.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Monday, March 1, 2021

Lukas 18, Amsal 9

Lukas 18

Scripture
Lukas 18:14 (TB)  Aku berkata kepadamu: Orang ini pulang ke rumahnya sebagai orang yang dibenarkan Allah dan orang lain itu tidak. Sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan."

Observation
Apakah yang dilakukan orang Farisi itu salah?
Lukas 18:11-12 (TB)  Orang Farisi itu berdiri dan berdoa dalam hatinya begini: Ya Allah, aku mengucap syukur kepada-Mu, karena aku tidak sama seperti semua orang lain, bukan perampok, bukan orang lalim, bukan pezinah dan bukan juga seperti pemungut cukai ini;
aku berpuasa dua kali seminggu, aku memberikan sepersepuluh dari segala penghasilanku.

Melakukan kewajiban agamawi dan melakukan yang benar itu baik. Tetapi, begitu mulai membandingkan dengan orang lain, itu akan membawaku ke dalam dosa lain-dosa kesombongan. Dan Tuhan menentang orang yang tinggi hati. Reminder buatku untuk gak membandingkan diri dengan orang lain. Setiap orang berproses dengan waktu dan cara yang berbeda. Kalau aku mau membandingkan diri, bercermin kepada Kristus saja supaya aku semakin serupa dengan Dia. 

Aplication 
Stop membandingkan diri dengan orang lain Meg! Jangan julid!

Prayer 
Tuhan, ampuni aku kalau di dalam hatiku aku meninggikan diriku. Aku mau berlindung di balik salibMu ya Tuhan, biar Engkau semakin besar dan aku semakin kecil. Amin. 

Amsal 9

Scripture
Amsal 9:6 (TB)  buanglah kebodohan, maka kamu akan hidup, dan ikutilah jalan pengertian." 

Observation 
Kalau ingin berhikmat aku harus bersedia membuang kebodohan. Apa saja hal yang bodoh kulakukan? Hentikan! Ganti dengan kebiasaan baru yang membuatku semakin pandai dan berhikmat. 

Aplication
- Batasi makan mie instant, ganti dengan lebih banyak makan buah dan sayur.
- Daripada bermedsos setelah saat teduh, ganti dengan berolahraga.
- Kalau ada waktu luang di kantor, lakukan yang produktif: menulis, dengar podcast, membaca, belajar online. Jangan bermedsos tanpa guna.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya konsisten menghentikan hal bodoh yang aku lakukan dan mulai melakukan hal yang berguna. Amin.
Gratitude Journal
25 Februari 2021

1. Bersyukur bisa jalan pagi sendirian sambil mendengarkan podcast dari Rumah Inspirasi.
2. Bersyukur bisa jalan bareng sekeluarga makan bakso dan belanja di Indomaret. 
3. Bersyukur pagi ini tetap tenang walaupun Sara muntah di jam aku mau berangkat ke kantor.
4. Bersyukur Perjanjian Kinerja sudah keluar, tinggal dicek dan disusun Penetapan Kinerjanya.
5. Bersyukur paket buku yang kupesan sudah datang lagi.

Palangka Raya, 25 Februari 2021
-Mega Menulis-

No comments:

1 Yohanes 2, Yakobus 4

1 Yohanes 2 Scripture 1 Yohanes 2:11 (TB)  Tetapi barangsiapa membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan...