.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.
google.com, pub-1767695080484840, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Tuesday, April 27, 2021

Memanen Murbei Tanpa Menanam

Hampir setiap hari melihat pohon buah ini, tapi gak pernah tertarik. Kemarin mulai tertarik dan memetik beberapa buah, kayaknya mirip nih dengan yang pernah dishare sama Ria Yustina  Penasaran, bener gak sih ini buah murbei 🤔


Pagi ini jalan lagi dan petik buahnya, cek di aplikasi dan bener, murbei hitam namanya. Yay. Bener! Dicoba yang ada merahnya, agak masam, yang hitam manis pol. Mulailah kami memetik murbei-murbei mungil ini. Yang hepi gak cuma Sara dan Sofia tapi papa mamanya juga. Gimana gak hepi, memanen tanpa menanam, buahahaha 😁  Pohonnya tinggi, tumbuh di tepi jalan dan buah-buahnya berjatuhan banyak banget, nampaknya gak pernah ada yang memanen kecuali kami 🤭


Sempat googling dan dapat info ini:Murbei hitam (Morus nigra L.) adalah salah satu tanaman yang banyak dimanfaatkan sebagai obat. Tanaman ini tersebar luas di berbagai negara yang beriklim subtropis. Variasi konsumsi dari buah ini pun juga beragam mulai dari buah segar, buah kering, jus buah, dan minuman beralkohol. Murbei hitam memiliki banyak manfaat sebagai pengobatan berbagai penyakit seperti diabetes mellitus, radang, iritasi tenggorokan, kerusakan pada gigi, dan anemia. Hal ini disebabkan karena kandungan senyawa bioaktif dalam tanaman ini yang cukup banyak, dimana didominasi oleh senyawa turunan fenolik. Senyawa bioaktif inilah yang memberikan kontribusi terhadap berbagai aktivitas yang dihasilkan oleh tanaman murbei hitam ini.


Banyak banget manfaatnya rupanya. Besok panen lagi ah 🤭

#jalankaki #outdoractivity #naturewalk #naturestudy

Palangka Raya, 27 April 2021

-Mega Menulis-

No comments:

Kisah Para Rasul 28, Amsal 27

Kisah Para Rasul 28 Scripture        Kisah Para Rasul 28:24 (TB)  Ada yang dapat diyakinkan oleh perkataannya, ada yang tetap tidak percaya....