.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Tuesday, January 12, 2021

Untuk Sofia : Asal Mula Namamu









Sofia Margaret Sibuea, hari lahirmu adalah 12 April 2018 😘 Papa dan mama sudah sepakat sebuah nama sebelum kamu lahir. Dan itu bukan namamu sekarang. Sebuah nama cantik yang lain. Sempat teman-teman Mama di Majalah Pearl usulin nama Pearl, Mutiara, Margaret. Berbagai nama yang artinya 'mutiara' lah pokoknya, hahahaha. Kata mereka, karena kamu lahir di bulan yang sama dengan Majalah Pearl lahir. Mama baru tahu lo kalau dalam bahasa Irlandia Margaret berarti mutiara. Mama tertawa saja mendengar usulan mereka, wong dah disiapin nama lain kok. Sesaat setelah kamu lahir, tiba-tiba papamu bilang namamu ganti jadi Sofia Margaret Sibuea. Tentu saja papa gak tahu chat mama dengan teman-teman di Majalah Pearl. Wow!!! Kebetulan? Nope.


Sebab Tuhanlah yang membentuk buah pinggangmu,menenunmu dalam kandungan mama. Bersyukurlah kepada Tuhan oleh karena kejadianmu dahsyat dan ajaib;ajaib apa yang  Tuhan buat,dan jiwamu benar-benar menyadarinya.Tulang-tulangmu tidak terlindung bagi Tuhan,ketika kamu dijadikan di tempat yang tersembunyi,dan kamu direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah;mata Tuhan melihat selagi kamu bakal anak,dan dalam kitab Tuhan semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satu pun dari padanya. (bdk Mazmur 139:13-16)

Mama tanya kenapa kamu dinamai Sofia Margaret dan papa bilang Margaret-nya dari Margaret Thatcher, seorang perdana menteri wanita yang dijuluki wanita besi karena berprinsip dan berkemauan kuat. Dan Sofia karena berarti hikmat/bijaksana, sebagaimana kakak Sara juga punya nama Mackenzie yang berarti bijaksana. Ssttt.... Papamu gak tahu lo awalnya kalau Margaret berarti mutiara. 

Kamu lah mutiara kami Sofia. Mama berdoa supaya setiap proses kehidupan kamu jalani dengan hikmat, walaupun yang menyakitkan terjadi, kamu harus percaya, Allah turut bekerja dalam segala sesuatunya dan mendatangkan kebaikan, untuk menjadikanmu semakin indah seperti mutiara. 
Mama cuma mau bilang:
Sofia, jadilah seperti yang Tuhan mau dalam hidupmu nak.

Lukas 5, Amsal 3

Amsal 3

Scripture
Amsal 3:11 (TB)  Hai anakku, janganlah engkau menolak didikan TUHAN, dan janganlah engkau bosan akan peringatan-Nya. 

Observation
Terkadang aku sebagai orang tua bosan menegur anakku, apalagi kalau sudah dikasih tahu berulang kali dengan lembut eh masih diulangi. Ingin rasanya ambil jalan pintas dan membentak atau mendiamkan supaya dia tahu akibatnya kalau gak mendengar perkataan ortunya.

Bersyukur baca ayat ini dan diingatkan kalau Tuhan masih mau menegur karena dia mengasihiku. Aku gak boleh bosan atau menolak teguran.

Aplication 
Sikapku setelah ditegur seharusnya : sedia berubah,segera meresponi dengan benar. Kalau Tuhan sering menegurku berulang kali masalah yang sama berarti aku belum bertobat.

Prayer
Tuhan, mampukan aku meresponi teguran dengan pertobatan sesegera mungkin dan jangan biarkan aku mengulangi kesalahan yang sama. Amin.

Lukas 5

Scripture
Lukas 5:15-16 (TB)  Tetapi kabar tentang Yesus makin jauh tersiar dan datanglah orang banyak berbondong-bondong kepada-Nya untuk mendengar Dia dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka.
Akan tetapi Ia mengundurkan diri ke tempat-tempat yang sunyi dan berdoa. 

Observation
Yesus tidak punya agenda untuk menjadi terkenal dan dihormati banyak orang. Dia tidak ingin mencari perkenan manusia. Dia hanya ingin melakukan kehendak BapaNya. Sebenarnya enak sekali kalau bisa seperti Yesus, tidak perlu berusaha menyenangkan semua orang. Cukup melakukan yang Tuhan yang inginkan.

Aplication
Aku mau mencari perkenan Tuhan saja dalam setiap yang aku kerjakan, supaya hidup lebih simple,gak usah menyenangkan semua orang.

Prayer
Tuhan, ampuni aku kalau masih sering memikirkan apa kata orang, bukannya apakah yang kulakukan ini menyenangkan Tuhan atau nggak. Aku mau senangkan Tuhan saja. Amin.
Gratitude Journal 
11 Januari 2021 

1. Bersyukur hari ini hari pertama masuk kantor di tahun 2021.
2. Bersyukur hari ini gak ada minum obat pereda nyeri.
3. Bersyukur bisa mengirimkan berkas mengikuti inpassing hari ini.
4. Bersyukur hari ini bisa mengantarkan beberapa mainan ke pelanggan.
5. Bersyukur bisa menitipkan barang untuk temanku di Kasongan.

Palangka Raya, 11 Januari 2021 
-Mega Menulis-


Lukas 4, Amsal 3

Lukas 4

Scripture
Lukas 4:43 (TB)  Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Juga di kota-kota lain Aku harus memberitakan Injil Kerajaan Allah sebab untuk itulah Aku diutus."

Observation
Yesus tahu tujuan hidupNya adalah memberitakan Injil, Dia tidak membiarkan orang lain mengganggu agenda BapaNya. Apakah aku juga seperti Yesus yang mengenali dan menghidupi apa yang dikehendaki Allah bagiku? Seringkali aku keluar dari agenda Allah dan teralihkan hal lain.

Aplication
Bagaimana fokus dengan panggilan hidupku?
- Lakukan yang penting
- Mindful saat bersama anak-anak
- Mulai habit tracker

Prayer
Tuhan, aku lemah. Tolong aku untuk berdisiplin dan memulai kebiasaan baik. Amin.

Amsal 3

Scripture
Amsal 3:27 (TB)  Janganlah menahan kebaikan dari pada  orang-orang yang berhak menerimanya,padahal engkau mampu melakukannya. 

Observation
Kalau aku mampu berbuat baik, jangan ragu, lakukan! Kuncinya, kalau orang itu berhak menerimanya, aku harus lakukan. Berarti ada orang yang gak berhak dong. Siapa? Tadi pagi pas banget baca ciri-ciri orang yang parasit dari Ci Ric Erica dan aku mau catat di sini :
1. Selalu berusaha mengambil keuntungan dari pertemanan.
2. Selalu menjadi beban bagi orang lain.
3.  Merasa baik setiap ia dapat membuat orang lain menjadi buruk.
4. Tidak pernah merasa bersalah telah melakukan sesuatu yang merugikan orang lain.
5. Always take and demanding. Selalu ingin mengambil apa yang bisa ia ambil atau menuntut seseorang untuk memenuhi Egonya.
6. Malas, bodoh dan menggantungkan dirinya kepada orang lain
7. Merasa diri paling benar dan harus diikuti perkataannya.
8. Tidak menghargai waktu orang lain, selalu membuat orang lain menunggu dengan alasan sepele : Lupa, macet, telat bangun, etc
9. Selalu menyalahgunakan kebaikan / kepercayaan orang lain untuk kepentingan pribadinya.
10. Menggampangkan segala sesuatu, termasuk menggampangkan orang lain.
11. Suka membuat kekacauan yang menyeret-nyeret nama orang lain
12. Bermuka dua dan bermulut manis namun menikam dari belakang.
13. Gemar mengkritik dan menjatuhkan mental orang lain.
14. Berkata-kata pedas namun merasa baik-baik saja padahal melukai orang lain.
15. Selalu punya alasan untuk mempersalahkan orang lain atas ketidaknyamanan hidupnya.
16. Play victim.
Selalu ketika bermasalah, ia berlaku sebagai korban, meski jelas-jelas ia yang menyebabkan kerunyaman itu.

