.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Monday, March 15, 2021

Matius 23, Amsal 11

Matius 23

Scripture
Matius 23:3 (TB)  Sebab itu turutilah dan lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan kepadamu, tetapi janganlah kamu turuti perbuatan-perbuatan mereka, karena mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya.

Observation
Mengerikan sekali orang seperti ini, mengajarkan tapi tidak melakukan. Bagaimana mungkin apa yang dikatakan akan memiliki otoritas kalau hanya di mulut. Minggu ini aku kira aku belajar mendisiplin anak, tapi ternyata sebenarnya aku perlu lebih dahulu mendisiplin diriku sendiri. Bahwa sebenarnya aku perlu berdisiplin tetap tenang, tegas, kalem dan konsisten setiap waktu dalam menghadapi anak. Waktu aku emosi menghadapi anak, aku sedang gagal mendisiplin emosiku. Aku gak mungkin mendisiplin anak kalau aku gak disiplin.

Aplication
Tetap tenang, tegas, kalem dan konsisten mendisiplin diri sendiri. Yakin, kemudian aku akan mampu mendisiplin anak.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya bisa konsisten melakukan yang kukatakan ke anak-anakku. Amin.

Amsal 11

Scripture
Amsal 11:17 (TB)  Orang yang murah hati berbuat baik kepada diri sendiri, tetapi orang yang kejam menyiksa badannya sendiri. 

Observation
Reminder buat aku untuk berhikmat dan tahu batasan tubuhku sendiri. Hampir sebulan aku membiasakan diri untuk berjalan kaki setiap hari kurang lebih 1 jam dan ini sudah jadi kebiasaan sepertinya, ada yang kurang kalau gak dilakukan. Tapi di sisi lain, hampir seminggu ini aku mengikuti kelas online yang menyita pikiran dan waktuku. Ada tugas yang harus dikerjakan, membuat narasi, membaca buku, membuat laporan, mengevaluasi, duh kepalaku rasanya penuh dan badanku lelah. Apalagi berkegiatan sama anak harus tetap mindful untuk mendisiplin dia.

Kemarin aku membiarkan diriku tidur siang dan lumayan segar jadi begitu bangun bisa mengerjakan tugas. Lalu aku melepaskan rutinitas berjalan 10.000 langkah, aku mengendorkan diri dan berjalan semampuku, yang penting tetap berjalan supaya tubuhku gak melupakan kebiasaannya yang baru. Aku sadar aku gak bisa melakukan semua yang aku inginkan dan menyiksa diriku. 

Aplication 
Harus berhikmat. Jangan menyiksa badan sendiri dan kehilangan yang terpenting. Berbuat baik dengan badan sendiri Meg.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk menjaga tubuhku dan mengatur waktuku dengan baik. Jangan biarkan aku memaksakan diri dan menyiksa tubuhku ya Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
7 Maret 2021

1. Bersyukur bisa membuat sayur warna-warni dan anak suka.
2. Bersyukur sudah dua hari ini anak-anak mau makan apa saja yang aku masak tanpa drama, makan 30 menit dan habis.
3. Bersyukur untuk feedback dari Mbak Ellen untuk perencanaan habit training untuk anak-anakku.
4. Bersyukur hari ini sepanjang siang Sofia gak pakai popok dan gak bak di celana.
5. Bersyukur di kantor kami semua wajib elhkpn sudah lapor.
6. Bersyukur seharian ini anak-anak gak nonton TV tapi gak heboh. Mereka main dan minta membaca buku.
7. Bersyukur menyempatkan diri jalan kaki siang pada saat cuaca mendung.
8. Bersyukur anak-anak sebelum tidur minum susu di gelas, gak pakai dot. Awalnya kami hanya mau training Sara tapi Sofia ikutan.
9. Bersyukur suami belanja waktu aku ikut kelas online.

Palangka Raya, 7 Maret 2021
-Mega Menulis-

No comments:

1 Yohanes 2, Yakobus 4

1 Yohanes 2 Scripture 1 Yohanes 2:11 (TB)  Tetapi barangsiapa membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan...