.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Thursday, September 10, 2020

Mazmur 13

Mazmur 13

Scripture
Mazmur 13:6 (TB)  (13-6b) Aku mau menyanyi untuk TUHAN, karena Ia telah berbuat baik kepadaku. 

Observation
Ya. Tuhan gak berhenti berbuat baik sampai hari ini. Kalau aku renungkan lagi, aku ada dan sehat hari ini pun hanya karena kebaikanNya. Corona juga membuat aku berpikir sebenarnya kematian lebih dekat dari yang selama ini aku bayangkan. Kalau selama ini Tuhan telah berbuat baik, aku gak perlu meragukan  kebaikanNya di masa mendatang.

Aplication
Gratitude Journal benar-benar menolongku mengingat kebaikan yang sudah Tuhan perbuat. Aku mau terus mengingat kebaikanNya.

Prayer
Tuhan, betapa baiknya Engkau. Gak terhitung kebaikanMu bahkan waktu aku mencoba menghitungnya. Aku mau bersyukur setiap waktu ya Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
8 September 2020

1. Bersyukur bisa jalan pagi bareng sekeluarga.
2. Bersyukur sudah beberapa hari rutin lagi membaca Alkitab sebelum tidur untuk anak-anak.
3. Bersyukur bisa belajar di pelatihan online yang aku ikuti dan bertemu orang-orang yang mau belajar. 
4. Bersyukur kegiatan tes urine bakal calon gubernur dan wakil gubernur hari ini lancar.
5. Bersyukur siang dapat makan di kantor, jadi gak perlu keluar kantor.
6. Bersyukur hari ini jualan kami laku lagi.

Palangka Raya, 8 September 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 27

Mazmur 27

Scripture
Mazmur 27:13 (TB)  Sesungguhnya, aku percaya akan melihat kebaikan TUHAN di negeri orang-orang yang hidup! 

Observation & Aplication 
Sejak beberapa orang yang aku kenal kena Corona, bahkan ada keluarga yang kena lalu muncul ketakutan. Gimana kalau aku atau suamiku atau anakku yang kena. Apalagi dengar cerita teman yang kenalannya dari ketahuan Corona sampai meninggal hanya berselang 4 hari. Jadi agak parno, badan gak enakan, pegel, agak batuk langsung curiga jangan-jangan Corona. Duh. Sempat membayangkan yang gak baik.

Ayat hari ini menguatkanku kalau aku akan melihat kebaikan Tuhan. Bukan berarti aku yakin aku dan anggota keluarga gak akan kena. Tapi aku percaya, apapun yang terjadi, aku akan dimampukan untuk tetap melihat kebaikanNya. Bagaimana melihat kebaikan Tuhan kalau kena? Aku meyakini tetap ada kesembuhan, harapan, penyertaan Tuhan, kasihNya.

Prayer 
Tuhan, aku percaya akan melihat kebaikan TUHAN hari ini. Amin.
Gratitude Journal
7 September 2020

1. Bersyukur pagi-pagi bisa sama-sama suami menyiapkan jualan kami.
2. Bersyukur ada yang membeli jualan B2 kami. 
3. Bersyukur hari ini ikut pelatihan dan menyadari kalau aku masih harus belajar banyak. Bersyukur untuk kesempatan belajar gratis.
4. Bersyukur suami bisa handle pengantaran pesanan. 
5. Bersyukur ada mina yang bantuin jagain Sara dan Sofia.
6. Bersyukur rapat penyusunan kemajuan hari ini berjalan lancar walaupun aku gak bisa ikut karena pelatihan online.

Palangka Raya, 7 September 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 9

Mazmur 9

Scripture
Mazmur 9:2  Aku mau bersyukur kepada TUHAN dengan segenap hatiku, aku mau menceritakan segala perbuatan-Mu yang ajaib; 

Observation
Hari ini aku dan suami sama-sama teringat sebuah keluarga lalu sepakat blessing mereka dengan sembako. Memberi dan berbagi adalah salah satu cara  bersyukur atas pemeliharaan Tuhan dalam hidup kami. Cara kami mengingat bahwa Tuhan telah demikian baik memperhatikan segala keperluan kami sehingga kami juga belajar peka terhadap kebutuhan orang lain. 

