.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Friday, April 30, 2021

1 Tesalonika 1, Amsal 18

1 Tesalonika 1

Scripture
1 Tesalonika 1:3 (TB)  Sebab kami selalu mengingat pekerjaan imanmu, usaha kasihmu dan ketekunan pengharapanmu kepada Tuhan kita Yesus Kristus di hadapan Allah dan Bapa kita.

Observation
Jemaat di Tesalonika diingat karena pekerjaan imannya, usaha kasih, ketekunan dan pengharapannya kepada Yesus. Indah sekali. Aku jadi merenung, bagaimana orang mengingatku? Apakah aku diingat dalam hal kebaikan? Atau jangan-jangan kelakuan burukku yang diingat 🙄 Setiap orang dapat mengingat kesan tertentu yang ditinggalkan seseorang. Siapa aku di hadapan orang lain tergantung bagaimana aku menjalani hidupku setiap hari, karena aku gak tahu kapan mereka memperhatikan atau nggak.

Kalau aku ingin menyenangkan manusia maka aku akan menjadi bunglon, tapi saat aku ingin menyenangkan Bapa Sorgawiku, aku akan menjadi diriku versi terbaik.

Aplication
Aku juga mau diingat karena iman, kasih, ketekunan dan pengharapanku di dalam Kristus. Berarti aku harus senantiasa tinggal di dalam Kristus dan Kristus di dalam aku. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya sungguh tinggal di dalam Engkau dan Engkau di dalam aku. Amin.

Amsal 18

Scripture
Amsal 18:2 (TB)  Orang bebal tidak suka kepada pengertian, hanya suka membeberkan isi hatinya. 

Observation & Aplication 
Orang bebal hanya berbicara membeberkan isi hatinya tetapi tidak mau mendengarkan. Ini gak benar. Ada kalanya seseorang berbicara, ada kalanya mendengar. Kalau cuma berbicara saja, kita gak akan punya waktu mendengar. Padahal dengan mendengar maka kita akan mengerti banyak hal. Bahkan kesediaan mendengar lebih banyak daripada berbicara adalah kehendak Tuhan. Diperlukan hati dan telinga yang benar-benar mendengar, kalau ngga gak akan ada pengertian.

Terkadang aku mendengar tapi dalam hati sudah bersiap memberikan jawaban. Aku sudah siap menyampaikan pemikiranku. Ini salah, seharusnya aku benar mendengar, baru aku mengerti. Fokus saja mendengar. Ciri-ciri orang yang berpengertian adalah banyak mendengar. 

Prayer
Tuhan, aku mau mendengar dan mendapat pengertian. Tolong aku untuk menutup mulutku dan membuka lebar hati dan telingaku. Amin.
Gratitude Journal
28 April 2021

1. Bersyukur sudah beberapa hari ini jalan pagi dan petik murbei di dekat rumah.
2. Bersyukur selesai mengisi realisasi di aplikasi Emonev Bappenas.
3. Bersyukur dapat blessing buah nanas dan semangka dari sepupuku.
4. Bersyukur hari ini jalan dapat 10.000 langkah.
5. Bersyukur anak-anak makan seharian ini bagus, gak pakai lama ngunyah, gak kesana kemari, gak banyak drama.
6. Bersyukur bisa menyelesaikan satu kursus online lagi di Unparplus.id
7. Bersyukur setiap malam sekarang anak-anak nagih baca buku sebelum tidur.

Palangka Raya, 28 April 2021
-Mega Menulis-

No comments:

1 Yohanes 2, Yakobus 4

1 Yohanes 2 Scripture 1 Yohanes 2:11 (TB)  Tetapi barangsiapa membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan...