.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.
google.com, pub-1767695080484840, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Friday, October 30, 2020

Mazmur 37

Mazmur 37:21-22

Scripture
Mazmur 37:21 (TB)  Orang fasik meminjam dan tidak membayar kembali, tetapi orang benar adalah pengasih dan pemurah.

Observation & Aplication 
Mengasihi dan bermurah hati. Karena Tuhan sudah lebih dahulu mengasihi dan bermurah hati padaku.

Prayer
Tuhan, terkadang sulit rasanya bermurah hati apalagi pada seseorang yang aku tahu berdusta. Tolong aku untuk berhikmat dan tetap mengasihi. Amin.
Gratitude Journal
29 Oktober 2020

1. Bersyukur bisa bangun subuh, jadi bisa quality time sama suami, nonton bareng, ngobrol.
2. Hari ini diingatin FB,ternyata 8 tahun yang lalu aku dan suami ketemu pertama kali setelah bertahun-tahun gak ketemu sejak lulus kuliah. Bersyukur buat pertemuan 8 tahun lalu yang sangat berkesan. Suami dari daerah Tanjung Periuk pulang kantor (macetnya naujubilah kalau jam pulang kerja) buat ketemu aku yang lagi dinas ke Jakarta.
3. Bersyukur hari ini bisa ke tempat mamah dan nginap di tempat mamah.
4. Bersyukur melihat bocah-bocah senang banget menginap di tempat mamah.
5. Bersyukur hari ini ikut webinar bareng suami, Membangun Pondasi Literasi pada Anak, kami belajar banyak hal. Semoga kami bisa mempraktekkan apa yang kami dengar.
6. Tadi eyangku sempat berdarah kakinya kena kawat, bersyukur ada Betadine di rumah, jadi lukanya cepat kering.
7. Bersyukur dapat ide untuk mengisi liburan.

Palangka Raya, 29 Oktober 2020
-Mega  Menulis-

Amsal 3

Amsal 3:27-28

Amsal 3:28 (TB)  Janganlah engkau berkata kepada sesamamu: "Pergilah dan kembalilah, besok akan kuberi," sedangkan yang diminta ada padamu.

Observation&Aplication 
Wah, sudah gak nolong, bohong lagi. Aku belajar, kalau memang aku gak bisa dan gak mau menolong, aku harus jujur. Gak perlu bohong.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk hidup dalam kejujuran. Selalu. Amin.
Gratitude Journal
28 Oktober 2020

1. Bersyukur hari ini bisa nonton film bareng suami berdua.
2. Bersyukur bisa main ke tempat mamaku.
3. Bersyukur bisa ke Hypermart dan KFC, ada diskon. Yay.
4. Bersyukur iparku kirim bolu keju yang enak banget.
5. Bersyukur ini baru hari Rabu, libur panjang masih lama, hahaha.
6. Bersyukur bisa video call dengan keluarga suami.

Palangka Raya, 28 Oktober 2020
-Mega Menulis-

Lukas 6

Lukas 6:38

Scripture
Lukas 6:38 (TB)  Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu."

Observation&Aplication 
Jangan mau enaknya sendiri. Gak boleh punya standar ganda. Itu yang kudapat dari ayat hari ini. Aku sekarang gak mau meminjamkan uang kepada orang lain. Jadi, aku juga gak mau meminjam ke orang lain. Lebih baik kalau ada yang membutuhkan, aku berikan sesuai kemampuan dan kerelaan hatiku. Atau aki bantu mencarikan pekerjaan. Karena aku mengalami, pinjam meminjam uang seringkali hanya merusak hubungan. 

Prayer 
Tuhan, ajari aku memberi dengan sukacita karena TUHAN telah lebih dahulu bermurah hati padaku. Amin.
Gratitude Journal
27 Oktober 2020

1. Bersyukur hari ini hari terakhir kerja di minggu ini, besok libur. Yay.
2. Bersyukur pagi ini hujan.
3. Bersyukur bisa ngobrol dengan iparku via wa.
4. Bersyukur punya blog dan bisa menuliskan banyak hal di sana. 
5. Bersyukur bisa tidur cepat malam ini.

Palangka Raya, 27 Oktober 2020
-Mega Menulis-

Amsal 30

Amsal 30:8-9

Scripture
Amsal 30:8 (TB)  Jauhkanlah dari padaku kecurangan dan kebohongan. Jangan berikan kepadaku kemiskinan atau kekayaan. Biarkanlah aku menikmati makanan yang menjadi bagianku.

Observation
Aku diingatkan kalau setiap orang menerima bagian sesuai keperluannya, bukan keinginannya. Gak perlu menghalalkan segala cara karena ingin kaya,gak perlu curang, ga perlu bohong. Cukup mengusahakan yang terbaik yang aku bisa dan menikmati hasil jerih payahku di dalam Tuhan.

Aplication
Aku harus selalu bekerja dengan integritas.

Prayer
Tuhan, jauhkanlah dari padaku kecurangan dan kebohongan. Jangan berikan kepadaku kemiskinan atau kekayaan. Biarkanlah aku menikmati makanan yang menjadi bagianku. Amin.
Gratitude Journal
26 Oktober 2020

1. Bersyukur bisa ikut webinar yang dibuka ibu Sri Mulyani. Luar biasa, dia wanita yang cerdas.
2. Bersyukur pagi ini suami beli sop dan lontong.
3. Bersyukur hari ini Senin, besok Selasa, lusa mulai libur panjang. Yay!
4. Bersyukur dokumen Usulan Kenaikan pangkatku sudah lengkap, tinggal diajukan.
5. Bersyukur makan siang di rumah temanku dan bisa ngobrol banyak hal.
6. Bersyukur dapat hibahan cemilan dari temanku karena dia diet, hahahaha.
7. Bersyukur bisa menahan diri untuk gak makan malam.

Palangka Raya, 26 Oktober 2020
-Mega Menulis-

Matius 6

Matius 6:25-34

Scripture
Matius 6:34 (TB)  Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari."

Observation
Saat kuatir maka pikiran diisi ketakutan akan banyak hal yang belum terjadi.Kekuatiran akan hari esok seharusnya tidak boleh mengambil sukacita hari ini. Jika kuatir tapi tidak melakukan sesuatu, kekuatiran tidak ada gunanya. 

Aplication 
Lakukan antisipasi, tetap bersukacita dan  percaya pada Tuhan apapun yang terjadi.

Prayer
Tuhan, ampuni aku kalau saat kuatir aku mengalihkan fokusku dari Tuhan. Tolong aku, aku mau mempercayaiMu dalam segala keadaan. Amin.
Gratitude Journal
25 Oktober 2020

1. Bersyukur bisa masak mie sagu kesukaan suami.
2. Bersyukur bisa main ke rumah mamaku. 
3. Bersyukur bisa menyelesaikan drama Korea yang kami tonton selama weekend ini.
4. Bersyukur bisa ganti ban depan motor.
5. Bersyukur siang bisa tidur siang lama banget.
6. Bersyukur penyewa rumahku di Kasongan sudah bayar uang sewa bulan ini.

Palangka Raya, 25 Oktober 2020
-Mega Menulis-

Lukas 3

Lukas 3:11-14

Scripture
Lukas 3:11 (TB)  Jawabnya: "Barangsiapa mempunyai dua helai baju, hendaklah ia membaginya dengan yang tidak punya, dan barangsiapa mempunyai makanan, hendaklah ia berbuat juga demikian."

Observation & Aplication 
Berbagi. Hal yang sangat sulit dilakukan kalau tidak dilatih. Berlatih memberi maka lama kelamaan akan lebih mudah. Terkadang aku takut kalau aku memberi maka akan kekurangan. Seakan-akan Tuhan gak sanggup memeliharaku ya? Duh. Aku harus lebih banyak berlatih memberi.

Prayer
Tuhan, aku mau belajar mempercayaiMu dan berlatih memberi dengan ketaatan saat Tuhan inginkan aku memberi. Tolong aku, aku mau taat. Amin.
Gratitude Journal
24 Oktober 2020

1. Bersyukur bisa bangun siang hari ini.
2. Bersyukur bisa ke pasar bareng bocah-bocah dan minaku.
3. Bersyukur bisa nonton drama Korea bareng suami.
4. Bersyukur bisa kontak dengan teman sesama blogger.

Palangka Raya, 24 Oktober 2020
-Mega Menulis-

Amsal 13

Amsal 13

Scripture
Amsal 13:11 (TB)  Harta yang cepat diperoleh akan berkurang, tetapi siapa mengumpulkan sedikit demi sedikit, menjadi kaya.

Observation
Ayat ini mengingatkanku kalau dari awal tahun aku mengumpulkan sisa uang bulanan dan lebihan uang transport dalam reksadana pasar uang. Pikirku, lumayan buat beli mainan anak atau shopping akhir tahun. Karena 5 tahun bayar kredit rumah, kupikir ini black period kami sih. Secara, 50% lebih penghasilan dipake buat bayar kredit rumah. Eh, ternyata lumayan juga aku intip jumlahnya barusan. Yay.

Aplication
Setiap ada blessing atau lebihan bulanan, segera beli reksadana. Belajar mengumpulkan dari yang sedikit. 

Prayer
Terima kasih Tuhan, karena saat aku kira aku gak bisa menabung. Tuhan selalu beri berlimpah. Aku bersyukur. Amin.
Gratitude Journal
23 Oktober 2020

1. Bersyukur ini hari Jumat, hahahaha. Bentar lagi libur.
2. Bersyukur sore bisa ajak bocah-bocah ke tempat sepupunya dan main di sana.
3. Bersyukur hari ini cerah, jadi bisa jalan sekeluarga.
4. Bersyukur makan siang bareng teman seruangan dan tertawa bareng.
5. Bersyukur bisa ngobrol banyak dengan suami.

Palangka Raya, 23 Oktober 2020
-Mega Menulis-

Pengkhotbah 5

Pengkhotbah 5:10-11

Subscribe
Pengkhotbah 5:10 (TB)  (5-9) Siapa mencintai uang tidak akan puas dengan uang, dan siapa mencintai kekayaan tidak akan puas dengan penghasilannya. Ini pun sia-sia.

Observation
Aneh sekali ayat ini :saat mencintai uang maka uang tidak akan memuaskanku. Demikian pula, saat aku mencintai kekayaan maka aku tidak akan puas dengan penghasilanku. Berarti aku tidak boleh terlalu terikat dengan uang dan kekayaan yang aku punya kalau ingin hidup dalam kepuasan.

Sebelum menyadari dan kadang sampai sekarang pun kadang aku lupa kalau aku hanya penatalayan atas apa yang ada padaku, aku susah melepaskan apa yang aku punya. Tapi kalau ingat Tuhan adalah pemilik dan aku cuma pengelola, lebih mudah rasanya untuk berbagi. Lebih bijak rasanya dalam mengelola apa yang ada padaku.

Aplication
Aku harus senantiasa mengingat kalau aku hanya pengelola atas segala yang dipercayakan Tuhan. DIAlah sang Pemilik yang sesungguhnya.

Prayer
Tuhan, ajari aku menjadi pengelola dan penatalayan yang baik atas segala yang ada padaku. Amin.
Gratitude Journal
22 Oktober 2020

1. Bersyukur pagi bisa nonton bareng film Forest Gump bareng suami.
2. Bersyukur bisa makan BPK yang enak buat makan siang.
3. Bersyukur bisa banyak kordinasi dan menyelesaikan banyak kerjaan hari ini.
4. Bersyukur bisa download materi baru lagi di Rumah Inspirasi.
5. Bersyukur bocah-bocah nagih dibacakan buku tiap malam.
6. Bersyukur untuk setiap pilihan sulit di dalam hidup. Aku percaya Allah turut bekerja mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia.

Palangka Raya, 22 Oktober 2020
-Mega Menulis-

2 Korintus 9

2 Korintus 9:6-11

Scripture
2 Korintus 9:8 (TB)  Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan.

Observation & Aplication 
Saat aku mulai memberi dengan rela hati dan sukacita maka yang terjadi adalah : ada kasih karunia Tuhan supaya aku selalu berkecukupan dalam segala sesuatu malah malah berkelebihan dalam berbagai kebajikan. Aku tidak akan kekurangan segala sesuatu yang baik dalam hidupku, jadi aku gak boleh memberi dengan bersungut-sungut.

Prayer
Tuhan, terima kasih karena selalu mencukupi segala keperluanku. Ampuni aku saat aku memberi tidak dengan rela hati ya Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
21 Oktober 2020

1. Bersyukur pagi ini tinggal manasin ayam KFC kemarin.
2. Bersyukur mainan dan masker yang kupesan datang hari ini.
3. Bersyukur malam ini bacakan beberapa buku buat bocah-bocah dan mereka senang banget, sampai bolak-balik pilih beberapa buku. 
4. Bersyukur suami semangat ikutan webinar parenting.
5. Bersyukur ada baca pengumuman beasiswa kursus bahasa gratis di website Pusbindiklatren, semoga sempat daftar.
6. Bersyukur uang makan masuk hari ini, langsung deh beli token listrik, emang jatahnya. Akakakak.

Palangka Raya, 21 Oktober 2020
-Mega Menulis-

Ayub 1

Ayub 1

Scripture
Ayub 1:9, 21 (TB)  Lalu jawab Iblis kepada TUHAN: "Apakah dengan tidak mendapat apa-apa Ayub takut akan Allah?  
katanya: "Dengan telanjang aku keluar dari kandungan ibuku, dengan telanjang juga aku akan kembali ke dalamnya. TUHAN yang memberi, TUHAN yang mengambil, terpujilah nama TUHAN!"

Observation
Teladan hidup luar biasa dari Ayub. Di saat memiliki maupun kehilangan, Ayub terbukti tetap hidup takut akan Allah. Bahkan Dia tetap memuji Tuhan setelah kehilangan anak-anaknya.

Aplication
Aku mau memuji Tuhan dan hidup takut akan Dia setiap waktu.

Prayer
Tuhan, pujian kepadaMu tetap di mulutku. Aku mau bersyukur setiap waktu saat Tuhan memberi maupun mengambil. Amin.
Gratitude Journal
20 Oktober 2020

1. Bersyukur bisa buat bubur pakai Magic Com pagi ini. 
2. Bersyukur lukisan Sara dan Sofia sudah datang.
3. Bersyukur makan siang dapat kotakan syukuran naik pangkat.
4. Bersyukur siang ini makan gorengan bareng seruangan.
5. Bersyukur suami mau jemur pakaian karena aku telat bangun jadi buru-buru ke kantor.
6. Bersyukur ada diskon KFC hari ini.
7. Bersyukur bisa nonton film bareng di rumah berdua suami hari ini.

Palangka Raya, 20 Oktober 2020
-Mega Menulis-

Markus 14

Markus 14:3-9

Scripture
Markus 14:6 (TB)  Tetapi Yesus berkata: "Biarkanlah dia. Mengapa kamu menyusahkan dia? Ia telah melakukan suatu perbuatan yang baik pada-Ku.

Observation
Murid-muris Yesus menghakimi keputusan Maria dan menganggapnya melakukan pemborosan. Padahal, apa yang dilakukan Maria toh tidak mengganggu orang lain,dia melakukan yang baik dan Tuhan berkenan.

Aplication
Reminder buatku yang kadang menghakimi keputusan orang lain tentang keuangannya. Gak boleh nyinyir! Setiap orang boleh memiliki prinsip yang berbeda denganku. Ngapain aku nyinyir. Yang penting orang tersebut sanggup menanggung konsekuensi dari keputusannya.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk gak nyinyir dengan pilihan hidup orang lain. Jangan biarkan aku menghakimi orang lain ya Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
19 Oktober 2020

1. Bersyukur hari ini bangun kesiangan tapi sempat membuat masakan yang praktis.
2. Bersyukur penyerapan anggaran kami masih termasuk 10 besar.
3. Bersyukur bisa ketemu sahabat-sahabatku.
4. Bersyukur bisa bayar Koperasi.
5. Bersyukur SK alih status temanku di  Kabupaten Kotawaringin Barat sudah keluar, tinggal 1 lagi yang belum.
6. Bersyukur Sofia bolak-balik minta dibacakan buku.
7. Bersyukur pulang kantor bisa cuci pakaian.

Palangka Raya, 19 Oktober 2020
-Mega Menulis-

Monday, October 26, 2020

Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan

Ada yang merasa gajinya gak cukup?

SAYAAA!!! *angkat tangan*

Gimana caranya memastikan gaji kamu cukup?

Pastikan pengeluaranmu lebih kecil dari pemasukan. Itu aja sih, akakakak.

Gak penting banget ya, ini ma semua orang tahu Meg! ^^

Well, semua orang punya batasan, dan kuncinya di pengeluaran bukan pemasukan. Cara memeriksa bagaimana pengeluaran kita, caranya adalah dengan mencatat. Kenapa mencatat ini penting, ngapain sih?

UNTUK MENGETAHUI POLA PENGELUARANMU.

 

Ada beberapa kategori pengeluaran bulanan seseorang setiap bulannya, di antaranya :

1. Cicilan utang

Jumlah utang sebaiknya maks 30% dari penghasilan. Kalau lebih dari itu kemungkinan akan sangat berat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari apalagi menabung.

2. Pengeluaran rutin

Jumlahnya sebaiknya berkisar antara 40-60% dari penghasilan. Ini pengeluaran yang harus ada untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kalau single dan masih tinggal bersama orang tua , pengeluaran ini masih bisa ditekan lagi.

3. Menabung/investasi

Menabung/investasi sebaiknya 20-30% dari penghasilan supaya kita dapat memenuhi tujuan-tujuan keuangan di masa mendatang seperti : dana pendidikan anak, dana pensiun, dana menikah, dana liburan, dll.

4. Pengeluaran sosial

Ini adalah pengeluaran untuk segala yang berhubungan dengan kebutuhan sosial kita : memberi ke keluarga, menolong orang lain, angpau ke nikahan, uang duka ,dll.

5. Pengeluaran Lifestyle

Di sini biasanya segala dosa pengeluaran kita ada, hahaha. Harusnya prioritas dan persentasenya lebih rendah dibandingkan 4 pengeluaran yang lain.

 

 

Dengan mencatat pengeluaran maka akan terlihat pola pengeluaran bulanan kita dan kita bisa segera berbenah di bagian mana terjadi bocor halus pengeluaran, atau bocor ambyar pengeluaran kita. Jadi teman-teman mulailah mencatat pengeluaran bulananmu! Males? Sama dong.

 

“Waduh, aku gak telaten mencatat pengeluaran”, keluhku saat mendengar kalau mencatat pengeluaran itu harus dilakukan. Sudah berulang kali mendengar tips ini dan mencoba mencatat tapi baru beberapa hari gagal.  Seringnya semangat di awal terus kemudian kelewat. Sering menggampangkan,”Ntar aja lah nyatatnya”, terus terlewat sampai beberapa hari dan lupa deh. Males lagi dongggg….Hahahaha. Tapi, awal tahun 2020 ini aku mulai mencatat pengeluaran dan pemasukan dengan menggunakan sebuah aplikasi yang ada di Play Store, namanya Catatan Keuangan

 

Eh, sampai sekarang di bulan Oktober 2020, aku masih mencatat dong, hehehehe. Berhasil! Berhasil! Setiap pengeluaran dan pemasukan aku masukkan di aplikasi tersebut. Yang aku suka, ada grafik yang memperlihatkan persentase pengeluaran dan pemasukanku setiap bulan. Jadi aku bisa tahu bulan ini dimana terjadi kebocoran pengeluaran kami, bulan depan tak akan terulang lagi dong. Kita dapat membuat sendiri kategori apa saya yang termasuk pengeluaran dan pemasukan kita.

Kunci keberhasilanku mencatat keuangan ini adalah konsistensi dan suami yang terus mengingatkan. Iya, aku ngomong sama suami kalau aku mau mencatat pengeluaran dan pemasukan kami. Jadi setiap suami belanja atau dapat duit, langsung lapor dan nyuruh aku nyatat. Gitu juga kalau aku belanja, suami langsung ingatin untuk mencatat. Sekarang sudah jadi kebiasaan kami. Catatan ini jadi kontrol kami, misal bulan ini kami kebanyakan makan di luar, bulan depan tobat deh. Atau ternyata bulan ini pengeluaran jebol karena kebanyakan belanja di Shopee #eh, bulan depan ga boleh lagi dong belanja, hahahaha.

 

O, iya ini juga sarana akuntabilitas masalah keuangan keluarga. Gak ada lagi tuh cerita Tanya suami/istri ke mana aja duit selama ini, wong dah tercatat kok.

 

Cobain deh mencatat pengeluaran dan pemasukanmu. Asyik kok.

 

Palangka Raya, 26 Oktober 2020

-Mega Menulis-

 

Friday, October 23, 2020

Empat Pilar Keuangan

 

Sudah lama gak ngomongin masalah keuangan alias duit. Dulu sempat membuat beberapa postingan tentang keuangan di sini, kalau ada yang mau baca monggo diobok-obok. Buat postingan tentang keuangan bukan karena banyak uang atau dah expert, tapi gara-gara kalau gak ditulis takut lupa, maklum daku pelupa.

Beberapa waktu yang lalu mendengarkan podcast Raditya Dika dan Ligwina Hananto (bukunya Mbak Ligwina yang menginspirasiku untuk mulai berinvestasi) yang membahas tentang keuangan alias duwit dan aku mau tuliskan tentang 4 pilar keuangan. Someday pengen nunjukin tulisan ini ke Sara dan Sofia, hahaha.

Jadi, pilar keuangan ada 4 yaitu :

1. Menghasilkan

            Nah, kenapa penting belajar menghasilkan uang terlebih dahulu? Ya iya lah, apa yang mau ditabung kalau menghasilkan aja belum. Gimana mau berbagi? Apa yang mau diinvestasikan? Ya kan? Sedini mungkin seseorang perlu belajar dan melihat bagaimana uang dihasilkan (kalau memang belum memungkinkan untuk menghasilkan uang sendiri). Anak-anak juga perlu tahu bagaimana uang dihasilkan, jangan sampai mereka salah mengerti. Misal nih, selama ini anak melihat emak bapaknya ke ATM, masukin kartu, eh uang keluar. Ntar kalau gak dijelaskan, jangan salahkan mereka kalau mereka tahunya cara mendapatkan uang ya tinggal masukkan kartu ke ATM, voila, uang keluar,segampang itu. Anak perlu diberi tahu, mama papa bekerja, digaji dengan uang yang dimasukkan ke ATM. Jadi jumlahnya terbatas, bisa habis setiap dipakai berbelanja. Tentu saja diberitahukan dengan bahasa yang mudah dimengerti anak.

            Aku mengenal seorang wanita yang begitu lulus SMA langsung menikah, jadi dia belum pernah merasakan bekerja menghasilkan uang dong. Begitu menikah, langsung mengelola uang keluarga yang dihasilkan suami. Gak perlu lama bagi suaminya untuk mengeluh kalau sang istri boros dan gak bisa menyimpan uang. Dapat hubungannya? Yes. Karena dia gak pernah menghasilkan uang sendiri maka dengan mudah dia menghabiskan uang yang ada di tangannya. Dia belum merasakan susahnya mencari uang. Dia belum merasakan menghasilkan uang dari hasil kerjanya sendiri.

 

2. Berbelanja

            Hah? Belajar berbelanja? Untuk apa? Ini kan pekerjaan paling gampang ya? No. Berbelanja itu gak gampang. Belajar berbelanja sama pentingnya lo dengan belajar berinvestasi. Berbelanja bukanlah tentang menghabiskan semua uang yang kita miliki. Berbelanja adalah mengambil keputusan, bukan soal paling murah bukan soal paling mahal, tapi value dari barang itu  apa yng kita sukai. Maunya kalau belanja barang yang bagus dan murah kan ya? Well, kalau bisa dapat yang bagus dan murah bagus. Masalahnya kan biasanya barang bagus mahal ya? Jadi? Mending beli yang murah? Gak papa lo beli barang yang lebih mahal dan awet, dibandingkan murah tapi bentar aja pakenya.

     Banyak hal-hal prinsip yang perlu dilatih terkait masalah belanja ini :

     a. Survei

     Suamiku sebelum belanja barang tertentu, menghabiskan banyak waktu buat survei. Kelebihan dan kekurangan barang yang mau dibelinya, survei harganya, dll. Kadang sebel nih aku, mau beli satu barang aja lamanya pol. Ish. Kalau dia sanggup tuh survei berhari-hari. Tapi barangnya emang lebih awet dibandingkan aku yang gak pakai survei selama itu. Dan aku pelajari ini dari dia. 

b. Beli barang yang dibutuhkan

     Aku paling sering lapar mata, ingin ini itu, apalagi kalau pas ada tulisan diskon. Akakakak. Suami ma nggak mau beli barang yang dia gak perlu biarpun diskon. Kebalikan dari itu, kalau barang yang memang diperlukan, ya cari yang harganya diskon dong. Hahahaha.  

     c. Beli barang yang berkualitas dan agak mahal itu gak papa lo

     Ingat, belanja bukan hanya tentang mahal dan murahnya, tapi value dari barang yang akan dibeli. Ya bukan memaksakan diri beli barang bagus pakai ngutang sih, tapi lebih ke berbelanja secara optimal. Tetap punya budget tapi juga perhatikan kualitas. Bila perlu, tahan diri berbelanja dan menabung supaya dapat yang berkualitas sekalian ketimbang asal beli.

     d. Punya budget dalam berbelanja

     Bo, jangan ngasal ya kalau beli barang. Duit gak numbuh di pohon. Jadi, sebelum berbelanja, tentukan budgetmu. Tentukan dulu berapa nilai yang sanggup kita bayarkan. Jangan sampai beli barang tapi nyusahin di kemudian hari.

     e. Jangan berhutang untuk belanja konsumtif

     Sebelum berhutang, pikirin deh. Worth it gak kamu berhutang untuk belanja ini? Pastikan kamu berhutang untuk aset atau barang-barang yang memberikan nilai tambah. Jangan berhutang untuk lifestyle. Pikir baik-baik deh sebelum berhutang. Misal, berhutang alias kredit 15 tahun untuk rumah yang dipakai seumur hidup, bolehlah ya. Berhutang tiket liburan 6 bulan sementara liburan Cuma 7 hari? Pikir lagi deh!

    

3. Berbagi

     Kenapa harus berbagi ? Sesimple kalimat saya diberkati untuk menjadi berkat bagi orang lain. Berat lo berbagi ini, perlu hikmat dan ketaatan. Apalagi saat kita tidak terbiasa melakukannya. O, iya, perlu latihan juga berarti. Eh, lebih berat lagi kalau kita gak punya budget untuk diberikan. Benar atau benar? Bagaimana caranya berbagi?

     a. Punya budget

     Sisihkan/tetapkan sekian persen dari penghasilan untuk diberikan. Berhikmat ya bo. Jangan sampai memberi tanpa sisa. Ntar kebutuhan sendiri gak terpenuhi dan ngutang kan amsyong. Tuhan kasih hikmat bagi setiap kita, jadi berilah sesuai dengan kemampuan. Punya budget menolong sekali, karena saat kita bertemu kebutuhan, kita sudah siap. Aku pernah baca buku tentang memberi,aku lupa persisnya, tapi ada beberapa cara untuk memberi. Ntar kalau dah ketemu aku share.

b. Berilah dengan tulus tapi tetap berhikmat

Tidak salah memberi atau berbagi untuk menolong orang lain. Tapi ingat, sebisanya pastikan apa yang kita bagikan bukan untuk membiayai gaya hidup. Gaya hidup gak ada habisnya. Kan gak lucu ya kalau kita berbagi pada mereka yang gaya hidupnya lebih wow dari kita. Berilah mereka yang benar-benar memerlukan. Kapan perlu, berdoa deh, supaya gak salah beri.

 

4. Berinvestasi

Kenapa seseorang perlu berinvestasi? Karena menabung saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan kita di masa mendatang. Berbahaya sekali menabung saja dalam jangka waktu lama karena kita akan berhadapan dengan inflasi. Kenaikan biaya hidup sering kita lupakan dalam merencanakan keuangan. Contohnya, biaya kuliah sekarang tentu akan berbeda dengan 15 tahun lagi. Kalau Cuma nabung, susah lo memenuhi biaya tersebut. Beda kalau diinvestasikan.

Nah, kesalahan terbesar seseorang mendengar kata investasi adalah bertanya: Investasi mana yang paling menguntungkan? Mana yang membuat cepat kaya? Woooo…. Tunggu dulu! Tujuan investasi bukan kaya, tapi untuk memenuhi tujuan-tujuan keuangan seseorang. Nah, sebagaimana setiap orang berbeda tentunya tujuan keuangannya berbeda kan? Makanya gak bisa tuh mencontek investasi seseorang plek plek sama. Lah wong tujuannya beda. So far, aku baru mulai berinvestasi untuk dana darurat, dana pensiun dan dana pendidikan anak. Sudah tercapai? Belum bo! Soale masih sambil menanggung cicilan 2 rumah. Akakakak. On going lah, pelan-pelan. Selama ini baru mencicipi berinvestasi di reksadana, saham, emas, tanah dan rumah. Kapan-kapan ah sharenya. Capek juga lama gak nulis ginian. LOL.

 

O, iya kalau mau ada yang share tentang keuangan, tinggalin aja komentar ya. Kita sama-sama belajar.

 

Palangka Raya, 23 Oktober 2020

-Mega Menulis-

Monday, October 19, 2020

30 Hal yang Orang Lain Tidak Ketahui tentang Saya


Tulisan ini dibuat dalam rangka memenuhi tantangan 30 hari menulis dari LIKE (Komunitas di FB yang saya ikuti). Tapi sayang sekali saya gagal, saya cuma berhasil setor tulisan di hari pertama. Hari berikutnya bablas. Baiklah, saya coba melanjutkan hari kedua dan seterusnya di blog ini, semoga berhasil.

1. Saya pernah berpikiran mau menabrakkan motor ke mobil di depan saya. Lupa kenapa pengen nyelakain diri kayak gitu. Tapi saat mau nabrakin motor sempat mikir, ini kalau gak mati bisa cacat. Dan membayangkan diri jadi cacat tu ga enak, batal deh.

2. Saya baru bisa naik motor sendiri pas kuliah. Itu pun terpaksa gara-gara sebelum kuliah dah dikasih SIM hasil nembak, terus tiba-tiba dibelikan motor. Mau gak mau lah terpaksa belajar naik motor, daripada SIM dan motor mubazir 🙈
3. Teman-teman mengenali saya sebagai orang yang ramai dan suka bergaul. Padahal aslinya saya merasa capek kalau habis ngumpul dengan banyak orang. Berasa semua energi terserap. Lebih suka sendirian. Pokoknya tiap hari harus ada me time buat ngecharge diri sendiri. Rela bangun lebih pagi dari seisi rumah demi bisa punya me time.
4. Awal-awal nikah, saya terganggu dengan kehadiran suami. Lagi enak-enak baca buku atau nonton film diganggu dengan tanya ini itu, ngajak ngobrol. Ish... Nyesal kan nikah 😅
5. Awal-awal habis melahirkan, saya gak tahan mendengar bayi saya menangis. Sampai-sampai saya ngomong ng ke suami, "Kamu gak kesalkah dengar dia nangis terus?" dan jawaban suami sampai sekarang saya ingat. "Nggak lah, dia nangis kan karena belum bisa ngomong bilang ada apa. Kalau kamu capek, tidur aja dulu sama mama, aku aja yang urus dia". Sejak itu gak kesal lagi deh.
6. Pekerjaan rumah yang paling saya benci adalah mengepel dan menyetrika #eh. Paling kok ada 2 ya? 🤣 Akhirnya suami yang mengepel dan saya cuma menyetrika baju kami yang dipakai keluar rumah.
7. Saya pemalas. Saking malasnya, dulu pas tinggal sendiri, tiap makan ga langsung cuci piring, ditumpuk dulu sampai banyak. Sejak nikah tobat, suamiku cerewet. Kebalikan aku, dia tiap habis makan langsung harus dicuci semua peralatan.
8. Dulu ingin punya lemari buku setinggi langit-langit atap, yang untuk ngambil bukunya pakai tangga semacam di film-film. Tapi sekarang udah ga pengen lagi,repot ngambil bukunya, repot ngebersihinnya, belum lagi kalau lemarinya gak pakai kaca, ish... Dimakan rayap bakal bikin nangis guling-guling.
9. Saya belajar untuk dapat ranking semasa sekolah. Aslinya gak terlalu suka belajar.
10. Saya dulu sangat peduli apa pikiran orang dan berusaha menyenangkan semua orang. Entah sejak kapan berasa lelah dan jadi lebih cuek dan ga terlalu peduli pikiran orang lain.
11. Saya gak terlalu suka belanja, tapi saya gak tahan masuk ke toko buku dan keluar tanpa beli buku. Jadi ujung-ujungnya beli buku deh walaupun hanya satu, walaupun gak butuh juga beli.
12. Kalau sudah suka pengarang buku tertentu, saya akan cari buku-buku karangannya dan usahakan baca semua. Seperti Agatha Christie dan Sidney Sheldon, saya hunting semua novelnya dan baca.
13. Saya ingin punya satu ruangan di rumah khusus sebagai perpustakaan pribadi. Sekarang sih hanya ada satu lemari buku. Sedang ngerem juga sih beli buku, karena banyak beli tapi belum dibaca.
14. Saya pernah menulis diary tapi berhenti sejak tahu mama saya membaca diary saya. Sejak itu saya tidak pernah menulis diary lagi. Kapok. Eh, tapi jadinya menulis blog sih sekarang. Cuma gak ada hal yang rahasia banget.
15. Setiap hari selama 4 tahun ini saya menulis Gratitude Journal yang berisi hal-hal yang saya syukuri setiap harinya.
16. Di hari resepsi pernikahan saya, saya jatuh dari motor dan lecet di beberapa bagian tubuh. Orang rumah pun gak tahu.
17. Saya suka mengajak suami duluan untuk ML.
18. Saya baru belajar masak setelah punya rumah sendiri. Ternyata cicilan rumah lumayan, gak sanggup deh kalau beli makan tiap hari. Terpaksa deh belajar masak.
19. Saya suka duduk di depan sewaktu kuliah. Bukannya apa, kalau duduk di belakang, kalau gak ngobrol saya bisa ketiduran. Jadi mending duduk di depan dosen aja sekalian
20. Saya adalah pemakan emosional. Kalau sedang emosi, bawaannya pengen makan. Habis makan nyesal deh.
21. Saya sudah mulai beruban, padahal suami belum. Dia bilang saya kebanyakan mikir makanya ubanan, saya balas dong kalau dia gak ubanan karena gak pernah mikir 🙄
22. Saya selalu berkeinginan belajar bahasa asing, tapi selalu nanggung. Belajar bentar, stop. Akhirnya ga ada deh yang dikuasai. Belajar bahasa Jepang dikit, Perancis dikit, Mandarin dikit. Ilang dah semua sekarang.
23. Saya nonton film Con Air puluhan kali. Sejak itu hunting film-filmnya Nicholas Cage deh.
24. Saya suka nonton film India yang ada Aamir Khannya.
25. Saya introvert.
26. Saya gak pede dengan rasa masakan yang saya buat sendiri. Kadang gak percaya kalau dibilang enak. Baru percaya kalau yang bilang enak, nambah makannya. Mungkin karena itu ya suami sekarang gemuk 😁
27. Saya pernah dibully waktu kecil karena gemuk. Sekarang masih gemuk sih, tapi dah ga terlalu peduli apa kata orang.
28. Saya pernah naksir pria beristri. Sekarang kalau ingat lagi heran, kok bisa ya dulu naksir dia 🤣
29. Saya dulu suka menghakimi orang dalam hati. Cuma ada benar salah, hitam putih. Sekarang ngga. Lebih mau belajar memahami orang lain sih. Emang siapa saya menghakimi orang lain? Kayak yang udah bener aja.
30. Saya suka gak terima dibilang plin-plan sama suami padahal sih iya 🤭

Palangka Raya, 14 September 2020
-Mega Menulis-

Amsal 11

Amsal 11

Scripture
Amsal 11:25 (TB)  Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum. 

Observation&Aplication 
Terkadang ada ketakutan saat memberi maka akan kekurangan tapi janji Tuhan beda dengan logika manusia. Semakin banyak memberi berkat maka diberi melimpah, aku harus ingat itu.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk mengingat kemurahan Tuhan supaya aku bisa senantiasa bermurah hati. Amin.
Gratitude Journal
18 Oktober 2020

1. Bersyukur pagi bisa makan masakan mamaku.
2. Bersyukur bisa jalan ke Hypermart dan ada diskon susu.
3. Bersyukur seharian ini bocah-bocah mainnya anteng dan rukun satu sama lain.
4. Bersyukur hari ini bisa pijat dan lulur murah banget.
5. Bersyukur hari ini aku baca bab 1 sebuah buku dan suami ikut diskusi onlinenya, jadi kami bisa diskusi bareng tentang bukunya.
6. Bersyukur mamaku sehat.

Palangka Raya, 18 Oktober 2020
-Mega Menulis-

Lukas 21

Lukas 21:1-4

Scripture
Lukas 21:3 (TB)  Lalu Ia berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang itu.

Observation & Aplication 
Manusia melihat yang kelihatan sementara Tuhan melihat yang tak terlihat. Aslinya aku gak tahu seluruhnya. Sering aku nyinyir dengan cara seseorang mengelola uangnya, padahal kan itu urusan dia. Aku gak boleh nyinyir lagi. Mulai berprinsip, sepanjang dia gak menyusahkan orang lain dengan caranya menggunakan uang ya monggo.

Prayer
Tuhan, tolong aku menjaga hati dan mulutku dari berbuat dosa. Jangan biarkan aku dengan ketidaktahuanku berbuat dosa di hadapan Tuhan yang Maha Tahu. Amin.
Gratitude Journal
17 Oktober 2020

1. Bersyukur bisa tidur siang lama banget.
2. Bersyukur bisa nelpon tanteku di Jakarta yang stroke dan melihat kalau sudah banyak perkembangan, ngomongnya semakin jelas.
3. Bersyukur dapat blessing bubur kacang hijau dari Omku.
4. Bersyukur bisa berkumpul bareng keluarga.
5. Bersyukur kami masih bisa berkumpul di rumah mama dalam keadaan sehat.
6. Bersyukur usaha adik iparku membuat kue mulai berjalan, ada pesanan kue dalam minggu ini.

Palangka Raya, 17 Oktober 2020
-Mega Menulis-

Maleakhi 3

Maleakhi 3:8-10

Scripture
Maleakhi 3:10 (TB)  Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan. 

Observation & Aplication 
Setiap minggu dari awal pandemi sampai sekarang suami selalu mempersiapkan persembahan untuk ibadah Minggu. Walaupun gereja kami belum terbuka untuk ibadah tapi dia tetap setia. Ayat hari ini mengingatkanku untuk membawa persembahan tersebut ke Gereja. Jangan menunda-nunda. 

Prayer
Tuhan, terima kasih selama pandemi ini Tuhan selalu mencukupi segala keperluan kami. Ajar kami juga untuk setia mempersembahkan syukur kami dan gak lalai. Amin.
Gratitude Journal
16 Oktober 2020

1. Bersyukur hari ini ditraktir sarapan nasi kuning sama teman seruanganku.
2. Bersyukur ada teman open order ayam goreng bawang yang enak banget.
3. Bersyukur siang bisa pulang ke rumah dan makan bareng keluarga. Bisa makan sambil ngobrol dengan suami.
4. Bersyukur ada teman yang pesan masker dan aku dapat semua masker yang dipesan.
5. Bersyukur malam bisa ke rumah mamaku. Sempat ngira gak jadi karena hujan, puji Tuhan, berhenti hujannya. 
6. Bersyukur di rumah mama ada dessert yang enak dan nyoklat banget.

Palangka Raya, 16 Oktober 2020
-Mega Menulis-

Amsal 3

Amsal 3:9-10

Amsal 3:9 (TB)  Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu, 

Observation 
Memuliakan Tuhan dengan hartaku. Apakah aku sudah melakukannya? Bagaimana melakukannya? Yang aku lakukan dengan hartaku adalah belanja, berbagi, investasi. Jadi, aku harus memastikan supaya aku melakukannya dengan motivasi memuliakan Tuhan. 

Aplication 
Berbelanja ➡️ Beli barang yang diperlukan, jangan hanya memenuhi nafsu. 
Berbagi ➡️ Berbagi dengan kerelaan dan ketaatan, tanya Tuhan sebelumnya. 
Investasi ➡️ Berdoa sebelum investasi, jangan sekedar karena ketakutan akan masa depan.

Prayer
Tuhan, mampukan aku untuk memuliakan Tuhan dalam setiap hartaku. Amin.
Gratitude Journal
15 Oktober 2020

1. Bersyukur pagi ini bisa jalan pagi sama Sara dan pulangnya belanja kangkung.
2. Bersyukur akhirnya masak Kangkung Tauco kesukaan suami.
3. Bersyukur makan siang ditraktir temanku makan Sate Kambing di Tangkiling. Eh, pulangnya dapat kotakan Ayam Bakar karena teman ada yang syukuran.
4. Bersyukur bocah-bocah mau makan ayam bakar yang aku bawa.
5. Bersyukur malam bisa beli martabak Carnival yang baru buka di dekat rumah.
6. Bersyukur hari ini ada kulwap HS, suami juga sore ikut kelas online Montessori gratis. Yay.

Palangka Raya, 15 Oktober 2020
-Mega Menulis-

Amsal 14

Amsal 14

Scripture
Amsal 14:30 (TB)  Hati yang tenang menyegarkan tubuh, tetapi iri hati membusukkan tulang. 

Observation 
Beberapa hari ini aku kesal dan mikirin beberapa masalah. Karena kepikiran, bawaannya jadi capek banget. Males ngapa-ngapain. Aku diingatkan untuk tetap tenang, apapun keputusan yang sudah diambil saat itu, itu adalah keputusan terbaik. Gak perlu lagi terlalu dipikirin. Tetap tenang. Gak usah menyesali keputusan yang sudah diambil.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya tetap tenang setelah memutuskan sesuatu dan gak grasak-grusuk. Amin.
Gratitude Journal
14 Oktober 2020

1. Bersyukur bisa bangun pagi dan masak buat orang rumah.
2. Bersyukur bisa membuat resensi sebuah buku untuk proyek 100 Hari 100 Resensi Buku. 
3. Bersyukur dengar lagi podcast Raditya Dika masalah keuangan. 
4. Bersyukur beberapa hari ini kerjaan di kantor gak terlalu banyak, jadi bisa menyelesaikan proyek lain di luar.
5. Bersyukur hari ini bisa cuci pakaian.
6. Bersyukur hari ini hujan setelah sekian lama gak hujan, mana berapa hari ini panas banget. Senang banget akhirnya hujan.

Palangka Raya, 14 Oktober 2020
-Mega Menulis-

Yosua 7

Yosua 7

Scripture 
Yosua 7:21 (TB)  aku melihat di antara barang-barang jarahan itu jubah yang indah, buatan Sinear, dan dua ratus syikal perak dan sebatang emas yang lima puluh syikal beratnya; aku mengingininya, maka kuambil;semuanya itu disembunyikan di dalam kemahku dalam tanah, dan perak itu di bawah sekali." 

Observation
Bacaan hari ini mengingatkanku pada ayat ini:
Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut. Yakobus 1:15
Setiap manusia memiliki keinginan, tapi harus waspada agar jangan sampai keinginan yang dibuahi itu melahirkan dosa yang membawa kepada maut.

Aplication
Setiap keinginanku untuk mewujudkannya harus dengan cara yang benar dan berkenan pada Tuhan.

Prayer
Tuhan, mampukan aku untuk memenuhi keinginanku dengan hikmat dan tindakan yang benar. Amin.
Gratitude Journal
13 Oktober 2020

1. Bersyukur ada sisa roti tawar yang masih bagus jadi bisa dibuat puding roti.
2. Bersyukur ditraktir temanku yang ulang tahun nasi Padang.
3. Bersyukur pagi-pagi buat gulai telur dan seharian ini bocah-bocah suka makannya.
4. Bersyukur hari ini tunjangan kinerja masuk.
5. Bersyukur temanku puas dengan masker yang dipesannya.
6. Bersyukur sudah daftar seminar online tanggal 29-30 Oktober nanti.
7. Bersyukur malam bisa belanja ayam.

Palangka Raya, 13 Oktober 2020
-Mega Menulis-

Amsal 10

Amsal 10:22-23

Scripture 
Amsal 10:22 (TB)  Berkat TUHANlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya. 

Amsal 10:22 (FAYH)  Berkat TUHAN adalah kekayaan kita yang sesungguhnya, yang tidak disertai dukacita.

Observation
Setiap berkat Tuhan adalah kekayaan bagi orang percaya. Bukan hanya materi yang kelihatan, tapi segala pemberianNya. Ayat ini mendefinisikan kembali arti kaya. Bukan mereka yang punya uang, emas, mobil, tanah, dll yang disebut kaya tetapi pemberian Tuhan, ini bisa jadi kesehatan, keluarga, kenyamanan dalam beribadah, damai sejahtera di tengah situasi yang gak pasti, dll. 

Prayer 
Tuhan, tolong aku melihat setiap berkatMu dan menerimaNya dengan ucapan syukur. Amin.
Gratitude Journal
12 Oktober 2020

1. Bersyukur penyerapan anggaran kantor kami masuk 10 besar terbaik kategori BNNP. 
2. Bersyukur siang ditraktir Ayam Geprek dan gorengan sama bosku. 
3. Bersyukur bisa menyelesaikan tulisan untuk Majalah Pearl bulan ini.
4. Bersyukur bisa ajak Sara Sofia main di tempat sepupunya. 
5. Bersyukur bocah-bocah suka dengan boneka mini mereka. 
6. Bersyukur malam-malam bisa jajan bareng bocah-bocah. 
7. Bersyukur bisa ngobrol bareng suami.

Palangka Raya, 12 Oktober 2020
-Mega Menulis-

Lukas 12

Lukas 12

Scripture
Lukas 12:15 (TB)  Kata-Nya lagi kepada mereka: "Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu."

Observation & Aplication 
Umur seseorang tidak bergantung pada apa yang dimilikinya. Harus lebih bijak dalam mengelola harta. Bijak dalam menghasilkan, belanja, berbagi, berinvestasi. Harus ada keseimbangan supaya saat Tuhan menjemput gak ada penyesalan.

Prayer
Tuhan, berikan aku hikmat dalam mengelola apa yang ada padaku. Jangan biarkan aku lupa kalau umurku gak bergantung apa yang aku miliki. Amin.
Gratitude Journal
11 Oktober 2020

1. Bersyukur hari ini ultah sepupuku yang ke-9 tahun.
2. Omku sedang sakit, bersyukur di tengah sakitnya bisa merayakan ulang tahun anaknya dan keluarga bisa berkumpul.
3. Bersyukur bisa makan siang bareng keluarga besar.
4. Bersyukur bisa tidur siang lumayan lama. Menyenangkan. 
5. Bersyukur ada sepupu yang baru datang dari Denpasar dan ada oleh-oleh pie susu kesukaan bocah-bocah.
6. Bersyukur suami dapat arak Bali yang enak banget, kayak Vodka katanya rasanya.
7. Bersyukur bisa sharing dengan seorang teman tentang banyak hal.

Palangka Raya, 11 Oktober 2020
-Mega Menulis-

Matius 6

Matius 6:19-24

Scripture
Matius 6:21 (TB)  Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.

Observation
Pernah dapat kalimat bahwa pengeluaran terbesarku  menunjukkan di mana hatiku berada. Jadi kalau aku menghabiskan banyak untuk jajan makanan, berarti bagiku makanan adalah hal yang sangat penting. Atau, kalau aku berinvestasi sangat banyak pada tujuan ekonomi tertentu berarti itu hal yang sangat penting buatku. Ini jadi evaluasiku seharusnya. Setiap hari aku mencatat pengeluaran dan pemasukan di keluarga kami. Akhir bulan biasanya ada grafik yang menunjukkan di mana pengeluaran terbesar kami. Di situlah hati kami berada.

Kupikir berlaku juga kebalikannya. Kalau aku mau meletakkan hatiku pada suatu hal, aku bisa mulai dengan menaruh hartaku di sana. Pelan-pelan hatiku pasti akan mengikuti. Aku sudah buktikan. Bertahun-tahun lalu, aku mulai komitmen mendukung sebuah pelayanan setiap bulannya, sampai sekarang. Sejak itu, aku penasaran, apa sih yang dikerjakan dengan dukungan tersebut, apa saja kendalanya, dll.

Aplication
Aku mau mengevaluasi pengeluaran bulanan kami dan mengubah 'skema pengeluaran' kami yang memungkinkan sesuai dengan di mana kami mau menempatkan hati kami.

Prayer
Tuhan tolong aku menempatkan  hartaku dengan bijak, karena di sanalah hatiku berada. Amin.
Gratitude Journal
10 Oktober 2020

1. Bersyukur bisa bangun siang dan bersantai seharian.
2. Bersyukur masih ada jatah laundry.
3. Bersyukur bisa pesan makanan dna minuman di Gofood, seharian emang bersantai ria.
4. Bersyukur anak-anak tidur cepat, bisa pillow talk sama suami.
5. Bersyukur bisa mewarnai bareng anak-anak, mereka hepi banget, aku juga.
6. Bersyukur bisa belanja online dan free ongkir di Shopee.

Palangka Raya, 10 Oktober 2020
-Mega Menulis-

Amsal 21

Amsal 21

Scripture
Amsal 21:20 (TB)  Harta yang indah dan minyak ada di kediaman orang bijak, tetapi orang yang bebal memboroskannya. 

Observation
Setiap hari ada pilihan, mau boros atau nggak. Terkadang aku memikirkan kenyamanan dan gak bijak dengan uang, apalagi saat merasa uang yang aku pegang lebih banyak dari biasanya. Gak boleh gitu lagi. Saat Tuhan berkati lebih, aku gak boleh egois memikirkan diri sendiri tapi tanya Tuhan, Dia mau aku apakan berkat dariNya

Prayer
Tuhan, ingatkanlah aku kalai aku hanya pengelola dan Engkaulah Empunya segala yang ada padaku. Ajar aku untuk peka dan bertanya selalu apa yang Tuhan mau. Amin.
Gratitude Journal
9 Oktober 2020

1. Bersyukur bisa melanjutkan lagi input anggaran hari ini, ternyata waktunya diperpanjang.
2. Bersyukur sore selesai penginputan jadi gak perlu lembur. Bersyukur nilainya pas dengan pagu definitif. 
3. Bersyukur bisa menyiapkan bahan paparan di tengah kesibukan input anggaran.
4. Bersyukur anak-anak hari ini gak rewel, bahkan tidur cepat malamnya. Jadi aku dan suami bisa quality time.

Palangka Raya, 9 Oktober 2020
-Mega Menulis-

Kejadian 41

Kejadian 41:25-36

Scripture
Kejadian 41:36 (TB)  Demikianlah segala bahan makanan itu menjadi persediaan untuk negeri ini dalam ketujuh tahun kelaparan yang akan terjadi di tanah Mesir, supaya negeri ini jangan binasa karena kelaparan itu."

Observation
Berhikmat dalam mengelola berkat Tuhan, itu rhema yang kudapat. Ada saatnya menyimpan, ada saatnya mengeluarkan. Ada saatnya menahan diri, ada saatnya bermurah hati.

Observation
Aku berkomitmen menyimpan setiap pendapatan tambahan pada reksadana.

Prayer
Tuhan, mampukan aku mengelola dengan bijak setiap pemberianMu. Tolong aku untuk menggunakan dan menyimpan dengan bijak. Amin.
Gratitude Journal
7 Oktober 2020

1. Bersyukur bisa blessing mamah dengan bumbu jadi yang aku siapkan.
2. Bersyukur bisa dengar curhatan adek iparku.
3. Bersyukur bisa ikut 2 meeting virtual dari pagi sampai sore.
4. Bersyukur buat kesehatan kami sekeluarga.
5. Bersyukur bisa blessing teman-teman seruangan makan siang bareng.
6. Bersyukur lulus inpassing Perencana dari Bappenas, kami sekantoran bertiga yang ikut, lulus semua. Puji Tuhan.
7. Bersyukur bisa jalan bareng sekeluarga beli terang bulan di depan kantor pos.
8. Bersyukur sebaran anggaran dan Standa Aktivitas sudah keluar. Besok lembur deh.
9. Bersyukur sukses dapat masker batik kultur.

Palangka Raya, 7 Oktober 2020
-Mega Menulis-

1 Timotius 6

1 Timotius 6:6-10

Scripture
1 Timotius 6:8 (TB)  Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah. 

Observation&Aplication 
Kalau selama ini aku ingin ini itu, mengharapkan memiliki banyak hal baru merasa cukup, hari ini aku harus mendefinisikan ulang kata 'cukup'. Firman Tuhan bilang asal ada makanan dan pakaian, cukuplah. Aku selalu berkecukupan, puji Tuhan. Bahkan berkelimpahan. 
 
Malahan, aku harus belajar gak menyia-nyiakan apa yang aku miliki. Beli sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Hari ini merapikan lemari pakaian dan menemukan kalau ada makanan yang sudah expired. Terpaksa dibuang deh. Gak boleh gitu lagi. Lapar mata terus mubazir.

Prayer 
Tuhan, tolong aku supaya tertib dalam berbelanja supaya gak menyia-nyiakan berkat Tuhan dan membuangnya hanya karena lapar mata. Amin.
Gratitude Journal
6 Oktober 2020

1. Bersyukur hari ini gak perlu memasak banyak, cuma memasak nasi dan lauk tinggal beli.
2. Bersyukur bisa ikut kursus via WA dengan biaya murah.
3. Bersyukur bisa istirahat siang di rumah, karena sedang haid jadi enak banget rasanya bisa tidur siang.
4. Bersyukur hari ini nyuapin bocah gampang banget.
5. Bersyukur semua barang pesananku di Shopee ada dan sudah dikirim.

Palangka Raya, 6 Oktober 2020
-Mega Menulis-

Kisah Para Rasul 5

Kisah Para Rasul 5

Scripture
Kisah Para Rasul 5:2 (TB)  Dengan setahu isterinya ia menahan sebagian dari hasil penjualan itu dan sebagian lain dibawa dan diletakkannya di depan kaki rasul-rasul.

Observation
Suami istri bersepakat dalam hal dosa dan ingin menipu hamba Tuhan. Duh. Apa mereka gak saling menegur ya. Sayang sekali. Padahal pasangan hidup bisa jadi adalah orang yang paling berpengaruh dalam hidup seseorang. Sayang sekali mereka berdua gagal menggunakan pengaruhnya secara benar. Gak tahu ide dari mana pertama kali penipuan ini muncul, yang jelas Ananias dan Safira telah berbuat dosa. Padahal tanpa dijual pun tanah itu menjadi milik mereka. Buat apa mereka menipu? Kemungkinan mereka ingin dilihat orang lain sebagai orang yang dermawan. Aku juga diingatkan untuk memiliki motivasi yang benar dalam melakukan segala sesuatu, jangan hanya karena ingin dilihat orang lain.

Aplication
- Sebagai istri aku harus mengingatkan suami saat melakukan dosa.
- Aku harus melakukan sesuatu dengan motivasi yang benar.

Prayer
Tuhan, sebagai suami istri, tolong kami untuk melakukan kebenaran dan hidup murni di hadapanMu. Jangan biarkan kami memiliki motivasi yang gak berkenan di hadapan Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
5 Oktober 2020

1. Bersyukur hari ini honor PPSPM dan sisa perjalanan dinas keluar.
2. Bersyukur bisa belanja dengan free ongkir.
3. Bersyukur realisasi penyerapan anggaran kantor sudah mencapai 70%.
4. Bersyukur update pelaporan aplikasi Emonev Bappenas dan SMART KEMENKEU untuk BNNP Kalteng dan BNNK Palangka Raya susah selesai, tinggal BNNK Kotawaringin Barat yang belum beres.
5. Bersyukur bisa blessing sepupu-sepupuku.
6. Bersyukur bisa beli tiket pesawat untuk berangkat temanku besok.
7. Bersyukur bisa makan martabak dan terang bulan bareng keluarga.

Palangka Raya, 5 Oktober 2020
-Mega Menulis-

2 Raja-raja 5

2 Raja-raja 5:15-27

Scripture
2 Raja-raja 5:22 (TB)  Jawabnya: "Selamat! Tuanku Elisa menyuruh aku mengatakan: Baru saja datang kepadaku dua orang muda dari pegunungan Efraim dari antara rombongan nabi. Baiklah berikan kepada mereka setalenta perak dan dua potong pakaian." 

Observation
Gehazi berbohong demi mendapatkan harta,dia menggunakan nama Elisa dan berdusta. Endingnya menyedihkan, dustanya mendatangkan kutuk baginya.

Aplication
Aku gak boleh berdusta untuk mendapatkan apa yang kuinginkan. Tuhan tidak berkenan dengan cara yang demikian.

Prayer
Tuhan, mampukan untuk selalu jujur dalam segala perkara. Amin.
Gratitude Journal
4 Oktober 2020

1. Bersyukur mama mertua sampai di Sibolga dengan selamat.
2. Bersyukur bocah-bocah bisa main di TK dekat tempat mamaku.
3. Bersyukur hari ini perjamuan kudus.
4. Bersyukur bisa nyobain Kopi Janji Jiwa yang sedang promo dekat rumah mamaku.
5. Bersyukur malam bisa makan bersama di tempat mama.
6. Bersyukur ada tante yang mengajariku sepeda waktu kecil mengunjungi kami.
7. Bersyukur masker pesananku sudah datang.
8. Bersyukur laundry kami sudah selesai.
9. Bersyukur ada beberapa temanku yang pesan baju tidur anak.

Palangka Raya, 4 Oktober 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 37

Mazmur 37

Scripture
Mazmur 37:16 (TB)  Lebih baik yang sedikit pada orang benar dari pada yang berlimpah-limpah pada orang fasik; 

Observation & Aplication 
FOKUS pada ayat ini adalah untuk hidup benar. Gak peduli memilih banyak atau sedikit, kaya atau miskin, aku harus tetap hidup benar di hadapan Tuhan.

Prayer
Tuhan, aku mau melakukan yang benar dan menyenangkan Tuhan. Tolong aku yang lemah ini, yang sering fokus memikirkan harta dunia. Amin.
Gratitude Journal
3 Oktober 2020

1. Bersyukur ada berkat untuk blessing saudara yang akan menikah.
2. Bersyukur bisa menginap di tempat mamaku setelah sebulanan lebih ga menginap.
3. Bersyukur ada pie susu kesukaan bocah-bocah di tempat mamaku.
4. Bersyukur ada beberapa teman yang pesan baju tidur anak.
5. Bersyukur hari ini haid.
6. Bersyukur sudah setor ayat hapalan bulan September.

Palangka Raya, 3 Oktober 2020
-Mega Menulis-

Lukas 16

Lukas16:10-12

Scripture
Lukas 16:12 (FAYH)  Dan kalau kalian tidak jujur dengan uang orang lain, bagaimana mungkin kalian dipercayai dengan uang yang akan menjadi milik kalian?

Observation
Wih, dalem banget. Baca ayat ini jadi kaget. Berarti, bisa jadi awalnya Tuhan ingin melihat bagaimana aku bertanggung jawab dengan harta orang lain sebelum memberikan harta itu ke aku. Bagaimana Tuhan mau percayakan lebih banyak untuk aku kelola sendiri kalau aku gak bisa dipercaya dengan yang sedikit. Jangan meremehkan hal kecil sekalipun.

Aplication
Aku harus jujur dan mencatat dengan baik uang yang dipercayakan ke aku.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk selalu jujur dan bertanggung jawab dalam segala perkara. Amin.
Gratitude Journal
2 Oktober 2020

1. Bersyukur bisa bayar kreditan rumah di Kasongan.
2. Bersyukur sudah 5 tahun setia memberikan persembahan kasih untuk sebuah pelayanan. 
3. Bersyukur bisa minum es teler sekeluarga. 
4. Bersyukur bisa jalan bareng adek bungsuku dan bocah-bocah. 
5. Bersyukur bisa chat sama teman smaku dulu. 
6. Bersyukur bisa istirahat malam lebih cepat dari biasanya.

Palangka Raya, 2 Oktober 2020
-Mega Menulis-

2 Korintus 4

2 Korintus 4

Scripture
2 Korintus 4:8-10 (TB)  Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terjepit; kami habis akal, namun tidak putus asa; 
kami dianiaya, namun tidak ditinggalkan sendirian, kami dihempaskan, namun tidak binasa. 
Kami senantiasa membawa kematian Yesus di dalam tubuh kami, supaya kehidupan Yesus juga menjadi nyata di dalam tubuh kami.

Observation & Aplication 
Masalah apapun gak ada artinya saat aku mengingat Kristus yang sudah mati buatku. Amin. Malam ini harus mengambil keputusan yang mungkin membuatku dimarahi bos besok. Tapi ya sudah lah. Ayat ini memberikan penghiburan dan mengingatkan kalau kematian Kristus bagiku memampukanku menghadapi apapun.

Prayer
Tuhan, aku mau tidur dengan tenang karena yang terjadi besok bisa kuhadapi bersamaMu. Amin.
Gratitude Journal
30 September 2020

1. Bersyukur bisa buat bakso, walaupun gak mulus kayak yang dijual orang tapi enak.
2. Bersyukur bisa belanja sekeluarga.
3. Bersyukur Sara senang banget dibuatin kentang goreng.
4. Bersyukur kripik singkong laku.
5. Bersyukur pagi-pagi suami mau belanja.
6. Bersyukur berani mengambil keputusan meskipun beresiko.
7. Bersyukur bisa chatting di wa sama sahabatku dan ngakak berdua.

Palangka Raya, 30 September 2020
-Mega Menulis-

Ibrani 13

Ibrani 13

Scripture
Ibrani 13:5 (TB)  Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau." 

Observation&Aplication 
Indonesia resmi memasuki masa resesi, kekuatiran tentang inflasi dan deflasi muncul. Apalagi kalau membayangkan gimana nanti kalau begini atau begitu.

Firman hari ini sangat jelas:
- Aku gak boleh menjadi hamba uang
- Aku harus mencukupkan diri dengan apa yang ada, hidup sesuai dengan kemampuan
- Tuhan tidak akan membiarkan dan meninggalkan aku

Prayer
Tuhan, terima kasih karena Engkau tidak pernah meninggalkanku. Aku percaya, mau resesi atau ngga, aku aman di dalam tanganMu. Amin.
Gratitude Journal
1 Oktober 2020

1. Bersyukur pagi-pagi suami mau ke warung dah beli tempe jadi bisa buat nasi uduk lengkap. Yay.
2. Bersyukur siang dapat kotakan nasi uduk.
3. Bersyukur dapat giveaway lukisan potret ukuran A5 gratis. 
4. Bersyukur hari ini gajian dan bisa bayar cicilan rumah Palangka. 
5. Bersyukur bisa jalan bareng adek bungsuku.
6. Bersyukur bisa pesan rebusan untuk acara olahraga besok.

Palangka Raya, 1 Oktober 2020
-Mega Menulis-

Kisah Para Rasul 28, Amsal 27

Kisah Para Rasul 28 Scripture        Kisah Para Rasul 28:24 (TB)  Ada yang dapat diyakinkan oleh perkataannya, ada yang tetap tidak percaya....