bakso.
4. Bersyukur hari ini honor PPSPM keluar.
5. Bersyukur sore bisa jalan bareng keluarga dan pulangnya gak kehujanan.
6. Bersyukur dapat seragam batik dari kantor. 
7. Bersyukur hari ini sempat mencuci pakaian.

Palangka Raya, 24 Juni 2020
-Mega Menulis-

Thursday, June 25, 2020

Amsal 23

Amsal 23:6-26

Scripture
Amsal 23:19 (TB)  Hai anakku, dengarkanlah, dan jadilah bijak, tujukanlah hatimu ke jalan yang benar. 

Observation
Sebagai orang tua tentu aku ingin anak-anakku mendengarkanku dan menjadi bijak supaya mereka hidup dalam kebenaran. Sayangnya, caranya bukan seperti itu. Mendengarkan itu sulit, apalagi kalau aku tidak menjadi seperti yang aku katakan. 

Kemarin aku mendengarkan podcast dan langsung bersemangat jadinya, ingin sekali anak-anak punya kebiasaan baik : habit of obedience, habit of attaention, habit of perfection, dll. Lalu aku menyadari satu hal yang lebih penting dibandingkan mengajarkan semua itu, aku harus menjadi sosok itu lebih dahulu. Karena apa? Raising our children, raising ourselves. Aku harus mengubah banyak hal di diriku dan memberikan keteladanan lebih dahulu daripada banyak ngomong. 

Aplication
✅ Aku mau fokus dalam satu kebiasaan baik setiap bulannya dan sampai dikonfirmasi suami kalau sudah berubah, baru aku fokus lanjutkan kebiasaan baik lain. 
✅ Mau cari ayat dan kata-kata yang menguatkanku melakukan kebiasaan tersebut. Jadi kalau aku mulai melenceng, aku mau perkatakan ayatnya. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya bisa mendidik anak dengan keteladanan. Amin.
Gratitude Journal 
23 Juni 2020 

1. Hari ini aku WFH tapi tiba-tiba ada panggilan rapat, bersyukur gak telat.
2. Bersyukur hari ini pesan kue yang murah meriah tapi enak.
3. Bersyukur bisa makan siang sama adek bungsuku.
4. Bersyukur dapat blessing red velvet cake dari temanku.
5. Bersyukur dapat nomor perdana yang harga kuota paket datanya murah.
6. Bersyukur Sara bisa pup dan pipis di toilet. Sudah beberapa hari ini Sara gak pakai popok lagi. Yay.

Palangka Raya, 23 Juni 2020
-Mega Menulis-

Tuesday, June 23, 2020

Amsal 22

Amsal 22

Scripture
Amsal 22:29 (TB)  Pernahkah engkau melihat orang yang  cakap dalam pekerjaannya? Di hadapan raja-raja ia akan berdiri, bukan di hadapan orang-orang yang hina. 

Observation & Aplication 
Orang yang cakap bekerja memahami pekerjaannya dengan baik dan memberikan hasil terbaik dari yang bisa dilakukannya. Artinya dia gak sekedar melakukan pekerjaannya. 

Akhir-akhir ini aku kurang semangat dalam pekerjaanku, berasa asal selesai aja. Ayat ini reminder supaya aku gak kayak gitu, seperti ditampar dan diingatkan untuk bekerja sepenuh hati sampai mendapat penghargaan. Artinya, punya target dan sasaran yang jelas. Lalu berusaha sepenuh hati. 

Prayer
Tuhan, mampukan aku untuk bekerja sepenuh hati dan sungguh-sungguh dalam bekerja supaya nama Tuhan dimuliakan. Amin.
Gratitude Journal 
22 Juni 2020 

1. Bersyukur bisa bangun pagi sekali untuk morning routine, nulis Gratitude Journal dan saat teduh.
2. Bersyukur sempat masak b2 kecap dan sop b2. 
3. Bersyukur sempat sarapan bareng bocah. 
4. Bersyukur pesananku ada semua dan invoicenya sudah dikirim. 
5. Bersyukur pesanan skincareku datang. Semoga aku rutin memakainya. 
6. Bersyukur pas siang keluar, aku ingat beli bensin. 
7. Bersyukur apel pagi ini mendung, biasanya Pak Kepala kami kalau memimpin apel lamanya pol. Berhubung mendung jadi gak terlalu panas.

Palangka Raya, 22 Juni 2020
-Mega Menulis-

Amsal 21

Amsal 21

Scripture
Amsal 21:23 (TB) Siapa memelihara mulut dan lidahnya, memelihara diri dari pada kesukaran. 

Observation & Aplication 
Reminder buat mengontrol mulut supaya gak membawa kesulitan bagi diri sendiri. Kemarin suami menegurku dengan keras dan aku langsung menyahut. Biasanya aku diam tapi ndilalah kemarin mulutku gak bisa kukontrol. Seharian aku kurang enak badan lalu kayak dikasarin suami tu rasanya eneg banget. Kesel, marah, muak campur jadi satu. Setelahnya gak mood ngapa-ngapain. 

Ternyata tengah malam aku bangun, aku haid πŸ™„ Ish... Pantas aja emosi naik turun, badan pegel, ga enak pokoknya seharian kemarin. Walaupun tetap gak membenarkan perlakuan suami dan mulutku yang juga nyahut, tapi aku diingatkan untuk gak langsung meresponi sikap kasar dengan kekasaran juga. Harusnya aku diam aja semalam. Yah, penyesalan selalu datang terlambat dan memang aku maaih belum lulus mengendalikan lidahku.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya lain kali bisa mengontrol mulutku. Amin.
Gratitude Journal 
21 Juni 2020 

1. Bersyukur mamah masak sayur. pecel dengan bumbu pecel yang enak dan banyak banget, jadi sarapan dan makan siang dengan sayur pecel.
2. Bersyukur ada teman yang jual daging B2 dan bisa antar ke rumah. Lumayan ga usah ke pasar.
3. Bersyukur pas pulang ke rumah dibekalin nasi sama mama, jadi gak perlu masak nasi lagi. Bersyukur ada bebek frozen di rumah, jadi malam tinggal goreng untuk makan malam.
4. Bersyukur hubungan dengan suami membaik.
5. Bersyukur orang yang sewa rumahku di Kasongan sudah transfer sewa untuk bulan Juni.
6. Bersyukur pas pulang ke rumah sore gak kehujanan. Pas banget, gak berapa lama sampai rumah hujan.

Palangka Raya, 21 Juni 2020
-Mega Menulis-

Saturday, June 20, 2020

Amsal 20

Amsal 20

Scripture
Amsal 20:23 (TB)  Dua macam batu timbangan adalah kekejian bagi TUHAN, dan neraca serong itu tidak baik. 

Observation
Dua macam batu timbangan dipakai pada saat yang berbeda, biasanya pedagang yang curang pintar memakai batu timbangan ini. Tapi Tuhan menganggap ini keji karena berarti kita tidak adil terhadap orang lain. 

Dalam keseharian juga, kalau aku memiliki 'batu timbangan' yang berbeda untuk menimbang hal yang sama, berarti aku curang. Misalkan, sewaktu suami pegang HP, dalam hati aku mikir, "Apaan sih ni suami, gadget melulu di depan anak-anak". Giliran aku yang pegang HP di depan anak-anak dan ditegur, aku ngeles. Ish.... 

Aplication
Aku harus belajar adil sejak dalam pikiran. Gak boleh hanya menguntungkan diri sendiri saat memandang sesuatu. Masa kalau orang lain yang lakukan salah, giliran aku jadi benar, padahal melakukan yang sama. 

Prayer
Tuhan ampuni aku saat sering melakukan kekejian ini dan gak adil. Tolong aku untuk adil setiap harinya ya Tuhan. Amin.
Gratitude Journal 
20 Juni 2020 

1. Bersyukur bisa sarapan nasi kuning kesukaanku pagi ini. 
2. Bersyukur bisa belanja keperluan rumah. 
3. Bersyukur walaupun badan pegel tapi masih bisa potong sayur untuk stok di rumah. 
4. Bersyukur siang buat bakwan yang enak banget. 
5. Bersyukur bisa nginap di rumah mama. 
6. Bersyukur gak jadi bertengkar sama suami di rumah mama walaupun sempat nyahutin suami. 
7. Bersyukur malam-malam bangun dan nyadar lagi haid, sepupuku punya stok pembalut karena aku gak bawa stok.

Palangka Raya, 20 Juni 2020
-Mega Menulis-

Amsal 19

Amsal 19

Scripture
Amsal 19:2 (TB)  Tanpa pengetahuan kerajinan pun tidak baik; orang yang tergesa-gesa akan salah langkah. 

Observation
Rajin dan mengerti apa yang dikerjakan, supaya gak asal jadi. Ayat ini jadi reminder untukku berusaha benar-benar mengerti dan teliti dalam pekerjaan maupun bertindak. 

Hari ini aku harus mengecek ulang pengisian aplikasi karena selama ini dalam pengisian tidak diberi arahan yang jelas. Gak mengerti benar tapi asal mengisi. Begitulah kalau mengerjakan tanpa pengertian yang benar, hiks. Dalam keseharian pun, saat aku gak mengerti apa yang terjadi tapi terlanjur bertindak, aku sering salah langkah. 

Aplication
Aku harus berusaha mengerti dengan sungguh apa yang aku kerjakan supaya di kemudian hari gak menghabiskan waktu untuk memperbaiki kesalahan yang kubuat. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk mengerti segala sesuatu yang kukerjakan supaya gak melakukan kesalahan dalam bertindak. Amin.
Gratitude Journal 
19 Juni 2020 

1. Bersyukur bisa bangun lebih pagi dan menyiapkan makanan buat di rumah, karena hari ini di kantor ada acara pagi-pagi sekali. 
2. Bersyukur biaa sarapan nasi kuning. 
3. Bersyukur kegiatan bakti sosial HANI berjalan lancar. 
4. Bersyukur istirahat siang agak panjang, jadi bisa pulang ke rumah dan nyuapin bocah. 
5. Bersyukur banyak diskon di Indomaret hari ini. 
6. Bersyukur malam Sara mau makan sendiri bahkan menyuapi Sofia. 
7. Bersyukur bisa video call sama keluarga suami.

Palangka Raya, 19 Juni 2020
-Mega Menulis-

Amsal 18

Amsal 18 

Scripture
Amsal 18:1 (TB)  Orang yang menyendiri, mencari keinginannya, amarahnya meledak terhadap setiap pertimbangan. 

Observation
Kenapa terlalu banyak menyendiri tidak baik? Karena itu membuat seseorang gak berlatih hidup dengan orang lain dan belajar mengasihi orang lain. Ujung-ujungnya jadi hanya ingin menyenangkan diri sendiri. Karena asyik dengan pemikiran sendiri dan gak terbiasa mendengar orang lain, jadi berpikiran sempit dan menganggap diri sendiri benar. 

Semalam aku baru saja menonton video tentang seseorang bernama William James siapa gitu. Jenius. IQnya 260. Sebagai perbandingan IQ Einstein 'hanya' 160, Isaac Newton lumayanlah 190. Anehnya, aku baru pertama kali tentang dia. William ini umur 18 bulan sudah bisa membaca NY Times, umur 8 tahun menguasai 8 bahasa asing, umur 11 masuk Harvard dan lulus dari jurusan Matematika. Dia punya gelar di bidang lain, tapi aku lupa. Tapi William muda gak bisa mengatasi menjadi orang populer dan diperhatikan orang lain. Entah ada trauma apa, tapi dia jadi gak mau hidup bersama orang lain, memutuskan gak mau menikah, bahkan dia tidak mau hadir di pemakaman ayahnya, sempat dipenjara 18 bulan, dan meninggal di usia 46 tahun. Reminder buatku yang introvert untuk hidup dengan keseimbangan. Ada waktunya menyendiri, ada waktunya bersama orang lain. 

Aplication
Saat bersama orang lain, aku harus fokus dan mindful. Gak hanya asyik sendiri. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk hidup dalam keseimbangan dan gak hanya senang menyendiri. Mampukan aku mengasihi orang lain seperti aku mengasihi diri sendiri. Amin.
Gratitude Journal 
18 Juni 2020 

1. Bersyukur hari ini WFH. Walaupun sore harus ke kantor untuk apel persiapan pra HANI 2020.
2. Bersyukur masih ada kuota paket data karena tiba-tiba bosku ngasih tahu aku harus mengikuti webinar sosialisasi perban yang baru.
3. Bersyukur dapat kaos HANI.
4. Bersyukur bisa ke Indomaret dan membeli barang-barang keperluan di rumah dan es krim untuk bocah.
5. Bersyukur untuk momen ngobrol sambil makan kuaci bareng suami dan bocah. 
6. Bersyukur malam bisa menahan diri untuk gak makan malam.

Palangka Raya, 18 Juni 2020
-Mega Menulis-

Amsal 17

Amsal 17

Scripture
Amsal 17:10 (TB)  Suatu hardikan lebih masuk pada orang berpengertian dari pada seratus pukulan pada orang bebal. 

Observation
Bosku yang baru menegur dan menyindir orang lain di depan umum dengan gaya sama saat marah maupun biasa saja. Respon orang bermacam-macam, ada yang cuek bebek karena gak ngerti sedang ditegur, ada juga yang langsung defense, ada yang sakit hati seketika, ada yang shock dan hanya diam. Jadi tinggal kepekaan masing-masing orang saja dalam meresponinya. Yang mengerti berusaha memperbaiki diri dan tidak mengulangi kesalahan, sementara tidak mengerti ya lewat aja, bablas. 

Aplication
Aku harus belajar peka dalam menghadapi orang lain dan menerima teguran, sehingga berespon dengan benar. Bukannya langsung defense tanpa berpikir. 

Prayer
Tuhan, berikan aku hati yang lembut sehingga peka dan mau menerima teguran, tapi juga gak baper. Tolong aku berespon dengan benar pada setiap teguran. Amin.
Gratitude Journal 
17 Juni 2020 

1. Bersyukur bisa bangun lebih cepat dari alarm hidup. Jadi sebelum membuat paparan, aku bisa saat teduh, ke WC, dll.
2. Bersyukur suami bangun dan melihatku sibuk membuat paparan lalu membantu menyelesaikan urusan rumah tangga. Bersyukur buat suami yang helpful.
3. Bersyukur sempat membuat sayur kesukaan suami pagi ini.
4. Bersyukur paparan selesai tepat waktu.
5. Bersyukur ada banyak yang membantu jadi rapat berjalan lancar.
6. Bersyukur suami bisa beli paket kuota data yang murah untuk tab bocah 100 ribu dapat 50 GB.
7. Bersyukur bisa mencuci pakaian walaupun baru akan dijemur besok.
8. Hari ini kasus positif Covid-19 di Palangka Raya bertambah banyak, bersyukur dalam keadaan seperti ini kami sekeluarga masih sehat.
9. Bersyukur pesan skincare yang lagi diskon. Mau nyobain pakai skincare, agak mahal kalau gak diskon πŸ˜…

Palangka Raya, 17 Juni 2020
-Mega Menulis-

Amsal 16

Amsal 16  

Amsal 16:3 (TB)  Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu. 

Observation
Hari ini hectic banget, sudah berencana mau mengerjakan ini itu, ambyar semua. Rencanaku gak ada yang terlaksana satu pun, malahan aku mengerjakan hal-hal di luar to do listku. Baca ayat ini jadi ketampar-ketampar. Hari ini aku memang bangun kesiangan dan gak sempat saat teduh, boro-boro, berdoa aja nggak. Kecapean banget emang, semalam rapat seharian, terus pulang telat. 

Reminder buatku, gak boleh melewatkan waktu doa. Minta Tuhan yang beracara di sepanjang hariku. Biar kehendakNya yang terjadi. Bahkan jika rencanaku gak terjadi, tetap ada damai sejahtera dari Tuhan. 

Aplication
Aku mau hidupkan alarm, supaya aku gak bangun terlambat dan tergesa-gesa. 

Prayer
Tuhan, aku mau serahkan rencanaku ke dalam tangan Tuhan. Supaya terlaksana dan Tuhan saja yang dimuliakan. Amin.
Gratitude Journal 
16 Juni 2020 

1. Bersyukur pagi-pagi suami ke warung dan beli sayur. 
2. Bersyukur walaupun bangun kesiangan sempat memasak sayur dan suami senang.
3. Bersyukur walaupun banyak pekerjaan dan ada paparan yang belum aku buat tapi aku tetap tenang.
4. Bersyukur mamaku mau menolong mengambil telur pesananku di langganan kami siang-siang, jadi aku tinggal ambil di rumah mama pulang kantor.
5. Bersyukur hari ini ke apotek, vitamin dan madu gak kosong. Bersyukur sempat isi bensin.
6. Bersyukur ada lagi jadwal WFH walaupun skemanya 30% WFH dan 70% WFO.
7. Bersyukur pulang ke rumah anak-anak belum mandi, jadi aku bisa memandikan mereka dan menikmati celoteh mereka.
8. Bersyukur untuk Sofia yang setiap aku pulang sudah heboh dan menunggu di depan rumah. Walaupun gak bisa langsung peluk, karena aku harus mandi dll, Sofia tetap excited sewaktu aku pulang.
9. Bersyukur bisa beli ayam geprek kesukaanku dan suami. 
10. Bersyukur mood tetap terjaga walaupun capek banget seharian ini.

Palangka Raya, 16 Juni 2020
-Mega Menulis-

Amsal 15

Amsal 15

Scripture
Amsal 15:23 (TB)  Seseorang bersukacita karena jawaban yang diberikannya, dan alangkah baiknya perkataan yang tepat pada waktunya! 

Observation
Jawaban yang diberikan kepada seseorang bisa membuat seseorang bersukacita tapi bisa juga membuat kesal yang bertanya. Bahkan hal yang benar bila diucapkan pada saat yang salah pun tak baik. 

Hari ini kami apel dan rapat seharian dengan bos baru. Tegang banget, karena setiap dia bertanya sesuatu, jawaban kami sepertinya kurang memuaskan. Duh. Jadi ayat ini benar-benar jadi reminder supaya aku berkata yang tepat pada saat yang tepat. 

Aplication
Aku mau lebih mengenal karakter bosku supaya tahu harus mengucapkan apa ke bos. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya dapat memberikan jawaban yang benar saat ditanya. Tolong aku, berikanku hikmat supaya berespon dengan benar menghadapi bos baruku. Amin.
Gratitude Journal 
15 Juni 2020 

1. Bos baru buat apel pagi aampai sejam dan ada teman yang pingsan. Bersyukur, apel jadi selesai. 
2. Bersyukur bisa makan bakso dan tahu tek.
3. Bersyukur walaupun rapat seharian, setelah rapat sempat menyelesaikan beberapa pekerjaan walaupun harus lembur bebebrapa jam.
4. Bersyukur pulang ke rumah bisa peluk anak-anak, rasanya capek hilang.
5. Bersyukur bisa masak ayam gulai lalu suap bocah-bocah.

Palangka Raya, 15 Juni 2020
-Mega Menulis-

Amsal 14

Amsal 14

Scripture
Amsal 14:17 (TB)  Siapa lekas naik darah, berlaku bodoh, tetapi orang yang bijaksana, bersabar. 

Observation & Aplication 
Orang yang sering naik darah biasanya akan melakukan kebodohan dan berbuat hal-hal yang akan disesalinya. Melampiakan amarah itu mudah, tapi kerusakan yang ditimbulkan setelahnya lama dan gak jarang permanen. 

Jadi supaya gak berbuat bodoh, aku harus berusaha mengenali diri sendiri. Apa saja  kondisi yang membuatku gampang emosi? 
- PMS ➡️ Cek kalender. Pahami kalau kadang memang hormon mempengaruhi emosi, tapi aku bisa kok gak terlalu terpengaruh. Apalagi kalau marah tanpa sebab yang jelas alias mengada-ada, bisa jadi pengaruh hormon, abaikan saja. 
- Kecapekan ➡️ Istirahat cukup. Cukup me time atau waktu buat ngecharge diri sendiri. Punya morning routine menolongku mengendalikan diri:Berdoa. Buat Gratitude Journal. Saat teduh. Baru deh ngurus rumah. 
- Masalah yang belum selesai ➡️ Ada masalah sebelumnya yang dianggap gak ada atau belum ada solusi, jadi begitu ada kejadian memicu amarah karena mengingat kejadian lalu. Aku harus belajar menuntaskan masalah dengan orang lain supaya di masa mendatang gak meledak. 
- Pikiran dipenuhi hal negatif ➡️ Jangan kasih kesempatan diri sendiri memikirkan hal yang gak baik. Perkatakan Filipi 4:8 supaya pikiran segera diganti hanya dengan semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji. 
- Hal-hal tidak berjalan sesuai keinginan, ada orang yang membuat emosi, faktor eksternal ➡️ Ingat Meg. Gak semua yang kamu inginkan terjadi. Gak perlu bertengkar. Gak perlu defense kalau salah. Lakukan apa yang perlu untuk memperbaiki situasi. Marah, memaki, ngambek gak menghasilkan apa-apa. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya gak gampang marah dan berbuat bodoh. Mampukan aku mengendalikan diriku dan gak dikuasai kebodohan. Amin.
Gratitude Journal 
14 Juni 2020 

1. Bersyukur bisa masak soto bareng mamah, jadi bisa sambil ngobrol.
2. Bersyukur ada tanteku yang datang dari Sampit.
3. Bersyukur pas pulang ke rumah sore, sampai rumah baru hujan, jadi kami gak kehujanan di jalan.
4. Hari ini tepat 13 tahun papaku meninggal. Bersyukur buat pemeliharaan Tuhan atas keluarga kami. Luar biasa kebaikan Tuhan kami rasakan, Tuhan cukupkan segala keperluan kami, gak pernah kami kekurangan.
5. Bersyukur dengar suami cerita tentang meeting zoomnya dengan teman-teman kuliah yang satu kos dulu. Senang banget dia nostalgia bareng temannya.

Palangka Raya, 14 Juni 2020
-Mega Menulis-

Sunday, June 14, 2020

Amsal 13

Amsal 13

Scripture
Amsal 13:20 (TB)  Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang. 

Observation
Tunjukkan siapa temanmu dan aku akan menunjukkan masa depanmu, aku pernah mendengar kutipan tersebut. Dan kupikir benar, pergaulan kita akan menentukan akan jadi apa kita nanti. Pergaulan virtual pun demikian, apalagi di masa sekarang, kita menggunakan media sosial lebih sering dibanding sebelum pandemi. 

Aku bersyukur karena baru-baru ini mengenal di FB beberapa orang yang pemikirannya cerdas dan banyak menulis artikel yang menginspirasi. Beberapa hal yang baru, beberapa lagi pemikiran lama tapi disampaikan dengan segar dan aku terinspirasi. Hanya saja aku diingatkan kalau aku gak boleh hanya tertarik tapi gak menyaring dengan firman Tuhan. 

Aplication
Aku harus tetap menguji segala sesuatu dengan firman Tuhan. Apa yang bijak menurut dunia, belum tentu menurut Tuhan. 

Prayer
Tuhan, ajar aku supaya tetap berhikmat dalam bergaul dan gak asal menyerap hal-hal yang aku anggap baik. Tapi aku mau sungguh mengerti apa yang baik menurut Tuhan. Amin.
Gratitude Journal 
13 Juni 2020 

1. Bersyukur hari ini cuma masak nasi dan tinggal manasin makanan di freezer.
2. Bersyukur bisa main pasir ajaib sama bocah-bocah.
3. Bersyukur bisa ke rumah mama dan nginap di sana, bisa kumpul bareng keluarga dan ketawa bareng.
4. Bersyukur hari ini Sara dan Sofia ga ngamukan kalau disuruh berhenti main HP. Langsung berhenti aja no drama.
5. Bersyukur hari ini suamiku mengepel dan membersihkan kamar mandi.

Palangka Raya, 13 Juni 2020
-Mega Menulis-

Saturday, June 13, 2020

Amsal 12

Amsal 12

Scripture
Amsal 12:25 (TB)  Kekuatiran dalam hati membungkukkan orang, tetapi perkataan yang baik menggembirakan dia.

Observation
Ini aku banget. Sebagai seseorang yang bahasa kasihnya words affirmation, kalau sudah dapat kata-kata positif dan penyemangat, aku langsung dapat mood booster gitu, berasa dikasihi banget. Apalagi dari orang yang kukasihi. Tapi aku juga sadar kalau aku juga rentan dengan kata-kata yang mematahkan semangat. Kalau dengar kata-kata yang gak pas, langsung gak mood seharian, gak usah isi kata-katanya deh, nada yang kasar aja langsung bikin down, sampai ngerasa gak berharga. 

Permasalahannya adalah suamiku bahasa kasihnya berbeda. Aku ingat sehabis melahirkan mengharapkan ucapan terima kasih sudah berjuang selama masa kehamilan atau disemangati untuk cepat pulih. Tapi nggak tuh. Dan aku jadi feeling blue gitu. Aku lupa ekspresi suamiku beda denganku dalam mengasihi. Sampai sekarang juga seringkali aku merasa love tankku gak penuh. Kalau dah merasa gak dikasihi gitu, mulai deh aku down. Aku harusnya ingat, suamiku sejak awal berbeda bahasa kasihnya. Kalau aku ingin SELALU MENDENGAR perkataan yang baik, jangan berharap itu datang dari suamiku. Kalau mau dengar perkataan yang baik, confess firman Tuhan. Perkatakan firman dan aku pasti bergembira karenanya. 

Aplication
Aku mau mengucapkan firman Tuhan setiap harindan bergembira karenanya. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya gak berharap pada manusia melakukan yang gak bisa dilakukannya. Ajar aku berharap padamu ya Tuhan. Amin.
Gratitude Journal 
12 Juni 2020 

1. Bersyukur bisa bangun pagi dan menjemur pakaian yang dicuci semalam.
2. Bersyukur walaupun siang gak pulang tapi pagi sempat siapin bekal karena tinggal manasin masakan di freezer.
3. Bersyukur hari ini Omku berulang tahun yang ke-55, keluarga bisa berkumpul dan makan malam bareng.
4. Bersyukur dapat blessing puding dari tanteku, puding roti dan puding oreo, yummy 🀀
5. Bersyukur bisa baca novel walaupun belum tamat.

Palangka Raya, 12 Juni 2020
-Mega Menulis-

Friday, June 12, 2020

Efesus 4

Efesus 4:17-32

Scripture
Efesus 4:27 (TB)  dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis. 
Efesus 4:27 (FAYH)  Sebab, jikalau Saudara marah, Saudara memberi kesempatan kepada Iblis.

Observation & Aplication 
Alkitab versi Firman Allah Yang Hidup (FAYH) dengan lebih jelas mengingatkan untuk gak marah karena itu memberi kesempatan kepada iblis. Kesempatan apa? Untuk mengintimidasi, mencuci otak dengan menawarkan solusi yang gak sesuai firman Tuhan. Iblis seperti singa yang mengaum-aum dan siap menerkam di tiap kesempatan.

Aku pernah marah ke suami lalu malas ngomong sama suami, pikirku biar dia kapok. Lagian pikirku diomongin juga percuma, ujung-ujungnya dia membenarkan dirinya aja, ngapain coba diomongin kalau selalu aku yang salah, mana pernah dia mendengarkan aku. Eh habis itu pikiranku penuh dengan pikiran jahat dan intimidasi : tuh kan suamimu sudah gak sayang lagi, emang egois tuh dia, gak bisa menghargai isteri, udah pergi aja dari suamimu daripada hidup di pernikahan kayak gini, mending mati deh kalau kayak gini. Hadeh. Pikiran dah dipenuhi hal jahat. Kemudian apa? Aku mulai ketus dan nyinyir sama suami, aku gak showing respect sama suami, main sama anak pun males, selfpity melulu, jadi pemakan emosional, dan melakukan apa saja untuk bikin suami makin kesal. Pokoknya tindakanku gak ada bener-benernya deh. Lah gimana, wong pikiran udah isinya hal-hal mengerikan gitu. 

Semua orang pernah marah, pastilah. Mana ada kehidupan suami isteri tanpa pertengkaran.Tapi saat aku membiarkan amarah itu mengendap dan menjadi dendam, aku sedang memberi kesempatan kepada iblis untuk hidup dekat denganku. Pada saat aku menjauh terus dari suami, iblis sedang bersorak-sorak karena mendapat kesempatan dekat denganku dan meracuniku. Terkadang memang aku perlu menenangkan diri dengan diam dan gak langsung ngomong ke suami. Karena kalau ngomong pas emosi buruk hasilnya. Padahal firman Tuhan sudah bilang, jangan terus tinggal dalam keadaan marah sampai matahari terbenam. Paling lama 24 jam marah (anggaplah marahnya habis matahari terbenam, nah besoknya sebelum matahari terbenam harus sudah bisa dong mengatasi kemarahan), jangan kelamaan marahlah intinya sebenarnya, akakakak. 

Firman Tuhan dah jelas gini kok masih ndablek πŸ˜…
Efesus 4:26 (FAYH)  Jikalau Saudara marah, janganlah berdosa dengan membiarkan amarah itu menjadi dendam. Jangan membiarkan diri terus dalam keadaan marah sampai matahari terbenam. Atasilah kemarahan itu dengan segera.

Atasi kemarahan. Ambil waktu menenangkan diri dan padamkan amarah. Jangan berlama-lama tinggal dalam amarah. Koreksi diri dan jujur, apa masalahku sesungguhnya sehingga aku marah? Bicarakan dengan tenang. Kalau aku yang salah, berbesar hati minta maaf. Jangan mengulangi kesalahan. Kalau aku yang benar, berbesar hati mengampuni. Selesaikan masalah dengan fokus ke solusi. 

Prayer
Tuhan, jangan biarkan aku memberi iblis kesempatan pada waktu aku marah. Mampukan aku dengan cepat menenangkan diri dan memperkatakan firman supaya iblis gak mendekat. Amin.
Gratitude Journal 
11 Juni 2020 

1. Bersyukur sebelum anak-anak bangun makanan sudah siap jadi pas mereka bangun, aku sempat nyuapin sebelum berangkat ke kantor.
2. Bersyukur di ruangan kami dapat triple box Pizza Hut dari teman. Puas dan kenyang banget. Aku dari kapan hari pengen lasagna soalnya, akakakak. Pas ada, alamak hepi banget.
3. Bersyukur hari ini bisa nyicil kirim file lagi ke auditor.
4. Bersyukur hari ini bisa mencuci pakaian, banyak banget, tapi syukurlah setelah selesai masih bisa main sama bocah-bocah sebelum tidur malam.
5. Bersyukur malam-malam bisa main sama bocah dan dengar ketawa mereka sewaktu digelitik. Terkadang pengennya beli macam-macam mainan ini itu dan lupa kalau anak cuma butuh kehadiran kita yang mindful.
6. Hari ini banyak kerjaan dan capek banget rasanya. Bersyukur bisa tidur di tempat tidur yang nyaman.

Palangka Raya, 11 Juni 2020
-Mega Menulis-

Thursday, June 11, 2020

Amsal 10

Amsal 10

Scripture
Amsal 10:32 (TB)  Bibir orang benar tahu akan hal yang menyenangkan, tetapi mulut orang fasik hanya tahu tipu muslihat. 

Observation
Saat baca ayat ini, dalam hatiku berespon : Semoga bibirku mengatakan yang menyenangkan setiap hari. Menyenangkan bagi Tuhan, diri sendiri dan orang lain tentunya. Aku merasakan sendiri capeknya mendengarkan orang lain yang selalu mengeluh. Belum lagi yang suka berkata kasar ke orang lain, ish....sakit kepala mendengarnya. 

Apa yang menyenangkan bagi orang lain? Kata-kata penghiburan, pendorong semangat, pujian, pemikiran positif,ucapan syukur, firman Tuhan, dll. 

Aplication
Hari ini aku mau menyenangkan Tuhan, orang lain dan diri sendiri melalui bibirku. 

Prayer
Tuhan, tolong aku mengucapkan hal-hal yang menyenangkan saja sepanjang hari ini. Amin.
Gratitude Journal 
10 Juni 2020 

1. Bersyukur bisa bangun pagi dan buat sop pakai kaldu bebek. 
2. Bersyukur bisa blessing teman-teman di kantor dan pesan kue buat dimakan bareng. Mereka suka kuenya. 
3. Bersyukur lihat foto USG Sofia dulu, jadi nostalgia. Dulu Sofia dan Sara selalu aja pas USG gak kelihatan jenis kelaminnya karena ketutupan miom, tapi entah kenapa pas lihat foto USG yang ini dalam hati bilang, cantik kali anakku. Eh, beneran cewek 😍
4. Bersyukur sudah kirim beberapa dokumen untuk auditor, walaupun belum lengkap tapi lumayan hari ini bisa nyicil.
5. Bersyukur bisa belanja susu bocah dan berbagai keperluan rumah sore ini.
6. Bersyukur malam ini masih komitmen membaca buku anak. Konon suatu pekerjaan harus dilakukan minimal 28 hari berturut-turut untuk jadi kebiasaan. Semoga aku tetap komitmen.
7. Bersyukur melihat Sara yang suka menggambar. Teringat aku dulu yang daya imajinasinya jelek banget dan benci kalau disuruh menggambar, eh Sara kok suka. Senang melihat dia menceritakan isi gambarnya.

Palangka Raya, 10 Juni 2020
-Mega Menulis-

Wednesday, June 10, 2020

Amsal 9

Amsal 9

Scripture
Amsal 9:9 (TB)  berilah orang bijak nasihat, maka ia akan menjadi lebih bijak, ajarilah orang benar, maka pengetahuannya akan bertambah. 

Observation
Salah satu ciri orang bijak adalah mau mendengarkan nasihat orang lain. Kenapa? Karena orang bijak tahu kalau dia tidak selalu benar dan dia tidak mengetahui semua hal. 

Terkadang aku susah menerima nasihat, apalagi saat aku merasa orang tersebut tidak lebih tahu dari aku. Tapi, di sini aku diingatkan untuk merendahkan hatiku dan mau menerima didikan. Siapa yang tahu kalau, orang yang menasihatiku dipakai Tuhan menyampaikan isi hatiNya. Tuhan bisa memakai siapapun untuk menasihatiku. 

Aplication
Jangan melihat orangnya Meg, saat kebenaran yang disampaikan, terimalah dengan lemah lembut. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk menerima nasihat dengan sikap hati yang benar, jangan biarkan aku menolak didikan dan sok pintar. Amin.
Gratitude Journal 
9 Juni 2020 

1. Bersyukur bisa sarapan tempe mendoan kesukaan sekeluarga. Bersyukur ada rica bebek masakan kemarin sore buat seharian ini.
2. Bersyukur walaupun internet sekota jaringannya down tapi semua kerjaan yang berhubungan dengan internet sudah beres. 
3. Bersyukur alat cukur pesanan suami sudah datang, jadi hari ini jadi tukang cukur dadakan. 
4. Jaringan telkomsel seharian ini error karena ada kerusakan, bersyukur siang mulai baikan. 
5. Tukang air minum baru antar air galon buat kantor pas sore. Bersyukur ada air mineral gelas di ruang rapat. 
6. Bersyukur bawa bekal nasi ayam rica dan tempe, jadi siang bisa makan bekal dan gak perlu ke luar kantor cari makan. 
7. Bersyukur anak-anak tidur cepat malam ini, jadi aku sama suami bisa nonton film bareng. 
8. Bersyukur ada penambahan personel di kantor bagian admin. Yay. Selama ini emang kewalahan di kantor karena personel cuma 20% dari jumlah pegawai yang seharusnya. 
9. Bersyukur dah dua malam berturut-turut mulai konsisten lagi baca buku buat anak-anak. Ternyata tipsnya supaya konsisten, baca buku bacaan yang baru alias aku belum pernah baca. Jadi aku gak bosan dan ikutan senang bacanya.

Palangka Raya, 9 Juni 2020
-Mega Menulis-

Tuesday, June 9, 2020

Amsal 31

Amsal 31:10-31

Scripture
Amsal 31:13 (TB)  Ia mencari bulu domba dan rami, dan senang bekerja dengan tangannya. 

Observation & Aplication 
Salah satu ciri isteri yang cakap adalah ia senang bekerja dengan tangannya alias RAJIN. Reminder buatku yang kadang malas. Ada beberapa pekerjaan rumah tangga yang kurang aku sukai seperti, menyetrika dan mengepel. Ibaratnya, kalau bisa mending gak usah dilakukan deh, lebih baik aku melakukan yang lain. Kalau dilakukan, ada unsur terpaksa, hahahaha. Tapi hari ini diingatkan untuk bersukacita saat melakukan apapun, karena isteri yang cakap senang bekerja dengan tangannya. 

Prayer
Tuhan aku mau bersukacita saat melakukan setiap pekerjaan rumah tangga, bahkan yang gak aku sukai. Tolong aku bersukacita selalu. Amin.
Gratitude Journal 
8 Juni 2020 

1. Bersyukur beli bebek yang lumayan murah 40 ribu per kilo diantar ke rumah dah sama ongkir.
2. Bersyukur sore aku cari serai dan kemangi di warung dekat rumah ada, jadi bisa bikin bebek rica.
3. Bersyukur dokumen serah terima jabatan sudah selesai, tinggal cek akhir dari bos.
4. Bersyukur malam ini bisa baca dua buku cerita buat Sara dan Sofia.
5. Bersyukur ada sisa saldo di DANA jadi bisa beli token listrik lewat dana.
6. Bersyukur temanku transfer uang yang gak jadi dibelikan LM, jadi aku bisa pakai untuk beli saham.

Palangka Raya, 8 Juni 2020
-Mega Menulis-

1 Petrus 3

1 Petrus 3:8-12

Scripture
1 Petrus 3:10 (TB)  "Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus *menjaga lidahnya terhadap yang jahat* dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu.

Observation & Aplication 
Bagaimana menjaga lidahku teehadap yang  jahat? 
Entah kenapa, aku diingatkan pada bangsa Israel yang suka bersungut-sungut. Bahkan setelah Allah melakukan kebaikan dalam hidup mereka, mereka menganggap sepi kemurahanNya dan bersungut-sungut. 

Reminder buatku untuk gak gampang bersungut-sungut. Tuhan sudah begitu baik dalam hidupku. Mengucap syukur dalam segala hal karena kebaikanNya. 

Prayer
Tuhan, ajarku bersyukur setiap waktu. Biarlah mulutku penuh dengan puji-pujian dan bukan kejahatan. Amin.
Gratitude Journal 
7 Juni 2020 

1. Bersyukur mamaku buat sup yang enak banget, bocah-bocah makan lahap dari pagi.
2. Bersyukur mama mertua ulang tahun yang ke-70 dan dalam umur setua ini dia sehat.
3. Bersyukur iparku buat puding roti untuk Sara dan Sofia.
4. Bersyukur siang ini bisa dapat tidur siang yang panjang, bangun berasa fresh banget.
5.Bersyukur suami dapat blessing jadi aku bisa ikut arisan.

Palangka Raya, 7 Juni 2020
-Mega Menulis-

Amsal 6

Amsal 6:1-19

Scripture
Amsal 6:9 (TB)  Hai pemalas, berapa lama lagi engkau berbaring? Bilakah engkau akan bangun dari tidurmu? 

Observation
Hari ini libur, dah terpikir mau bersantai tidur-tiduran di kamar seharian, main sama bocah nonton film, pesan makanan lewat Go Food. Pokoknya istirahat full. Lalu dapat ayat ini kayak ditowel-towel, hayukkk... Jangan malas-malasan. Bangun🀣 Ini aja aku masih di tempat tidur. Biasanya aku saat teduh di ruang tamu. 

Gak ada salahnya sih beristirahay kalau capek, tapi niat bermalas-malasan? No lah. Ntar malah numpuk kerjaan. Aku punya pekerjaan di hari libur ini:mencuci, melipat baju, dll. 

Aplication
Aku mau selesaikan pekerjaan rumahku hari ini. 

Prayer
Tuhan, aku mau mengerjakan pekerjaan rumahku dengan sukacita. Tolong aku supaya gak menyerah pada kemalasan. Amin.
Gratitude Journal 
6 Juni 2020 

1. Bersyukur pagi sarapan tempe mendoan kesukaan kami sekeluarga.
2. Bersyukur hari ini bisa mencuci pakaian kami sekeluarga dan dibantu suami untuk menjemurnya.
3. Bersyukur dapat info tentang penjual daging bebek yang murah, 40 rb per kilo.
4. Bersyukur bisa ke tempat mama dan nginap di sana.
5. Bersyukur melihat Sofi seharian ini makannya bagus banget, apa aja dimakan.
6. Bersyukur bisa ketemu Omku yang sakit tipes dan kelihatan sudah semakin sehat.

Palangka Raya, 6 Juni 2020
-Mega Menulis-

Saturday, June 6, 2020

Mazmur 119

Mazmur 119:161-176

Scripture
Mazmur 119:171-172 (TB)  Biarlah bibirku mengucapkan puji-pujian, sebab Engkau mengajarkan ketetapan-ketetapan-Mu kepadaku. 
Biarlah lidahku menyanyikan janji-Mu, sebab segala perintah-Mu benar. 

Observation
Aku diingatkan, daripada melarang mulutku untuk gak berkata-kata tentang sesuatu (misal:jangan bergosip, jangan berkata kotor, jangan mengeluh, dll) maka lebih baik aku fokus supaya mulutku memuji Tuhan. How? Dengan memuji Tuhan dan memperkatakan firman Tuhan. 

Aplication 
Hari ini aku mau menggunakan mulutku untuk:
✅ Confess firman
✅ Memuji Tuhan. 

Prayer
Tuhan, biarlah mulutku penuh dengan puji-pujian dan firmanMu supaya yang mendengarnya beroleh berkat. Amin.
Gratitude Journal 
5 Juni 2020 

1. Bersyukur sudah selesai buat checklist untuk persiapan audit, jadi bisa dibagikan ke tiap bidang.
2. Bersyukur ada pemasukan dari usaha sama teman jadi bisa blessing mertua yang ultah bulan ini dan nabung sedikit.
3. Bersyukur bisa makan siang bareng Fani dan ngobrol banyak. 
4. Bersyukur bisa menyelesaikan nonton Money Heist season 4.
5. Bersyukur bisa belanja beberapa jenis buah hari ini.

Palangka Raya, 5 Juni 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 34

Mazmur 34

Scripture
Mazmur 34:8 (TB)  (34-9) Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya TUHAN itu! Berbahagialah orang yang berlindung pada-Nya!

Observation
Indra pengecap menurutku istimewa, bahkan masakan yang sama pun diterima lidah setiap orang dan menghasilkan sensasi rasa yang berbeda-beda. Yang menurutku asin, enak, manis, gurih belum tentu dirasakan sama oleh orang lain.

Pemazmur mengajak kita hari ini mengecap dan melihat sendiri betapa baiknya Tuhan itu sendiri. Rasakan sensasinya langsung, manisnya kebaikan Tuhan. Sebagaimana seorang chef yang peka terhadap rasa karena terlatih lidahnya. Aku pun bisa melatih diriku untuk peka terhadap manisnya kebaikan Tuhan. Seringkali aku fokus pada kebaikan Tuhan kepada orang lain sampai lupa kalau Tuhan juga senantiasa berbuat baik dalam hidupku. 

Aplication
Setiap menerima kebaikan Tuhan, aku mau bilang terima kasih ke Tuhan dan lebih meresapi kebaikanNya. 

Prayer
Tuhan, aku mau merasakan kebaikan Tuhan setiap saat, tolong aku untuk bersyukur setiap waktu. Amin.
Gratitude Journal 
4 Juni 2020 

1. Bersyukur walaupun hari ini banyak kerjaan di kantor, semua lancar.
2. Pagi-pagi gak sempat bawa bekal, malahan ninggalin suami ngadukin masakanku. Bersyukur bisa nitip teman beli makan di luar.
3. Bersyukur mulai audit online hari ini dan bisa langsung memenuhi dokumen yang diminta auditor.
4. Bersyukur bisa nonton 2 episode Money Heist bareng suami.
5. Bersyukur bisa ikut webinar tentang Homeschooling di masa pandemik.
6. Bersyukur tunkin masuk, rekor banget sebelum tanggal 5 sudah cair. Yay.
7. Bersyukur bisa tolong tanteku pesankan AC untuk kamar eyangku.
8. Bersyukur bisa penuhi janji iman tiap bulan dan nabung sedikit.

Palangka Raya, 4 Juni 2020
-Mega Menulis-

Yakobus 3

Yakobus 3:1-9

Scripture
Yakobus 3:2 (TB)  Sebab kita semua bersalah dalam banyak hal; barangsiapa tidak bersalah dalam perkataannya, ia adalah orang sempurna, yang dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya.

Observation
Baca ini kayak diingatkan kalau banyak orang berjuang untuk mengendalikan lidahnya. Bahkan yang berkata dengan lembut pun sesekali bisa nyinyir.   Terkadang aku ngerasa suami kasar saat berbicara karena to the point dan saklek, nadanya juga meninggi dan aku anggap ini karena backgroundnya yang asli Batak. Aku kira suami lebih parah dariku tapi ternyata aku juga sama. Memang nadaku gak selalu di A, tapi ya tetep aja kalau terpicu keluar juga nada A (dan ternyata sering setelah kupikir-pikir). Aku juga salah. 

Kami ternyata sama-sama berjuang dalam area mengendalikan lidah. Duh. Menyadari ini jadi gimana ya rasanya ada dua hal yang terpikir :
- Suami aja ngomong nada tinggi, wajar dong aku balas nada tinggi (kalau gini ma sampai kapan mau berbalaa-balasan pantun 🀣). 
- Suamiku ternyata 'alat Tuhan' buat mengenali diriku sendiri. Ternyata aslinya aku kayak gini. Dulu belum kelihatan aja. 
Jadi aku punya pilihan, menjadikan lidah suami sebagai alasan untuk lidahku semakin semena-mena atau menjadikan lidah suami sebagai sarana latihan untuk menjinakkan lidahku. 

Aplication
Aku mau belajar menjinakkan lidahku setiap hari. 

Prayer
Tuhan, tolong aku menjinakkan lidahku hari ini. Amin.
Gratitude Journal 
3 Juni 2020 

1. Bersyukur hari ini bisa masak ikan goreng kesukaan bocah-bocah dan mereka makan lahap.
2.Bersyukur 3 aplikasi pelaporan bulanan sudah selesai diisi, tinggal memonitoring dan evaluasi update BNN Kabupaten.
3. Bersyukur bisa beli kuota paket data yang murah. 
4. Bersyukur malam bisa makan bakso dengan sambal yang banyak dan kecap, ish... sedapnya. 
5. Bersyukur bisa mengendalikan diri saat kesal dengan suami jadi gak perlu perang mulut. 
6. Bersyukur bisa survei harga AC untuk ganti AC di tempat Mama. Ada tanteku yang mau blessing mama dengan AC baru dan minta aku ngecek harga pasaran di sini. 
7. Bersyukur bisa mengendalikan diri dan gak beli mainan dan buku berlebihan. Jadi ada kenalanku buka jastip mainan dan buku, lagi sale di beberapa toko. Bersyukur aku gak kalap. Tertolong juga karena komit tiap ada yang menarik aku kasih tahu suami, jadi ada kontrolku 🀣

Palangka Raya, 3 Juni 2020
-Mega Menulis-

Yakobus 1

Yakobus 1:19-27

Scripture
Yakobus 1:19 (TB)  Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah;

Observation
Kalau aku bercermin dengan firman di atas sekarang maka hasilnya adalah :
Cepat mendengar ❎
Lambat berkata-kata ❎
Lambat untuk marah ✅
Ya, aku masih punya PR untuk lebih cepat mendengar dibandingkan berkata-kata. Seringkali aku gak fokus sama orang yang berbicara denganku karena aku punya kegiatan sendiri. Misalkan aku sedang ngapain terus diajak ngobrol sama suami, nah itu seringnya aku lambat mendengar alias gak nangkap maksud suami. Ceritanya sok multi tasking, berasa bisa mengerjakan pekerjaanku dan mendengarkan berbarengan padahal aslinya dalam satu waktu manusia hanya bisa mengerjakan satu pekerjaan, one thing at time. Akibat gak cepat mendengar aku jadi cepat berkata-kata karena merasa perlu menanggapi, tapi salah kan jadinya, wong yang didengar apa yang dijawab apa. Lebih baik aku lambat menjawab dan bertanya kalau aku gak jelas, karena ini berarti aku berusaha mengerti lawan bicaraku. 

Aplication
Saat bicara dengan orang lain, aku gak boleh sambil mengerjakan hal lain. 

Prayer
Tuhan, tolong aku hari ini untuk fokus pada lawan bicaraku supaya aku belajar mendengar dan berkata-kata lebih baik lagi. Amin.
Gratitude Journal 
2 Juni 2020 

1. Bersyukur hari ini gak perlu ke pasar karena masih ada lauk di freezer dan Pa Sara pagi-pagi belanja tempebdi warung dekat rumah. 
2. Bersyukur Sofia sekarang teratur banget minta makan, setiap jam makan bisa minta sendiri makan nasi. 
3. Bersyukur pagi-pagi bisa ngobrol santai bareng suami tanpa bocah, cerita-cerita masa lalu dan bagaimana mengatur keuangan di keluarganya dan di keluargaku. Cara ortu membelanjakan uang, menyimpan uang, memberi, dll. Ternyata itu pengaruh ke kami anak-anaknya. 
4. Bersyukur bisa jalan-jalan ke Hypermart dan sepi banget, gula dan hand sanitizer dijual lumayan murah.

Palangka Raya, 2 Juni 2020
-Mega Menulis-

Filipi 2

Filipi 2:12-18

Scripture
Filipi 2:14 (TB)  Lakukanlah segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan berbantah-bantahan, 

Observation & Aplication 
Entah kenapa baca ayat di atas aku jadi teringat ayat lain yang berkata : Lakukanlah segala sesuatu seperti untuk Tuhan. Iya sih ya, kalau aku mengerjakan sesuatu seperti untuk Tuhan, mana mungkin aku bersungut-sungut dan berbantah-bantahan, pasti aku berusaha melakukan yang terbaik untuk menyenangkan Tuhan. Jadi, aku harus mulai punya sikap hati yang mengerjakan apapun seperti untuk Tuhan. 

Prayer
Tuhan, saat aku lupa, ingatkan aku mengerjakan pekerjaanku seperti untuk Engkau setiap hari. Amin.
Gratitude Journal 
1 Juni 2020 

1. Bersyukur walaupun gaji masuk langsung dipotong kreditan rumah, artinya masih ada gaji buat dipotong. 
2. Bersyukur bisa menonton upacara lahir Pancasila dan difoto sedang menonton, hahahaha. Jadi tahun ini gak perlu upacara beneran.
3. Bersyukur hari ini libur lagi jadi seharian bisa main sama bocah pakai sedotan dan buat macam-macam bentuk. 
4. Bersyukur bisa cuci pakaian dan jemur bareng suami sambil ngobrol
5. Bersyukur ketemu online shop yang jual mainan yang aku pengen. Lumayan mehong sih, tapi bagus banget. Aku mau menabung dulu supaya bisa beli sambil berpikir lagi, apakah ini berguna buat bocah atau nggak. 
6. Bersyukur hari ini gak berdebat sama suami tentang keinginan suami membeli suatu barang. Pas banget hari ini juga sempat baca ayat yang bilang jangan memperhatikan kepentingan sendiri, jadi aku belajar supaya care sama kepentingan suami.

Palangka Raya, 1 Juni 2020
-Mega Menulis-

Wednesday, June 3, 2020

Zefanya 3

Zefanya 3:9-20

Scripture
Zefanya 3:15 (TB)  TUHAN telah menyingkirkan hukuman yang jatuh atasmu, telah menebas binasa musuhmu. Raja Israel, yakni TUHAN, ada di antaramu; engkau tidak akan takut kepada malapetaka lagi.

Observation
Karena Tuhan ada dia antara orang Israel, mereka tidak akan takut lagi pada malapetaka. Nah Meg, kalau Tuhan ada di dekatmu, apalagi yang kamu takutkan? 

Bulan Juni kami sudah masuk kantor seperti biasa, di mana-mana dikabarkan New Normal akan dilaksanakan. Takut sih awalnya, wong setiap hari masih ada penambahan yang positif Covid-19 malah lagi puncaknya ini nampaknya. Kok udah mau new normal πŸ˜… Tapi Tuhan ada di dekatku, aku gak boleh takut. 

Aplication
Waktu aku takut, aku mau berdoa. Connect sama Tuhan aja supaya aku gak fokus sama ketakutanku. 

Prayer
Tuhan, tolong aku menyingkirkan segala kekuatiranku dengan fokus pada kehadiran Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
31 Mei 2020 

1. Bersyukur hari ini sukses masak ketan request suami. 
2. Bersyukur mainan yang aku pesan datang dan anak-anak senang banget mainnya.
3. Bersyukur malam main ke rumah mamaku dan dikasih stik bawang buatan mamaku.
4. Bersyukur ikut Chit Chat Chew dengan tema yang menarik banget.

Palangka Raya, 31 Mei 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 13

Mazmur 13 Scripture Mazmur 13:6 (TB)  (13-6b) Aku mau menyanyi untuk TUHAN, karena Ia telah berbuat baik kepadaku.  Observation Ya. Tuhan ga...