Aplication 
Aku harus tahu ada orang yang berhak dan gak berhak menerima kebaikan kita karena akan jadi parasit. Kenali itu tapi juga bermurah hati pada yang berhak menerimanya.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk peka pada siapa yang benar-benar berhak menerima kebaikan dan bermurah hati seperti Tuhan sudah bermurah hati padaku. Amin.
Gratitude Journal 
10 Januari 2021 

1. Bersyukur mamahku masak gudeg yang enak banget. Udah lama gak makan gudeg, jadi hepi banget deh. 
2. Bersyukur bisa nonton drakor bareng serumahan, hahahaha. 
3. Bersyukur bisa pulang ke rumah naik Grab Car jadi gak kehujanan. 
4. Bersyukur sudah sampai di rumah sendiri dan gak terlalu banyak yang harus dibersihkan setelah ditinggalkan hampir 2 minggu. 
5. Bersyukur masih sempat goreng kacang mete untuk cemilan suami nonton. 
6. Bersyukur aku semakin kuat dan sehat, hari ini dah bisa bawa motor sendiri.

Palangka Raya, 10 Januari 2021
-Mega Menulis-

Matius 4, Amsal 2

Amsal 2

Scripture
Amsal 2:12-14 (TB)  supaya engkau terlepas dari jalan yang jahat, dari orang yang mengucapkan tipu muslihat, 
dari mereka yang meninggalkan jalan yang lurus dan menempuh jalan yang gelap; 
yang bersukacita melakukan kejahatan, bersorak-sorak karena tipu muslihat yang jahat, 

Observation
Kebijaksanaan dan kepandaian akan menolong terutama menghadapi orang lain. Zaman sekarang orang rela menipu sesamanya bahkan memanfaatkan orang yang dikenalnya untuk mendapatkan keinginannya. Beberapa kali kami merasa dimanfaatkan oleh kenalan kami. Suamiku yang keras ternyata aslinya gak tegaan juga, apalagi kalau sudah urusan anak. Beberapa kali kami dimintai pertolongan, awalnya ditolong. Lama-lama kok gak ada perubahan hidup ya walaupun sudah susah,malah cenderung mau memanfaatkan orang lain. Akhirnya aku dan suami berdoa lalu sepakat membuat batasan dan berbicara ke orang itu. Sampai sekarang dia tidak lagi mengganggu keluarga kami. 

Aplication
Saat menghadapi orang-orang yang sulit, perlu kepandaian dan kebijaksanaan agar bertindak dengan tepat. Tanya Tuhan kuncinya.

Prayer
Tuhan, tolong kami supaya selalu peka dan mendengar Tuhan saat harus berhadapan dengan orang lain yang berniat gak benar. Amin.

Matius 4

Scripture
Matius 4:22 (TB)  dan mereka segera meninggalkan perahu serta ayahnya, lalu mengikuti Dia. 

Observation
Setelah bertemu dan mengikuti Yesus, murid-murid meninggalkan pekerjaan lamanya dan keluarganya demi ikut Yesus. Begitu pun denganku. Bukan berarti aku meninggalkan keluarga dan pekerjaanku tapi Yesus menjadi prioritasku. Bahkan apa yang kulakukan di keluarga dan pekerjaanku adakah untuk menyenangkan Tuhan.

Aplication
Apapun yang kuperbuat, aku mau melakukannya seperti untuk Tuhan dan bukan manusia.

Prayer
Bapa, aku mau menyenangkanmu. Tolong aku. Amin.
Gratitude Journal 
9 Januari 2021 

1. Bersyukur hari ini bisa ke dokter keluarga bareng suami.
2. Bersyukur bisa jalan berdua suami.
3. Bersyukur bisa nonton film India yang bagus, Hichki.
4. Bersyukur paket origami yang kupesan datang hari ini.
5. Bersyukur anak-anakku mulai dekat dengan eyangnya.

Palangka Raya, 9 Januari 2021
-Mega Menulis-

Saturday, January 9, 2021

Lukas 3, Amsal 2

Lukas 3

Scripture
Lukas 3:16 (TB)  Yohanes menjawab dan berkata kepada semua orang itu: "Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia yang lebih berkuasa dari padaku akan datang dan membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak. Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus dan dengan api. 

Observation
Yohanes mengenali dirinya dan panggilannya, dia hidup memenuhi panggilannya sehingga dia gak mengambil kesempatan saat orang lain mengira dia sebagai Mesias. Dia hanya fokus melakukan apa yang ditentukan Allah baginya.
 
Ada kalanya aku merasa karirku mentok karena sistem di kantorku tapi aku diingatkan ini malah kesempatan untuk menyiapkan HS anakku. Apalagi aku dan suami mau fokus habit training dan pembentukan karakter mereka. Butuh effort, komitmen dan keteladanan. Justru keadaan di kantor bisa buat aku fokus pada keluargaku.

Aplication
- Aku mau buat planning habit training untukku dan anak-anakku untuk 2021.
- Aku mau mendisiplin diriku dalam beberapa area.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk fokus pada panggilanku supaya gak kedistract sama hal-hal yang gak penting. Amin.


Amaal 2

Scripture
Amsal 2:1 (TB)  Hai anakku, jikalau engkau menerima perkataanku dan menyimpan perintahku di dalam hatimu, 

Observation
Menyimpan perkataan Tuhan membutuhkan usaha. Aku sudah tahu kalau aku cepat menghapal maka akan cepat lupa. Untuk punya long term memory aku harus setia confess ayat, tapi kadang aku malas dan merasa gak punya waktu. Efeknya, ingatan akan hapalan ayat itu tersimpan sesaat saja. 

Aku harus mengakui kalau beberapa bulan kemarin aku tidak sungguh-sungguh menyimpan perkataan Tuhan, ini terkait dalam disiplin menghapal ayat. Aku menghapal sistem kebut semalam (SKS). 

Aplication 
Aku mau mulai  confess ayat lagi setiap hari.

Prayer
Tuhan, berikanku hati yang mau sungguh-sungguh menyimpan perkataanmu. Jangan biarkan aku melakukannya hanya karena  wajib. Biarlah ini sungguh jadi kerinduanku. Amin.
Gratitude Journal 
8 Januari 2021 

1. Bersyukur ada grand opening usaha minuman punya tetangga mamaku, jadi gratis deh.
2. Bersyukur ada yang daftar untuk pelaporan Inpres.
3. Bersyukur walaupun masih nyeri di bekas jahitan tapi semakin kuat tiap harinya.
4. Bersyukur bisa revisi untuk pengisian SMART, semoga gak perlu revisi lagi.

Palangka Raya, 8 Januari 2021
-Mega Menulis-

Markus 1, Amsal 2

Amsal 2

Scripture
Amsal 2:7 (TB)  Ia menyediakan pertolongan bagi orang yang jujur, menjadi perisai bagi orang yang tidak bercela lakunya, 

Observation & Aplication 
Tuhan menolong orang yang jujur dan gak bercela. Ada pertolongan buatku sewaktu aku hidup dalam kekudusan. Jadi, aku gak perlu takut untuk jujur dan hidup benar. Selalu ada pertolongan Tuhan. Nah, kalau aku hidup cemar ya jangan ngarep Tuhan selalu tolong.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk hidup dalam kebenaran setiap harinya. Amin.

Markus 1

Scripture
Markus 1:35 (TB)  Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana.

Observation
Pagi-pagi Yesus mencari tempat sunyi untuk bertemu BapaNya. Kupikir dulu sekedar karena Yesus menjadikan hubungan dengan BapaNya prioritas sebelum memulai hariNya. Tapi hari ini aku juga berpikir, bisa jadi alasan Yesus karena : tidak ingin ada yang mengganggu waktuNya bersama BapaNya. 

Aku merasakan sendiri, sebagai seorang istri dan ibu pekerja, waktu pagi bisa bersama Tuhan tanpa gangguan adalah kemewahan. Kalau agak siang dikit, kesibukan menanti, anak-anak bangun 😂  Susah sekali untuk gak terganggu,ntar ujungnya cuma baca Alkitab tok. Jadi rutinitas doang. Gak deep. 

Aplication 
- Bangun di saat orang rumah belum bangun, jadi bisa fokus sama Tuhan dan gak kedistract sama hal lain. 

Prayer 
Tuhan, tolong aku memberikan waktu terbaikku setiap hari buay Tuhan. Amin.
Gratitude Journal 
7 Januari 2021 

1. Bersyukur hari ini ulang tahun yang ke-36. Sungguh bersyukur buat penyertaaan dan kebaikan Tuhan sampai hari ini. Tuhan Yesus baik, selamanya Dia baik.
2. Bersyukur hari ini kontrol dan bekas jahitan membaik, sudah bisa lepas perban. Memang masih terasa nyeri terkadang, tapi masih dalam batas wajar.
3. Bersyukur sore-sore tiba-tiba ada dikasih surprise kue ultah dari sepupuku. Yang lucu, dia juga bawa buat iparku. Iparku berulang tahun sehari sebelum aku. Nah, iparku sedang di kampung, jadi buatku juga deh kuenya 😅
4. Bersyukur pagi-pagi mamaku buatin nasi kuning spesial buat ultahku.
5. Bersyukur hari ini paketku datang.
6. Bersyukur ikut coaching Rumah Inspirasi malam ini dan belajar lagi menjurnal.
7. Bersyukur mertuaku akhirnya mau ke dokter setelah dibujuk-bujuk. Dia memang susah sekali kalau disuruh kontrol ke dokter, padahal ada penyakitnya.
8. Bersyukur suamiku dapat salep untuk bekas jahitanku, karena rupanya gak di semua apotek ada.

Palangka Raya, 7 Januari 2021
-Mega Menulis-

Matius 3, Amsal 2

Matius 3

Scripture
Matius 3:15 (TB)  Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kepadanya: "Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah." Dan Yohanes pun menuruti-Nya. 

Observation
Sering kali manusia terjebak pada apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan. Berpikir mengapa begini mengapa begitu. Padahal ada kalanya aku harus berpikir:
O iya, ini bisa jadi bagian dari rencana Allah.
Ooo.... Rupanya ini maksud Tuhan.
Segala sesuatu kiranya terjadi sesuai kehendakNya, bukan kehendakku. 

Aplication 
Saat sesuatu terjadi aku bisa bertanya, dalam situasi ini bagaimana aku tetap memuliakan Tuhan. Ini supaya aku secara sadar menggenapi rencanaNya dan fokus pada melakukan kehendakNya. 

Prayer 
Tuhan, ajari aku mengenalMu lebih lagi supaya sungguh aku hidup di dalam kehendakMu. Amin.

Amsal 2 

Scripture
Amsal 2:4 (TB)  jikalau engkau mencarinya seperti mencari perak, dan mengejarnya seperti mengejar harta terpendam, 

Observation&Aplication 
Mencari hikmat dikatakan harusnya kita cari seperti mencari perak dan harta terpendam. Sejujurnya, aku gak punya ide gimana itu. Ya iyalah aku bukan pencari perak dan harta terpendam. Tapi aku ingat pernah menonton dokumenter orang-orang yang terobsesi mencari harta-harta zaman dulu yang hilang. Ini nyata. Jadi mereka mencari kapal berisi harta yang sudah di dasar lautan. Gila sih usahanya, cari sponsor, sampai jual harta pribadi, beli peralatan mahal, dll. Segala upaya dikerahkan demi mendapatkan harta tersebut.

Lah aku? Apa yang udah aku lakukan untuk menemukan hikmat dan mendapatkan pengertian? Sudahkah aku memintanya ke Tuhan? Sudahkah aku mencoba menemukannya di tempat yang tepat? Apakah aku sudah melakukan segala upayaku? Tuhan bilang kalau aku mencari aku pasti menemukan. Dan aku harus mencari.

Prayer
Tuhan, biarlah aku senantiasa mencari hikmat dan pengertian yang dari Tuhan dengan segala upayaku hari ini. Amin. 
Gratitude Journal 
6 Januari 2021 

1. Bersyukur bisa menulis di blog lag cukup panjang, bukan hanya rhema sate. 
2. Bersyukur paketku sudah sampai.
3. Bersyukur ikut webinar HS metode CM.
4. Bersyukur urusan suamiku di bank sudah selesai.
5. Bersyukur selama pandemi ini bisa ikut berbagai webinar online berbagai tema bareng suami.
6. Bersyukur malam bisa jalan bareng keluarga.
7. Bersyukur sepakat dengan suami tentang beberapa hal tentang pengasuhan anak. Sebelum anak mendapatkan pelajaran terstruktur, kami mau fokus pada habit training untuk membentuk karakter mereka. Kami sadar ada beberapa pola pengasuhan kami yang perlu diperbaiki.

Palangka Raya, 6 Januari 2021
-Mega Menulis-

Matius 2, Amsal 2

Amsal 2

Scripture
Amsal 2:2 (TB)  sehingga telingamu memperhatikan hikmat, dan engkau mencenderungkan hatimu kepada kepandaian,

Observation & Aplication 
Mencenderungkan hati kepada kepandaian berarti DENGAN SENGAJA kita BERUSAHA untuk  fokus pada kepandaian dan hikmat. Ini juga berarti gak membuang waktu mendengarkan dan melihat kebodohan. Apa yang membuat kita makin berhikmat, itu yang dilakukan. Ini dimulai dengan hal-hal sederhana:
- memilih mendengarkan gosip atau webinar?
- menonton gosip artis atau membaca sebuah buku?
- mendengarkan khotbah online atau humor kotor?
- melihat medsos atau membaca Alkitab? 
- dll

Prayer 
Tuhan, tolong aku hari ini untuk memilih kepandaian dibandingkan kebodohan. Amin.

Matius 2

Scripture
Matius 2:11 (TB)  Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Mereka pun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur. 

Observation
Persembahan yang diberikan orang Majus tergolong aneh memang, buat apa memberikan emas, kemenyan dan mur untuk seorang bayi? Emas adalah sesuatu yang berharga, kemenyan adalah wewangian dan mur digunakan dalam pembalseman. Mereka memberikan persembahan yang konon melambangkan kehidupan yang dilalui Yesus.

Bagaimana denganku, persembahan apa yang akan aku berikan kepada Yesusku? Sudahkah hidupku menjadi persembahan yang berkenan dan menyenangkan hatiNya?

Aplication
Hidupku adalah persembahan bagi Tuhan, jadi aku gak boleh hidup sembarangan. Apa yang aku kerjakan adalah bagi Tuhan.

Prayer
Tuhan, biarlah apa yang aku lakukan hari ini menyenangkan hati Tuhan. Amin.
Gratitude Journal 
5 Januari 2021 

1. Bersyukur pas mereview keuangan tahun 2020 lalu, geleng-geleng melihat bagaimana Tuhan memenuhi segala keperluan kami.
2. Bersyukur hari ini banyak tertawa bareng keluarga.
3. Bersyukur pekerjaan kantor bisa aku selesaikan lewat HP jadi walaupun di rumah gak masalah.
4. Bersyukur punya mama yang masih sehat.
5. Bersyukur dengar kabar seseorang yang kami kenal keadaannya membaik.
6. Bersyukur bisa banyak bercerita dengan seorang sahabat.

Palangka Raya, 5 Januari 2021
-Mega Menulis-

Lukas 2

Lukas 2

Scripture
Lukas 2:19, 51 (TB)  Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya. 
Lalu Ia pulang bersama-sama mereka ke Nazaret; dan Ia tetap hidup dalam asuhan mereka. Dan ibu-Nya menyimpan semua perkara itu di dalam hatinya.

Observation
Maria bukan wanita yang asal menceritakan semua yang terjadi dan dipikirkan dalam hidupnya, dia memilih menyimpan berbagai perkara dalam hatinya dan merenungkannya. Yah, mungkin saja Maria menceritakan kepada orang terdekatnya. Yang jelas Maria tidak segera mengambil HPnya dan membuat status #eh 🤭 Maria memilih menyimpan perkara di hatinya. Dia merenungkan. Dia tahu apa yang harus diceritakan, apa yang tidak. Mungkin dia lebih banyak berlutut di kamar doanya. Who know?

Aplication
Aku harus belajar meniru teladan Maria yang menyimpan dan merenungkan perkara di hidupnya.

Prayer
Tuhan, jagalah mulutku. Tolong aku supaya bisa menahan mulut dan jariku. Ajar aku menyimpan apa yang harusnya jadi rahasia kamar doaku. Amin.
Gratitude Journal 
4 Januari 2021 

1. Bersyukur biarpun di rumah bisa selesaikan input aplikasi SMART KEMENKEU.
2. Bersyukur sudah isi elhkpn.
3. Bersyukur mama masak pecel dan soun goreng yang enak.
4. Bersyukur suamiku mau tolong antarkan berkas ke kantorku.
5. Bersyukur gaji bulan Januari masuk. 
6. Bersyukur bisa nonton Indonesian Idol bareng adekku. 
7. Bersyukur bisa posting ayat hapalan.

Palangka Raya, 4 Januari 2021
-Mega Menulis-

Thursday, January 7, 2021

Ngutang? Boleh atau Nggak Ya?

Aku benar-benar prihatin dengan bagaimana orang berhutang sekarang.

Jadi, beberapa hari lalu aku diceritain temanku yang temannya mau pinjam uang satu juta ke dia untuk beli mainan anaknya. Lah, trus apa masalahnya Meg?

Masalah dong kalau :

Beli mainan pakai berhutang. MAINAN lo iniiii…

Penghasilanmu sebulan gak nyampe sejuta tapi mau beli mainan harga segitu.

Jenis mainannya hanyalah pagar-pagar plastik pembatas buat main, yang tentunya gak bakal dipakai lama (aku bisa ngomong ini karena aku mom of 2).

Suamimu gak tahu kamu pinjam uang segitu dan bakal marah kalau tahu. Lah, berarti dalam berkeluarga ada rahasia dong dalam pengelolaan keuangan.

 

Jadi temannya temanku ini bekerja part time dengan penghasilan kurang dari sejuta tiap bulan, suaminya bekerja di kota lain. Saat ini dia masih tinggal bersama orang tuanya (berarti belum punya rumah sendiri kan ya berarti). Anaknya berumur kurang lebih setahun, berarti kebutuhan masih besar sekali untuk popok dan susu. Masalah kan?

 

Jadi, gak boleh berhutang Meg?

Jujur, aku masih berhutang. Tapi ya gak buat beli mainan keles ^^’ Tiap orang mungkin punya pendapat sendiri, tapi kalau aku sebagai peminjam, waktu berhutang aku :

Berhutang dengan perhitungan, pastikan punya uang untuk membayarnya

Logis gak penghasilan cuma sejuta lalu berhutang sejuta buat beli mainan? Lalu ntar bayarnya pakai apa? Mau makan pakai apa? Bayar keperluan yang lain gimana? Okelah dalam kasus di atas dia punya suami berpenghasilan tapi ceritanya kan dia mau berhutang tanpa sepengetahuan suaminya. Kita harus berhitung, kalau saya berhutang sekian, skema pembayarannya berapa bulan, berapa kita akan mencicil, sanggup gak menyisihkan uang sejumlah sekian selama beberapa lama untuk membayar. Jangan halu. Aku sering pakai kartu kredit suami untuk membeli tiket, pesan hotel, dll. Tapiiii….Biasanya sebelum jatuh tempo sudah dibayar dan uangnya pasti ada karena itu dinas dari kantor. Jadi jangan asal berhutang kalau gak sanggup bayar.

 

Saat ini aku punya tanggungan kredit dua buah rumah dan LM (logam mulia). Kenapa aku berhutang? Harga rumah memang mahal aku belum bisa beli cash, lalu untuk beberapa alasan tertentu memang aku gak mau kalau harus menabung dulu baru membeli rumah. Kalau LM, karena pas beli harganya sedang murah dan ada cicilan 0% dari kartu kredit suami. Hitung-hitung, bisa menyisihkan dari bulanan. Cus…Beli deh. Jadi, pikir dulu deh sebelum berhutang.

 

Kasih tahu suami (khusus yang berkeluarga)

Kenapa harus kasih tahu suami? Karena kalau suami isteri tu apa-apa milik bersama, bukan cuma harta, utangnya juga. Kecuali yang punya perjanjian pra nikah lah ya. Yang kagak, jangan coba-coba ngutang deh, ntar kalau ketahuan pecah perang dunia. Lagian, kalau suami isteri gak jujur masalah keuangan berarti bisa jadi indikasi kalau gak ada keterbukaan. Mosok mau mempertaruhkan keutuhan rumah tangga cuma gara-gara hutang. Buatku nggak bangetlah ya.

 

Nah, dari segi yang meminjamkan. Well, untuk sekarang aku gak mau meminjamkan uang ke orang, hahahaha. Bukannya apa, lah aku aja masih punya tanggungan hutang, mosok aku ngasih utang. Dodol kan? Gak mau ah sok kaya, padahal gak punya. Malu. Mungkin nanti bisa, tapi itu pun aku pasti bakal tanya pinjam untuk apa dan minta perjanjian tertulis.

“Yaelah Meg, masa kamu gak percaya sama aku?”

Kalau ada yang bilang kayak gini waktu pinjam uangku, aku bakal balik bilang,”Lah, emang kami niat gak bayar? Ngapain takut ada perjanjian?”.

Di mana-mana, kalau orang perlu pinjaman bakal ngemis-ngemis, giliran yang dihutangin nagih kebalik, yang pinjemin yang ngemis-ngemis. Jadi curcol nih aku, hahaha.

 

Palangka Raya, 7 Januari 2021

-Mega Menulis-

 

 

Wednesday, January 6, 2021

Operasiku di Tahun 2020

 

Awal Desember 2020 suami menyuruhku kontrol ke dokter kandungan. Bukannn…bukaannn…Aku tidak hamil saudara-saudara, hahaha. Serem ih hamil lagi buatku. Bukannya apa, dua kali kehamilan dengan miom gede lumayan bikin kapok (kapok kok dua kali Meg #eh). Setiap hamil tuh ya, perutku segede gaban semacam hamil kembar gara-gara ada miom gede di rahimku. Miom atau mioma adalah pertumbuhan otot rahim yang gak normal, gitu penjelasan yang pernah kudengar. Penyebabnya macam-macam katanya, bisa hormon, keturunan, makanan, dll. Sebenarnya udah tahu ada miom sejak hamil anak pertama tahun 2016. Cuma belum bisa diangkat karena lagi hamil, takut menganggu janin. Aku pernah share awal tahu ada miom di sini Kenapa gak diangkat sewaktu SC ? Gak bisa Esmeralda, menurut dokter sewaktu sedang hamil pembuluh-pembuluh di rahim besar, jadi kalau sekalian dilakukan operasi pengangkatan miom beresiko pendarahan berat. Rencana sih beberapa tahun setelah kelahiran anak pertama, mau angkat miom, tapi rencana tinggal rencana, tahun 2017 aku hamil lagi. Di tahun 2020 ini, suami dah suruh periksa lagi gara-gara aku sering mengeluh kalau dah haid buanyak pol. Hampir tiap 2 jam di hari pertama dan kedua haid, aku ganti pembalut. Terus tiap pagi, perutku kencang banget, kalau ditekan sakit. Agak mendingan kalau habis pipis, gak kencang lagi perutku.Nah, terus kan perutku gede gitu sampai sering dikira hamil, padahal nggak. Hadeh, dikira hamil padahal gak hamil tuh sakitnya di sini #tunjukjantung. Emang sih aku aslinya gendut, tapi ya kan gak sampai dikira hamil juga kali. Suamiku berteori, jangan-jangan si miom dah membesar entah sampai ukuran berapa. Dan aku mengiyakan sambil berujar,”Iya nih, jangan-jangan aslinya aku gak berlemak, miom doang nih"#ngayal. Plak.

 

Sebenarnya, aku takut ke dokter kandungan dan USG lagi. Takut kalau miomnya beneran gede dan harus diangkat. Berarti bakalan operasi lagi dong. Operasi besar ini, anggapan kayak SC lagi, belah perut di tempat yang sama untuk ketiga kalinya (dua anakku lahir SC). Ini si Miomita bakal jadi bayi ketiga, ish… Jadi ingat Dita temanku dulu ngusulin nama anak pertama ku Miomita gara-gara aku ada miom.LOL. Ketakutanku yang lain adalah, gimana kalau ternyata gak cuma operasi angkat miom tapi juga harus angkat rahim. Suamiku adalah orang Batak yang pengen banget punya anak cowok. Saat ini anak kami dua orang perempuan. Yang orang Batak pasti tahu kenapa cowok Batak pengen punya anak laki-laki. Iyes, supaya ada penerus marga. Aku sudah pernah membicarakan ketakutanku ke suami dan bertanya gimana kalau harus angkat rahim. Ya berarti diangkatlah katanya. Gak papa hanya punya dua anak perempuan ini, tanyaku. Ya gak papa, katanya. Yah pembicaraan semacam itulah. Setelah sekian lama dibicarakan, akhirnya aku kontrol ke dokter kandungan yang cukup terkenal di Palangka Raya, dr. Rully. Ternyata miom yang dulu di rahimku berbonus kista, Jadi ada 1 miom dan 1 kista, dokter merekomendasikan diangkat. Kista ini katany sih cairan di dalam kantung gitu, bisa semakin membesar sampai ukuran yang gak bisa terbayangkan, dan bisa pecah. Ukuran kista lebih besar dari miom dan posisi dekat dengan indung telur, sedangkan miomnya lebih kecil.Kalau diangkat indung telur ya gak guna kan rahim, wong ga ada sel telur yang bisa dibuahi. Si miom ukurannya setengah rahim, kecil kok. Tapi posisinya di dekat mulut rahim. Banyak pembuluh di situ , jadi kalau ternyata kesulitan mengangkat miomnya maka akan sekalian angkat rahim. Sebenarnya gak papa si miom, Cuma masalahnya si kista tadi. Dokter juga mau merekomendasikan cek darah untuk cek tumor marker, untuk melihat ini ganas atau nggak. Dokter bilang kalau operasi akan mengusahakan angkat miom dan kista saja, tapi kalau ternyata harus angkat semua aku harus siap.  Iya lah ya, masa perut dah dibuka terus ada apa-apa, gak jadi, tutup lagi. Ish... Membayangkannya aja dah perih aku. Pulang lagi dan diskusi ke suami, akhirnya mantap mau operasi dengan segala konsekuensinya.

 

Kembali aku kontrol ke dokter keluarga BPJS kami dan minta rekomendasi ke RS rujukan, untuk cari second opinion dan kalau emang operasi kan ditanggung. Kapan-kapan ya aku cerita prosedur pakai BPJS. Singkat cerita, aku diminta memilih RS rujukan. Aku memilih RS Betang Pambelum karena suami pernah operasi di sana dan suami cukup puas. RS ini lumayan baru di Palangka Raya, RS swasta tapi termasuk RS rujukan BPJS. Kontrol pertama ke dr.Harry dan di USG terlihat 1 miom dan 1 kista, kami membicarakan opsi operasi dan dia minta aku tes darah di lab Prodia untuk cek tumor marker, apakah jinak atau nggak. Kalau jinak bisa operasi di situ, tapi kalau nggak harus ke dokter spesialis kandungan yang khusus menangani tumor ganas. Berbekal surat dokter aku ke lab Prodia untuk diambil darah. Shock aku tuh, cek gitu habis hampir 1,3 juta, untung ada diskon kalau tukar poin telkomsel, lumayan diskonnya sekitar 100 ribuan. Tapi tetep aja kan : Kumenangisssss….membayangkan *nyanyi*. Duit segitu bo, hiks. Beberapa hari deg-degan nunggu hasil lab. Kalau sampai ganas, rempong harus ke Banjarmasin, mana lagi pandemi gini, kepikiran bocah-bocah segala, asli ga enak makan jadinya. Beberapa hari kemudian hasilnya keluar, jinak dong. Puji Tuhan. Konyolnya, aku sempat mikir, yaelah sayang banget duitnya dah tes mahal-mahal eh negatif. Geblek kata suamiku. Gimana kalau dah mahal dan ganas, apa nggak nangis lagi. Hahahaha. Dasar ya aku. Ya gimana bo, emak-emak, duit segitu eh. Akakakak.

 

Pas kontrol lagi ke dr.Harry dan bawa hasil lab, dia oke untuk operasi. Maunya kami sebelum Natalan, tapi dia bilang dokter dan perawatnya banyak yang cuti (o, iya RS Betang Pambelum ini punya yayasan Katolik jadi bisa dimengerti sih kalau pegawainya banyak yang cuti Natal). Lagi pula terlalu mepet, aku kontrol tanggal 21 masa mau operasi sebelum Natal. Ya sudahlah. Selama libur Natalan kami nginap di rumah ortuku, balik tanggal 27 ke rumah kami. Itu langsung siap-siap untuk masuk RS tanggal 28. Tanggal 28 seharian aku masih ngantor karena hectic kerjaaan akhir tahun. Malamnya baru masuk RS. Anak-anak sudah diungsikan ke tempat mamaku sama suamiku.