Aplication 
Kami mau berterima kasih kepada Tuhan dengan memberi pada mereka yang tidak bisa membalasnya. 

Prayer
Tuhan, kami bersyukur karena Tuhan begitu baik dan kami juga mau berbuat baik kepada orang lain. Tolong kami untuk ingat bersyukur dengan berbagi. Amin.
Gratitude Journal
6 September 2020

1. Bersyukur hari ini gak lupa cuci masker. Maskernya harus cuci dengan tangan, jadi sering lupa nyuci karena biasa cuci pakaian pakai mesin cuci, gak bisa dicemplung bareng 😅
2. Bersyukur hari ini bisa blessing sebuah keluarga. 
3. Bersyukur bisa ke rumah Mama dan kumpul bareng keluarga. 
4. Bersyukur siang bisa nitip bocah-bocah ke Mamah, jadi bisa jalan berdua suami.
5. Bersyukur hari ini ada diskon daging giling dan es krim di Hypermart.

Palangka Raya, 6 September 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 55

Mazmur 55

Scripture
Mazmur 55:1 (TB)  Untuk pemimpin biduan. Dengan permainan kecapi. Nyanyian pengajaran Daud. (55-2) Berilah telinga, ya Allah, kepada doaku, janganlah bersembunyi terhadap permohonanku! 

Observation & Aplication 
Tuhan bukan hanya selalu mendengar permohonan anak-anakNya, tapi Dia juga rindu memberikan yang terbaik. Kalau Tuhan seperti gak mendengar dan belum menjawab doa. Dia sedang mempersiapkanku menerima yang terbaik, aku gak boleh berhenti meminta. Doa terus membuat hatiku dalam kondisi berharap. Menanti jawaban Tuhan dan membiarkan Dia menjawab sesuai kasih karuniaNya. 

Prayer
Tuhan, terkadang aku gak meminta karena aku pikir Tuhan tahu yang kumau. Tapi aku mau belajar untuk gak jenuh meminta. Aku percaya Tuhan selalu mendengar. Amin.
Gratitude Journal
5 September 2020

1. Bersyukur bisa beli babi muda di pasar.
2. Bersyukur bisa buat bumbu-bumbu untuk stok.
3. Bersyukur sarapan lontong yang enak banget.
4. Bersyukur ada Mina Anyi yang bantuin bikin bumbu.
5. Bersyukur punya suami yang mau belanja buat kebutuhan rumah.

Palangka Raya, 5 September 2020
-Mega Menulis-

Yesaya 40

Yesaya 40

Scripture 
Yesaya 40:29 (TB)  Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya. 

Observation & Aplication 
Saat seseorang gak bisa melakukan sesuatu dan sudah gak berdaya, diperlukan semangat untuk menjalani yang sedang terjadi. Karena perasaan tidak bisa melakukan sesuatu membuat orang menjadi down dan semakin terpuruk. Puji Tuhan, karena Dia Allah yang gak berhenti menyemangati saat aku merasa gak berdaya. Aku meyakini saat aku merasa gak bisa melakukan apa-apa, Tuhan memampukanku untuk menanggung yang harus kutanggung. 

Penyerapan anggaran di sub bagian kami tidak dapat dilakukan karena harus melakukan revisi di level eselon 1 sementara revisi di tingkat eselon 2 gak selesai-selesai. Padahal nilai yang akan direvisi di eselon 1 nilainya gak terlalu banyak. Aku sudah pasrah sih sebenarnya setiap bulan diomelin Kepalaku karena gak mengejar penyerapan. Ya gimana lagi, wong memang belum bisa dilakukan. Tapi aku mau tetap berusaha supaya melakukan yang bisa kulakukan dengan usaha terbaikku. 

Prayer 
Tuhan, Engkau tahu betapa aku merasa gak berdaya setiap harus rapat penyerapan anggaran. Tolonglah aku Tuhan, untuk tetap bersemangat menghadapi rapat Senin nanti dan tetap sungguh-sungguh melakukan pekerjaanku. Amin.
Gratitude Journal
4 September 2020

1. Bersyukur bisa senam setelah sekian lama gak senam.
2. Bersyukur bisa beli banyak bumbu buat stok.
3. Bersyukur bisa jalan bareng sekeluarga.
4. Bersyukur bisa makan siang bareng sekeluarga.

Palangka Raya, 4 September 2020
-Mega Menulis-

Yesaya 26

Yesaya 26

Scripture
Yesaya 26:3 (TB)  Yang hatinya teguh Kaujagai dengan damai sejahtera, sebab kepada-Mulah ia percaya. 

Observation
Kalau ingin punya damai sejahtera yang menetap, harus punya hati yang teguh. Teguh yang bagaimana maksudnya? Mempercayai Tuhan sepenuhnya dan gak mudah diombang-ambingkan keadaan. Keadaan di luar jangan sampai mengubah hatiku yang memtuskan percaya pada apa yang dikatakan Tuhan

Aplication
Aku mau tetap mempercayai Tuhan sekalipun gak mengerti apa yang harus kulakukan. Percaya kalau Dia adalah Allah yang dapat dipercaya. PerkataanNya adalah ya dan amin.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya punya hati teguh mempercayai Tuhan setiap saat. Amin.
Gratitude Journal
3 September 2020

1. Bersyukur bisa blessing mama dan mama mertua.
2. Bersyukur Sara dan Sofia suka sayur daun singkong tumbuk yang kubuat.
3. Bersyukur cemilan yang aku jual hari ini laris semua.
4. Bersyukur acara kunjungan kerja hari ini berjalan dengan lancar.
5. Bersyukur honor PPSPM hari ini keluar.
6. Bersyukur emas yang kami pesan hari ini sampai.
7. Bersyukur buat rencana jualan tanteku.
8. Sore ini kami naik motor dan terjatuh, puji Tuhan kami semua sehat dan gak terluka.
9. Bersyukur di rumah banyak cemilan kiloan, jadi sudah beberapa minggu ini gak beli cemilan lagi.
10. Bersyukur sepupuku yang sedang hamil dan positif Covid-19 keadaannya semakin membaik.

Palangka Raya, 3 September 2020
-Mega Menulis-

Amsal 16

Amsal 16

Scripture
Amsal 16:3 (TB)  Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu. 

Observation & Aplication 
Waktu ambil kredit rumah di Palangka Raya, aku dan suami emang terbilang nekat. Kami memutuskan mengambil kredit 5 tahun. Masalahnya adalah rumah di Kasongan belum lunas juga. Jadi untuk bayar kredit kami menghabiskan separuh dari penghasilan kami tiap bulannya. Kami hitung cukuplah apa yang tersisa untuk bulanan. Puji Tuhan, selama ini kami gak pernah berkekurangan.

Lalu sekarang, sejak Corona datang suami praktis gak bekerja. Penghasilan dari mana? Puji Tuhan, gak tahu bagaimana caranya tapi Tuhan cukupkan berbagai keperluan kami setiap harinya. Hari-hari belakangan, isu resesi semakin kencang dan aku gak tahu apakah saat dinyatakan resesi akan bagaimana pengaruhnya dalam keuangan kami. Di saat kuatir, aku sempat menyesali keputusan kami ambil kredit rumah hanya 5 tahun. Dulu kami mikir, mumpung anak belum sekolah jadi bisa fokus ke situ semua uang. Ntar usia anak sekolah, fokus mikir biaya pendidikan.

Ayat ini mengingatkanku kalau rencanaku bisa terlaksana adalah hanya karena kemurahan Tuhan. Yang jelas, keputusan sudah didoakan dan diambil, apapun yang terjadi, aku mau percaya Tuhan akan memelihara kami.

Prayer
Tuhan, aku menyerahkan kepada Tuhan segala perbuatanku, keputusanku, pemikiranku, biarlah jadi menurut kehendak Tuhan saja. Aku percaya penyertaan Tuhan sempurna dalam hidup kami. Amin.
Gratitude Journal
2 September 2020

1. Bersyukur untuk banyaknya pekerjaan hari ini. Puji Tuhan masih punya pekerjaan. 
2. Bersyukur bisa menyelesaikan paparan yang diminta bos, padahal baru hari ini diminta. 
3. Bersyukur pulang kantor bisa komit gak pegang hp dan fokus main sama bocah-bocah. 
4. Bersyukur bocah suka ikan yang kugoreng malam ini. 
5. Bersyukur bisa makan tahu walik.

Palangka Raya, 2 September 2020
-Mega Menulis-

Wednesday, September 2, 2020

Ibrani 11

Ibrani 11:8-16

Scripture 
Ibrani 11:11 (TB)  Karena iman ia juga dan Sara beroleh kekuatan untuk menurunkan anak cucu,walaupun usianya sudah lewat, karena ia menganggap Dia, yang memberikan janji itu setia.

Observation
Iman Abraham dan Sara disertai dengan perbuatan. Mereka mempunyai anak di usia yang sangat tua, Sara sudah tidak haid lagi, dan secara manusia sudah tidak bisa memiliki anak. Tapi Alkitab bersaksi bahwa mereka mendapat kekuatan untuk anak cucu. Mungkin orang lain sudah berhenti berusaha mendapatkan keturunan, tetapi mereka tidak. Allah berkenan campur tangan membuat yang mustahil menjadi mungkin.

Aplication 
Imanku harus disertai perbuatan karena itulah cara aku dapat menunjukkan imanku.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk setiap hari bertindak berdasarkan imanku kepadaMu. Amin.
Gratitude Journal
1 September 2020

1. Bersyukur hari ini gajian. Walaupun langsung dipotong untuk kredit rumah, tapi bersyukur sekali karena ada yang bisa dipotong. Akakakak.
2. Bersyukur kegiatan pendampingan SKB CPNS berjalan dengan lancar.
3. Bersyukur menemukan kalau kepala UPT BKN Palangka Raya, satu almamater denganku di UPN Jogja. Jadi kami bisa ngobrol dengan asyik.
4. Bersyukur dengar kabar sepupuku yang positif Covid-19 mulai membaik dan gak sesak napas.
5. Bersyukur pulang malam karena lembur dan bisa ngobrol bareng suami.
6. Bersyukur kata suami seharian ini bocah-bocah manis banget di rumah. Mau makan tanpa banyak drama dan asyik banget mainnya.

Palangka Raya, 1 September 2020
-Mega Menulis-

Tuesday, September 1, 2020

Keluaran 20

Keluaran 20:8-10

Scripture
Keluaran 20:10 (TB)  tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu.

Observation
Tuhan ingin aku punya waktu untuk beristirahat. Kadang terpikir, kenapa Tuhan gak ciptakan manusia dengan kemampuan untuk bekerja dan gak perlu istirahat, jadi kuat bekerja sepanjang waktu. Sepertinya, manusia akan jadi lebih produktif kan? Lalu aku renungkan, dan memikirkan berbagai jawaban:
- Tuhan ingin aku ingat kalau aku dan dunia adalah ciptaanNya. Dialah Sang Pencipta, dan aku adalah milikNya. Dialah pemilik hidupku. 
- mungkin karena Tuhan ingin manusia menyadari kalau dia bukanlah Tuhan. 
- Tuhan ingin ada waktu khusus bagi manusia untuk berhenti bekerja dan bersyukur, hari khusus untuk memuliakan Tuhan. 
Entahlah, aku gak tahu persis kenapa Tuhan ingin manusia beristirahat pada hari Sabat. Terkadang memang aku gak mengerti dengan jelas alasan Tuhan ingin kita melakukan ini itu tapi Tuhan ingin aku taat. 

Aplication 
Aku mau taat walaupun belum mengerti. Terkadang ketaatan membuka pengertian. 

Prayer 
Tuhan, ajari aku untuk hidup dalam ketaatan meskipun gak mengerti sepenuhnya. Aku percaya, ketaatan membuka pengertian. Amin.
Gratitude Journal
31 Agustus 2020

1. Bersyukur hari ini bisa masak ikan goreng kesukaan bocah dan seharian mereka makannya bagus.
2. Bersyukur bisa menyelesaikan surat  yang mau dibawa bosku dinas ke Kabupaten.
3. Bersyukur aku dan suami sepakat kredit emas dari sisa uang belanja bulanan.
4. Bersyukur hari ini sukses dari jam 6-9 gak pegang HP dan fokus family time.
5. Bersyukur persiapan untuk SKB besok sudah beres.
6. Bersyukur penyerapan anggaran di kantor sudah mencapai 63% dari target akhir September yang harusnya minimal 60%.
7. Malam ini dengar kabar sepupuku yang sedang hamil di Jakarta dan suaminya positif Covid-19. Sedih rasanya. Tapi aku mau berdoa dan terus kasih semangat ke sepupuku. Bersyukur mereka sudah di RS dan segera ditangani.
8. Bersyukur dapat uang transport kordinasi beberapa hari lalu.

Palangka Raya, 31 Agustus 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 131

Mazmur 131

Scripture       
Mazmur 131:1 (TB)  Nyanyian ziarah Daud. TUHAN, aku tidak tinggi hati, dan tidak memandang dengan sombong; aku tidak mengejar hal-hal yang terlalu besar atau hal-hal yang terlalu ajaib bagiku. 

Observation & Aplication 
Reminder untuk hidup seperti Daud yang :
-Tidak tinggi hati berarti tidak sombong. 
-Tidak memandang dengan sombong berarti gak menganggap diri sendiri lebih daripada orang lain. 
-Tidak mengejar hal-hal yang terlalu besar atau terlalu ajaib alias hidup sesuai blue printnya Tuhan. 
Sebenarnya Daud bisa saja sombong karena dia memiliki banyak hal yang tidak dimiliki orang lain. Tapi kedekatan Daud membuatnya menyadari kalau dia tidak perlu sombong, lah semua pemberian Tuhan. Mau memandang rendah orang lain? Untuk apa? Lalu mengejar hal-hal yang bukan dimaksudkan Tuhan untuknya? Bukankah itu gak akan memuaskannya sampai kapan pun? 

Daud hanya berharap kepada Tuhan dan puas dengan kehadiran Tuhan di dekatnya. Daud tahu itulah puncak kebahagiaan sejatinya. 
   
Prayer
Tuhan, tolong aku untuk belajar dari Daud yang tinggal tenang dekat dengan Tuhan sehingga gak menginginkan yang lain. Amin.
Gratitude Journal
30 Agustus 2020

1. Bersyukur bangun pagi dan bisa ke pasar untuk belanja.
2. Bersyukur bisa masak rica dan marinasi ikan.
3. Bersyukur adikku hari ini berulang tahun ke-34. Kiranya Tuhan berikan kesehatan, umur panjang, memberkatinya agar jadi berkat.
4. Bersyukur kami sekeluarga bisa berkumpul dan merayakan ulang tahun Adi.
5. Bersyukur hari ini suamiku menyediakan waktu mengurus dua motor kami.

Palangka Raya, 30 Agustus 2020
-Mega Menulis-

2 Korintus 4

2 Korintus 4:16-18

Scripture
2 Korintus 4:17 (TB)  Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami.

Observation & Aplication 
Apakah penderitaan ringan yang sedang aku alami? Menahan diri untuk berbantah-bantahan dengan suami. Kemuliaan kekal apa yang akan aku dapatkan? Karakter yang sabar dan dapat mengendalikan diri. 

Prayer 
Tuhan, tolong aku untuk fokus memiliki karakter Kristus karena itu yanh akan kubawa ke kekekalan nanti. Amin.
Gratitude Journal
29 Agustus 2020

1. Bersyukur buat nginap 2 malam gratis di sebuah hotel. Bocah-bocah senang mengeksplorasi kamar hotel dan main dengan apa yang ada di situ.
2. Kalau dipikir-pikir, hampir tiap tahun aku dapat blessing nginap sekeluarga gratis, benar-benar bersyukur buat berkat Tuhan ini.
3. Bersyukur pas sudah di rumah, ada kekuatan ekstra buat mencuci. 
4. Bersyukur adekku sudah pulang kerja dari lapangan dan dalam keadaan sehat. 
5. Bersyukur bisa blessing sepupu yang lagi hamil di Jakarta dengan pesan makanan buat dia. Senang banget waktu dia bilang enak dan mau pesan buat keluarga juga, padahal awal kehamilan ini dia gak nafsu makan. 
6. Bersyukur ada mina Anyi nginap di rumah, rumah jadi ramai dengan obrolannya.

Palangka Raya, 29 Agustus 2020
-Mega Menulis-

1 Raja-raja 8

1 Raja-raja 8:54-61

Scripture
1 Raja-raja 8:60 (TB)  supaya segala bangsa di bumi tahu, bahwa TUHANlah Allah, dan tidak ada yang lain, 

Observation 
Penyertaan Tuhan pada bangsa Israel menjadikan mereka berbeda dengan bangsa-bangsa lain. Tuhan ingin menyatakan kemuliaanNya pada bangsa-bangsa yang tidak mengenalNya, supaya mereka melihat apa yang Tuhan kerjakan dan tahu bahwa TUHANlah Allah, dan tidak ada yang lain. 

Tuhan menyertaiku dan menginginkanku menjadi berkat bagi orang lain sehingga membawa mereka pada pengenalan akan Tuhan. Ini membuatku merenungkan, bagaimana sikapku saat/setelah mengalami penyertaan Tuhan: 
- Apakah aku semakin merendahkan hatiku dan taat sama Tuhan? Atau jangan-jangan aku malah hidup dalam ketidaktaatan? 
- Apakah aku memuliakan Tuhan atau memuliakan diriku sendiri saat mengalami berkatNya? 

Aplication 
- Aku harus tetap taat sama Tuhan supaya orang lain mengenal siapa Allah yang aku sembah. 
- Dia harus semakin besar dan aku semakin kecil haruslah kuingat. Tidak ada ruang bagiku memegahkan diri. Bagi Dialah segala kemuliaan. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk hidup dalam ketaatan di setiap hariku dan jangan biarkan aku mencuri kemuliaanMu. Amin.
Gratitude Journal
28 Agustus 2020

1. Bersyukur hari ini berhasil menukar uang 75 ribu yang baru. Yay.
2. Bersyukur bisa menikmati semalam di hotel.
3. Bersyukur bisa ketemu teman lama dan adek sahabatku.
4. Bersyukur bisa ketemu minaku.
5. Bersyukur bisa menyelesaikan laporan kegiatan kemarin.

Palangka Raya, 28 Agustus 2020
-Mega Menulis-

Keluaran 13

Keluaran 13:12-21

Scripture 
Keluaran 33:15 (TB)  Berkatalah Musa kepada-Nya: "Jika Engkau sendiri tidak membimbing kami, janganlah suruh kami berangkat dari sini.

Observation
Entah kenapa berasa so sweet banget Musa merayu Tuhan supaya selalu menyertai Israel. Terbayang hati Tuhan tersentuh karena Musa. Musa begitu menghargai penyertaan Tuhan. Jadi membandingkan dengan orang-orang yang Tuhan terus sertai tapi malah sering melupakan bahkan meninggalkan Tuhan.

Penyertaan Tuhan menjagaku supaya hidup dalam kebenaran. Aku gak bisa meminta Tuhan terus menyertai lalu seenaknya melakukan perbuatan yang mendukakan Tuhan. Penyertaan Tuhan memiliki konsekuensi aku harus hidup dalam kebenaran. Ini bukan karena kalau aku hidup gak benar lalu Tuhan meninggalkan. Tapi karena dosa membuatku gak merasakan kehadiranNya.

Aplication
Aku harus hidup dalam kebenaran supaya kehadiran Tuhan selalu kulihat dan kurasakan.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk merasakan kehadiran Tuhan supaya jangan aku berbuat dosa terhadap Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
27 Agustus 2020

1. Bersyukur bisa  membuat surat yang diminta atasanku hari ini juga selesai.
2. Bersyukur dapat blessing nginap dua malam di hotel gratis sekeluarga dari hari ini. 
3. Bersyukur tugas kordinasi bisa berjalan dengan lancar.
4. Bersyukur malam pas di hotel dapat blessing 2 kotak makanan diantar ke kamarku.
5. Bersyukur minggu kemarin langganan laundry, jadi gak cuci pakaian deh minggu ini.
6. Bersyukur buat kesehatan keluarga.

Palangka Raya, 27 Agustus 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 13

Mazmur 13 Scripture Mazmur 13:6 (TB)  (13-6b) Aku mau menyanyi untuk TUHAN, karena Ia telah berbuat baik kepadaku.  Observation Ya. Tuhan ga...