.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Monday, March 15, 2021

Markus 11, Amsal 10

Markus 11

Scripture
Markus 11:23 (TB)  Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! Asal tidak bimbang hatinya, tetapi percaya, bahwa apa yang dikatakannya itu akan terjadi, maka hal itu akan terjadi baginya.

Observation
Aku baru belajar metode CM, dia berkata kalau salah satu kebiasaan baik yang perlu dilatihkan ke anak adalah Habit of Obedience. Golnya adalah membuat anak taat tanpa kata nanti, bukan sembarang taat. Taat yang bagaimana? Taat pada hati nurani (apa yang benar), hukum (hukum alam, masyarakat, dll) dan perintah Tuhan. CM mengumpamakan kehidupan yang tidak menaati hal tersebut seperti planet yang keluar dari orbitnya. Manusia bukanlah pusat dari tata surya, tapi Allah adalah pusat dari kehidupan kita sehingga tidak seharusnya manusia melawan penciptaNya.

Gak mungkin kataku dalam hati. Jangankan taat tanpa kata nanti, bisaa taat aja dah bagus 😂 Tugas yang nampaknya sulit ini konon karena orang tua sering kali tidak percaya dalam hatinya kalau anak akan taat dan ini diketahui anak entah bagaimana caranya. Mereka tidak merasakan otoritas orang tua. Nah, membaca ayat ini aku jadi menyadari kalau prinsip CM sejalan dengan iman Kristen. Tuhan ingin aku tidak bimbang hatinya, tetapi percaya, bahwa apa yang kukatakan itu akan terjadi, maka hal itu akan terjadi bagiku. Bukan hanya memindahkan gunung yang memerlukan iman, mendidik anak juga. Kalau aku tidak punya ekspektasi mereka akan taat, bagaimana mereka akan taat. 

Aplication
Saat aku meminta anak untuk melakukan/tidak melakukan sesuatu, aku mau percaya dan yakin kalau mereka akan segera melakukannya.

Prayer
Tuhan, sungguh apa yang tidak mungkin bagiku,mungkin bagiMu. Tolong aku melatihkan ketaatan pada mereka sejak kecil supaya mereka menjadi penurut-penurut Allah yang tidak menunda ketaatannya. Amin.

Amsal 10

Scripture
Amsal 10:21 (TB)  Bibir orang benar menggembalakan banyak orang, tetapi orang bodoh mati karena kurang akal budi. 

Observation
Saat ini, suka atau tidak suka, aku dipilih Tuhan menggembalakan anak-anakku. Apa yang aku katakan harus benar supaya aku bisa melakukan tugas mulia ini dengan sukacita. Kalau bibirku gak benar tentu anak-anak tidak akan mau mengikuti tuntunanku, mereka tidak akan mau menaatiku.

Aplication
- Aku mau mengatakan kebenaran firman Tuhan bagi anak-anakku. 
- Aku mau ada kesesuaian antara perkataan dan perbuatanku sehingga anak-anak melihat oh mamanya punya integritas, gak ngomong doang.

Prayer
Tuhan, tolong aku menggembalakan anak-anakku sesuai kebenaran firman Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
3 Maret 2021

1. Bersyukur walaupun hujan bisa tetap jalan pagi.
2. Bersyukur bisa masak sambil ngobrol bareng suami.
3. Bersyukur lancar jadi MC acarabdi kantor.
4. Bersyukur bisa belanja di Shopee sesuai keperluan.
5. Bersyukur bisa belanja malam bareng keluarga.
6. Bersyukur satu tugas di Habit Trainer bisa terlewati lagi.
7. Bersyukur hari ini hari kedua aku dan suami bergantian membacakan cerita untuk anak-anakku. Kami mau berdisiplin lagi memulai kebiasaan ini.
8. Bersyukur ada temanku yang memesan kertas origami lagi.

Palangka Raya, 3 Maret 2021
-Mega Menulis-

No comments:

1 Yohanes 2, Yakobus 4

1 Yohanes 2 Scripture 1 Yohanes 2:11 (TB)  Tetapi barangsiapa membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan...