.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Sunday, March 28, 2021

Lukas 23, Amsal 13

Lukas 23

Scripture
Lukas 23:25 (TB)  Dan ia melepaskan orang yang dimasukkan ke dalam penjara karena pemberontakan dan pembunuhan itu sesuai dengan tuntutan mereka, tetapi Yesus diserahkannya kepada mereka untuk diperlakukan semau-maunya.

Observation
Yesus menderita karena diperlakukan semau-maunya oleh mereka yang membenci dia, tetapi Dia menjalani penderitaanNya tanpa keluhan. Yang luar biasa lagi, Dia berdoa bagi yang menganiayaNya. Respon Yesus terhadap penderitaan memberikan teladan bagi kita saat mengalami penderitaan. 

Baru-baru ini sahabatku kehilangan kakaknya karena kanker. Waktu menghadiri misanya, papanya menceritakan riwayat sakit anaknya dan berkata sudah 12 tahun Ivan menderita kanker. Beberapa bulan terakhir sangat berat sampai-sampai dia harus selalu menggunakan oksigen dan memakai morfin untuk mengurangi sakitnya. Papanya menguatkan dan berkata, Yesus juga menderita terlebih dahulu, jadi Ivan bisa kuat menjalani karena Yesus sudah memberikan teladan menjalani penderitaan karena sakitnya, lagi pula semua orang kudus pun menderita. Bahkan dalam suasana demikian, dia menguatkan anaknya untuk melihat teladan Yesus. 

Aplication 
Penderitaan Yesus memberikan teladan bagaimana seharusnya orang percaya meresponi penderitaan : tidak mengeluh dan tetap berdoa. Saat dalam masalah, aku mau mengikuti teladan Yesus. 

Prayer 
Tuhan, mampukan aku bercermin pada apa yang Yesus alami dan meresponi setiap penderitaan dengan cara yang memuliakan Tuhan. Amin.

Amsal 13

Scripture
Amsal 13:25 (TB)  Orang benar makan sekenyang-kenyangnya, tetapi perut orang fasik menderita kekurangan.

Observation
Orang fasik tidak pernah puas dengan apa yang dimilikinya sedangkan orang benar selalu terpuaskan jiwanya. Orang benar menikmati apa yang ada padanya sedangkan orang fasik tidak pernah merasa cukup. 

Aplication 
Aku mau menikmati apa yang ada padaku dengan rasa puas dan syukur. 

Prayer 
Tuhan, ajari aku bersyukur menikmati setiap pemberian tanganMu dan tidak membiarkan diri melihat apa yang dimiliki orang lain hanya untuk membandingkan. Amin.

Gratitude Journal
23 Maret 2021

1. Bersyukur jalan pagi hari ini kami bisa melihat kelinci peliharaan tetangga yang diberi makan, anak-anak senang sekali. Lalu baru tahu ada tetangga yang memelihara empat kucing yang bagus banget. Semangat anak-anak menulari kami.
2. Bersyukur hari ini anak-anak makan dengan lahap walaupun masakan yang aku buat agak pedas.
3. Bersyukur berhasil membuat kuesioner untuk peningkatan nilai Zona Integritas satker kami.
4. Bersyukur bisa berenang gratis di hotel.
5. Bersyukur pulang ke rumah gak kehujanan.
6. Bersyukur anak-anak tidur cepat.

Palangka Raya, 23 Maret 2021
-Mega Menulis-

No comments:

1 Yohanes 2, Yakobus 4

1 Yohanes 2 Scripture 1 Yohanes 2:11 (TB)  Tetapi barangsiapa membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan...