.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Wednesday, July 22, 2020

Hakim-Hakim 4

Hakim-hakim 4:1-24

Scripture
Hakim-hakim 4:4 (TB)  Pada waktu itu Debora, seorang nabiah, isteri Lapidot, memerintah sebagai hakim atas orang Israel. 

Observation
Alkitab menyaksikan bahwa Debora tidak hanya seorang nabiah, istri Lapidot dan juga hakim. Tiga peran yang luar biasa di masa itu dan dia dikenal dalam 3 perannya itu. Orang-orang tahu kalau dia pembawa pesan dari Allah, seorang isteri dari Lapidot (belum searching sih, tapi nampaknya Lapidot juga dikenal orang-orang) sekaligus hakim yang memutuskan perkara orang Israel-sebuah jabatan yang penting dalam masyarakat saat itu. Tentu saja gak mudah menjalankan ketiganya kalau Debora gak bisa membagi waktunya dengan baik, menjadi bijak dan memberikan hatinya pada setiap perannya. Tidak mungkin Debora dikenal sebagai nabiah kalau dia tidak peka dengan suara Tuhan, atau dipilih sebagai hakim kalau dia tidak bijak, atau dia menjadi istri jika dia tidak berkomitmen oada suaminya. 

Sebagai apa aku dikenal? Aku istri suamiku, mama dari Sara-Sofia, pegawai di sebuah lembaga. Sudahkah aku menjalankan peranku dengan baik? Belum. Aku terkadang kehabisan energi dan gak bisa melakukan peranku dengan baik. Beberapa minggu ini di kantor hectic banget dan jadi sering lembur, kadang merasa bersalah karena pulang kantor sudah tepar dan gak maksimal sebagai istri dan mama. Aku harus belajar mendelegasikan pekerjaan di kantor dan gak mengabaikan suami dan anak-anak yang juga butuh perhatianku. 

Aplication
- Bijak dengan waktu dan sumber daya Meg. Delegasikan pekerjaan yang perlu didelegasikan. 
- Jujur kalau overload dan cari pertolongan. Jaga kesehatan jasmani rohani supaya tetap bisa menjalankan setiap peran dengan baik. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk maksimal dalam setiap peranku supaya nama Tuhan dimuliakan dalam setiap panggilanku. Amin.
Gratitude Journal 
17 Juli 2020 

1. Bersyukur bisa menyelesaikan pekerjaan yang deadline walaupun lembur sampai jam 11 malam. 
2. Bersyukur punya rekan kerja yang bertanggung jawab dan gak ngeluh karena harus lembur.
3. Bersyukur tetap sempat makan walaupun lembur.
4. Bersyukur bisa pesan makanan pakai Go Food.
5. Bersyukur pas pulang ke rumah malam-malam, suami belum tidur, jadi bisa ngobrol.

Palangka Raya, 17 Juli 2020
-Mega Menulis-

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir, silakan tinggalkan komentar ya.

30 Hal yang Orang Lain Tidak Ketahui tentang Saya

Tulisan ini dibuat dalam rangka memenuhi tantangan 30 hari menulis dari LIKE (Komunitas di FB yang saya ikuti). Tapi sayang sekali saya gaga...