.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.
google.com, pub-1767695080484840, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Wednesday, April 28, 2021

Galatia 5, Amsal 18

Galatia 5
Scripture 
Galatia 5:17 (TB)  Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging — karena keduanya bertentangan — sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki. 

Observation 
Kita selalu menginginkan yang baik, tapi kenapa kita melakukan yang jahat. Setiap kali bertekad gak mau marah dan ngomel ke anak, eh ujung-ujungnya ngomel lagi. Setiap berbantahan dengan suami menyesal dan bertekad gak mau lagi melakukannya, eh minggu depan diulang lagi. Kenapa begitu? Karena daging lemah. Daging melakukan sesuatu dengan otomatis, apa yang selama ini sering kita lakukan sudah menjadi kebiasaan rupanya. Kalau mau mengalahkan kedagingan, harus berdisiplin.

Ingat Meg, habit is ten natures. Otak gak pernah pilih kasih. Apa yang dikerjakan berulang-ulang akan menjadi kebiasaan, entah itu baik atau buruk. Paksa diri berdisiplin melakukan kebiasaan baru sampai otak mengingatnya dibandingkan kebiasaan lama. Di awal memang susah, tapi nanti akan lebih mudah.

Jangan cuma ingin melakukan ini itu, bercita-cita setinggi langit tanpa berusaha. Kebiasaan apa yang ingin kamu bentuk? Satu demi satu saja, 1% kemajuan saja. Segera buat habit training plan. Kebiasaan apa? Kapan dilakukan? Buat habit tracker dan buat kemajuanmu terlihat sampai itu jadi kebiasaan. Ingin punya quality time dengan anak? Bagaimana caranya?Pegang HP hanya pada jam tertentu, mungkin? Jadwalkan. Lakukan. Rekam kemajuanmu. 

Aplication
Fokus membuat habit training plan untuk diri sendiri dan anak supaya bisa mendisiplin diri melakukan yang baik.

Prayer
Tuhan, tolong aku mendisiplin dagingku dan tidak membiarkan diriku kalah oleh keinginan daging. Tunjukkan ya Tuhan kebiasaan-kebiasaan apa di hidupku yang mau Tuhan rombak. Amin.

Amsal 18
Scripture
Amsal 18:13 (TB)  Jikalau seseorang memberi jawab sebelum mendengar, itulah kebodohan dan kecelaannya. 

Observation & Aplication 
Mendengar lebih banyak dibandingkan berbicara.
Mendengar lebih dahulu sebelum menjawab. Jangan melakukan kebodohan dengan berbicara tanpa telinga dan hati yang mendengar Meg!

Seringkali aku melakukan itu, merasa lebih tahu apa yang akan dibicarakan lawan bicara dan berpikir ke arah mana pembicaraan ini, apa yang harus aku jawab. Padahal, yang perlu dilakukan, dengarkan saja dahulu. Benar-benar mendengar. Lalu pastikan maksud lawan bicara, jangan membuat kesimoulan sendiri. 

Prayer 
Tuhan, aku mau lebih banyak mendengar. Tolong aku menutup mulutku dan membuka hati dan telingaku. Amin.

Gratitude Journal
25 April 2021

1. Bersyukur  bisa kruntelan sekeluarga di rumah pagi ini.
2. Bersyukur semakin sehat sekeluarga.
3. Bersyukur bisa main ke rumah mamaku sore-sore.
4. Bersyukur ketemu keluarga Omku yang sedang main ke tempat Mama.
5. Bersyukur masker pesanan temanku sudah datang.

Palangka Raya, 25 April 2021
-Mega Menulis-

No comments:

Roma 10, Amsal 25

Roma 10 Scripture Roma 10:17 (TB)  Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.  Observation Apa yang aku dengar...