.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Wednesday, August 12, 2020

Mazmur 55

Mazmur 55:1-11

Scripture
Mazmur 55:1 (TB)  Untuk pemimpin biduan. Dengan permainan kecapi. Nyanyian pengajaran Daud. (55-2) Berilah telinga, ya Allah, kepada doaku, janganlah bersembunyi terhadap permohonanku! 

Observation
Tuhan selalu mendengar permohonan anak-anakNya, tapi Dia juga hanya memberikan yang terbaik. Saat Tuhan  menjawab permohonanku dengan jawaban 'tidak',bukan berarti Dia tidak mendengar. 

Aplication
Aku mau terus mempercayai Tuhan bahkan saat Dia terlihat diam. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk tetap melakukan yang terbaik sekalipun belum menerima jawaban atas doa-doaku. Amin.
Gratitude Journal
11 Agustus 2020

1. Bersyukur hari ini datang paket-paketku hasil belanja di Shopee tanggal 8 kemarin.
2. Bersyukur malam bisa jalan bareng keluarga.
3. Bersyukur siang bisa blessing teman-teman seruangan.
4. Bersyukur LM pesanan suamiku datang. Yay!
5. Bersyukur telaahan staf yang aku buat selesai.
6. Bersyukur ada surat dari pusat tentang realokasi anggaran.

Palangka Raya, 11 Agustus 2020
-Mega Menulis-

Tuesday, August 11, 2020

Mazmur 46

Mazmur 46:1-10

Scripture
Mazmur 46:1 (TB)  Untuk pemimpin biduan. Dari bani Korah. Dengan lagu: Alamot. Nyanyian. (46-2) Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti. 

Observation
Yes. Amin. Allah tempat perlindungan dan kekuatan, hanya Dia lah penolongku. Setiap saat aku bisa mengandalkan Tuhan. Dia adalah Allahku yang dapat kupercaya. Aku gak perlu kuatir. 

Aplication
Aku gak kuatir karena aku tahu kepada siapa aku percaya. 

Prayer
Tuhan, terima kasih karena tak pernah terlambat pertolonganMu. Kubersyukur Bapa. Amin.
Gratitude Journal
10 Agustus 2020

1. Bersyukur gaji 13 keluar hari ini dan bisa aku belikan LM.
2. Bersyukur bisa blessing mertua.
3. Bersyukur siang bisa makan bareng temanku Fani.
4. Bersyukur ada tante dan sepupuku datang, kami makan malam pizza bareng. Aku dikasih bakso babi. 
5. Bersyukur bisa dapat masker yang aku incar dengan harga bersahabat.

Palangka Raya, 10 Agustus 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 37

Mazmur 37

Scripture
Mazmur 37:7 (TB)  Berdiam dirilah di hadapan TUHAN dan nantikanlah Dia; jangan marah karena orang yang berhasil dalam hidupnya, karena orang yang melakukan tipu daya. 

Mazmur 37:7 (FAYH)  Berdiam dirilah di hadapan TUHAN dan bersabarlah menantikan Dia! Jangan iri hati terhadap orang-orang jahat yang hidup makmur!

Observation
Memang kesal banget rasanya melihat orang yang jahat kok hidupnya enak banget. Tapi Tuhan melarangku untuk iri. Kenapa? Kalau aku iri, aku jatuh dalam dosa juga nantinya. Lah iri aja dah dosa, apalagi kalau sampai karena iri lalu aku ikut-ikutan berbuat jahat seperti mereka 😅 

Tuhan ingin aku berdiam di hadapan Tuhan dan menantikan Dia. Ngapain? Supaya aku mendengarkan Tuhan dan membiarkan Dia bertindak. Bukan aku yang bicara tapi Tuhan yang bicara. Bukan aku yang bertindak tapi Tuhan yang akan bertindak. 

Aplication
Saat aku iri pada orang lain, aku perlu berdiam dan menantikan Tuhan bertindak. 

Prayer
Tuhan, ajari aku untuk duduk diam di kaki Tuhan saja dan gak membiarkan rasa iriku membawa pada kejahatan. Amin.
Gratitude Journal
9 Agustus 2020

1. Bersyukur paket pesanan suami datang hari ini.
2. Bersyukur ada pesanan kripik 25 bungkus.
3. Bersyukur dapat blessing lombok 1 kg dan sayur dari tanteku.
4. Bersyukur malam bisa jalan bareng keluarga dan makan ayam geprek kesukaan kami.
5. Bersyukur dapat blessing kue dari mamaku.

Palangka Raya, 9 Agustus 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 23

Mazmur 23

Scripture
Mazmur 23:6 (TB)  Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa. 

Observation
Luar biasa iman Daud ini. Dia meyakini seumur hidupnya mengalami kebajikan dan kemurahan Tuhan. Aku perlu belajat dari Daud untuk memiliki iman seperti Daud. Hidup Daud bukannya mudah dan mulus lalu berkata demikian. Daud seperti manusia lain yang punya masalah, dikejar-kejar Saul, anak-anaknya mati dan saling bunuh, anak dan anak buahnya berkhianat, dll. Tapi dalam segala yang dialaminya dia tetap melihat kebaikan Tuhan. Dia meyakini akan terus merasakan kebaikan dan kemurahan Tuhan. 

Aplication
Aku juga mau mengimani kebaikan dan kemurahan Tuhan seumur hidupku. Apapun yang kualami, aku percaya Tuhan besertaku. 

Prayer
Tuhan, terima kasih karena aku boleh mengalami kebaikan Tuhan setiap hari. Mampukan aku untuk tetap bisa melihat penyertaan Tuhan di tengah badai hidup. Amin.
Gratitude Journal
8 Agustus 2020

1. Bersyukur bisa menginap di tempat mamaku.
2. Bersyukur bisa belanja dengan potongan ongkir yang lumayan banget hari ini.
3. Bersyukur hubungan sama suami sudah mulai cair. Kemaren sempat cuek-cuekan. 
4. Bersyukur mama nyoba sambal teriku dan bilang enak. Yay. Jadi semangat jual lagi 🤣
5. Bersyukur di tempat mamaku banyak kue ulang tahun adekku. Geli juga sih. Adekku tu gak terlalu suka makanan manis, tapi kalau dah ultah pada ngasih kue ultah sama dia, alhasil keponakan-keponakannya yang ngabisin 🤭
6. Bersyukur adekku suka hadiah ultah yang dibelikan suamiku. Senang karena bisa memberikan barang yang dibutuhkannya.
7. Bersyukur bisa mengingatkan teman-teman yang belum mengisi aplikasi SIMPEGNEW.

Palangka Raya, 8 Agustus 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 4

Mazmur 4:1-8

Scripture
Mazmur 4:4 (TB)  (4-5) Biarlah kamu marah, tetapi jangan berbuat dosa; berkata-katalah dalam hatimu di tempat tidurmu, tetapi tetaplah diam. Sela 

Observation
Yang jangan dilakukan sewaktu marah menurut ayat ini adalah :
BERBUAT DOSA. Bahkan dengan jelas dikatakan untuk berkata-kata dalam hati di tempat tidur dan tetap diam. Tuhan tahu betapa susahnya mulut untuk tidak berbuat dosa saat marah. Mulut gatal mengeluarkan perkataan kotor yang ada di pikiran kepada orang yang membuat kita marah. Untuk apa? Mengungkapkan kemarahan kita, membalas perkataan kotor, berkata jelek ke orang lain, dll. 

Ayat ini mengajak untuk berbicara dalam hati saat marah, lah... Kalau bicara dalam hati, siapa yang dengar?
1. Tuhan
Tuhan mau kita mengungkapkan semua kemarahan kita supaya digantinya dengan ketenangan dan Dia bisa mengajar kita. Tuhan pendengar yang baik. 
2. Diri sendiri
Beberapa kali aku dapati, waktu aku berkata-kata dalam hati saat marah, aku bisa berefleksi lebih banyak. Bisa sedikit lebih memahami orang lain dan tahu apa yang seharusnya aku lakukan.

Aplication
Perbanyak bicara dalam hati saat marah ketimbang bicara ke orang lain.

Prayer
Tuhan, tolong aku mengendalikan diriku saat marah dan ga banyak bicara ke orang lain tapi bicara dalam hati saja. Amin.
Gratitude Journal
7 Agustus 2020

1. Bersyukur bisa makan di KFC pakai voucher.
2. Bersyukur bisa main ke rumah sepupuku dan Sara Sofia senang sekali ketemu sepupunya.
3. Bersyukur bisa blessing teman kerjaku.
4. Bersyukur sambal teri buatanku laku lagi.
5. Bersyukur istirahat siang bisa pulang dan nyuapin anak-anak.
6. Bersyukur buat tangkapan di Berantas, 1/2 kilogram bo. 
7. Bersyukur gak jadi tes inpassing perencana karena persiapan memang belum matang.
8. Bersyukur walaupun kesal dengan suami tapi aku bisa menahan diri dan diam.

Palangka Raya, 7 Agustus 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 3

Mazmur 3:1-8

Scripture
Mazmur 3:3 (TB)  (3-4) Tetapi Engkau, TUHAN, adalah perisai yang melindungi aku, Engkaulah kemuliaanku dan yang mengangkat kepalaku. 

Observation
Tuhan adalah perisai yang melindungiku. Dia lah yang memampukanku mengangkat kepalaku. Amin. Benar banget. Sewaktu dimarahi bos di depan umum, aku rasanya malu banget. Mau menunduk aja rasanya dan menangis,saking jengkelnya. Tapi aku diingatkan bagaimana Kristus menderita dan dipermalukan untuk menebus dosa manusia, aku dipermalukan karena kebodohan manusia, lah ngapain malu? Pelan-pelan aku mendapat kekuatan untuk mengangkat kepalaku 😊 Gak ada yang bisa merendahkanku kecuali aku mengizinkannya, aku tahu diriku di mata Kristus, betapa Kristus mengasihiku dan rela mati bagiku. Lalu ngapain aku merasa gak berharga? Perkataan manusia kalah sama tindakanNya yang mati buatku? Bah! Tidak mungkin! Gak akan aku biarkan. Apalagi perkataan seseorang yang gak benar. Kalau itu pun bisa mempengaruhiku sedemikian rupa, repot sekali hidupku 🤣Puji Tuhan, aku kembali bersukacita.

Aplication
Aku harus terus menyimpan firman Tuhan dan hidup di dalamnya, jadi bukan dunia yang mempengaruhiku. Aku dimampukan tenang saat diperlakukan tidak adil karena tahu siapa diriku di mata Kristus.

Prayer
Tuhan, terima kasih karena sudah mengasihiku sedemikian rupa dan menunjukkan kasihMu. Itu memampukanku menghadapi apapun. Terima kasih Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
6 Agustus 2020

1. Bersyukur cuma perlu masak nasi hari ini, lauk sudah ada. 
2. Bersyukur dapat blessing voucher KFC dan gulai kambing dari temanku.
3. Bersyukur bisa beli reksadana.
4. Bersyukur bisa belanja bareng sekeluarga ke Indomaret terdekat. Bersyukur ada diskon barang-barang yang kami perlukan.

Palangka Raya, 6 Agustus 2020
-Mega Menulis-

Thursday, August 6, 2020

Yeremia 31

Yeremia 31:21-28

Scripture
Yeremia 31:25 (TB)  Sebab Aku akan membuat segar orang yang lelah, dan setiap orang yang merana akan Kubuat puas." 

Observation
Lelah jiwa raga kemarin gara-gara dimarahin dan dimaki-maki bos di depan umum. Malu banget bo. Habis itu mikir, ini aku gak salah apa-apa kok diginiin banget ya. Lalu teringat Yesus yang harus menderita dan mati menanggung kesalahan manusia. Ish....berasa bangat yang aku alami ga ada apa-apanya. 

Bangun pagi dan ada kekuatan baru, sepertinya masalah kemarin terlupakan. Ajaibnya Tuhan memberikan waktu tidur, begitu bangun selalu ada kesegaran baru. Pikiran tenang, bersemangat mau baca Alkitab, ingin beraktivitas macam-macam. Sepertinya Tuhan selalu pulihkan aku di dalam tidurku.

Aplication
Percaya saat datang sama Tuhan, Tuhan berikan kesegaran. Dia sungguh baik. Dia tahu apa yang kuperlukan. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk melepaskan amarah dan dendam. Semua diganti dengan ketenangan dan sukacita dari Tuhan. Aku menerima pemulihan dari Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
5 Agustus 2020

1. Bersyukur hari ini Ruri adekku bertambah umurnya. Puji Tuhan, buat berkat Tuhan buat Ruri setahun ini luar biasa.
2. Bersyukur hari ini bisa rapat khusus bagian kami dan mengevaluasi banyak hal.
3. Bersyukur walaupun hujan deras sore harinya, tapi sempat reda lumayan. Jadi kami sekeluarga bisa ke tempat mamah dan merayakan ultah Ruri tanpa kehujanan.
4. Bersyukur hari pertama jualan sambal teri laku semua. Hepi banget deh. Tuhan sungguh baik kasih. 
5. Bersyukur suamiku kasih ide hadiah ultah yang luar biasa untuk adekku Ruri.
6. Bersyukur Sara mau direkam menyanyikan lagu Happy Birthday buat Ontinya.
7. Bersyukur malam pas hujan dapat tumpangan untuk pulang jadi gak kehujanan.
8. Bersyukur dapat blessing dari ulang tahun Ruri, makanan masakan mama segaban.
9. Bersyukur bocah-bocah puas makan cake ultah Ontinya.
10. Bersyukur bisa bayar kredit rumah di Kasongan. 
11. Bersyukur buat Tuhan mengimbangi dukacita dengan sukacita. Luar biasa betapa baiknya Dia, sehari sebelumnya aku sedih, hari ini limpahan sukacita aku rasakan.

Palangka Raya, 5 Agustus 2020
-Mega Menulis-

Wednesday, August 5, 2020

Yeremia 6

Yeremia 6

Scripture
Yeremia 6:16 (TB)  Beginilah firman TUHAN: "Ambillah tempatmu di jalan-jalan dan lihatlah, tanyakanlah jalan-jalan yang dahulu kala, di manakah jalan yang baik, tempuhlah itu, dengan demikian jiwamu mendapat ketenangan. Tetapi mereka berkata: Kami tidak mau menempuhnya! 

Observation
Seringkali manusia ini aneh. Sudah tahu apa yang akan menenangkan dirinya, tapi malah melakukan sebaliknya. Tahu yang baik, tapi gak mau melakukannya. Ini Tuhan sudah berfirman. Eh masih saja memilih melakukan yang berbeda. Kenapa? Aku memikirkan alasannya dan terpikirkan ini:
1. gak mengenali dirinya
Sudah tahu kalau dekat dengan orang yang toxic bakalan ngerusak mood eh masih saja dilakukan. 
2. hanya ingin memuaskan dirinya sendiri
Sudah tahu kalau supaya jadi orang yang tenang dan bisa mengontrol emosi gak boleh kurang tidur eh masih ngotot aja begadang. 
3. punya jiwa pemberontak
Saat dinasehati yang baik, dalam hati sudah negatif dan memutuskan gak mau mencoba. Ish. 

Aplication
Punya hati yang lembut dan mau dibentuk. Dengarkan nasehat Meg. Lakukan yang baik. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya hatiku lembut dan mau mau menerima nasehat. Aku tahu terkadang hatiku keras dan gak mau mendengar. Tolong aku Tuhan, hancurkan hatik,supaya Tuhan bisa bentuk seperti yang Tuhan mau. Amin.
Gratitude Journal
4 Agustus 2020

1. Bersyukur kegiatan rapat di kantor berjalan lancar.
2. Bersyukur walaupun dimarahi bos di depan umum, aku tetap tenang.
3. Bersyukur bisa kredit LM.
4. Bersyukur bisa makan malam bareng sepupu dan tanteku dan ngobrol bareng mereka.
5. Bersyukur punya suami yang telaten banget sama anak-anak.
6. Bersyukur ada penawaran kelas online untuk anak-anak dan harganya bersahabat.
7. Bersyukur dapat blessing ikan lais dari sepupuku. 

Palangka Raya, 4 Agustus 2020
-Mega Menulis-

Markus 6

Markus 6:30-32

Scripture
Markus 6:31 (TB)  Lalu Ia berkata kepada mereka: "Marilah ke tempat yang sunyi, supaya kita sendirian, dan beristirahatlah seketika!" Sebab memang begitu banyaknya orang yang datang dan yang pergi, sehingga makan pun mereka tidak sempat. 

Observation
Tuhan Yesus tahu kalau Dia dan murid-muridNya butuh istirahat setelah melayani banyak orang. Tubuh mereka butuh kesunyian untuk dapat beristirahat. 

Aku diingatkan untuk mengenali kebutuhan tubuhku dan peka terhadap kebutuhan tersebut. Jangan sampai aku overload. Setiap hari aku memerlukan waktu sendiri untuk ngecharge diriku. Baca firman Tuhan tanpa interupsi dari siapapun. Mengisi diriku dengan kekuatan dari Tuhan. Kalau gak sempat saat teduh pas pagi jadi gampang capek rasanya seharian. Akhir-akhir ini setelah saat teduh, kami sekeluarga jalan pagi dan terasa segar setelahnya. Rupanya tubuhku butuh berjalan dan menikmati udara segar (tanpa pakai masker). Sekarang jadi senang berburu spot yang sepi di luaran untuk menghirup udara segar. 

Aplication
Aku harus mengenali diriku sendiri dan apa kebutuhannya supaya maksimal dalam keseharian. 

Prayer
Tuhan tolong aku untuk memperhatikan bait Allah tempat Tuhan tinggal diam saat ini. Jangan biarkan aku mengabaikan kesehatan dan apa yang diperlukannya. Amin.
Gratitude Journal
3 Agustus

1. Bersyukur bangun pagi dan bisa jalan bareng sekeluarga walaupun ada sedikit drama.
2. Bersyukur ada penyemprotan desinfektan gratis di kantor dari BPBD. 
3. Bersyukur kripik singkong yang aku bawa ke kantor laku.
4. Bersyukur sepupuku dan tanteku datang dari Sampit dan kami ketemuan. Senang bisa mengobrol bareng.
5. Bersyukur dapat blessing bakso babi dari sepupuku.

Palangka Raya, 3 Agustus 2020
-Mega Menulis-

Matius 8

Matius 8:23-27

Scripture
Matius 8:26 (TB)  Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya?" Lalu bangunlah Yesus menghardik angin dan danau itu, maka danau itu menjadi teduh sekali. 

Observation
Baru saja dapat kabar kalau hasil swab tesku negatif. Lega sesaat sampai temanku bilang kemungkinan akan ada swab kedua untuk lebih memastikan hasil. Duh. 

Tapi pas baca ayat ini aku diingatkan kalau aku gak butuh lautan tenang tanpa angin ribut saat berlayar, aku hanya butuh Tuhan. Gak peduli bagaimana keadaan laut yang kuarungi, asal Yesus besertaku, aku percaya apapun yang terjadi sanggup kuhadapi. Kristus cukup bagiku. 

Aplication
Aku mau tenang dalam naungan Kristus, sekalipun ada badai. 

Prayer
Tuhan, aku mau percaya, apapun yang terjadi, Tuhan selalu pegang tanganku bersamaku. Itu cukup bagiku. Amin. 
Gratitude Journal
2 Agustus

1. Bersyukur terbangun subuh dan chat sama temanku yang kasih informasi kalau kami sekantoran hasil swabnya negatif.
2. Bersyukur ada singkong yang sudah  kurebus, jadi tinggal digoreng untuk sarapan.Bersyukur bisa makan siang dengan lauk ikan.
3. Bersyukur paket mainan temanku sudah datang dan bisa aku kurirkan.
4. Bersyukur bisa istirahat siang cukup lama. Segar banget rasanya habis tidur siang.

Palangka Raya, 2 Agustus 2020
-Mega Menulis-

Sunday, August 2, 2020

Matius 11

Matius 11:25-30

Scripture
Matius 11:28 (TB)  Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

Observation
Firman Tuhan ini sungguh ya dan amin. Gak pernah gagal. Berkali-kali saat aku letih lesu dan berbeban berat, aku datang ke Tuhan, ada kelegaan yang Tuhan berikan. Berasa ada kekuatan baru. Ternyata aku gak menanggung ini semua sendiri. Perasaan bisa naik turun, tapi firmanNya pasti. Kalau saat letih lesu aja datang ke Tuhan maka aku menerima kelegaan. Gimana kalau aku datang ke Tuhan setiap saat? Bukan cuma kelegaan yang kudapat, tapi keintiman. 

Hari ini separuh isi kantor tes swab karena teman seruanganku ada yang positif. Aku juga. Secara manusia, aku takut kalau hasilnya positif. Tapi aku berserah. Mau datang sama Tuhan dan terima kelegaan dari Tuhan aja. Apapun hasilnya, aku mau memuliakan Tuhan. 

Aplication
Setiap hari aku mau datang sama Tuhan dan jadikan ini morning routineku. 

Prayer
Tuhan, aku mau datang sama Tuhan setiap hari dan menerima kelegaan yang dari Tuhan. Amin
Gratitude Journal
1 Agustus 2020

1. Bersyukur tiap tanggal 1 otomatis rekening terpotong kreditan rumah.
2. Bersyukur bisa bangun pagi dan menikmati pemandangan bersama keluarga.
3. Bersyukur sore lagi-lagi bisa jalan ke tempat yang sepi. Melepas masker dan menghirup udara segar tanpa kuatir.
4. Bersyukur hari ini dapat transferan lagi.
5. Bersyukur bisa blessing mertua.
6. Bersyukur bisa masak daun singkong tumbuk kesukaan keluarga.
7. Bersyukur bisa tes swab dan dapat pengalaman luar biasa. Bersyukur tesnya gratis. 
8. Bersyukur bisa tertawa bareng teman-teman kantor walaupun harus tes swab.

Palangka Raya, 1 Agustus 2020
-Mega Menulis-

Lukas 2

Lukas 2:26-38

Scripture
Lukas 2:37 (TB)  dan sekarang ia janda dan berumur delapan puluh empat tahun. Ia tidak pernah meninggalkan Bait Allah dan siang malam beribadah dengan berpuasa dan berdoa.

Observation & Aplication 
Hana mengabdikan dirinya dan tinggal di Bait Allah untuk beribadah, bahkan dalam usia setua itu. Reminder untukku terus tinggal di dalam Tuhan setiap saat. Hana beribadah dengan berpuasa dan berdoa, bagaimana aku beribadah kepada Tuhan? Dengan melakukan firman Tuhan. 

Prayer
Tuhan tolong aku untuk melakukan firman Tuhan dan tinggal di dalam Tuhan setiap waktu. Amin.
Gratitude Journal
31 Juli 2020

1. Bersyukur bisa ajak bocah main di TK yang kosong, puas main mereka jadi malam tidur cepat.
2. Bersyukur bisa masak babi kecap. Dah lama pengen baru ini sempat masak.
3. Bersyukur ada diskon es krim. Lumayan banget 700 ml cuma 23.500
4. Bersyukur dapat blessing krupuk dan rujak buah dari mamaku.

Palangka Raya, 31 Juli 2020
-Mega Menulis-

Yosua 2

Yosua 2:1-6

Scripture
Yosua 2:1 (TB)  Yosua bin Nun dengan diam-diam melepas dari Sitim dua orang pengintai, katanya: "Pergilah, amat-amatilah negeri itu dan kota Yerikho." Maka pergilah mereka dan sampailah mereka ke rumah seorang perempuan sundal, yang bernama Rahab, lalu tidur di situ. 

Ibrani 11:31 (TB)  Karena iman maka Rahab, perempuan sundal itu, tidak turut binasa bersama-sama dengan orang-orang durhaka, karena ia telah menyambut pengintai-pengintai itu dengan baik.

Observation & Aplication 
Karena iman Rahab tidak turut binasa. Iman Rahab ditunjukkan dengan perbuatannya, dia menolong para pengintai tersebut. Bagaimana dengan imanku? Sudahkah perbuatanku menunjukkan imanku? Apakah orang-orang tahu aku murid Kristus melalui perbuatanku? Bagaimana aku menunjukan imanku? Tunjukkan karakter Kristus dalam keseharianku. Saat kasih nyata dalam hidupku, orang melihat imanku. 

Aplication 
Mengasihi bukan hanya denhan perkataan tapi juga dengan perbuatan Meg! 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya setiap hari hidup dengan iman dan menunjukkan kasih kepada sesama. Amin.
Gratitude Journal
30 Juli 2020

1. Hari ini dengar ada teman seruanganku yang positif. Bersyukur kami seruangan akan difasilitasi untuk  swab gratis Sabtu nanti.
2. Bersyukur walaupun long weekend ini gak menginap di tempat mama tapi bocah-bocah gak terlalu kecewa.
3. Bersyukur setiap pagi bisa jalan kaki bareng sekeluarga.
4. Bersyukur malam bocah tidur cepat dan aku bisa ngedate berdua suami.

Palangka Raya, 30 Juli 2020
-Mega Menulis-

Bilangan 12

Bilangan 12:1-10

Scripture
Bilangan 12:1 (TB)  Miryam serta Harun mengatai Musa berkenaan dengan perempuan Kush yang diambilnya, sebab memang ia telah mengambil seorang perempuan Kush.

Observation
Baca ini berulang kali sebenarnya heran. Kenapa hanya Miryam yang dihukum Tuhan, kok Harun nggak. Tapi akhirnya daripada bingung kenapa begini kenapa begitu, aku fokus pada apa yang Tuhan inginkan aku belajar. Dari kejadian Miryam aku belajar kalau rasa iri akan membawa seseorang ke dalam dosa. 

Aplication
- Gak perlu iri dengan orang lain karena apapun. 
- Ingat, alasan apapun gak dibenarkan dalam melakukan dosa. 

Prayer
Tuhan, ajari aku untuk tenang di dalam Tuhan dan gak banyak melihat orang lain sampai-sampai iri dan berbuat dosa. Amin.
Gratitude Journal
29 Juli 2020

1. Bersyukur hari ini dua kegiatan di kantor berjalan lancar.
2. Bersyukur makanan yang aku pesan disukai orang-orang kantor.
3. Bersyukur pulang bisa bawa kotakan makanan dan kue dari kegiatan hari ini.
4. Bersyukur bisa buat soun goreng kesukaan bocah.
5. Bersyukur ada lagi temanku yang pesan mainan edukasi.
6. Bersyukur pulang ke rumah sore.

