.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Saturday, November 14, 2020

Matius 4

Matius 4:1 - 11

Scripture
Matius 4:7 (TB)  Yesus berkata kepadanya: "Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!" 

Observation
Reminder :Jangan membawa diri ke dalam pencobaan. Setelah melakukan hal bodoh lalu mengharapkan Tuhan tolong? Wait. Tunggu dulu. Tuhan penuh kasih karunia tapi kita tidak bebas dari konsekuensi setiap perbuatan kita.

Aplication
Kalau sesuatu yang aku tahu berakibat buruk, jangan dilakukan! Jangan mencobai Tuhan Meg.

Prayer
Tuhan, mampukan aku memilih melakukan hanya yang berkenan dan menyenangkan hati Tuhan saja. Amin.
Gratitude Journal
13 November 2020

1. Bersyukur hari ini bisa beristirahat di rumah dan gak ngantor. Aku mulai flu dan batuk, jadi pusing dan butuh istirahat.
2. Bersyukur suamiku sempat ke dokter dan operasinya sudah dijadwalkan.
3. Bersyukur anak-anak gak rewel hari ini dan bisa dikasih tahu.
4. Bersyukur sudah terima pembayaran masker.
5. Bersyukur sore sudah agak baikan dan bisa ke tempat mamaku.
6. Bersyukur bisa chat dengan teman SMAku dan sharing banyak hal.

Palangka Raya, 13 November 2020
-Mega Menulis-

Kolose 3

Kolose 3:1-10

 Scripture
Kolose 3:7 (TB)  Dahulu kamu juga melakukan hal-hal itu ketika kamu hidup di dalamnya. 

Observation
Memang mudah membicarakan dan menghakimi dosa orang lain, padahal bisa jadi dahulu kita juga melakukannya. Atau jangan-jangan sekarang masih? Duh. Reminder banget kalau aku menerima anugerah keselamatan hanya semata-mata kasih karunia, aku gak berhak merendahkan mereka yang belum menerima anugerah yang sama. Justru aku malah harus berbelas kasihan sambil mengingat dulu aku juga melakukan dosa juga, bahkan sampai sekarang jug masih. Sama-sama berdosa namun dengan dosa yang berbeda. 

Aplication 
Aku berurusan dengan dosaku sendiri, gak perlu mengurusi dosa orang lain.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk mengasihi daripada menghakimi. Amin.
Gratitude Journal
12 November 2020

1. Bersyukur masih ada ayam KFC semalam jadi ga perlu masak lauk lagi.
2. Bersyukur bisa nonton bareng suami sambil cerita banyak hal.
3. Bersyukur minus di portofolioku mengecil.
4. Bersyukur tiga bulan ini gak perlu mengisi SMART KEMENKEU, hanya perlu koreksi jika ada capaian yang gak sesuai.
5. Bersyukur anak-anak sehat walaupun aku dan suami kurang sehat.
6. Bersyukur dari kantor dapat jatah vitamin.

Palangka Raya, 12 November 2020
-Mega Menulis-

Kolose 1

Kolose 1:19-23

Scripture
Kolose 1:23 (TB)  Sebab itu kamu harus bertekun dalam iman, tetap teguh dan tidak bergoncang, dan jangan mau digeser dari pengharapan Injil, yang telah kamu dengar dan yang telah dikabarkan di seluruh alam di bawah langit, dan yang aku ini, Paulus, telah menjadi pelayannya. 

Observation
Jemaat di Filipi diminta bertekun dalam iman. Tekun dalam KBBI berarti : rajin, keras hati, dan bersungguh-sungguh. Iman bukan sekedar percaya, bikan sekedar perasaan, tapi tindakan. Iman ditunjukkan dengan perbuatan. Jadi perenunganku, apakah tindakanku setiap hari menunjukkan imanku kepada Kristus? Apakah ucapanku menunjukkan kepada siapa aku percaya? 

