.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Monday, December 28, 2020

Kesalku di Hari Ibu

Siang ini ke Rumah Sakit untuk periksa ke dokter kandungan. Setelah registrasi, aku duduk menunggu dokter, lumayan lama, hampir satu jam. Kata perawat sebentar lagi dokter datang. Baiklah. 

Saat sedang menunggu, aku diberi tahu kalau harus menunggu lebih lama lagi. Sang dokter tiba-tiba harus menangani kuret seorang pasien di IGD. Aku kesal sekali karena harus menunggu lebih lama lagi. 

Lalu aku tersadar. Dikuret. Astagaaaa...!!! Ada seorang perempuan yang sedang menangisi bayinya yang gak akan lahir di dunia karena keguguran. Bayi yang sudah entah berapa lama dikandungnya. Lalu sekarang sebelum sempat dilahirkan harus dikuret. Duh. Gila aja ya aku kalau kesal hanya karena harus menunggu beberapa jam. Kasihan sekali wanita ini. Gak terbayangkan kalau aku di posisinya, harus kehilangan anak yang kukandung di hari Ibu. Mungkin aku akan berteriak sama Tuhan, kenapa di Hari Ibu aku malah batal menjadi seorang ibu.

Di dalam hatiku mulai terucap doa untuk wanita ini, wanita yang sedang berjuang mengatasi kesedihannya karena kematian bayinya sambil mengalami kesakitan karena harus dikuret. Kiranya Tuhan saja yang menghibur dan menguatkan dia. 

Palangka Raya, 22 Desember 2020
-Mega Menulis-

Sunday, December 27, 2020

Matius 25

Matius 25:14-30

Scripture
Matius 25:21 (TB)  Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.

Observation
Pelipatgandaan talenta yang aku miliki adalah bukti kalau aku bertanggung jawab dan Allah dapat mempercayaiku dalam mengelola apa yang sudah dipercayakan kepadaku. 

Aplication
Aku mau lebih bertanggung jawab dalam pelayanan literasi yang aku ambil untuk tahun 2021. Gak mau lagi mepet deadline karena jadi dikejar-kejar dan gak bisa beri yang terbaik. 

Prayer 
Tuhan, tolong aku setia dalam segala perkara yang Tuhan berikan, biar talenta yang ada padaku bisa berlipat ganda bagi kemuliaanMu. Amin.
Gratitude Journal
26 Desember 2020

1. Bersyukur bisa jalan bareng sekeluarga pakai mobil Omku.
2. Bersyukur bisa mencarikan bahan-bahan kue buat iparku dan dapat semua.
3. Bersyukur bisa ke rumah sepupuku dan ngobrol sampai malam.
4. Bersyukur berlimpah makanan di rumah mamaku, bocah-bocah semangat makannya.

Palangka Raya, 26 Desember 2020
-Mega Menulis-

Filipi 1

Filipi 1:12-26

Scripture
Filipi 1:21 (TB)  Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan. 

Observation
Hari ini dengar sepupu-sepupu suamiku positif Covid-19. Ngeri rasanya, semakin dekat aja nih penyakit. Tapi diingatkan hidup adalah bagi Kristus dan mati adalah keuntungan,gak perlu takut. Yang terpenting saat hidup adalah menyenangkan Tuhan, jangan kuatir Meg. Lakukan bagianmu, hidup bagi kemuliaanNya. 

Aplication
Bagaimana aku menyenangkan Dia? Belajar hidup tanpa kekuatiran.

Prayer 
Tuhan, tolong aku untuk gak hidup dalam kekuatiran tapi hidup bagi kemuliaan Tuhan saja. Waktu aku kuatir, aku mau percaya kepadaMu dan hidup bagi kemuliaanMu. Amin.
Gratitude Journal
25 Desember 2020

1. Bersyukur masakan pesanan orang selesai tepat waktu.
2. Bersyukur bisa ketemu keluarga besar di hari Natal ini.
3. Bersyukur bisa keliling kota pakai mobil Om, jadi refreshing.
4. Bersyukur buat kelahiran Kristus, gak terbayangkan kalau Tuhan Yesus gak lahir di dunia ini.
5. Bersyukur makanan berlimpah tapi masih bisa mengendalikan diri.
6. Bersyukur bisa video call dengan keluarga.

Palangka Raya, 25 Desember 2020
-Mega Menulis-

Ibrani 10

Ibrani 10 :19-39

Scripture
Ibrani 10:38 (TB)  Tetapi orang-Ku yang benar akan hidup oleh iman, dan apabila ia mengundurkan diri, maka Aku tidak berkenan kepadanya." 

Observation
Jika aku orang benar, maka harus hidup dengan iman. Iman yang bagaimana? Iman yang berdasarkan firman Tuhan. Bukan hanya mempercayai Tuhan, tetapi setiap perkataan Tuhan harus kupegang dan kulakukan. 

Aplication 
Lakukan firman yang kubaca. 

Prayer 
Tuhan, tolong aku melakukan kehendakMu. Hidup benar dengan iman berdasarkan firmanMu setiap hari. Amin.
Gratitude Journal
24 Desember 2020

1. Bersyukur seharian bisa bantu mamahku masak buat pesanan.
2. Bersyukur bisa ikut ibadah malam Natal online.
3. Bersyukur bisa quality time dengan adekku.
4. Bersyukur selama aku masak, suamiku telaten ngurus bocah-bocah.

Palangka Raya, 24 Desember 2020
-Mega Menulis-

Matius 25

Matius 25:1-13

Scripture
Matius 25:9 (TB)  Tetapi jawab gadis-gadis yang bijaksana itu: Tidak, nanti tidak cukup untuk kami dan untuk kamu. Lebih baik kamu pergi kepada penjual minyak dan beli di situ.

Observation
Gadis bijaksana ini egois ya? No. Dia tahu prioritas dan tujuan nya. Aku teringat ilustrasi penjaga mercusuar yang minyaknya diminta orang-orang di sekitarnya dan dia gak menolak. Akhirnya lampu mercusuar padam dan kapal menabrak karang. Seharusnya dia bisa berkata tidak kalau dia tahu panggilannya. 

Aplication
Aku harus berkata tidak pada hal-hal yang mengganggu panggilan hidupku. Aku gak bisa berkata ya untuk semua hal. 

Prayer
Tuhan, tolonglah aku hidup sesuai panggilanMu dan fokus melakukan bagianku. Amin.
Gratitude Journal
23 Desember 2020

1. Bersyukur bisa blessing teman seruangan dengan beli pizza.
2. Bersyukur siangnya ada teman traktir kami seruangan.
3. Bersyukur selesai input aplikasi SMART KEMENKEU.
4. Bersyukur hari ini orang yang sewa rumahku transfer.
5. Bersyukur bisa kumpul di tempat mama.

Palangka Raya, 23 Desember 2020
-Mega Menulis-

Yudas 1

Yudas 1 :1-25

Scripture
Yudas 1:16 (TB)  Mereka itu orang-orang yang menggerutu dan mengeluh tentang nasibnya, hidup menuruti hawa nafsunya, tetapi mulut mereka mengeluarkan perkataan-perkataan yang bukan-bukan dan mereka menjilat orang untuk mendapat keuntungan. 

Observation & Aplication 
Orang-orang berdosa yang fasik terhadap Tuhan mempunyai ciri :
- suka menggerutu dan mengeluh tentang nasibnya
- hidup menuruti hawa nafsunya
- mulutnya mengeluarkan perkataan yang bukan-bukan
-menjilat orang untuk mendapatkan keuntungan
Menarik bahwa tiga dari empat ciri tersebut berbicara tentang dosa lidah, satunya lagi berkaitan dengan ketidakmampuan mengendalikan diri. Aku diingatkan untuk lebih mengendalikan lidahku dan diriku secara keseluruhan, supaya tidak menuruti hawa nafsu. 

Prayer 
Tuhan, tolong aku supaya jangan menjadi orang fasik yang berdosa terhadap Engkau. Mampukan aku mengendalikan diriku, terutama lidahku ini. Amin.
Gratitude Journal
22 Desember 2020

1. Bersyukur press release di kantor hari ini lancar.
2. Bersyukur ternyata kistaku gak ganas dan bisa dioperasi di Palangka Raya.
3. Bersyukur malam bisa main bareng bocah-bocah.
4. Bersyukur buku yang aku pesan sudah sampai.
5. Bersyukur dapat kotakan makanan favorit suamiku, nasi padang, akakakak.

Palangka Raya, 22 Desember 2020
-Mega Menulis-

Tuesday, December 22, 2020

Yohanes 5

Yohanes 5:19-47

Scripture
Yohanes 5:30 (TB)  Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku.

Observation
Yesus saja taat pada kehendak BapaNya dan hanya melakukan itu. Lalu siapa aku, kok sering gak taat sama Bapa Sorgawiku? Hiks.

Aplication
Aku mau melakukan kehendak Tuhan saja hari ini.

Prayer
Ya Bapa, mampukan aku melakukan kehendakMu. Biarlah keinginanku hanya menyenangkan hatiMu dan apa yang kulakukan hari ini membuatMu tersenyum. Amin.
Gratitude Journal
21 Desember 2020

1. Bersyukur sempat cari bahan untuk artikel Pearl.
2. Bersyukur seleksi PPNPN untuk petugas KM sudah selesai dan aku sudah menyelesaikan tugasku.
3. Bersyukur bocah-bocah tidur cepat jadi aku dan suami bisa nonton Indonesian Idol.
4. Bersyukur uang makan masuk rekening. Yay.

Palangka Raya, 21 Desember 2020
-Mega Menulis-

Matius 24

Matius 24 :37-51

Scripture
Matius 24:44 (TB)  Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga."

Observation
Kenapa Yesus datang pada saat yang tidak diduga? Apakah untuk melihat hatiku tetap setia atau nggak? Atau supaya aku tetap berjaga-jaga? Yang jelas aku tidak boleh menunda-nunda pertobatanku karena aku memang gak tahu kapan Dia datang. Seharusnya gak ada tuh cerita berkata nanti dan nanti. Bertobat dan menjadi serupa dengan Kristus harus dilakukan sekarang juga, karena aku gak tahu apakah hari esok masih ada. Apakah kesempatan itu masih ada. 

Aplication 
Aku harus menghargai 'hari ini'. Gak boleh mengeraskan hati dan menunda pertobatanku. 

Prayer 
Tuhan, tolong aku supaya hari ini melakukan yang terbaik dan menjadi semakin serupa denganMu. Amin.
Gratitude Journal
20 Desember 2020

1. Bersyukur Sofia dah benar-benar sehat jadi kami bisa jalan ke tempat mamaku.
2. Bersyukur bisa jalan dengan adekku belanja keperluan masak di rumah. Bersyukur bisa dapat diskon karena belanja dengan Shopee Pay.
3. Bersyukur bisa menyelesaikan 1 artikel lagi untuk Majalah Pearl tahun depan. Yay.
4. Bersyukur bocah-bocah tidur cepat jadi bisa quality time sama suami. So happy. 
5. Bersyukur adekku yang cowok sampai Tumbang Samba dengan selamat.

Palangka Raya, 20 Desember 2020
-Mega Menulis-

Yakobus 5

Yakobus 5:7-11

Scripture
Yakobus 5:11 (TB)  Sesungguhnya kami menyebut mereka berbahagia, yaitu mereka yang telah bertekun; kamu telah mendengar tentang ketekunan Ayub dan kamu telah tahu apa yang pada akhirnya disediakan Tuhan baginya, karena Tuhan maha penyayang dan penuh belas kasihan. 

Observation
Ayub adalah teladan bagaimana seseorang di dalam penderitaan tapi tidak sekalipun menyalahkan Tuhan. Waktu dengar ada kista, selain miom di perutku, aku sempat mau bilang:Kenapa sih gini Tuhan. Apalagi ini belum tahu kistanya ganas atau nggak. Ganas ataupun jinak tetap harus diangkat sih rahim, cuma beda tempat operasi aja. Semuda ini angkat rahim, duh. Banyak resikonya. Lalu aku teringat temanku yang juga mengalami hal yang sama (punya miom dan kista) dan sampai saat ini belum dikaruniai anak. Aku? Tuhan terlalu baik buatku, diberikanNya 2 anak buatku. Apalagi yang mau aku protes? Sekarang diingatkan lagi tentang Ayub, astaga, apa yang aku alami sungguh ga ada apa-apanya.

Aplication
Aku mau tetap setia dan bersyukur. Dalam segala yang aku alami, aku percaya aku akan makin mengalami Tuhan.

Prayer
Tuhan, aku mau memuliakan Engkau dalam segala sesuatu yang aku alami. Amin.
Gratitude Journal
19 Desember 2020

1. Bersyukur walaupun agak panas dan demam, Sofia mau makan dan minum obat.
2. Bersyukur bisa menyelesaikan 1 artikel lagi buat Pearl.
3. Bersyukur pas agak siang, Sofia mulai sehat dan kami bisa jalan sekeluarga ke Hypermart.
4. Bersyukur Sara dan Sofia kalau menggunakan masker gak pernah dilepas.
5. Bersyukur ada diskon susu dan sprite.
6. Bersyukur malam-malam tiba-tiba ada adekku datang ngantar donat.

Palangka Raya, 19 Desember 2020
-Mega Menulis-

1 Yohanes 2

1 Yohanes 2:18-29

Scripture
1 Yohanes 2:28 (TB)  Maka sekarang, anak-anakku, tinggallah di dalam Kristus, supaya apabila Ia menyatakan diri-Nya, kita beroleh keberanian percaya dan tidak usah malu terhadap Dia pada hari kedatangan-Nya. 

Observation
Tinggal di dalam Kristus dan Kristus di dalam aku, aku diingatkan tentang hal itu. Kalau  aku gak tinggal di dalam Kristus,  aku akan ketakutan saat Kristus datang untuk yang kedua kali. Aku akan takut saat hari penghakiman datang. Tapi aku percaya hari itu akan menjadi sukacita besar, saat aku tahu tiba harinya bertemu muka dengan Kristus. 

Aplication
Aku mau terus tinggal di dalam Kristus dan bersukacita. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk tetap tinggal di dalamMu. Jangan biarkan aku menjauh dariMu. Amin.
Gratitude Journal
18 Desember 2020

1. Bersyukur bisa download semua materi terbaru rumah Inspirasi.
2. Bersyukur dapat blessing banyak makanan di kantor.
3. Bersyukur bisa jalan bareng serumahan pas malam.
4. Bersyukur bisa mencuci pakaian.
5. Bersyukur bisa selesaikan satu artikel buat Pearl.

Palangka Raya, 18 Desember 2020
-Mega Menulis-

Matius 24

Matius 24:29-36

Scripture
Matius 24:36 (TB)  Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa sendiri."

Observation
Gak ada yang tahu kapan hari penghakiman, kematian pun tidak. Tidak seorang pun. Betapa harus setianya kita hidup, hidup dalam kekudusan setiap hari agar kapan pun waktunya tiba kedapatan tetap berkenan.

Aplication
Setiap hari aku perlu berpikir, bagaimana jika ini hari terakhirku di dunia, apa yang akan aku lakukan, pastinya aku akan melakukan yang terbaik. Jadi, perlu bangun dengan kesadaran seperti itu sepanjang hari.

Prayer
Tuhan, tolong aku melakukan yang terbaik dan berkenan di hadapanMu setiap hari. Amin.
Gratitude Journal
17 Desember 2020

1. Bersyukur bisa online bareng semua anggota BRG.
2. Bersyukur bisa bawa kue kesukaan bocah.
3. Bersyukur bisa kumpulin bahan buat artikel baru.
4. Bersyukur berhasil jual saham dengan harga bagus.

Palangka Raya, 17 Desember 2020
-Mega Menulis-

1 Tesalonika 5

1 Tesalonika 5:1-11

Scripture
1 Tesalonika 5:11 (TB)  Karena itu nasihatilah seorang akan yang lain dan saling membangunlah kamu seperti yang memang kamu lakukan. 

Observation & Aplication 
Bersyukur berdua suami bisa saling menasihati tanpa tersinggung. Dulu awal menikah baper gitu aku kalau dinasihati. Puji Tuhan, sekarang nggak lagi. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk bijak menerima nasihat. Amin.
Gratitude Journal
16 Desember 2020

1. Bersyukur beberapa paket pesanan kami sudah sampai.
2. Bersyukur kegiatan sosialisasi di kantor lancar dan peserta dari OPD antusias.
3. Bersyukur bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan yang deadline.
4. Bersyukur bisa wa dengan suami seperti zaman pacaran.
5. Bersyukur pagi-pagi bisa ambil darah lagi dan gak lisis.
6. Bersyukur bisa bagi berkat dengan beberapa hari pesan kue di kenalanku.

Palangka Raya, 16 Desember 2020
-Mega Menulis-

Kolose 3

Kolose 3:1-4

Scripture
Kolose 3:2 (TB)  Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.

Observation
Memikirkan yang Kristus pikirkan, itu yang aku dapat melalui bacaan hari ini. Seringkali aku sibuk memikirkan pemenuhan keinginan dan hawa nafsuku saja, sementara Allah ingin aku semakin menyerupai Kristus termasuk dalam pikiranku. Semakin hari semakin menyerupai Kristus dimulai dengan memiliki hati dan pikiran Kristus.

Aplication 
Aku harus melatih diri agar pikiranku hanya diisi dengan pikiran Kristus : semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji. 

Prayer 
Tuhan, tolong aku menjaga pikiranku. Ampuni aku kalau selama ini di pikiranku banyak hal negatif. Amin.
Gratitude Journal
15 Desember 2020

1. Bersyukur bisa periksa di RS untuk second opinion. 
2. Bersyukur walaupun gak bisa ambil darah hari ini, masih ada hari esok. 
3. Bersyukur bisa persiapan untuk sosialisasi besok. 
4. Bersyukur bisa quality time sama suami. 
5. Bersyukur bisa didoakan oleh suami dan anak-anak. 
6. Bersyukur bisa beres-beres lemari pakaian. 
7. Bersyukur untuk kesempatan menyerahkan segala kekuatiran ke tangan Tuhan.

Palangka Raya, 15 Desember 2020
-Mega Menulis-

Matius 24

Matius 24:15-28

Scripture
Matius 24:22 (TB)  Dan sekiranya waktunya tidak dipersingkat, maka dari segala yang hidup tidak akan ada yang selamat; akan tetapi oleh karena orang-orang pilihan waktu itu akan dipersingkat.

Observation & Aplication 
Keberadaan orang-orang pilihan Allah di masa siksa membuat Allah berbelas kasihan dan tidak memperpanjang masa siksaan yang dahsyat sehingga umat manusia masih hidup. Masih ada kesempatan untuk bertobat. Orang-orang percaya menjadi rahmat bagi orang lain. 

Tidak hanya saat masa siksa, aku diingatkan kalau sebagai orang percaya, keberadaan kita harus menjadi berkat bagi mereka yang gak mengenal Kristus. Supaya namaNya dikenal dan mereka yang tidak mengenalNya juga memuliakan namaNya. 

Prayer 
Tuhan, tolong aku untuk menjadi saksiMu yang efektif di segala tempat dan masa. Amin.
Gratitude Journal
14 Desember 2020

1. Bersyukur semua piyama yang ready sudah terjual.
2. Bersyukur semua karyawati dapat dompet dari Ibu Kepala BNN.
3. Bersyukur bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan, hectic banget hari ini. 
4. Bersyukur bocah-bocah makannya lahap hari ini. 
5. Bersyukur pagi-pagi suamiku belanja di dekat rumah waktu aku bersih-bersih. 
6. Bersyukur saham BBCA terbang hari ini. 
7. Bersyukur bisa jalan-jalan bareng bocah dan suami.

Palangka Raya, 14 Desember 2020
-Mega Menulis-

Yohanes 6

Yohanes 6:25-29

Scripture
Yohanes 6:26-27 (TB)  Yesus menjawab mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kamu mencari Aku, bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, melainkan karena kamu telah makan roti itu dan kamu kenyang.
Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu; sebab Dialah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan meterai-Nya."

Observation & Aplication 
Duh, dalam banget ini. Jadi perenunganku, apakah aku mencari Tuhan untuk mencari wajahNya (pribadiNya) atau tanganNya (pemberianNya). Apakah doaku meminta berkatNya atau bercakap-cakap denganNya dan dipuaskan oleh kehadiranNya. Apakah aku menghitung waktu yang kuhabiskan bersamaNya atau saat aku gak bersama Dia?

Prayer
Tuhan, aku mencari wajahMu dan bukan pemberianMu. Aku mau dipuaskan oleh kehadiranMu Tuhan, berikanku hati yang haus dan lapar akan Engkau supaya aku dipuaskan olehMu. Amin.
Gratitude Journal
13 Desember 2020

1. Bersyukur bisa ke tempat mama dan menghias rumah mama dengan lampu.
2. Bersyukur pulang dari rumah mama gak kehujanan.
3. Bersyukur bisa update blog.
4. Bersyukur bisa cuci pakaian dan jemur di teras.
5. Bersyukur kami sekeluarga sehat.

Palangka Raya, 13 Desember 2020
-Mega Menulis-

Matius 16

Matius 16:21-28

Scripture
Matius 16:23 (TB)  Maka Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus: "Enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku,  sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia."

Observation & Aplication 
Teguran yang keras sekali. Saat aku memikirkan apa yang dipikirkan manusia dan bukan apa yang dipikirkan Allah maka aku seperti iblis. Duh. Harus tobat. Karena aku diciptakan agar serupa dengan Allah maka aku perlu berlatih memikirkan apa yang dipikirkan Allah. MengenalNya dengan sungguh supaya dapat bertindak seperti yang Dia inginkan.

Prayer
Tuhan, berikanku hati seperti hatiMu. Ajarku mengenalMu supaya aku semakin serupa dengan Kristus. Ampuni aku karena sering memikirkan yang dipikirkan manusia. Amin.
Gratitude Journal
12 Desember 2020

1. Bersyukur bisa belanja 12.12 barang diskonan dan free ongkir.
2. Bersyukur bisa mencium berbagai aroma.
3. Bersyukur bisa ke dokter dan konsultasi masalah miomku,ternyata ada kista segala sekarang.
4. Bersyukur bisa minta rujukan dari dokter keluarga untuk ke RS dan periksa lebih mendalam.

Palangka Raya, 12 Desember 2020
-Mega Menulis-

Matius 24

Matius 24:1-14

Scripture
Matius 24:12 (TB)  Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin.

Observation
Di tengah kasih yang semakin dingin ini, sebagai murid Kristus aku harus terus mengasihi dan menghangatkan dunia ini. Jangan biarkan kasihku juga menjadi dingin.

Aplication
Saat dihadapkan pilihan melakukan atau tidak melakukan sesuatu, aku harus bertanya apakah aku melakukannya karena kasih? Apakah ini membuatku semakin mengasihi?

Prayer
Tuhan, ajari aku terus mengasihi seperti Engkau mengasihi. Amin.
Gratitude Journal
11 Desember 2020

1. Bersyukur acara kunjungan Kepala BNN lancar sampai pulangnya hari ini. 
2. Bersyukur hari ini di kantor makanan berlimpah. 
3. Bersyukur bisa selesaikan 1 artikel buat Pearl. 
4. Bersyukur hari ini mulai haid sesuai jadwal. 
5. Bersyukur bisa main dengan bocah-bocah.

Palangka Raya, 11 Desember 2020
-Mega Menulis-

2 Petrus 3

2 Petrus 3:1-18

Scripture
2 Petrus 3:18 (TB)  Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya.

Observation
Tuhan ingin aku bertumbuh dalam kasih karunia dan semakin mengenalNya, supaya hidupku memuliakan Dia. Semakin bertumbuh dalam kasih karunja maka aku tidak akan menyia-nyiakan kasihNya. Hidupku gak dikekang aturan dan bertanya-tanya ini dosa atau nggak, tapi tujuan hidupku adalah menyenangkan Tuhan. Menghargai setiap kesempatan yang Tuhan berikan dan merayakan kehidupan dengan memuliakan Dia. 

Aplication
Bagaimana aku bisa bertumbuh dalam kasih karunia dan pengenalan akan Tuhan? Hidup dekat dengan Tuhan dan bergaul akrab denganNya. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk fokus pada melakukan hanya yang membuatku semakin mengasihi Tuhan saja. Amin.
Gratitude Journal
10 Desember 2020

1. Bersyukur hari ini temanku open order pie susu yang enak banget kesukaan bocah-bocah, biasanya dia hanya open order pas weekend. Senang bisa blessing teman seruangan juga. 
2. Bersyukur untuk kunjungan kepala BNN tahun ini aku ada di seksi sekretariat yang minim ketemu orang dan sibuknya sebelum acara. Bukannya apa, masa pandemi gini ngeri kalau sering kumpul dengan banyak orang. 
3. Bersyukur untuk acara penyerahan dana hibah secara simbolis, kami telah menerima plakat dari Pemda. 
4. Bersyukur acara ramah tamah dengan kepala BNN berjalan lancar dan aku dapat dorprize sekaligus berfoto dengan kepala BNN RI tanpa perlu rebutan dengan teman-teman yang lain. 
5. Bersyukur walaupun aku pulang malam, bocah-bocah belum tidur dan sempat main sebentar sama mereka setelah seharian gak sempat main bareng mereka.

Palangka Raya, 10 Desember 2020
-Mega Menulis-

Markus 13

Markus 13:14-37 

Scripture
Markus 13:37 (TB)  Apa yang Kukatakan kepada kamu, Kukatakan kepada semua orang: berjaga-jagalah!"

Observation
Tentang akhir zaman, kita diminta selalu berjaga-jaga karena tidak pernah ada yang tahu kapan waktunya tiba. Selain itu mengenali tanda-tanda. Dulu rasanya gak mungkin untuk Injil diberitakan di seluruh dunia dan semua orang mendengar tentang Injil. Tapi dengan era internet seperti saat ini, sepertinya tinggal menunggu waktunya saja. Berjaga-jaga dengan cara apa? Hidup dalam kekudusan sebagaimana rancangan Tuhan bagi kita sehingga saat Ia datang, Ia mendapati kita tetap hidup dalam kekudusan. 

Prayer
Tuhan, ajari kami untuk mengenali tanda kedatanganMu dan terus berjaga-jaga. Amin.
Gratitude Journal
9 Desember 2020

1. Bersyukur bisa nyoblos untuk Pilkada Kalteng walaupun harus kesana kemari cari TPS yang ada namaku.
2. Bersyukur bisa ke rumah Mama.
3. Bersyukur dapat blessing pizza buah.
4. Bersyukur bisa tidur siang lumayan lama.

Palangka Raya, 9 Desember 2020
-Mega Menulis-

1 Tesalonika 4

1 Tesalonika 4:1-18

Scripture       
1 Tesalonika 4:11-12 (TB)  Dan anggaplah sebagai suatu kehormatan untuk hidup tenang, untuk mengurus persoalan-persoalan sendiri dan bekerja dengan tangan, seperti yang telah kami pesankan kepadamu,
sehingga kamu hidup sebagai orang-orang yang sopan di mata orang luar dan tidak bergantung pada mereka. 

Observation
Aku gak perlu kepo dengan kehidupan orang lain dan bergantung pada mereka. Lebih baik aku melakukan yang terbaik dan berkenan kepada Tuhan, supaya Dia dimuliakan. 

Aplication
✔️ Hidup dalam kekudusan dan takut sama Tuhan aja, gak perlu mengurusi yang lain. 
✔️ Kalau aku perlu mengurus orang lain, itu hanya saat aku mengasihi bukan untuk kepo atau mencari perkenan manusia. 

Prayer
Tuhan ajari aku hidup dalam kekudusan dan mengasihi sesamaku. Amin. 
Gratitude Journal
8 Desember 2020

1. Bersyukur sisa uang perjalanan dinas sudah keluar.
2. Bersyukur bisa blessing teman-teman seruangan dan makan siang bareng.
3. Bersyukur temanku transfer uang tiketnya.
4. Bersyukur lembur dan pulang lihat anak-anak yang hepi banget ngeliat mamanya.

Palangka Raya, 8 Desember 2020
-Mega Menulis-

Bagaimana Menulis Empat Artikel dalam Seminggu?

What? Cuma empat artikel Meg dalam seminggu. Biasa aja kaleee…LOL. Iya sih, bagi banyak orang ini biasa, tapi bagiku prestasi, hahaha. Sebagai emak-emak pekerja tanpa ART dan punya dua balita, bukan hal yang mudah bagiku, Marimar! Hahaha. Jadi, untuk tahun depan aku komitmen menulis tujuh artikel untuk Majalah Pearl. Berhubung untuk bulan Januari 2 artikel, jadi bulan Desember ini harus selesai dong ya, supaya bisa publish tepat waktu. Jaga-jaga kalau editor balikin buat diedit kan ya, makanya harus selesai bulan ini. Ngebut dong. Dah selesai, langsung kirim. Sambil menanti-nanti surat cinta dari editor buat ngedit, mulailah nulis artikel lain. Taraaa….dah kirim dua artikel lagi dong. Padahal deadlinenya masih lama. Aji mumpung, akakakak. Mumpung lagi rajin, mumpung ga ada kerjaan, mumpung bangun subuh dan gak bisa tidur lagi, mumpung ada suami yang nemenin bocah. Jadi separuh dari target sudah tercapai dan sekarang aku dilanda penyakit malas untuk melanjutkan 3 lagi. Ish….Perlu dicambuk nih. LOL. 

Kali ini aku tuliskan bagaimana caranya aku menulis empat artikel ini, jadi suatu hari aku bisa mengulang kesuksesan ini lagi, hahaha. Gimana caranya aku menyelesaikan 4 artikel dalam seminggu?

1. Pilih tema yang familiar dan dekat dengan keseharian. 
Pastinya dong ini, untuk mempermudah proses kreatif. Jiaahhhh…. Yah, gimana ya, merasa terhakimi dan gak mampu kalau disuruh nulis artikel tentang parenting karena masih bergumul buat ngomong gak pakai nada tinggi ke anak, untuk mendisiplin anak pun emaknya harus lebih dulu berdisiplin. Atau bikin artikel pengajaran sementara aku juga mesti diajar. Ya, jadi lumayan gampang kalau buat tema yang familiar. 

 2. Kerjakan artikel dengan deadline terdekat. 
Maklum ye, deadline kan memacu adrenalin. Lagipula the power of kepepet itu nyata. Lah itu, dua artikel kudu publish Januari, mau gak mau harus kerja keras bagai kuda kan ya. Well, sebenarnya aku golongan darah A yang aslinya patuh sama jadwal sih. Jadi bagaimana pun akan berusaha memenuhi jadwal. 

 3. Cari inspirasi di blog sendiri 
Biasanya aku masukkan kata kunci tema tersebut di blogku, taraaa…..muncullah artikel lamaku yang memuat tema tersebut. Kalau nggak ada ya sudah, mulai mengingat-ingat pengalaman sendiri. Atau buka ayat dan bacaan yang berkaitan dengan tema tersebut, berdoa dan PA pribadi. Lalu, mulai menulis. Aku bersyukur selalu menulis jurnal saat teduh dan melaluinya Tuhan ajarkan banyak hal. Saat diperlukan, tinggal buka deh. 

 4. Bangun subuh 
Yup. Waktu terbaikku pagi hari, karena bocah-bocah belum bangun dan tenang banget. Ketebaklah ya I’m a morning person. Kalau sudah bocah bangun, jangan harap deh bisa ngapa-ngapain. Eh, sempat deng bocah bangun pas aku belum selesai , tapi puji Tuhan suamiku tercinta ngajak mereka main sampai aku selesai. Yay! Aku masih ngutang tiga artikel lagi, tapi berhubung masih lama deadlinenya, Juli bo. Jadi aku mau hibernasi dulu. Akakakak. Lega deh kalau sudah bisa nyicil artikel gini, gak dikejar-kejar editor pakai pentungan deh. 

Palangka Raya, 22 Desember 2020
-Mega Menulis-

Sunday, December 13, 2020

Hidungku Berfungsi, Yay!

Judulnya mengesankan selama ini hidungku gak berfungsi ya 😁 Gak sih, dari dulu dan sampai sekarang juga masih berfungsi, cuma baru menyadari dan mensyukurinya sekarang, hohoho. 

Jadi ceritanya awal bulan ini aku harus dinas ke Jakarta, mau nolak gak bisa, tugas negara 😭 Padahal serem 🙄 Dari berangkat, di Bandara Palangka sampai balik lagi ke sini, ke mana-mana aku pakai masker dua lapis dan face shield, tiap habis pegang barang baru langsung pakai hand sanitizer, parno abis. 

Belum 14 hari dari Jakarta jadi masih was-was kan ya. Apalagi balik dari Jakarta dengar kabar angka positif Covid-19 di Palangka Raya dan Jakarta naik. Tambah deg-degan dong. Aku sih berasa sehat banget,ga ngerasain gejala macam-macam. Tapi, sekarang di aktivitas sehari-hari pas nyium bau apa aja jadi bersyukur, termasuk bau kentut Sara yang naujubilah 🤣 Karena salah satu ciri penderita Covid-19 adalah hilangnya indera penciuman maka bisa nyium bau apa aja sekarang benar-benar bikin bahagia dan bersyukur. Bahkan bau kopi Pa Sara tiap pagi bikin bahagia coba, sebelumnya ya biasa aja, wong rutin tiap pagi. 

Lucu juga, hal yang selama ini biasa aja sekarang dianggap anugerah dan disyukuri. Kapan hari suamiku bilang Sofia pup di popoknya, dan aku gak cium baunya, aku langsung panik dong. Terus nyoba cium bau apa gitu eh kecium kok, kayaknya hidung suamiku aja yang terlalu sensitif deh 😅


Aku dulu mana pernah bersyukur bisa cium bau macam-macam setiap hari. Sekarang? Tiap hari bersyukur masih bisa membaui aneka aroma. Puji Tuhan, bau ee-ku pagi ini yang amit-amit pun membuatku tersenyum lebar 😁

Palangka Raya, 13 Desember 2020
-Mega Menulis-

Tuesday, December 8, 2020

Markus 13

Markus 13:1-13

Scripture
Markus 13:5 (TB)  Maka mulailah Yesus berkata kepada mereka: "Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu!

Observation 
Bagaimana caranya supaya tidak tersesat dan disesatkan orang lain? Belajar langsung dari Firman Tuhan. Kalau gak paham, tanya Tuhan langsung. Jangan bergantung pada hikmat manusia tanpa menyelidiki dengan seksama. Jangan terlalu mengidolakan manusia Meg! Aku teringat dulu suka banget sama khotbah pendeta tertentu. Tapi puji Tuhan, dapat kesempatan belajar langsung dari firman Tuhan, jadi seperti ada alarm yang bunyi tiap ketemu pengajaran yang gak sesuai dengan firman Tuhan.

Aplication
Setiap gak yakin atau bingung dengan suatu ajaran atau khotbah, kembali ke Firman Tuhan.

Prayer
Tuhan, ajari aku mengerti maksud Tuhan supaya tidak diombang-ambingkan pengajaran yang gak benar. Amin.
Gratitude Journal
7 Desember 2020

1. Bersyukur tunkin masuk hari ini jadi bisa bayar tagihan KK.
2. Bersyukur bisa mulai seleksi berkas lamaran kerja yang masuk.
3. Bersyukur bisa nonton bareng suami karena bocah-bocah tidur lebih cepat dari biasanya.
4. Bersyukur hasil rapid tes di kantor non reaktif.

Palangka Raya, 7 Desember 2020
-Mega Menulis-

Daniel 12

Daniel 12

Scripture
Daniel 12:8 (TB)  Adapun aku, memang kudengar hal itu, tetapi tidak memahaminya, lalu kutanya: "Tuanku, apakah akhir segala hal ini?"

Observation & Aplication 
Beberapa hari baca tentang akhir zaman ini, rasanya aku gak mengerti. Baca ini jadi sedikit terhibur, hahaha, Daniel juga sama rupanya. Aku diingatkan kalau aku gak mengerti, aku harus tanya sama Tuhan. Titik. Karena hanya Dia yang bisa memberikan jawaban yang tepat. Kalau Tuhan belum memberikan jawaban, bisa jadi Dia ingin aku tetap taat meskipun belum mengerti atau Dia ingin mengajarkanku supaya tekun bertanya sampai menerima jawaban.

Prayer 
Bapa, aku bersyukur kalau bpleh diingatkan untuk tekun mencari jawaban. Tolong aku untuk taat hingga waktunya tiba. Amin.
Gratitude Journal
6 Desember 2020

1. Bersyukur bisa naik bis gratis ke tempat wisata Sei Gohong.
2. Bersyukur anak-anak senang dengan jalan-jalan hari ini.
3. Bersyukur ada diskon susu di Hypermart.
4. Bersyukur diskon di KFC lumayan tapi antrian gak panjang. Yay.

Palangka Raya, 6 Desember 2020
-Mega Menulis-

Kisah Para Rasul 1

Kisah Para Rasul 1:1-11

Scripture
Kisah Para Rasul 1:8 (TB)  Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

Observation
Setiap orang yang menerima Roh Kudus dipanggil menjadi saksi Kristus. Tanpa kecuali. Panggilan bersaksi bukan hanya panggilan hamba Tuhan full timer tapi panggilanku juga.

Aplication
Apakah aku sudah menjadi saksi Kristus di dalam setiap peranku? Apakah keluargaku sudah melihat Kristus di dalamku?

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya menjadi saksiMu di sepanjang waktuku, bukan hanya part time. Amin.

Gratitude Journal
5 Desember 2020

1. Bersyukur hari ini bisa ke tempat Mamaku.
2. Bersyukur bisa belanja bulanan dan ada diskon.
3. Bersyukur pulang dari tempat mama gak kehujanan.
4. Bersyukur bisa bangun pagi dan quality time sama suami.

Palangka Raya, 5 Desember 2020
-Mega Menulis-

Monday, December 7, 2020

Daniel 9

Daniel 9

Scripture
Daniel 9:16 (TB)  Ya Tuhan, sesuai dengan belas kasihan-Mu, biarlah kiranya murka dan amarah-Mu berlalu dari Yerusalem, kota-Mu, gunung-Mu yang kudus; sebab oleh karena dosa kami dan oleh karena kesalahan nenek moyang kami maka Yerusalem dan umat-Mu telah menjadi cela bagi semua orang yang di sekeliling kami. 

Observation
Daniel tidak hanya berdoa untuk kepentingannya sendiri. Dia bersyafaat bagi bangsanya supaya menerima pengampunan dari Tuhan.

Aplication
Aku juga gak boleh egois memikirkan diri sendiri, aku mau mulai bersyafaat lagi untuk bangsaku dan negeriku.

Prayer
Tuhan, tolong aku, jangan biarkan aku hanya mementingkan diri sendiri. Berikanku hati yang penuh belas kasihan kepada negeriku. Amin.
Gratitude Journal
4 Desember 2020

1. Bersyukur bisa menyelesaikan semua laporan perjalanan dan pertanggung jawaban keuangan.
2. Bersyukur pas makan siang ketemu mantan bosku dan ditraktir. Yay.
3. Bersyukur bisa mencuci pakaian segabang.
4. Bersyukur gak perlu masak karena aku masih capek habis perjalanan dinas, tinggal goreng bebek frozen dan pempek.

Palangka Raya, 4 Desember 2020
-Mega Menulis-

Filipi 3

Filipi 3:7-16

Scripture
Filipi 3:10 (TB)  Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya,

Observation & Aplication 
Kerinduan Paulus :
- Mengenal Allah dan kuasa kebangkitanNya
- Bersekutu dalam penderitaanNya
- Menjadi serupa dengan Dia dalam kematianNya
Ini artinya Paulus gak menginginkan berkat jasmani. Dia hanya menginginkan Kristus dalam hidupnya. Dia sungguh-sungguh gak menginginkan hal lain, baik harta, kedudukan, ataupun dunia.

Semalam aku diingatkan temanku sewaktu aku menceritakan kekecewaanku sama suamiku mengenai saham kami. Dia ingatkan di mana hartaku berada, di situ hatiku berada. Bahkan dia mengucapkan doa yang lucu :Ya Tuhan, hartaku bukan BBRI dan BBCA. Lol. Terkadang kalau ditanya apa hartaku, aku mikirnya aset dll. Padahal Kristus lah hartaku yang sesungguhnya. Aku belum seperti Paulus yang bisa menganggap segala sesuatunya rugi dibandingkan Kristus. Jleb. Jleb. Jleb.

Prayer
Tuhan, ampuni aku yang sering menghargai hal-hal lain lebih berharga dari Engkau. Aku bertobat ya Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
2 Desember 2020

1. Bersyukur bisa ke BNN lagi ngambil SK jabatan fungsional temanku.
2. Bersyukur hari ini ada 5 temanku uang yang beli tiket.
3. Bersyukur bisa belanja tipis-tipis sebentar.
4. Bersyukur pesanan di Shopee sampai semua di hotel, hanya 1 yang belum.
Gratitude Journal
3 Desember 2020

1. Bersyukur bisa bawa Bebek Kaleyo kesukaan orang rumah.
2. Bersyukur gak telat sampai bandara.
3. Bersyukur sampai di Palangka Raya dengan selamat.
4. Bersyukur bisa bertemu suami dan anak-anak lagi.  Senang banget dah di rumah sendiri.

Palangka Raya, 3 Desember 2020
-Mega Menulis-

Sunday, December 6, 2020

Roma 8

Roma 8:18-30

Scripture 
Roma 8:28 (TB)  Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Observation & Aplication 
Aku percaya apapun yang terjadi di dalam hidupku mendatangkan kebaikan apabila hatiku tetap mengasihi Tuhan dan hidup dalam rencanaNya. Aku gak akan meragukan kebaikanNya. 

Prayer 
Tuhan, aku bersyukur telah melihat kebaikan demi kebaikan di dalam hidupku. Aku mau hidup dalam rencanaMu dan mengasihiMu seumur hidupku. Amin.
Gratitude Journal
1 Desember 2020

1. Bersyukur sampai di Jakarta dengan selamat.
2. Bersyukur bisa konsultasi dan ketemu semua orang yang harus kutemui walaupun harus bolak-balik PGC Cililitan dan BNN.
3. Bersyukur SK alih status teman-temanku sudah jadi.
4. Bersyukur penyewa rumahku bayar sewa bulan November.
5. Bersyukur ingat beli pin BNN di Koperasi BNN mumpung di Jakarta.
6. Bersyukur seharian ini makan nyaris gratis. Ditraktir teman dan ada acara bintek.
7. Bersyukur bisa video call sama suami dan bocah, kangen banget sama mereka.

Palangka Raya, 1 Desember 2020
-Mega Menulis-

Yosua 1

Yosua 1:7-9

Scripture
Yosua 1:9 (TB)  Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi." 

Observation&Aplication 
Pasca kejadian dipermalukan bos padahal aku gak salah, malas banget rasanya ketemu bosku. Dan memang sudah beberapa hari ini gak ketemu. Nah, hari ini, suka gak suka pasti ketemu karena setiap Senin apel pagi di ruang rapat. Asli, meh banget buat ikut. Apalagi posisinya tuh si Bos gak pernah ngerasa salah walaupun dia tahu kalau dia sudah salah marahin aku.

Tapi ayat hari ini bilang, jangan kecut, jangan tawar hati. Aku harus ingat, kemana pun aku pergi Tuhan menyertaiku 🥺

Prayer
Tuhan, berikanku ketenangan saat bertemu bosku dan ajari aku tetap bersikap sebagai murid Kristus yang tetap menghormati otoritas. Amin.
Gratitude Journal
30 November 2020

1. Bersyukur disuruh bosku ke Jakarta besok, walaupun agak was-was perjalanan di era pandemi ini. Tapi aku mau belajar untuk gak kuatir dan prepare aja. 
2. Bersyukur berkas yang dibawa ke Jakarta besok sudah siap semua.
3. Bersyukur temanku dah bayar mainan yang dibelinya.
4. Bersyukur suami mau ngurusin bocah selagi aku packing.
5. Bersyukur bisa makan es krim bareng sekeluarga.

Palangka Raya, 30 November 2020
-Mega Menulis-

Yohanes 8

Yohanes 8:30-36

Scripture
Yohanes 8:34, 36 (TB)  Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang berbuat dosa, adalah hamba dosa.
Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka."

Observation
Hamba tidak bisa melepaskan dirinya bila belum dibebaskan dari tuannya, demikin juga aku tidak bisa melepaskan diri dari dosa kalau belum dimerdekakan oleh Kristus. Saat aku menerima Kristus, dosa tidak berkuasa atasku seperti sebelumnya, sekarang aku bisa memilih mau berbuat dosa atau nggak. Aku bukan lagi hamba dosa, aku berkuasa atas dosa.

Aplication
Aku bisa dan harus memilih untuk gak berbuat dosa,jangan lagi menyerahkan diri pada dosa sama dengan masa sebelum menerima Kristus sebagai Juruselamat.

Prayer
Tuhan, jangan biarkan aku menyerah dengan kuasa dosa. Tolong aku yang lemah ini. Amin.
Gratitude Journal
29 November 2020

1. Bersyukur bisa ke pasar dan belanja lauk buat seminggu.
2. Bersyukur bisa jalan pagi sekeluarga.
3. Bersyukur hari ini ultah Korpri yg ke-49 dan aku bisa ikut acaranya secara online.
4. Bersyukur suami senang sekali makan pecel yang kubuat.
5. Bersyukur bisa main ke rumah Mama. 
6. Bersyukur bisa quality time sama suami.

Palangka Raya, 29 November 2020
-Mega Menulis-

Sacred Influence (Chapter 10)

Mustahil bagi anda untuk hidup dengan seorang pria pemarah tanpa membuatnya marah. Di bab ini diceritakan tentang seorang isteri yang bingun...