Palangka Raya, 29 Juli 2020
-Mega Menulis-

Matius 25

Matius 25:1-13

Scripture
Matius 25:9 (TB)  Tetapi jawab gadis-gadis yang bijaksana itu: Tidak, nanti tidak cukup untuk kami dan untuk kamu. Lebih baik kamu pergi kepada penjual minyak dan beli di situ.

Observation
Sekilas gadis yang bijaksana ini terlihat egois ya, kok berbagi saja gak mau. Tapi aku belajar saat kita punya tujuan  maka kita harus mempersiapkan segalanya dengan baik. Apalagi dalam menyambut kedatangan Yesus kedua kali. Sudahkah aku siap? Persiapan yang baik itu penting. Aku diingatkan untuk mempersiapkan segala sesuatu yang aku kerjakan dengan optimal,gak sekedar menggugurkan kewajiban. 

Aplication
- Sebelum mengerjakan sesuatu aku harus membuat persiapan yang detail. Punya skala prioritas dan bijaksana. 
- Hidup dengan melakukan yang terbaik sehingga saat Yesus datang aku kedapatan melakukan yang terbaik. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya gak menjadi gadis yang bodoh. Aku mau menjadi bijaksana setiap hari. Amin.
Gratitude Journal
28 Juli 2020

1. Bersyukur sejak jalan pagi bareng keluarga, anak-anakku makannya lumayan bagus. Jam istirahat siangnya juga teratur. Mungkin karena energinya sudah tersalurkan
2. Bersyukur dapat kabar kalau lolos tahap awal untuk mengikuti inpassing perencana.
3. Bersyukur walaupun banyak pekerjaan tapi pulang kantor gak terlalu malam.
4. Bersyukur bisa melakukan persiapan buat dua kegiatan besok di kantor.
5. Bersyukur malam bisa main ular tangga sama Sara dan Sofia.
6. Bersyukur bisa mencuci pakaian.

Palangka Raya, 28 Juli 2020
-Mega Menulis-

Saturday, August 1, 2020

2 Samuel 6

2 Samuel 6:12-23

Scripture
2 Samuel 6:20 (TB)  Ketika Daud pulang untuk memberi salam kepada seisi rumahnya, maka keluarlah Mikhal binti Saul mendapatkan Daud, katanya: "Betapa raja orang Israel, yang menelanjangi dirinya pada hari ini di depan mata budak-budak perempuan para hambanya, merasa dirinya terhormat pada hari ini, seperti orang hina dengan tidak malu-malu menelanjangi dirinya!"

Observation&Aplication 
Perkataan Mikhal kepada Daud menurutku menunjukkan beberapa hal:
- Mikhal gak mengenal Daud dengan sungguh sehingga gak memahami kecintaan Daud kepada Tuhan
- Mikhal tidak berhikmat dalam berkata-kata
- Mikhal tidak mengasihi Allah seperti Daud mengasihi Allah. 

Pelajaran buatku supaya mengenali hasrat suamiku dan mendukungnya saat melakukan hal yang benar. Bahkan aku harus berhikmat dalam berkata-kata seandainya dia salah, bisa saja maksudku baik tapi gak tersampaikan karena salah berucap. Cara menyampaikan sesuatu sama pentingnya dengan isi ucapanku. 

Prayer
Tuhan, tolong aku menjadi istri yang bijak dan gak mendukakan Tuhan dan suamiku. Amin.

Palangka Raya, 27 Juli 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 55

Mazmur 55:1-11 Scripture Mazmur 55:1 (TB)  Untuk pemimpin biduan. Dengan permainan kecapi. Nyanyian pengajaran Daud. (55-2) Berilah telinga,...