.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Thursday, February 25, 2021

Matius 18, Amsal 7

Matius 18

Scripture
Matius 18:21-22 (TB)  Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: "Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?"
Yesus berkata kepadanya: "Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.

Observation
Apa tujuan Petrus bertanya tentang berapa kali harus mengampuni? Apakah bertanya untuk kemudian dilakukan? Atau mencari pembenaran untuk tidak mengampuni? Artinya kalau jawaban Yesus sudah ada, setelah sekian kali mengampuni maka apakah aku berhak untuk tidak mengampuni. 

Pernah aku bertanya mirip seperti Petrus ini, saat seseorang menyakitiku berkali-kali, aku bertanya :Berapa kali lagi aku harus mengampuni dia Tuhan? Maksudku, setelah itu aku gak bakal mengampuni lagi. Konyol ya🤣Jawaban Yesus ke Petrus sangat mengejutkan. Tujuh puluh kali tujuh, 490 dong. Lah, emang siapa yang mau repot-repot menghitung sampai segitu baru mengampuni. Merepotkan sekali. Jauh lebih gampang langsung mengampuni kan? Lagipula,saat mengampuni dan menghitung demikian, benarkah aku sungguh sudah mengampuni? Mengampuni sebenarnya lebih mudah daripada mendendam.

Aplication
Setiap aku ada masalah, segera selesaikan, lepaskan pengampunan dan berbelas kasihan. Ingat saja bahwa Allah telah lebih dahulu mengampuniku.

Prayer
Tuhan, terima kasih telah mengampuniku. Kau mampukan aku berbelas kasihan dengan lebih dahulu berbelas kasihan kepadaku. Aku bersyukur. Terima kasih Tuhan. Amin.

Amsal 7

Scripture
Amsal 7:7 (TB)  kulihat di antara yang tak berpengalaman, kudapati di antara anak-anak muda seorang teruna yang tidak berakal budi, 

Observation
Orang yang tidak berakal budi lebih mudah tergoda melakukan dosa karena ia tidak bijaksana,  tidak memikirkan akibat dari perbuatannya dan berbuat sesukanya.

Aplication
Aku gak boleh jatuh ke dalam lubang yang sama, belajar dari pengalaman, gunakan akal budi pemberian Tuhan, selalu. Jangan sekali-kali mengabaikan hikmat dari Tuhan. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya gak jatuh ke dalam dosa berkali-kali. Amin.
Gratitude Journal
12 Februari 2021

1. Bersyukur jalan kaki hari ini tembus 10.000 langkah, lagi libur jadi bisa jalan lebih lama Bersyukur bisa confess ayat yang aku pernah hapalkan.
2. Bersyukur bubur ayam langganan kami buka, jadi bisa beli sarapan di sana.
3. Bersyukur bisa tidur siang.
4. Bersyukur buat kesehatan kami sekeluarga terutama mamaku.
5. Bersyukur bisa belanja bulanan bareng adekku.
6. Bersyukur ketemu orang jualan sate yang enak di dekat rumah mamaku.
7. Bersyukur Tuhan cukupkan segala keperluan kami. Beberapa bulan ini banyak sekali keperluan, tapi Tuhan sediakan.

Palangka Raya, 12 Februari 2021
-Mega Menulis-

No comments:

Yakobus 2, Amsal 16

Amsal 16 Scripture Amsal 16:24 (TB)  Perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang madu, manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang.  O...