.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Sunday, July 26, 2020

Galatia 5

Galatia 5:22-23

Scripture
Galatia 5:23 (TB)  kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

Observation & Aplication 
Suamiku kalau ngomong to the poin dan menusuk-nusuk. Jadi aku yang bahasa kasihnya kata-kata ini sering kesel dan merasa suamiku kasar. Maklum, aku kalau ngomong mikir gimana caranya orang gak sakit hati. Aku merasa aku lemah lembut. Semalam aku ditegur suami tentang sesuatu dan aku kesel banget karena suami kuanggap suka meributkan hal kecil. Lalu, lagi-lagi dia menegurku yang kelihatan banget mutung. Tambah kesel dong aku. 

Terus baca ayat ini hari ini aku mikir, aku emang lemah lembut dalam berkata. Tapi sikap hatiku masih keras dan gak lemah lembut sama sekali. Aku harus bekeja keras dalam area ini. Punya sikap hati yang lemah lembut dan mau menerima teguran. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk punya hati yang lembut dan berespon benar pada setiap teguran. Amin.
Gratitude Journal
25 Juli 2020

1. Bersyukur kripik singkong pedas jualanku laku.
2. Bersyukur bisa ajak bocah-bocah pagi dan sore main ke TK dekat rumah Mamaku.
3. Bersyukur bisa antar pesanan mainan temanku. 
4. Bersyukur bisa ketemu sahabatku dan ngobrol.
5. Bersyukur banyak paketku datang hari ini.

Palangka Raya, 25 Juli 2020
-Mega Menulis-

Kisah Para Rasul 9

Kisah Para Rasul 9:36-41

Scripture
Kisah Para Rasul 9:39 (FAYH)  Petrus pun ikutlah dengan kedua orang itu dan sesampainya di sana, ia dibawa ke ruang atas tempat Dorkas terbaring. Ruangan itu penuh dengan janda-janda yang sedang menangis sambil saling memperlihatkan mantel dan pakaian lain yang dibuat Dorkas untuk mereka.

Observation
Dorkas membuat banyak mantel dan pakaian untuk diberikan ke orang lain yang membutuhkan perhatian (para janda). Di sini aku melihat betapa berbakat, peka dan murah hatinya Dorkas.

Jadi perenunganku, apakah aku sudah menggunakan kemampuanku untuk melayani orang lain? Atau jangan-jangan aku hanya sibuk dengan diriku sendiri dan gak mau memperhatikan orang lain. 

Aplication
Setiap hari aku harus bertanya sama Tuhan dan minta Tuhan tunjukkan siapa orang yang Dia inginkan untuk kulayani. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk memperhatikan orang di sekelilingku, berikanku kepekaan untuk mengerti kebutuhan mereka dan kuatkan aku untuk bertindak menyatakan kasih Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
24 Juli 2020

1. Bersyukur tetap tenang walaupun diomeli Bos karena sesuatu yang bukan kesalahanku.
2. Bersyukur bisa cuci pakaian.
3. Bersyukur mainan pesanan temanku sudah datang.
4. Bersyukur bisa nginap di tempat Mama.
5. Bersyukur bisa ngobrol bareng adekku.

Palangka Raya, 24 Juli 2020
-Mega Menulis-

Kejadian 16

Kejadian 16:1-6 

Scripture
Kejadian 16:2 (TB)  Berkatalah Sarai kepada Abram: "Engkau tahu, TUHAN tidak memberi aku melahirkan anak. Karena itu baiklah hampiri hambaku itu; mungkin oleh dialah aku dapat memperoleh seorang anak." Dan Abram mendengarkan perkataan Sarai.

Observation
Sarai berkata kepada Abraham dan dituruti, lalu saat sarannya berakibat buruk, dia menyalahkan Abraham. Aneh ya Sarai, maunya dituruti, begitu dituruti dan sarannya berakibat buruk, nyalahin suami dong. Sara menuai yang ditaburnya. Lalu, kenapa Abraham mau ya? Mungkin Sara ngambek kalau gak dituruti? Eh, itu sih aku πŸ€£πŸ™„

Sebagai isteri aku harus bersikap benar ke suami: 
- berdoa dan pakai pertimbangan firman Tuhan sebelum berkata-kata ke suami
- berikan saran tanpa tendensi harus dituruti 
- kalau suami menolak gak usah ngambek, bicarakan dan berikan pertimbangan yang masuk akal
- tetap taat dengan keputusan suami

O, iya kemarin aku ada pengalaman tentang ketaatan. Jadi suami minta pertimbangan untuk beli sebuah barang di forum jual beli, aku gak pengen tapi aku tahu suamiku pengen banget dan aku hapal argumennya tiap menginginkan sesuatu. Jadi aku biarkan saja gak kudebat. Aku cuma bilang, ya sudah beli aja kalau perlu. Eh ternyata tiba-tiba orang yang mau menjual barang gak merespon komen suamiku dong🀭 Aku belajar, emang aku harus berhikmat menggunakan lidahku, tahu kapan harus diam. Gak perlu membesarkan masalah. Usahakan perdamaian. Selama gak bertentangan dengan firman Tuhan gak usah diributkan. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya belajar dari Sarai dan menjadi penolong yang bertanggungjawab bagi suamiku. Amin.
Gratitude Journal
23 Juli 2020

1. Bersyukur melihat semangat Sara jalan pagi denganku hari ini. Sara biasanya kesal kalau dibangunkan dan merasa ga cukup tidur. Ini ngga, dia buru-buru bangun.
2. Bersyukur adekku dapat peringatan untuk hidup lebih sehat lewat sakitnya. Semoga dia bisa membiasakan diri dan panjang umur.
3. Bersyukur banyak kerjaan yang sudah selesai dan tinggal dikoreksi bosku. 
4. Bersyukur buat adek iparku yang sabarnya luar biasa.

Palangka Raya, 23 Juli 2020
Mega Menulis 

Friday, July 24, 2020

Rut 1

Rut 1

Scripture
Rut 1:20 (TB)  Tetapi ia berkata kepada mereka: "Janganlah sebutkan aku Naomi; sebutkanlah aku Mara, sebab Yang Mahakuasa telah melakukan banyak yang pahit kepadaku.

Observation
Naomi minta disebut 'mara'. Aku pernah baca di Keluaran, kalau gak salah mara artinya pahit. Naomi merasa hidupnya penuh kesedihan dan hal-hal yang pahit. Iya sih. Kadang aku ngerasa begitu saat memikirkan hal buruk terjadi, atau saat kehidupan berasa gak adil. Tapi, aku ingat, kehidupan memang gak dirancang untuk adil. Kehidupan dirancang sebagai kesempatan memuliakan Allah. Artinya, keadaan apapun seharusnya bisa menjadi kesempatan memuliakan Tuhan kalau itu pilihan kita. 

Aplication
Aku mau memuliakan Tuhan di dalam segala situasi. 

Prayer
Tuhan, tolong aku memuliakan Engkau, bahkan saat aku mengalami hal yang pahit di dalam hidupku. Amin.
Gratitude Journal
22 Juli 2020

1. Bersyukur bangun pagi dan bisa jalan bareng Sara lagi. Akhirnya ketemu waktu buat ngobrol dan memenuhi love tanknya Sara setiap hari.
2. Bersyukur bisa beli sarapan buat orang rumah di nasi kuning langganan kami.
3. Bersyukur walaupun banyak pekerjaan di kantor tapi bisa menyelesaikan pelan-pelan.
4. Bersyukur makan siang di rumah temanku dan dikasih cemilan rumput laut.
5. Bersyukur hari ini pulang kantor normal, gak perlu lembur.
6. Bersyukur ada yang beli mainan yang aku tawarkan dan aku bisa segera pesan.
7. Bersyukur saudaraku dan isterinya ambil keputusan cepat berobat di Palangka Raya. Semoga sakitnya segera diobati.

Palangka Raya, 22 Juli 2020
-Mega Menulis-

Wednesday, July 22, 2020

Mazmur 128

Mazmur 128

Scripture
Mazmur 128:1-2 (TB)  Nyanyian ziarah. Berbahagialah setiap orang yang takut akan TUHAN, yang hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya! 
 Mazmur 128:2 (TB)  Apabila engkau memakan hasil jerih payah tanganmu, berbahagialah engkau dan baiklah keadaanmu! 

Observation
Pasal 128 kalau dibaca secara lengkap bicara tentang berkat seorang laki-laki yang takut akan Tuhan tetapi judul perikopnya adalah Berkat atas Rumah Tangga. Aku percaya saat kita hidup takut akan Tuhan maka berkat-berkat rumah tangga ini akan menjadi bagian kita. 

Aplication
Aku harus hidup takut akan Tuhan dan berdoa supaya suami pun demikian. 

Prayer
Tuhan, tolong kami untuk hidup takut akan Tuhan. Bukan sekedar karena kami menginginkan berkatMu tapi karena kami mengasihiMu. Amin.
Gratitude Journal
21 Juli 2020

1. Bersyukur bisa bangun pagi banget dan saat teduh, karena sekarang bocah bangunnya lebih pagi. Kalau aku bangun kesiangan susah buat sate. Aku morning person.
2. Bersyukur Sara bangun pagi banget, jadi bisa jalan bareng dia keliling kompleks. Semacam quality time dengan dia.
3. Bersyukur karena kalau dipikir-pikir bocah bangun bagi tu jawaban doa banget. Dulu bingung kalau aku mau berangkat kerja, bocah baru bangun, tar sore pulang. Gimana bisa punya waktu banyak buat mereka,gimana bisa bareng mereka dan bangun bonding. Eh, sekarang Sara dah mulai teratur jam-jam biologisnya.
4. Bersyukur bisa belanja di warung sama Sara dan bisa masak sayur.
5. Bersyukur hari ini WFH jadi bisa kerja di rumah sambil main bareng bocah.
6. Bersyukur buat support teman-teman yang di kantor kalau pas aku kerja dari rumah.
7. Bersyukur hari ini bisa beli murah tas dari temanku.
8. Bersyukur bocah-bocah tidur cepat hari ini jadi kami juga bisa tidur lebih cepat.
9. Bersyukur refund tiket sudah masuk.

Palangka Raya, 21 Juli 2020
-Mega Menulis-

Titus 2

Titus 2:1-8

Scripture
Titus 2:5 (TB)  hidup bijaksana dan suci, rajin mengatur rumah tangganya, baik hati dan taat kepada suaminya, agar firman Allah jangan dihujat orang.

Observation
Firman Tuhan di ayat ini aku pikir bicara dengan spesifik kepada seorang isteri, ke aku. Tuhan ingin aku taat melakukannya supaya firman Tuhan tidak dihujat orang. Segala sesuatu bukan tentang aku, ketaatanku kepada suami adalah wujud ketaatanku kepada Tuhan, kebaikan hatiku adalah kebaikan Allah yang perlu dirasakan orang lain. Firman Tuhan yang aku taati seharusnya terlihat di kehidupanku. 

Aplication
Aku masih bergumul di banyak area. Gampang taat sama suami di mulut, tapi aku tahu hatiku. Aku sering sekali gak taat. Aku mau menyampaikan pendapatku dengan jujur tapi sopan. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya dalam peranku sebagai istri gak membuat firman Tuhan dihujat. Ajar aku setiap hari ya Tuhan. Amin.
Gratitude Journal 
20 Juli 2020 

1. Bersyukur buat rice cooker baru karena yang lama sudah mulai rusak.
2. Bersyukur sedikit-sedikit sudah isi aplikasi SIMPEG yang baru.
3. Bersyukur walaupun hectic di kantor tapi tetap sukacita dan gak stres.
4. Bersyukur keadaan adekku yang sakit sudah mulai membaik.
5. Bersyukur mainan aktivitas yang kubeli sudah sampai dan anak-anak senang.
6. Bersyukur pagi-pagi suamiku mau ke warung dan belanja jadi aku bisa masak ayam gulai.
7. Bersyukur malam bisa main dengan anak-anak.
8. Bersyukur dengar Sofia menyebut namaku lengkap.

Palangka Raya, 20 Juli 2020
-Mega Menulis-

Hakim-Hakim 17

Hakim-Hakim 17:1-4

Scripture
Hakim-Hakim 17:2 (FAYH)  Pada suatu hari ia berkata kepada ibunya, "Uang perak yang seribu seratus itu (kira-kira 13 kilogram), yang Ibu sangka dicuri orang sehingga Ibu mengucapkan kutuk, akulah yang mengambilnya! " "Allah memberkati engkau karena pengakuanmu itu, Anakku, " sahut ibunya.

Observation & Aplication 
Bingung membaca firman ini awalnya, apa maksudnya. Aku diingatkan untuk berhati-hati dengan ucapanku, jangan sampai berkat dan kutuk keluar dari mulut yang sama. Kalau aku marah atau kesal jangan berbuat dosa dengan mulutku. Memang susah. Tapi jangan sampai aku menyesali ucapanku. Kemarin aku belajar banget dari mamahku yang ngomel-ngomel saat dengar adekku sakit, adekku emang susah dibilangin. Tapi aku anggap itu bukan perkataan berkat. Duh, semoga aku gak melakukan ini saat anak-anakku susah dibilangin. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya hanya menggunakan mulutku mengucapkan yang membangun dan membuat yang  mendengarnya beroleh kasih karunia. Amin.
Gratitude Journal 
19 Juli 2020 

1. Bersyukur Sara bangun pagi banget, jadi bisa ngobrol bareng dan jalan sama Sara, bisa quality time dengan Sara.
2. Bersyukur pas jalan pagi berdua Sara ketemu TK dekat tempat mamah yang terbuka, jadi Sara bisa puas main di sana. Bersyukur bawa HP saat itu jadi bisa kasih tahu suami yang gak lama nyusul bareng Sofia.
3. Bersyukur bisa tidur siang lama banget.
4. Adekku di Tumbang Samba sakit dan harus diinfus. Bersyukur dia bersama isterinya jadi ada yang merawat. Gak terbayangkan kalau pas dia berada di lapangan.
5. Bersyukur malam bisa jalan keliling bareng keluarga, bisa ngobrol-ngobrol sama suami.
6. Bersyukur bocah-bocah senang dengan mainan yang baru kubeli.

Palangka Raya, 19 Juli 2020
-Mega Menulis-

Yohanes 8

Yohanes 8:2-11

Scripture
Yohanes 8:7 (TB)  Dan ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya, Ia pun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka: "Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu."

Observation
Baca kisah ini aku diingatkan untuk jangan pernah menghakimi orang lain. Setiap orang memiliki dosa 'favoritnya' masing-masing. Gak perlu mengurus dosa orang lain, uruslah dan selesaikan dosaku sendiri. 

Aplication
- Stop judging Meg. Kamu juga orang berdosa. 
- Semakin mengasihi, jangan semakin menghakimi. 

Prayer
Tuhan, terkadang aku sering menuding orang lain dalam hatiku dan menghakimi mereka di dalam hatiku. Tolong aku menyelesaikan dosaku sendiri dengan bertobat ketimbang mengurusi dosa orang lain. Amin.
Gratitude Journal 
18 Juli 2020 

1. Bersyukur bisa cuci pakaian segaban, semula mau laundry aja karena kecapekan minggu ini hectic banget. Bersyukur bangun tidur ada kekuatan baru.
2. Bersyukur mainan yang kupesan buat bocah dah datang.
3. Bersyukur bisa sarapan di bubur kesukaan keluarga, lalu bisa blessing Om yang sedang sakit dengan bubur itu.
4. Bersyukur pakaian yang aku cuci sudah kering sebelum kami berangkat menginap di tempat mama.
5. Bersyukur Sara dapat hadiah ulang tahun yang kecepatan dari adekku.
6. Bersyukur buat perhatian mama dan adekku, setiap kami menginap pasti disediakan kue kesukaan bocah-bocah.
7. Bersyukur sahabatku ulang tahun ke-36 hari ini. 

Palangka Raya, 18 Juli 2020
-Mega Menulis-

Hakim-Hakim 4

Hakim-hakim 4:1-24

Scripture
Hakim-hakim 4:4 (TB)  Pada waktu itu Debora, seorang nabiah, isteri Lapidot, memerintah sebagai hakim atas orang Israel. 

Observation
Alkitab menyaksikan bahwa Debora tidak hanya seorang nabiah, istri Lapidot dan juga hakim. Tiga peran yang luar biasa di masa itu dan dia dikenal dalam 3 perannya itu. Orang-orang tahu kalau dia pembawa pesan dari Allah, seorang isteri dari Lapidot (belum searching sih, tapi nampaknya Lapidot juga dikenal orang-orang) sekaligus hakim yang memutuskan perkara orang Israel-sebuah jabatan yang penting dalam masyarakat saat itu. Tentu saja gak mudah menjalankan ketiganya kalau Debora gak bisa membagi waktunya dengan baik, menjadi bijak dan memberikan hatinya pada setiap perannya. Tidak mungkin Debora dikenal sebagai nabiah kalau dia tidak peka dengan suara Tuhan, atau dipilih sebagai hakim kalau dia tidak bijak, atau dia menjadi istri jika dia tidak berkomitmen oada suaminya. 

Sebagai apa aku dikenal? Aku istri suamiku, mama dari Sara-Sofia, pegawai di sebuah lembaga. Sudahkah aku menjalankan peranku dengan baik? Belum. Aku terkadang kehabisan energi dan gak bisa melakukan peranku dengan baik. Beberapa minggu ini di kantor hectic banget dan jadi sering lembur, kadang merasa bersalah karena pulang kantor sudah tepar dan gak maksimal sebagai istri dan mama. Aku harus belajar mendelegasikan pekerjaan di kantor dan gak mengabaikan suami dan anak-anak yang juga butuh perhatianku. 

Aplication
- Bijak dengan waktu dan sumber daya Meg. Delegasikan pekerjaan yang perlu didelegasikan. 
- Jujur kalau overload dan cari pertolongan. Jaga kesehatan jasmani rohani supaya tetap bisa menjalankan setiap peran dengan baik. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk maksimal dalam setiap peranku supaya nama Tuhan dimuliakan dalam setiap panggilanku. Amin.
Gratitude Journal 
17 Juli 2020 

1. Bersyukur bisa menyelesaikan pekerjaan yang deadline walaupun lembur sampai jam 11 malam. 
2. Bersyukur punya rekan kerja yang bertanggung jawab dan gak ngeluh karena harus lembur.
3. Bersyukur tetap sempat makan walaupun lembur.
4. Bersyukur bisa pesan makanan pakai Go Food.
5. Bersyukur pas pulang ke rumah malam-malam, suami belum tidur, jadi bisa ngobrol.

Palangka Raya, 17 Juli 2020
-Mega Menulis-

2 Timotius 1

2 Timotius 1 :3-5

Scripture
2 Timotius 1:5 (TB)  Sebab aku teringat akan imanmu yang tulus ikhlas, yaitu iman yang pertama-tama hidup di dalam nenekmu Lois dan di dalam ibumu Eunike dan yang aku yakin hidup juga di dalam dirimu. 

Observation
Didikan dan teladan iman Lois dan Eunike tercermin dalam kehidupan Timotius. Jadi aku gak perlu heran kalau kehidupan dan nilai-nilai yang kupegang akan nampak di kehidupan anak-anakku nantinya. Aku harus terus mengingat : raising our children, raising ourselves. 

Aplication
Aku mau buat daftar kebiasaan buruk yang aku lakukan dan bekerja keras di area itu supaya anak-anak gak meniruku nantinya. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk memberikan keteladanan yang benar kepada anak-anakku setiap harinya. Amin.
Gratitude Journal 
16 Juli 2020 

1. Bersyukur bisa traktir teman seruangan hari ini. 
2. Bersyukur di dekat rumah ada orang yang jual sop dan anak-anak suka jadi kalau pas gak sempat masak tinggal beli.
3. Bersyukur masih ada rendang di kulkas, jadi tinggal dipanaskan sebelum ke kantor.
4. Bersyukur hari ini bisa jaga emosi ke seseorang di kantor yang ngeselin. Jadi bisa tetap bersikap baik walaupun kesal.
5. Bersyukur punya rekan-rekan kerja di bagian perencanaan yang bertanggung jawab dan bisa diandalkan.
6. Bersyukur pulang ke rumah dan bisa menyuapi anak-anak, bahkan sempat jalan-jalan bareng keluarga.
7. Hari ini dengar kabar Omku mau dilaporkan ke polisi oleh seseorang karena kasus yang cukup konyol. Bersyukur Omku gak stres dan malah bisa menertawakan masalahnya.
8. Bersyukur sempat quality time ngobrol-ngobrol dengan suami.
9. Bersyukur bisa belanja online mainan dan pakaian buat orang rumah. Bersyukur ada budget buat belanja barang sekunder.

Palangka Raya, 16 Juli 2020
-Mega Menulis-

Thursday, July 16, 2020

Kejadian 24

Kejadian 24:1-27

Scripture
Kejadian 24:17-18 (TB)  Kemudian berlarilah hamba itu mendapatkannya serta berkata: "Tolong beri aku minum air sedikit dari buyungmu itu."
Jawabnya: "Minumlah, tuan," maka segeralah diturunkannya buyungnya itu ke tangannya, serta diberinya dia minum. 

Observation
Hari itu seperti hari biasa bagi Ribka, mengambil air dan melakukan tugasnya. Tapi yang berbeda, tiba-tiba ada seorang pria yang meminta minum. Ribka memberikannya. Lalu entah kenapa tiba-tiba Ribka menawarkan untuk memberi minum bagi unta-unta orang itu sampai puas minum. Astagaaa...! Hari ini aku searching dan menemukan kalau seekor unta bisa minum 40 galon atau sampai 200 liter sekali minum. Dan di cerita ini, untanya lebih dari satu. Anggaplah 2 aja. Berapa banyak air coba yang harus ditimba Ribka saat itu untuk unta-unta itu? Dan Alkitab bersaksi kalau unta-unta itu puas minum. Wow!!! 

Ribka tidak cuma cantik dan ramah terhadap orang asing, tapi juga murah hati, tulus, kuat dan pekerja keras. Kalau dipikir-pikir, Ribka gak perlu lo memberikan minum unta itu. Ini tanpa diminta, dia menawarkan diri. Ribka mana tahu kalau apa yang dilakukannya adalah jawaban doa seseorang, tapi nyatanya dia melakukan apa yang ditawarkannya sepenuh hati. Dia bahkan mungkin tidak sempat berpikir, dari mana kekuatannya menimba bergalon-galon air untu memberi minum unta (Unta!!!! πŸ˜‚). Siapa sangka kemurahan hatinya kepada unta membawanya pada jodohnya dan menjadi jawaban bagi doa orang lain. What a story. 

Aplication
Aku mau jadi Ribka zaman now. Yang gak cuma cantik dan ramah, tapi juga murah hati, tulus, kuat dan pekerja keras. Siapa yang tahu kapan aku menjadi jawaban doa bagi orang lain saat aku meneladani Ribka? Tentu saja bukan jawaban doa jodoh seseorang, tapi jawaban doa atas kebutuhan orang lain akan kasih dan kemurahan Tuhan. 

Prayer
Tuhan, tolong aku, beri aku kekuatan seperti Ribka untuk menyatakan kasih dan kemurahanMu setiap hari kepada mereka yang memerlukan. Amin.
Gratitude Journal 
15 Juli 2020 

1. Bersyukur rapat hari ini berjalan dengan lancar walaupun kesal dengan kebijakan pimpinan tapi ya sudahlah. 
2. Bersyukur hari ini mendengar pujian dari atasanku kalau aku bertanggung jawan pada pekerjaanku. Saat ini aku pegang 2 kerjaan dan lumayan keteteran, tapi I try my best lah pokoknya, gak ada kepikiran untuk melalaikan pekerjaan.
3. Sejak pegang beberapa kerjaan, aku pulang paling cepat jam 5 sore, bersyukur buat pengertian suami. 
4. Bersyukur hari ni anak-anak manis semua dan gak bikin drama. Sara yang biasanya susah untuk potong kuku pun mau 🀣

Palangka Raya, 15 Juli 2020
-Mega Menulis-

Kejadian 3

Kejadian 3:1-16

Scripture
Kejadian 3:6 (TB)  Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminya pun memakannya. 

Observation
Seseorang tidak sekonyong-konyong berbuat dosa, seperti Hawa, dimulai dari melihat, ada ketertarikan, lalu keinginan tersebut dibuahi menjadi tindakan dosa. Aku mesti berhati-hati dengan ketertarikanku pada hal-hal yang aku tahu kalau itu dosa, jangan memberikan perhatian terus menerus supaya gak terpikat dan berbuat dosa. 

Aplication
Kalau sudah tahu sesuatu itu bisa membawaku ke dalam dosa, jauhi. Jangan terus mendekat dan sok kuat terhadap dosa. Roh penurut tapi daging lemah Meg. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya gak mudah terpikat pada hal-hal yang mendukakan Tuhan. Jangan biarkan aku mendekat pada apa yang kutahu bisa membuatku jatuh. Amin.
Gratitude Journal 
14 Juli 2020 

1. Bersyukur buat bakwan jagung yang enak banget.
2. Bersyukur ditraktir temanku makan babi.
3. Bersyukur pernah belajar di PPSDM Metrologi Cihanjuang dan punya kenangan manis di sana bersama teman-teman sekelas yang luar biasa.
4. Bersyukur bisa menyicil membuat RKA.
5. Bersyukur pulang kantor kehujanan sedikit aja.
6. Bersyukur sempat mencuci pakaian hari ini.

Palangka Raya, 14 Juli 2020
-Mega Menulis-

Ester 7

Ester 7:1-9

Scripture
Ester 7:1 (TB)  Datanglah raja dengan Haman untuk dijamu oleh Ester, sang ratu. 

Observation
Ester wanita yang cerdik, dia tidak serta merta menyatakan keinginannya kepada rajanya. Dia tahu kalau sang Raja harus disenangkan maka Ester menjamunya terlebih dahulu, saat ditanya raja, baru dia menyatakan kenginannya. Dan benar, saat hatinya senang maka Raja bermurah hati kepadanya. 

Aplication
Aku belajar sebagai isteri aku juga harus berusaha mengenali dan melayani kebutuhan suamiku dengan sungguh. Bukan karena aku menginginkan sesuatu tapi dengan ketulusan. 

Prayer
Tuhan, tolong aku melayani suamiku dengan kasih supaya kasih Allah dirasakan suamiku. Amin.
Gratitude Journal 
13 Juli 2020 

1. Bersyukur Sara dah gak panas lagi badannya dan selera makan ada.
2. Bersyukur hari ini aku WFH jadi suamiku bisa bayar pajak dan ganti plat motor.
3. Bersyukur ada lauk tahu bakso dari temanku, jadi aku tinggal goreng dan buat sop.
4. Bersyukur bisa bayar tagihan bulan ini.
5. Bersyukur sukses bikin sambal teri untuk pertama kali.

Palangka Raya, 13 Juli 2020
-Mega Menulis-

Kejadian 19

Kejadian 19:24-26

Scripture
Kejadian 19:26 (TB)  Tetapi isteri Lot, yang berjalan mengikutnya, menoleh ke belakang, lalu menjadi tiang garam.  

Observation
Isteri Lot menyia-nyiakan keselamatan dari Tuhan dengan ketidaktaatannya. Hal yang mudah sebenarnya-gak usah menoleh sama sekali dan berhenti, tapi dia gak taat. Padahal Tuhan dah bilang kalau akibatnya mengerikan-MATI. 
Kejadian 19:17 (TB)  Sesudah kedua orang itu menuntun mereka sampai ke luar, berkatalah seorang: *"Larilah, selamatkanlah nyawamu; janganlah menoleh ke belakang, dan janganlah berhenti di mana pun juga di Lembah Yordan, larilah ke pegunungan, supaya engkau jangan mati lenyap."*

Sering kali di masa sekarang pun, aku seperti meremehkan firman Tuhan dan berkompromi dengan dosa. Ah, ga papa lah aku melakukan ini itu yang gak sesuai firman Tuhan. Tuhan penuh kasih karunia, tetapi tetap ada ganjaran untuk ketidaktaatan. Kita bebas berbuat apa saja, tapi kita tidak lepas dari konsekuensinya. 

Aplication
Aku gak boleh menentang firman Tuhan, apapun alasannya. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk gak berkompromi terhadap dosa dan mendukakan Tuhan. Biarlah aku ingat kisah isteri Lot ini. Amin.
Gratitude Journal 
12 Juli 2020 

1. Bersyukur pagi-pagi bisa saeapan bareng adek bungsuku dan ngobrol.
2. Bersyukur ada pie susu yang dipesan adekku.
3. Bersyukur dah pesan rice cooker baru di olshop.
4. Bersyukur walaupun agak panas badannya, Sofia mau makan.

Palangka Raya, 12 Juli 2020
-Mega Menulis-

Sunday, July 12, 2020

Amsal 31

Amsal 31

Scripture
Amsal 31:20 (TB)  Ia memberikan tangannya kepada yang tertindas, mengulurkan tangannya kepada yang miskin. 

Observation
Aku dapat blessing beberapa hari ini. Dan aku diingatkan lewat ayat ini kalau aku diberkati untuk menjadi berkat. 

Aplication
Aku teringat mau blessing sebuah keluarga yang aku kenal, jangan menunda berbuat baik Meg! 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya jadi berkat bagi orang lain dan gak hanya menerima berkat tanpa berbagi. Amin.
Gratitude Journal 
11 Juli 2020 

1. Bersyukur pagi-pagi bisa sarapan lontong yang enak dekat tempat mamaku.
2. Bersyukur bisa weekend di tempat mama.
3. Bersyukur bisa ngajak jalan bocah ke Hypermart dan ada diskon susu dan sabun mandi.
4. Bersyukur bisa kumpul bersama keluarga setiap weekend dan kami semua sehat.
5. Bersyukur bisa blessing sebuah keluarga yang kami kenal.

Palangka Raya, 11 Juli 2020
-Mega Menulis-

1 Samuel 25

1 Samuel 25:1-35

Scripture
1 Samuel 25:3 (TB)  Nama orang itu Nabal dan nama isterinya Abigail. Perempuan itu bijak dan cantik, tetapi laki-laki itu kasar dan jahat kelakuannya. Ia seorang keturunan Kaleb.

Observation
Abigail yang bijak dan cantik bersuamikan Nabal yang kasar dan jahat kelakuannya. Aneh memang, tapi ada kalanya perempuan sebaik ini berada pada pernikahan yang buruk bersama pria seperti Nabal. Abigail tidak mengeluh, ngambek atau berkata kasar pada Nabal. Abigail melakukan tugasnya dan melindungi seisi rumahnya saat Nabal melakukan kesalahan. Dari caranya berbicara kepada Daud terlihat bahwa Abigail wanita yang mengerti posisinya dengan baik, dia tahu suaminya melakukan kesalahan dan dia berusaha memperbaiki dengan tindakan, berkata-kata dengan manis untuk meredakan amarah Daud. Abigail mengingatkan Daud kepada Allahnya dan menyerahkan perkaranya pada Allah. 

Aplication
Belajar dari Abigail :
- Saat suamiku melakukan kesalahan, aku harus bersedia turun tangan dan melindungi keluarga dari dampak kesalahan itu. 
- Aku harus bertindak, berkata dengan tepat dan mengingatkan orang lain pada Tuhan saat berbuat salah agar terhindar dari dosa. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya menjadi bijak seperti Abigail. Amin.
Gratitude Journal 
10 Juli 2020 

1. Bersyukur hari ini bisa senam bersama di kantor.
2. Bersyukur gak banyak temuan dalam audit tahun ini. 
3. Bersyukur makan siang di restoran masakan Korean yang baru buka.
4. Bersyukur dikasih bakcang dan donat sama temanku. Enak banget bakcangnya, pakai daging babi dan telur asin. 
5. Bersyukur hari ini bisa buat bumbu dasar, stok di rumah sudah habis. 
6. Bersyukur hari ini suami membersihkan kamar mandi.
7. Bersyukur hari ni audit sudah selesai jadi gak perlu lembur dan bisa pulang on time.

Palangka Raya, 10 Juli 2020
-Mega Menulis-

Thursday, July 9, 2020

Ester 1

Ester 1 :9-20

Scripture
Ester 1:12 (TB)  Tetapi ratu Wasti menolak untuk menghadap menurut titah raja yang disampaikan oleh sida-sida itu, sehingga sangat geramlah raja dan berapi-apilah murkanya.

Observation
Tidak disebutkan alasan Wasti menolak titah raja tapi yang jelas tindakan Wasti *mempermalukan* raja. Raja adalah raja dan suaminya, dari sisi manapun tindakan Wasti tidak tepat. Aku diingatkan untuk menjaga sikapku agar tidak mempermalukan suamiku. Kalau pun ada tindakan suami yang tidak aku setuju, aku harus tetap menyatakan dengan sopan secara personal dan bersikap respect. Tidak perlu menyatakannya di hadapan banyak orang. Jangan sampai melukai pridenya, apalagi mempermalukan di hadapan banyak orang. 

Aplication
Terkadang saat ada sikap suami yang aku gak suka, aku tergoda untuk curhat dengan orang lain. Gak boleh gitu! Ini mempermalukan suami dan gak menyelesaikan masalah. Lebih baik aku ngomong langsung ke suami. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya menjaga sikapku dan mulutku supaya tidak mempermalukan suamiku. Amin.
Gratitude Journal 
8 Juli 2020 

1. Bersyukur pagi ini sempat mencuci pakaian dan memasak sop buat bocah-bocah.
2. Bersyukur untuk pengalaman mengikuti notulen di sidang kode etik, jadi tahu bagaimana sidang berjalan.
3. Bersyukur hari ini makanan berlimpah di kantor, dapat jatah makan sampai 3 kali 🀣
4. Bersyukur ada adekku ke rumah dan bawa mie kesukaan bocah.
5. Bersyukur banyak pekerjaan hari ini. Capek tapi merasa berdaya. Puji Tuhan.
6. Bersyukur hari ini lembur dan disemangati suami.
7. Bersyukur pulang ke rumah ternyata anak-anak belum tidur, jadi bisa dengar ocehan mereka dan melihat mereka main.

Palangka Raya, 8 Juli 2020
-Mega Menulis-

Wednesday, July 8, 2020

Maleakhi 2

Maleakhi 2:15

Scripture
Maleakhi 2:15 (TB)  Bukankah Allah yang Esa menjadikan mereka daging dan roh? Dan apakah yang dikehendaki kesatuan itu? Keturunan ilahi! Jadi jagalah dirimu! Dan janganlah orang tidak setia terhadap isteri dari masa mudanya.

Maleakhi 2:15 (FAYH)  Pada waktu kamu menikah, kamu dipersatukan dengan istrimu oleh TUHAN. Dalam rencana Allah yang bijaksana, kamu berdua dipandang-Nya sebagai satu kesatuan. Dan apakah yang diingini-Nya dari persatuan itu? Anak-anak yang taat kepada TUHAN. Karena itu, jagalah nafsu berahimu! Setialah kepada istri masa mudamu.

Observation
Tuhan mengingatkan kalau dari kesatuan suami isteri, yang diinginkanNya adalah keturunan ilahi, yakni anak-anak yang taat pada Tuhan. Menjadi perenunganku, sudahkah aku hidup taat pada Tuhan? Anak-anak adalah peniru yang luar biasa. Jadi aku harus pastikan kalau aku hidup dalam ketaatan.

Aplication
Anak-anak merefleksikan bagaimana hidupku, sadar atau tidak sadar. Aku harus hidup dengan kesadaran sepenuhnya memberikan teladan dalam hal ketaatan kepada Tuhan bahkan dalam hal sederhana. 

Prayer
Tuhan, tolong aku, mampukan aku menaati Tuhan dalam segala hal. Amin.
Gratitude Journal 
7 Juli 2020 

1. Bersyukur pagi bisa buat rendang babi yang enak buat orang rumah.
2. Bersyukur bisa update aplikasi SIMPEG.
3. Bersyukur update revisi aplikasi SMART Kementerian Keuangan sudah diverifikasi. 
4. Bersyukur bisa menjawab pertanyaan auditor.
5. Bersyukur dapat blessing tahu bakso dan telur ayam kampung dari Fani.
6. Bersyukur undangan kegiatan sosialisasi bisa diantarkan hari ini.

Palangka Raya, 7 Juli 2020
-Mega Menulis-

Kejadian 6

Kejadian 6:29-35

Scripture
Kejadian 29:35 (TB)  Mengandung pulalah ia, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, maka ia berkata: "Sekali ini aku akan bersyukur kepada TUHAN. Itulah sebabnya ia menamai anak itu Yehuda. Sesudah itu ia tidak melahirkan lagi. 

Observation
Kasihan sih Lea ini, dari awal dia tidak dicintai suaminya. Setiap melahirkan ketiga anaknya, Lea berharap Yakub akan mencintainya. Dalam budaya Israel, anak laki-laki sangat diinginkan setiap keluarga. Apalagi Rahel yang dicintai Yakub malahan belum memberikan keturunan makanya Lea berharap kehadiran anak laki-laki menghadirkan cinta Yakub baginya. Kalau pada awalnya Lea fokus pada dirinya yang menginginkan cinta suaminya, kemudian Lea sadar kalau dia telah dan selalu memiliki cinta dari Tuhan. Akhirnya Lea menyadari kalau dia lupa bersyukur pada Tuhan yang mengasihiNya tanpa henti bahkan memberikan anugerah dan penghiburan baginya.

Bingung juga sih ya, setelah Lea bersyukur kok malah dia berhenti melahirkan. Hahahaha. Jadi aku belajar kalau bersyukur gak selalu melipatgandakan apa yang kita miliki. Bukan itu tujuan bersyukur. Tapi, bersyukur membuatku menyadari kalau semua yang aku terima adalah pemberian Tuhan semata. Lea membutuhkan empat kali melahirkan baru bersyukur. Ya aku gak perlu begitu lah, aku mau bersyukur setiap waktu. 

Aplication
✅ Terkadang aku merasa seperti Lea yang merasa akan semakin dikasihi saat melahirkan anak laki-laki bagi suami. Apalagi dalam budaya Batak sangat menginginkan anak laki-laki sebagai penerus marga, tapi hari ini aku belajar kalau kasih Tuhan yang terpenting. 
✅ Aku mau bersyukur telah memiliki kedua anak perempuan yang manis dan memberikan sukacita bagi keluarga kami setiap hari. 
✅ Akhir-akhir ini suami terlihat sudah gak terlalu menginginkan anak laki-laki. Bahkan dia pernah berucap, dua anak ini saja cukup. Puji Tuhan. Padahal aku gak pernah berucap apa-apa 😁 Bukannya aku keberatan melahirkan lagi tapi aku realistis kalau dengan keadaan kami seperti sekarang punya anak lagi cukup berat. 

Prayer
Terima kasih Tuhan, Tuhan ingatkan aku lagi untuk bersyukur dan belajar lagi dari kehidupan Lea. Aku bersyukur buat kasih Tuhan di dalam hidupku, buat segala hal baik yang sudah Tuhan berikan. Amin.
Gratitude Journal 
6 Juli 2020 

1. Bersyukur suamiku bisa nitip beli kabel HDMI sama adekku.
2. Bersyukur bisa antar hekeng pesanan teman-temanku.
3. Bersyukur bisa ke pasar dan beli bahan-bahan buat bumbu dasar.
4. Bersyukur bisa makan Mie Ayam bareng Fani. 
5. Bersyukur dapat jatah nasi Padang buat lembur.
6. Bersyukur sudah upload bahan-bahan audit di Google Drive.
7. Bersyukur suamiku tetap digaji sama bosnya walaupun gak full.
8. Bersyukur malam bisa makan mie dan bakso bareng bocah.

Palangka Raya, 6 Juli 2020
-Mega Menulis-

Bilangan 27

Bilangan 27 :1-11

Scripture
Bilangan 27:4 (TB)  Mengapa nama ayah kami harus hapus dari tengah-tengah kaumnya, oleh karena ia tidak mempunyai anak laki-laki? Berilah kami tanah milik di antara saudara-saudara ayah kami."

Observation
Anak-anak perempuan Zelafehad bin Hefer bin Gilead bin Makhir bin Manasye dari kaum Manasye bin Yusuf — Mahla, Noa, Hogla, Milka dan Tirza- memberikan keteladanan dalam beberapa hal :
✅ Keberanian 
Mereka berani berbicara di depan Musa, imam Eleazar dan pemimpin lainnya tentang hak mereka. Mereka tidak diam saja saat gak menerima haknya tapi mereka meminta haknya dengan sopan. 
✅ Kejujuran 
Mereka mengakui kalau ayahnya mati karena dosa tapi tetap meminta hak mereka dengan cara yang bijaksana. 
✅ Bijaksana
Sudah pasti mereka adalah perempuan yang cerdas, tapi selain itu mereka juga bisa menempatkan diri pada situasinya. Mereka tahu bagaimana harus meminta haknya dengan sopan, mereka berbicara lemah lembut tapi tegas, dan mereka tahu kepada siapa harus berbicara. 

Aplication 
Aku mau mengingat dan meneladani anak-anak perempuan Zelafehad:
✅ Menuntut hak tapi juga melakukan kewajiban. 
✅ Berani saat benar. 
✅ Bersikap sopan. 
✅ Bijaksana dalam segala situasi 

Prayer
Tuhan, tolong aku, mampukan aku meneladani anak perempuan Zelafehad. Amin.
Gratitude Journal 
5 Juli 2020 

1. Bersyukur bisa ibadah online bareng sekeluarga.
2. Bersyukur hari ini seharian makan enak, hahaha. Ada Omku yang bawa donat kentang yang enak,terus seharian makan masakan mama. 
3. Bersyukur bisa tidur siang lama banget. Bangun berasa segar. 
4. Bersyukur pulang ke rumah gak kehujanan.
5. Bersyukur stok susu bocah aman sampai 2 bulan ke depan. Yay.

Palangka Raya, 5 Juli 2020
-Mega Menulis-

Sunday, July 5, 2020

Matius 20

Matius 20

Scripture
Matius 20:22 (TB)  Tetapi Yesus menjawab, kata-Nya: "Kamu tidak tahu, apa yang kamu minta. Dapatkah kamu meminum cawan, yang harus Kuminum?" Kata mereka kepada-Nya: "Kami dapat." 

Observation
Yesus berkata Ibu Zebedeus tidak tahu apa yang dimintanya. Sebenarnya apakah yang diminta ibu Zebedeus? Dia sedang meminta kekuasaan bagi anak-anaknya. Ibu Zebedeus menginginkan yang terbaik bagi anak-anaknya, mengharapkan anaknya menjadi ini itu. Tapi, apa yang terbaik menurutnya tidak berkenan di hadapan Allah. Yesus mengoreksi cita-cita ibu Zebedeus dengan menunjukkan panggilan sebenarnya bagi anak-anaknya. 

Aku harus ingat, apa yang baik menurutku bagi anak-anakku belum tentu baik menurut Tuhan. Apa yang kata dunia baik, belum tentu benar menurut Tuhan. Menjadi seorang ibu adalah panggilan yang gak mudah. Inilah pentingnya aku bertanya sama Tuhan, apa yang diinginkanNya dalam hidup anak-anakku. Bagaimana aku bisa mendidik mereka sesuai kehendakNya kalau aku bergantung pada hikmatku sendiri? Menjadi seorang ibu seharusnya membuatku semakin bergantung pada Tuhan dan belajar dariNya lebih dari sebelumnya. 

Aplication
✅ Saat membaca buku parenting, aku harus bertanya sama Tuhan, apakah kalau aku melakukan ini itu selaras dengan kehendakNya.
✅ Mengenali anakku dan tujuan Tuhan dalam hidupnya akan menolongku melakukan yang terbaik sebagai mamanya. 

Prayer
Tuhan, tolong aku menjadi mama yang dengar-dengaran sama Tuhan supaya anak-anakku gak salah langkah dan aku bisa mendidik mereka dalam kebenaran firman Tuhan. Amin.
Gratitude Journal 
4 Juli 2020 

1. Bersyukur ada promo K-Vision selama sebulan jadi bisa terbuka chanel-chanel yang selama ini berbayar.
2. Bersyukur bisa cuci pakaian dan setrika pakaian sebelum nginap ke tempat mamahku.
3. Bersyukur pagi bisa beli sop di dekat rumah. Sepuluh ribu doang bisa buat makan sekeluarga karena sudah ada nasi di rumah.
4. Bersyukur ada diskon di Hypermart, dari susu Anmum untuk bocah sampai es krim. Yay. 
5. Bersyukur sore ada sepupuku bawa masakannya Ayam Geprek Sambal Matah, enak banget.
6. Bersyukur melihat temanku yang punya masalah dimampukan Tuhan mengucap syukur setiap hari. Beberapa hari ini melihat jurnal ucapan syukurnya. God is good all the time.
7. Bersyukur punya adek-adek dan mama yang care banget sama Sara dan Sofia. Kalau sudah di rumah Mama, mereka yang suka ngajakin main bocah.
8. Bersyukur ingat mau blessing temanku dengan hadiah, mumpung di Hypermart aku bisa beli 

Palangka Raya, 4 Juli 2020
-Mega Menulis-

Rut 1

Rut 1 

Scripture
Rut 1:17 (TB)  di mana engkau mati, aku pun mati di sana, dan di sanalah aku dikuburkan. Beginilah kiranya TUHAN menghukum aku, bahkan lebih lagi dari pada itu, jikalau sesuatu apa pun memisahkan aku dari engkau, selain dari pada maut!"

Observation
Rut berkata kalau tidak ada yang bisa memisahkan dia dari Naomi selain maut. Awalnya aku pikir Rut agak lebay. Dia tidak harus melakukan dan mengatakan itu kan? Bukan hal mudah bagi seorang janda muda hidup bersama ibu mertuanya yang juga janda. Bagaimana biaya hidup mereka? Bagaimana kalau ada yang mendekati Rut untuk dinikahi lagi tapi berpikir ulang karena Rut membawa orang lain? Bagaimana kalau Rut dan Naomi bertengkar sedangkan Rut ikut ke kampung halaman Naomi? Mungkin Rut memang sangat mengasihi Naomi, tapi membaca kalimat lebay Rut di atas aku menyadari kalau sebenarnya Rut tidak perlu lo mengikuti Naomi dan berkata tidak akan terpisah kecuali maut yang memisahkan. Tidak akan ada yang menghakimi atau menyalahkannya kalau mereka berpisah. Rut did an extra mile, bahkan saat 1 mil sebelumnya tidak diminta. 

Aku diingatkan untuk *do an extra mile* dalam setiap yang aku lakukan. Rut mengingatkanku menjadi extraordinary people yang melakukan yang terbaik, sedia berkorban dan melakukan lebih dari yang diminta dan diharapkan orang lain. Kenapa? Supaya orang melihat perbuatanku yang baik dan memuliakan Bapa di sorga. 

Aplication
Aku mau belajar melakukan yang terbaik dalam segenap usahaku dan pekerjaanku. 

Prayer
Tuhan, mampukan aku pun ketulusan seperti Rut yang bersedia melakukan yang terbaik bahkan melampaui harapan orang lain. Amin.
Gratitude Journal 
3 Juli 2020 

1. Bersyukur bisa dapat tambahan nomor yang bisa beli paket data murah. Yay. Lumayan bisa berhemat πŸ˜‚
2. Bersyukur walaupun harus lembur, kami seruangan malah hepi dan bisa jaga mood menjelang audit.
3. Bersyukur bisa beli babi yang diantar langsung ke rumah tanpa ongkir, gak perlu ke pasar.
4. Bersyukur bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan di kantor sebelum ngurusin persiapan audit.
5. Bersyukur pagi-pagi bisa ngobrol dengan tenang sama suami karena bocah masih tidur.
6. Bersyukur malam bisa jalan sekeluarga dan beli terang bulan.
7. Bersyukur hari ini bisa posting ayat hapalan bulan Juni.

Palangka Raya, 3 Juli 2020
-Mega Menulis-

1 Timotius 2

1 Timotius 2

Scripture
1 Timotius 2:10 (TB)  tetapi hendaklah ia berdandan dengan perbuatan baik, seperti yang layak bagi perempuan yang beribadah. 

Observation
Berdandan kata seorang teman berguna untuk menampilkan secara maksimal apa yang sudah Tuhan berikan. Benarkah? Aku dari dulu sampai sekarang bukan orang yang suka berdandan, mungkin karena aku gak bisa berdandan. LOL. Jadi, kewajiban memakai masker di masa sekarang, di satu sisi menyenangkan karena gak perlu pusing memakai bedak dan lipstik. Yay! Aku bahagia. Hahahaha. Ayat ini mengingatkanku untuk selalu mendandani diriku, bukan dengan make up, tapi dengan perbuatan baik. Supaya apa? Supaya orang yang melihat tertarik kepada Kristus yang mengerjakan segala perbuatan baik itu di dalamku dan melalui aku. 

Aplication
Setiap hari, aku mau berbuat baik secara spesifik buat orang tertentu. 

Prayer
Tuhan, biarlah kasih Tuhan dinyatakan saat aku berbuat baik bagi orang lain. Biarlah aku semakin kecil dan Engkau semakin besar. Amin.
Gratitude Journal 
2 Juli 2020 

1. Sejak bulan lalu pekerjaanku merangkap, selain mengurus perencanaan dan pelaporan, juga mengurus administrasi kepegawaian. Capek, tapi aku bersyukur Tuhan sedang memperlebar kapasitasku, aku sedang diajariNya bidang pekerjaan yang lain.
2. Bersyukur walaupun pekerjaanku banyak sekali tapi aku bisa delegasikan beberapa di antaranya. Hari-hari belakangan aku sedang belajar memilih mana yang harus kutangani sendiri, mana yang bisa aku disposisikan.
3. Bersyukur aku dan temanku makan siang free karena ternyata yang jual teman mamanya temanku. Dia bersikeras gak mau dibayar. Aku berdoa supaya usaha tante itu lancar walaupun di masa Covid-19.
4. Bersyukur hari ini di ruangan banyak banget yang blessing kami dengan makanan, pagi dan siang ada gorengan terus, puji Tuhan.
5. Bersyukur sepupuku mengabari kalau dia mau datang dari Pontianak minggu depan mau open jastip bawa hekeng babi. Yay. Bersyukur waktu aku tawarkan, ada beberapa teman yang mau juga.
6. Bersyukur aku bisa menyemangati teman lamaku yang curhat.

Palangka Raya, 2 Juli 2020
-Mega Menulis-

1 Samuel 1






1 Samuel 1

Scripture
1 Samuel 1:15 (TB)  Tetapi Hana menjawab: "Bukan, tuanku, aku seorang perempuan yang sangat bersusah hati; anggur ataupun minuman yang memabukkan tidak kuminum, melainkan aku mencurahkan isi hatiku di hadapan TUHAN. 

Observation
Saat bersusah hati, Hana mencurahkan isi hatinya kepada Tuhan karena dia menyadari kalau hanya Tuhan yang memahami kepedihannya. Bahkan suaminya pun tidak memahaminya. Selama ini, saat aku bersusah hati, siapakah yang aku cari? Tuhan dulu? Atau orang lain? Jangan heran kalau orang lain gak bisa memahami kesedihanku, karena memang blue printnya Tuhan, setiap yang aku alami membuatku lebih dekat sama Tuhan. Dia penciptaku, siapa lagi yang lebih mengerti aku selain Dia? 

Aplication
Saat sedih, aku mau cari Tuhan dulu. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk ingat bahwa hanya Tuhan yang sungguh mengerti aku. Jangan biarkan aku mencari penghiburan di luar Engkau. Amin.
Gratitude Journal 
1 Juli 2020 

1. Bersyukur bangun pagi dan buat gulai ayam kesukaan suami.
2. Bersyukur paket yang aku pesan sudah sampai, barangnya lumayan oke.
3. Bersyukur ada yang mau pesan bareng buku anak yang mau aku order.
4. Bersyukur bisa makan siang Bakmi Godok dan Kupat Tahu yang enak banget.
5. Bersyukur punya suami yang rasional banget, saat ada masalah cepat memikirkan solusinya.
6. Bersyukur hari ini sempat nonton Inspire di grup LIKE karena bocah-bocah tidur cepat.
7. Bersyukur hari ini gaji masuk dan langsung kepotong untuk bayar kredit rumah.

Palangka Raya, 1 Juli 2020
-Mega Menuli-

Amsal 30

Amsal 30

Scripture
Amsal 30:15 (TB)  Si lintah mempunyai dua anak perempuan: "Untukku!" dan "Untukku!" Ada tiga hal yang tak akan kenyang, ada empat hal yang tak pernah berkata: "Cukup!" 

Observation & Aplication 
Aku harus belajar berkata cukup pada semua keinginanku. Buat ulang daftar kebutuhan dan keinginan sesuai skala prioritas. Jangan sampai aku gak punya batasan dan gak tahu kapan harus berkata cukup. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk sungguh-sungguh berhikmat dalam menentukan mana kebutuhan dan keinginan. Amin.
Gratitude Journal 
30 Juni 2020 

1. Bersyukur bisa makan siang bubur Manado sama temanku. Yummy banget.
2. Bersyukur bisa belanja ayam frozen untuk buat gulai kesukaan suami besok. Bersyukur pulang kantor bisa beli nasi Padang kesukaan suami. 
3. Bersyukur pagi ini bangun pagi banget dan bisa quality time sama suami. 
4. Bersyukur bisa jalan sore bareng keluarga sekalian beli bensin. 
5. Bersyukur dapat penjual olshop yang baik banget, mau carikan ekspedisi untuk paketku yang nyampe 8 kg beratnya.

Palangka Raya, 30 Juni 2020
-Mega Menulis-

Amsal 29

Amsal 29

Scripture
Amsal 29:17 (TB)  Didiklah anakmu, maka ia akan memberikan ketenteraman kepadamu, dan mendatangkan sukacita kepadamu. 

Observation
Mendidik anak itu sulit kalau ortunya gak mau dididik, cuma bisa ngomong supaya anak begini begitu tapi eh dia sendiri gak melakukan. Anak secara alami tertarik dengan apa yang dilihatnya dan menirunya lebih hebat. Jadi kalau ada anak yang suka banget main HP dan menonton TV, gampang aja menebak pemandangan apa yang dilihatnya setiap hari. Tentunya bukan melihat orang dewasa yang membaca buku, bercocok tanam, berolah raga atau memasak. In your dream lah Meg kalau orang dewasa di sekeliling anak suka main HP trus anaknya suka menari. Jadi kalau aku mengeluh kenapa anak susah dipisahkan dari HP, bercerminlah! 🀣. Gak adil lah ya, nyuruh anak berhenti main HP kalau dia melihat emak bapaknya pegang HP melulu. Anak lebih pintar meniru dibandingkan mendengar. Sering aku dipelototi Pa Sara gara-gara nyuruh Sara stop main HP sementara aku pegang HP πŸ˜… Ini gendeng to emaknya. Sok-sokan mau mengajari, mendidik, mendisiplin anak. Diri sendiri gimana? πŸ™„ Makanya mendidik anak tu susah kalau orang tuanya gak mau dididik πŸ˜„

Aplication
Aku teringat kutipan 'raising our children is raising ourselves'. Fokus mendidik diri sendiri punya kebiasaan baik dan anak-anak juga akan mengikuti. 

Prayer
Tuhan, tolong aku dan suamiku supaya memulai kebiasaan baik dan hidup dengan kebiasaan baik itu supaya anak-anak kami mendapat keteladanan yang mereka perlukan. Amin.
Gratitude Journal 
29 Juni 2020 

1. Bersyukur bisa ke rumah Mamah dan makan kue oleh-oleh dari sepupu yang baru datang dari Yogyakarta.
2. Bersyukur hari ini bisa beli kue murah karena ada promo.
3. Bersyukur bisa blessing istri temanku yang sedang hamil dan anak temanku yang seumuran Sofi. 
4. Bersyukur walaupun banyak pekerjaan hari ini tapi semua bisa selesai. 
5. Bersyukur pas pulang kantor melihat bocah-bocah, capek jadi hilang.

Palangka Raya, 29 Juni 2020
-Mega Menulis-

Amsal 28

Amsal 28

Scripture
Amsal 28:27 (TB)  Siapa memberi kepada orang miskin tak akan berkekurangan, tetapi orang yang menutup matanya akan sangat dikutuki. 

Observation & Aplication 
Terkadang takut memberi karena akan mengurangi apa yang ada pada kita. Tapi firman Tuhan hari ini seperti mengingatkan kalau berbuat baik kepada orang lain sama dengan berbuat baik kepada diri sendiri. Memberi membuat kita berkecukupan bahkan berkelimpahan dalam berbagai kebaikan. 

Awal-awal Covid aku berhemat luar biasa, tapi akhir-akhir ini aku sesekali membeli makanan di luar karena ini juga wujud berbagi berkat. Para pedagang kesulitan bila tidak ada pembeli, jadi membeli kebutuhan harian kepada mereka juga merupakan cara untuk menolong mereka. Aku berusaja mempromosikan jualan beberapa orang yang kukenal juga. 

Prayer
Tuhan, aku tahu terkadang aku takut kekurangan padahal Tuhan gak pernah membiarkanku. Ajari aku bermurah hati sama seperti Tuhan telah bermurah hati lebih dahulu. Amin.
Gratitude Journal 
28 Juni 2020 

1. Bersyukur bisa kumpul bareng keluarga setiap hari Minggu.
2. Bersyukur bisa ibadah perjamuan kudus di rumah.
3. Bersyukur bisa tidur siang lumayan lama. 
4. Bersyukur bisa belanja sore di beberapa tempat dan anak-anak patuh sama protokol Covid-19. 

Palangka Raya, 28 Juni 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 55

Mazmur 55:1-11 Scripture Mazmur 55:1 (TB)  Untuk pemimpin biduan. Dengan permainan kecapi. Nyanyian pengajaran Daud. (55-2) Berilah telinga,...