.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Wednesday, March 31, 2021

Atomic Habits (Bab 14)



Alat penjaga komitmen adalah pilihan yang anda buat saat ini untuk mengendalikan aksi-aksi anda pada  masa mendatang. 
Idenya adalah lakukan satu tindakan besar yang akan memudahkan melakukan kebiasaan baik atau menyulitkan melakukan kebiasaan buruk. Tindakan ekstrim di awal ini akan mengubah tindakan-tindakan kita selanjutnya. Saya teringat sewaktu awal memiliki rumah, saya memutuskan tidak mau membeli TV. Tebak yang terjadi kemudian? Saya menulis lebih banyak, membaca lebih banyak, dan mencoba berbagai resep baru. Itu contoh ekstrimnya sih, akakak. 


Cara terbaik membongkar kebiasaan buruk adalah menjadikan pelaksanaannya tidak praktis. Perbesar hambatan bahkan sampai anda enggan melakukannya. 
Jadi, kebiasaan buruk apa yang jadi pergumulan? Lakukan satu tindakan yang mempersulit untuk melakukannya, lama kelamaan, saking sulitnya, anda menjadi malas melakukannya. Bye-bye kebiasaan buruk. Saya belum paham hal ini tapi pernah melakukannya, sebelumnya saya pernah bercerita kecanduan saya pada games. Saya uninstall games tersebut dan saat mau bermain baru saya install. Setelahnya saya uninstall lagi. Repot amat. Ya memang itu tujuannya 🤣. Sekarang? Boro-boro bermain, menginstallnya saja saya sudah gak pernah. 


Menggunakan teknologi untuk mengotomatiskan kebiasaan adalah cara yang paling andal dan efektif untuk menjamin perilaku yang benar
Mengotomatiskan kebiasaan menggunakan teknologi juga bisa sangat membantu, bagaimana caranya? Gunakan sistem yang memaksa anda melakukan perilaku yang anda ingin lakukan tapi selama ini anda merasa sulit melakukannya. Sulit menabung? Mintalah bank memotong tabungan anda secara otomatis pada tanggal tertentu untuk tabungan terencana. Saya pernah melakukannya, saat kreditan saya sudah selesai saya berpikir, berarti kalau dipaksa saya bisa harusnya menabung sejumlah itu kan bulan-bulan berikutnya. Masuk kan logikanya? Akhirnya saya pergi ke bank, mendaftar pembelian reksadana dan minta bank memotong otomatis setiap awal bulan. Berhasil. Uang yang biasanya dipakai bayar kreditan tersimpan aman kemudian. 

Untuk melatih anak toilet training, baru-baru ini kami mensetting alarm HP berbunyi tiap jam mengingatkan mereka untuk ke toilet, alih-alih mencereweti mereka. Dalam waktu seminggu, berhasil. Sekarang si bungsu sudah lepas popok dan tidak bisa ke toilet tanpa perlu diingatkan alarm HP. Yes! Saat tahu caranya, teknologi dapat digunakan untuk membentuk kebiasaan kita. Saat ini ada berbagai aplikasi yang dapat menolong kita membentuk kebiasaan baik. Mereka hanya sejauh Play Store kok.

Palangka Raya, 29 Maret 2021
-Mega Menulis-

No comments:

1 Yohanes 2, Yakobus 4

1 Yohanes 2 Scripture 1 Yohanes 2:11 (TB)  Tetapi barangsiapa membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan...