.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Monday, March 15, 2021

Yohanes 12, Amsal 10

Yohanes 12

Scripture
Yohanes 12:5-6 (TB)  "Mengapa minyak narwastu ini tidak dijual tiga ratus dinar dan uangnya diberikan kepada orang-orang miskin?" 
Hal itu dikatakannya bukan karena ia memperhatikan nasib orang-orang miskin, melainkan karena ia adalah seorang pencuri; ia sering mengambil uang yang disimpan dalam kas yang dipegangnya.

Observation
Terlihat baik sekali perkataan Yudas, tapiiii....julid amat sih dia. Ngapain coba ngomentarin orang lain, toh uang yang dipakai untuk membeli narwastu itu bukan uangnya. Ternyata eh ternyata, di balik julidnya Yudas, itu karena ada motivasi terselubung, hatinya gak benar. Dia mungkin berkhayal kalau uang itu dipercayakan kepada dia yang adalah bendahara tentu dia bisa mendapat 'jatah'.

Kritik yang kita berikan ke orang lain sebenarnya bisa jadi keluar karena ada sikap hati yang gak benar. Lebih baik aku menyelidiki hatiku sebelum mengomentari apa yang dilakukan orang lain.

Aplication
Cek dan ricek hati yang terdalam saat aku julid ke orang lain, apa motivasiku. Kalau hatiku gak benar, lebih baik aku menutup mulutku.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya punya hati yang benar saat berhubungan dengan orang lain jadi gak gampang julid. Amin.

Scripture
Amsal 10:31 (TB)  
Mulut orang benar mengeluarkan hikmat, tetapi lidah bercabang akan dikerat. 

Observation
Mukut orang benar berhikmat karena dia terbiasa mengucapkan kata-kata hikmat dan mampu mengendalikan dirinya. Ada masa di mana seseorang susah mengucapkan hikmat, yakni saat emosi. Dengan disiplin dan pengendalian diri maka saat emosi pun yang keluar adalah kata-kata hikmat. 

Aplication 
Aku mau menjaga mulutku dan berdisiplin hanya mengucapkan kata-kata berkat. 

Prayer 
Tuhan, berjaga-jagalah pada pintu bibirku dan awasilah mulutku. Amin.
Gratitude Journal
5 Maret 2021

1. Bersyukur walaupun bangun terlambat bisa jalan di kantor. 
2. Bersyukur bisa ngobrol dengan suami masalah mendidik anak.
3. Bersyukur satu hari lagi terlewati dalam Habit Training. 
4. Bersyukur ada orang menelepon mau menyewa rumahku di Kasongan. 
5. Bersyukur hari ini anak-anak bisa dikasih tahu dan gak banyak drama. 
6. Bersyukur sore bisa jalan bareng keluarga ke taman.

Palangka Raya, 5 Maret 2021
-Mega Menulis-

No comments:

1 Yohanes 2, Yakobus 4

1 Yohanes 2 Scripture 1 Yohanes 2:11 (TB)  Tetapi barangsiapa membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan...