.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Tuesday, February 16, 2021

Lukas 9, Amsal 6

Lukas 9

Scripture
Lukas 9:3 (TB)  kata-Nya kepada mereka: "Jangan membawa apa-apa dalam perjalanan, jangan membawa tongkat atau bekal, roti atau uang, atau dua helai baju. 

Observation
Dalam melakukan pelayanan, murid-murid diminta tidak membawa apa-apa. Kenapa ya kok segitunya. Apa maksud Yesus?
1. Yesus tidak ingin murid-murid membawa beban dalam perjalanannya. Memang lebih mudah mengarungi kehidupan tanpa bawaan. 
2. Yesus ingin mereka belajar bergantung sepenuhnya kepada Allah dalam melakukan pelayanannya. Menjalani kehidupan hari demi hari dan percaya ada pemeliharaan Allah yang sempurna setiap harinya. 

Adakah 'beban' yang aku bawa saat aku menjalani kehidupanku? Mungkin gak berupa materi, tapi berupa hal-hal yang memberatkanku melayani Tuhan. Kekuatiran, masa lalu, kepahitan, dll. Semuanya harus aku tanggalkan dan mulai mengarungi kehidupan tanpa bawaan supaya kehidupanku lebih ringan dan aku mudah melangkah.

Aplication
Aku harua tinggalkan beban yang menghalangiku melangkah dan percaya sepenuhnya saat Dia mengutus aku, maka Dia akan memperlengkapi dan memenuhi segala keperluanku.

Prayer
Tuhan, jangan biarkan aku dipenuhi hal-hal yang memberatkan perjalananku. Tolong aku melepaskan kekuatiran akan masa depan dan keterikatan terhadap keinginan yang bukan dari Tuhan. Amin.

Amsal 6

Scripture
Amsal 6:9 (TB)  Hai pemalas, berapa lama lagi engkau berbaring? Bilakah engkau akan bangun dari tidurmu? 

Observation
Mungkin sehari-hari aku gak benar-benar berbaring saja. Tapi seorang pemalas adalah orang yang gak produktif. Dia gak melakukan apapun yang berguna. Bisa saja dia kelihatan sibuk tapi aslinya tidak berdaya guna. Seseorang yang duduk bermedsos saja pun sebenarnya bisa digolongkan pemalas. 

Aku gak boleh membuang waktu dengan 'tidur dan berbaring'. Bangkit dan lakukan hal yang berguna setiap hari. 

Aplication
-Buat daftar pekerjaan yang harus aku kerjakan. 
-Jangan menunda pekerjaan Meg! 

Prayer
Tuhan, jangan biarkan aku beralasan dan gak melakukan pekerjaan yang gak berguna. Mampukan aku bangun dan beraktivitas bagi kemuliaanMu. Amin.
Gratitude Journal
4 Februari 2021

1. Bersyukur sahabatku ulang tahun hari ini.
2. Bersyukur rangkaian rapat virtual penyusunan kinerja berakhir hari ini.
3. Bersyukur buku dan sepatu yang aku pesan sudah datang. Sepatunya pas, aku suka. 
4. Bersyukur bisa daftar Training for Habit Trainers. Duh, daftar ini tuh susah banget. Dah berapa kali gagal ikut karena pas mau daftar tahu-tahu penuh, padahal baru sehari keluar pengumumannya. Aku sampai tanya terus ke contact personnya kapan buka kelas baru. Mungkin karena lihat aku niat banget, begitu buka pendaftaran aku dijapri. Dan berhasil daftar.
5. Bersyukur ternyata timing aku ikut kelas Training for Habit Trainers ini pas banget. Kelas online belajar HS yang setahun aku ikuti selesai sebentar lagi.
6. Bersyukur malam makan nasi goreng yang enak banget, ditraktir adekku.
7. Bersyukur melihat Sara yang gambarnya semakin jelas bentuknya.
8. Bersyukur malam ini materi kelas HS relate banget dengan keseharian, jadi asyik diskusinya.

Palangka Raya, 4 Februari 2021
-Mega Menulis-

No comments:

1 Korintus 1, Amsal 19

1 Korintus 1 1 Korintus 1:10 (TB)  Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, demi nama Tuhan kita Yesus Kristus, supaya kamu seia sekat...