.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Thursday, January 21, 2021

Markus 3, Amsal 4

Amsal 4

Scripture
Amsal 4:14 (TB)  Janganlah menempuh jalan orang fasik, dan janganlah mengikuti jalan orang jahat. 

Observation & Aplication 
Sepertinya jalan orang jahat enak banget, sudah melakukan yang jahat tapi kok gak menerima konsekuensi dari perbuatannya, rezekinya lancar aja, yah hidupnya baik-baik aja kok. Tapi, firman Tuhan bilang jangan ikuti, ya udah jangan ikuti. Aku hidup benar dan melakukan yang baik karena:
1. Itu adalah kehendak Tuhan bagiku.
2. Itu menyenangkan hati Tuhan.
Jadi perkara ganjaran perbuatan  jahat maupun baik bukan urusanku,tetap lakukan bagianku dengan setia. Fokus saja melakukan yang baik agar Tuhan saja yang dimuliakan.

Prayer 
Tuhan, mampukan aku fokus melakukan yang benar dan baik di mata Tuhan. Jangan biarkan fokusku teralih ke mereka yang fasik dan berbuat jahat. Amin.

Markus 3

Scripture
Markus 3:5 (TB)  Ia berdukacita karena kedegilan mereka dan dengan marah Ia memandang sekeliling-Nya kepada mereka lalu Ia berkata kepada orang itu: "Ulurkanlah tanganmu!" Dan ia mengulurkannya, maka sembuhlah tangannya itu. 

Observation
Menurut KBBI, kedegilan artinya tabiat tidak mau menuruti nasihat orang; ketegaran;
Yesus berduka karena kedegilan orang Farisi. Kedegilan ini bukan sekedar gak mau menuruti nasehat sekali atau dua kali, tapi sudah jadi tabiat alias kebiasaan yang dilakukan terus menerus sehingga membentuk karakter mereka. Bahkan saat kebenaran diungkap di depan mereka, mereka tetap menolaknya. Sejak awal mereka tidak mengingini kebenaran. Apapun yang dikatakan orang lain, hati mereka tertutup dengan kebenarannya sendiri. Itulah sebabnya mereka susah untuk bertobat, bagi mereka orang lain selalu salah dan mereka selalu benar.

Aplication
Kalau kedegilan adalah hasil dari terus menerus menolak kebenaran dan nasihat maka setiap hari aku harus belajar menerima nasehat dengan hati lapang dan lembut supaya aku sedia berubah.

Prayer
Tuhan, lembutkanlah hatiku menerima kebenaran dan nasihat supaya aku gak menjadi degil. Mampukan aku untuk gak defense setiap ditegur, tapi sungguh mau menerima dengan sukacita teguran yang diberikan. Amin.
Gratitude Journal 
19 Januari 2021 

1. Bersyukur pagi-pagi bisa sarapan dan ngobrol bareng suamiku sebelum mengantarnya ke bandara.
2. Bersyukur hasil rapid suamiku negatif jadi bisa terbang ke Pekanbaru. Bersyukur suami sampai di Pekanbaru dengan selamat.
3. Bersyukur bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan di kantor.
4. Bersyukur sore bisa jalan bareng bocah-bocah dan adekku ke Hypermart.
5. Bersyukur siang bisa mengalahkan kemalasan dan pulang ke rumah untuk mengurus bocah-bocah.
6. Bersyukur dikirimi buku sama temanku Yunie.

Palangka Raya, 19 Januari 2021
-Mega Menulis-

No comments:

1 Yohanes 2, Yakobus 4

1 Yohanes 2 Scripture 1 Yohanes 2:11 (TB)  Tetapi barangsiapa membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan...