.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Saturday, January 9, 2021

Matius 3, Amsal 2

Matius 3

Scripture
Matius 3:15 (TB)  Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kepadanya: "Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah." Dan Yohanes pun menuruti-Nya. 

Observation
Sering kali manusia terjebak pada apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan. Berpikir mengapa begini mengapa begitu. Padahal ada kalanya aku harus berpikir:
O iya, ini bisa jadi bagian dari rencana Allah.
Ooo.... Rupanya ini maksud Tuhan.
Segala sesuatu kiranya terjadi sesuai kehendakNya, bukan kehendakku. 

Aplication 
Saat sesuatu terjadi aku bisa bertanya, dalam situasi ini bagaimana aku tetap memuliakan Tuhan. Ini supaya aku secara sadar menggenapi rencanaNya dan fokus pada melakukan kehendakNya. 

Prayer 
Tuhan, ajari aku mengenalMu lebih lagi supaya sungguh aku hidup di dalam kehendakMu. Amin.

Amsal 2 

Scripture
Amsal 2:4 (TB)  jikalau engkau mencarinya seperti mencari perak, dan mengejarnya seperti mengejar harta terpendam, 

Observation&Aplication 
Mencari hikmat dikatakan harusnya kita cari seperti mencari perak dan harta terpendam. Sejujurnya, aku gak punya ide gimana itu. Ya iyalah aku bukan pencari perak dan harta terpendam. Tapi aku ingat pernah menonton dokumenter orang-orang yang terobsesi mencari harta-harta zaman dulu yang hilang. Ini nyata. Jadi mereka mencari kapal berisi harta yang sudah di dasar lautan. Gila sih usahanya, cari sponsor, sampai jual harta pribadi, beli peralatan mahal, dll. Segala upaya dikerahkan demi mendapatkan harta tersebut.

Lah aku? Apa yang udah aku lakukan untuk menemukan hikmat dan mendapatkan pengertian? Sudahkah aku memintanya ke Tuhan? Sudahkah aku mencoba menemukannya di tempat yang tepat? Apakah aku sudah melakukan segala upayaku? Tuhan bilang kalau aku mencari aku pasti menemukan. Dan aku harus mencari.

Prayer
Tuhan, biarlah aku senantiasa mencari hikmat dan pengertian yang dari Tuhan dengan segala upayaku hari ini. Amin. 
Gratitude Journal 
6 Januari 2021 

1. Bersyukur bisa menulis di blog lag cukup panjang, bukan hanya rhema sate. 
2. Bersyukur paketku sudah sampai.
3. Bersyukur ikut webinar HS metode CM.
4. Bersyukur urusan suamiku di bank sudah selesai.
5. Bersyukur selama pandemi ini bisa ikut berbagai webinar online berbagai tema bareng suami.
6. Bersyukur malam bisa jalan bareng keluarga.
7. Bersyukur sepakat dengan suami tentang beberapa hal tentang pengasuhan anak. Sebelum anak mendapatkan pelajaran terstruktur, kami mau fokus pada habit training untuk membentuk karakter mereka. Kami sadar ada beberapa pola pengasuhan kami yang perlu diperbaiki.

Palangka Raya, 6 Januari 2021
-Mega Menulis-

No comments:

1 Yohanes 2, Yakobus 4

1 Yohanes 2 Scripture 1 Yohanes 2:11 (TB)  Tetapi barangsiapa membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan...