.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Saturday, June 6, 2020

Yakobus 3

Yakobus 3:1-9

Scripture
Yakobus 3:2 (TB)  Sebab kita semua bersalah dalam banyak hal; barangsiapa tidak bersalah dalam perkataannya, ia adalah orang sempurna, yang dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya.

Observation
Baca ini kayak diingatkan kalau banyak orang berjuang untuk mengendalikan lidahnya. Bahkan yang berkata dengan lembut pun sesekali bisa nyinyir.   Terkadang aku ngerasa suami kasar saat berbicara karena to the point dan saklek, nadanya juga meninggi dan aku anggap ini karena backgroundnya yang asli Batak. Aku kira suami lebih parah dariku tapi ternyata aku juga sama. Memang nadaku gak selalu di A, tapi ya tetep aja kalau terpicu keluar juga nada A (dan ternyata sering setelah kupikir-pikir). Aku juga salah. 

Kami ternyata sama-sama berjuang dalam area mengendalikan lidah. Duh. Menyadari ini jadi gimana ya rasanya ada dua hal yang terpikir :
- Suami aja ngomong nada tinggi, wajar dong aku balas nada tinggi (kalau gini ma sampai kapan mau berbalaa-balasan pantun 🤣). 
- Suamiku ternyata 'alat Tuhan' buat mengenali diriku sendiri. Ternyata aslinya aku kayak gini. Dulu belum kelihatan aja. 
Jadi aku punya pilihan, menjadikan lidah suami sebagai alasan untuk lidahku semakin semena-mena atau menjadikan lidah suami sebagai sarana latihan untuk menjinakkan lidahku. 

Aplication
Aku mau belajar menjinakkan lidahku setiap hari. 

Prayer
Tuhan, tolong aku menjinakkan lidahku hari ini. Amin.
Gratitude Journal 
3 Juni 2020 

1. Bersyukur hari ini bisa masak ikan goreng kesukaan bocah-bocah dan mereka makan lahap.
2.Bersyukur 3 aplikasi pelaporan bulanan sudah selesai diisi, tinggal memonitoring dan evaluasi update BNN Kabupaten.
3. Bersyukur bisa beli kuota paket data yang murah. 
4. Bersyukur malam bisa makan bakso dengan sambal yang banyak dan kecap, ish... sedapnya. 
5. Bersyukur bisa mengendalikan diri saat kesal dengan suami jadi gak perlu perang mulut. 
6. Bersyukur bisa survei harga AC untuk ganti AC di tempat Mama. Ada tanteku yang mau blessing mama dengan AC baru dan minta aku ngecek harga pasaran di sini. 
7. Bersyukur bisa mengendalikan diri dan gak beli mainan dan buku berlebihan. Jadi ada kenalanku buka jastip mainan dan buku, lagi sale di beberapa toko. Bersyukur aku gak kalap. Tertolong juga karena komit tiap ada yang menarik aku kasih tahu suami, jadi ada kontrolku 🤣

Palangka Raya, 3 Juni 2020
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

Matius 20

Matius 20 Scripture Matius 20:22 (TB)  Tetapi Yesus menjawab, kata-Nya: " Kamu tidak tahu, apa yang kamu minta. Dapatkah kamu meminum c...