 

Aku datang ke RS sendirian berhubung suami ngantar anak-anak ke tempat mamaku. Langsung ke IGD bawa rekomendasi dr.Harry, tes rapid dan non reaktif, rontgen paru juga. Prosedur selama pandemi. Suami datang malamnya dan menemaniku. Dokter IGD konsultasi ke dr.Harry , diputuskan operasi tanggal 29 jam 12 siang. Aku harus puasa dari jam 5 pagi di hari operasi. Ada kejadian lucu. Jam 11 siang suami makan nasi Padang yang dibelinya, eh perawat datang dan mau membawaku ke ruang operasi mau prepare, nanti aja kata suamiku, dia mau makan dulu. Ngakak lah aku, kebayang dokter dan perawat nungguin suamiku makan nasi Padang dulu, hahaha. Tapi perawatnya mau lo nunggu suamiku makan dulu. Setelah suamiku makan, baru kami ke ruang operasi. Dokter menjelaskan beberapa hal dan bertanya siap gak kalau harus angkat rahim, emang diusahakan angkat kista dan miom aja, tapi kalau beresiko ya harus siap. Suami oke, tanda tangan persetujuan operasi. Masuklah aku ke ruang operasi.

 

Akhirnya, merasakan dibius lagi. Dokter anestesi bilang ini sama kayak SC, bius lokal. Oke kataku. Dan proses menyakitkan itu dimulai. Sakit banget sewaktu disuntik bius di punggung. Gak lama kakiku kebas, badan lemas dan gak berdaya. Masih bisa kudengar semua pembicaraan dokter dan perawat. Berasa waktu perut dibelah, tapi gak sakit. Sewaktu dibuka perutku, dokter bilang ternyata ada 1 miom lagi yang gak terlihat waktu USG, jadi ada 2 miom dan 1 kista. Sepertinya dokter keluar dan menjelaskan ke suami harus diangkat semuanya. Aku sempat gak sadar entah berapa lama, karena pas sadar sudah ada selang oksigen, gak tahu kapan dikasih perawat. Selama operasi waktu berjalan lamaaaa…..banget. Pengen tidur dan tahu-tahu selesai, tapi gak bisa, hiks. Gimana bisa tidur, wong berasa perut diobok-obok, digunting, tapi gak sakit. Dengar perawat dan dokter ngobrol kalau mereka belum sempat makan siang, hahahaha, jadi ingat suamiku yang malahan sempat makan nasi Padang. Pas dah selesai, bagian dijahit ni ga enak, berasa lo lagi dimasukin benang, ditarik, masukin, tarik. Entah berapa lapisan. Gitu sensasi operasi SC. Dan tahu gak sih, perawat dan dokternya hamper semua cowok, Cuma 1 perawat cewek. Aku kan dengar suara mereka. Asli, dah ga ada malu lagi kalau masuk ruang operasi gini.

 

Keluar ruang operasi, dokter menjelaskan ke suamiku tentang jalannya operasi. Dah diangkat semua, miom, kista sekalian rahim dan indung telur. Operasi 3 jam lebih bo. Rupanya bukan perasaanku aja yang kok lama, tapi emang lama banget. Perbandingannya, SC biasa paling lama setengah jam. Malahan sepupuku yang koas pernah lihat operasi SC yang dilakukan dokter senior 10 menit tok. Ckckckck. Lalu ditunjukkan dong miom dan kista yang dikeluarkan. Jreng jrenggg…. Itu toplesnya suamiku yang cari, ukurannya untuk kapasitas 12 liter gitu. SHOCK. Selama ini aku bawa-bawa di perutku tiap hari bo. Belakangan aku menimbang pasca operasi ternyata beratku turun sekitar 2 kg. Bayangkan deh bawa 2 kg gula di perut, mungkin kayak gitulah rasanya, hahahaha. Dokter bilang mau kirim tuh miom dan kista buat diperiksa di lab patologi, masih mau cek ada sel kanker apa ngga, tapi butuh biaya dong, suami oke. Mau nentang kok ya dodol banget, lagian buat pastikan semua clear, ya sudahlah.



Anehnya pasca operasi setelah bius hilang, luka bekas jahitanku gak nyeri sama sekali. Sore aku dah bisa bolak-balik di tempat tidur ke kiri kanan, malam dah bisa belajar duduk. Tapi emang belum bisa jalan karena masih pakai kateter. Smooth banget pasca operasi gak ada nyeri. Tanggal 31 aku sudah lepas infus dan kateter, malamnya aku sudah bisa pulang. Blessing banget. Kan males ya kalau harus melewatkan malam tahun baru di RS, pengen kumpul bareng keluarga. Dah kangen berat sama anak-anak. Keluar RS aku jalan dengan gagahnya, turun tangga sendiri (ruang rawat inapku di lt.2) sampai temanku yang jemput heran. Rupanya penderitaan baru dimulai tanggal 1 Januari 2021, hahaha. Bekas jahitanku nyeri. Rupanya selama di RS aku disuntikkan pereda nyeri lewat infus. Lah, lepas infus cuma minum obat oral untuk pereda nyeri, itu pun asam mefenamat doang. Mateng kon. Sekarang sedang masa pemulihan di rumah mamaku, supaya gak kecapean. Nyerinya masih terasa kadang, jalan pelan seperti orang baru SC.

 

Puji Tuhan buat penyertaanNya. Aku bersyukur. Jujur, sempat sih nyesek, baru umur 36 (Januari ini) tapi udah ga punya rahim dan indung telur, artinya bakal menopause dini dong. Tapi aku menerima terlalu banyak, masa aku mau protes lagi  sama Tuhan. Ada orang yang tahunan belum hamil sementara aku dikaruniai dua putri. Bersyukur suami juga gak ngotot pengen punya anak lagi, ada lo yang ngotot pengen anak cowok sampai punya banyak anak cewek dan baru berhenti usahanya karena tahu-tau dah banyak. Bersyukur ternyata masih bisa hamil sebelumnya dengan kondisi ada miom di dekat mulut rahim. Bersyukur tu kista gak sempat pecah. Bersyukur bisa operasi di Palangka Raya, gak mesti jauh. Bersyukur masih hidup. Bersyukur bisa berkumpul sama keluarga.

 

Aku menerima terlalu banyak dan masih protes? Gak tahu diri banget lah ya.  Dasar manusia. Sering kali terlalu memikirkan yang gak dimilikinya sampai lupa mensyukuri yang dimilikinya. I’m blessed.

Palangka Raya, 6 Januari 2021

-Mega Menulis-

Monday, January 4, 2021

Matius 1, Amsal 2

Matius 1

Scripture
Matius 1:23 (TB)  "Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" — yang berarti: Allah menyertai kita. 

Observation
Kesadaran bahwa Allah menyertaiku seharusnya mengubah hidupku. Bukan hanya membuatku menjalani hidup tanpa ketakutan tapi juga mengubah cara hidupku. Tentunya kalau aku menyadari Tuhan berada di dekatku, aku berhenti melakukan hal yang mendukakanNya dan hanya melakukan yang menyenangkanNya.

Aplication
Tuhan besertaku dan aku hidup dengan kesdaran akan kehadiranNya.

Prayer
Tuhan, setiap hari aku mau menyenangkanMu. Tolong aku ya Tuhan. Amin.

Amsal 2

Scripture 
Amsal 2:20 (TB)  Sebab itu tempuhlah jalan orang baik, dan peliharalah jalan-jalan orang benar. 

Observation
Kegiatan memelihara bukan kegiatan sehari dua hari, tapi setiap hari harus dilakukan. Gak bisa sesukanya tapi harus memperhatikan dan melakukan segala yang diperlukan agar tetap terawat. Memelihara jalan orang benar berarti tetap melakukan yang benar setiap saat walaupun tak ada yang melihat, walaupun gak menguntungkan, walaupun menjadi jalan sunyi.

Aplication
Aku mau berlatih melakukan yang benar dan terus memelihara jalan orang benar.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk tetap setia melakukan yang benar. Amin.
Gratitude Journal 
3 Januari 2021 

1. Bersyukur ingat ikut webinar sesi 2 Winning Without Confrontation. 
2. Bersyukur sekeluarga bisa dipotong rambutnya oleh suamiku. 
3. Bersyukur dapat salep dan bedak untuk gatal-gatalnya Sofia. 
4. Bersyukur ada sepupuku yang main ke rumah dan kami bisa makan bakso di depan rumah mamaku. 

Palangka Raya, 3 Januari 2021
-Mega Menulis-

Yohanes 1, Amsal 1

Amsal 1

Scripture
Amsal 1:32 (TB)  Sebab orang yang tak berpengalaman akan dibunuh oleh keengganannya, dan orang bebal akan dibinasakan oleh kelalaiannya. 

Observation
Orang yang tak berpengalaman harus berani mencoba supaya gak terbunuh sehingga punya banyak pengalaman dan belajar dari pengalaman tersebut. Gak boleh enggan alias malesan, lah kapan geraknya. Sesudah memulai dan ternyata melakukan kesalahan atau belum berhasil, harus mencoba lagi dan gak mengulang kesalahan supaya gak binasa. Keengganan dan kelalaian dikatakan menyebabkan terbunuh dan binasa. Ini kata lain dari kematian. Kematian apa? Bukan kematian fisik, bisa saja kematian usaha, kematian semangat, kematian ide, dll.

Aplication
Di tahun 2021 ini aku gak boleh jadi orang yang engganan dan lalai. Harus mau mencoba tapi juga awas dan belajar dari kesalahan, apa yang kurang dilengkapi. Lakukan perbaikan terus-menerus.

Prayer
Tuhan, terima kasih buat rhema yang kuat hari ini. Aku bersemangat memulai dan belajar lagi. Sertai aku ya Tuhan. Amin.

Yohanes 1

Scripture
Yohanes 1:46-47 (TB)  Kata Natanael kepadanya: "Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?" 
Kata Filipus kepadanya: "Mari dan lihatlah!" Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!"

Observation
Perkataan Natanael terdengar skeptis, tapi dia jujur dan mengungkapkan apa yang ada di hatinya. Yesus menghargai kejujuran Natanael,bahkan berkata tidak ada kepalsuan di dalamnya. Jika di masa dulu, Yesus menghargai hal tersebut, apalagi sekarang. Di masa sekarang susah sekali menemukan orang yang hidupnya tanpa kepalsuan, dan aku mau jadi salah satunya.

Aplication
Aku mau hidup tanpa kepalsuan alias berintegritas. Gak perlu berusaha mengesankan orang lain, cukup fokus pada tujuan menyenangkan Tuhan.

Prayer
Tuhan, jadikanku murni dan tanpa kepalsuan. Tolong aku yang lemah ini. Amin.
Gratitude Journal 
2 Januari 2021 

1. Bersyukur bisa pulang ke rumah untuk cek dan ambil beberapa barang.
2. Bersyukur hari ini Puskesmas buka, jadi Sofia bisa berobat. 
3. Bersyukur dapat blessing Japchae dari temanku. 
4. Bersyukur masih ada stok daging, bumbu pecel, soun, dll yang bisa aku bawa ke tempat mamaku. 
5. Bersyukur bisa nonton bareng sekeluarga film The Call, bagus banget.

Palangka Raya, 2 Januari 2021
-Mega Menulis-

Lukas 1, Amsal 1

Lukas 1

Scripture
Lukas 1:6-7 (TB)  Keduanya adalah benar di hadapan Allah dan hidup menurut segala perintah dan ketetapan Tuhan dengan tidak bercacat.
Tetapi mereka tidak mempunyai anak, sebab Elisabet mandul dan keduanya telah lanjut umurnya. 

Observation
Elisabet dan Zakharia hidup taat tetapi mereka tidak mempunyai anak sampai usia mereka lanjut. Mereka bisa saja kecewa sama Tuhan dan berbalik dari Tuhan. Mungkin orang sekarang mikir, buat apa taat tapi Tuhan gak mengganjar mereka dengan reward. Tapi mereka gak mikir gitu, mereka tetap taat walaupun gak mendapat apa yang mereka mau. Zakharia dan Elisabet memberikan teladan ketaatannya. 

Aplication 
Aku juga mau taat walaupun ada doa yang Tuhan belum jawab. Ketaatanku untuk menyenangkan Tuhan, bukan mendapatkan keinginanku. 

Prayer 
Tuhan, tolong aku menaatiMu dalam segala hal. Amin.

Amsal 1

Scripture
Amsal 1:30 (TB)  tidak mau menerima nasihatku, tetapi menolak segala teguranku, 

Observation
Saat aku gak mau menerima nasihat maka suatu hari aku akan melakukan kesalahan dan mendapat teguran. Pilih mana Meg? Menerima nasihat di masa sekarang atau menerima teguran di masa mendatang? Masih menolak? Maka hidupmu gak akan berubah.

Aplication 
Aku mau menerima nasihat dan teguran dengan sukacita. Berespon benar dengan perubahan hidup. 

Prayer 
Tuhan, mampukan aku untuk berubah saat dinasihati dan ditegur. Jangan biarkan aku mengeraskan hatiku. Amin.
Gratitude Journal 
1 Januari 2021 

1. Bersyukur berjumpa tahun 2021 dalam keadaan keluarga sehat dan gak kekurangan apapun.
2. Bersyukur dapat blessing pisang, telur ayam kampung dan obat pereda nyeri dari temanku.
3. Bersyukur walaupun jahitan lukaku terasa nyeri tapi aku masih bisa tahan.
4. Bersyukur bisa jalan pagi bareng sekeluarga.
5. Bersyukur dengar cerita mamahku kalau selama ditinggal ke RS, Sara dan Sofia benar-benar manis. Mereka gak merepotkan orang rumah, gak nangis, gak rewel minta ini itu, makan kue hanya setelah makan utama. Pendeknya mereka mau dengar-dengaran. Bahagia dan bangga dengarnya.
6. Bersyukur hari ini bisa bayar kredit rumah walaupun gaji belum masuk.

Palangka Raya, 1 Januari 2020
-Mega Menulis-

Wahyu 22

Wahyu 22:6-21

Scripture
Wahyu 22:11 (TB)  Barangsiapa yang berbuat jahat, biarlah ia terus berbuat jahat; barangsiapa yang cemar, biarlah ia terus cemar; dan barangsiapa yang benar, biarlah ia terus berbuat kebenaran; barangsiapa yang kudus, biarlah ia terus menguduskan dirinya!"  

Observation & Aplication 
Ngeri sekali, dibiarkan terus melakukan kejahatan kecemaran tanpa ditegur, dibiarkan hidup dalam kejahatan. Sebaliknya, anugerah yang begitu besar kalau boleh hidup terus dalam kebenaran dan kekudusan.

Prayer
Tuhan, tolong aku, jangan biarkan aku hidup dalam kecemaran. Berikanku hati yang lembut supaya waktu Tuhan tegur, aku mau bertobat dan hidup dalam kebenaran. Tolonglah aku untuk terus hidup dalam kekudusan. Amin.
Gratitude Journal
31 Desember 2020

1. Bersyukur menjelang pagi bisa tidur setelah semalaman susah tidur karena gak bisa bab.
2. Bersyukur hari ini bisa jalan sendiri dan diperbolehkan pulang sama dokter. Yay. Senangnya gak perlu bermalam tahun baru di RS.
3. Bersyukur ada Fani yang nawarin jemput dari RS.
4. Bersyukur biaya di RS hampir semuanya ditanggung BPJS, hanya keluar 2,3 juta (itu pun termasuk pemeriksaan lab patologi 1,6 juta).
5. Bersyukur buat pelayanan dokter dan perawat di RS Betang Pambelum, luar biasa bersyukur memilih operasi di sini.
6. Bersyukur pulang ke rumah mama dan ketemu keluarga besar, melihat anak-anak yang hepi banget ketemu papa mamanya.
7. Sahabatku bilang suamiku bersyukur menikahiku, padahal aku yang bersyukur memiliki suami seperti suamiku. 
8. Bersyukur di penghujung tahun 2020 ini kami sekeluarga masih sehat.
9. Bersyukur buat segala yang terjadi di tahun 2020, aku melihat kesetiaan, kebaikan dan kemurahan Tuhan. Dia sungguh baik.
10. Bersyukur mengingat proses operasi dan melihat besarnya miom dan kista yang dikeluarkan
Kalau melihat besaran dan letaknya, suatu mukzizat aku bisa punya dua anak. Tuhan sungguh baik.

Palangka Raya, 31 Desember 2020
-Mega Menulis-

Wahyu 20

Wahyu 20

Scripture
Wahyu 20:15 (TB)  Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu.

Observation
Tuhan adalah kasih tetapi juga adil. Terkadang kita melupakan itu. Bagi mereka yang belum menerima Kristus keadilanNya mungkin kejam, tapi kita tahu kasih dan keadilanNya telah dinyatakan melalui salib Kristus.

Aplication
Orang lain perlu mendengar tentang keselamatan yang dari Kristus dan aku harus bersaksi.

Prayer
Tuhan mampukan aku menjadi saksiMu. Amin.
Gratitude Journal
30 Desember 2020

1. Bersyukur sudah bisa duduk dan semakin pulih, sudah bisa buang angin dan lepas kateter.
2. Bersyukur Sara dan Sofia betah di rumah eyangnya.
3. Bersyukur gatal-gatal Sofia sudah berkurang.
4. Bersyukur buat Mama dan adekku yang menemani Sara Sofia main.

Palangka Raya, 30 Desember 2020
-Mega Menulis-

Wahyu 3

Wahyu 3:1-6

Scripture
Wahyu 3:6 (TB)  Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat."

Observation
Perlu kepekaan dan ketaatan kalau ingin mendengar suara Roh Kudus. Terkadang aku bilang ingin tahu kehendakNya tapi tanpa keinginan menaatiNya. Nah lo, gimana ceritanya kalau kayak gitu?

Aplication
Aku harus bersedia taat pada setiap perkataan Roh Kudus supaya Ia berbicara lebih banyak.

Prayer
Tuhan, tolong aku menaati setiap perkataan Roh Kudus yang kudengar. Amin.
Gratitude Journal
29 Desember 2020

1. Bersyukur walaupun ada beberapa masalah sebelum operasi tapi operasi tetap berlangsung sesuai jadwal.
2. Bersyukur acara open house bareng di kantor berjalan lancar.
3. Bersyukur karena banyak yang mendoakanku selama operasi.
4. Bersyukur operasinya berjalan lancar meskipun lama, hampir 3 jam.
5. Bersyukur buat penyertaan Tuhan bagi dokter dan perawat yang mengerjakan operasi.
6. Bersyukur diingatkan betapa Tuhan baik, dalam kondisi punya kista dan miom yang besar, aku masih dikaruniai dua anak.

Palangka Raya, 29 Desember 2020
-Mega Menulis-

Matius 25

Matius 25:31-46

Scripture
Matius 25:43-44 (TB)  ketika Aku seorang asing, kamu tidak memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu tidak memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit dan dalam penjara, kamu tidak melawat Aku.
Lalu mereka pun akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar, atau haus, atau sebagai orang asing, atau telanjang atau sakit, atau dalam penjara dan kami tidak melayani Engkau?

Observation 
Saat Natal, aku benar-benar sibuk dan capek. Jadi gak terlalu memperhatikan ada atau tidak ucapan Selamat Natal dari teman-temanku. Baru pas hari ini melihat status temanku yang cerita kalau di WAG alumninya yang mengucapkan Selamat Natal hanya dua orang. Aku jadi membatin, ih segininya ya keadaan sekarang, perasaan dulu gak gini-gini amat deh. Yah sebenarnya gak peduli juga sih awalnha, diucapin gak diucapin gak mengurangi kenyataan Kristus sudah lahir di dunia ini bagi semua orang. Eniwei, kembali ke kisah temanku tadi. Di statusnya ada teman yang komentar, dia ada kebiasaan kasih angpao pas Imlek. Yang gak ngucapin ya gak dikasih, hahahaha, lucu juga. 

Ayat hari ini mengajakku mengasihi semua orang karena Kristus bisa jadi datang dalam berbagai rupa. Bisa jadi berupa teman yang gak mengucapkan Selamat Natal, hahaha. Yang jelas, Kristus ingin aku mengasihi dan meresponi kebutuhan mereka yang memerlukan bantuan. 

Aplication 
Tetap mengasihi sekalipun disakiti, apalagi gak disakiti. Tuhan Yesus selamanya baik.

Prayer
Tuhan ajar aku mengasihi walaupun bukan asalkan karena Tuhan terlebih dahulu mengasihiku. Amin.
Gratitude Journal
28 Desember 2020

1. Bersyukur bisa menyelesaikan banyak kerjaan di kantor.
2. Bersyukur bisa rawat inap dan observasi sebelum operasi.
3. Bersyukur bocah-bocah enjoy ditinggal papa mamanya ke  RS.
4. Bersyukur ada mama dan adekku yang jagain Sara dan Sofia.

Palangka Raya, 28 Desember 2020
-Mega Menulis-

2 Timotius 4

2 Timotius 4 :1-8

Scripture
2 Timotius 4:2 (TB)  Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.

Observation
Menegur dan menasihati dengan kesabaran dan pengajaran, duh ini pergumulan sehari-hari berhadapan dengN bocah. Seringnya aku gak sabar dan gak mengajar mereka karena mau hasil instan. Ancaman dan bentakan yang sering keluar. Padahal, sewaktu mereka gak obey adalah saatnya memberitakan firman Tuhan.

Aplication
Aku harus menggunakan ketidaktaatan  bocah sebagai sarana pemberitaan Injil dan pembentukanan karakter kami.

Prayer
Tuhan, tolonglah aku untuk bersabar dalam mendidik anak-anak dan diriku sendiri, memberitakan Injil supaya kami belajar menaati Tuhan bersama-sama. Amin.
Gratitude Journal
27 Desember 2020

1. Bersyukur ke Hypermart ada diskon susu. Lumayan bisa nyetok susu buat bocah.
2. Bersyukur ketemu sepupuku dan ngobrol.
3. Bersyukur bisa jalan bareng sekeluarga.
4. Bersyukur ikut webinar Winning Without Confrontation dan Jurnalling Homeschooling.

Palangka Raya, 27 Desember 2020
-Mega Menulis-

Untuk Sofia : Asal Mula Namamu

Sofia Margaret Sibuea, hari lahirmu adalah 12 April 2018 Papa dan mama sudah sepakat sebuah nama sebelum kamu lahir. Dan itu bukan namamu s...