.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Thursday, January 21, 2021

Matius 12, Amsal 4

Matius 12

Scripture
Matius 12:3-4 (TB)  Tetapi jawab Yesus kepada mereka: "Tidakkah kamu baca apa yang dilakukan Daud, ketika ia dan mereka yang mengikutinya lapar, 
bagaimana ia masuk ke dalam Rumah Allah dan bagaimana mereka makan roti sajian yang tidak boleh dimakan, baik olehnya maupun oleh mereka yang mengikutinya, kecuali oleh imam-imam?

Observation
Yesus menjawab orang Farisi dengan contoh nyata. Ia tahu kisah dan pengajaran Taurat sehingga tahu bagaimana memberi jawab. Ia mengerti dan memahami kitab suci mereka dengan baik, gak hanya ikut dengan membabi buta tanpa pemahaman. Dan yang terpenting, Yesus mengenal AllahNya secara pribadi sehingga tahu apa yang dikehendaki BapaNya.

Membaca firman Tuhan tanpa mengenal Allah secara pribadi bisa menyebabkan kesombongan rohani, kesalahan menafsirkan dan merasa segala yang dilakukannya benar dan semua orang salah.

Aplication
Saat membaca firman Tuhan, aku harus selalu bertanya sama Tuhan, apa sebenarnya yang ingin disampaikan dan bagaimana melakukan firmanNya. Supaya aku fokus hidup selaras dengan firman Tuhan dan gak punya waktu mengurusi hidup orang lain.

Prayer
Tuhan, tolong aku melakukan firmanMu hari ini dan gak menghakimi orang lain. Amin.

Amsal 4 

Scripture
Amsal 4:23 (TB)  Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. 

Observation
Jaga hati dari apa? Dari ini:
sebab dari dalam, dari hati orang, timbul segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan, perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan. Markus 7:21-22

Setiap hari aku harus waspada dan berjaga supaya di dalam hatiku gak timbul hal-hal tersebut. Beberapa hari ini aku memang berpikiran jahat tentang seseorang. Kesal sekali kalau mengingat kebodohan dan akibat kelakuannya. Kalau sudah begitu, keluarlah hujatan dan perasaan sombong karena aku pikir gak akan melakukan kebodohan yang dilakukannya. Duh. Ternyata dari satu hal membawaku ke hal lain sewaktu aku gak menjaga hatiku๐Ÿ˜ญ

Aplication
Aku gak boleh buka celah dan harus sungguh-sungguh menjaga hatiku. Saat apa yang gak seharusnya ada di hatiku muncul, aku harus memperkatakan firman dan mengasihi.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk selalu berjaga-jaga supaya hatiku gak dipenuhi kejahatan. Amin.

Gratitude Journal 
18 Januari 2021 

1. Bersyukur bisa buat postingan di blog. 
2. Bersyukur ada blessing buat makan bareng sama teman seruangan.
3. Bersyukur mertuaku sudah di RS. Sempat suspect Covid-19 pula pas mau masuk ๐Ÿ˜ญ Puji Tuhan dirawat di ruangan biasa.
4. Bersyukur SKP kepalaku sudah selesai.
5. Bersyukur SP2D sudah keluar.
6. Bersyukur dapat channel audio book. Yay. Bisa 'dengar' isi buku ๐Ÿ˜‚
7. Bersyukur dapat blessing madu asli dari Bosku.

Palangka Raya, 18 Januari 2021
-Mega Menulis-


No comments:

1 Korintus 1, Amsal 19

1 Korintus 1 1 Korintus 1:10 (TB)  Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, demi nama Tuhan kita Yesus Kristus, supaya kamu seia sekat...