.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.
google.com, pub-1767695080484840, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Sunday, March 28, 2021

Yohanes 16, Amsal 12

Yohanes 16

Scripture
Yohanes 16:24 (TB)  Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatu pun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.

Observation
Meminta dalam nama Tuhan bagi beberapa orang hal yang mudah, tapi buatku terkadang gak mudah. Ada rasa sungkan minta-minta sama Tuhan karena berpikir :Ah, Tuhan tahu kok yang aku perlukan bahkan tanpa aku katakan. Buat apa lagi aku minta. Ya kan? Aku yahu sih kalau Tuhan adalah Bapaku dan aku bisa meminta apa saja dan Bapaku akan memberikan yang terbaik. Tapi terkadang ada keraguan meminta. 

Ya. Tuhan tahu apa yang aku perlukan, tapi meminta sama Tuhan bukan bertujuan supaya Tuhan tahu. Lalu apa tujuan meminta kepada Tuhan? Supaya sukacitaku penuh. Mengapa sukacitaku penuh saat meminta? Karena:
- Allah mendengarku. 
- aku punya hak istimewa menghampiri Bapaku karena Yesus, tidak semua orang memiliki hak ini 
- aku akan menerima yang terbaik menurut kasih karunia Allah

Aplication
Sukacitaku penuh saat meminta, jadi jangan ragu untuk datang pada Tuhan. 

Prayer
Tuhan terima kasih karena Engkau Allah yang mendengar setiap permintaanku dan memberikan yang terbaik menurut kasih KaruniaMu. Engkau sungguh baik. Aku bersyukur. Amin.

Amsal 12

Scripture
Amsal 12:15 (TB)  Jalan orang bodoh lurus dalam anggapannya sendiri, tetapi siapa mendengarkan nasihat, ia bijak.

Observation
Saat kami membuat planning habit training anak tentang toilet training kami cuma memiliki target Sofia lepas popok. Lah, sebelumnya pakai popok siang malam mana bisa lah dalam sekejap lepas popok. Trainernya menyarankan untuk lepas popok, tapi kan repot ya, apalagi kalau sampai bak dan bab di celana. Akhirnya kami ngeyel, lepas popok siang saja, lah itu pun masih gagal bisa kebablasan di celana, apalagi malam yang kami tidur. Tapi trainernya meyakinkan dan memberikan beberapa tips. Salah satunya berhenti memberikan susu formula karena menurut penelitian, anak di atas 2 tahun sudah gak membutuhkan susu. Ya gimana anak gak pipis kalau malam wong sebelum tidur dikasih susu. Tapi kami masih berat melakukannya. Lagian pikir kami, mana mau anaknya tiba-tiba disuruh berhenti minum susu, stok susu di rumah masih banyak pulak. Tapi akhirnya aku dan suami dapat hikmat, o iya dipindahkan aja jam minum susunya jadi pagi atau siang, pokoknya jangan malam sebelum tidur. Ternyata seminggu sesudah mulai program, Sofia lepas popok. Yay!

Seandainya kami ngeyel dan gak mau mendengarkan, mungkin sampai hari ini Sofia masih pakai popok. Aku bersyukur kami mau mendengarkan nasihat dan mempertimbangkannya, gak asal nolak. Sofia dan Sara pun ternyata mau mendengarkan kami. Yang kami sempat mengira bakal diprotes, ngga tuh.

Aplication
Dengarkan nasihat, jangan defense dulu, pikirkan dan doakan, lalu putuskan.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk menerima nasihat dengan telinga dan hati yang terbuka. Berikan aku hikmat untuk memutuskan yang terbaik seturut kehendakMu. Amin.
Gratitude Journal
19 Maret 2021

1. Pagi-pagi dapat kabar kalau kakaknya sahabatku meninggal, duh sedih banget, anaknya masih kecil-kecil. Tapi sudah 12 tahun dia berjuang melawan kanker. Perjuangan yang sangat panjang. Bersyukur Ivan sudah sembuh selamanya, berdoa buat Emi sekeluarga dan keluarga besarnya.
2. Bersyukur bisa menemani temanku mengurus untuk misa. 
3. Bersyukur tinggal manasin makanan yang ada jadi ga terlalu repot. 
4. Bersyukur sore main ke rumah temanku dan dapat blessing hand sanitizer, vitamin dan masker.

Palangka Raya, 19 Maret 2021
-Mega Menulis-

No comments:

Kisah Para Rasul 28, Amsal 27

Kisah Para Rasul 28 Scripture        Kisah Para Rasul 28:24 (TB)  Ada yang dapat diyakinkan oleh perkataannya, ada yang tetap tidak percaya....