Aplication
Apakah tindakan iman seorang murid Kristus? Lakukan Meg! 

Prayer 
Tuhan, tolong aku, mampukan aku menyatakan imanku lewat setiap hal yang aku kerjakan. Amin.
Gratitude Journal
11 November 2020

1. Bersyukur hari ini gak perlu masak, tinggal manasin makanan yang ada.
2. Bersyukur ada diskon KFC dan voucher promo GoFood, jadi lumayan tuh diskonnya.
3. Bersyukur kegiatan rakernis di kantor lancar.
4. Bersyukur bisa blessing istrinya temanku yang sedang hamil.
5. Bersyukur dapat puisi yang bagus banget tentang pernikahan.
6. Bersyukur dapat honor Panitia Kegiatan.

Palangka Raya, 11 November 2020
-Mega Menulis-

Efesus 2

Efesus 2:1-10

Scripture
Efesus 2:10 (TB)  Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

Observation 
Aku ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya aku hidup di dalamnya.

Allah punya rencana untuk hidupku. Aku dirancang untuk memancarkan kemuliaanNya. Jadi, kalau aku hidup ga memenuhi tujuanku diciptakan, aku berdosa.

Aplication
Tanya sama Tuhan sebelum melakukan sesuatu, "Apakah yang akan aku lakukan ini memuliakan Tuhan?"

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya hidup sesuai blue print Tuhan dalam hidupku. Amin.
Gratitude Journal
10 November 2020

1. Bersyukur upacara hari Pahlawan tahun ini bisa diikuti secara online.
2. Bersyukur bisa makan siang bareng 3 sahabatku.
3. Bersyukur anak-anak senang dengan gelas karakter yang kubeli.
4. Bersyukur bisa ke rumah sepupuku ngantar bocah-bocah main.

Palangka Raya, 10 November 2020
-Mega Menulis-

Efesus 4

Efesus 4:20-24

Scripture
Efesus 4:24 (TB)  dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya. 

Observation
Allah menghendakiku mengenakan manusia baru yang hidup dalam kebenaran dan kekudusan. Apakah hidupku demikian? Kalau ngga, berarti aku masih mengenakan manusia lamaku. Ada saat di mana aku masih kalah dibandingkan nafsuku, bahkan di saat aku kira aku sudah menang. Meninggalkan manusia lama dan mengenakan manusia baru bukan hanya sekali dilakukan tapi harus terus-menerus, mengenakan Kristus dengan kesadaran ingin menyenangkan Dia.

Aplication
Kalau sesuatu yang kulakukan  akan membuatku tidak semakin mengasihi Kristus, gak usah dilakukan. Jangan buka celah bagi iblis.

Prayer
Tuhan, mampukan aku untuk melakukan hanya yang menyenangkan Tuhan saja, jangan biarkan aku jatuh ya Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
9 November 2020

1. Bersyukur bocah mau Sop Sosis yang aku buat.
2. Bersyukur bisa nonton bareng dengan suami malam ini.
3. Bersyukur suamiku dapat blessing dari Bosnya.
4. Bersyukur harga saham mulai naik.

Palangka Raya, 9 November 2020
-Mega Menulis-

Efesus 6

Efesus 6:10-17

Scripture
Efesus 6:16 (TB)  dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,

Observation
Dalam segala keadaan aku harus menggunakan perisai iman. Iman yang bagaimana? Tentunya iman yang bukan bergantung perasaan, perasaan bisa berubah. Kadang aku yakin pada kekuatan Allah dan mempercayaiNya, kadang nggak. Bisa terjadi demikian. Iman yang benar didasari oleh perkataan Allah pada firmanNya. Sekalipun aku merasa gak yakin, tapi aku tetap pegang firman Tuhan, DALAM SEGALA KEADAAN.

Aplication
Dalam segala keadaan aku mau pegang firman Tuhan,bahkan saat aku merasa gak percaya, aku pegang setiap perkataan Tuhan.

Prayer
Tuhan, imanku gak akan bergantung pada perasaan tapi pada setiap perkataan firman Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
8 November 2020

1. Bersyukur masih ada sisa bakso kemarin, jadi gak usah banyak masak.
2. Bersyukur siang ini bisa ke tempat mamaku.
3. Bersyukur bisa nonton bareng suami.
4. Bersyukur pulang ke rumah sore gak kehujanan.

Palangka Raya, 8 November 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 139

Mazmur 139

Scripture
Mazmur 139:16 (TB)  mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satu pun dari padanya. 

Observation
Tuhan tahu apa yang akan aku lakukan bahkan sebelum aku ada. Ini luar biasa sekali buatku karena berarti dosa-dosa yang akan aku buat pun tahu, tapi Dia mengampuniku. Tuhan tahu dan tetap mengasihiku. Aku membayangkan kalau misal aku tahu kejahatan yang akan dilakukan orang ke aku sebelum aku mengenalnya, pasti aku gak mau dekat dengannya. Tapi Tuhan mengambil resiko tetap mengasihi walaupun terus disakiti.

Aplication
Aku mau belajar tetap mengasihi mereka yang menyakitiku.

Prayer
Tuhan, tolong aku mengasihi seperti Engkau mengasihi. Amin.
Gratitude Journal
7 November 2020

1. Bersyukur hari ini cerah, pakaian yang kujemur kering semua.
2. Bersyukur seharian bisa makan mie ayam bakso.
3. Bersyukur hari ini bisa tidur siang lama banget.
4. Bersyukur bisa sharing dengan seorang teman lama.

Palangka Raya, 7 November 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 94

Mazmur 94:16-19

Scripture 
Mazmur 94:19 (TB)  Apabila bertambah banyak pikiran dalam batinku, penghiburan-Mu menyenangkan jiwaku.

Observation
Baru saja nonton vlog tentang menghitung dana pensiun. Aku mulai dong menghitung punyaku, duh seketika kepalaku pusing. Memikirkan masa depan membuat pikiran penuh. Lalu, aku ingat aku pernah buat tulisan tentang kekuatiran. Aku dihibur oleh firman Tuhan. Sungguh penghiburanNya menenangkan bahkan menyenangkan jiwaku.

Aplication
Kekuatiran tidak membawaku kemana-mana kalau aku cuma kuatir, aku perlu melakukan yang bisa kulakukan dan menyerahkan kekuatiranku kepada Tuhan.

Prayer
Tuhan, terima kasih buat penghiburanMu yang menenangkan jiwaku. Aku bersyukur untuk setiap firmanMu. Amin.
Gratitude Journal
6 November 2020

1. Bersyukur bisa blessing teman-teman seruangan.
2. Bersyukur hari ini suamiku yang belanja bulanan.
3. Bersyukur haidku lancar.
4. Bersyukur mama ke rumah dan bisa ngobrol sama mama.
5. Bersyukur bisa dapat masker pesanan orang.
6. Bersyukur bisa masak sambal goreng kentang hati, sudah lama pengen baru kesampaian.
7. Bersyukur bisa cuci pakaian.
8. Bersyukur kami sekeluarga sehat.

Palangka Raya, 6 November 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 10

Mazmur 10:1-4

Scripture
Mazmur 10:1 (TB)  Mengapa Engkau berdiri jauh-jauh, ya TUHAN, dan menyembunyikan diri-Mu dalam waktu-waktu kesesakan? 

Observation
Pernah baca kalimat yang kurang lebih seperti ini:Sewaktu murid sedang ujian, gurunya pasti diam, seperti itulah Tuhan sewaktu kita menghadapi ujian hidup. Aku dulu juga berpikir demikian, tapi sekarang kupikir-pikir bisa saja saat kesesakan Tuhan terasa jauh karena dia fokus pada masalahnya, bukan fokus pada kehadiran Tuhan. Aku pernah mengalami keduanya, saat dalam kesesakan Tuhan terasa jauh dan terasa sangat dekat. Waktu aku mengalami kesesakan dan aku merasa ga ada solusi, bertanya-tanya kok Tuhan diam dan gak bertindak, ya Tuhan terasa jauh. Di lain waktu saat aku menangis dan bilang aku capek Tuhan, Tuhan terasa dekat dan peluk aku. Dia beri penghiburan.

Aku belajar kalau kehadiran Tuhan ga tergantung perasaanku. Perasaan bisa berubah-ubah tapi firmanNya tetap. Di berjanji akan selalu menyertai dan itu yang terjadi. Dilihat atau tidak dilihat, dirasakan atau tidak dirasakan,  Dia sekali-kali tidak pernah meninggalkanku.

Aplication
Aku mau terus percaya, Tuhan selalu di dekatku.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya terus meyakini kehadiranMu gak bergantung perasaanku tapi Tuhan ada di dekatku selalu. Amin.
Gratitude Journal
5 November 2020

1. Bersyukur tunkin masuk jadi bisa bayar kredit rumah Palangka dan Kasongan.
2. Bersyukur bisa bayar KK dan investasi emas.
3. Bersyukur bisa nemanin tamu dari Biro Keuangan.
4. Bersyukur bisa menamatkan tontonan drama bareng suami.

Palangka Raya, 5 November 2020
-Mega Menulis-

Mazmur 1

Mazmur 1:1-3

Scripture
Mazmur 1:3 (TB)  Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil. 

Observation & Aplication 
Baca ini jadi ngeh, ternyata ada masa di mana pohon tidak berbuah. Tidak ada yang salah kalau belum berbuah, asalkan setia pada proses yang sedang dijalani. Untuk segala sesuatu ada masanya. Kalau di masa ini aku belum berbuah, mungkin ini waktunya aku memperkuat akarku, berakar di dalam Dia supaya angin kencang tidak menumbangkanku. Mungkin ini waktunya aku merontokkan daun-daunku untuk mengurangi penguapan sehingga aku fokus melakukan yang penting untuk bertumbuh. Aku gak perlu frustrasi kalau belum berbuah saat ini. Lakukan bagianku dengan setia dan nantikan buah-buah terbaik muncul. 

Prayer 
Tuhan, ajarku menanti dengan setia janjiMu. Sekalipun belum berbuah bahkan bunga pun belum muncul, aku mau terus berakar di dalam Engkau. Amin.
Gratitude Journal
4 November 2020

1. Bersyukur honor PPSPM keluar. Yay.
2. Bersyukur bisa beli tahu bakso dari temanku.
3. Bersyukur aku menyadari kebiasaan jelek Sara Sofia akhir-akhir ini ternyata dari aku. Aku harus berubah dan beri teladan.
4. Bersyukur traffic blogku naik sudah dua bulan ini, bersyukur bisa jadi berkat lewat tulisanku.
5. Bersyukur sudah setor ayat hapalan bulan Oktober.

Palangka Raya, 4 November 2020
-Mega Menulis-

Monday, November 9, 2020

Roma 12

Roma 12 :1-3

Scripture
Roma 12:3 (TB)  Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing.

Observation
Penguasaan diri menjadi pergumulanku seumur hidup. Terkadang bergumul menguasai  nafsu makan, terkadang bergumul supaya gak gampang marah, di lain waktu berjuang supaya gak mengurus hal yang gak penting.

Aplication
- Aku perlu mengendalikan nafsu makanku.
- Harus menjaga lidah supaya gak mengeluarkan perkataan yang sia-sia.

Prayer
Tuhan, tolong aku, kuasai diriku. Biarlah aku dikuasai Roh Allah ketimbang keinginanku. Amin.
Gratitude Journal
3 November 2020

1. Bersyukur bisa buat stok sambal agak banyak.
2. Bersyukur bisa mencuci pakaian sepulang kantor.
3. Bersyukur pulang kantor gak kehujanan.
4. Bersyukur jualanku laku.
5. Bersyukur bisa pesan spidol yang gampang dihapus untuk bocah. 
6. Bersyukur bisa nonton berdua suami.

Palangka Raya, 3 November 2020
-Mega Menulis-

Roma 1

Roma 1 

Scripture 
Roma 1:21 (TB)  Sebab sekalipun mereka mengenal Allah, mereka tidak memuliakan Dia sebagai Allah atau mengucap syukur kepada-Nya. Sebaliknya pikiran mereka menjadi sia-sia dan hati mereka yang bodoh menjadi gelap.

Observation
Orang yang mengenal Allah, hidupnya memuliakan Allah dan dipenuhi ucapan syukur kepada Allah. Cek dan ricek deh jadinya, apakah hidupku demikian? Ya, aku mengucap syukur setiap hari. Tapi memuliakan Dia? Aku rasa nggak. Aku diingatkan akhir-akhir ini, aku banyak menghabiskan waktu dengan sia-sia, main games doang 😔 Tuhan gak melarang untuk main games sih, tapi kalai aku jadi diperhamba oleh games tersebut, ini bukanlah hidup yang memuliakan Dia.

Aplication
Aku mau hapus games yang ada di HP.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk memuliakan Tuhan setiap hari. Membuang hal-hal yang gak memuliakan Engkau dan mulai hidup untuk kemuliaanMu saja. Amin.
Gratitude Journal
2 November 2020

1. Bersyukur Sara Sofia suka ikan yang aku masak.
2. Bersyukur sudah bayar kredit rumah Palangka Raya.
3. Bersyukur bisa buat ayam kecap untuk stok masak bubur, mie, dan nasi goreng.
4. Bersyukur bocah-bocah tidur cepat.

Palangka Raya, 2 November 2020
-Mega Menulis-

Roma 8

Scripture
Roma 8:6 (TB)  Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera.

Observation & Aplication 
Jengkel lihat komen saudara kita yang Muslim di artikel tentang pemenggalan kepala di Perancis lalu lihat teman yang berdebat di komentar. Pengen juga ikutan. Aku japri temanku malah dia bilang kalau debat gituan harusnya pakai akun yang beda,dia lupa. Lalu mikir, ah ngapain hidup kayak gitu, gak damai. Ngapain berdebat yang tak berujung. Repot amat ya cuma buat berdebat. Gak guna, gak jadi duit, buang waktu pulak 🤣 Akhirnya ga jadi deh aku komen juga di situ. Lebih baik hidup damai dan menjauhi perdebatan sia-sia.

Prayer 
Tuhan jadikanlah aku pembawa damai lewat kehadiranku di manapun termasuk medsos. Amin.
Gratitude Journal
1 November 2020

1. Bersyukur ini hari terakhir liburan di long weekend.
2. Bersyukur bisa masak bareng mama.
3. Bersyukur bisa tidur siang lama banget.
4. Bersyukur ada GoCar jadi malam-malam pulang dari tempat mama gak kehujanan.
5. Bersyukur bisa sepakat masalah keuangan dengan suami.
6. Bersyukur dibelikan siomay yang enak banget sama tanteku.
7. Bersyukur adekku sudah mau berangkat kerja ke lapangan lagi.

Palangka Raya, 1 November 2020
-Mega Menulis-

Friday, November 6, 2020

Penjala Ikan Menjadi Penjala Manusia

Bacaan : MATIUS 4:18-22 (Yesus memanggil murid-murid yang pertama)

 

Dengan gampangnya, (calon) murid-murid Yesus meninggalkan pekerjaannya dan mengikuti Yesus. ASLI, begitu mudahnya, seperti gak berpikir, sepertinya cuma ini yang terjadi:

Yesus : Aku akan membuatmu menjadi penjala manusia. Yuk ikut Aku...!!!

(calon) murid : Ayoookkkk..... !(meninggalkan jalanya dan langsung mengikut Yesus).

Gitu doang loooo ^^ Gak ada tuh acara KKR dulu, atau Yesus menginjili mereka dan meminta mereka berdoa menjadi orang percaya, ga ada sesi penginjilan, ga adaaaa.... Emang sih sebelumnya Yesus memberitakan injil di Galilea, itupun hanya dengan kalimat yang singkat, padat dan jelas: "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga  sudah dekat!"

 

Nyatanya pribadi Yesus begitu mempesona mereka sehingga mereka bersedia mengikuti Dia. Konon, perjumpaan dengan Yesus mengubah hidup seseorang. Tapi, secara spesifik bukan hanya berjumpa, harus ada kesediaan mengikut Dia. Si penjala akan diubah menjadi penjala manusia. Perjumpaan dengan Yesus hanya akan menghasilkan perubahan hidup saat seseorang mau mengikut Yesus dari dekat. Bukan dari kejauhan. Kenapa? Karena hanya dengan mengikut Dia maka  kita melihat Dia dari dekat bergaul akrab denganNya, mengetahui isi hatiNya,  mengenalnya dan melakukan apa yang Dia lakukan. Saat itulah hidup berubah.

 

Para murid yang awalnya mencari ikan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri, kemudian mencari manusia untuk diselamatkan. Dari yang awalnya memikirkan diri sendiri  menjadi memikirkan sesama. Panggilan Yesus mengubah hidup seseorang. Mengubah fokusnya, tujuannya,  caranya hidup, caranya memperlakukan sesama,  dll. Yesus berjanji membuat mereka melakukan yang lebih besar dari yang mereka lakukan sebelum mengikut Yesus. Dulu menjala ikan, kemudian menjala manusia. Yesus memenuhi janjiNya.

 

Saat mengikut Yesus, bukan berarti para murid tidak memerlukan hal-hal yang sebelumnya mereka perlukan (makan, minum, tempat berteduh, pasangan hidup ^^V, dll), they still need them. Bedanya, mereka mempercayai Yesus untuk memenuhinya. Mereka mempercayai Yesus-gak tahu sebesar apa rasa percaya mereka awalnya padaNya, yang jelas mereka percaya Dia. Bayangkan, mengikuti seorang anak tukang kayu. Bukan hal yang mudah Esmeralda! Apalagi jika memikirkan bagaimana kebutuhan mereka terpenuhi. Yesus bukan orang kaya, pekerjaannya gak jelas, gak punya prestasi apa-apa, terus, bagaimana kalo Yesus ini pendusta,bah!! Apa gak sia-sia tuh mereka mengikut Dia? Kalau Yesus bukan penipu, tetapi  gila, apa mereka yang mengikutnya tidak disebut gila juga? Mengikuti Yesus mendatangkan banyak resiko. Dan murid-murid mengambil resiko itu. Mereka memulai dengan iman, sayang ada yang tidak mengakhirinya dengan iman. Teringat kutipan yang baru kubaca akhir-akhir ini, aku lupa dari sapa, intinya seperti ini:Tidak penting bagaimana kamu memulai, yang penting bagaimana kamu mengakhirinya.

 

Ada pengorbanan dalam sebuah panggilan. Terkadang seseorang harus meninggalkan pekerjaan lamanya, hartanya bahkan keluarganya. Saat Tuhan memanggil kita mengikut Dia, ada pengorbanan yang harus kita lakukan. Sulit memang. Ada harga yang harus dibayar untuk sebuah panggilan. Tetapi itu sepadan. Pasti. Jim Elliot pernah berkata :"Tidaklah bodoh orang yang memberikan apa yang tidak dapat dipertahankannya demi memperoleh apa yang tidak dapat dirampas darinya.” 

 

Murid-murid meninggalkan keluarganya, pekerjaannya, dan kehidupannya untuk entah sampai berapa lama. Bagi orang lain mereka mungkin gila atau aneh atau bodoh, tapi mereka telah memilih yang terbaik dan tak mungkin dirampas darinya.

  Ditulis untuk Majalah Pearl


Sunday, November 1, 2020

Kisah Para Rasul 4

Kisah Para Rasul 4:32-37

Scripture
Kisah Para Rasul 4:34 (TB)  Sebab tidak ada seorang pun yang berkekurangan di antara mereka; karena semua orang yang mempunyai tanah atau rumah, menjual kepunyaannya itu, dan hasil penjualan itu mereka bawa

Observation
Ngeri-ngeri sedap cara hidup jemaat mula-mula ini, hahaha. Kalau dipikir hidup bersama seperti ini memerlukan hati yang merasa cukup dengan Kristus, ga ada ruang untuk keinginan pribadi. Susah sekali kalau egois, pasti gak nyaman hidup di sini. Seperti ada keharusan untuk berbagi, memperhatikan kebutuhan orang lain, mempercayai orang laibln dan mengesampingkan keinginan sendiri. Wow.

Aplication
Aku gak boleh egois, perlu belajar memperhatikan orang lain. 

Prayer
Ampuni aku Tuhan, seringkali aku masih egois dan gak memikirkan orang lain. Tuhan, tolong aku untuk gak egois. Ajari aku untuk peka terhadap kebutuhan orang lain. Amin
Gratitude Journal
31 Oktober 2020

1. Bersyukur bisa belanja banyak dan stok makanan untuk hari kerja.
2. Bersyukur bisa pulang ke rumah dan cuci pakaian.
3. Bersyukur bisa mengantar Sofia lihat kuda.
4. Bersyukur bisa naik ATV dan jalan bareng keluarga. Tempatnya juga asyik. 
5. Bersyukur malam bisa jalan ke cafe yang baru buka dan ketemu teman dari Kasongan.

Palangka Raya, 31 Oktober 2020
-Mega Menulis-

Lukas 10

Lukas 10:25-37 

Scripture
Lukas 10:37 (TB)  Jawab orang itu: "Orang yang telah menunjukkan belas kasihan kepadanya." Kata Yesus kepadanya: "Pergilah, dan perbuatlah demikian!"

Observation
Belas kasihan ditunjukkan dengan perbuatan, bukan sekedar berkata, "Kasihan ya". Kalau ada yang bisa aku lakukan untuk membantu meringankan penderitaan orang lain,lakukan yang aku bisa dengan setulus hati, bukan dengan bersungut-sungut.

Aplication
Lakukan yang aku bisa untuk menolong orang lain. Gak usah ngomong macam-macam kalau gak bisa melakukan sesuatu, cukup doakan. 

Prayer 
Tuhan, jangan biarkan aku mengeraskan hati saat Tuhan ingin aku menjadi jawaban doaku sendiri atas orang lain. Amin.
Gratitude Journal
30 Oktober 2020

1. Bersyukur sudah beberapa hari ini bangun subuh dan nonton bareng suami.
2. Bersyukur serial yang kami tonton selesai di masa liburan.
3. Bersyukur langganan di pasar yang memanggangkan ikan dan ayam buka. Jadi tinggal antar ayam dan sejam siap dimakan.
4. Bersyukur siang bisa kulineran bareng mamah dan adekku ke Sate Tangkiling yang viral. Bersyukur aku dikasih kontaknya sama temanku, jadi begitu kami datang, dapat satenya. Karena banyak yang dari Palangka seperti kami gak dapat.
5. Bersyukur Sofia makan banyak dan cepat hari ini. Biasanya dia makan lama banget. Pegel deh nunggu dia makan.
6. Bersyukur cuaca cerah hari ini.

Palangka Raya, 30 Oktober 2020
-Mega Menulis-

Matius 4

Matius 4:1 - 11 Scripture Matius 4:7 (TB)  Yesus berkata kepadanya: "Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!"...