.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Thursday, January 28, 2021

Lukas 11, Amsal 5

Lukas 11

Scripture
Lukas 11:28 (TB)  Tetapi Ia berkata: "Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya."

Observation & Aplication 
Yesus mendefinisikan kembali arti kebahagiaan dan mengingatkan bahwa siapapun yang hidup sesuai firmanNya yang berbahagia. Kebahagiaan sejati bagiNya didapat bukan karena memiliki apa yang diinginkan dalam hidup tapi hidup dalam ketaatan penuh kepada Allah.

Bagaimana definisi berbahagia menurutku? Apakah aku bersukacita dan mendapatkan kepuasan penuh saat menaati firman Tuhan? Atau hatiku bersungut-sungut karena menaati firman Tuhan itu gak mudah. Well, justru karena gak mudah itu harusnya aku berbahagia ya, karena gak semua orang mengambil pilihan tersebut. Ini artinya aku yang memutuskan akan berbahagia atau tidak saat menaatiNya. Aku perlu berlatih bersyukur dan merayakan setiap ketaatan kepada Allah. Melihat setiap ketaatan sebagai kesempatan memandang karya Roh Kudus yang bekerja di dalamku.

Prayer
Tuhan, ajar aku memandang seperti Engkau memandang supaya aku sungguh memaknai berbahagia menurut Tuhan dan sungguh berbahagia saat menjadi pelaku firman. Amin.

Amsal 5

Scripture
Amsal 5:21 (TB)  Karena segala jalan orang terbuka di depan mata TUHAN, dan segala langkah orang diawasi-Nya. 

Observation
Menyadari Tuhan hadir dan melihat setiap yang aku kerjakan, apakah yang kurasakan? Rasa jengkel karena gak bebas melakukan apa yang aku inginkan? Atau rasa aman karena tahu Dia berjaga-jaga atas hidupku dan begitu mengasihiku?

Aku perlu membangun kesadaran akan keberadaan Tuhan setiap waktu di dalam hidupku. Ini akan menjagaku dari berbuat dosa dan melakukan hanya yang menyenangkan Tuhan saja. Ini akan mengubah sikapku, mulutku, hatiku. Hanya dengan berpikir : Tuhan sekarang di sini lo, apakah Dia akan senang mendengarku berkata seperti ini? Atau, apakah Dia menyukai pekerjaan yang aku lakukan sekarang ini?

Aplication
Bagaimana membangun kesadaran kalau Tuhan hadir di dekatku dan peduli pada seluruh kehidupanku? Tentu saja dengan terus berkomunikasi dengan Tuhan. Melakukan percakapan kecil setiap waktu dan melibatkan Dia dalam setiap apa yang aku kerjakan. Saat aku melakukan ini aku akan menyadari keberadaan Tuhan lebih dari sebelumnya.

Prayer
Tuhan, aku mau menyadari keberadaanMu sepanjang hari ini. Jangan biarkan aku meninggalkan hadiratMu ya Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
27 Januari 2021

1. Bersyukur gak terlambat ke kantor.
2. Bersyukur banyak pekerjaan hari ini dan selesai.
3. Siang hujan jadi gak bisa pulang ke tempat mamaku, bersyukur bisa pulang ke rumah sendiri dan tidur siang. 
4. Bersyukur ada sepupu bocah yang dititipkan di sini. Puas banget mereka main. 
5. Bersyukur mertuaku sudah belajar berdiri.

Palangka Raya, 27 Januari 2021 
-Mega Menulis-

No comments:

Yohanes 9, Amsal 8

Yohanes 9 Scripture Yohanes 9:3 (TB)  Jawab Yesus: "Bukan dia dan bukan juga orang tuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah haru...