.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Monday, February 22, 2021

Matius 15, Amsal 6

Matius 15

Scripture
Matius 15:2-3 (TB)  "Mengapa murid-murid-Mu melanggar adat istiadat nenek moyang kita? Mereka tidak membasuh tangan sebelum makan."
Tetapi jawab Yesus kepada mereka: "Mengapa kamu pun melanggar perintah Allah demi adat istiadat nenek moyangmu?

Observation
Baru saja berdiskusi dengan seorang teman tentang suku yang begitu keras memegang adatnya dan membuat kami geleng-geleng. Pokoknya segala sesuatu dilakukan berdasarkan adat. Harus. Kalau ngga macamnya ada yang kurang. Bahkan demi memenuhi adat melakukan hal yang gak rasional.

Hari ini aku diingatkan kalau yang terutama adalah melakukan perintah Allah. Adat itu baik asal gak bertentangan dengan perintah Allah. Jadi kalau adat membuat seseorang mengabaikan perintah Tuhan, mending tinggalkan.

Aplication
Jangan terjebak melakukan sesuatu hanya karena adat dan kebiasaan Meg! Taati Tuhan, itu yang terpenting.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk menaati Tuhan dan menghormati Tuhan saja. Jangan biarkan aku menjalankan adat dan menghakimi orang lain seperti orang Farisi. Amin.

Amsal 6

Scripture
Amsal 6:10-11 (TB)  "Tidur sebentar lagi, mengantuk sebentar lagi, melipat tangan sebentar lagi untuk tinggal berbaring" — 
maka datanglah kemiskinan kepadamu seperti seorang penyerbu, dan kekurangan seperti orang yang bersenjata. 

Observation
Orang yang cuma tidur dan gak melakukan sesuatu akan mengalami kemiskinan dan kekurangan. Titik. Ini rumusan yang pasti. Kekurangan bukan hanya materi sih, tapi seseorang akan merasa hidupnya kurang lengkap karena dia tidak memenuhi panggilan hidupnya dan berkarya. 

Aplication
Kalau merasa hidup kurang bermakna atau gelisah karena gak lengkap, kurangi tidur dan mulai berbuat sesuatu Meg! Penuhi panggilan hidup yang sudah Tuhan tetapkan. 

Prayer 
Tuhan, mampukan aku menjalani hidup yang bermakna. Dan gak hanya 'tidur' tanpa menggenapi panggilan hidup yang sudah Tuhan tentukan. Amin.
Gratitude Journal
6 Februari 2021

1. Bersyukur bisa ke Puskesmas untuk kasih bocah vitamin A.
2. Bersyukur bisa ke rumah ambil cemilan bocah.
3. Bersyukur ada adekku yang nemanin kami kemana-mana.
4. Bersyukur bisa ke Hypermart buat belanja bulanan.
5. Bersyukur ada teman-teman adekku yang ke rumah dan ngerill. 
6. Bersyukur hasil kontrol mamah lumayan bagus. 
7. Bersyukur sempat nonton Lupin bareng adekku.
8. Bersyukur ada challange di gruo LIKE, sesuai kebutuhanku. Semoga bisa. Amin.

Palangka Raya, 6 Februari 2021
-Mega Menulis-

No comments:

1 Korintus 1, Amsal 19

1 Korintus 1 1 Korintus 1:10 (TB)  Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, demi nama Tuhan kita Yesus Kristus, supaya kamu seia sekat...